Owning Experience - Honda Civic FD1 MT & Accord CP2 MT

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

chrizzz35
Newbie
Newbie
Posts: 10
Joined: Mon Sep 02, 2019 18:14
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Civic FD1 MT + Accord CP2 VTI MT

Owning Experience - Honda Civic FD1 MT & Accord CP2 MT

Post by chrizzz35 »

Berawal dari sebuah post 2 tahun lalu, ga terasa uda hampir 2 tahun memakai Civic FD 1.8 MT sebagai daily driver. Jadi pada kesempatan kali ini, izinkan nubie membagikan pengalaman suka duka merawat kedua mobil berumur yang ada di garasi saat ini. :mky_02:

Prologue

Sebelumnya di tahun 2020, mobil utama ane adalah Brio RS CVT yang ane beli dari baru di masa pandemi. Fast forward ke tahun 2022 pandemi mulai mereda, ane & istri harus kembali bekerja secara WFO. Mengingat kondisi saat itu masih punya balita di rumah, jadi istri (dengan berat hati) memutuskan utk tidak naik kendaraan umum dan menggunakan Brio tsb untuk PP ke kantor. (Dengan berat hati karena istri males macet2an)

Brio.jpg

Onwership Civic 2022 - 2024

Nah karena Brio ny dipakai istri, jadi ane memutuskan dengan budget 150jt (include rapi2) untuk meminang seekor Honda Civic FD 1.8 MT. Sebenernya awalnya muncul pertentangan dari istri & ortu untuk meminang mobil berumur untuk dipakai harian. Tapi karena melihat saran dari agan2 dari Serayamotor, ane bulatkan tekad untuk ambil mobil ini. Singkat cerita, ane dapet mobil kelahiran tahun 2006 ini dari pemakai langsung di angka 100 kecil, tanpa basa-basi, selesai test drive langsung bayar. :big_smoking:

Kalo ditanya kenapa pilih mobil ini? Alasannya selain karena emg uda naksir dari dulu :big_blushing: , pengen banget punya mobil sedan (fun to drive?) dengan transmisi manual yang masih pakai hydrolic power steering. Awal2 ambil mobil ini ketemu lah masalah bocor ketika hujan & power steering bocor, odometer tercatat 130rban kecil ketika baru angkat. Pas baru angkat setelah kuras semua pelendiran, "jajan" yang pertama kali dilakukan adalah upsize velg ke ring 17 (bawaannya ring 16), facelift bumper depan dan pasang add ons body kit, sambil dicoba pakai harian sambil identifikasi penyakit2 yang ada selama pemakaian.

Selama pemakaian 2 tahun, dengan perawatan oli2 yang teratur sesuai jadwal, penggantian part2 selama ini:
- Engine mounting (kyny 2 / 3 mounting, agak lupa)
- Seal2 di area mesin, seal vtec, seal cover valve.
- Seal power steering beserta seal racksteer nya
- Kaki2 macam shock, link stabil, bearing, boot cv joint, dan bushing2.
- Motor fan, thermostat, tutup radiator, sama korokin radiator (preventif aja buat mobil yang uda berumur)

Sejauh ini belum pernah melipir di pinggir jalan, starter di pagi pun selalu grenggg. Km yang ditempuh selama 2 tahun ini kurang lebih 30rban, sekarang jadi uda 160rb. Mobil ini sering dibawa keluar kota jg meskipun ga jauh2 antara puncak, anyer, bandung. :big_peace:

Civic 1.jpg
Civic 2.jpg

Onwership Accord 2023 - 2024

Di Q3 2023, istri memutuskan untuk balik ke kendaraan umum (dengan alasan ga tahan macet2an), sehingga Brio ini menjadi garage queen selama beberapa bulan. Suatu malam, ketika ane lagi explore story2 di instagram, muncul sebuah iklan Accord CP2 VTI tahun 2008 dengan transmisi MANUAL!! Ane awam banget dengan Honda Accord, bahkan baru tau kalo Accord tahun segini masih ada yang manual. Ane minta izin ke ibu negara, untuk minang 1 mobil lagi (dengan pertimbangan yang sama dgn Civic dulu, sedan + manual + hydrolic PS). Lalu Brio nya dikemanain? Ane bilang dijual aja, toh masih lebih ada harga jual nya, dan kembalian ny banyak deh kyny untuk rapi2in Accord nya. Singkat cerita ane janjian sama owner, dengan cara yang sama ketika cek unit Civic dulu, test drive, cocok, langsung bayar. :big_smoking: Accord ini ane tebus dengan harga hampir 100jt dengan km 160rban.

