Review Mazda CX-30 Grand Touring 2024 (dan mini-review CX-3 1.5 Sport 2021)

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

EdgarDrake
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 39
Joined: Sat Jun 22, 2024 6:45
Daily Vehicle: CX-30 Soul Red Crystal

Review Mazda CX-30 Grand Touring 2024 (dan mini-review CX-3 1.5 Sport 2021)

Post by EdgarDrake »

Sejujurnya gw udah lama jadi silent reader tanpa daftar di forum ini, dan alhamdulillah dapet banyak ilmu di sini. Jadi gw memutuskan utk ikutan "kontribusi" review ke forum ini, siapa tau bermanfaat.

---- Beware, panjang. Kalo mw baca isi mobilnya aja, CTRL+F (ato CMD+F) Pros Mazda CX-30
photo_2024-06-22 21.02.20.jpeg
photo_2024-06-22 21.02.58.jpeg
IMG_1642.jpeg
----
Background

Dari April 2022 udah mw cari pengganti Toyota Avanza G 2013 manual. Karena gw orangnya long-term ownership terus (9-10 tahun), jadi mencari mobil baru, biar PR-nya dikit. Nyari secondan masih kerasa takut.

Kriteria:
  • ada bengkel resmi ada di Bandung
  • good NVH, kedap suara, suspensi nyaman
  • ground clearance harus aman
  • size-nya compact, if possible
  • ada Apple Carplay
  • nyaman utk bawa keluarga
  • bentuknya agak boxy (jgn terlalu smooth), tapi bisa keliatan wibawanya
Hasil dari nonton review YouTube, ketemulah yg centang hal2 di atas: VW T-Roc (Aus, UK, EU only). Sayang tidak masuk Indonesia... gan...gan..
Trus yg mirip apa dong di Indonesia: ada, tp overbudget: Audi Q3.

Kandidat

Dari 2022, udah ngelirik bbrp mobil kandidat, tapi yg akan diceritain part2 yg berkesan aja
  • Toyota Veloz 2022 - Test Driven
    Feels familiar, tp harganya kayak kurang mencerminkan kualitasnya.
  • Hyundai Creta 2022 - Test Driven
    Nyaman dan canggih, tapi kerasa badannya bongsor. Secara value, better drpd Veloz, jadi lebih masuk akal.
  • Mazda CX-3 1.5 Sport 2021 - Pelihara long-term
    Mobil ini dititip ke gw selama ownernya tinggal luar negeri. Jadi mobil weekend sejak 2023.
    So far, mobil ini paling ngerusak standard. Nyaman, kedap suara, kerasa premium car (antara interior dan harga totally mismatch compared to other Japanese car), driving feel di low-RPM (1200) menyenangkan, suspensinya firm tapi compliant (masih comfortable), tech-nya make sense, dan hemat BBM (Bandung typical usage: 12.9km/L).
  • Toyota Yaris Cross Hybrid 2023 - Interior only
    Berbagai review bilang mobil ini irit sekali, makanya tertarik. Jujur, waktu gw masuk ke mobil ini, feels interiornya tidak sebanding dg harganya. Coba liat2 display Corolla Cross hybrid, trus sama2 kecewa dg interiornya juga. So far, Mazda CX-3 di atas sudah berhasil merusak standar gw melihat mobil lain.
  • VW T-Cross 1.0 Turbo - Test Driven
    So far kandidat yg paling nyantol. Kecil di luar, tapi lega di dalem. Lumayan kedap. Belok tajam sekali. Diasumsikan krn ini mobil CC kecil, harusnya fuel efficiency-nya bagus. Shifting gear-nya juga smooth, seperti shifting CX-3. Cons nya T-Cross: RON 95 dan suspensinya kena polisi tidur firm and harsh sekali ya, lumayan shocking ke body dan pantat.
    Test drive Juni 2023. Pas GIIAS Bandung Nov 2023, dapatlah kabar dr salesnya bahwa T-Cross di Indonesia unitnya tinggal tersisa 2 dan tidak dijamin akan diimpor lg dr India. Artinya ini akan jadi mobil exotic. Oalah rek, bisa jadi mobil PR di masa depan.
Ga ambil CX-3 Sport aja?

Alasan utama tidak ambil CX-3 adalah ground clearance-nya yg 16cm. Pernah bbrp kali jeduk kalo muatan lagi banyak (bagasi + orang di kursi belakang). Jadi, lebih aman mobil yg lebih tinggi dr CX-3. CX-5 agak boxy dan lebih tinggi GC-nya 20cm, tp terlalu bongsor. Alhamdulillah, CX-30 bentuknya menyenangkan dilihat, GC-nya 18cm, dan liat interiornya bagus. Waktu SPK, nekat sejujurnya, krn ga test drive dulu. Ga nemu dealer yg punya Test Drive unit CX-30 di 2 kota, jadi ini beneran beli kucing dlm karung, berharap bahwa kl CX-3 aja udah nyaman, semoga CX-30 lebih nyaman.

Alhasil, mobil ini datang dalam waktu 1 bln dari sejak SPK, kira2 akhir Mei 2024. Waktu review ini dibuat, ownership sudah hampir 1 bulan dan sudah mencapai km 900an (hampir 1000 km servis pertama)

Pros Mazda CX-30

Interior + Noise, Vibration, Harshness (NVH)

Mazda 7th gen itu refinement-nya jauh. Di CX-30, interiornya lebih premium lagi drpd CX-3. Lebih mendekati luxury kali ya. Banyak soft-touch dan kulit. Krn design Mazda itu minimalis, kerasanya lebih premium drpd premium small SUV kyk BMW X1 ato 330i (banyak plastik drpd soft touch). Suaranya kedap, walau ga pake accoustic glass. Getaran mesin CX-30 teredam jauh lebih baik drpd CX-3. Di mana CX-3 di 1500 RPM suara akan mulai kedengeran, di CX-30, suara baru kedengeran di 2200 RPM.
photo_2024-06-22 20.52.06.jpeg
Suspensi, walau setupnya sama kyk CX-3 (MacPherson + Torsion Beam), feelsnya lebih compliant, lebih comfortable.

Perforated seat alias kursi berpori. Jadi walau ga ada angin ngalir (CX-5 ada ventilated seat), kursinya kerasa enak aja gitu.
IMG_1641.jpeg
Headliner-nya CX-30 putih, seperti di CX-3, jadi ga gelap/claustrophobic. Mazda 3 headlinernya hitam, jadi makin kerasa claustrophobic. Antara CX-30 dan CX-3, jendela supir di CX-3 lebih besar, jd kl mw ngambil karcis di mall, lebih gampang di CX-3 drpd di CX-30.

Audio CX-30 di 2024 udah dapet 12-speakers Bose, sblm 2024 masih pake audio standard Mazda 8-speakers. Suaranya bagus, surround sound (Bose Centerpoint) di set di angka 1 biar kerasa natural (angka 2 ke atas mulai distorted). EQ gw set Bass +5/9, Treble +3/9. Default 0/9 bawaannya agak kurang punchy sayangnya, tp bbrp owner di Reddit menyarankan di 0/9 utk merasakan tuning yg dianggap ideal menurut Bose. Krn audio itu sifatnya selera, ya udah lah, gw set secocoknya gw. Untungnya, suara ke kursi belakang ttp mendapatkan kualitas yg bagus ini

Serene Driving in Normal, Engaging in Sport Mode

Karena NVH-nya yg bagus, normal mode CX-30 itu feelsnya serene driving. Kedap dan kalem, ga kerasa getaran, plus Audio Bose-nya bikin dengerin musik sambil nyetir jadi enak.

