cara mendeteksi KM yg uda dimundurin gimana yah?

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t

johnlegend
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1142
Joined: Wed May 02, 2007 16:45

cara mendeteksi KM yg uda dimundurin gimana yah?

Post by johnlegend »

cara ngecek nya gimana?

ada yg bisa bantu? thx :)
Last edited by johnlegend on Thu Nov 15, 2007 17:35, edited 1 time in total.
Leonhearts
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 702
Joined: Thu Jun 07, 2007 1:45
Location: MEDAN - JAKARTA - MEDAN

Post by Leonhearts »

Mundurin KM non digital biasanay bawa kebengkel. Dashboard dibuka dan diganti. Mau cek di BENGKEL resmi saja.

Kalo gw cek KM itu dah di mundurin biasanya diliat dari
1. BAN kalo sudah aus dan pernah diganti biasanya KM sudah diganti.
2. Cek jok, platfon dan plastik2 dashboard. Kalo sudah parah biasanya KM dan tinggi.
3. Kalo yang manual cek kopling bisa ketauan, Kalo kopling berat biasanya KM sudah tinggi
4. Dari suara mesin dan AC juga ketauan ini mobil kmnya dah tinggi

FYI Yang diatas adalah standar procedure untuk cek Km tapi belum tentu benar, kalo mau tau pasti bawa ke bengkel remsi unutk ngecek saja..
Saatnya konsumer lebih kritis.....beli sesuai dengan hati nurani...biarpun bermerek tapi mahal tidak sesuai harga.....dan jangan pernah dibohongin dengan alasan2 yang aneh lagi.....go konsumer Indonesia
User avatar
tonie
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 702
Joined: Sat May 05, 2007 3:07

Re: MUNDURIN KM

Post by tonie »

johnlegend wrote:cara mundurin gimana yah?

cara ngecek nya jg gimana?

ada yg bisa bantu? thx :)
jalanin mobilnya mundur sesuai dgn kilometer yg mo d mundurin...... :lol:
mklasse
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 165
Joined: Fri Oct 19, 2007 12:18

Post by mklasse »

Leonhearts wrote:...
1. BAN kalo sudah aus dan pernah diganti biasanya KM sudah diganti.
...
Yg ini rada susah jadi patokan sih menurut gw.. banyak faktor yg dapat membuat seseorang ganti ban tanpa ada hubungan dengan kilometer mobil itu sendiri.
Kalo ban kan ausnya berbeda-beda dari pemakaian mobilnya jg, misalnya kalo sering dibawa ngebut di tol sama hanya dipakai di jalanan macet sehari2.
Contoh lain, bisa aja mobil jarang dipakai, tp penyimpanan mobil salah jadi bannya rusak (flat spots) trus diganti baru, padahal kilometer masih rendah lantaran jarang dipakai itu..

Ngomongin soal ban, sering diliat kalo iklan2 mobil bekas "ban serep belum turun", seolah-olah hal tsb dapat meninggikan value mobil tsb. Kadang lucu sih, bukannya manufacture mobil suggest kalo ban termasuk ban serep itu dirotasi? (kecuali yg ban serepnya pake space-saver spare tire). Trus kalo ada mobil baru jalan 3,000km trus bannya kena paku, bisa2 value mobilnya turun dong gara2 "ban serep pernah turun"?
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Post by Risol1 »

sebenernya sih di indonesia, kita gak bisa bener2 tau pasti apakah mbl tsb kmnya udah dimundurin apa belom karena memang engga ada recordnya, dan mungkin juga ini sebabnya mengapa harga jual mobil di indo tidak terlalu bergantung pada km mobil tsb, lain halnya dengan di LN yang mileage sangat menentukan harga jual mobkas.

mungkin untuk yang odonya masih analog seperti kata Bro Leon bisa dicek ke beres apakah segelnya udah pecah atau engga? tapi kan report sekali .....apalagi penjual mobil bekas mungkin gak akan kasi mobilnya diobrak abrik sama beres dan belom tentu juga kita jadi beli :D .
mungkin sebaiknya kalo beli mobkas, dicek dengan cara2 tradisional saja....seperti test drive, cek kaki2, cek bodi, kalo kondisi sesuai expektasi....well....make peace saja dengan keputusan yang kita ambil......kalo ternyata sudah dirollback atau kondisi jelek, ya bisa kita jual lagi atau direkondisi.....namanya juga beli mobil bekas. :D
johnlegend
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1142
Joined: Wed May 02, 2007 16:45

