---- Beware, panjang. Kalo mw baca isi mobilnya aja, CTRL+F (ato CMD+F) Pros Mazda CX-30 ----
Background
Dari April 2022 udah mw cari pengganti Toyota Avanza G 2013 manual. Karena gw orangnya long-term ownership terus (9-10 tahun), jadi mencari mobil baru, biar PR-nya dikit. Nyari secondan masih kerasa takut.
Kriteria:
- ada bengkel resmi ada di Bandung
- good NVH, kedap suara, suspensi nyaman
- ground clearance harus aman
- size-nya compact, if possible
- ada Apple Carplay
- nyaman utk bawa keluarga
- bentuknya agak boxy (jgn terlalu smooth), tapi bisa keliatan wibawanya
Trus yg mirip apa dong di Indonesia: ada, tp overbudget: Audi Q3.
Kandidat
Dari 2022, udah ngelirik bbrp mobil kandidat, tapi yg akan diceritain part2 yg berkesan aja
- Toyota Veloz 2022 - Test Driven
Feels familiar, tp harganya kayak kurang mencerminkan kualitasnya.
- Hyundai Creta 2022 - Test Driven
Nyaman dan canggih, tapi kerasa badannya bongsor. Secara value, better drpd Veloz, jadi lebih masuk akal.
- Mazda CX-3 1.5 Sport 2021 - Pelihara long-term
Mobil ini dititip ke gw selama ownernya tinggal luar negeri. Jadi mobil weekend sejak 2023.
So far, mobil ini paling ngerusak standard. Nyaman, kedap suara, kerasa premium car (antara interior dan harga totally mismatch compared to other Japanese car), driving feel di low-RPM (1200) menyenangkan, suspensinya firm tapi compliant (masih comfortable), tech-nya make sense, dan hemat BBM (Bandung typical usage: 12.9km/L).
- Toyota Yaris Cross Hybrid 2023 - Interior only
Berbagai review bilang mobil ini irit sekali, makanya tertarik. Jujur, waktu gw masuk ke mobil ini, feels interiornya tidak sebanding dg harganya. Coba liat2 display Corolla Cross hybrid, trus sama2 kecewa dg interiornya juga. So far, Mazda CX-3 di atas sudah berhasil merusak standar gw melihat mobil lain.
- VW T-Cross 1.0 Turbo - Test Driven
So far kandidat yg paling nyantol. Kecil di luar, tapi lega di dalem. Lumayan kedap. Belok tajam sekali. Diasumsikan krn ini mobil CC kecil, harusnya fuel efficiency-nya bagus. Shifting gear-nya juga smooth, seperti shifting CX-3. Cons nya T-Cross: RON 95 dan suspensinya kena polisi tidur firm and harsh sekali ya, lumayan shocking ke body dan pantat.
Test drive Juni 2023. Pas GIIAS Bandung Nov 2023, dapatlah kabar dr salesnya bahwa T-Cross di Indonesia unitnya tinggal tersisa 2 dan tidak dijamin akan diimpor lg dr India. Artinya ini akan jadi mobil exotic. Oalah rek, bisa jadi mobil PR di masa depan.
Alasan utama tidak ambil CX-3 adalah ground clearance-nya yg 16cm. Pernah bbrp kali jeduk kalo muatan lagi banyak (bagasi + orang di kursi belakang). Jadi, lebih aman mobil yg lebih tinggi dr CX-3. CX-5 agak boxy dan lebih tinggi GC-nya 20cm, tp terlalu bongsor. Alhamdulillah, CX-30 bentuknya menyenangkan dilihat, GC-nya 18cm, dan liat interiornya bagus. Waktu SPK, nekat sejujurnya, krn ga test drive dulu. Ga nemu dealer yg punya Test Drive unit CX-30 di 2 kota, jadi ini beneran beli kucing dlm karung, berharap bahwa kl CX-3 aja udah nyaman, semoga CX-30 lebih nyaman.