Apakah enak dipake ngebut, tentu saja, namanya juga Mazda, prinsip Jinba-ittai itu dibawa ampe lineup paling bawah sekalipun. Udah DNA-nya dr sananya utk engaging to drive. Di jalan tol, dg normal mode, masih akan relatif hening sampe 96km/h. Kl dimasukin ke sport mode, RPM akan naik ke 2500-an utk aggresive driving, tp akan mulai terdengar suara mesin agak droning yg bisa buat orang disoriented (utk yg ga biasa, Sport mode Mazda bisa bikin pusing). Utk gw, Sport mode lebih ke arah senjata utk nyusul mobil yg speed-nya kagok aja, kl udah disusul ya matiin lg toh.

Di bbrp review (termasuk luar negeri), banyak yg bilang Mazda 3 dan CX-30 pedal remnya keras/dalem banget, sehingga kl mw ngerem ampe berhenti, hrs diteken dalem. Kyknya di model 2024 improvement ini concern-nya udah dituning, feel pedalnya diinjek secara natural aja cukup, ga ada bedanya dg mobil2 yg lain. Jujur, gw blm pernah nyentuh Mazda 3 ato CX-30 model taun2 lalu, jd gbs buktiin bahwa sudah terjadi improvement. Tp buat gw, feel pedal remnya yg skrg natural aja kok, ga ada concern.

Teknologi

Heads Up Display, ya sejenis lah dg Mazda lainnya. Current speed, speed limit, blindspot monitoring, dan navigation kalo make Mazda Navigation map. Kyknya ini udah jadi fitur standar mobil2 eropa (punten, blm pernah pegang mobil eropa, jd diasumsikan smw pada ada). HUD CX-30 ditembak ke windshield lgsg, sedangkan CX-3 masih ada layar mika transparan kecil utk nampilin HUD-nya.
IMG_1633.jpeg
CX-30 ada Adaptive Cruise Control, tp ga bs stop-and-go. Utk di tol lagi rame, selama ga macet ampe berhenti, ini masih usable. Kl di CX-3 Sport cuma ada cruise control regular. CX-30 kl cruise controlnya aktif, akan memberikan suara affirmation bahwa yes, aktif, ato tetot kl gabisa aktif (krn lg neken pedal rem misalnya). Kl CX-3, cruise control antara aktif ato ga aktif, ambigu. Gtw ini CX-3, gw-nya aja yg butuh feedback yg jelas, ato emang dr sananya kurang feedback.

Memory Seat di CX-30 itu ada 4 slot, bukan 2 slot seperti yg direview2 video. Slotnya:
Button 1
Button 2
Remote 1
Remote 2 (cadangan).
Artinya, kalo gw ngotak ngatik profile Button 1, udah dibikin nyaman, trus save ke profile Button 1, tapi lupa di-save ke Remote 1, tiap kali gw masuk mobil, posisi kursi dan HUD-nya reset ke profile Remote 1.

Auto-tilt down spion kalo di gigi Reverse (R). Jadi kalo masuk ke gigi R, teken salah 1 spion, nanti spion kiri/kanan akan turun ke bawah, utk mempermudah parkir. Kl mw disable tilt-down (naik ke posisi normal), tinggal diteken lagi ampe indikator spion-nya mati. Screenshot contoh spion gw auto-tilt down utk spion kiri.
IMG_1640.jpeg
Rain-sensing wiper alias auto-wiper. Tinggal nunggu kaca basah, nanti juga akan di-wipe otomatis. Sayangnya, frekuensi ato intensitas basahnya kayaknya perlu agak parah dl sblm dia akhirnya auto-wiping.

Auto-headlight, kayaknya udah fitur standard di berbagai mobil. Sayangnya, di CX-30 ini gbs dibuat off kalo mobil jalan. Kl lagi diem, bisa dibuat off dengan diputer 1x. Tp kl digas, nanti nyala lagi.

Adaptive headlight, jadi kalo setir diputer, nanti lampunya juga ikut geser sesuai dg arah setir. Kayaknya terlalu gimmick drpd helpful sih.

Cons Mazda CX-30

Akomodasi kursi belakang memang minim. Mobil Mazda kecil (Mazda 2, Mazda 3, CX-3, CX-30) utk kursi belakang memang sempit, dan sempitnya macam2, ada yg lutut nabrak, kepala nabrak, etc. Di antara 4 mobil di atas, CX-30 adalah mobil terlega utk kapasitas di kursi belakang. Meski demikian, masih kerasa terlalu tegak utk dibilang nyaman, sejujurnya.

Head unit ga bisa touchscreen sama sekali. Padahal nonton review 2024 model UK, AUS, USA, EU, smw nunjukin bahwa screen mereka bs touchscreen di Apple CarPlay. Yg versi Indonesia, kyknya hardwarenya sama sekali ga dipasang digitizer utk support touchscreen sama sekali. Jadi kl mw zoom in/out di Google Maps, ya pake rotary knob.

Central console di CX-30 (dan Mazda 3) cuma bs dibuka kalo udah digeser ke belakang. Sayangnya, kalo kursi belakang kita lipat krn butuh bagasi extra, central console ini jd gbs digeser sama sekali, alhasil ga bisa dibuka... HAHA. Ini warning ya guys, kalo kalian biasa naro kartu kyk e-Money ato kartu masuk apartemen/kantor, saat kursi dilipat, pastikan barang2 tsb dipindahin dl dr central console ke tempat yg lebih aman terjangkau, misalnya cupholder tengah, tempat kacamata, ato cantolin di sun visor.
IMG_1646.jpeg
IMG_1644.jpeg
Fuel consumption yg boros. Kyknya gw korban nonton YouTube review sih, di mana rata2 review bilang fuel consumption dalam kota CX-30 2.0 sekitar 11-12km/L (terlalu ngidam), sedangkan CX-3 Sport 1.5 sekitar 13km/L (ini benar, sesuai realita). Utk CX-30, realitanya lebih pahit krn ternyata makan 7.3km/L dlm kota Bandung. Ini kyknya efek dari beda tuning pabrikan Mazda, krn kl di CX-3, RPM stabil di kisaran 1200-1500 RPM, di atas 1500 RPM, suara mesin mulai kedengeran ke cabin. Biasanya di RPM tsb, dia akan otomatis upshift ke gear yg lebih tinggi utk menjaga kestabilan RPM-nya. Di CX-30, RPM stabil di kisaran 1500-1800 RPM. Bahkan kl ngegas dr stop kadang loncat ke 2000 RPM pun masih ga kedengeran. Biasanya gear upshift terjadi di RPM 1800. Kombinasi RPM lebih sering tinggi dan cc yg lebih besar, CX-30 memang lebih boros drpd yg di-claim di-review2 YouTube. i-stop nya CX-30 jg lebih bodoh drpd CX-3. Kl di CX-3, biasanya mesin akan mati selama kira 10-30 detik sblm nyala lagi krn butuh utk AC ato electrical lain, di CX-30 mah sesudah mesin mati, 2 detik kemudian nyala lagi. Gmn mw menghemat fuel consumption kl ternyata yg dilakukan cm mempersering starter.

Adaptive cruise control yg ga cukup pintar. CX-30 akan ngejar gap antara kita dan mobil di depan dg speed sekencang2nya mendekati speed limit yg di set di adaptive cruise control. Trus, kalo nanti udah deket, dia akan abruptly braking, instead of pelan2 coasting utk menjaga jarak sblm deket. Kerasa dikit2 ndut, dikit2 ndut, gara2 auto-brake nya dr si adaptive cruise control.

