Tanya : Ganti oli transmisi matic

Otak2ik peforma mesin? Silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

AbdulHakim
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1565
Joined: Sun Mar 21, 2021 23:59
Location: Indonesia

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by AbdulHakim »

Ijin nanya,
Saat ganti oli matic, apakah filternya juga ikut diganti?
ini apakah filter matic untuk CRV Turbo?
25420-5LJ-003.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Greenhunter
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 660
Joined: Mon Aug 25, 2014 14:12

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by Greenhunter »

AbdulHakim wrote: Mon May 27, 2024 3:30 Ijin nanya,
Saat ganti oli matic, apakah filternya juga ikut diganti?
ini apakah filter matic untuk CRV Turbo?
25420-5LJ-003.jpg
tergantung kilometer, kalau diatas 150rb blm pernah ganti ada baiknya diganti, kalau dibawah 100rb saya pribadi tidak ganti
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11366
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by marmut »

AbdulHakim wrote: Mon May 27, 2024 3:30


ini apakah filter matic untuk CRV Turbo?
25420-5LJ-003.jpg




sepertinya iya.
kalo mau ganti, o-ring untuk filter jangan kelupaan. itu dijual terpisah.
sekalian filter yg atas juga diganti.
blm lama abis ganti filter atas bawah crv turbo, odo kalo ga salah inget 50ribuan.


20240527_123428.jpg
20240527_123402.jpg
20240518_183116.jpg
20240518_183232.jpg
20240518_183305.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Past :
PPD213
PPD30A
PPD508
PPD P29
PPD AC21
MB 905
MB AC05
Mkrlt M01
PPD P44
MM 610
Kwnbst T512
Kpj 86
PPD AC16
B04 Kokol-BSD
D08 Putat-BSD
PUSAKA Tgr-Bgr
MB AC34
AgraMas C
PPD P45
PPD AC11
Now :
KRL
AbdulHakim
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1565
Joined: Sun Mar 21, 2021 23:59
Location: Indonesia

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by AbdulHakim »

marmut wrote: Mon May 27, 2024 5:36
AbdulHakim wrote: Mon May 27, 2024 3:30 ini apakah filter matic untuk CRV Turbo?
sepertinya iya.
kalo mau ganti, o-ring untuk filter jangan kelupaan. itu dijual terpisah.
sekalian filter yg atas juga diganti.
blm lama abis ganti filter atas bawah crv turbo, odo kalo ga salah inget 50ribuan.
Informasinya sangat membantu, terimakasih shifu :big_cat:
Greenhunter wrote: Mon May 27, 2024 5:32
AbdulHakim wrote: Mon May 27, 2024 3:30 Ijin nanya,
Saat ganti oli matic, apakah filternya juga ikut diganti?
ini apakah filter matic untuk CRV Turbo?
25420-5LJ-003.jpg
tergantung kilometer, kalau diatas 150rb blm pernah ganti ada baiknya diganti, kalau dibawah 100rb saya pribadi tidak ganti
masih di bawah 60rb KM odo nya om
sepertinya saya ikut panduan om garasi69 di atas :big_grin:
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10704
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by Suryaputra »

marmut wrote: Mon May 27, 2024 5:36
AbdulHakim wrote: Mon May 27, 2024 3:30


ini apakah filter matic untuk CRV Turbo?
25420-5LJ-003.jpg




sepertinya iya.
kalo mau ganti, o-ring untuk filter jangan kelupaan. itu dijual terpisah.
sekalian filter yg atas juga diganti.
blm lama abis ganti filter atas bawah crv turbo, odo kalo ga salah inget 50ribuan.