Alhasil, mobil ini datang dalam waktu 1 bln dari sejak SPK, kira2 akhir Mei 2024. Waktu review ini dibuat, ownership sudah hampir 1 bulan dan sudah mencapai km 900an (hampir 1000 km servis pertama)
Pros Mazda CX-30
Interior + Noise, Vibration, Harshness (NVH)
Mazda 7th gen itu refinement-nya jauh. Di CX-30, interiornya lebih premium lagi drpd CX-3. Lebih mendekati luxury kali ya. Banyak soft-touch dan kulit. Krn design Mazda itu minimalis, kerasanya lebih premium drpd premium small SUV kyk BMW X1 ato 330i (banyak plastik drpd soft touch). Suaranya kedap, walau ga pake accoustic glass. Getaran mesin CX-30 teredam jauh lebih baik drpd CX-3. Di mana CX-3 di 1500 RPM suara akan mulai kedengeran, di CX-30, suara baru kedengeran di 2200 RPM. Suspensi, walau setupnya sama kyk CX-3 (MacPherson + Torsion Beam), feelsnya lebih compliant, lebih comfortable.
Perforated seat alias kursi berpori. Jadi walau ga ada angin ngalir (CX-5 ada ventilated seat), kursinya kerasa enak aja gitu. Headliner-nya CX-30 putih, seperti di CX-3, jadi ga gelap/claustrophobic. Mazda 3 headlinernya hitam, jadi makin kerasa claustrophobic. Antara CX-30 dan CX-3, jendela supir di CX-3 lebih besar, jd kl mw ngambil karcis di mall, lebih gampang di CX-3 drpd di CX-30.
Audio CX-30 di 2024 udah dapet 12-speakers Bose, sblm 2024 masih pake audio standard Mazda 8-speakers. Suaranya bagus, surround sound (Bose Centerpoint) di set di angka 1 biar kerasa natural (angka 2 ke atas mulai distorted). EQ gw set Bass +5/9, Treble +3/9. Default 0/9 bawaannya agak kurang punchy sayangnya, tp bbrp owner di Reddit menyarankan di 0/9 utk merasakan tuning yg dianggap ideal menurut Bose. Krn audio itu sifatnya selera, ya udah lah, gw set secocoknya gw. Untungnya, suara ke kursi belakang ttp mendapatkan kualitas yg bagus ini
Serene Driving in Normal, Engaging in Sport Mode
Karena NVH-nya yg bagus, normal mode CX-30 itu feelsnya serene driving. Kedap dan kalem, ga kerasa getaran, plus Audio Bose-nya bikin dengerin musik sambil nyetir jadi enak.
Apakah enak dipake ngebut, tentu saja, namanya juga Mazda, prinsip Jinba-ittai itu dibawa ampe lineup paling bawah sekalipun. Udah DNA-nya dr sananya utk engaging to drive. Di jalan tol, dg normal mode, masih akan relatif hening sampe 96km/h. Kl dimasukin ke sport mode, RPM akan naik ke 2500-an utk aggresive driving, tp akan mulai terdengar suara mesin agak droning yg bisa buat orang disoriented (utk yg ga biasa, Sport mode Mazda bisa bikin pusing). Utk gw, Sport mode lebih ke arah senjata utk nyusul mobil yg speed-nya kagok aja, kl udah disusul ya matiin lg toh.
Di bbrp review (termasuk luar negeri), banyak yg bilang Mazda 3 dan CX-30 pedal remnya keras/dalem banget, sehingga kl mw ngerem ampe berhenti, hrs diteken dalem. Kyknya di model 2024 improvement ini concern-nya udah dituning, feel pedalnya diinjek secara natural aja cukup, ga ada bedanya dg mobil2 yg lain. Jujur, gw blm pernah nyentuh Mazda 3 ato CX-30 model taun2 lalu, jd gbs buktiin bahwa sudah terjadi improvement. Tp buat gw, feel pedal remnya yg skrg natural aja kok, ga ada concern.
Teknologi
Heads Up Display, ya sejenis lah dg Mazda lainnya. Current speed, speed limit, blindspot monitoring, dan navigation kalo make Mazda Navigation map. Kyknya ini udah jadi fitur standar mobil2 eropa (punten, blm pernah pegang mobil eropa, jd diasumsikan smw pada ada). HUD CX-30 ditembak ke windshield lgsg, sedangkan CX-3 masih ada layar mika transparan kecil utk nampilin HUD-nya. CX-30 ada Adaptive Cruise Control, tp ga bs stop-and-go. Utk di tol lagi rame, selama ga macet ampe berhenti, ini masih usable. Kl di CX-3 Sport cuma ada cruise control regular. CX-30 kl cruise controlnya aktif, akan memberikan suara affirmation bahwa yes, aktif, ato tetot kl gabisa aktif (krn lg neken pedal rem misalnya). Kl CX-3, cruise control antara aktif ato ga aktif, ambigu. Gtw ini CX-3, gw-nya aja yg butuh feedback yg jelas, ato emang dr sananya kurang feedback.
