Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Kalau saya 2 pengalaman merk saja yamaha sama Honda
Secara umum mau di sport, bebek atau matic.....
Kelebihan motor yamaha itu material2nya mau itu rangka, body sampe jeroan mesin kayak klep, setang piston, timming chain materialnya berasa kuat2 , makanya digeber2 rpm tinggi ttp enak gak kayak Honda yang berasa kasar gak enak seolah mau ambrol , suspensi juga tetep enak setelah 20-30 rb km ... Di honda 20rb -30rb km udah berasa keras kayak shock mati
Cuma minusnya rasio transmisinya rata2 berasa kurang kecil di gigi tertinggi nya pun begitu yg matic yg berasa kurang efek overdrive buat jalan rata , alhasil konsumsi BBM gak bisa seirit Honda tapi buat medan naik turun dan berkendara agresif cocok banget , selain itu komponen2 kelistrikan terutama yang berhubungan dg electric starter gampang rusak dan aki gak tahan lama dibandingkan Honda
Yess
Scr teknis, Plus nya Yamaha jika dibanding Astra Honda,
- Parts Yamaha lbh tahan lama dibanding Astra Honda, terutama parts di internal girboks cvt. contoh: Roller CVT aja sy blm pernah ganti dah >15rb km
- Rangkanya di semua line up kokoh
- OEM tyrenya (terutama IRC) mantap grip nya, dan tahan lama bisa lebih dr 15rb km untuk penggunaan moderat
Minus di skutik yamaha, tapi bisa diakali,
- Efek overdrive ketika di hi speed kurang
- di RPM yg sama, speed Skutik yamaha lebih rendah
Solusi: Ganti roller CVT lbh berat (naik 2-3 gram)
- udah cukup untuk efek overdrive lbh baik
- RPM lbh rendah ketika cruising di perkotaan
Soal Aki, di saya malah awet banget.
YUASA YTZ7V MF tahan 6 tahun (start stop laknat nya gak pernah dipakai).
Start stopnya emang bagaimana om sampe dikata laknat ?
Denger2 yg saya tau fitur unfaedah yg malah bikin boros aki itu Y-connect sampe di 2023 kemarin dibikinkan versi non Y connect nya
ISS = idling start stop
Di perkotaan yg sering stop and go,
- itu sukses bikin Accu drop sampai <12V (dalam kondisi ignition key ON, dan engine Off)
- Ujung2nya karena ECU detect Accu <12V, fitur ISS otomatis gak berfungsi.
Trus apa gunanya?
- akhirnya saya matikan ajah, dan itu truly fitur unfaedah untuk kasus stop and go.
- Sejak saat itu, saya gak pakai ISS, dan awet accu sampai 6 thn.
- Coba klo org awam, dipakai aja terus, dan (my question) apakah itu Accu tahan sampai 6 thn?
11 12 sama fitur gimmick mild-hybrid suzuki ertelu
marketing gimmick untuk upsell ganti batre >8 thn
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Halo om, ikut nimbrung, kebetulan saya sekarang ada rawat Yamaha Gear dan Suzuki GSX 150. Dari jaman dulu keluarga fanboy yamaha garis keras (robot, alfa II-R, jupiter gen 1, Jupiter Z karbu last gen, vixion gen 1, vega force, gear) jadi lumayan khatam merek satu ini wkwkkw.
Bener kata om2 lain diatas untuk yamaha, soal karakteristik yamaha, saya tambahkan satu lagi yang sepertinya terlewat - buat saya karakter rem yamaha paling tidak bisa digantikan di merek2 lain, paling mature dan pakem dibanding honda maupun suzuki, cocok dengan karakter handlingnya yang cenderung stabil dan mantep - beda karakter dengan honda dan suzuki yang titik beratnya lebih ke lincah + irit (honda) dan lincah + powerful (suzuki), bagi saya baik honda maupun suzuki rem nya kurang pakem.
Power yamaha sih so-so ya, tp nilai jual utama engineering yamaha cenderung lebih ke torque bukan ke power - jadi cara bikin iritnya beda dengan cara bikin irit honda, kalau biasa bawa honda dan pegang yamaha pasti langsung boros karena stylenya beda (harus benar2 pulse & glide memanfaatkan low end torque nya, bukan model overdrive seperti honda). Saya pernah adu irit dengan teman saya yang bawa revo, jupiter saya masih bisa lebih irit (sama-sama pakai premium jaman itu).
