2022 Honda Civic RS 1.5T CVT (FE1) Short Drive

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

ExorT
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 361
Joined: Mon Dec 20, 2021 17:17

Re: 2022 Honda Civic RS 1.5T CVT (FE1) Short Drive

Post by ExorT »

ChZ wrote: Tue Jun 18, 2024 5:31

Camry mesin dynamicforce nya setau saya oprekannya minim... NA high compression engine gini susah om. Skyactiv mau oprek jg mentok main IHE dan remap yg cuma gain 15%. Terus top end nya kurang jambak...

Ini pengalaman coba any skyactiv engine ya om yg jadi basis development mesin dynamicforce Toyota.
Iya, skyactiv atasnya kempos. Tapi camry FL kan pakai 8AT + sasis kebanggaan, mungkin worth to test :big_think:
iamwewe
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1108
Joined: Thu Jun 14, 2012 3:39
Location: jakarta

Re: 2022 Honda Civic RS 1.5T CVT (FE1) Short Drive

Post by iamwewe »

ChZ wrote: Tue Jun 18, 2024 8:15

kalo meratiin sebenernya hybrid toyota makin generasi iritnya makin gila... tapi ya tenaganya makin cupu :ungg: yang hot itu kan zenix hybrid ada yang claim bisa 25 kml... tapi ada yang bisa seboros 12 kml. setelah diperiksa ternyata yang 12 kml itu ya luar kota terus, yang 25 kml konstan dalem kota ya jelas irit banyak ngeremnya batre full terus wkwkwkkw.

makanya saya berani ngomong kalo hybrid kondisi drag race 1 kilometer full bejek sama type bensin dengan rate power lebih kecil 10hp juga disikat om krn extra torque nya motor listrik itu cuma berguna selama ada batrenya. dugaan saya bener kan di carmudi ngetes 100 up si hybrid udah kehabisan nafas.

dalam case honda CRV hybrid vs turbo 207ps combined outputnya vs 190hp di CRV turbo, lebih konstan 190hp nya CRV turbo walau 0-100 akan susah ngejer tapi 100 up itu turbo bakal ngejer dan hybridnya bakal kehilangan juice krn self regeneratingnya (ngerem) gak fungsi cuma murni mengandalkan mesin bensin yang gak seberapa powernya wkwkwkkw.

kecuali CRVnya PHEV full charged, nah itu lain cerita. kapasitas batre nya lebih besar :big_grin:

itulah om wkwkwk kadang musti tau real world usage nya gimana krn angka di brosur itu ya cuma menggambarkan peak performance dalam kondisi tertentu. ya kalau yang bawanya santai, jarang sport mode, beli hybrid saja lah. bisa pertalite juga

kalo ane kaki udah selalu mode sport enak beli pure ICE :mky_03:

oo iya2 nih bener juga. 207 ps = combined output ya. kalo batre hybridnya udh abis krn gk regen, ya berarti tinggal dihitung aja sisa power mesinnya aja ya.

eh tapi om, emang selama mesin honda hidup, dia gk charge batrenya? istilahnya kalo di hp mah... batre udh lowbat, kita colok tuh charger sembari maen, kan tetep ngisi tuh. soalnya di accord hybrid, ada lho tombol yg utk charge batrenya dgn mesin.

kalo jinik udh di coba di rute kombinasi saya... dapetnya 1:18 paling best 19 nih. :big_exellent:
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2172
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: 2022 Honda Civic RS 1.5T CVT (FE1) Short Drive

Post by darrelund »

ExorT wrote: Tue Jun 18, 2024 9:12
Om Chz bimbangnya antara Accord atau Civic, kayaknya beda 1-2 tahun, cuman beda 50 jtan. Mazda mana dilirik :upss:
oh ya jelas um, yg pasti sipic lebih enak buat di modip

oe jg pingin koq :big_biglaugh: , sipic lebih bisa utility krn bagasi gede :big_biglaugh:
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2172
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: 2022 Honda Civic RS 1.5T CVT (FE1) Short Drive

