Seluk-Beluk Modifikasi All New Fortuner & All New Kijang Innova [PART 3]

Modifikasi umum akan suatu mobil / kendaraan tertentu. Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

tesna
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 754
Joined: Thu Mar 17, 2005 9:01
Location: Jakarta

Re: Seluk-Beluk Modifikasi All New Fortuner & All New Kijang Innova [PART 3]

Post by tesna »

update, iseng matiin ultraboost (map 0) klo rpm bawah asepnya masih heboh 🤯🤯🤯 aaaaaaa asli saya mah malu bawa mobil kayak gini, kayak metro mini jaman dulu. ga harus wot berasep heboh, di gas separo jg udah kayak kebakaran hutan 😭😭😭

harus balik lagi ni ke tuner…. ato cb tuner lain?
W212 M272 '10
AN140 2GD '18
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2773
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: Seluk-Beluk Modifikasi All New Fortuner & All New Kijang Innova [PART 3]

Post by farizfsa »

tesna wrote: Tue Jul 16, 2024 8:52 update, iseng matiin ultraboost (map 0) klo rpm bawah asepnya masih heboh 🤯🤯🤯 aaaaaaa asli saya mah malu bawa mobil kayak gini, kayak metro mini jaman dulu. ga harus wot berasep heboh, di gas separo jg udah kayak kebakaran hutan 😭😭😭

harus balik lagi ni ke tuner…. ato cb tuner lain?
balikin ke tuner aja dl om bilang blm puas masih terlalu cumi2
ane bangun bmw disel di tuner sebelah jd awalnya cumi2 apa lagi pas lg turbo lag, ngebul
balik beberapa kali baru mendingan (jauh)

sy jg mintanya smokeless, cm mungkin dr si tuner kl terlalu smokeless asupan debit solar kecekek jg apa gmn jd kurang lari. :big_biglaugh:
Jaguar XJ LWB X358 3.0 2008
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2694
Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
Location: Indonesia

Re: Seluk-Beluk Modifikasi All New Fortuner & All New Kijang Innova [PART 3]

Post by KielConstantine »

tesna wrote: Tue Jul 16, 2024 8:52 update, iseng matiin ultraboost (map 0) klo rpm bawah asepnya masih heboh 🤯🤯🤯 aaaaaaa asli saya mah malu bawa mobil kayak gini, kayak metro mini jaman dulu. ga harus wot berasep heboh, di gas separo jg udah kayak kebakaran hutan 😭😭😭

harus balik lagi ni ke tuner…. ato cb tuner lain?
:big_biglaugh: :big_biglaugh:

Makanya om.. ini aja ane udah misuh2 bawa ladder ngebul modifan. Keknya macem bocah labil banget. Ud gitu skarang jadi bahan gunjingan cuy di kalangan anak2 enthusiast wkwkwkw (no offense) tp tiap liat sosmed bgitu kenyataannya. Mau pensiun ganti zenix hybrid ajalah :mky_07:

Ntar mau racing2an ganti mobil yg proper macem sedan turbo / hot hatches turbo. Lebih bener gitu

Btw, itu ganti stroker pump wajar ngebul. Apalagi dicombo sama injektor racing. Skali gaspoll jadi gerhana bulan diblakang emang.. :drinking:
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
tesna
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 754
Joined: Thu Mar 17, 2005 9:01
Location: Jakarta

Re: Seluk-Beluk Modifikasi All New Fortuner & All New Kijang Innova [PART 3]

Post by tesna »

farizfsa wrote: Tue Jul 16, 2024 9:01

balikin ke tuner aja dl om bilang blm puas masih terlalu cumi2
ane bangun bmw disel di tuner sebelah jd awalnya cumi2 apa lagi pas lg turbo lag, ngebul
balik beberapa kali baru mendingan (jauh)

sy jg mintanya smokeless, cm mungkin dr si tuner kl terlalu smokeless asupan debit solar kecekek jg apa gmn jd kurang lari. :big_biglaugh:
iya akhirnya tuner blg bawa balik aja ke bengkel, retune ga kena biaya lagi. tapi ya sebel jg sih dr awal sy bilang ini buat daily ya kan udah pake piggy harus ada map yang smokeless... eeehh piggy di off aja udah heboh itu asep. saya jg dah tanya ini klo ganti stroker + nozzle bisa tetep daily minim asep ngga... ktnya bisa... makanya saya hajar aja dah itu

kayaknya sih itu sengaja rpm bawah dibuat banjir buat kompensasi lag, soalnya pas boost masuk asep nya ilang. cuman serius deh buat daily ini ga bgt soalnya sehari2 kan main di rpm bawah, ga perlu WOT udah asep membahana.

klo idle jg ga berasep, jd secara teori hrsnya bisa dibuat smokeless


KielConstantine wrote: Tue Jul 16, 2024 10:24
:big_biglaugh: :big_biglaugh:

Makanya om.. ini aja ane udah misuh2 bawa ladder ngebul modifan. Keknya macem bocah labil banget. Ud gitu skarang jadi bahan gunjingan cuy di kalangan anak2 enthusiast wkwkwkw (no offense) tp tiap liat sosmed bgitu kenyataannya. Mau pensiun ganti zenix hybrid ajalah :mky_07:

Ntar mau racing2an ganti mobil yg proper macem sedan turbo / hot hatches turbo. Lebih bener gitu

Btw, itu ganti stroker pump wajar ngebul. Apalagi dicombo sama injektor racing. Skali gaspoll jadi gerhana bulan diblakang emang.. :drinking:
mari dicoba balik dulu deh biar rpm bawahnya jg smokeless, rpm atas sih udah okeee
W212 M272 '10
AN140 2GD '18
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2773
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: Seluk-Beluk Modifikasi All New Fortuner & All New Kijang Innova [PART 3]

Post by farizfsa »

tesna wrote: Tue Jul 16, 2024 11:52
farizfsa wrote: Tue Jul 16, 2024 9:01

balikin ke tuner aja dl om bilang blm puas masih terlalu cumi2
ane bangun bmw disel di tuner sebelah jd awalnya cumi2 apa lagi pas lg turbo lag, ngebul
balik beberapa kali baru mendingan (jauh)

sy jg mintanya smokeless, cm mungkin dr si tuner kl terlalu smokeless asupan debit solar kecekek jg apa gmn jd kurang lari. :big_biglaugh:
iya akhirnya tuner blg bawa balik aja ke bengkel, retune ga kena biaya lagi. tapi ya sebel jg sih dr awal sy bilang ini buat daily ya kan udah pake piggy harus ada map yang smokeless... eeehh piggy di off aja udah heboh itu asep. saya jg dah tanya ini klo ganti stroker + nozzle bisa tetep daily minim asep ngga... ktnya bisa... makanya saya hajar aja dah itu

kayaknya sih itu sengaja rpm bawah dibuat banjir buat kompensasi lag, soalnya pas boost masuk asep nya ilang. cuman serius deh buat daily ini ga bgt soalnya sehari2 kan main di rpm bawah, ga perlu WOT udah asep membahana.

klo idle jg ga berasep, jd secara teori hrsnya bisa dibuat smokeless


KielConstantine wrote: Tue Jul 16, 2024 10:24
:big_biglaugh: :big_biglaugh:

Makanya om.. ini aja ane udah misuh2 bawa ladder ngebul modifan. Keknya macem bocah labil banget. Ud gitu skarang jadi bahan gunjingan cuy di kalangan anak2 enthusiast wkwkwkw (no offense) tp tiap liat sosmed bgitu kenyataannya. Mau pensiun ganti zenix hybrid ajalah :mky_07:

Ntar mau racing2an ganti mobil yg proper macem sedan turbo / hot hatches turbo. Lebih bener gitu

Btw, itu ganti stroker pump wajar ngebul. Apalagi dicombo sama injektor racing. Skali gaspoll jadi gerhana bulan diblakang emang.. :drinking:
mari dicoba balik dulu deh biar rpm bawahnya jg smokeless, rpm atas sih udah okeee
bener, awalnya sy jg gt, dibikin rich di rpm bawah sebelum 1800, padahal udh minta smokeless. tenaga awal jd agresip sih tp ngebul, buat macet2an merayap jg malah ga enak, kalo di gaspol dr awal malah suka keluar CE. abis di retune, di kalemin rpm bawah, cm diatas 1800 dinaikin lagi boost nya, akhirnya ketemu yg baru bener2 enak buat harian dan toll.

lagi kalo mau gaspoll jg pasti udah diatas rpm 1800 jd agak ga penting banjir solar di bawah
Jaguar XJ LWB X358 3.0 2008
tesna
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 754
Joined: Thu Mar 17, 2005 9:01
Location: Jakarta

Re: Seluk-Beluk Modifikasi All New Fortuner & All New Kijang Innova [PART 3]

Post by tesna »

udah ketemu tuner, ngomong langsung, jelasin masalah w, klo di rpm bawah asep tebel bgt… (pas boost belum masuk) tolong dibuat bener2 map smokeless di 1 map.. ga papa lemot dikit bawahnya, malu saya di jalan kayak metro mini… mobil naik dyno lagi, nyaris 2 jam di atas dyno..

kluar bengkel gas di rpm bawah, masih membuat gerhana -_- cek2 apa ultraboost di mode yg salah, bener koq harusnya yg smokeless….

tapi respons gas di rpm bawah sih udah JAUH berkurang ya, lebih manusiawi sekarang. tapi kenapa asep masih banyak ya.. alhasil gue kayaknya harus sabar ngurut gas :big_bored: tenaga di rpm atas tetep dasyat walau tanpa asap.. mau balik lagi ke bengkel takut request w mengada2 :mky_01:

konsul ke tuner lain, ktnya dia nyanggupin smokeless tune walau itu udah ganti turbo, stroker, nozzle… apa iya? should do it? tune nya muahal banget tapi kayaknya klo emang bisa kasih map true smokeless kayaknya gue tetep rela bayar deh…. malu tauuuu di jalan kayak metromini jadul…
W212 M272 '10
AN140 2GD '18
gwsecretc
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 288
Joined: Thu Feb 09, 2017 6:54

Re: Seluk-Beluk Modifikasi All New Fortuner & All New Kijang Innova [PART 3]

Post by gwsecretc »

tesna wrote: Sun Jul 21, 2024 9:06 udah ketemu tuner, ngomong langsung, jelasin masalah w, klo di rpm bawah asep tebel bgt… (pas boost belum masuk) tolong dibuat bener2 map smokeless di 1 map.. ga papa lemot dikit bawahnya, malu saya di jalan kayak metro mini… mobil naik dyno lagi, nyaris 2 jam di atas dyno..

kluar bengkel gas di rpm bawah, masih membuat gerhana -_- cek2 apa ultraboost di mode yg salah, bener koq harusnya yg smokeless….

tapi respons gas di rpm bawah sih udah JAUH berkurang ya, lebih manusiawi sekarang. tapi kenapa asep masih banyak ya.. alhasil gue kayaknya harus sabar ngurut gas :big_bored: tenaga di rpm atas tetep dasyat walau tanpa asap.. mau balik lagi ke bengkel takut request w mengada2 :mky_01:

konsul ke tuner lain, ktnya dia nyanggupin smokeless tune walau itu udah ganti turbo, stroker, nozzle… apa iya? should do it? tune nya muahal banget tapi kayaknya klo emang bisa kasih map true smokeless kayaknya gue tetep rela bayar deh…. malu tauuuu di jalan kayak metromini jadul…
Mbah, coba maf sensor dibersihkan, biasanya agak membantu loh. Sm filter udara jg kalo kotor dibersihkan/ganti baru. Kalo masi gagal, terpaksa pindah tuner wwkwk.
tesna
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 754
Joined: Thu Mar 17, 2005 9:01
Location: Jakarta

Re: Seluk-Beluk Modifikasi All New Fortuner & All New Kijang Innova [PART 3]

Post by tesna »

gwsecretc wrote: Sun Jul 21, 2024 11:18
Mbah, coba maf sensor dibersihkan, biasanya agak membantu loh. Sm filter udara jg kalo kotor dibersihkan/ganti baru. Kalo masi gagal, terpaksa pindah tuner wwkwk.
ntar dicoba ya maf dibersihkan ya om, tapi klo filter udara brand new k&n replacement pas ganti turbo dkk kemarin.
W212 M272 '10
AN140 2GD '18
tesna
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 754
Joined: Thu Mar 17, 2005 9:01
Location: Jakarta

Re: Seluk-Beluk Modifikasi All New Fortuner & All New Kijang Innova [PART 3]

Post by tesna »

gatel dan penasaran akhirnya ya udah lah retune d bengkel lain, dan akhirnya bisa bener2 true smokeless d rpm manapun

dyno sih naik ya malah powernya, tp ini jd whp. ini map 1 vs map 2 ya bukan bengkel sblmnya vs skrg, ga etis ah banding2in grafik tuningan bengkel A dan B

transmisi yg lemot klo gaspol ganti giginya jg jd ilang (tcu di remap jg) , tp diganti sama rada selip 😅😅😅

katanya si boost lebih rendah dr tuningan sblm nya (biar turbo awet)? tp yg penting power tetep jossss dengan asep minim

throttle response d rpm bawah sih berkurang, tp tenaganya jd linear, gak agresif bgt sangat sensitif d toel kayak mau loncat
Screenshot_20240727-160454~2.png
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
W212 M272 '10
AN140 2GD '18