Kalau soal harga parts, suzuki kadang-kadang bisa jauh lebih murah (saya bandingkan parts GSX vs vixion dan kaget betapa murahnya sebagian besar parts GSX - meski mencarinya tidak mudah ), soal built quality dan keawetan cenderung sama - built quality finish material metal cenderung lebih bagus yamaha, dan build quality finish material plastik jauh lebih bagus suzuki. Yamaha partsnya juga jauh lebih mudah dicari dari suzuki. Hanya untuk kualitas material engine, suzuki harus diakui jempol, sangat unggul, awet dan kuat nahan redline dan tenaga GSX segitu itu.
Sayangnya opsi matic mainstream Suzuki seperti Nex2 speknya kelewat nanggung, sementara Address platformnya udah terlalu tua dan GC nya pendek sekali - meskipun ini motor enak benernya plus platform global lagi. Terakhir pas ada kebutuhan peremajaan motor istri (Jupiter Z) akhirnya beli gear karena khawatir susah fast moving parts untuk suzuki, dan opsi2 lain di yamaha tinggi joknya kurang bersahabat (tinggi jok yamaha biasanya lebih tinggi dari merek lain). Honda kami coret (lagi) karena tidak cocok melihat barangnya di dealer....
om... numpang nanya nih. lagi kepengen beli motor buat iseng2 jalan doang ke alfamart depan komplek sama bini. pengen motor ala2 dylan jadul tapi nggak mau modip2. pilihannya cuma kwk w175 dann xsr 155. tapi udh timbang sana sini akhirnya lebih pengen xsr155 yg edisi warna merah gold itu cuakep banget dah.
kalo boleh tau menurut om kenapa ya si xsr155 ini menurut om kurang gitu laku di jalan? jgn ksh jawaban ya skrg era nya skutik ya om.... maksudnya dibanding motor kopling lain, saya jarang banget liat xsr ini di jalan. apa tenaga nya? apa borosnya? ato mgkn di bawa nya kurang enak?
syukur2 sbg fanboi ymh ada pengalaman cicipin xsr ini boleh om sharing2
jawabannya mahal untuk ukuran motor 150cc rasanya overpriced
eh tapi tentu saja ini karena inflasi yang ekonomi suram bangsa ini.... 10 tahun lalu harga 38 juta itu kelas motor 250cc.... sekarang cuma 150cc
dsign1990 wrote: βThu Mar 14, 2024 2:05
Justru saya rasa kayaknya ini sport 150cc paling laku sekarang2 ini
Soalnya buat sport 150 angkatan 2020 kesini ini paling sering nemu di jalan dibandingkan cb150 facelift upside down, cbr150 yg lampu cbr250 dan R15 v4
lah.. apa iya ya. daerah saya di kapuk banyakan ya itu emang, yg disebutin diatas yg paling banyak sama cb150R ya. cb150 itu yg verza bukan ya. vixion juga ada cuma emang ga serame motor2 fairing sport. diumur jompo gini, pake motor bungkuk sih udh bnr2 ngga banget buat saya.
fansdiesel wrote: βThu Mar 14, 2024 3:19
jawabannya mahal untuk ukuran motor 150cc rasanya overpriced
eh tapi tentu saja ini karena inflasi yang ekonomi suram bangsa ini.... 10 tahun lalu harga 38 juta itu kelas motor 250cc.... sekarang cuma 150cc
kalo ngomong mahal sih ya gimana ya.. beat aja 18-19juta om
Kalau saya 2 pengalaman merk saja yamaha sama Honda
Secara umum mau di sport, bebek atau matic.....
Kelebihan motor yamaha itu material2nya mau itu rangka, body sampe jeroan mesin kayak klep, setang piston, timming chain materialnya berasa kuat2 , makanya digeber2 rpm tinggi ttp enak gak kayak Honda yang berasa kasar gak enak seolah mau ambrol , suspensi juga tetep enak setelah 20-30 rb km ... Di honda 20rb -30rb km udah berasa keras kayak shock mati
Cuma minusnya rasio transmisinya rata2 berasa kurang kecil di gigi tertinggi nya pun begitu yg matic yg berasa kurang efek overdrive buat jalan rata , alhasil konsumsi BBM gak bisa seirit Honda tapi buat medan naik turun dan berkendara agresif cocok banget , selain itu komponen2 kelistrikan terutama yang berhubungan dg electric starter gampang rusak dan aki gak tahan lama dibandingkan Honda
Saya malah boros aki di Supra 125. 1,5 tahun paling lama. BenerΒ² udah gak bisa dipakai akinya.