Berdasarkan pengalaman merawat Civic yang 2 tahun lebih tua dari Accord, part2 yang langsung diremajakan adalah:
- Engine mounting (ada 2 yang retak)
- Shock depan & belakang dan link stabil

Area pendinginan dan seal2 mesin belum ada yang ane ganti, karena belum ada indikasi perlu diganti juga. Dan mobil ini belum dijajanin apa2, karena takut ga cocok dengan mobilnya, berbeda dengan Civic yang emang uda jadi inceran dari dulu. :big_childish:

Accord 1.jpg
Accord 2.jpg
Accord 3.jpg

Comparison

Kedua mobil ini ane pake harian secara bergantian sebagai daily driver untuk commute dari rumah ke kantor (kurang lebih PP 50km). Berdasarkan pengalaman ane beberapa bulan membawa kedua mobil ini, kedua mobil ini punya karakteristik yang agak berbeda. Menurut ane, Civic lebih mudah untuk dikendalikan ketika high speed ketimbang Accord, meskipun kalo tenaga rasanya lebih melimpah 2.400cc nya Accord. Tapi Accord ini lebih enak kalo dibawa santai karena lebih comfort oriented ketimbang Civic (confirmed by istri sebagai penumpang di belakang). Interior kedua mobil mirip2, dengan jok dan door trim dominan berwarna beige dan fitur2 yang sangat minimalis, bluetooth pun ga punya apa lagi electric seat karena 2 2 ny trim terbawah. (sedih nya kalo mobil manual itu trim nya jarang ada yang atas) :big_dunno:

Kalo ngomongin soal top speed, sejauh ini ane cuma pernah bawa kedua mobil ini
- Civic: 180 kph
- Accord 200 kph
angka tsb cm berdasarkan speedometer, jadi ada margin error, itu pun nyobain ny di jalanan kosong pas tengah malem. Untuk figur akselerasi kyny mirip2 deh, ga pernah bener2 ngukur juga, tapi ya untuk tarikan ga malu2in sih kalo shifting ny deket redline. :ungg:

Untuk fuel consumption dibilang irit ya so so, untuk metode pengisian full to full ane cek terakhir (Ron 92)
- Civic 1:9-10 kpl
- Accord 1:7-8 kpl

Nah kalo ngomongin soal pajak, kedua mobil ini masih termasuk murah (menurut ane)
- Civic: 2.111.000
- Accord: 3.474.000 (progresif)

Closing

Di tengah gempuran SUV yang menjadi mayoritas populasi kendaraan roda 4 di Indo, rasanya ane masih tetep akan lanjutin merawat kedua sedan ini 2-3 tahun lagi sambil menimbang2 plan berikutnya. Karena sampai hari ini masih enjoyable merawat keduanya karena ga terlalu rewel mengingat Civic umurnya uda 18 tahun, dan yang Accord uda 16 tahun. Jujur kalo mau ganti mobil pun bingung sih, semua mobil baru udah jarang ada yang manual dengan CC besar (ga mgkn jg rasanya tebus 1.4M untuk sebuah Type R dengan peruntukan harian wkwkwk) dan rata2 jg uda pakai EPS (tetep prefer hydrolic dengan segala bocor2nya). :upss:

Mungkin kalau nanti tetep ga ada opsi yang menarik tapi pengen nuansa baru, sempet terpikir ide gila untuk memindahkan mesin 2.400 Accord ke chassis nya Civic. :big_biglaugh: :big_biglaugh: Ga tau juga apakah realistis, karena ada concern reliability untuk daily commute dan ga tau jg swap seperti itu possible ga (atau bisa diurus suratnya ga). Time will tell, mana tau keinginan berubah seiring bertambahnya umur.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
iamwewe
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1060
Joined: Thu Jun 14, 2012 3:39
Location: jakarta