Native navigation utk Indonesia jelek. Masih bagusan Google Maps ke mana2. Sayang, kl pake navigasi Google Maps, instruksi belok itu ga masuk ke HUD, cuma ada di central head unit saja. Jadi ttp hrs liat screen utk make sure rutenya bener ato ga. Routing-nya juga amburadul, hahaha. Also, native navigation ini input search location by rotary knob-nya ngerepotin sekali. Di Indonesia, ga support voice command, krn dianggap peta Indonesia bukan make bahasa voice command yg supported. So, walau ada native navigation, maps ini hampir ga pernah dipake sih.

STNK-nya lama. Katanya udah jadi standar Mazda bahwa CBU Jepang itu makan waktu 3 bln. Dl owner CX-3 yg dititip ini kayaknya sama 3 bulan. Gtw deh ini CX-30 akan 3 bln jg ato lebih awal. Yg jadi masalah adalah nopol STCK ini jadi gbs dibawa ke Jakarta dan provinsi lain saat dibutuhkan.

Onderdilnya typically mahal dibanding mobil jepang lainnya. Kyknya udah rahasia umum, bahwa servis Mazda, di luar free service coverage, lebih mahal drpd Toyota ato Honda. Sesudah gw research, harganya 11-12 dg servis di bengkel resmi VW. Contoh misalnya aki aja, ga perlu CX-30 gw, Mazda 2 model terbawah aja akinya 3 juta gara2 perlu aki i-stop. Ini mungkin akan jadi deterrence utk temen2 yg berniat beli Mazda, any model.

Kesimpulan

Mazda CX-30 tuh class-nya nanggung. Secara size, harusnya rivalnya VW T-Roc (ga ada di Indo), Audi Q3 (hampir 1M), ato Volvo XC40 ICE (yg di Indo cuma PHEV, harga 1M lebih). Secara harga, CX-30 hampir kena CX-5, artinya org2 mainstream akan otomatis ambil CX-5 krn lebih besar, lebih lega, lebih bertenaga, dan lebih boros (2.5).

Di harga tsb, org pada umumnya akan ambil antara Toyota Corolla Cross ato Innova Zenix, 2-2nya kisaran harganya sama, hybrid (jadi lebih hemat bensin), dan kapasitas lebih besar (apalagi Zenix yg kodratnya adalah 7 seater). Org anti mainstream lain mungkin akan ambil Toyota CH-R, tp kyknya nih mobil ga laku sama sekali deh, krn bentuknya jg nanggung.

Meskipun demikian, CX-30 adalah mobil yg enak utk dikendarai.

Hanya saja....

Dari berbagai poin di atas, sejujurnya menegaskan bahwa CX-3 1.5 Sport itu the best value purchase utk mendapatkan interior feels yg premium, kekedapan suara, performance, kehematan, dan kenyamanan suspensi. Diperparah dg CX-30 1.5x harga CX-3 1.5 Sport, utk sebagian besar org yg waras ato kaum mendang-mending, Mazda CX-3 1.5 Sport is the better purchase.

Gmn dg CX-3 2.0 Pro? Beda harganya ga justify menurut gw, mending sekalian loncat ke CX-30 utk mendapatkan more luxury feeling, ato pindah ke Toyota utk dpt hematnya hybrid. Ambillah Zenix Hybrid ato Corolla Cross Hybrid kl mw lega, krn iritnya dijamin lebih baik drpd CX-30.

Kl Kona Electric 2024 gmn? Let's see yah.

Buat gw yg maunya mobil yg mirip dg VW T-Roc, CX-30 is a better compromise. Soul Red Crystal with S curve in the body reflection is beautiful indeed.
photo_2024-06-22 20.45.59.jpeg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
mkamil
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 235
Joined: Tue Aug 06, 2019 14:02
Daily Vehicle: 1VD - L15Z - FB25

Re: Review Mazda CX-30 Grand Touring 2024 (dan mini-review CX-3 1.5 Sport 2021)

Post by mkamil »

nice review om, positioning cx30 memang nanggung dgn cx3 dan cx5 ya, apalagi model design mazda mirip2. tapi cakep mobilnya, jarang dijalanan 👍👍

battery nya EFB Q85 atau D23L? kalau iya kebetulan sempat check2 marketplace ada alternatif dibawah 3jt dari johnson(clarios) brands seperti varta, amaron, delkor. Klo panasonic atau yuasa diatas 2jt an.

sharing pengalaman untuk CBU Jepang beda merk, spk Aug 23, delivery end of Sep 23, STNK & nopol resmi mailed mid of Dec 23. Selama periode tunggu STNK dikasih STCK dan nopol sementara 3 kali, mobil saya bawa ke bromo (nov), dieng (dec), dan rutin bolak balik Jakarta-Bandung, aman sih, ga pernah diperiksa juga, kalau ragu jangan ditiru ya om 😅
Zaxis
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1178
Joined: Wed Dec 07, 2016 9:34

Re: Review Mazda CX-30 Grand Touring 2024 (dan mini-review CX-3 1.5 Sport 2021)

Post by Zaxis »

Mobil cakep nih,sayang aja kalah pamor dari Onda dan yotoya
Apalagi sekarang banyak mobil ev yg gede dan harganya mirip plus benefit bebas ganjil genap
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3772
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: Review Mazda CX-30 Grand Touring 2024 (dan mini-review CX-3 1.5 Sport 2021)

Post by kendibocor »

Nice review om sebagai sesama user CX30. Masalah stnk “nikmatin” aja. Pengalaman beli mazdut 2x (2018 ma 2022) ga ada tuh yg ga drama stnknya. Alesan basi dari dlu “mobil cbu” :mky_03:

Btw pake di bandung 1:7,3? :big_biglaugh:
Lebih parah dr jkt dong, bini gw aja make bwat kerja masih 1:9an di jahanamnya jalanan jkt kalo pulang kantor.
User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2988
Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Review Mazda CX-30 Grand Touring 2024 (dan mini-review CX-3 1.5 Sport 2021)

Post by josomba »

Nice repiu om. Ane kalau ada rezeki, maunya juga cx30, apa daya sanggupnya cx30 dibagi 10.

Btw cc di cx3 memang cuman based on indicator aja
Screenshot_20240623_085833_Gallery.jpg
Gambar di atas kondisi aktif. Kalau mati: di panah atas ada kek logi kotak mgkn maksudnya pause. Dan panah bawah indikator jd warna amber.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Image
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2335
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: Review Mazda CX-30 Grand Touring 2024 (dan mini-review CX-3 1.5 Sport 2021)

Post by darrelund »

Zaxis wrote: Sat Jun 22, 2024 18:48 Mobil cakep nih,sayang aja kalah pamor dari Onda dan yotoya
Apalagi sekarang banyak mobil ev yg gede dan harganya mirip plus benefit bebas ganjil genap
dibilang kalah pamor ya engga jg

emg ga kejangkau mayoritas org aja, dgn harga segitu meski org akuin masda enak, paling belinya kijang

570jt org belinya klo ndak zenik ya fortuner / civic & sebangsanya

trustnya brand masda belom dapet ke org awam
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4809
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Review Mazda CX-30 Grand Touring 2024 (dan mini-review CX-3 1.5 Sport 2021)