Jupiter MX karbu udah 6 tahun masih belum soak itu aki, motor tahun 2014. Tapi udah saya ganti tahun 2020, karena mulai melemah bwt starter, ganti motobatt dari aslinya yang yuasa. 2020 - sekarang gak ada problem.
Nmax juga nih. Seken, buatan tahun 2021, beli 2022. Belum ada problem. Start - stop selalu on.
dsign1990 wrote: βThu Mar 14, 2024 2:05
Justru saya rasa kayaknya ini sport 150cc paling laku sekarang2 ini
Soalnya buat sport 150 angkatan 2020 kesini ini paling sering nemu di jalan dibandingkan cb150 facelift upside down, cbr150 yg lampu cbr250 dan R15 v4
lah.. apa iya ya. daerah saya di kapuk banyakan ya itu emang, yg disebutin diatas yg paling banyak sama cb150R ya. cb150 itu yg verza bukan ya. vixion juga ada cuma emang ga serame motor2 fairing sport. diumur jompo gini, pake motor bungkuk sih udh bnr2 ngga banget buat saya.
fansdiesel wrote: βThu Mar 14, 2024 3:19
jawabannya mahal untuk ukuran motor 150cc rasanya overpriced
eh tapi tentu saja ini karena inflasi yang ekonomi suram bangsa ini.... 10 tahun lalu harga 38 juta itu kelas motor 250cc.... sekarang cuma 150cc
kalo ngomong mahal sih ya gimana ya.. beat aja 18-19juta om
terinsipirasi dr coklat beng-beng
- harga tetap sama seceng, ukuran mengecil >50%
Riil otomotif,
- Grand Vitara 2013, 2400 cc N/A engine -/+400 jeti
- Grand Vitara 2023, 1500 cc N/A engine -/+400 jeti
- NIK 2033 ???cc -/+ 400 jeti
atau udah ganti Modelan Air-EV semua harga 400jt di 2033
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Suryaputra wrote: βThu Mar 14, 2024 2:54 ISS = idling start stop
Di perkotaan yg sering stop and go,
- itu sukses bikin Accu drop sampai <12V (dalam kondisi ignition key ON, dan engine Off)
- Ujung2nya karena ECU detect Accu <12V, fitur ISS otomatis gak berfungsi.
Trus apa gunanya?
- akhirnya saya matikan ajah, dan itu truly fitur unfaedah untuk kasus stop and go.
- Sejak saat itu, saya gak pakai ISS, dan awet accu sampai 6 thn.
- Coba klo org awam, dipakai aja terus, dan (my question) apakah itu Accu tahan sampai 6 thn?
11 12 sama fitur gimmick mild-hybrid suzuki ertelu
marketing gimmick untuk upsell ganti batre >8 thn
ISS mah merknya Honda. Yamaha SSS (start stop system)
Nmax selalu on, kecuali pas macet yang berhentinya gak sampe 5 detik. Capek, mesin baru mati, gak sampe 1 detik udah nyala lagi. Setelah lewat macet, on lagi
Suryaputra wrote: βThu Mar 14, 2024 2:54 ISS = idling start stop
Di perkotaan yg sering stop and go,
- itu sukses bikin Accu drop sampai <12V (dalam kondisi ignition key ON, dan engine Off)
- Ujung2nya karena ECU detect Accu <12V, fitur ISS otomatis gak berfungsi.
Trus apa gunanya?
- akhirnya saya matikan ajah, dan itu truly fitur unfaedah untuk kasus stop and go.
- Sejak saat itu, saya gak pakai ISS, dan awet accu sampai 6 thn.
- Coba klo org awam, dipakai aja terus, dan (my question) apakah itu Accu tahan sampai 6 thn?
11 12 sama fitur gimmick mild-hybrid suzuki ertelu
marketing gimmick untuk upsell ganti batre >8 thn
ISS mah merknya Honda. Yamaha SSS (start stop system)
Nmax selalu on, kecuali pas macet yang berhentinya gak sampe 5 detik. Capek, mesin baru mati, gak sampe 1 detik udah nyala lagi. Setelah lewat macet, on lagi
iyah cara kerjanya mirip
beda nama hahaha
Emg kudu dicoding itu.