Re: Owning Experience - Honda Civic FD1 MT & Accord CP2 MT

Post by iamwewe »

om, penasaran, dgn posisi om udh berumah tangga dan ada anak. kisaran umur brp ya om TS, berani banget mobil di rumah semua sedan ngggak ada mobil tempur minimal MPV pasaran wkwkwk

dari cerita om, salut sih.. berani ambil mobil kaya civic berumur 18thn yg jelas2 pasti pemakainya anak muda dan rajin di betot. hebatnya lagi, ngga ada masalah major ya utk mesin, masih bisa lari 180.

kalo ambil accord berumur mungkin masih berani dah mengingat yg pake accord biasa lebih kalem bawanya. lari ke 200kph pake accord 2.4cc manual sih rasanya enteng banget kali yak
Ibet
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 226
Joined: Mon Mar 23, 2015 0:25
Location: Bekasi, Jawa Barat

Re: Owning Experience - Honda Civic FD1 MT & Accord CP2 MT

Post by Ibet »

angin segar baca thread sedan di 2024 ..
thank you om buat review sedan remaja inii haha

kudos buat ibu negara nya juga yang selalu support wkkw

((saya perlu lebih rajin berdoa biar ibu negara saya juga support beli sedan))
antonyaulia
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 281
Joined: Tue Oct 17, 2017 12:49
Location: Solo
Daily Vehicle: GerobakPerang

Re: Owning Experience - Honda Civic FD1 MT & Accord CP2 MT

Post by antonyaulia »

Waduh, dua duanya mobil impian saya dulu, sayang pas barunya gak mungkin terbeli, mau beli sekarang ya banyak pertimbangan juga, utamanya garasi dah penuh. kalo garasi kami ada, pasti kedua mobil tersebut jadi garage queen di tempat kami. Yang jelas menurut saya dua2nya modelnya keren abis, timeless nih CP2 kayak maestro. kalo batman... duh kesannya kembali ke masa muda....
sekarang garasi saya diisi mobil2 baru dan matik semua. ANPS 2018 punya saya, Air EV 2023 punya istri, Xpander Cross 2023 punya ibu, HRV 2024 punya adik, eh masih ada yg manual, Grandmax Stesen 2019 dan PU 2015.
Mungkin suatu saat saya akan hunting itu CP2 tahun2 2010 2011
chrizzz35
Newbie
Newbie
Posts: 10
Joined: Mon Sep 02, 2019 18:14
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Civic FD1 MT + Accord CP2 VTI MT

Re: Owning Experience - Honda Civic FD1 MT & Accord CP2 MT

Post by chrizzz35 »

iamwewe wrote: Tue Apr 23, 2024 1:35 om, penasaran, dgn posisi om udh berumah tangga dan ada anak. kisaran umur brp ya om TS, berani banget mobil di rumah semua sedan ngggak ada mobil tempur minimal MPV pasaran wkwkwk

dari cerita om, salut sih.. berani ambil mobil kaya civic berumur 18thn yg jelas2 pasti pemakainya anak muda dan rajin di betot. hebatnya lagi, ngga ada masalah major ya utk mesin, masih bisa lari 180.

kalo ambil accord berumur mungkin masih berani dah mengingat yg pake accord biasa lebih kalem bawanya. lari ke 200kph pake accord 2.4cc manual sih rasanya enteng banget kali yak
Halo om, kalo utk saat ini sih keluarga kecil ane masih bertiga om, anak jg msh 3.5 tahun, anak kedua masih proses negosiasi dgn yg pny pabrik. :big_biglaugh:

Nah berdasarkan pengalaman ane yg 2 bersaudara, dan ortu dari dulu pakai mobil 3 row, untuk row ketiga sepengetahuan ane ga pernah terpakai om.. Makanya blum kepikiran utk pny MPV / SUV 3 baris jg, karena ortu & mertua masih suka driving sendiri.

Agree om, utk cari Civic yg kondisi seger berdasarkan pengalaman ane lebih sulit ketimbang Accord, ini pun beruntungnya ane dpt mobil ny dri profile pemakai sebelumnya yg uda lumayan berumur, jdi mostly unit ny masih pada seger om. Sejauh ini sih kerusakan banyakan di kaki2 & seal2 karena usia, jdi karet ny pda getas.