Post by darrelund »

iamwewe wrote: Tue Jun 18, 2024 10:26
oo iya2 nih bener juga. 207 ps = combined output ya. kalo batre hybridnya udh abis krn gk regen, ya berarti tinggal dihitung aja sisa power mesinnya aja ya.

eh tapi om, emang selama mesin honda hidup, dia gk charge batrenya? istilahnya kalo di hp mah... batre udh lowbat, kita colok tuh charger sembari maen, kan tetep ngisi tuh. soalnya di accord hybrid, ada lho tombol yg utk charge batrenya dgn mesin.

kalo jinik udh di coba di rute kombinasi saya... dapetnya 1:18 paling best 19 nih. :big_exellent:
tetep di cas jg om

cuma emg secara tenaga hybrid oonda kykna lebi oke, karena ngejer sport drivingnya

enjin 145 + e-motor 181

klo toyota kan 152 enjin + 113 e-motor
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16239
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2022 Honda Civic RS 1.5T CVT (FE1) Short Drive

Post by ChZ »

iamwewe wrote: Tue Jun 18, 2024 10:26 oo iya2 nih bener juga. 207 ps = combined output ya. kalo batre hybridnya udh abis krn gk regen, ya berarti tinggal dihitung aja sisa power mesinnya aja ya.

eh tapi om, emang selama mesin honda hidup, dia gk charge batrenya? istilahnya kalo di hp mah... batre udh lowbat, kita colok tuh charger sembari maen, kan tetep ngisi tuh. soalnya di accord hybrid, ada lho tombol yg utk charge batrenya dgn mesin.

kalo jinik udh di coba di rute kombinasi saya... dapetnya 1:18 paling best 19 nih. :big_exellent:
Setau ane tetap charge tapi jadinya gak optimal om krn akhirnya depleted jg kalo udah gaspol krn dia ngutamain power motor listrik.

Ya bener om analogi cas hape kan kita kalo pake kerja berat chargenya tetep gak nambah :big_biglaugh:

Ada tombolnya ya om, kek nissan kicks berarti ada jg buat charge manual. CRV harusnya ada jg yah, ga meratiin waktu TD wakakka
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
iamwewe
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1108
Joined: Thu Jun 14, 2012 3:39
Location: jakarta

Re: 2022 Honda Civic RS 1.5T CVT (FE1) Short Drive

Post by iamwewe »

darrelund wrote: Tue Jun 18, 2024 11:28
tetep di cas jg om

cuma emg secara tenaga hybrid oonda kykna lebi oke, karena ngejer sport drivingnya

enjin 145 + e-motor 181

klo toyota kan 152 enjin + 113 e-motor
iya nih menarik banget ke depan antara hybrid toyota dan honda, mana lbh awet, dan mana lbh mudah / murah maintenance sparepartnya
ChZ wrote: Tue Jun 18, 2024 23:58
Setau ane tetap charge tapi jadinya gak optimal om krn akhirnya depleted jg kalo udah gaspol krn dia ngutamain power motor listrik.

Ya bener om analogi cas hape kan kita kalo pake kerja berat chargenya tetep gak nambah :big_biglaugh:

Ada tombolnya ya om, kek nissan kicks berarti ada jg buat charge manual. CRV harusnya ada jg yah, ga meratiin waktu TD wakakka
nggak ada om tombolnya si crv hybrid.. itu lho yg tombol dibawah drive mode nya. kalo crv hybrid dia hill descent control. kalo si accord hybrid kaya gambar batre biru. kalo civic FE saya masih dummy kosong :mky_01:

ya istilahnya brt charge hp batre nambah tapi kalo dipake heavy gaming ya mgkn nambahnya ngga signifikan ya

btw setelah diinget2 kan ada si W Malaz hybrid. knp dia pny tetep boros ya?
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2172
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: 2022 Honda Civic RS 1.5T CVT (FE1) Short Drive