Harusnya klo berhenti lbh dr 5 detik, baru mati mesin nya.
Dan itu klo mati mesinnya, sss on, lampu depan ttp nyala.
Mayan itu consume bbrp watts kan
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
darrelund wrote: βThu Mar 14, 2024 6:27
ngomongin motor
oe dari dulu selalu demen lineup ADV oonda
ntuh motor yg 150/160 okeh ga ya? ada yg perna pake
pengennya yg 750 tp hargana kyk zenik
150 oke minusnya cuma kualitas kurang sempurna,setang miring,ban tidak simetris
160 big no! Desainnya salah smua di part2 vital dari mounting mesin,tombol speedo,cuma modif dikit2 dr 150 tapi salah smua desainnya selain built quality yg lebih parah,dan wajib ron 92/95 krn kompresi 12,5 kalo ga salah
Klo bisa dpt motor cbu mending cbu aja lah
Halo om, ikut nimbrung, kebetulan saya sekarang ada rawat Yamaha Gear dan Suzuki GSX 150. Dari jaman dulu keluarga fanboy yamaha garis keras (robot, alfa II-R, jupiter gen 1, Jupiter Z karbu last gen, vixion gen 1, vega force, gear) jadi lumayan khatam merek satu ini wkwkkw.
Bener kata om2 lain diatas untuk yamaha, soal karakteristik yamaha, saya tambahkan satu lagi yang sepertinya terlewat - buat saya karakter rem yamaha paling tidak bisa digantikan di merek2 lain, paling mature dan pakem dibanding honda maupun suzuki, cocok dengan karakter handlingnya yang cenderung stabil dan mantep - beda karakter dengan honda dan suzuki yang titik beratnya lebih ke lincah + irit (honda) dan lincah + powerful (suzuki), bagi saya baik honda maupun suzuki rem nya kurang pakem.
Power yamaha sih so-so ya, tp nilai jual utama engineering yamaha cenderung lebih ke torque bukan ke power - jadi cara bikin iritnya beda dengan cara bikin irit honda, kalau biasa bawa honda dan pegang yamaha pasti langsung boros karena stylenya beda (harus benar2 pulse & glide memanfaatkan low end torque nya, bukan model overdrive seperti honda). Saya pernah adu irit dengan teman saya yang bawa revo, jupiter saya masih bisa lebih irit (sama-sama pakai premium jaman itu).
Kalau soal harga parts, suzuki kadang-kadang bisa jauh lebih murah (saya bandingkan parts GSX vs vixion dan kaget betapa murahnya sebagian besar parts GSX - meski mencarinya tidak mudah ), soal built quality dan keawetan cenderung sama - built quality finish material metal cenderung lebih bagus yamaha, dan build quality finish material plastik jauh lebih bagus suzuki. Yamaha partsnya juga jauh lebih mudah dicari dari suzuki. Hanya untuk kualitas material engine, suzuki harus diakui jempol, sangat unggul, awet dan kuat nahan redline dan tenaga GSX segitu itu.
Sayangnya opsi matic mainstream Suzuki seperti Nex2 speknya kelewat nanggung, sementara Address platformnya udah terlalu tua dan GC nya pendek sekali - meskipun ini motor enak benernya plus platform global lagi. Terakhir pas ada kebutuhan peremajaan motor istri (Jupiter Z) akhirnya beli gear karena khawatir susah fast moving parts untuk suzuki, dan opsi2 lain di yamaha tinggi joknya kurang bersahabat (tinggi jok yamaha biasanya lebih tinggi dari merek lain). Honda kami coret (lagi) karena tidak cocok melihat barangnya di dealer....
om... numpang nanya nih. lagi kepengen beli motor buat iseng2 jalan doang ke alfamart depan komplek sama bini. pengen motor ala2 dylan jadul tapi nggak mau modip2. pilihannya cuma kwk w175 dann xsr 155. tapi udh timbang sana sini akhirnya lebih pengen xsr155 yg edisi warna merah gold itu cuakep banget dah.
kalo boleh tau menurut om kenapa ya si xsr155 ini menurut om kurang gitu laku di jalan? jgn ksh jawaban ya skrg era nya skutik ya om.... maksudnya dibanding motor kopling lain, saya jarang banget liat xsr ini di jalan. apa tenaga nya? apa borosnya? ato mgkn di bawa nya kurang enak?