Bener om 2.400cc di manual rasanya effortless sih om utk ukuran mesin NA, tapi kalo buat diajak lari, kyny lebih pede pake Civic, karena perbedaan bobot dan profil suspensi std ny kyny. :big_think:

Kalo pas parkir dijejerin di plg belakang emg plg joss semok nya :big_blushing:
Both 1.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Last edited by chrizzz35 on Tue Apr 23, 2024 3:32, edited 2 times in total.
Kaleng
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 779
Joined: Thu Aug 27, 2009 4:59
Location: Serpong
Daily Vehicle: Brio Dipanjangin

Re: Owning Experience - Honda Civic FD1 MT & Accord CP2 MT

Post by Kaleng »

Ibet wrote: Tue Apr 23, 2024 2:35 angin segar baca thread sedan di 2024 ..
thank you om buat review sedan remaja inii haha

kudos buat ibu negara nya juga yang selalu support wkkw

((saya perlu lebih rajin berdoa biar ibu negara saya juga support beli sedan))
Minta doanya jg om. :big_grin:

Gak direstu sedan, apalagi yang tahun tua. Padahal dulu muda idamannya civic yang lampu belakang bulat 4 biji.
pengendiesel
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1561
Joined: Sun May 22, 2016 4:20

Re: Owning Experience - Honda Civic FD1 MT & Accord CP2 MT

Post by pengendiesel »

chrizzz35 wrote: Tue Apr 23, 2024 2:51 Halo om, kalo utk saat ini sih keluarga kecil ane masih bertiga om, anak jg msh 3.5 tahun, anak kedua masih proses negosiasi dgn yg pny pabrik. :big_biglaugh:

Nah berdasarkan pengalaman ane yg 2 bersaudara, dan ortu dari dulu pakai mobil 3 row, untuk row ketiga sepengetahuan ane ga pernah terpakai om.. Makanya blum kepikiran utk pny MPV / SUV 3 baris jg, karena ortu & mertua masih suka driving sendiri.

Agree om, utk cari Civic yg kondisi seger berdasarkan pengalaman ane lebih sulit ketimbang Accord, ini pun beruntungnya ane dpt mobil ny dri profile pemakai sebelumnya yg uda lumayan berumur, jdi mostly unit ny masih pada seger om. Sejauh ini sih kerusakan banyakan di kaki2 & seal2 karena usia, jdi karet ny pda getas.

Bener om 2.400cc di manual rasanya effortless sih om utk ukuran mesin NA, tapi kalo buat diajak lari, kyny lebih pede pake Civic, karena perbedaan bobot dan profil suspensi std ny kyny. :big_think:
5 atau 6m/t om? Civic n accordnya. 100kmh di rpm berapa?
Belasan tahun terakhir pake mobil matic, jadi kangen mobil manual. Sudah bosaaaaan sama selipnya matic. Digas sekarang, gigitnya besok
kemalmakbar
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 104
Joined: Tue Oct 10, 2017 12:24
Location: Surabaya, Jawa Timur

Re: Owning Experience - Honda Civic FD1 MT & Accord CP2 MT

Post by kemalmakbar »

Keren banget om, review Civic dan Accordnya. Mudah-mudahan kedua mobil itu bisa awet.

Anyway, Civic FD dan Accord CP punya model yang masih oke banget di mata saya, apalagi kalau pakai warna yang tepat, seperti hitam.
Or4cle
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1298
Joined: Wed Nov 02, 2016 1:59

Re: Owning Experience - Honda Civic FD1 MT & Accord CP2 MT

Post by Or4cle »

Ibet wrote: Tue Apr 23, 2024 2:35 angin segar baca thread sedan di 2024 ..
thank you om buat review sedan remaja inii haha

kudos buat ibu negara nya juga yang selalu support wkkw

((saya perlu lebih rajin berdoa biar ibu negara saya juga support beli sedan))
Coba pakai trick bapack-bapack pemberani : LEBIH BAIK MINTA MAAF, DARIPADA MINTA IJIN :big_okay: :big_okay: :big_okay:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15597
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Owning Experience - Honda Civic FD1 MT & Accord CP2 MT

Post by ChZ »

mantab ni pecinta menuel sejati hahahaha tp koreksi dikit om kayaknya CP itu udah electric power steering deh. tp electric power steering honda zaman ini enak banget padat. beda dgn FB atau CR yang rasanya enteng melayang banget.

tinggal build civic nya pake block K24 frankenstein K20 type R. :upss:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1649
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: Owning Experience - Honda Civic FD1 MT & Accord CP2 MT

Post by darrelund »

mantep neh garasinya sedan semua

berarti rute commute TS termasuk mulus yah aspalnya, ga kyk medan perang
t105erd
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1147
Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17

Re: Owning Experience - Honda Civic FD1 MT & Accord CP2 MT

Post by t105erd »

Wah memang sensasi naik Honda + manual itu lumayan maknyus, walaupun saya baru sempat bawa brio manual, tapi kalo ada kesempatan pengen banget punya Honda Accord/Civic/Stream manual atau BMW manual.
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2548
Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
Location: Indonesia

Re: Owning Experience - Honda Civic FD1 MT & Accord CP2 MT

Post by KielConstantine »

Paling seneng baca riviu sedan2 bgini
Nanti klo ada budget bisalah maenan wrx sti manual om wkwkwk

Btw congrats dulu 🥳
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
-el_capitan-
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 186
Joined: Sat May 25, 2013 0:49

Re: Owning Experience - Honda Civic FD1 MT & Accord CP2 MT

Post by -el_capitan- »

ChZ wrote: Tue Apr 23, 2024 3:38 mantab ni pecinta menuel sejati hahahaha tp koreksi dikit om kayaknya CP itu udah electric power steering deh. tp electric power steering honda zaman ini enak banget padat. beda dgn FB atau CR yang rasanya enteng melayang banget.

tinggal build civic nya pake block K24 frankenstein K20 type R. :upss:
Cp2 hidrolik om, sejak cr2 kyknya eps. Kebetulan sy punya jg cp2 mt n bberapa waktu lalu benerin ps yg rembes oli n bunyi, cuman ganti seal2 nya aja, murmer. Itupun jg baru ngalamin begitu setelah sy beli nih mobil di tahun 2018 lalu ...
chrizzz35
Newbie
Newbie
Posts: 10
Joined: Mon Sep 02, 2019 18:14
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Civic FD1 MT + Accord CP2 VTI MT

Re: Owning Experience - Honda Civic FD1 MT & Accord CP2 MT

Post by chrizzz35 »

Ibet wrote: Tue Apr 23, 2024 2:35 angin segar baca thread sedan di 2024 ..
thank you om buat review sedan remaja inii haha

kudos buat ibu negara nya juga yang selalu support wkkw

((saya perlu lebih rajin berdoa biar ibu negara saya juga support beli sedan))
Kaleng wrote: Tue Apr 23, 2024 2:52
Ibet wrote: Tue Apr 23, 2024 2:35 angin segar baca thread sedan di 2024 ..
thank you om buat review sedan remaja inii haha

kudos buat ibu negara nya juga yang selalu support wkkw

((saya perlu lebih rajin berdoa biar ibu negara saya juga support beli sedan))
Minta doanya jg om. :big_grin:

Gak direstu sedan, apalagi yang tahun tua. Padahal dulu muda idamannya civic yang lampu belakang bulat 4 biji.
Or4cle wrote: Tue Apr 23, 2024 3:35
Ibet wrote: Tue Apr 23, 2024 2:35 angin segar baca thread sedan di 2024 ..
thank you om buat review sedan remaja inii haha

kudos buat ibu negara nya juga yang selalu support wkkw

((saya perlu lebih rajin berdoa biar ibu negara saya juga support beli sedan))
Coba pakai trick bapack-bapack pemberani : LEBIH BAIK MINTA MAAF, DARIPADA MINTA IJIN :big_okay: :big_okay: :big_okay:

Lebih baik menyesal membeli om daripada nyesel ga beli, wkwkwk.

Kalo istri saya dulu cm blg kalo miara mobil berumur gini, ane harus komitmen kalo ada kerusakan harus langsung diperbaikin, jangan awal2nya doang semangat beli ny, tapi pas ada rusak males bawa bengkel ny. Tapi mobil seumur gini jg kyny kalo abis beli trus bulan depan dijual lagi jg kyny uda ga berasa depresiasi nya
chrizzz35
Newbie
Newbie
Posts: 10
Joined: Mon Sep 02, 2019 18:14
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Civic FD1 MT + Accord CP2 VTI MT

Re: Owning Experience - Honda Civic FD1 MT & Accord CP2 MT

Post by chrizzz35 »

pengendiesel wrote: Tue Apr 23, 2024 3:21
chrizzz35 wrote: Tue Apr 23, 2024 2:51 Halo om, kalo utk saat ini sih keluarga kecil ane masih bertiga om, anak jg msh 3.5 tahun, anak kedua masih proses negosiasi dgn yg pny pabrik. :big_biglaugh:

Nah berdasarkan pengalaman ane yg 2 bersaudara, dan ortu dari dulu pakai mobil 3 row, untuk row ketiga sepengetahuan ane ga pernah terpakai om.. Makanya blum kepikiran utk pny MPV / SUV 3 baris jg, karena ortu & mertua masih suka driving sendiri.

Agree om, utk cari Civic yg kondisi seger berdasarkan pengalaman ane lebih sulit ketimbang Accord, ini pun beruntungnya ane dpt mobil ny dri profile pemakai sebelumnya yg uda lumayan berumur, jdi mostly unit ny masih pada seger om. Sejauh ini sih kerusakan banyakan di kaki2 & seal2 karena usia, jdi karet ny pda getas.

Bener om 2.400cc di manual rasanya effortless sih om utk ukuran mesin NA, tapi kalo buat diajak lari, kyny lebih pede pake Civic, karena perbedaan bobot dan profil suspensi std ny kyny. :big_think:
5 atau 6m/t om? Civic n accordnya. 100kmh di rpm berapa?
Belasan tahun terakhir pake mobil matic, jadi kangen mobil manual. Sudah bosaaaaan sama selipnya matic. Digas sekarang, gigitnya besok
5 speed om MT ny, seinget saya 6 speed MT cm ada di Civic FD2R yg JDM sama Accord Coupe gen 8th yg USDM, CMIIW

antonyaulia wrote: Tue Apr 23, 2024 2:41 Waduh, dua duanya mobil impian saya dulu, sayang pas barunya gak mungkin terbeli, mau beli sekarang ya banyak pertimbangan juga, utamanya garasi dah penuh. kalo garasi kami ada, pasti kedua mobil tersebut jadi garage queen di tempat kami. Yang jelas menurut saya dua2nya modelnya keren abis, timeless nih CP2 kayak maestro. kalo batman... duh kesannya kembali ke masa muda....
sekarang garasi saya diisi mobil2 baru dan matik semua. ANPS 2018 punya saya, Air EV 2023 punya istri, Xpander Cross 2023 punya ibu, HRV 2024 punya adik, eh masih ada yg manual, Grandmax Stesen 2019 dan PU 2015.
Mungkin suatu saat saya akan hunting itu CP2 tahun2 2010 2011
gasss om, CP2 harusnya uda pada murah meriah jg om, tinggal jangan salah pilih unit ny ajaa

kemalmakbar wrote: Tue Apr 23, 2024 3:28 Keren banget om, review Civic dan Accordnya. Mudah-mudahan kedua mobil itu bisa awet.

Anyway, Civic FD dan Accord CP punya model yang masih oke banget di mata saya, apalagi kalau pakai warna yang tepat, seperti hitam.
bener om, dan untung ny unit ny bnyk yg warna hitam, jadi pilihan ny lumayan banyak, yg susah ny nyari yg MT.

-el_capitan- wrote: Tue Apr 23, 2024 6:15
ChZ wrote: Tue Apr 23, 2024 3:38 mantab ni pecinta menuel sejati hahahaha tp koreksi dikit om kayaknya CP itu udah electric power steering deh. tp electric power steering honda zaman ini enak banget padat. beda dgn FB atau CR yang rasanya enteng melayang banget.

tinggal build civic nya pake block K24 frankenstein K20 type R. :upss:
Cp2 hidrolik om, sejak cr2 kyknya eps. Kebetulan sy punya jg cp2 mt n bberapa waktu lalu benerin ps yg rembes oli n bunyi, cuman ganti seal2 nya aja, murmer. Itupun jg baru ngalamin begitu setelah sy beli nih mobil di tahun 2018 lalu ...
ChZ wrote: Tue Apr 23, 2024 3:38 mantab ni pecinta menuel sejati hahahaha tp koreksi dikit om kayaknya CP itu udah electric power steering deh. tp electric power steering honda zaman ini enak banget padat. beda dgn FB atau CR yang rasanya enteng melayang banget.

tinggal build civic nya pake block K24 frankenstein K20 type R. :upss:
ane kebetulan dari semenjak pegang SIM, mobil ortu semua ny manual, jdi ketika bawa manual macet2an kyny uda jadi muscle memory sih, ga pernah berasa cape.. tapi yang pasti shifting manual itu berasa lebih seru :big_peace:

Accord CP masih hidrolik om, placement reservoir ny pun sama ky di Civic FD (di sebelah kiri engine bay). problem ny kyny sama ya, bocor2 jg, cm emg benerin yg hidrolik ini ga semahal ngurus EPS sih, IMHO

one day om, kalo moment & prioritas ny pas, mgkn suatu hari akan saya swap dgn K24A2 ny Odyssey Absolute, kalo K20 type R uda digoreng bgt kyny ya harganya :big_cry:

darrelund wrote: Tue Apr 23, 2024 3:55 mantep neh garasinya sedan semua

berarti rute commute TS termasuk mulus yah aspalnya, ga kyk medan perang
lumayan mulus om, rata2 rute naik tol jg, main nya ya kalo ga di PIK or BSD. :big_smile

t105erd wrote: Tue Apr 23, 2024 4:26 Wah memang sensasi naik Honda + manual itu lumayan maknyus, walaupun saya baru sempat bawa brio manual, tapi kalo ada kesempatan pengen banget punya Honda Accord/Civic/Stream manual atau BMW manual.
agree om, kalo uda biasa bawa manual sbenernya lebih seru.. tapi kalo ga biasa, mgkn agak males kalo kena macet
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15597
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Owning Experience - Honda Civic FD1 MT & Accord CP2 MT

Post by ChZ »

-el_capitan- wrote: Tue Apr 23, 2024 6:15
Cp2 hidrolik om, sejak cr2 kyknya eps. Kebetulan sy punya jg cp2 mt n bberapa waktu lalu benerin ps yg rembes oli n bunyi, cuman ganti seal2 nya aja, murmer. Itupun jg baru ngalamin begitu setelah sy beli nih mobil di tahun 2018 lalu ...
oh CP2 hydraulic ya, saya pikir terakhir hydraulic itu CM hahahaha :mky_01:

soalnya FD1 kan hydraulic FD2nya malah EPS
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
chrizzz35
Newbie
Newbie
Posts: 10
Joined: Mon Sep 02, 2019 18:14
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Civic FD1 MT + Accord CP2 VTI MT

Re: Owning Experience - Honda Civic FD1 MT & Accord CP2 MT

Post by chrizzz35 »

KielConstantine wrote: Tue Apr 23, 2024 4:42 Paling seneng baca riviu sedan2 bgini
Nanti klo ada budget bisalah maenan wrx sti manual om wkwkwk

Btw congrats dulu 🥳
waduh om, menarik memang kalo maen subbie, cm kalo buat harian sangat worry dgn ketersediaan part om. soalnya miara ky sedan Honda gini sih blum ketemu part yg inden dan body part jg banyak banget mau yg aftermarket / kampakan. :big_childish:

takut ngejogrok di garasi mobil nya nungguin part, ane ke kantor ny sepedaan :big_cry:
User avatar
levofloxacine
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 213
Joined: Wed Jan 25, 2017 1:30
Location: Palembang
Daily Vehicle: FD1 2011 FC 2017 GN2 2022

Re: Owning Experience - Honda Civic FD1 MT & Accord CP2 MT

Post by levofloxacine »

mantap om dua-duanya sedan manual, salam sesama user FD1 dan pemuja setan.. eh sedan, saya juga masih nyimpen FD1 manual keluaran terakhir 2011, sudah mulai banyak jajan dan muncul bergantian penyakitnya, mulai dari shock mati, bearing belakang berdengung, fuel pump pernah koit, disc brake bergelombang, karet2 getas, cowl cover getas, las2an atap rembes, seal ps bocor ke-2 kalinya, tp udah diperbaiki semua, kecuali seal ps masih inden di beres, sayang memang meski sudah berumur, tinggal satu2nya mobil manual di garasi saya, sisanya udah matic semua, civic FC dan city sedan GN
sebenernya kalo bukan FD manual mungkin sudah saya remajakan, mengingat usia skrg udah pingin nyetir santai angkat kaki satu , tetapi rasanya sayang banget, tar kalo dijual nanti di jalan liat FD pasti kepingin lagi :big_childish:
chrizzz35
Newbie
Newbie
Posts: 10
Joined: Mon Sep 02, 2019 18:14
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Civic FD1 MT + Accord CP2 VTI MT

Re: Owning Experience - Honda Civic FD1 MT & Accord CP2 MT

Post by chrizzz35 »

levofloxacine wrote: Tue Apr 23, 2024 8:09 mantap om dua-duanya sedan manual, salam sesama user FD1 dan pemuja setan.. eh sedan, saya juga masih nyimpen FD1 manual keluaran terakhir 2011, sudah mulai banyak jajan dan muncul bergantian penyakitnya, mulai dari shock mati, bearing belakang berdengung, fuel pump pernah koit, disc brake bergelombang, karet2 getas, cowl cover getas, las2an atap rembes, seal ps bocor ke-2 kalinya, tp udah diperbaiki semua, kecuali seal ps masih inden di beres, sayang memang meski sudah berumur, tinggal satu2nya mobil manual di garasi saya, sisanya udah matic semua, civic FC dan city sedan GN
sebenernya kalo bukan FD manual mungkin sudah saya remajakan, mengingat usia skrg udah pingin nyetir santai angkat kaki satu , tetapi rasanya sayang banget, tar kalo dijual nanti di jalan liat FD pasti kepingin lagi :big_childish:
Wahh bener banget om, dari sebagian yg om sebutin uda ane alami sendiri, pas baru angkat kaget jg pas ujan tiba2 plafon ny basah. Klo prefer matic, kyny FD ny tuker ke FD2 aja tuh om, lebih worth jg kyny kalo mau direstorasi utk di-keep. Cm kyny unit ny jg ga terlalu bnyk, jdi agak sulit cari nya
User avatar
pradit_d
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 807
Joined: Sun Oct 30, 2011 14:37

Re: Owning Experience - Honda Civic FD1 MT & Accord CP2 MT

Post by pradit_d »

Accord cp2 secara design sih cakep ya, cuman menurut ane emang perlu tambahan bodykit sih, karen entah kenapa bagian bawahnya kyk ada yg kurang gitu. Gile honda seniat itu ya buat bedain trim bawah ama atas dari tampilan luar, bahkan posisi sein samping aja dibedain di mobil kelas accord n civic begini, padahal justru malah ribet ga sih karena harus bikin lebih banyak jenis parts
:big_peace:
lemonadelovers
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1564
Joined: Sat Apr 26, 2014 4:42

Re: Owning Experience - Honda Civic FD1 MT & Accord CP2 MT

Post by lemonadelovers »

yg accord vti ganti velg vtil 17 dah cakep

btw setelah lama pake matic. pake manual emang paling joss. mudah dirawat & tenaga instan.
V engine enthusiast:
V6: VQ35DE{|}CVT
V8: 1UR-FSE{|}8AT

predecessor
V6: 2GR-FE{|}6AT
Kaleng
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 779
Joined: Thu Aug 27, 2009 4:59
Location: Serpong
Daily Vehicle: Brio Dipanjangin

Re: Owning Experience - Honda Civic FD1 MT & Accord CP2 MT

Post by Kaleng »

chrizzz35 wrote: Tue Apr 23, 2024 7:45 lumayan mulus om, rata2 rute naik tol jg, main nya ya kalo ga di PIK or BSD. :big_smile
tinggalnya di bsd jg? kadang suka macetnya di jalan raya serpong, tapi memang jauh lbh lancar dibanding jakarta.
glendotan
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 505
Joined: Thu Jul 21, 2011 5:44

Re: Owning Experience - Honda Civic FD1 MT & Accord CP2 MT

Post by glendotan »

Seneng banget baca thread bgini, krn seolah bs merasakan happynya punya Honda sedan manual dan hydraulic PS. Om TS nya tampak sangat menikmati dan sy yakin ini jd zona nyaman krn sulit mencari penggantinya kecuali krn usia kendaraan dan semakin banyaknya part yg tear.
Kalo yang hobby nyetir itu, ada rasa yang tidak dapat digantikan ketika mengendarai proper Honda manual. Selalu Nagih walau mobilnya tdk punya fitur ky mobil jaman skrg...
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4585
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Owning Experience - Honda Civic FD1 MT & Accord CP2 MT

Post by Pboyz97 »

nice review om. 2 sedan honda favorit saya . desainnya keliatan timeless & masih enak dilihat walaupun umurnya udh diatas 10 tahun + punya tarikan, handling dan driving feel yg cukup oke jg menurut saya
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV