Iya, skyactiv atasnya kempos. Tapi camry FL kan pakai 8AT + sasis kebanggaan, mungkin worth to testChZ wrote: ↑Tue Jun 18, 2024 5:31
Camry mesin dynamicforce nya setau saya oprekannya minim... NA high compression engine gini susah om. Skyactiv mau oprek jg mentok main IHE dan remap yg cuma gain 15%. Terus top end nya kurang jambak...
Ini pengalaman coba any skyactiv engine ya om yg jadi basis development mesin dynamicforce Toyota.
2022 Honda Civic RS 1.5T CVT (FE1) Short Drive
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 378
- Joined: Mon Dec 20, 2021 17:17
Re: 2022 Honda Civic RS 1.5T CVT (FE1) Short Drive
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1138
- Joined: Thu Jun 14, 2012 3:39
- Location: jakarta
Re: 2022 Honda Civic RS 1.5T CVT (FE1) Short Drive
oo iya2 nih bener juga. 207 ps = combined output ya. kalo batre hybridnya udh abis krn gk regen, ya berarti tinggal dihitung aja sisa power mesinnya aja ya.ChZ wrote: ↑Tue Jun 18, 2024 8:15
kalo meratiin sebenernya hybrid toyota makin generasi iritnya makin gila... tapi ya tenaganya makin cupu yang hot itu kan zenix hybrid ada yang claim bisa 25 kml... tapi ada yang bisa seboros 12 kml. setelah diperiksa ternyata yang 12 kml itu ya luar kota terus, yang 25 kml konstan dalem kota ya jelas irit banyak ngeremnya batre full terus wkwkwkkw.
makanya saya berani ngomong kalo hybrid kondisi drag race 1 kilometer full bejek sama type bensin dengan rate power lebih kecil 10hp juga disikat om krn extra torque nya motor listrik itu cuma berguna selama ada batrenya. dugaan saya bener kan di carmudi ngetes 100 up si hybrid udah kehabisan nafas.
dalam case honda CRV hybrid vs turbo 207ps combined outputnya vs 190hp di CRV turbo, lebih konstan 190hp nya CRV turbo walau 0-100 akan susah ngejer tapi 100 up itu turbo bakal ngejer dan hybridnya bakal kehilangan juice krn self regeneratingnya (ngerem) gak fungsi cuma murni mengandalkan mesin bensin yang gak seberapa powernya wkwkwkkw.
kecuali CRVnya PHEV full charged, nah itu lain cerita. kapasitas batre nya lebih besar
itulah om wkwkwk kadang musti tau real world usage nya gimana krn angka di brosur itu ya cuma menggambarkan peak performance dalam kondisi tertentu. ya kalau yang bawanya santai, jarang sport mode, beli hybrid saja lah. bisa pertalite juga
kalo ane kaki udah selalu mode sport enak beli pure ICE
eh tapi om, emang selama mesin honda hidup, dia gk charge batrenya? istilahnya kalo di hp mah... batre udh lowbat, kita colok tuh charger sembari maen, kan tetep ngisi tuh. soalnya di accord hybrid, ada lho tombol yg utk charge batrenya dgn mesin.
kalo jinik udh di coba di rute kombinasi saya... dapetnya 1:18 paling best 19 nih.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2406
- Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
- Location: Jakarta
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2406
- Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
- Location: Jakarta
Re: 2022 Honda Civic RS 1.5T CVT (FE1) Short Drive
tetep di cas jg omiamwewe wrote: ↑Tue Jun 18, 2024 10:26
oo iya2 nih bener juga. 207 ps = combined output ya. kalo batre hybridnya udh abis krn gk regen, ya berarti tinggal dihitung aja sisa power mesinnya aja ya.
eh tapi om, emang selama mesin honda hidup, dia gk charge batrenya? istilahnya kalo di hp mah... batre udh lowbat, kita colok tuh charger sembari maen, kan tetep ngisi tuh. soalnya di accord hybrid, ada lho tombol yg utk charge batrenya dgn mesin.
kalo jinik udh di coba di rute kombinasi saya... dapetnya 1:18 paling best 19 nih.
cuma emg secara tenaga hybrid oonda kykna lebi oke, karena ngejer sport drivingnya
enjin 145 + e-motor 181
klo toyota kan 152 enjin + 113 e-motor
-
- SM Specialist
- Posts: 16507
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: 2022 Honda Civic RS 1.5T CVT (FE1) Short Drive
Setau ane tetap charge tapi jadinya gak optimal om krn akhirnya depleted jg kalo udah gaspol krn dia ngutamain power motor listrik.iamwewe wrote: ↑Tue Jun 18, 2024 10:26 oo iya2 nih bener juga. 207 ps = combined output ya. kalo batre hybridnya udh abis krn gk regen, ya berarti tinggal dihitung aja sisa power mesinnya aja ya.
eh tapi om, emang selama mesin honda hidup, dia gk charge batrenya? istilahnya kalo di hp mah... batre udh lowbat, kita colok tuh charger sembari maen, kan tetep ngisi tuh. soalnya di accord hybrid, ada lho tombol yg utk charge batrenya dgn mesin.
kalo jinik udh di coba di rute kombinasi saya... dapetnya 1:18 paling best 19 nih.
Ya bener om analogi cas hape kan kita kalo pake kerja berat chargenya tetep gak nambah
Ada tombolnya ya om, kek nissan kicks berarti ada jg buat charge manual. CRV harusnya ada jg yah, ga meratiin waktu TD wakakka
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1138
- Joined: Thu Jun 14, 2012 3:39
- Location: jakarta
Re: 2022 Honda Civic RS 1.5T CVT (FE1) Short Drive
iya nih menarik banget ke depan antara hybrid toyota dan honda, mana lbh awet, dan mana lbh mudah / murah maintenance sparepartnya
nggak ada om tombolnya si crv hybrid.. itu lho yg tombol dibawah drive mode nya. kalo crv hybrid dia hill descent control. kalo si accord hybrid kaya gambar batre biru. kalo civic FE saya masih dummy kosongChZ wrote: ↑Tue Jun 18, 2024 23:58
Setau ane tetap charge tapi jadinya gak optimal om krn akhirnya depleted jg kalo udah gaspol krn dia ngutamain power motor listrik.
Ya bener om analogi cas hape kan kita kalo pake kerja berat chargenya tetep gak nambah
Ada tombolnya ya om, kek nissan kicks berarti ada jg buat charge manual. CRV harusnya ada jg yah, ga meratiin waktu TD wakakka
ya istilahnya brt charge hp batre nambah tapi kalo dipake heavy gaming ya mgkn nambahnya ngga signifikan ya
btw setelah diinget2 kan ada si W Malaz hybrid. knp dia pny tetep boros ya?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2406
- Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
- Location: Jakarta
Re: 2022 Honda Civic RS 1.5T CVT (FE1) Short Drive
justru hybrid lebih susah dibikin efisien krn ada bobot tambahan, dan gabisa motor listriknya doank, harus electronic & battery packnya juga
belom hitung ice enjin nya guling yg ga efisien, belon logic nya dipikirin jg
toyota aja brp lama tuh dari hybrid gen 1 yg kyk siput sampe gen 5. ini hibird toyota baru ngebutnya kan di gen 5 aja
honda jg trial error banyak, dari IMA, i-DCD (yg dct) sampe skrg e:hev
electric motor emg kliatannya simpel, padahal bikin efisiennya jg repot
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1138
- Joined: Thu Jun 14, 2012 3:39
- Location: jakarta
Re: 2022 Honda Civic RS 1.5T CVT (FE1) Short Drive
eh iya ya.. jadi keinget jamannya fit hybrid. crz. trus sempet ada FD hybrid kan. oooo tech nya beda ya sama hybrid jaman skrgdarrelund wrote: ↑Wed Jun 19, 2024 1:34justru hybrid lebih susah dibikin efisien krn ada bobot tambahan, dan gabisa motor listriknya doank, harus electronic & battery packnya juga
belom hitung ice enjin nya guling yg ga efisien, belon logic nya dipikirin jg
toyota aja brp lama tuh dari hybrid gen 1 yg kyk siput sampe gen 5. ini hibird toyota baru ngebutnya kan di gen 5 aja
honda jg trial error banyak, dari IMA, i-DCD (yg dct) sampe skrg e:hev
electric motor emg kliatannya simpel, padahal bikin efisiennya jg repot
kgk kedengeran ya keluhan2 fit crz FD hybrid
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2931
- Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
- Location: Indonesia
Re: 2022 Honda Civic RS 1.5T CVT (FE1) Short Drive
Gw nungguin tuh perang hybrid 1.5L honda vs toyota vs mitsu
Kalo smua udah pada jualan di indo
Antara HR-V hybrid vs Yarcross hybrid vs X-force hybrid
Mana yg lebih kenceng tarikannya
Mana yg lebih reliable kedepannya
Sama mana yg Fuel cons paling irit
Sama paling penting.. smua harus bisa minum pertalit
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure
Sheer Repairing Pleasure
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 12185
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: 2022 Honda Civic RS 1.5T CVT (FE1) Short Drive
Tebak2an ajah yaaKielConstantine wrote: ↑Wed Jun 19, 2024 4:58Gw nungguin tuh perang hybrid 1.5L honda vs toyota vs mitsu
Kalo smua udah pada jualan di indo
Antara HR-V hybrid vs Yarcross hybrid vs X-force hybrid
Mana yg lebih kenceng tarikannya
- most likely Honda
Mana yg lebih reliable kedepannya
- on par, sesama nippon
Sama mana yg Fuel cons paling irit
- Most likely toyota
Sama paling penting.. smua harus bisa minum pertalit
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2406
- Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
- Location: Jakarta
Re: 2022 Honda Civic RS 1.5T CVT (FE1) Short Drive
sesuai tebakan um suryaputraKielConstantine wrote: ↑Wed Jun 19, 2024 4:58 Gw nungguin tuh perang hybrid 1.5L honda vs toyota vs mitsu
Kalo smua udah pada jualan di indo
Antara HR-V hybrid vs Yarcross hybrid vs X-force hybrid
Mana yg lebih kenceng tarikannya
Mana yg lebih reliable kedepannya
Sama mana yg Fuel cons paling irit
Sama paling penting.. smua harus bisa minum pertalit
toyota pling irit: 90 enjin + 80 e-m
honda paling kenceng: 106 enjin + 131 e-m
mitsu entahlah : 97 enjin + 114 e-m
tinggal urusan harga aja
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 513
- Joined: Fri Aug 22, 2014 9:41
Re: 2022 Honda Civic RS 1.5T CVT (FE1) Short Drive
urusan harga, ikut tebak2an ngomongin harga ril lapangan ya (sesudah diskon):darrelund wrote: ↑Wed Jun 19, 2024 6:48sesuai tebakan um suryaputraKielConstantine wrote: ↑Wed Jun 19, 2024 4:58 Gw nungguin tuh perang hybrid 1.5L honda vs toyota vs mitsu
Kalo smua udah pada jualan di indo
Antara HR-V hybrid vs Yarcross hybrid vs X-force hybrid
Mana yg lebih kenceng tarikannya
Mana yg lebih reliable kedepannya
Sama mana yg Fuel cons paling irit
Sama paling penting.. smua harus bisa minum pertalit
toyota pling irit: 90 enjin + 80 e-m
honda paling kenceng: 106 enjin + 131 e-m
mitsu entahlah : 97 enjin + 114 e-m
tinggal urusan harga aja
Yarcros HEV: kisaran 400an
HRV e:HEV: kisaran 500an
Xforce: kisaran 460an
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2406
- Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
- Location: Jakarta
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 513
- Joined: Fri Aug 22, 2014 9:41
Re: 2022 Honda Civic RS 1.5T CVT (FE1) Short Drive
-
- SM Specialist
- Posts: 16507
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: 2022 Honda Civic RS 1.5T CVT (FE1) Short Drive
oh CRV hybrid gak bisa charge manual ya wkwkkwwkwk. betul om kek kita charge HP tapi dipake ngegame berjam jam ampe panas ... jadi inget zaman BB dulu charge nya selalu kalah ma pemakaian saking borosnyaiamwewe wrote: ↑Wed Jun 19, 2024 1:08
nggak ada om tombolnya si crv hybrid.. itu lho yg tombol dibawah drive mode nya. kalo crv hybrid dia hill descent control. kalo si accord hybrid kaya gambar batre biru. kalo civic FE saya masih dummy kosong
ya istilahnya brt charge hp batre nambah tapi kalo dipake heavy gaming ya mgkn nambahnya ngga signifikan ya
btw setelah diinget2 kan ada si W Malaz hybrid. knp dia pny tetep boros ya?
nah W malaz hybrid itu motornya jg gede powernya om. intinya semakin gede power motor dia akan lebih cepet ngabisin batre = semakin boros jg pake bbmnya wkwkwkkw. CRV e:HEV di luar jg dikritik karena fuelcons nya agak "boros" cuma dapet setara 15-17 km/l kalo di konversi ... maklum di amrik kan banyak long trip.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 302
- Joined: Mon Mar 23, 2015 0:25
- Location: Bekasi, Jawa Barat
Re: 2022 Honda Civic RS 1.5T CVT (FE1) Short Drive
HEV saya rasa juaranya pas lagi stop & go city trip traffic jam
kalo pas highway apalagi nanjak cipularang mirip mobil ICE biasa ga sih?
cocok sekali untuk traffic jakarta yang kalo pulang jam rush hour avg speed ga sampe 20 kpj
engine nya cuman ngempanin listrik buat Aircon aja jadinya
saya ngintip engine bay, mobil HEV ini kan udah ga ada belt lagi,
water pump = electric
compressor = electric
tapi ketambahan satu radiator lagi buat dinginin si PCU ..
sementara IPU batrenya pake kipas di bawah jok 2nd row ..
saya lagi liat bedanya toyota (atas) sama honda (bawah)
si honda (bawah) kan ada clutch nya lagi jadi bisa engine mode doang pas highway,
sementara merk lain (atas) jalan bareng antara engine + motor nya ..
kalo pas highway apalagi nanjak cipularang mirip mobil ICE biasa ga sih?
cocok sekali untuk traffic jakarta yang kalo pulang jam rush hour avg speed ga sampe 20 kpj
engine nya cuman ngempanin listrik buat Aircon aja jadinya
saya ngintip engine bay, mobil HEV ini kan udah ga ada belt lagi,
water pump = electric
compressor = electric
tapi ketambahan satu radiator lagi buat dinginin si PCU ..
sementara IPU batrenya pake kipas di bawah jok 2nd row ..
saya lagi liat bedanya toyota (atas) sama honda (bawah)
si honda (bawah) kan ada clutch nya lagi jadi bisa engine mode doang pas highway,
sementara merk lain (atas) jalan bareng antara engine + motor nya ..
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2406
- Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
- Location: Jakarta
Re: 2022 Honda Civic RS 1.5T CVT (FE1) Short Drive
hybrid toyota jg ada clutchnya, tapi kyknya buat engage MG1 (generator dari enjin) nya ituIbet wrote: ↑Fri Jun 21, 2024 8:37 HEV saya rasa juaranya pas lagi stop & go city trip traffic jam
kalo pas highway apalagi nanjak cipularang mirip mobil ICE biasa ga sih?
cocok sekali untuk traffic jakarta yang kalo pulang jam rush hour avg speed ga sampe 20 kpj
engine nya cuman ngempanin listrik buat Aircon aja jadinya
saya ngintip engine bay, mobil HEV ini kan udah ga ada belt lagi,
water pump = electric
compressor = electric
tapi ketambahan satu radiator lagi buat dinginin si PCU ..
sementara IPU batrenya pake kipas di bawah jok 2nd row ..
saya lagi liat bedanya toyota (atas) sama honda (bawah)
a.png
si honda (bawah) kan ada clutch nya lagi jadi bisa engine mode doang pas highway,
sementara merk lain (atas) jalan bareng antara engine + motor nya ..
unik kyknya klo bahas perbedaan sistem hybrid
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 45
- Joined: Mon May 20, 2024 2:43
Re: 2022 Honda Civic RS 1.5T CVT (FE1) Short Drive
off topic.bawaan kacafilm dari dealer dikasih 3m crystalline ama black beauty.tapi kayaknya kaca film depannya ampas.panasnya nusuk.di mobil gw sebelumnya kf crystaline kalau kena air dia warnanya berubah jadi merah gitu dan panasnya bener2 ketolak.
rencanya mau ganti lagi.lagi bingung antara crystalline atau vkool.
vkool rumournya gps signal susah lock.
kalau ada saran,boleh kasih om
rencanya mau ganti lagi.lagi bingung antara crystalline atau vkool.
vkool rumournya gps signal susah lock.
kalau ada saran,boleh kasih om
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 45
- Joined: Mon May 20, 2024 2:43
Re: 2022 Honda Civic RS 1.5T CVT (FE1) Short Drive
Update with my car.kadang honda quality itu emang hit and miss.
saat ini baru 770km tapi depan kanan ada suara tuktu/gluduk gluduk jika melewati jalan tidak rata.Mobil saat ini nginep di bengkel selama 3 hari untuk diagnosa.
Mekanik first suspect shockbreakernya masalah tapi mereka butuh pembanding untuk further investigasi.
haizzz..
saat ini baru 770km tapi depan kanan ada suara tuktu/gluduk gluduk jika melewati jalan tidak rata.Mobil saat ini nginep di bengkel selama 3 hari untuk diagnosa.
Mekanik first suspect shockbreakernya masalah tapi mereka butuh pembanding untuk further investigasi.
haizzz..
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 283
- Joined: Tue May 26, 2009 13:52
Re: 2022 Honda Civic RS 1.5T CVT (FE1) Short Drive
saya sambung OOT nya.laksanice wrote: ↑Sun Jun 23, 2024 4:43 off topic.bawaan kacafilm dari dealer dikasih 3m crystalline ama black beauty.tapi kayaknya kaca film depannya ampas.panasnya nusuk.di mobil gw sebelumnya kf crystaline kalau kena air dia warnanya berubah jadi merah gitu dan panasnya bener2 ketolak.
rencanya mau ganti lagi.lagi bingung antara crystalline atau vkool.
vkool rumournya gps signal susah lock.
kalau ada saran,boleh kasih om
sejauh pengalaman pribadi, kaca depan pakai VK40 saja.
keunggulan VK40 dibanding VK30, atau brand lain nya sy pernah coba 3m, masterpiece, acegard :
- minim glare
- walo warna setelah 4-5thn jg agak ijo2, tp gk dr dalam gk ada perbedaan. hanya look
untuk samping kiri kanan beli pahe aja masterpriece seri RM, atau acegard seri 4K Alpha.
tp klo ada budget y pake VIP aja, gk pusing..
saya habis muter2 coba2, balik lg ke VK40 dan VIP.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1098
- Joined: Mon Dec 05, 2016 20:50
- Location: Makassar
Re: 2022 Honda Civic RS 1.5T CVT (FE1) Short Drive
Hahaha, sama nih. Biar kata mobilnya “biasa” banget tp klo pake riben yg oke macam kombinasi om Kent, trus jok retrim pake nappa leather genuine, trus ban pake kelas micin/ yoko advan, beeh jadinya betah banget nyetirnya