syukur2 sbg fanboi ymh ada pengalaman cicipin xsr ini boleh om sharing2
Halo om, maaf baru sempat reply. Sebenarnya dugaan om jawaban saya akan kesana agak akurat wkwkwk, karena tbh, market motor kopling baru saat ini yang lumayan jalan ya sekitaran KLX/CRF/W175/XSR150, sisanya mati suri om. Kalau di daerah saya XSR cukup banyak, meskipun masih kalah dari W175 yang memang secara mesin juga beneran klasik (bukan retro modern). Tapi tbh, saya naksir berat ke XSR, sayangnya udah ada GSX, dan biasanya baru akan ganti motor kalau udah 10 tahun. Apalagi umur segini motor sudah bukan mode transportasi utama. Itu GSX juga sekian tahun km baru 15rb karena awal belinya pun juga karena kangen motoran dan ngopling.
XSR cuma sekedar test duduk om, yang pernah saya coba sendiri cuma R15v3, so far jok tinggi sekali bahkan untuk saya yang 170-ish, lebih damai naik diatas gsx yang seat heightnya lebih pendek. Soal power, karena masih share chassis dan mesin dengan saudara2 ganti skin nya cukup mumpuni, handling ok - mantep, paling masalah ergonomi sama aura aja om. Aura galau, kurang kuat karakternya dibanding W175, retro tapi modern tech Tapi W175 juga rasanya naiknya juga full klasik benar, kalau suka motor yang nyaman masih lebih nyaman XSR, tp kembali lagi ini masalah selera dan sangat subjektif
Halo om, ikut nimbrung, kebetulan saya sekarang ada rawat Yamaha Gear dan Suzuki GSX 150. Dari jaman dulu keluarga fanboy yamaha garis keras (robot, alfa II-R, jupiter gen 1, Jupiter Z karbu last gen, vixion gen 1, vega force, gear) jadi lumayan khatam merek satu ini wkwkkw.
Bener kata om2 lain diatas untuk yamaha, soal karakteristik yamaha, saya tambahkan satu lagi yang sepertinya terlewat - buat saya karakter rem yamaha paling tidak bisa digantikan di merek2 lain, paling mature dan pakem dibanding honda maupun suzuki, cocok dengan karakter handlingnya yang cenderung stabil dan mantep - beda karakter dengan honda dan suzuki yang titik beratnya lebih ke lincah + irit (honda) dan lincah + powerful (suzuki), bagi saya baik honda maupun suzuki rem nya kurang pakem.
Power yamaha sih so-so ya, tp nilai jual utama engineering yamaha cenderung lebih ke torque bukan ke power - jadi cara bikin iritnya beda dengan cara bikin irit honda, kalau biasa bawa honda dan pegang yamaha pasti langsung boros karena stylenya beda (harus benar2 pulse & glide memanfaatkan low end torque nya, bukan model overdrive seperti honda). Saya pernah adu irit dengan teman saya yang bawa revo, jupiter saya masih bisa lebih irit (sama-sama pakai premium jaman itu).
Kalau soal harga parts, suzuki kadang-kadang bisa jauh lebih murah (saya bandingkan parts GSX vs vixion dan kaget betapa murahnya sebagian besar parts GSX - meski mencarinya tidak mudah ), soal built quality dan keawetan cenderung sama - built quality finish material metal cenderung lebih bagus yamaha, dan build quality finish material plastik jauh lebih bagus suzuki. Yamaha partsnya juga jauh lebih mudah dicari dari suzuki. Hanya untuk kualitas material engine, suzuki harus diakui jempol, sangat unggul, awet dan kuat nahan redline dan tenaga GSX segitu itu.
Sayangnya opsi matic mainstream Suzuki seperti Nex2 speknya kelewat nanggung, sementara Address platformnya udah terlalu tua dan GC nya pendek sekali - meskipun ini motor enak benernya plus platform global lagi. Terakhir pas ada kebutuhan peremajaan motor istri (Jupiter Z) akhirnya beli gear karena khawatir susah fast moving parts untuk suzuki, dan opsi2 lain di yamaha tinggi joknya kurang bersahabat (tinggi jok yamaha biasanya lebih tinggi dari merek lain). Honda kami coret (lagi) karena tidak cocok melihat barangnya di dealer....
om... numpang nanya nih. lagi kepengen beli motor buat iseng2 jalan doang ke alfamart depan komplek sama bini. pengen motor ala2 dylan jadul tapi nggak mau modip2. pilihannya cuma kwk w175 dann xsr 155. tapi udh timbang sana sini akhirnya lebih pengen xsr155 yg edisi warna merah gold itu cuakep banget dah.