Memory Seat di CX-30 itu ada 4 slot, bukan 2 slot seperti yg direview2 video. Slotnya:
Button 1
Button 2
Remote 1
Remote 2 (cadangan).
Artinya, kalo gw ngotak ngatik profile Button 1, udah dibikin nyaman, trus save ke profile Button 1, tapi lupa di-save ke Remote 1, tiap kali gw masuk mobil, posisi kursi dan HUD-nya reset ke profile Remote 1.
Auto-tilt down spion kalo di gigi Reverse (R). Jadi kalo masuk ke gigi R, teken salah 1 spion, nanti spion kiri/kanan akan turun ke bawah, utk mempermudah parkir. Kl mw disable tilt-down (naik ke posisi normal), tinggal diteken lagi ampe indikator spion-nya mati. Screenshot contoh spion gw auto-tilt down utk spion kiri. Rain-sensing wiper alias auto-wiper. Tinggal nunggu kaca basah, nanti juga akan di-wipe otomatis. Sayangnya, frekuensi ato intensitas basahnya kayaknya perlu agak parah dl sblm dia akhirnya auto-wiping.
Auto-headlight, kayaknya udah fitur standard di berbagai mobil. Sayangnya, di CX-30 ini gbs dibuat off kalo mobil jalan. Kl lagi diem, bisa dibuat off dengan diputer 1x. Tp kl digas, nanti nyala lagi.
Adaptive headlight, jadi kalo setir diputer, nanti lampunya juga ikut geser sesuai dg arah setir. Kayaknya terlalu gimmick drpd helpful sih.
Cons Mazda CX-30
Akomodasi kursi belakang memang minim. Mobil Mazda kecil (Mazda 2, Mazda 3, CX-3, CX-30) utk kursi belakang memang sempit, dan sempitnya macam2, ada yg lutut nabrak, kepala nabrak, etc. Di antara 4 mobil di atas, CX-30 adalah mobil terlega utk kapasitas di kursi belakang. Meski demikian, masih kerasa terlalu tegak utk dibilang nyaman, sejujurnya.
Head unit ga bisa touchscreen sama sekali. Padahal nonton review 2024 model UK, AUS, USA, EU, smw nunjukin bahwa screen mereka bs touchscreen di Apple CarPlay. Yg versi Indonesia, kyknya hardwarenya sama sekali ga dipasang digitizer utk support touchscreen sama sekali. Jadi kl mw zoom in/out di Google Maps, ya pake rotary knob.
Central console di CX-30 (dan Mazda 3) cuma bs dibuka kalo udah digeser ke belakang. Sayangnya, kalo kursi belakang kita lipat krn butuh bagasi extra, central console ini jd gbs digeser sama sekali, alhasil ga bisa dibuka... HAHA. Ini warning ya guys, kalo kalian biasa naro kartu kyk e-Money ato kartu masuk apartemen/kantor, saat kursi dilipat, pastikan barang2 tsb dipindahin dl dr central console ke tempat yg lebih aman terjangkau, misalnya cupholder tengah, tempat kacamata, ato cantolin di sun visor. Fuel consumption yg boros. Kyknya gw korban nonton YouTube review sih, di mana rata2 review bilang fuel consumption dalam kota CX-30 2.0 sekitar 11-12km/L (terlalu ngidam), sedangkan CX-3 Sport 1.5 sekitar 13km/L (ini benar, sesuai realita). Utk CX-30, realitanya lebih pahit krn ternyata makan 7.3km/L dlm kota Bandung. Ini kyknya efek dari beda tuning pabrikan Mazda, krn kl di CX-3, RPM stabil di kisaran 1200-1500 RPM, di atas 1500 RPM, suara mesin mulai kedengeran ke cabin. Biasanya di RPM tsb, dia akan otomatis upshift ke gear yg lebih tinggi utk menjaga kestabilan RPM-nya. Di CX-30, RPM stabil di kisaran 1500-1800 RPM. Bahkan kl ngegas dr stop kadang loncat ke 2000 RPM pun masih ga kedengeran. Biasanya gear upshift terjadi di RPM 1800. Kombinasi RPM lebih sering tinggi dan cc yg lebih besar, CX-30 memang lebih boros drpd yg di-claim di-review2 YouTube. i-stop nya CX-30 jg lebih bodoh drpd CX-3. Kl di CX-3, biasanya mesin akan mati selama kira 10-30 detik sblm nyala lagi krn butuh utk AC ato electrical lain, di CX-30 mah sesudah mesin mati, 2 detik kemudian nyala lagi. Gmn mw menghemat fuel consumption kl ternyata yg dilakukan cm mempersering starter.
Adaptive cruise control yg ga cukup pintar. CX-30 akan ngejar gap antara kita dan mobil di depan dg speed sekencang2nya mendekati speed limit yg di set di adaptive cruise control. Trus, kalo nanti udah deket, dia akan abruptly braking, instead of pelan2 coasting utk menjaga jarak sblm deket. Kerasa dikit2 ndut, dikit2 ndut, gara2 auto-brake nya dr si adaptive cruise control.
Native navigation utk Indonesia jelek. Masih bagusan Google Maps ke mana2. Sayang, kl pake navigasi Google Maps, instruksi belok itu ga masuk ke HUD, cuma ada di central head unit saja. Jadi ttp hrs liat screen utk make sure rutenya bener ato ga. Routing-nya juga amburadul, hahaha. Also, native navigation ini input search location by rotary knob-nya ngerepotin sekali. Di Indonesia, ga support voice command, krn dianggap peta Indonesia bukan make bahasa voice command yg supported. So, walau ada native navigation, maps ini hampir ga pernah dipake sih.
STNK-nya lama. Katanya udah jadi standar Mazda bahwa CBU Jepang itu makan waktu 3 bln. Dl owner CX-3 yg dititip ini kayaknya sama 3 bulan. Gtw deh ini CX-30 akan 3 bln jg ato lebih awal. Yg jadi masalah adalah nopol STCK ini jadi gbs dibawa ke Jakarta dan provinsi lain saat dibutuhkan.
Onderdilnya typically mahal dibanding mobil jepang lainnya. Kyknya udah rahasia umum, bahwa servis Mazda, di luar free service coverage, lebih mahal drpd Toyota ato Honda. Sesudah gw research, harganya 11-12 dg servis di bengkel resmi VW. Contoh misalnya aki aja, ga perlu CX-30 gw, Mazda 2 model terbawah aja akinya 3 juta gara2 perlu aki i-stop. Ini mungkin akan jadi deterrence utk temen2 yg berniat beli Mazda, any model.
Kesimpulan
Mazda CX-30 tuh class-nya nanggung. Secara size, harusnya rivalnya VW T-Roc (ga ada di Indo), Audi Q3 (hampir 1M), ato Volvo XC40 ICE (yg di Indo cuma PHEV, harga 1M lebih). Secara harga, CX-30 hampir kena CX-5, artinya org2 mainstream akan otomatis ambil CX-5 krn lebih besar, lebih lega, lebih bertenaga, dan lebih boros (2.5).
Di harga tsb, org pada umumnya akan ambil antara Toyota Corolla Cross ato Innova Zenix, 2-2nya kisaran harganya sama, hybrid (jadi lebih hemat bensin), dan kapasitas lebih besar (apalagi Zenix yg kodratnya adalah 7 seater). Org anti mainstream lain mungkin akan ambil Toyota CH-R, tp kyknya nih mobil ga laku sama sekali deh, krn bentuknya jg nanggung.
Meskipun demikian, CX-30 adalah mobil yg enak utk dikendarai.
Hanya saja....
Dari berbagai poin di atas, sejujurnya menegaskan bahwa CX-3 1.5 Sport itu the best value purchase utk mendapatkan interior feels yg premium, kekedapan suara, performance, kehematan, dan kenyamanan suspensi. Diperparah dg CX-30 1.5x harga CX-3 1.5 Sport, utk sebagian besar org yg waras ato kaum mendang-mending, Mazda CX-3 1.5 Sport is the better purchase.
Gmn dg CX-3 2.0 Pro? Beda harganya ga justify menurut gw, mending sekalian loncat ke CX-30 utk mendapatkan more luxury feeling, ato pindah ke Toyota utk dpt hematnya hybrid. Ambillah Zenix Hybrid ato Corolla Cross Hybrid kl mw lega, krn iritnya dijamin lebih baik drpd CX-30.
Kl Kona Electric 2024 gmn? Let's see yah.
Buat gw yg maunya mobil yg mirip dg VW T-Roc, CX-30 is a better compromise. Soul Red Crystal with S curve in the body reflection is beautiful indeed.