Post by darrelund »

iamwewe wrote: Wed Jun 19, 2024 1:08
btw setelah diinget2 kan ada si W Malaz hybrid. knp dia pny tetep boros ya?
justru hybrid lebih susah dibikin efisien krn ada bobot tambahan, dan gabisa motor listriknya doank, harus electronic & battery packnya juga

belom hitung ice enjin nya guling yg ga efisien, belon logic nya dipikirin jg

toyota aja brp lama tuh dari hybrid gen 1 yg kyk siput sampe gen 5. ini hibird toyota baru ngebutnya kan di gen 5 aja :big_biglaugh:

honda jg trial error banyak, dari IMA, i-DCD (yg dct) sampe skrg e:hev

electric motor emg kliatannya simpel, padahal bikin efisiennya jg repot :big_biglaugh:
iamwewe
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1108
Joined: Thu Jun 14, 2012 3:39
Location: jakarta

Re: 2022 Honda Civic RS 1.5T CVT (FE1) Short Drive

Post by iamwewe »

darrelund wrote: Wed Jun 19, 2024 1:34
iamwewe wrote: Wed Jun 19, 2024 1:08
btw setelah diinget2 kan ada si W Malaz hybrid. knp dia pny tetep boros ya?
justru hybrid lebih susah dibikin efisien krn ada bobot tambahan, dan gabisa motor listriknya doank, harus electronic & battery packnya juga

belom hitung ice enjin nya guling yg ga efisien, belon logic nya dipikirin jg

toyota aja brp lama tuh dari hybrid gen 1 yg kyk siput sampe gen 5. ini hibird toyota baru ngebutnya kan di gen 5 aja :big_biglaugh:

honda jg trial error banyak, dari IMA, i-DCD (yg dct) sampe skrg e:hev

electric motor emg kliatannya simpel, padahal bikin efisiennya jg repot :big_biglaugh:
eh iya ya.. jadi keinget jamannya fit hybrid. crz. trus sempet ada FD hybrid kan. oooo tech nya beda ya sama hybrid jaman skrg

kgk kedengeran ya keluhan2 fit crz FD hybrid
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2785
Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
Location: Indonesia

Re: 2022 Honda Civic RS 1.5T CVT (FE1) Short Drive

Post by KielConstantine »

darrelund wrote: Tue Jun 18, 2024 11:28 cuma emg secara tenaga hybrid oonda kykna lebi oke, karena ngejer sport drivingnya

enjin 145 + e-motor 181

klo toyota kan 152 enjin + 113 e-motor
Gw nungguin tuh perang hybrid 1.5L honda vs toyota vs mitsu
Kalo smua udah pada jualan di indo

Antara HR-V hybrid vs Yarcross hybrid vs X-force hybrid

Mana yg lebih kenceng tarikannya
Mana yg lebih reliable kedepannya
Sama mana yg Fuel cons paling irit

Sama paling penting.. smua harus bisa minum pertalit :big_weee:
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11139
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: 2022 Honda Civic RS 1.5T CVT (FE1) Short Drive

Post by Suryaputra »

KielConstantine wrote: Wed Jun 19, 2024 4:58
darrelund wrote: Tue Jun 18, 2024 11:28 cuma emg secara tenaga hybrid oonda kykna lebi oke, karena ngejer sport drivingnya

enjin 145 + e-motor 181

klo toyota kan 152 enjin + 113 e-motor
Gw nungguin tuh perang hybrid 1.5L honda vs toyota vs mitsu
Kalo smua udah pada jualan di indo

Antara HR-V hybrid vs Yarcross hybrid vs X-force hybrid

Mana yg lebih kenceng tarikannya
- most likely Honda

Mana yg lebih reliable kedepannya
- on par, sesama nippon

Sama mana yg Fuel cons paling irit
- Most likely toyota

Sama paling penting.. smua harus bisa minum pertalit :big_weee:
Tebak2an ajah yaa
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2172
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: 2022 Honda Civic RS 1.5T CVT (FE1) Short Drive

Post by darrelund »

KielConstantine wrote: Wed Jun 19, 2024 4:58 Gw nungguin tuh perang hybrid 1.5L honda vs toyota vs mitsu
Kalo smua udah pada jualan di indo

Antara HR-V hybrid vs Yarcross hybrid vs X-force hybrid

Mana yg lebih kenceng tarikannya
Mana yg lebih reliable kedepannya
Sama mana yg Fuel cons paling irit

Sama paling penting.. smua harus bisa minum pertalit :big_weee:
sesuai tebakan um suryaputra

toyota pling irit: 90 enjin + 80 e-m

honda paling kenceng: 106 enjin + 131 e-m

mitsu entahlah : 97 enjin + 114 e-m

tinggal urusan harga aja :big_biglaugh:
Jenson
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 437
Joined: Fri Aug 22, 2014 9:41

Re: 2022 Honda Civic RS 1.5T CVT (FE1) Short Drive

Post by Jenson »

darrelund wrote: Wed Jun 19, 2024 6:48
KielConstantine wrote: Wed Jun 19, 2024 4:58 Gw nungguin tuh perang hybrid 1.5L honda vs toyota vs mitsu
Kalo smua udah pada jualan di indo

Antara HR-V hybrid vs Yarcross hybrid vs X-force hybrid

Mana yg lebih kenceng tarikannya
Mana yg lebih reliable kedepannya
Sama mana yg Fuel cons paling irit

Sama paling penting.. smua harus bisa minum pertalit :big_weee:
sesuai tebakan um suryaputra

toyota pling irit: 90 enjin + 80 e-m

honda paling kenceng: 106 enjin + 131 e-m

mitsu entahlah : 97 enjin + 114 e-m

tinggal urusan harga aja :big_biglaugh:
urusan harga, ikut tebak2an ngomongin harga ril lapangan ya (sesudah diskon):

Yarcros HEV: kisaran 400an
HRV e:HEV: kisaran 500an
Xforce: kisaran 460an
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2172
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: 2022 Honda Civic RS 1.5T CVT (FE1) Short Drive

Post by darrelund »

Jenson wrote: Wed Jun 19, 2024 8:40
urusan harga, ikut tebak2an ngomongin harga ril lapangan ya (sesudah diskon):

Yarcros HEV: kisaran 400an
HRV e:HEV: kisaran 500an
Xforce: kisaran 460an
kyknya skrg utk model gasoline lagi pada diskon gede um

setau oe 3 model itu bisa kepala 4 skrg diskonnya
Jenson
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 437
Joined: Fri Aug 22, 2014 9:41

Re: 2022 Honda Civic RS 1.5T CVT (FE1) Short Drive

Post by Jenson »

darrelund wrote: Thu Jun 20, 2024 1:56
Jenson wrote: Wed Jun 19, 2024 8:40
urusan harga, ikut tebak2an ngomongin harga ril lapangan ya (sesudah diskon):

Yarcros HEV: kisaran 400an
HRV e:HEV: kisaran 500an
Xforce: kisaran 460an
kyknya skrg utk model gasoline lagi pada diskon gede um

setau oe 3 model itu bisa kepala 4 skrg diskonnya
Iya, yg paling gila Xforce diskonnya bombastis. Dulu aj pelit diskon, pas launching jual mahal, sekarang hukum ekonomi berkata lain :big_grin:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16239
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2022 Honda Civic RS 1.5T CVT (FE1) Short Drive

Post by ChZ »

iamwewe wrote: Wed Jun 19, 2024 1:08
nggak ada om tombolnya si crv hybrid.. itu lho yg tombol dibawah drive mode nya. kalo crv hybrid dia hill descent control. kalo si accord hybrid kaya gambar batre biru. kalo civic FE saya masih dummy kosong :mky_01:

ya istilahnya brt charge hp batre nambah tapi kalo dipake heavy gaming ya mgkn nambahnya ngga signifikan ya

btw setelah diinget2 kan ada si W Malaz hybrid. knp dia pny tetep boros ya?
oh CRV hybrid gak bisa charge manual ya wkwkkwwkwk. betul om kek kita charge HP tapi dipake ngegame berjam jam ampe panas ... jadi inget zaman BB dulu charge nya selalu kalah ma pemakaian saking borosnya :upss:

nah W malaz hybrid itu motornya jg gede powernya om. intinya semakin gede power motor dia akan lebih cepet ngabisin batre = semakin boros jg pake bbmnya wkwkwkkw. CRV e:HEV di luar jg dikritik karena fuelcons nya agak "boros" cuma dapet setara 15-17 km/l kalo di konversi ... maklum di amrik kan banyak long trip.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Ibet
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 251
Joined: Mon Mar 23, 2015 0:25
Location: Bekasi, Jawa Barat

Re: 2022 Honda Civic RS 1.5T CVT (FE1) Short Drive

Post by Ibet »

HEV saya rasa juaranya pas lagi stop & go city trip traffic jam
kalo pas highway apalagi nanjak cipularang mirip mobil ICE biasa ga sih?

cocok sekali untuk traffic jakarta yang kalo pulang jam rush hour avg speed ga sampe 20 kpj
engine nya cuman ngempanin listrik buat Aircon aja jadinya :mky_03:

saya ngintip engine bay, mobil HEV ini kan udah ga ada belt lagi,
water pump = electric
compressor = electric

tapi ketambahan satu radiator lagi buat dinginin si PCU ..
sementara IPU batrenya pake kipas di bawah jok 2nd row ..

saya lagi liat bedanya toyota (atas) sama honda (bawah)
a.png
si honda (bawah) kan ada clutch nya lagi jadi bisa engine mode doang pas highway,
sementara merk lain (atas) jalan bareng antara engine + motor nya ..
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2172
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: 2022 Honda Civic RS 1.5T CVT (FE1) Short Drive

Post by darrelund »

Ibet wrote: Fri Jun 21, 2024 8:37 HEV saya rasa juaranya pas lagi stop & go city trip traffic jam
kalo pas highway apalagi nanjak cipularang mirip mobil ICE biasa ga sih?

cocok sekali untuk traffic jakarta yang kalo pulang jam rush hour avg speed ga sampe 20 kpj
engine nya cuman ngempanin listrik buat Aircon aja jadinya :mky_03:

saya ngintip engine bay, mobil HEV ini kan udah ga ada belt lagi,
water pump = electric
compressor = electric

tapi ketambahan satu radiator lagi buat dinginin si PCU ..
sementara IPU batrenya pake kipas di bawah jok 2nd row ..

saya lagi liat bedanya toyota (atas) sama honda (bawah)

a.png

si honda (bawah) kan ada clutch nya lagi jadi bisa engine mode doang pas highway,
sementara merk lain (atas) jalan bareng antara engine + motor nya ..
hybrid toyota jg ada clutchnya, tapi kyknya buat engage MG1 (generator dari enjin) nya itu

unik kyknya klo bahas perbedaan sistem hybrid :big_biglaugh:
laksanice
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 27
Joined: Mon May 20, 2024 2:43

Re: 2022 Honda Civic RS 1.5T CVT (FE1) Short Drive

Post by laksanice »

off topic.bawaan kacafilm dari dealer dikasih 3m crystalline ama black beauty.tapi kayaknya kaca film depannya ampas.panasnya nusuk.di mobil gw sebelumnya kf crystaline kalau kena air dia warnanya berubah jadi merah gitu dan panasnya bener2 ketolak.
rencanya mau ganti lagi.lagi bingung antara crystalline atau vkool.
vkool rumournya gps signal susah lock.
kalau ada saran,boleh kasih om
laksanice
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 27
Joined: Mon May 20, 2024 2:43

Re: 2022 Honda Civic RS 1.5T CVT (FE1) Short Drive

Post by laksanice »

Update with my car.kadang honda quality itu emang hit and miss.
saat ini baru 770km tapi depan kanan ada suara tuktu/gluduk gluduk jika melewati jalan tidak rata.Mobil saat ini nginep di bengkel selama 3 hari untuk diagnosa.
Mekanik first suspect shockbreakernya masalah tapi mereka butuh pembanding untuk further investigasi.

haizzz..