kalo boleh tau menurut om kenapa ya si xsr155 ini menurut om kurang gitu laku di jalan? jgn ksh jawaban ya skrg era nya skutik ya om.... maksudnya dibanding motor kopling lain, saya jarang banget liat xsr ini di jalan. apa tenaga nya? apa borosnya? ato mgkn di bawa nya kurang enak?
syukur2 sbg fanboi ymh ada pengalaman cicipin xsr ini boleh om sharing2
jawabannya mahal untuk ukuran motor 150cc rasanya overpriced
eh tapi tentu saja ini karena inflasi yang ekonomi suram bangsa ini.... 10 tahun lalu harga 38 juta itu kelas motor 250cc.... sekarang cuma 150cc
Bener nih om, agak ngga rela beli motor aja harga segitu. 20 juta cm dapat metic sekarang, saya inget dulu beli vixion itu baru cuma 20 juta lebih dikit
fansdiesel wrote: βThu Mar 14, 2024 3:19
jawabannya mahal untuk ukuran motor 150cc rasanya overpriced
eh tapi tentu saja ini karena inflasi yang ekonomi suram bangsa ini.... 10 tahun lalu harga 38 juta itu kelas motor 250cc.... sekarang cuma 150cc
Bener nih om, agak ngga rela beli motor aja harga segitu. 20 juta cm dapat metic sekarang, saya inget dulu beli vixion itu baru cuma 20 juta lebih dikit
Mobil juga sama lah. 2004 punya duit 150 jt bisa bawa pulang innova gres, sekarang cuma dapat lcgc
Suryaputra wrote: βThu Mar 14, 2024 5:04
terinsipirasi dr coklat beng-beng
- harga tetap sama seceng, ukuran mengecil >50%
Riil otomotif,
- Grand Vitara 2013, 2400 cc N/A engine -/+400 jeti
- Grand Vitara 2023, 1500 cc N/A engine -/+400 jeti
- NIK 2033 ???cc -/+ 400 jeti
atau udah ganti Modelan Air-EV semua harga 400jt di 2033
momo9i dong, udh paling gk ada lawan sebagai contoh paling konkrit mah wkwkwk
noire wrote: βThu Mar 14, 2024 10:42
Halo om, maaf baru sempat reply. Sebenarnya dugaan om jawaban saya akan kesana agak akurat wkwkwk, karena tbh, market motor kopling baru saat ini yang lumayan jalan ya sekitaran KLX/CRF/W175/XSR150, sisanya mati suri om. Kalau di daerah saya XSR cukup banyak, meskipun masih kalah dari W175 yang memang secara mesin juga beneran klasik (bukan retro modern). Tapi tbh, saya naksir berat ke XSR, sayangnya udah ada GSX, dan biasanya baru akan ganti motor kalau udah 10 tahun. Apalagi umur segini motor sudah bukan mode transportasi utama. Itu GSX juga sekian tahun km baru 15rb karena awal belinya pun juga karena kangen motoran dan ngopling.
XSR cuma sekedar test duduk om, yang pernah saya coba sendiri cuma R15v3, so far jok tinggi sekali bahkan untuk saya yang 170-ish, lebih damai naik diatas gsx yang seat heightnya lebih pendek. Soal power, karena masih share chassis dan mesin dengan saudara2 ganti skin nya cukup mumpuni, handling ok - mantep, paling masalah ergonomi sama aura aja om. Aura galau, kurang kuat karakternya dibanding W175, retro tapi modern tech Tapi W175 juga rasanya naiknya juga full klasik benar, kalau suka motor yang nyaman masih lebih nyaman XSR, tp kembali lagi ini masalah selera dan sangat subjektif
KLX CRF ngga dah... emang tujuannya kan emang buat b2an sama bini jalan cuma ke alfamart indomart. cuma emang pengennya yg lebih ke retro aja sih, makanya compare ke w175 dan xsr aja.
berarti mah si om lebih berat ke w175 y di segmen ini.