20240527_123428.jpg
20240527_123402.jpg
20240518_183116.jpg
20240518_183232.jpg
20240518_183305.jpg
Truly shifu :big_exellent:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11505
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by Omnibus »

marmut wrote: Mon May 27, 2024 5:36
AbdulHakim wrote: Mon May 27, 2024 3:30


ini apakah filter matic untuk CRV Turbo?
25420-5LJ-003.jpg




sepertinya iya.
kalo mau ganti, o-ring untuk filter jangan kelupaan. itu dijual terpisah.
sekalian filter yg atas juga diganti.
blm lama abis ganti filter atas bawah crv turbo, odo kalo ga salah inget 50ribuan.



20240527_123428.jpg
20240527_123402.jpg
20240518_183116.jpg
20240518_183232.jpg
20240518_183305.jpg
shifu truly :big_exellent: :big_exellent: :big_exellent:
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11366
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by marmut »

Omnibus wrote: Mon May 27, 2024 8:45

shifu truly :big_exellent: :big_exellent: :big_exellent:

aing belajar dr maneh.
berarti maneh biangnya shifu.

:big_deal:
Past :
PPD213
PPD30A
PPD508
PPD P29
PPD AC21
MB 905
MB AC05
Mkrlt M01
PPD P44
MM 610
Kwnbst T512
Kpj 86
PPD AC16
B04 Kokol-BSD
D08 Putat-BSD
PUSAKA Tgr-Bgr
MB AC34
AgraMas C
PPD P45
PPD AC11
Now :
KRL
tesna
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 759
Joined: Thu Mar 17, 2005 9:01
Location: Jakarta

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by tesna »

klo buat 2GD spec 300hp++ baiknya pake atf apa ya? biasa pake PTT LV-1 apakah sudah cukup atau ada yg lebih aman buat transmisi? (yg udah pake go trans jg)... lg pasang go trans jd mau sekalian ganti ATF
W212 M272 '10
AN140 2GD '18
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2132
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by sahabatq8 »

tesna wrote: Fri Jul 12, 2024 4:35 klo buat 2GD spec 300hp++ baiknya pake atf apa ya? biasa pake PTT LV-1 apakah sudah cukup atau ada yg lebih aman buat transmisi? (yg udah pake go trans jg)... lg pasang go trans jd mau sekalian ganti ATF
Q8 auto MV, buat 1gd/2gd pake gotrans dan biturbo gede 400hp++ aman :big_exellent:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27150
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by DOHC »

marmut wrote: Mon May 27, 2024 5:36
AbdulHakim wrote: Mon May 27, 2024 3:30


ini apakah filter matic untuk CRV Turbo?
25420-5LJ-003.jpg




sepertinya iya.
kalo mau ganti, o-ring untuk filter jangan kelupaan. itu dijual terpisah.
sekalian filter yg atas juga diganti.
blm lama abis ganti filter atas bawah crv turbo, odo kalo ga salah inget 50ribuan.



20240527_123428.jpg
20240527_123402.jpg
20240518_183116.jpg
20240518_183232.jpg
20240518_183305.jpg
ngana pas buka ada gram2 serpihan besi ga ??

kl kata yg ngaku2 dokter itu, kl pas dibuka ud ad gram2 besi, alamat musti turun girbok
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11366
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by marmut »

DOHC wrote: Fri Jul 12, 2024 7:05

ngana pas buka ada gram2 serpihan besi ga ??

kl kata yg ngaku2 dokter itu, kl pas dibuka ud ad gram2 besi, alamat musti turun girbok


gram halus banyak spt terlihat di foto.....

musti turun? buat apa? ah iya.... dibongkar.

bongkar transmisi = kerjaan.
kerjaan = ada duitnya.

iya toh?
Past :
PPD213
PPD30A
PPD508
PPD P29
PPD AC21
MB 905
MB AC05
Mkrlt M01
PPD P44
MM 610
Kwnbst T512
Kpj 86
PPD AC16
B04 Kokol-BSD
D08 Putat-BSD
PUSAKA Tgr-Bgr
MB AC34
AgraMas C
PPD P45
PPD AC11
Now :
KRL
ariswp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 562
Joined: Mon Dec 19, 2016 8:39

