harus balik lagi ni ke tuner…. ato cb tuner lain?
Seluk-Beluk Modifikasi All New Fortuner & All New Kijang Innova [PART 3]
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 891
- Joined: Thu Mar 17, 2005 9:01
- Location: Jakarta
Re: Seluk-Beluk Modifikasi All New Fortuner & All New Kijang Innova [PART 3]
update, iseng matiin ultraboost (map 0) klo rpm bawah asepnya masih heboh 

aaaaaaa asli saya mah malu bawa mobil kayak gini, kayak metro mini jaman dulu. ga harus wot berasep heboh, di gas separo jg udah kayak kebakaran hutan 


harus balik lagi ni ke tuner…. ato cb tuner lain?
harus balik lagi ni ke tuner…. ato cb tuner lain?
W212 M272 '10
AN140 2GD '18
AN140 2GD '18
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2985
- Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
- Daily Vehicle: Volvo XC60 T5 246 Jaguar XE 25t X760
Re: Seluk-Beluk Modifikasi All New Fortuner & All New Kijang Innova [PART 3]
balikin ke tuner aja dl om bilang blm puas masih terlalu cumi2tesna wrote: ↑Tue Jul 16, 2024 8:52 update, iseng matiin ultraboost (map 0) klo rpm bawah asepnya masih hebohaaaaaaa asli saya mah malu bawa mobil kayak gini, kayak metro mini jaman dulu. ga harus wot berasep heboh, di gas separo jg udah kayak kebakaran hutan
harus balik lagi ni ke tuner…. ato cb tuner lain?
ane bangun bmw disel di tuner sebelah jd awalnya cumi2 apa lagi pas lg turbo lag, ngebul
balik beberapa kali baru mendingan (jauh)
sy jg mintanya smokeless, cm mungkin dr si tuner kl terlalu smokeless asupan debit solar kecekek jg apa gmn jd kurang lari.

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2980
- Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
- Location: Indonesia
Re: Seluk-Beluk Modifikasi All New Fortuner & All New Kijang Innova [PART 3]
tesna wrote: ↑Tue Jul 16, 2024 8:52 update, iseng matiin ultraboost (map 0) klo rpm bawah asepnya masih hebohaaaaaaa asli saya mah malu bawa mobil kayak gini, kayak metro mini jaman dulu. ga harus wot berasep heboh, di gas separo jg udah kayak kebakaran hutan
harus balik lagi ni ke tuner…. ato cb tuner lain?


Makanya om.. ini aja ane udah misuh2 bawa ladder ngebul modifan. Keknya macem bocah labil banget. Ud gitu skarang jadi bahan gunjingan cuy di kalangan anak2 enthusiast wkwkwkw (no offense) tp tiap liat sosmed bgitu kenyataannya. Mau pensiun ganti zenix hybrid ajalah

Ntar mau racing2an ganti mobil yg proper macem sedan turbo / hot hatches turbo. Lebih bener gitu
Btw, itu ganti stroker pump wajar ngebul. Apalagi dicombo sama injektor racing. Skali gaspoll jadi gerhana bulan diblakang emang..

S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure
Sheer Repairing Pleasure

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 891
- Joined: Thu Mar 17, 2005 9:01
- Location: Jakarta
Re: Seluk-Beluk Modifikasi All New Fortuner & All New Kijang Innova [PART 3]
iya akhirnya tuner blg bawa balik aja ke bengkel, retune ga kena biaya lagi. tapi ya sebel jg sih dr awal sy bilang ini buat daily ya kan udah pake piggy harus ada map yang smokeless... eeehh piggy di off aja udah heboh itu asep. saya jg dah tanya ini klo ganti stroker + nozzle bisa tetep daily minim asep ngga... ktnya bisa... makanya saya hajar aja dah itufarizfsa wrote: ↑Tue Jul 16, 2024 9:01
balikin ke tuner aja dl om bilang blm puas masih terlalu cumi2
ane bangun bmw disel di tuner sebelah jd awalnya cumi2 apa lagi pas lg turbo lag, ngebul
balik beberapa kali baru mendingan (jauh)
sy jg mintanya smokeless, cm mungkin dr si tuner kl terlalu smokeless asupan debit solar kecekek jg apa gmn jd kurang lari.![]()
kayaknya sih itu sengaja rpm bawah dibuat banjir buat kompensasi lag, soalnya pas boost masuk asep nya ilang. cuman serius deh buat daily ini ga bgt soalnya sehari2 kan main di rpm bawah, ga perlu WOT udah asep membahana.
klo idle jg ga berasep, jd secara teori hrsnya bisa dibuat smokeless
mari dicoba balik dulu deh biar rpm bawahnya jg smokeless, rpm atas sih udah okeeeKielConstantine wrote: ↑Tue Jul 16, 2024 10:24
![]()
![]()
Makanya om.. ini aja ane udah misuh2 bawa ladder ngebul modifan. Keknya macem bocah labil banget. Ud gitu skarang jadi bahan gunjingan cuy di kalangan anak2 enthusiast wkwkwkw (no offense) tp tiap liat sosmed bgitu kenyataannya. Mau pensiun ganti zenix hybrid ajalah
Ntar mau racing2an ganti mobil yg proper macem sedan turbo / hot hatches turbo. Lebih bener gitu
Btw, itu ganti stroker pump wajar ngebul. Apalagi dicombo sama injektor racing. Skali gaspoll jadi gerhana bulan diblakang emang..![]()
W212 M272 '10
AN140 2GD '18
AN140 2GD '18
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2985
- Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
- Daily Vehicle: Volvo XC60 T5 246 Jaguar XE 25t X760
Re: Seluk-Beluk Modifikasi All New Fortuner & All New Kijang Innova [PART 3]
bener, awalnya sy jg gt, dibikin rich di rpm bawah sebelum 1800, padahal udh minta smokeless. tenaga awal jd agresip sih tp ngebul, buat macet2an merayap jg malah ga enak, kalo di gaspol dr awal malah suka keluar CE. abis di retune, di kalemin rpm bawah, cm diatas 1800 dinaikin lagi boost nya, akhirnya ketemu yg baru bener2 enak buat harian dan toll.tesna wrote: ↑Tue Jul 16, 2024 11:52iya akhirnya tuner blg bawa balik aja ke bengkel, retune ga kena biaya lagi. tapi ya sebel jg sih dr awal sy bilang ini buat daily ya kan udah pake piggy harus ada map yang smokeless... eeehh piggy di off aja udah heboh itu asep. saya jg dah tanya ini klo ganti stroker + nozzle bisa tetep daily minim asep ngga... ktnya bisa... makanya saya hajar aja dah itufarizfsa wrote: ↑Tue Jul 16, 2024 9:01
balikin ke tuner aja dl om bilang blm puas masih terlalu cumi2
ane bangun bmw disel di tuner sebelah jd awalnya cumi2 apa lagi pas lg turbo lag, ngebul
balik beberapa kali baru mendingan (jauh)
sy jg mintanya smokeless, cm mungkin dr si tuner kl terlalu smokeless asupan debit solar kecekek jg apa gmn jd kurang lari.![]()
kayaknya sih itu sengaja rpm bawah dibuat banjir buat kompensasi lag, soalnya pas boost masuk asep nya ilang. cuman serius deh buat daily ini ga bgt soalnya sehari2 kan main di rpm bawah, ga perlu WOT udah asep membahana.
klo idle jg ga berasep, jd secara teori hrsnya bisa dibuat smokeless
mari dicoba balik dulu deh biar rpm bawahnya jg smokeless, rpm atas sih udah okeeeKielConstantine wrote: ↑Tue Jul 16, 2024 10:24
![]()
![]()
Makanya om.. ini aja ane udah misuh2 bawa ladder ngebul modifan. Keknya macem bocah labil banget. Ud gitu skarang jadi bahan gunjingan cuy di kalangan anak2 enthusiast wkwkwkw (no offense) tp tiap liat sosmed bgitu kenyataannya. Mau pensiun ganti zenix hybrid ajalah
Ntar mau racing2an ganti mobil yg proper macem sedan turbo / hot hatches turbo. Lebih bener gitu
Btw, itu ganti stroker pump wajar ngebul. Apalagi dicombo sama injektor racing. Skali gaspoll jadi gerhana bulan diblakang emang..![]()
lagi kalo mau gaspoll jg pasti udah diatas rpm 1800 jd agak ga penting banjir solar di bawah
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 891
- Joined: Thu Mar 17, 2005 9:01
- Location: Jakarta
Re: Seluk-Beluk Modifikasi All New Fortuner & All New Kijang Innova [PART 3]
udah ketemu tuner, ngomong langsung, jelasin masalah w, klo di rpm bawah asep tebel bgt… (pas boost belum masuk) tolong dibuat bener2 map smokeless di 1 map.. ga papa lemot dikit bawahnya, malu saya di jalan kayak metro mini… mobil naik dyno lagi, nyaris 2 jam di atas dyno..
kluar bengkel gas di rpm bawah, masih membuat gerhana -_- cek2 apa ultraboost di mode yg salah, bener koq harusnya yg smokeless….
tapi respons gas di rpm bawah sih udah JAUH berkurang ya, lebih manusiawi sekarang. tapi kenapa asep masih banyak ya.. alhasil gue kayaknya harus sabar ngurut gas
tenaga di rpm atas tetep dasyat walau tanpa asap.. mau balik lagi ke bengkel takut request w mengada2
konsul ke tuner lain, ktnya dia nyanggupin smokeless tune walau itu udah ganti turbo, stroker, nozzle… apa iya? should do it? tune nya muahal banget tapi kayaknya klo emang bisa kasih map true smokeless kayaknya gue tetep rela bayar deh…. malu tauuuu di jalan kayak metromini jadul…
kluar bengkel gas di rpm bawah, masih membuat gerhana -_- cek2 apa ultraboost di mode yg salah, bener koq harusnya yg smokeless….
tapi respons gas di rpm bawah sih udah JAUH berkurang ya, lebih manusiawi sekarang. tapi kenapa asep masih banyak ya.. alhasil gue kayaknya harus sabar ngurut gas


konsul ke tuner lain, ktnya dia nyanggupin smokeless tune walau itu udah ganti turbo, stroker, nozzle… apa iya? should do it? tune nya muahal banget tapi kayaknya klo emang bisa kasih map true smokeless kayaknya gue tetep rela bayar deh…. malu tauuuu di jalan kayak metromini jadul…
W212 M272 '10
AN140 2GD '18
AN140 2GD '18
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 310
- Joined: Thu Feb 09, 2017 6:54
Re: Seluk-Beluk Modifikasi All New Fortuner & All New Kijang Innova [PART 3]
Mbah, coba maf sensor dibersihkan, biasanya agak membantu loh. Sm filter udara jg kalo kotor dibersihkan/ganti baru. Kalo masi gagal, terpaksa pindah tuner wwkwk.tesna wrote: ↑Sun Jul 21, 2024 9:06 udah ketemu tuner, ngomong langsung, jelasin masalah w, klo di rpm bawah asep tebel bgt… (pas boost belum masuk) tolong dibuat bener2 map smokeless di 1 map.. ga papa lemot dikit bawahnya, malu saya di jalan kayak metro mini… mobil naik dyno lagi, nyaris 2 jam di atas dyno..
kluar bengkel gas di rpm bawah, masih membuat gerhana -_- cek2 apa ultraboost di mode yg salah, bener koq harusnya yg smokeless….
tapi respons gas di rpm bawah sih udah JAUH berkurang ya, lebih manusiawi sekarang. tapi kenapa asep masih banyak ya.. alhasil gue kayaknya harus sabar ngurut gastenaga di rpm atas tetep dasyat walau tanpa asap.. mau balik lagi ke bengkel takut request w mengada2
![]()
konsul ke tuner lain, ktnya dia nyanggupin smokeless tune walau itu udah ganti turbo, stroker, nozzle… apa iya? should do it? tune nya muahal banget tapi kayaknya klo emang bisa kasih map true smokeless kayaknya gue tetep rela bayar deh…. malu tauuuu di jalan kayak metromini jadul…
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 891
- Joined: Thu Mar 17, 2005 9:01
- Location: Jakarta
Re: Seluk-Beluk Modifikasi All New Fortuner & All New Kijang Innova [PART 3]
ntar dicoba ya maf dibersihkan ya om, tapi klo filter udara brand new k&n replacement pas ganti turbo dkk kemarin.
W212 M272 '10
AN140 2GD '18
AN140 2GD '18
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 891
- Joined: Thu Mar 17, 2005 9:01
- Location: Jakarta
Re: Seluk-Beluk Modifikasi All New Fortuner & All New Kijang Innova [PART 3]
gatel dan penasaran akhirnya ya udah lah retune d bengkel lain, dan akhirnya bisa bener2 true smokeless d rpm manapun
dyno sih naik ya malah powernya, tp ini jd whp. ini map 1 vs map 2 ya bukan bengkel sblmnya vs skrg, ga etis ah banding2in grafik tuningan bengkel A dan B
transmisi yg lemot klo gaspol ganti giginya jg jd ilang (tcu di remap jg) , tp diganti sama rada selip


katanya si boost lebih rendah dr tuningan sblm nya (biar turbo awet)? tp yg penting power tetep jossss dengan asep minim
throttle response d rpm bawah sih berkurang, tp tenaganya jd linear, gak agresif bgt sangat sensitif d toel kayak mau loncat
dyno sih naik ya malah powernya, tp ini jd whp. ini map 1 vs map 2 ya bukan bengkel sblmnya vs skrg, ga etis ah banding2in grafik tuningan bengkel A dan B
transmisi yg lemot klo gaspol ganti giginya jg jd ilang (tcu di remap jg) , tp diganti sama rada selip
katanya si boost lebih rendah dr tuningan sblm nya (biar turbo awet)? tp yg penting power tetep jossss dengan asep minim
throttle response d rpm bawah sih berkurang, tp tenaganya jd linear, gak agresif bgt sangat sensitif d toel kayak mau loncat
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
W212 M272 '10
AN140 2GD '18
AN140 2GD '18
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 891
- Joined: Thu Mar 17, 2005 9:01
- Location: Jakarta
Re: Seluk-Beluk Modifikasi All New Fortuner & All New Kijang Innova [PART 3]
setelah sekian lama akhirnya dipake perjalanan jauh juga, digaspol di trans jawa amannn banget. tapi gitu kluar tol dan lewatin pegunungan klo di mode normal rada ngebul dikit ya di rpm rendah dan sedang berakelerasi (awal2) jadi gue harus tune down map nya ke map 0 (sekitar 250hp hp) karena malu asep ngebul. malu eyy walau ngebulnya tipis doang. kl di set di mode power juga lebih ilang sih asep nya (mungkin rpm tinggi = ada boost jadi ga ngebul2 amat). tapi ini jd berisik mobilnya dan lebih berasa ngebut, jadi kena omel sm penumpang wkwkwkkw
klo di tol sih di map 1 (300hp) aman2 aja ya walau ngebut gaspol ga ada asep terlihat (atau saking kencengnya jadi asep lebih gampang terurai)? sempet lari 200 (karena ga berasa, baru sadar pas diingetin bini wakakakakkak).. lah limiternya dicabut yah nih berarti. gokil dah di tol power mode ga dipake sm sekali udah cukup bgt
map 2 (340hp) ga pernah dipake.. karena udah cukup kenceng lah.. bahkan di map 0 mayan juga koq
suhu juga aman, sepertinya koyorad juga mantep bgt coolingnya. overall puas deh sm turbo 1GD ini... walau cuman 40mm udah lebih dari cukup buat saya. bawahnya no lag, atasnya ngisi terussssss. dan 1 lagi, tetep irit oiiiiiiii. kayaknya bawa mobil no eco2an masih dapet 1:14-15 full to full (klo menurut mid 1:18) kayaknya ini MID jadi sesat bgt sejak ganti turbo.... klo bawanya kalem kayaknya bisa lebih irit lagi
cuman bisa bener2 diilangin total ga yah ini sedikit ngebul nya di rpm bawah......kayaknya susah ya ni klo dah ganti stroker + injector..
klo di tol sih di map 1 (300hp) aman2 aja ya walau ngebut gaspol ga ada asep terlihat (atau saking kencengnya jadi asep lebih gampang terurai)? sempet lari 200 (karena ga berasa, baru sadar pas diingetin bini wakakakakkak).. lah limiternya dicabut yah nih berarti. gokil dah di tol power mode ga dipake sm sekali udah cukup bgt
map 2 (340hp) ga pernah dipake.. karena udah cukup kenceng lah.. bahkan di map 0 mayan juga koq
suhu juga aman, sepertinya koyorad juga mantep bgt coolingnya. overall puas deh sm turbo 1GD ini... walau cuman 40mm udah lebih dari cukup buat saya. bawahnya no lag, atasnya ngisi terussssss. dan 1 lagi, tetep irit oiiiiiiii. kayaknya bawa mobil no eco2an masih dapet 1:14-15 full to full (klo menurut mid 1:18) kayaknya ini MID jadi sesat bgt sejak ganti turbo.... klo bawanya kalem kayaknya bisa lebih irit lagi
cuman bisa bener2 diilangin total ga yah ini sedikit ngebul nya di rpm bawah......kayaknya susah ya ni klo dah ganti stroker + injector..
W212 M272 '10
AN140 2GD '18
AN140 2GD '18
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2063
- Joined: Mon Jan 01, 2007 2:58
- Location: CGK-BDO-JOG
Re: Seluk-Beluk Modifikasi All New Fortuner & All New Kijang Innova [PART 3]
Om kalau dyno doang tuh kisaran berapa sih?tesna wrote: ↑Sat Jul 27, 2024 9:14 gatel dan penasaran akhirnya ya udah lah retune d bengkel lain, dan akhirnya bisa bener2 true smokeless d rpm manapun
dyno sih naik ya malah powernya, tp ini jd whp. ini map 1 vs map 2 ya bukan bengkel sblmnya vs skrg, ga etis ah banding2in grafik tuningan bengkel A dan B
transmisi yg lemot klo gaspol ganti giginya jg jd ilang (tcu di remap jg) , tp diganti sama rada selip
katanya si boost lebih rendah dr tuningan sblm nya (biar turbo awet)? tp yg penting power tetep jossss dengan asep minim
throttle response d rpm bawah sih berkurang, tp tenaganya jd linear, gak agresif bgt sangat sensitif d toel kayak mau loncat
Screenshot_20240727-160454~2.png
Rocky R ADS CVT 2021
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 891
- Joined: Thu Mar 17, 2005 9:01
- Location: Jakarta
Re: Seluk-Beluk Modifikasi All New Fortuner & All New Kijang Innova [PART 3]
klo dyno doang biasanya 500 ribu, klo dyno + tuning ini yang beda2 tiap bengkel...
W212 M272 '10
AN140 2GD '18
AN140 2GD '18
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2063
- Joined: Mon Jan 01, 2007 2:58
- Location: CGK-BDO-JOG
Re: Seluk-Beluk Modifikasi All New Fortuner & All New Kijang Innova [PART 3]
Oo woke siap om, thanks infonya

Rocky R ADS CVT 2021
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 891
- Joined: Thu Mar 17, 2005 9:01
- Location: Jakarta
Re: Seluk-Beluk Modifikasi All New Fortuner & All New Kijang Innova [PART 3]
btw, sm bengkel pas ganti turbo 1GD blow by PCV nya lgs dibuang ke belakang, kayaknya gue mau standarin lagi (tambahin OCT aja). Biar ngurangin efek cumi2 klo dibejek.
Tapi yang jadi masalahnya part nya juga diganti sekarang ngga ada lobang buat masukin selang PCV lagi
Katnaya ini beda sm 2GD standard vs 1GD jadi dibuatin pipa custom gitu.
INi bisa beli versi 1GD oem nya ga sih? klo iya, nama partnya apa ya? atau gue ke bengkel knalpot aja minta custom bikinin lobang buat colok selang...?
ini punya saya sekarang standard 2GD seperti ini ada selang ke sebelom masuk ke turbo
Tapi yang jadi masalahnya part nya juga diganti sekarang ngga ada lobang buat masukin selang PCV lagi

INi bisa beli versi 1GD oem nya ga sih? klo iya, nama partnya apa ya? atau gue ke bengkel knalpot aja minta custom bikinin lobang buat colok selang...?
ini punya saya sekarang standard 2GD seperti ini ada selang ke sebelom masuk ke turbo
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
W212 M272 '10
AN140 2GD '18
AN140 2GD '18
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1170
- Joined: Fri Jun 11, 2021 12:49
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: w205 money pit
Re: Seluk-Beluk Modifikasi All New Fortuner & All New Kijang Innova [PART 3]
oh retune di elika sunter ya, si ko davin emng jago sih. kena dc brp om retunenyatesna wrote: ↑Sat Jul 27, 2024 9:14 gatel dan penasaran akhirnya ya udah lah retune d bengkel lain, dan akhirnya bisa bener2 true smokeless d rpm manapun
dyno sih naik ya malah powernya, tp ini jd whp. ini map 1 vs map 2 ya bukan bengkel sblmnya vs skrg, ga etis ah banding2in grafik tuningan bengkel A dan B
transmisi yg lemot klo gaspol ganti giginya jg jd ilang (tcu di remap jg) , tp diganti sama rada selip
katanya si boost lebih rendah dr tuningan sblm nya (biar turbo awet)? tp yg penting power tetep jossss dengan asep minim
throttle response d rpm bawah sih berkurang, tp tenaganya jd linear, gak agresif bgt sangat sensitif d toel kayak mau loncat
Screenshot_20240727-160454~2.png
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 891
- Joined: Thu Mar 17, 2005 9:01
- Location: Jakarta
Re: Seluk-Beluk Modifikasi All New Fortuner & All New Kijang Innova [PART 3]
agak mahal sih, 2x nya di bengkel lain, tp dapet tune 3 map. map 0 remap doang, map 1 remap + piggy map 1, map 2 piggy map 2. Lalu VNT di map ulang (jd kurva torsi dan powernya nya maju) , dan TCU di map ulang (biar shiftingnya lebih cepet). Pilihan tuner yg bisa tune pakai ecushop juga agak2 terbatas. Jadi ya sudah lah worth it koq.
tp ya itu ternyata susah klo totally smokeless, ternyata masih ada asepnya sedikit terutama klo digaspol ketika belom masuk boost. Udah jauh berkurang dr sebelom nya (sebelom nya udah kayak kebakaran hutan) tapi saya masih pengen kurangin lagi hahahaha
mau ngurangin dikit lagi, (mau balikin lobang hawa ga dibuang ke blakang lagi) ini lagi idle di kemacetan aja sedikit ngebul jadinya.

W212 M272 '10
AN140 2GD '18
AN140 2GD '18
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2460
- Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
- Location: Jakarta
Re: Seluk-Beluk Modifikasi All New Fortuner & All New Kijang Innova [PART 3]
kenapa malu mbahtesna wrote: ↑Tue Jul 16, 2024 8:52 update, iseng matiin ultraboost (map 0) klo rpm bawah asepnya masih hebohaaaaaaa asli saya mah malu bawa mobil kayak gini, kayak metro mini jaman dulu. ga harus wot berasep heboh, di gas separo jg udah kayak kebakaran hutan
harus balik lagi ni ke tuner…. ato cb tuner lain?
khan jadinya turun mobil jadi klihatan umur 18-20
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1170
- Joined: Fri Jun 11, 2021 12:49
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: w205 money pit
Re: Seluk-Beluk Modifikasi All New Fortuner & All New Kijang Innova [PART 3]
kalo lobang hawa walaupun dulu saya ga maen gituan (cuman tutup egr doang) harusnya lebih maintenance free kalo dibuang ke belakang lgsg ya, soalnya kalo pake oct stau saya harus ada maintenance gitu tiap brapa ribu dibuang uap olinya, ribet jadinyatesna wrote: ↑Mon Nov 18, 2024 9:22agak mahal sih, 2x nya di bengkel lain, tp dapet tune 3 map. map 0 remap doang, map 1 remap + piggy map 1, map 2 piggy map 2. Lalu VNT di map ulang (jd kurva torsi dan powernya nya maju) , dan TCU di map ulang (biar shiftingnya lebih cepet). Pilihan tuner yg bisa tune pakai ecushop juga agak2 terbatas. Jadi ya sudah lah worth it koq.
tp ya itu ternyata susah klo totally smokeless, ternyata masih ada asepnya sedikit terutama klo digaspol ketika belom masuk boost. Udah jauh berkurang dr sebelom nya (sebelom nya udah kayak kebakaran hutan) tapi saya masih pengen kurangin lagi hahahaha
mau ngurangin dikit lagi, (mau balikin lobang hawa ga dibuang ke blakang lagi) ini lagi idle di kemacetan aja sedikit ngebul jadinya.![]()
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 891
- Joined: Thu Mar 17, 2005 9:01
- Location: Jakarta
Re: Seluk-Beluk Modifikasi All New Fortuner & All New Kijang Innova [PART 3]
gpp om ga enak saja sm yg lain, itu kayaknya klo di gaspol uap oli jg muncrat ke belakang, tidak baik menzalim orang lain, gpp repot sedikit tiap ganti oli paling dikosongkan itu OCT, toh jg minta tolong mekanik saja he he he.
btw akhirnya I did it, ke bengkel knalpot minta lobangin dan las pipa stainless buat colokin selang hawa ke tempat aslinya (setelah OCT tentunya)
dibolongin dulu dah jadi.. (pas las cuman ada videoin doang) terpasang dan sekarang asep nya mayan jauh berkurang sih sepenglihatan saya dr spion, tenaga tetep JAMBAKKKK
btw akhirnya I did it, ke bengkel knalpot minta lobangin dan las pipa stainless buat colokin selang hawa ke tempat aslinya (setelah OCT tentunya)
dibolongin dulu dah jadi.. (pas las cuman ada videoin doang) terpasang dan sekarang asep nya mayan jauh berkurang sih sepenglihatan saya dr spion, tenaga tetep JAMBAKKKK

You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
W212 M272 '10
AN140 2GD '18
AN140 2GD '18
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1170
- Joined: Fri Jun 11, 2021 12:49
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: w205 money pit
Re: Seluk-Beluk Modifikasi All New Fortuner & All New Kijang Innova [PART 3]
kalo ga salah saya liat vlognya ko davin dia sering pasang oct simota juga di 2gd om hehetesna wrote: ↑Sat Nov 23, 2024 10:44 gpp om ga enak saja sm yg lain, itu kayaknya klo di gaspol uap oli jg muncrat ke belakang, tidak baik menzalim orang lain, gpp repot sedikit tiap ganti oli paling dikosongkan itu OCT, toh jg minta tolong mekanik saja he he he.
btw akhirnya I did it, ke bengkel knalpot minta lobangin dan las pipa stainless buat colokin selang hawa ke tempat aslinya (setelah OCT tentunya)
dibolongin dulu
IMG_3395.jpg
dah jadi.. (pas las cuman ada videoin doang)
IMG_3400.jpg
terpasang
IMG_3403.jpg
dan sekarang asep nya mayan jauh berkurang sih sepenglihatan saya dr spion, tenaga tetep JAMBAKKKK![]()
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 891
- Joined: Thu Mar 17, 2005 9:01
- Location: Jakarta
Re: Seluk-Beluk Modifikasi All New Fortuner & All New Kijang Innova [PART 3]
iya pake oct lebih ramah terhadap kendaraan yang di belakang mobil klo gaspol

anyway hari ini memberanikan diri uji emisi... curiga ga lulus soalnya udah stage 3 (injector sm stroker diganti) pas idle pasti rada rich...
alhamdulillah lulus walau nyaris ga lulus

ini posisi ultraboost di map 0 (remap doaang) klo di dyno +- 250hp... mungkin klo di map 1-2 (300-340hp) beneran ga lulus kali yah

You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
W212 M272 '10
AN140 2GD '18
AN140 2GD '18
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 891
- Joined: Thu Mar 17, 2005 9:01
- Location: Jakarta
Re: Seluk-Beluk Modifikasi All New Fortuner & All New Kijang Innova [PART 3]
baru inget klo ultraboost bisa adjust injector duration sendiri pake hp. rpm 2000 and below fuel nya gue kurangin.... tadinya sih kurangin 10% aja kayaknya masih kliatan asap nya. akhirnya pentokin aja kebawah haahahah. masih ada asap tipis sih klo gas tiba2 di hentak WOT tapi dah mayan jauh berkurang.
so far sih suara mesin ga ada aneh2 ya, dan yang gue kurangin cuman di map 1 aja (smokeless, max power +- 300hp). tenaga so far juga masih responsif, fine aja.
so far sih suara mesin ga ada aneh2 ya, dan yang gue kurangin cuman di map 1 aja (smokeless, max power +- 300hp). tenaga so far juga masih responsif, fine aja.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
W212 M272 '10
AN140 2GD '18
AN140 2GD '18