dsign1990 wrote: βThu Mar 14, 2024 2:05
Justru saya rasa kayaknya ini sport 150cc paling laku sekarang2 ini
Soalnya buat sport 150 angkatan 2020 kesini ini paling sering nemu di jalan dibandingkan cb150 facelift upside down, cbr150 yg lampu cbr250 dan R15 v4
lah.. apa iya ya. daerah saya di kapuk banyakan ya itu emang, yg disebutin diatas yg paling banyak sama cb150R ya. cb150 itu yg verza bukan ya. vixion juga ada cuma emang ga serame motor2 fairing sport. diumur jompo gini, pake motor bungkuk sih udh bnr2 ngga banget buat saya.
fansdiesel wrote: βThu Mar 14, 2024 3:19
jawabannya mahal untuk ukuran motor 150cc rasanya overpriced
eh tapi tentu saja ini karena inflasi yang ekonomi suram bangsa ini.... 10 tahun lalu harga 38 juta itu kelas motor 250cc.... sekarang cuma 150cc
kalo ngomong mahal sih ya gimana ya.. beat aja 18-19juta om
Beda ...
verza 2 valve air cooled
Cb150 4 valve liquid cooled
Komparasinya jangan sama semua CB150 om , CB150 sejak gen 2 2015 sekilas terlihat sama sama yg all new 2020 krn facelift cuma shroud, tangki sama sok depan USD saja sedangkan headlamp sama tailamp sama saja
Nah yg all new 2020 itu lebih jarang nemu di jalan , XSR buat rute harian ane tiap turun ke jalan pilang pergi hampir selalu nemu xsr sedangkan CB150 facelift paling bbrp hari sekali nemu nya
Saya malah boros aki di Supra 125. 1,5 tahun paling lama. BenerΒ² udah gak bisa dipakai akinya.
Jupiter MX karbu udah 6 tahun masih belum soak itu aki, motor tahun 2014. Tapi udah saya ganti tahun 2020, karena mulai melemah bwt starter, ganti motobatt dari aslinya yang yuasa. 2020 - sekarang gak ada problem.
Nmax juga nih. Seken, buatan tahun 2021, beli 2022. Belum ada problem. Start - stop selalu on.
wohh singkat jg ya cm 1,5 thn, pdhl aki mobil aja rata2 2thn, malah bisa ampe 3thn kalo pake yg basah rutin di cek level airnya. btw supranya injeksi kah om? kondisi kiprok/rectifier sama spullnya sehat?
jd ngeri2 sedap ni kbetulan piara seonggok supra 125 karbu thn lawas di rumah. pake aki kering gs emg kalo pake tombol starter kaya ada jeda skitar 1dtk ditahan baru kedengeran starter motornya bunyi muter. udah jalan dari awal ganti aki 1,5 thn lalu kaya bgitu terus sampe sekarang, semoga awet dah akinya/
kalo iss nya honda tu bisa dimatiin dari tombol di stang ga ya mod? kan ada tulisannya idling, sama idling stop. kalo coding biar matinya stelah let's say 10dtk ada bengkel yg bisa ngerjain kah?
Emg kudu dicoding itu.
Harusnya klo berhenti lbh dr 5 detik, baru mati mesin nya.
Dan itu klo mati mesinnya, sss on, lampu depan ttp nyala.
Mayan itu consume bbrp watts kan
beli tombol lampu variasi mbah, yg modelnya kaya bebek lawas sbelum era aturan lampu jauh motor wajib nyala terus, jd bisa dimatiin dari tombolnya tinggal pnp, copot saklar bawaan, ganti ama saklar variasi ga perlu motong2 kabel
yamaha skutik vote soul gt untuk rute jalan yg butuh selap selip. atau jika rutenya banyak lewat jalan panjang alus vote lexi.
kemarin jalan2 ke kota gudeg sewa lexi untuk wara wiri ke daerah kaliurang enak banget, bensin kasih pertamax biar joss
bagasi luas bs buat jas ujan dan pakaian ganti plus minum
pakai bebek( mau honda /yamaha) minus cuma kaki / spatu kotor pas nerjang genangan air, dan bagasi kecil
tp selama ganti oli ga telat dan servis rutin, cucok buat kendaraan operasional.
Saya malah boros aki di Supra 125. 1,5 tahun paling lama. BenerΒ² udah gak bisa dipakai akinya.
Jupiter MX karbu udah 6 tahun masih belum soak itu aki, motor tahun 2014. Tapi udah saya ganti tahun 2020, karena mulai melemah bwt starter, ganti motobatt dari aslinya yang yuasa. 2020 - sekarang gak ada problem.