Post by johnlegend »

mmh.. setengah beli kucing dalam karung gitu yah bro..

btw thx for the help :)
User avatar
satyr
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3721
Joined: Tue Feb 06, 2007 8:17
Location: Bdg

Post by satyr »

duh jangan maen2 ginian deh

ga beda ama penipu n koruptor!

km banyak jg kalo terawat bisa sehat kok

km dikit jg kalo parah pake mobilnya tetep aja bonyok
Corolla AE111, AE112, ZZE122, ZRE211
4A-FE, 7A-FE, 1ZZ-FE, 2ZR-FE
Danny
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 299
Joined: Thu Sep 15, 2005 16:51

Post by Danny »

satyr wrote:duh jangan maen2 ginian deh

ga beda ama penipu n koruptor!

km banyak jg kalo terawat bisa sehat kok

km dikit jg kalo parah pake mobilnya tetep aja bonyok
SETUJU...!!!
johnlegend
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1142
Joined: Wed May 02, 2007 16:45

Post by johnlegend »

maksud nya bro?

gw tanya gimana cara nya mo tau kl mobil nya dimundurin.. kan banyak dealer2 yg nakal gt.. gw takut jadi korban aja..
User avatar
PenyuTurbo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1247
Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
Location: Subang

Post by PenyuTurbo »

Kalau mau ngundurin biasanya ada kesulitan kecuali dengan merusak (kalau mekanis) ... kalau digital bisa aja ... cuman mesti di check and recheck di memory ECU ... bisa ketahuan. Pernah ngundurin odometer ... cuman sampai dua digit aja.

Untuk yang mekanis ... karena udah banyak boil HALFCUT ... bisa aja cuman diganti meter clusternya yang punya mileage-nya dikit. Gw pernah ganti meter cluster ... yang aslinya udah 400 000 km ... beli meter cluster second hand yang km nya baru nyampe 167 000 km ... ada sih yang lebih baru lagi ... cuman waktu ngejual mesti jujur ama pembeli ... bahwa sebenarnya boil udah tinggi mileage nya.
Image
cahnaga
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 45
Joined: Sun Nov 04, 2007 12:26

Post by cahnaga »

dosa loh
johnlegend
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1142
Joined: Wed May 02, 2007 16:45

Post by johnlegend »

so cara buat ngetes itu :
1. dibawa k Bengkel Resmi yah? trus dibengkel resmi diliat apa nya? katanya di mesin ada Km jg ya?
2. check memory ecu? tp kl ngecek gt sebelum beli kan bro.. emang dikasi ama dealer nya?
3. check kondisi mobil.. plafon, jok interior? perbandingan nya gimana nih?
4. suara kopling yg berat.. mesin n AC..

trus apa lagi yah?
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Post by Risol1 »

point no 3 dan 4 jg gak bisa jadi patokan yg akurat bro........
point no 1 juga saya koq ragu bisa dilakukan di beres....kalo yang analog mungkin bisa keliatan (kan segel rusak tuh atau kelaiatan bekas dipaksa dimundurin tapi banyakan mobil2 jaman sekarang udah pake digital semua odonya).
point no2: emangnya di ECU tersimpan history KM mobil tsb? gak tau juga deh.

kalo saya beli mobkas sih mending cek aja mobil masih bagus apa engga.....enak ngga dibawa jalan.....lalu juga ada bunyi2 ngga? Kalo dirawat, KM engga gitu pengaruh koq thd performa mesin......asal jangan keterlaluan beda jauhnya dgn mobil2 lain di pasaran: misalnya bedanya diatas 100rb km dgn mobil2 dgn tahun pembuatan yang sama :D

kalo sy pribadi mending beli mobil yg KMnya lebih tinggi tapi dibawa tol terus daripada KM rendah di jalanan macet. :D
johnlegend
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1142
Joined: Wed May 02, 2007 16:45

Post by johnlegend »

mmh.. bener jg si.. tapi.. pengalaman gw nih.. biasa nya 3-4 bulan pertama keluar dari dealer itu mobil masi seger2 aja.. tp begitu lewat.. penyakit2 tersembunyi tuh keluar semua.. ini yg bikin gw parno abis..
User avatar
relisar
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 629
Joined: Fri Apr 06, 2007 1:37
Location: Jakarta Selatan

Post by relisar »

Waduhh harus ati2x nih kalo mo beli mobil dari bung john, bisa2x... heueueu... :o
johnlegend
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1142
Joined: Wed May 02, 2007 16:45

Post by johnlegend »

lhooo lhooo.. jstru gw mo tau supaya tidak diboonkin lagi bro.. hehehe.. bukan gw yg mo nipu.. engga lah.. beda duit berapa jg.. :P
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Post by Hansen »

tenang...jangan terlalu menganggap serius candaan org... :D
Image
BBG
Newbie
Newbie
Posts: 10
Joined: Thu May 03, 2007 3:49

Post by BBG »

Mundurin KM, setau gw pake bor listrik. Ga tau caranya sih, tapi metode ini tanpa merusak apa2 dan dijamin dasboard masih mulus. Tapi yang jelas DOOSAA :evil:
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Post by Hansen »

apanya yg di-bor pak? :?
Image
WP
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4612
Joined: Wed Sep 15, 2004 13:33
Location: jauh di mata, dekat di hati

Post by WP »

Wah, kilometer tinggi belum tentu mobilnya jelek sih...
kilometer rendah kalo cuma didiemin di rumah juga belum tentu kondisinya bagus, karena berarti mobil jarang hidup mesinnya, dan itu juga bukan berarti bagus.

Untuk Jakarta, rata2 mobil menempuh 20 ribu kilometer tiap tahunnya, sedikit di atas atau di bawah itu masih normal. Jika cuma 10 ribu setahun, memang belum berarti pernah dimundurin, tapi mungkin memang jarang dipakai.

Pokoknya intinya, kalo kita beli used car, yah pasrah aja tapi juga dicek dengan cara2 yg uda disebut di atas tadi. Sedangkan kalo kita mau mundurin mobil kita sendiri, menurut gw ga ada gunanya lah... meningkatkan value mobil? belum tentu....yang ada malah kita udah jadi seperti koruptor
Objects In The Rear View Mirror Are Closer Than They Appear
BBG
Newbie
Newbie
Posts: 10
Joined: Thu May 03, 2007 3:49

Post by BBG »

Hansen wrote:apanya yg di-bor pak? :?
Gw ga tau mesin. Tapi kalo ada kabel spidometer manual yang seperti punya motor kan bisa diputer balik pake bor listrik. Diikat tuh ujung kabel spido sama ujung mata bor --- serrr -- puter ke arah berlawanan. Cukup beberapa menit sudah setara dengan ratusan kilometer.

Tapi ini cuma perkiraan gw metode yang bisa mereka pakai.

Emangnya di sini ga ada pedege ya.. bukain kartu dong !! :lol:
johnlegend
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1142
Joined: Wed May 02, 2007 16:45

Post by johnlegend »

wah.. mending beli mobil baru yah.. ngga sakit hati kl tar tau dapet mobil yg km nya dimundurin.. -_-"

btw, cek dari km nya mesin katanya jg bisa yah?
User avatar
adisantosa
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 497
Joined: Tue Nov 30, 2004 19:38
Location: surabaya

Post by adisantosa »

nanya ya:

kalo odometernya digital emang bisa???

mesin hrs nyala dl baru diputer? kayaknya gak isa
johnlegend
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1142
Joined: Wed May 02, 2007 16:45

Post by johnlegend »

mmh.. baca di majalan2.. katanya yg digital pun gampang dimundurin..

waktu itu saya baca di rubrik nya membahas Serena bekas..
WP
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4612
Joined: Wed Sep 15, 2004 13:33
Location: jauh di mata, dekat di hati

Post by WP »

Memang ga susah juga kok dimundurin katanya.. cuma gw juga ga tau di mana yg terima praktek gitu hehe...
Objects In The Rear View Mirror Are Closer Than They Appear