Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Mundurin KM non digital biasanay bawa kebengkel. Dashboard dibuka dan diganti. Mau cek di BENGKEL resmi saja.
Kalo gw cek KM itu dah di mundurin biasanya diliat dari
1. BAN kalo sudah aus dan pernah diganti biasanya KM sudah diganti.
2. Cek jok, platfon dan plastik2 dashboard. Kalo sudah parah biasanya KM dan tinggi.
3. Kalo yang manual cek kopling bisa ketauan, Kalo kopling berat biasanya KM sudah tinggi
4. Dari suara mesin dan AC juga ketauan ini mobil kmnya dah tinggi
FYI Yang diatas adalah standar procedure untuk cek Km tapi belum tentu benar, kalo mau tau pasti bawa ke bengkel remsi unutk ngecek saja..
Saatnya konsumer lebih kritis.....beli sesuai dengan hati nurani...biarpun bermerek tapi mahal tidak sesuai harga.....dan jangan pernah dibohongin dengan alasan2 yang aneh lagi.....go konsumer Indonesia
Leonhearts wrote:...
1. BAN kalo sudah aus dan pernah diganti biasanya KM sudah diganti.
...
Yg ini rada susah jadi patokan sih menurut gw.. banyak faktor yg dapat membuat seseorang ganti ban tanpa ada hubungan dengan kilometer mobil itu sendiri.
Kalo ban kan ausnya berbeda-beda dari pemakaian mobilnya jg, misalnya kalo sering dibawa ngebut di tol sama hanya dipakai di jalanan macet sehari2.
Contoh lain, bisa aja mobil jarang dipakai, tp penyimpanan mobil salah jadi bannya rusak (flat spots) trus diganti baru, padahal kilometer masih rendah lantaran jarang dipakai itu..
Ngomongin soal ban, sering diliat kalo iklan2 mobil bekas "ban serep belum turun", seolah-olah hal tsb dapat meninggikan value mobil tsb. Kadang lucu sih, bukannya manufacture mobil suggest kalo ban termasuk ban serep itu dirotasi? (kecuali yg ban serepnya pake space-saver spare tire). Trus kalo ada mobil baru jalan 3,000km trus bannya kena paku, bisa2 value mobilnya turun dong gara2 "ban serep pernah turun"?
sebenernya sih di indonesia, kita gak bisa bener2 tau pasti apakah mbl tsb kmnya udah dimundurin apa belom karena memang engga ada recordnya, dan mungkin juga ini sebabnya mengapa harga jual mobil di indo tidak terlalu bergantung pada km mobil tsb, lain halnya dengan di LN yang mileage sangat menentukan harga jual mobkas.
mungkin untuk yang odonya masih analog seperti kata Bro Leon bisa dicek ke beres apakah segelnya udah pecah atau engga? tapi kan report sekali .....apalagi penjual mobil bekas mungkin gak akan kasi mobilnya diobrak abrik sama beres dan belom tentu juga kita jadi beli .
mungkin sebaiknya kalo beli mobkas, dicek dengan cara2 tradisional saja....seperti test drive, cek kaki2, cek bodi, kalo kondisi sesuai expektasi....well....make peace saja dengan keputusan yang kita ambil......kalo ternyata sudah dirollback atau kondisi jelek, ya bisa kita jual lagi atau direkondisi.....namanya juga beli mobil bekas.
Kalau mau ngundurin biasanya ada kesulitan kecuali dengan merusak (kalau mekanis) ... kalau digital bisa aja ... cuman mesti di check and recheck di memory ECU ... bisa ketahuan. Pernah ngundurin odometer ... cuman sampai dua digit aja.
Untuk yang mekanis ... karena udah banyak boil HALFCUT ... bisa aja cuman diganti meter clusternya yang punya mileage-nya dikit. Gw pernah ganti meter cluster ... yang aslinya udah 400 000 km ... beli meter cluster second hand yang km nya baru nyampe 167 000 km ... ada sih yang lebih baru lagi ... cuman waktu ngejual mesti jujur ama pembeli ... bahwa sebenarnya boil udah tinggi mileage nya.
so cara buat ngetes itu :
1. dibawa k Bengkel Resmi yah? trus dibengkel resmi diliat apa nya? katanya di mesin ada Km jg ya?
2. check memory ecu? tp kl ngecek gt sebelum beli kan bro.. emang dikasi ama dealer nya?
3. check kondisi mobil.. plafon, jok interior? perbandingan nya gimana nih?
4. suara kopling yg berat.. mesin n AC..
point no 3 dan 4 jg gak bisa jadi patokan yg akurat bro........
point no 1 juga saya koq ragu bisa dilakukan di beres....kalo yang analog mungkin bisa keliatan (kan segel rusak tuh atau kelaiatan bekas dipaksa dimundurin tapi banyakan mobil2 jaman sekarang udah pake digital semua odonya).
point no2: emangnya di ECU tersimpan history KM mobil tsb? gak tau juga deh.
kalo saya beli mobkas sih mending cek aja mobil masih bagus apa engga.....enak ngga dibawa jalan.....lalu juga ada bunyi2 ngga? Kalo dirawat, KM engga gitu pengaruh koq thd performa mesin......asal jangan keterlaluan beda jauhnya dgn mobil2 lain di pasaran: misalnya bedanya diatas 100rb km dgn mobil2 dgn tahun pembuatan yang sama
kalo sy pribadi mending beli mobil yg KMnya lebih tinggi tapi dibawa tol terus daripada KM rendah di jalanan macet.
mmh.. bener jg si.. tapi.. pengalaman gw nih.. biasa nya 3-4 bulan pertama keluar dari dealer itu mobil masi seger2 aja.. tp begitu lewat.. penyakit2 tersembunyi tuh keluar semua.. ini yg bikin gw parno abis..
Mundurin KM, setau gw pake bor listrik. Ga tau caranya sih, tapi metode ini tanpa merusak apa2 dan dijamin dasboard masih mulus. Tapi yang jelas DOOSAA
Wah, kilometer tinggi belum tentu mobilnya jelek sih...
kilometer rendah kalo cuma didiemin di rumah juga belum tentu kondisinya bagus, karena berarti mobil jarang hidup mesinnya, dan itu juga bukan berarti bagus.
Untuk Jakarta, rata2 mobil menempuh 20 ribu kilometer tiap tahunnya, sedikit di atas atau di bawah itu masih normal. Jika cuma 10 ribu setahun, memang belum berarti pernah dimundurin, tapi mungkin memang jarang dipakai.
Pokoknya intinya, kalo kita beli used car, yah pasrah aja tapi juga dicek dengan cara2 yg uda disebut di atas tadi. Sedangkan kalo kita mau mundurin mobil kita sendiri, menurut gw ga ada gunanya lah... meningkatkan value mobil? belum tentu....yang ada malah kita udah jadi seperti koruptor
Objects In The Rear View Mirror Are Closer Than They Appear
Gw ga tau mesin. Tapi kalo ada kabel spidometer manual yang seperti punya motor kan bisa diputer balik pake bor listrik. Diikat tuh ujung kabel spido sama ujung mata bor --- serrr -- puter ke arah berlawanan. Cukup beberapa menit sudah setara dengan ratusan kilometer.
Tapi ini cuma perkiraan gw metode yang bisa mereka pakai.
Emangnya di sini ga ada pedege ya.. bukain kartu dong !!