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by ariswp »

Habis ganti ATF buat 5AT jadul honda
Sebelumnya terisi Aisin AFW VI udah jalan 15ribuan km

Dengan metode drain and fill manual dengan transmisi di N dan mesin nyala, lah keluarnya sekitar 3.4liter, apa sebelumnya overfill ya

Setelah diisi 3 liter, lalu dibuat jalan
Impresi perpindahan lebih alus dan smooth ketimbang aisin yang shiftingnya lebih firm dan "sporty"

Gejala "gear hunting 1-2" ketika skenario lepas gas lalu injak gas di tanjakan sambil crawling pelan di kisaran 20km/h juga hilang seketika
Curiga karena overfill atf sebelumnya sih,
Dapet harga 90rb per liter, made in korea

Sekilas liat pds nya lebih encer dari punya aisin (6.1cst vs 5.8cst)
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Present
R20A 5AT 08 / Shell Aspira SN 0w20 / Mobil ATF Dexron VI
R18Z CVT 17 / Mobil Super SP 0w20 / HCF2
L12B CVT 17 / Pertamina Fastron Eco SN 0w20 / HCF2

Past
G15B 5MT 00
K20A 5MT 03
J20A 5MT 08
Greenhunter
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 660
Joined: Mon Aug 25, 2014 14:12

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by Greenhunter »

ariswp wrote: Mon Jul 22, 2024 3:46 Habis ganti ATF buat 5AT jadul honda
Sebelumnya terisi Aisin AFW VI udah jalan 15ribuan km

Dengan metode drain and fill manual dengan transmisi di N dan mesin nyala, lah keluarnya sekitar 3.4liter, apa sebelumnya overfill ya

Setelah diisi 3 liter, lalu dibuat jalan
Impresi perpindahan lebih alus dan smooth ketimbang aisin yang shiftingnya lebih firm dan "sporty"

Gejala "gear hunting 1-2" ketika skenario lepas gas lalu injak gas di tanjakan sambil crawling pelan di kisaran 20km/h juga hilang seketika
Curiga karena overfill atf sebelumnya sih,
Dapet harga 90rb per liter, made in korea

Sekilas liat pds nya lebih encer dari punya aisin (6.1cst vs 5.8cst)
om Aris mau tanya :
1. ganti merk oli matic melakukan drain and refill 1x aja ? atau berapa kali ?
2. kondisi aisin AFW VI setelah 15.000 km bagaimana ? masih merah atau sdh kehitaman ?

saya sdh beli mobil DEX VI tapi belum dituang, oli lama aisin AFW+ baru jalan 12.500 km di nissin wafer OGL. kalau dari pengalaman om Aris dari aisin AFW VI ke mobil dex VI aja kayak gitu berarti dari AFW+ ke Dex VI ini akan cukup signifikan perubahannya ya ?
ariarbow86
Newbie
Newbie
Posts: 13
Joined: Fri Dec 16, 2022 1:56
Location: Pondok Gede
Daily Vehicle: Freed 2014

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by ariarbow86 »

om mau nanya dong
oli non beres khusus cvt nissan xtrail t32 apa ya om? kalo bisa yg middle atau top tiernya jg gpp

makasih om
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2132
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by sahabatq8 »

ariarbow86 wrote: Wed Jul 24, 2024 7:50 om mau nanya dong
oli non beres khusus cvt nissan xtrail t32 apa ya om? kalo bisa yg middle atau top tiernya jg gpp

makasih om
Salam sesama pengunna T32, saya pake Q8 CVT EVO.
So far gak ada aneh aneh, gram gram di cvt jg gak ada, sekarang udah km 143000.
ariswp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 562
Joined: Mon Dec 19, 2016 8:39

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by ariswp »

Greenhunter wrote: Wed Jul 24, 2024 6:16
ariswp wrote: Mon Jul 22, 2024 3:46 Habis ganti ATF buat 5AT jadul honda
Sebelumnya terisi Aisin AFW VI udah jalan 15ribuan km

Dengan metode drain and fill manual dengan transmisi di N dan mesin nyala, lah keluarnya sekitar 3.4liter, apa sebelumnya overfill ya

Setelah diisi 3 liter, lalu dibuat jalan
Impresi perpindahan lebih alus dan smooth ketimbang aisin yang shiftingnya lebih firm dan "sporty"

Gejala "gear hunting 1-2" ketika skenario lepas gas lalu injak gas di tanjakan sambil crawling pelan di kisaran 20km/h juga hilang seketika
Curiga karena overfill atf sebelumnya sih,
Dapet harga 90rb per liter, made in korea

Sekilas liat pds nya lebih encer dari punya aisin (6.1cst vs 5.8cst)
om Aris mau tanya :
1. ganti merk oli matic melakukan drain and refill 1x aja ? atau berapa kali ?
2. kondisi aisin AFW VI setelah 15.000 km bagaimana ? masih merah atau sdh kehitaman ?

saya sdh beli mobil DEX VI tapi belum dituang, oli lama aisin AFW+ baru jalan 12.500 km di nissin wafer OGL. kalau dari pengalaman om Aris dari aisin AFW VI ke mobil dex VI aja kayak gitu berarti dari AFW+ ke Dex VI ini akan cukup signifikan perubahannya ya ?
1. 1x saja om
2. Masih merah segar dan jernih, montirnya juga bilang kok masi bening gini sudah ganti

Klo dari aisin afw vi ke mobil dex vi ga signifikan
Tapi sebelumnya dari dw1 (speknya lebih ke era dex IIIH) ke afw vi jauh banget rasanya
Dari lock up lebih cepat, selip jauh lebih minim om, lepas gas lebih loss dan terkadang lebih effort injek rem
Present
R20A 5AT 08 / Shell Aspira SN 0w20 / Mobil ATF Dexron VI
R18Z CVT 17 / Mobil Super SP 0w20 / HCF2
L12B CVT 17 / Pertamina Fastron Eco SN 0w20 / HCF2

Past
G15B 5MT 00
K20A 5MT 03
J20A 5MT 08
Greenhunter
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 660
Joined: Mon Aug 25, 2014 14:12

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by Greenhunter »

ariswp wrote: Wed Jul 24, 2024 13:48
Greenhunter wrote: Wed Jul 24, 2024 6:16
ariswp wrote: Mon Jul 22, 2024 3:46 Habis ganti ATF buat 5AT jadul honda
Sebelumnya terisi Aisin AFW VI udah jalan 15ribuan km

Dengan metode drain and fill manual dengan transmisi di N dan mesin nyala, lah keluarnya sekitar 3.4liter, apa sebelumnya overfill ya

Setelah diisi 3 liter, lalu dibuat jalan
Impresi perpindahan lebih alus dan smooth ketimbang aisin yang shiftingnya lebih firm dan "sporty"

Gejala "gear hunting 1-2" ketika skenario lepas gas lalu injak gas di tanjakan sambil crawling pelan di kisaran 20km/h juga hilang seketika
Curiga karena overfill atf sebelumnya sih,
Dapet harga 90rb per liter, made in korea

Sekilas liat pds nya lebih encer dari punya aisin (6.1cst vs 5.8cst)
om Aris mau tanya :
1. ganti merk oli matic melakukan drain and refill 1x aja ? atau berapa kali ?
2. kondisi aisin AFW VI setelah 15.000 km bagaimana ? masih merah atau sdh kehitaman ?

saya sdh beli mobil DEX VI tapi belum dituang, oli lama aisin AFW+ baru jalan 12.500 km di nissin wafer OGL. kalau dari pengalaman om Aris dari aisin AFW VI ke mobil dex VI aja kayak gitu berarti dari AFW+ ke Dex VI ini akan cukup signifikan perubahannya ya ?
1. 1x saja om
2. Masih merah segar dan jernih, montirnya juga bilang kok masi bening gini sudah ganti

Klo dari aisin afw vi ke mobil dex vi ga signifikan
Tapi sebelumnya dari dw1 (speknya lebih ke era dex IIIH) ke afw vi jauh banget rasanya
Dari lock up lebih cepat, selip jauh lebih minim om, lepas gas lebih loss dan terkadang lebih effort injek rem
Terima kasih bank Aris.
Btw umur oli masih 15rb dan warna masih merah knp diganti ?
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10704
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by Suryaputra »

Greenhunter wrote: Wed Jul 24, 2024 15:26
ariswp wrote: Wed Jul 24, 2024 13:48
Greenhunter wrote: Wed Jul 24, 2024 6:16

om Aris mau tanya :
1. ganti merk oli matic melakukan drain and refill 1x aja ? atau berapa kali ?
2. kondisi aisin AFW VI setelah 15.000 km bagaimana ? masih merah atau sdh kehitaman ?

saya sdh beli mobil DEX VI tapi belum dituang, oli lama aisin AFW+ baru jalan 12.500 km di nissin wafer OGL. kalau dari pengalaman om Aris dari aisin AFW VI ke mobil dex VI aja kayak gitu berarti dari AFW+ ke Dex VI ini akan cukup signifikan perubahannya ya ?
1. 1x saja om
2. Masih merah segar dan jernih, montirnya juga bilang kok masi bening gini sudah ganti

Klo dari aisin afw vi ke mobil dex vi ga signifikan
Tapi sebelumnya dari dw1 (speknya lebih ke era dex IIIH) ke afw vi jauh banget rasanya
Dari lock up lebih cepat, selip jauh lebih minim om, lepas gas lebih loss dan terkadang lebih effort injek rem
Terima kasih bank Aris.
Btw umur oli masih 15rb dan warna masih merah knp diganti ?
Lebih baik diganti lbh awal, drpd telat ganti,
wkwkwkwk.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
ariswp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 562
Joined: Mon Dec 19, 2016 8:39

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by ariswp »

Greenhunter wrote: Wed Jul 24, 2024 15:26
ariswp wrote: Wed Jul 24, 2024 13:48
Greenhunter wrote: Wed Jul 24, 2024 6:16

om Aris mau tanya :
1. ganti merk oli matic melakukan drain and refill 1x aja ? atau berapa kali ?
2. kondisi aisin AFW VI setelah 15.000 km bagaimana ? masih merah atau sdh kehitaman ?

saya sdh beli mobil DEX VI tapi belum dituang, oli lama aisin AFW+ baru jalan 12.500 km di nissin wafer OGL. kalau dari pengalaman om Aris dari aisin AFW VI ke mobil dex VI aja kayak gitu berarti dari AFW+ ke Dex VI ini akan cukup signifikan perubahannya ya ?
1. 1x saja om
2. Masih merah segar dan jernih, montirnya juga bilang kok masi bening gini sudah ganti

Klo dari aisin afw vi ke mobil dex vi ga signifikan
Tapi sebelumnya dari dw1 (speknya lebih ke era dex IIIH) ke afw vi jauh banget rasanya
Dari lock up lebih cepat, selip jauh lebih minim om, lepas gas lebih loss dan terkadang lebih effort injek rem
Terima kasih bank Aris.
Btw umur oli masih 15rb dan warna masih merah knp diganti ?
Alasan saya gini om :
- akhir2 ini kondisi mobil sering di abuse, (mungkin kisaran 10rb km terakhir) itu rute yg dilewati : solo - surabaya via tol serimg dibejek karena urusan emergensi medis keluarga, lari terus2an di 170-180 beberapa kali sampe hampir 200

Berikutnya rute via madiun-magetan-solo yg lumayan tanjakannya dengan beban full 3 dewasa + 2kopee besar + 2 koper kecil sampe lumayan ambles ini roda belakang

Beberapa kali juga rute solo-boyolali-cepogo-magelang-wonosobo yang ga kalah curam terutama di area ketep dan beban selalu 3 dewasa + koper

Terakhir ya karena pingin mencicipi aja, dengan embel2 full sintetis dari pabrikan "mobil oil" yg lumayan strict, pdsnya cukup menjanjikan dengan cst di 29 dan 5.8
Dan harga miring, lebih murah dari aisin afw vi, hanya sedikit lebih mahal dari honda dw1

Tapi pengalaman afw vi kemaren buat saya bagus kok, ga ada penurunan performa, tetap enteng setelah di bejek, beda waktu pake z1 yg sering berasa selip karena lock up lemoot banget apalagi setelah perjalanan panjang
Cuma catatan ya di afw vi itu gejala "gear hunting" di gigi 1-2 di kecepatan 15-20 merangkak di tanjakan

(terutama setelah lepas gas lalu injek gas pelan) sempat ada gear hunting td, dan ujung2nya ada ngayun sedikit dari matiknya
Curiga sih pas drain kemaren sempat ketahuan overfilled sekitar 500ml, jadi apa mungkin gara2 ini ya

Skrg pake mobil dex vi sudah enggak, tapi mungkin karena takaran udah pas
Present
R20A 5AT 08 / Shell Aspira SN 0w20 / Mobil ATF Dexron VI
R18Z CVT 17 / Mobil Super SP 0w20 / HCF2
L12B CVT 17 / Pertamina Fastron Eco SN 0w20 / HCF2

Past
G15B 5MT 00
K20A 5MT 03
J20A 5MT 08
Greenhunter
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 660
Joined: Mon Aug 25, 2014 14:12

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by Greenhunter »

ariswp wrote: Thu Jul 25, 2024 2:44
Greenhunter wrote: Wed Jul 24, 2024 15:26
ariswp wrote: Wed Jul 24, 2024 13:48

1. 1x saja om
2. Masih merah segar dan jernih, montirnya juga bilang kok masi bening gini sudah ganti

Klo dari aisin afw vi ke mobil dex vi ga signifikan
Tapi sebelumnya dari dw1 (speknya lebih ke era dex IIIH) ke afw vi jauh banget rasanya
Dari lock up lebih cepat, selip jauh lebih minim om, lepas gas lebih loss dan terkadang lebih effort injek rem
Terima kasih bank Aris.
Btw umur oli masih 15rb dan warna masih merah knp diganti ?
Alasan saya gini om :
- akhir2 ini kondisi mobil sering di abuse, (mungkin kisaran 10rb km terakhir) itu rute yg dilewati : solo - surabaya via tol serimg dibejek karena urusan emergensi medis keluarga, lari terus2an di 170-180 beberapa kali sampe hampir 200

Berikutnya rute via madiun-magetan-solo yg lumayan tanjakannya dengan beban full 3 dewasa + 2kopee besar + 2 koper kecil sampe lumayan ambles ini roda belakang

Beberapa kali juga rute solo-boyolali-cepogo-magelang-wonosobo yang ga kalah curam terutama di area ketep dan beban selalu 3 dewasa + koper

Terakhir ya karena pingin mencicipi aja, dengan embel2 full sintetis dari pabrikan "mobil oil" yg lumayan strict, pdsnya cukup menjanjikan dengan cst di 29 dan 5.8
Dan harga miring, lebih murah dari aisin afw vi, hanya sedikit lebih mahal dari honda dw1

Tapi pengalaman afw vi kemaren buat saya bagus kok, ga ada penurunan performa, tetap enteng setelah di bejek, beda waktu pake z1 yg sering berasa selip karena lock up lemoot banget apalagi setelah perjalanan panjang
Cuma catatan ya di afw vi itu gejala "gear hunting" di gigi 1-2 di kecepatan 15-20 merangkak di tanjakan

(terutama setelah lepas gas lalu injek gas pelan) sempat ada gear hunting td, dan ujung2nya ada ngayun sedikit dari matiknya
Curiga sih pas drain kemaren sempat ketahuan overfilled sekitar 500ml, jadi apa mungkin gara2 ini ya

Skrg pake mobil dex vi sudah enggak, tapi mungkin karena takaran udah pas
👍👍👍👍👍👍👏👏👏👏👏👏
Mantap sharingnya. Makasih bank Aris
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11505
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by Omnibus »

disini kumpulan org2 sangat peduli ya. mechanical sympathy nya tinggi. ngeri! :big_biglaugh:
User avatar
alvin23
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2003
Joined: Mon Jan 01, 2007 2:58
Location: CGK-BDO-JOG

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by alvin23 »

Omnibus wrote: Thu Jul 25, 2024 6:41 disini kumpulan org2 sangat peduli ya. mechanical sympathy nya tinggi. ngeri! :big_biglaugh:
Tipe user yang cocok untuk pelihara Livina dkk :big_peace:
Rocky R ADS CVT 2021
ariarbow86
Newbie
Newbie
Posts: 13
Joined: Fri Dec 16, 2022 1:56
Location: Pondok Gede
Daily Vehicle: Freed 2014

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by ariarbow86 »

sahabatq8 wrote: Wed Jul 24, 2024 10:35
ariarbow86 wrote: Wed Jul 24, 2024 7:50 om mau nanya dong
oli non beres khusus cvt nissan xtrail t32 apa ya om? kalo bisa yg middle atau top tiernya jg gpp

makasih om
Salam sesama pengunna T32, saya pake Q8 CVT EVO.
So far gak ada aneh aneh, gram gram di cvt jg gak ada, sekarang udah km 143000.
salam om, ane newbie di T32, baru minang kurleb 2 bulanan

kayanya nih oli agak susah ya om nyarinya, rekomen beli di toko ijo nama sellernya apa?
trus satu lagi om, klo misalnya ngetap oli beda merk gmn? apa mending di flush dulu baru ganti dengan oli baru? atau bisa di campur tuh oli baru dengan oli lamanya?
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2132
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by sahabatq8 »

ariarbow86 wrote: Thu Jul 25, 2024 9:28
sahabatq8 wrote: Wed Jul 24, 2024 10:35
ariarbow86 wrote: Wed Jul 24, 2024 7:50 om mau nanya dong
oli non beres khusus cvt nissan xtrail t32 apa ya om? kalo bisa yg middle atau top tiernya jg gpp

makasih om
Salam sesama pengunna T32, saya pake Q8 CVT EVO.
So far gak ada aneh aneh, gram gram di cvt jg gak ada, sekarang udah km 143000.
salam om, ane newbie di T32, baru minang kurleb 2 bulanan

kayanya nih oli agak susah ya om nyarinya, rekomen beli di toko ijo nama sellernya apa?
trus satu lagi om, klo misalnya ngetap oli beda merk gmn? apa mending di flush dulu baru ganti dengan oli baru? atau bisa di campur tuh oli baru dengan oli lamanya?
Oli transmisi sih kalo spek sama dicampur gpp. Tapi ini km brapa ya om? Kalo udah 80rb an mending sekalian ganti strainer/filter. Drain dan refill 2x aja
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11505
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by Omnibus »

alvin23 wrote: Thu Jul 25, 2024 9:24
Omnibus wrote: Thu Jul 25, 2024 6:41 disini kumpulan org2 sangat peduli ya. mechanical sympathy nya tinggi. ngeri! :big_biglaugh:
Tipe user yang cocok untuk pelihara Livina dkk :big_peace:
:mky_03: :mky_03:

lawan nya tipe user plug n forget