Nmax juga nih. Seken, buatan tahun 2021, beli 2022. Belum ada problem. Start - stop selalu on.
wohh singkat jg ya cm 1,5 thn, pdhl aki mobil aja rata2 2thn, malah bisa ampe 3thn kalo pake yg basah rutin di cek level airnya. btw supranya injeksi kah om? kondisi kiprok/rectifier sama spullnya sehat?
jd ngeri2 sedap ni kbetulan piara seonggok supra 125 karbu thn lawas di rumah. pake aki kering gs emg kalo pake tombol starter kaya ada jeda skitar 1dtk ditahan baru kedengeran starter motornya bunyi muter. udah jalan dari awal ganti aki 1,5 thn lalu kaya bgitu terus sampe sekarang, semoga awet dah akinya/
kalo iss nya honda tu bisa dimatiin dari tombol di stang ga ya mod? kan ada tulisannya idling, sama idling stop. kalo coding biar matinya stelah let's say 10dtk ada bengkel yg bisa ngerjain kah?
Emg kudu dicoding itu.
Harusnya klo berhenti lbh dr 5 detik, baru mati mesin nya.
Dan itu klo mati mesinnya, sss on, lampu depan ttp nyala.
Mayan itu consume bbrp watts kan
beli tombol lampu variasi mbah, yg modelnya kaya bebek lawas sbelum era aturan lampu jauh motor wajib nyala terus, jd bisa dimatiin dari tombolnya tinggal pnp, copot saklar bawaan, ganti ama saklar variasi ga perlu motong2 kabel
Yang karbu lupa, pernah ganti atau nggak. Cuma pakai 3 tahun soalnya, 2 kali kecelakaan lumayan parah.
Yang injeksi yang saya inget banget, pakai 6 tahun. Mau kiprok standar ataupun tiger (2012 modif fullwave), sama aja
Kalau SSS aktif selama lampu merah, kan setelah mesin on lagi, aki dicharge kiprok lagi. Saya pakai nmax begitu kok. Lampu merah 2 menit lebih ya biarin aja mesin mati. Belum ada masalah sih sampai sekarang.
klo lamer, ya udah putar kunci off aja
begitu dah deket mau hijau, lgs ignition on
Klo ignition off, jelas semua lampu mati. kecuali lampu rem.
6x ultah baru ganti aki
Kyaknya kalau off, semua lampu mati deh. Bisa nyala kalau kunci kontak di ignition on. Positioning lamp nyala, headlamp off. Headlamp baru on klo mesin sudah distarter.
Nanti kita cek nmax saya bisa tahan berapa lama dengan cara saya yang tetap HL on selama lampu merah
klo lamer, ya udah putar kunci off aja
begitu dah deket mau hijau, lgs ignition on
Klo ignition off, jelas semua lampu mati. kecuali lampu rem.
6x ultah baru ganti aki
Kyaknya kalau off, semua lampu mati deh. Bisa nyala kalau kunci kontak di ignition on. Positioning lamp nyala, headlamp off. Headlamp baru on klo mesin sudah distarter.
Nanti kita cek nmax saya bisa tahan berapa lama dengan cara saya yang tetap HL on selama lampu merah
di Lexi, headlamp / lampu depan utama LED tetep on, dalam kondisi
- YSSS on
- dan mesin mati
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
klo lamer, ya udah putar kunci off aja
begitu dah deket mau hijau, lgs ignition on
Klo ignition off, jelas semua lampu mati. kecuali lampu rem.
6x ultah baru ganti aki
Kyaknya kalau off, semua lampu mati deh. Bisa nyala kalau kunci kontak di ignition on. Positioning lamp nyala, headlamp off. Headlamp baru on klo mesin sudah distarter.
Nanti kita cek nmax saya bisa tahan berapa lama dengan cara saya yang tetap HL on selama lampu merah
di Lexi, headlamp / lampu depan utama LED tetep on, dalam kondisi
- YSSS on
- dan mesin mati
Kalau SSS aktif, headlamp kan memang tetap on. Dan saya selalu biarkan begitu meskipun durasi lampu merahnya lama. Nanti kita cek aja itu aki nmax kuat berapa lama dengan cara saya.
Yang tadi kan saya jawab pernyataan om soal lampu rem tetap nyala saat kontak di off, sedangkan saya sanggah dengan semua kelistrikan akan mati di kontak 'off', sedangkan jika di kontak 'on', baru lampu nyala, itu juga positioning lamp. HL baru akan nyala setelah mesin distarter