Post by Pboyz97 »

nice review om

yg om bilang bener semua. kebetulan tahun lalu pernah nyari mobil crossover jenis LMPV LSUV & Crossover 1.500 cc (baru) , semua kandidat udh saya td & impresinya mirip kaya yg om bilang ditas. sampe akhirnya diputuskan ambil AN BRV Pres non HS untuk LMPV & AN HRV RV 1.5 SE CVT untuk crossovernya. untuk mazda memang mobil paling enak dikelasnya, terutama dari segi fitur, driving feel, tarikan sm handling. cm yg bikin keluarga saya agak mikir ambil ini ya row 2 , bagasi serta kepraktisannya yg agak kurang + bengkel non resminya gak sebanyak T / H tegak. kebetulan pernah miara merek ini selama 8 tahun dari 2013 - 2021, miara kakaknya 2 generasi, yaitu cx5 2.0 touring 2013 & AN CX5 Elite 2018 . untuk mobilnya cukup puas. cuma buat pengurusan surat2 ya emg cukup makan waktu. selain faktor akomodasi & kepraktisan yg emg agak kurang dikelasnya berhubung yg make jg ibu saya + nenek saya jg yg mayoritas pake driver & duduk di row 2 . surat2nya yg makan waktu selama pembelian 2 mobil itu which is yg pertama jaman dipegang MMI + yg kedua sm eurocars, bikin keluarga saya mikir2 lg buat Repeat order merek ini . blm lg beres mazda tempat saya biasa servis (jatinegara, mt haryono & cibubur ) tutup. jd aftersales buat long termnya jd concern jg buat kami. hingga akhirnya kami putuskan buat balik ke merek H tegak lg or T. CX5 Elitenya kami jual di 2021 & digantikan CRV Turbo pres 2019 , kemudian CRV tersebut kami jual kembali tahun lalu & digantikan oleh AN Voxy 90 yg masih kami gunakan sampai hari ini hehehe. walaupun harga part sm T & H tegak kl sama2 di beres ya gabeda jauh, gasampe 2x lipet harganya. emg lebih mahal. tp termasuk durable menurut saya, cm kalah di bengkel non resminya aja yg ga sebanyak T atau h tegak.

sm cx30 ini emg agak nanggung, mending ambil CX3 or naik kelas ke cx5 sekalian. untuk harga mirip jg saya milih mazda 3 hatch yg emg desainnya lebih cakep dibanding cx30 ini buat saya pribadi hehe
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
walid_007
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3198
Joined: Sat Mar 30, 2013 0:52
Location: idn, 18 mdpl
Daily Vehicle: b48 1gd 4a9

Re: Review Mazda CX-30 Grand Touring 2024 (dan mini-review CX-3 1.5 Sport 2021)

Post by walid_007 »

mesin dan transmisi nya kerasa jerky ga om di antara speed crawling 30-40 km/jam??
sy sendiri pemake cx5 kuro 23 ., mmg secara value for money mobil mazda dapet banged di teknology . lamp, nvh interior quality.,
syaang utk kepraktisan mmg agak kurang untuk interior spece yg sempit dan kadang ada bbrp blunder yg menurut oe mobil ini enggak sematang mobil buatan sebelah
lets say interior space., dan head unit bisa touch screen saat kondisi mbl bener2 0 km/jam., what a joke.
engine roaring!
User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2988
Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Review Mazda CX-30 Grand Touring 2024 (dan mini-review CX-3 1.5 Sport 2021)

Post by josomba »

darrelund wrote: Sun Jun 23, 2024 4:55
dibilang kalah pamor ya engga jg

emg ga kejangkau mayoritas org aja, dgn harga segitu meski org akuin masda enak, paling belinya kijang

570jt org belinya klo ndak zenik ya fortuner / civic & sebangsanya

trustnya brand masda belom dapet ke org awam
Setujuh..

Di luar modelnya sendiri, khususnya trust brand akan sulit sih, mengingat mazda indo pernah alami berikut:
(1) Sempet ada masa2 stock part kudu indent lama
(2) Masa2 peralihan MMI ke Eurokars
(3) Dan yg pasti pernah juga STNK lama keluar
(4) Indent model tertentu (misal cx3) sempet lama banget
Image
EdgarDrake
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 39
Joined: Sat Jun 22, 2024 6:45
Daily Vehicle: CX-30 Soul Red Crystal

Re: Review Mazda CX-30 Grand Touring 2024 (dan mini-review CX-3 1.5 Sport 2021)

Post by EdgarDrake »

mkamil wrote: Sat Jun 22, 2024 16:13 battery nya EFB Q85 atau D23L? kalau iya kebetulan sempat check2 marketplace ada alternatif dibawah 3jt dari johnson(clarios) brands seperti varta, amaron, delkor. Klo panasonic atau yuasa diatas 2jt an.
Aki bawaan dari Hiroshima itu Panasonic tanpa model name yg jelas, tp code akinya Q85. Pas hari ini dibawa ke dealer utk servis 1000km, menurut Service Advisornya, Mazda Indonesia sejak 2022, standar aki i-stop-nya akan di-upgrade ke Q90 sesudah umurnya keliatan degrade. Ini kl beli aki di dealer ya, gtw ini akal2an Mazda Bandung ato bukan. Tp kt SA-nya, kl mw ttp pake Q85 dr merk2 lain fine kok. Jd kyknya next time mw liat Varta, soalnya kt review2 bagus. Mungkin teman2 di sini ada yg punya rekomendasi jg aki i-stop yg tahan lama? Model yg dipake brand eropa jg boleh, kl emang speknya sesuai.
mkamil wrote: Sat Jun 22, 2024 16:13 sharing pengalaman untuk CBU Jepang beda merk, spk Aug 23, delivery end of Sep 23, STNK & nopol resmi mailed mid of Dec 23. Selama periode tunggu STNK dikasih STCK dan nopol sementara 3 kali, mobil saya bawa ke bromo (nov), dieng (dec), dan rutin bolak balik Jakarta-Bandung, aman sih, ga pernah diperiksa juga, kalau ragu jangan ditiru ya om 😅
Nah, kalo STCK Jakarta itu dibolehin ke kota2 lain, tp kl STCK plat non-B itu akan jadi ATM berjalan utk polisi Jakarta, emang jahat sejujurnya...
kendibocor wrote: Sun Jun 23, 2024 1:56 Btw pake di bandung 1:7,3? :big_biglaugh:
Lebih parah dr jkt dong, bini gw aja make bwat kerja masih 1:9an di jahanamnya jalanan jkt kalo pulang kantor.
Ada om kendi nih. Jadi barusan ngobrol dg SA-ya, kt dia sih, kl nanti servis 10k km, akan ada ignition chamber cleaning, nanti akan "membaik" fuel consumption-nya. Gtw bener ato ya tidak sebaik itu jg, haha... Kl di RModa kyknya terms mereka HHO tuneup. For now, terima sajalah, wong gw sangat menikmati nyetir mobil ini jg.
Pboyz97 wrote: Sun Jun 23, 2024 10:10 untuk harga mirip jg saya milih mazda 3 hatch yg emg desainnya lebih cakep dibanding cx30 ini buat saya pribadi hehe
Gw malah lebih selera Mazda 3 sedan sejujurnya, krn bentuk pantat egg-like Hatchback nya gw kurang suka, tp itu mah selera ya, haha. Kl di IG dan Reddit, gw liat owner2 Mazda 3 HB emang hobi dimodif, sedangkan owner CX-30 hobinya vanilla version-nya. Buat yg nyantol dg CX-30, design bawaannya udah seneng. Kl gw ya krn CX-30 ini yg paling mirip VW T-Roc (masih gbs move on).
walid_007 wrote: Sun Jun 23, 2024 14:52 mesin dan transmisi nya kerasa jerky ga om di antara speed crawling 30-40 km/jam??
Ga om, aman sekali lho om. Regardless itu mw gigi 2, 3, ato 4, di range speed segitu fine2 aja tanpa kerasa ada feels yg bikin ga sreg. Mungkin om iseng coba test drive CX-5 2024, mungkin ada improvement lagi? Ato udah coba liat video how to reset "learning mode transmission Mazda"?
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2335
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: Review Mazda CX-30 Grand Touring 2024 (dan mini-review CX-3 1.5 Sport 2021)

Post by darrelund »

josomba wrote: Sun Jun 23, 2024 23:57
Setujuh..

Di luar modelnya sendiri, khususnya trust brand akan sulit sih, mengingat mazda indo pernah alami berikut:
(1) Sempet ada masa2 stock part kudu indent lama
(2) Masa2 peralihan MMI ke Eurokars
(3) Dan yg pasti pernah juga STNK lama keluar
(4) Indent model tertentu (misal cx3) sempet lama banget
belon denger yg katanya" dari orang :big_biglaugh:

ama sparepart jg rada" siy mbah

buat 2, cx3, cx5 masih gampang cari subtitusinya, sisanya? wassalam :big_biglaugh:

cx30 aja sampe skrg blon ada parts 555 nya :big_biglaugh:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16459
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Review Mazda CX-30 Grand Touring 2024 (dan mini-review CX-3 1.5 Sport 2021)

Post by ChZ »

darrelund wrote: Sun Jun 23, 2024 4:55
dibilang kalah pamor ya engga jg

emg ga kejangkau mayoritas org aja, dgn harga segitu meski org akuin masda enak, paling belinya kijang

570jt org belinya klo ndak zenik ya fortuner / civic & sebangsanya

trustnya brand masda belom dapet ke org awam
branding mazdut sebagai drivers car itu nggak kena di kita. giliran dia rebranding jadi luxury brand, image luxury nya belum kebentuk di pasar. go-to luxury brand di indonesia itu ya europe. mending beli X1 yang logonya BMW walaupun naikannya ampas daripada CX-30 yang lebih refined.

risiko being an idealist itu ya pasti akan kegusur pasar yang massal.

masalahnya mazdut itu jg logistiknya gak sekenceng toyota atau volkswagen bahkan honda sekalipun yg sebenernya pabrikan yg struggle dgn keuangan juga. karna ga ada duit ya males jg fokus ke market SEA yang kecil, ujungnya rebranding ertiga yang gagal juga, dan nggak mau juga bikin mobil selevel brio karna investmentnya berat ngelawan established market.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2335
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: Review Mazda CX-30 Grand Touring 2024 (dan mini-review CX-3 1.5 Sport 2021)

Post by darrelund »

ChZ wrote: Mon Jun 24, 2024 3:41
branding mazdut sebagai drivers car itu nggak kena di kita. giliran dia rebranding jadi luxury brand, image luxury nya belum kebentuk di pasar. go-to luxury brand di indonesia itu ya europe. mending beli X1 yang logonya BMW walaupun naikannya ampas daripada CX-30 yang lebih refined.

risiko being an idealist itu ya pasti akan kegusur pasar yang massal.

masalahnya mazdut itu jg logistiknya gak sekenceng toyota atau volkswagen bahkan honda sekalipun yg sebenernya pabrikan yg struggle dgn keuangan juga. karna ga ada duit ya males jg fokus ke market SEA yang kecil, ujungnya rebranding ertiga yang gagal juga, dan nggak mau juga bikin mobil selevel brio karna investmentnya berat ngelawan established market.
udah ga kena. brandnya jg ga bikin org awam mantep buat belinya, pasti ada bayang" parts susah etc etc (yg mana utk banyak model masda bener)

oe sempet ngayal ngawang" gitu

kenapa masda ga bikin model specific emerging market sekelas HRV, enjin 1.5 cukup, underpinning recycle CX5 gen 1, parts full maklon di china .anggep lah namanya CX-25. bikin bentuknya kyk CX-50 :big_biglaugh:

ato gak rebrand mobil changan aja lah :big_biglaugh:

ngandelin CX3 doank ud gabisa saingan soalnya

bener jg soal logistik mbah, itu banyak model masda aja sampe skrg parts subtitusinya gaada
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16459
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Review Mazda CX-30 Grand Touring 2024 (dan mini-review CX-3 1.5 Sport 2021)

Post by ChZ »

darrelund wrote: Mon Jun 24, 2024 4:51
udah ga kena. brandnya jg ga bikin org awam mantep buat belinya, pasti ada bayang" parts susah etc etc (yg mana utk banyak model masda bener)

oe sempet ngayal ngawang" gitu

kenapa masda ga bikin model specific emerging market sekelas HRV, enjin 1.5 cukup, underpinning recycle CX5 gen 1, parts full maklon di china .anggep lah namanya CX-25. bikin bentuknya kyk CX-50 :big_biglaugh:

ato gak rebrand mobil changan aja lah :big_biglaugh:

ngandelin CX3 doank ud gabisa saingan soalnya

bener jg soal logistik mbah, itu banyak model masda aja sampe skrg parts subtitusinya gaada
plus positioning sebagai "premium japanese brand" itu bwat kaum kerehore (kebanyakan di wakanda) udah bayangan part mahal dll dsb :big_biglaugh: ya bener mahal wong harus ori semua. bahkan miara BMW F10 untuk fastmoving kayaknya murah F10 deh. viva la lemforder :big_biglaugh:

sbenernya mazda ini ga sala kalo dibilang suksesor honda jaman dl, jaman mbah soichiro idup kaga punya duit tp maunya reinvent the wheels terus :big_biglaugh: mana mikir mau ke mass market, dia mikirnya bikin "the next rotary engine" melulu.

ya honda skrg udah gak sekere dulu walaupun exit-in-exit-in F1 itu apalagi kl bukan urusan duit. minimal jualan genset dan motor kecilnya laku di SEA. brio dan kawan kawan juga moncer di india.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3772
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: Review Mazda CX-30 Grand Touring 2024 (dan mini-review CX-3 1.5 Sport 2021)

Post by kendibocor »

darrelund wrote: Mon Jun 24, 2024 3:23 belon denger yg katanya" dari orang :big_biglaugh:

ama sparepart jg rada" siy mbah

buat 2, cx3, cx5 masih gampang cari subtitusinya, sisanya? wassalam :big_biglaugh:

cx30 aja sampe skrg blon ada parts 555 nya :big_biglaugh:
Bengkel spesialisnya aja oe ga pernah denger ada dimana (kecuali yg di serpong tp pake barang ori2 jg ngambil di beres cuman motong ppn. Sama aja bodong beda dikit). Ujung2nya bener kata si mbah ChZ. Mending miara eropa tua sekalian. Tp case sekarang mobil baru ya nikmatin aja jinba-ittainya om edgar. 5 taon jual lah. Sayang nih CX30 harganya ga senahan maztri. Maztri RVnya kuat bener dah, kegendong modelnya yg emang secakep itu :big_love:

Balik lg hunting M276 :ngacir: :ngacir: :ngacir:
MrRichardhn
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 60
Joined: Sun Nov 06, 2016 3:38

Re: Review Mazda CX-30 Grand Touring 2024 (dan mini-review CX-3 1.5 Sport 2021)

Post by MrRichardhn »

Wihhh jarang2 nih review CX30, yang versi improvement pula!

Jujur pas abang saya lagi cari2 mobil buat keluarga kecilnya, CX30, Corolla Cross Hybrid, dan HRV RS masuk dalam pilihannya wkwkw. Tapi setelah coba Corolla Cross enak di kehematannya aja, tapi pas dipake kok gak kerasa worth it... setelahnya coba HRV non RS (unit test drive cuma ada itu), udah diwanti-wanti bantingannya keras, dan baru percaya pas coba sendiri 😂. Tercoreng lah Honda dan Toyota dari list.

Akhirnya coba ke Mazda yang dimana sebagian besar produknya masih full CBU Jepang. Awal2 lirik CX30 dan Mazda 3 karena stylish dan sleek, tapi tak ingetin kalo interiornya kecil apalagi nanti mau pake car seat pula dan pindahan rumah. Akhirnya pilih CX5 yang lebih sensible hehe, walau katanya tetep kesengsem sama bentuknya CX30 ini yang saya setuju cakep banget lama-lama liatnya :big_biglaugh:
1973 Volkswagen Super Beetle
2003 Honda Fit
2023 Nissan Leaf 40kWh
User avatar
forzanetti
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 436
Joined: Sat Jul 10, 2021 10:04

Re: Review Mazda CX-30 Grand Touring 2024 (dan mini-review CX-3 1.5 Sport 2021)

Post by forzanetti »

nice review Om. meskipun utamanya review CX-30, tapi malah memantapkan saya untuk ambil CX-3 1.5 Sport (bekas).
Ukauka69
Visitor
Visitor
Posts: 6
Joined: Wed Jun 12, 2024 22:52
Location: DKI

Re: Review Mazda CX-30 Grand Touring 2024 (dan mini-review CX-3 1.5 Sport 2021)

Post by Ukauka69 »

Thanks om review nya, kebetulan lagi mikir antara cx-5 dan Cx-30.
Tadi barusan TD cx-5 kok rasanya beda banget sama cx-3 apa karena tinggi dan gede ya. lebih sat set cx-3 dan lebih menyatu.
cx-30 susahnya ga bisa TD.

kalo liat review org malay ys khong oke juga cx-30 ini dari sisi handling. pas dia driving cx-5 kayak netral ( ga se excited naik cx-30 atau mazda 3).
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2884
Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
Location: Indonesia

Re: Review Mazda CX-30 Grand Touring 2024 (dan mini-review CX-3 1.5 Sport 2021)

Post by KielConstantine »

ChZ wrote: Mon Jun 24, 2024 4:58 plus positioning sebagai "premium japanese brand" itu bwat kaum kerehore (kebanyakan di wakanda) udah bayangan part mahal dll dsb :big_biglaugh: ya bener mahal wong harus ori semua. bahkan miara BMW F10 untuk fastmoving kayaknya murah F10 deh. viva la lemforder :big_biglaugh:

sbenernya mazda ini ga sala kalo dibilang suksesor honda jaman dl, jaman mbah soichiro idup kaga punya duit tp maunya reinvent the wheels terus :big_biglaugh: mana mikir mau ke mass market, dia mikirnya bikin "the next rotary engine" melulu.

ya honda skrg udah gak sekere dulu walaupun exit-in-exit-in F1 itu apalagi kl bukan urusan duit. minimal jualan genset dan motor kecilnya laku di SEA. brio dan kawan kawan juga moncer di india.
Hahaha yg kalo harga bensin (non subsidi) melonjak naek, langsung auto bikin thread nanya campur2 bbm ya :mky_07:

Btw, mazdut kurang serunya kg ada maenan buat tuning aj sih. Rata2 engine NA semua (yg dimasukin eurocars)… kalo ada varian turbo jg yg meh macem cx-9; cx-60. Suv gambot2 kerb weight berat bgitu cocoknya buat family trip ajalah

Yg asik buat di maenin sebenernya Mzd 2; Mazda 3; cx-3; cx30; mx-5 roadster. Enteng2 smua tuh bobotnya jinba ittai masih berasa. Tapi paling jg ya modifnya kosmetik aja velg ban lowering kit gitu2. Sektor engine full stock non oprekable :mky_03:
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3772
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: Review Mazda CX-30 Grand Touring 2024 (dan mini-review CX-3 1.5 Sport 2021)

Post by kendibocor »

Ukauka69 wrote: Sat Aug 10, 2024 12:07 Thanks om review nya, kebetulan lagi mikir antara cx-5 dan Cx-30.
Tadi barusan TD cx-5 kok rasanya beda banget sama cx-3 apa karena tinggi dan gede ya. lebih sat set cx-3 dan lebih menyatu.
cx-30 susahnya ga bisa TD.

kalo liat review org malay ys khong oke juga cx-30 ini dari sisi handling. pas dia driving cx-5 kayak netral ( ga se excited naik cx-30 atau mazda 3).
Mending CX5 om. CX30 serba nanggung, gw dari awal beli sering bilang ni mobil kenceng kagak, boros iya. Uda ampir 2 taon pake pendapat gw tetep sama. Mending CX5 lebih rewarding tenaganya.

Nambahin dikit, kemaren tmn bini gw beli CX30 ngedelivery ke rumah gw karena dia ga ngerti serah terima mbl. Sekilas bedanya yg improvement 2024:
- speaker bose
- MZD connect lebih gede displaynya dan UInya beda dikit (dimensi bentuknya si sama aja)
- map n navigationnya nyala, tp ini masi subscribe per tahun kaya dlu ga ya?
- powerback door
- wireless charging
- layout tombol2 ac beda tp kayanya bentuk sama cuman posisi direconfigure
- di console tengah ada tempat botol sekarang ga ada penutupnya lg, kaya dlu crv gen 4 preFL dan FL, agak jd bikin ga rapi.
Tombol2 di stir jd full black ga chrome kaya di punya gw. Bahan kayanya sama2 plastik.
- Ban tetep dapet dunlop sportmaxx, ga dot toyo proxes lg kaya di nik 2021
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16459
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Review Mazda CX-30 Grand Touring 2024 (dan mini-review CX-3 1.5 Sport 2021)

Post by ChZ »

KielConstantine wrote: Sun Aug 11, 2024 2:47 Hahaha yg kalo harga bensin (non subsidi) melonjak naek, langsung auto bikin thread nanya campur2 bbm ya :mky_07:

Btw, mazdut kurang serunya kg ada maenan buat tuning aj sih. Rata2 engine NA semua (yg dimasukin eurocars)… kalo ada varian turbo jg yg meh macem cx-9; cx-60. Suv gambot2 kerb weight berat bgitu cocoknya buat family trip ajalah

Yg asik buat di maenin sebenernya Mzd 2; Mazda 3; cx-3; cx30; mx-5 roadster. Enteng2 smua tuh bobotnya jinba ittai masih berasa. Tapi paling jg ya modifnya kosmetik aja velg ban lowering kit gitu2. Sektor engine full stock non oprekable :mky_03:
Yg bensin naek seribu perak aja bingung mau turun grade, padahal ya bukan supir taksi dan mahalan bayar cicilan :mky_07:

Mazdut itu biar dikata bikin mobil fun to drive tapi sejak RX serie mati jadi nggak tertarik buat garap aftermarket parts. Kan beda bgt sama Honda yang aftermarketnya bejibun.

Fanbasenya paling ya MX5.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
EdgarDrake
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 39
Joined: Sat Jun 22, 2024 6:45
Daily Vehicle: CX-30 Soul Red Crystal

Re: Review Mazda CX-30 Grand Touring 2024 (dan mini-review CX-3 1.5 Sport 2021)

Post by EdgarDrake »

kendibocor wrote: Sun Aug 11, 2024 4:59
Nambahin dikit, kemaren tmn bini gw beli CX30 ngedelivery ke rumah gw karena dia ga ngerti serah terima mbl. Sekilas bedanya yg improvement 2024:
- speaker bose
- MZD connect lebih gede displaynya dan UInya beda dikit (dimensi bentuknya si sama aja)
- map n navigationnya nyala, tp ini masi subscribe per tahun kaya dlu ga ya?
- powerback door
- wireless charging
- layout tombol2 ac beda tp kayanya bentuk sama cuman posisi direconfigure
- di console tengah ada tempat botol sekarang ga ada penutupnya lg, kaya dlu crv gen 4 preFL dan FL, agak jd bikin ga rapi.
- Tombol2 di stir jd full black ga chrome kaya di punya gw. Bahan kayanya sama2 plastik.
- Ban tetep dapet dunlop sportmaxx, ga dot toyo proxes lg kaya di nik 2021
  • Mazda Connect Maps ini operable, tapi kemaren nanya ke Mazda sih gratis update ya, bisa minta tiap servis. Gtw ini berlaku selama lifetime si mobil ato cuma selama 3 tahun free service coverage. Cuma krn maps nya routing-nya aduhai, dan search nya jg lumayan repot (ga support voice command), ujung2nya ttp Google Maps. Walau, ini peta lumayan bisa utk nyari landmark2 terkenal, rumah sakit, apotek, etc. Restoran, yah, hoki2an sih...
  • Tombol AC betul di relayout. Yg pre-improvement smw tombol yg menghadap atasnya ada 6, yg improvement 2024 tombolnya jd 8. Kehilangan bbrp fitur yg jarang dipake di Indonesia misalnya heated steering wheel dan heated seat. Tombol AC off jadi jauh sekali sih.
  • Charging slot skrg USB-C smw
  • Ban gw dapetnya Toyo Proxes R56 somehow dari pabrikan somehow. Toyo Proxes R56, 215/55 R18.
Update 2 bulan (likes & quirks):
  • Pintu kanan belakang ada rattle yg udah 2x ke bengkel ga beneran solve.
    Kl di bengkel siang2 rattle-nya hilang (ditempelin lg ke pintu biar tambah kuat), tp tiap subuh/pagi, kedengeran suaranya. Kayaknya sih gara2 penyusutan karet gasket yg deket jendela penumpang. Bisa dihilangkan dg menurunkan sedikit jendela kanan belakang asal ga mentok (ga kebuka cukup, yg penting ga mentok). Rattle bisa stop kl kyk gitu. Dicobain di-spray STP Silicon, berkurang, tp ga 100% resolve... most likely perlu bongkar trim pintu... Pokoknya lebih kedengeran kl mobilnya dingin/blm nyetir agak jauh.
  • Baru menemukan teknik biar bisa i-stop di CX-30 sambil melepaskan kaki dr pedal rem.
    Kl di CX-3, tahan pedal rem ampe mentok akan engage auto-hold + i-stop (mesin mati). Lepas kaki dikit masih aman. Kl di CX-30 (udah nyobain di 2 unit), pedal rem ga boleh ampe mentok setelah i-stop engage, krn kl dilepas dikit, malah mesin nyala. Teknik terbaik utk engage i-stop + bisa istirahatin kaki adalah rem ampe auto-hold + i-stop engage tanpa dipentokin, trus lepas kaki dr rem.... Jd hrs disesuaikan behavior nyetir di CX-3 vs CX-30.
  • Fuel consumption?
    Blm direset ke trip dlm kota saja, jd value-nya combined route Jakarta-Bandung (jarang2), skrg sih di 9.4km/L, sudah turun dr 9.6km/L. So far seminggu sekali rutin ngisi bensin full-sensor (bukan full tank) sekitar 200-215k di Pertamax Turbo pas harga masih Rp14.400. Skrg harga Pertabo jd 11-12 dg Shell, kyknya akan balik lg ke Shell jg akhir2nya. Dinikmati sajalah fuel consumption-nya, wong mobilnya enak puas dipakenya.
  • STNK
    Katanya kesediaan STNK akhir bulan Agustus ini... wkwkwk. Kita lihat saja nanti ya.
  • Beli rubber mat Mazda 3 sedan, soalnya karpet karet CX-30 ga ada di Indonesia.
    Udah nanya ke 2 dealer, mrk gbs melakukan pengadaan utk barang yg ga ada di katalog nasional. Harganya? Lebih murah drpd yg di katalog website Mazda (lebih murah 300k). Apakah ada impact ke kekedapan suara? Kyknya ada, kt istri sih suara klaksonnya berubah. Menjadi sebuah pertanyaan apakah worth ya karpet kyk 3D Maxpider, soalnya harganya lumayan mahal.
  • Kapasitas bagasi
    Rahasia umum sih bagasinya ga besar. Dimensi usable bagasi dengan top-cover adalah: 100cm (panjang) x 63cm (lebar) x 45cm (tinggi) = 283L. Beda jauh dr advertised value yg katanya 430L... Jadi kl mw bawa koper besar, kemungkinan besar utk bisa naro carry-on cabin ga akan muat di bagasi. Ini menjadi sebuah pertimbangan kalo mw jemput org di airport. Utk bawa kandang kucing besar (90 x 50 x 40) aman sih.
    Trunk.jpg
  • Proximity Auto-lock Door
    Jadi, kalo kunci udah kejauhan (say: 5 meter dr mobil), tapi pintu terakhir blm ditutup (krn masih ada penumpamg br keluar/br nutup bagasi). Auto-lock door based on proximity nya ga jalan, alias ga akan dikunciin pintunya. Mobilnya ga ngasih bunyi beep sbg konfirmasi bahwa "Yak, semua pintu sudah ditutup, kl keyfob menjauh, mobil akan ngunci otomatis". Nope, nothing at all. Jd, either kunci manual dr keyfob, ato silakan gunakan handle pintu utk ngunci.
Beda dg mobil2 yg pernah dipegang sblmnya, bawa CX-30 tuh bawaan pengen keluar rumah mulu, pengen nyetir... Pdhl gw orgnya yg tipikal hanya mw keluar rumah kl ada kebutuhan. So far nyetir CX-30 bikin ketagihan.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Last edited by EdgarDrake on Sun Aug 11, 2024 15:53, edited 2 times in total.
EdgarDrake
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 39
Joined: Sat Jun 22, 2024 6:45
Daily Vehicle: CX-30 Soul Red Crystal

Re: Review Mazda CX-30 Grand Touring 2024 (dan mini-review CX-3 1.5 Sport 2021)

Post by EdgarDrake »

Ukauka69 wrote: Sat Aug 10, 2024 12:07 Thanks om review nya, kebetulan lagi mikir antara cx-5 dan Cx-30.
Tadi barusan TD cx-5 kok rasanya beda banget sama cx-3 apa karena tinggi dan gede ya. lebih sat set cx-3 dan lebih menyatu.
cx-30 susahnya ga bisa TD.

kalo liat review org malay ys khong oke juga cx-30 ini dari sisi handling. pas dia driving cx-5 kayak netral ( ga se excited naik cx-30 atau mazda 3).
Most likely krn bodynya CX-5 bongsor kyknya. Tp secara akomodasi, CX-5 lebih masuk ke orang Indonesia yg butuh space. Utk CX-30 yg notabene "nanggung" (secara harga dan besarnya), di harga segini, ini mobil yg paling kerasa luxurious, bersama dg sodara2nya si Mazda 3.

Kl lg mikir antara CX-5 ato CX-30, sebaiknya balik lg ke prioritas. CX-5 adalah pilihan aman, apalagi include ventilated seats + camera 360. CX-30 adalah pilihan yg sporty dan unik. Sering kejadian orang yg lagi jalan di parkiran liatin CX-30 tuh mobil apaa... Org ada yg suka dg plastic cladding-nya (gw termasuk yg suka, krn membuat mobil keliatan ramping kyk sedan ditinggin), tapi banyak jg yg ga suka krn terlalu tebel.
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3772
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: Review Mazda CX-30 Grand Touring 2024 (dan mini-review CX-3 1.5 Sport 2021)

Post by kendibocor »

EdgarDrake wrote: Sun Aug 11, 2024 15:22
  • Mazda Connect Maps ini operable, tapi kemaren nanya ke Mazda sih gratis update ya, bisa minta tiap servis. Gtw ini berlaku selama lifetime si mobil ato cuma selama 3 tahun free service coverage. Cuma krn maps nya routing-nya aduhai, dan search nya jg lumayan repot (ga support voice command), ujung2nya ttp Google Maps. Walau, ini peta lumayan bisa utk nyari landmark2 terkenal, rumah sakit, apotek, etc. Restoran, yah, hoki2an sih...
  • Tombol AC betul di relayout. Yg pre-improvement smw tombol yg menghadap atasnya ada 6, yg improvement 2024 tombolnya jd 8. Kehilangan bbrp fitur yg jarang dipake di Indonesia misalnya heated steering wheel dan heated seat. Tombol AC off jadi jauh sekali sih.
  • Charging slot skrg USB-C smw
  • Ban gw dapetnya Toyo Proxes R56 somehow dari pabrikan somehow. Toyo Proxes R56, 215/55 R18.
Update 2 bulan (likes & quirks):
  • Pintu kanan belakang ada rattle yg udah 2x ke bengkel ga beneran solve.
    Kl di bengkel siang2 rattle-nya hilang (ditempelin lg ke pintu biar tambah kuat), tp tiap subuh/pagi, kedengeran suaranya. Kayaknya sih gara2 penyusutan karet gasket yg deket jendela penumpang. Bisa dihilangkan dg menurunkan sedikit jendela kanan belakang asal ga mentok (ga kebuka cukup, yg penting ga mentok). Rattle bisa stop kl kyk gitu. Dicobain di-spray STP Silicon, berkurang, tp ga 100% resolve... most likely perlu bongkar trim pintu... Pokoknya lebih kedengeran kl mobilnya dingin/blm nyetir agak jauh.
  • Baru menemukan teknik biar bisa i-stop di CX-30 sambil melepaskan kaki dr pedal rem.
    Kl di CX-3, tahan pedal rem ampe mentok akan engage auto-hold + i-stop (mesin mati). Lepas kaki dikit masih aman. Kl di CX-30 (udah nyobain di 2 unit), pedal rem ga boleh ampe mentok setelah i-stop engage, krn kl dilepas dikit, malah mesin nyala. Teknik terbaik utk engage i-stop + bisa istirahatin kaki adalah rem ampe auto-hold + i-stop engage tanpa dipentokin, trus lepas kaki dr rem.... Jd hrs disesuaikan behavior nyetir di CX-3 vs CX-30.
  • Fuel consumption?
    Blm direset ke trip dlm kota saja, jd value-nya combined route Jakarta-Bandung (jarang2), skrg sih di 9.4km/L, sudah turun dr 9.6km/L. So far seminggu sekali rutin ngisi bensin full-sensor (bukan full tank) sekitar 200-215k di Pertamax Turbo pas harga masih Rp14.400. Skrg harga Pertabo jd 11-12 dg Shell, kyknya akan balik lg ke Shell jg akhir2nya. Dinikmati sajalah fuel consumption-nya, wong mobilnya enak puas dipakenya.
  • STNK
    Katanya kesediaan STNK akhir bulan Agustus ini... wkwkwk. Kita lihat saja nanti ya.
  • Beli rubber mat Mazda 3 sedan, soalnya karpet karet CX-30 ga ada di Indonesia.
    Udah nanya ke 2 dealer, mrk gbs melakukan pengadaan utk barang yg ga ada di katalog nasional. Harganya? Lebih murah drpd yg di katalog website Mazda (lebih murah 300k). Apakah ada impact ke kekedapan suara? Kyknya ada, kt istri sih suara klaksonnya berubah. Menjadi sebuah pertanyaan apakah worth ya karpet kyk 3D Maxpider, soalnya harganya lumayan mahal.
  • Kapasitas bagasi
    Rahasia umum sih bagasinya ga besar. Dimensi usable bagasi dengan top-cover adalah: 100cm (panjang) x 63cm (lebar) x 45cm (tinggi) = 283L. Beda jauh dr advertised value yg katanya 430L... Jadi kl mw bawa koper besar, kemungkinan besar utk bisa naro carry-on cabin ga akan muat di bagasi. Ini menjadi sebuah pertimbangan kalo mw jemput org di airport. Utk bawa kandang kucing besar (90 x 50 x 40) aman sih.
    Trunk.jpg
  • Proximity Auto-lock Door
    Jadi, kalo kunci udah kejauhan (say: 5 meter dr mobil), tapi pintu terakhir blm ditutup (krn masih ada penumpamg br keluar/br nutup bagasi). Auto-lock door based on proximity nya ga jalan, alias ga akan dikunciin pintunya. Mobilnya ga ngasih bunyi beep sbg konfirmasi bahwa "Yak, semua pintu sudah ditutup, kl keyfob menjauh, mobil akan ngunci otomatis". Nope, nothing at all. Jd, either kunci manual dr keyfob, ato silakan gunakan handle pintu utk ngunci.
Beda dg mobil2 yg pernah dipegang sblmnya, bawa CX-30 tuh bawaan pengen keluar rumah mulu, pengen nyetir... Pdhl gw orgnya yg tipikal hanya mw keluar rumah kl ada kebutuhan. So far nyetir CX-30 bikin ketagihan.
- Wah dpt toyo proxes om? Kemaren tmn bini gw dpt tetep dunlop :big_slap:
- karet2 pintu coba pake dressing ban om, tp yg water-based ya. Dlu di F30 jg gitu kriyet2 bunyi (faktor U mungkin) saya rutin pakein dressing ban dari co*ting factory lumayan ngilang. Di reapply tiap 2-3 minggu sekali. Saya dlu pake STP tp berasa lebih mempan pake dressing ban kayanya.
- om pernah bandingin FC sh*ll super, vpower, pert*max sama turbo? Gw berasanya pake pertabo paling jos n paling ngirit. Beda turbo sama vpower si kerang bisa 1-2kmpl dlu di F30. Ni gw baru 2 minggu daily pake CX30 isi pert*max berasa miskin lebih boros dr F30 pake pertabo. Besok mo coba ngisi petabo tp rada2 sangsi bisa jauh beda FCnya :big_slap: :big_slap:
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3772
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: Review Mazda CX-30 Grand Touring 2024 (dan mini-review CX-3 1.5 Sport 2021)

Post by kendibocor »

EdgarDrake wrote: Sun Aug 11, 2024 15:39
Om edgar, mo nanya 1 lg. Yg improvement 2024 apa udah ada tpms? Gw nyari2 di web luar bs di retrofit tpms yg integrated ke mzd connect susah cari informasinya soalnya kebanyakan yg varian diluar uda ada tpms semua. Negara2 yg dikucilkan doang macem wakanda yg disunat. Baru dpt info suruh pake tpms dalemn yg freq 315mhz. Katanya bakalan baca sendiri, tp ini asumsi gw yg versi mzd connectnya yg uda bs baca tpms. Mo beli di tokoijo tpms yg 315mhz tp kampret semua harganya, udah gitu ga jelas lg tokonya. beli di aliexpress cuman 1/10 harga di tokoijo tp males ngurus forwardingnya kesini. Kalo yg 2024 uda ada tpms besok service gw mo coba minta di update versi mzd connectnya trus gw baru beli deh itu tpms. Tp agak2 pesimis mazda di wakanda jg ngerti :big_dunno: