Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
azu wrote: Wed Jul 17, 2024 14:32
Akhirnya CVT Fluid Valvoline diskonan datang
IMG_20240717_212119.jpg
IMG_20240717_212146.jpg
Produksi 2022, kondisi botol masih oke bahkan yg 6 masih di dus tersegel.
Hanya aromanya tercium wangi jus jambu
Rencananya sabtu ini mau kuras dan ganti strainer CVT utk Nav1, mudah2an cocok dengan transmisinya
Karna liat postingan om AZU
jadi ikutan cari Valvoline CVT jg untuk Raize, tadi siang baru kita ganti,
Odo: 55rb Km, belum pernah ganti sejak beli
Drain oli lama keluar 1.65L
Kita masukin 1.85L
Udah hitam bgt olinya, kalau ikutin beres di suruh 100rb KM aja gantinya
Thanks om AZU
om...lupa nanya...
abis ganti oli cvt....ada sesuatu yg perlu di reset / kalibrasi via obd2?
ama impresi abis ganti oli gmn?
Mobilnya apa om? Kalau Nissan dan Mitsu setahu saya direset cvt fluid deterioration nya. Kalau utk CVT Toyota yg lama2 sih ga perlu ada yg direset, tp pernah baca service manual utk yg keluaran baru dia ada yg direset saat pengisian fluida baru.
Past
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD
Current
2013 Toyota ZRR70R-APXEPD
Disclaimer:
Hanya berbagi informasi, bukan ajakan untuk membeli. Buy at your own risk. Keputusan ada di diri Anda sendiri.
azu wrote: Wed Jul 17, 2024 14:32
Akhirnya CVT Fluid Valvoline diskonan datang
IMG_20240717_212119.jpg
IMG_20240717_212146.jpg
Produksi 2022, kondisi botol masih oke bahkan yg 6 masih di dus tersegel.
Hanya aromanya tercium wangi jus jambu
Rencananya sabtu ini mau kuras dan ganti strainer CVT utk Nav1, mudah2an cocok dengan transmisinya
Karna liat postingan om AZU
jadi ikutan cari Valvoline CVT jg untuk Raize, tadi siang baru kita ganti,
Odo: 55rb Km, belum pernah ganti sejak beli
Drain oli lama keluar 1.65L
Kita masukin 1.85L
Udah hitam bgt olinya, kalau ikutin beres di suruh 100rb KM aja gantinya
Thanks om AZU
Emang gitu pak. Saya dulu ganti oli cvt pas servis keempat (di sekitar 28rb)/ 2 tahun, juga udh mulai gelap.
Satu yang sering dilupa, mobil2 bensin turbo ini kan torsinya cenderung lebih tinggi, jadi harus lebih care sama transmisi dibanding mobil bensin N/A biasa.
Cuma ya poin plusnya, Toyota jarang zonk desain transmisi, jadi yaa ganti di 60-80rb biasa masih baik2 sih diatas 100rb
jadi ikutan cari Valvoline CVT jg untuk Raize, tadi siang baru kita ganti,
Odo: 55rb Km, belum pernah ganti sejak beli
Drain oli lama keluar 1.65L
Kita masukin 1.85L
Udah hitam bgt olinya, kalau ikutin beres di suruh 100rb KM aja gantinya
Thanks om AZU
om...lupa nanya...
abis ganti oli cvt....ada sesuatu yg perlu di reset / kalibrasi via obd2?
ama impresi abis ganti oli gmn?
Mobilnya apa om? Kalau Nissan dan Mitsu setahu saya direset cvt fluid deterioration nya. Kalau utk CVT Toyota yg lama2 sih ga perlu ada yg direset, tp pernah baca service manual utk yg keluaran baru dia ada yg direset saat pengisian fluida baru.
kalo sy avanza cvt...masih lama sih utk ganti oli cvt...cm kepingin tau aja
liat2 di YT ada prosedur oil pressure callibration via obd2...ntah kalo abis ganti oli cvt trs jalanin / ga jalanin kalibrasi ini apa efeknya ya
azu wrote: Wed Jul 17, 2024 14:32
Akhirnya CVT Fluid Valvoline diskonan datang
IMG_20240717_212119.jpg
IMG_20240717_212146.jpg
Produksi 2022, kondisi botol masih oke bahkan yg 6 masih di dus tersegel.
Hanya aromanya tercium wangi jus jambu
Rencananya sabtu ini mau kuras dan ganti strainer CVT utk Nav1, mudah2an cocok dengan transmisinya
Karna liat postingan om AZU
jadi ikutan cari Valvoline CVT jg untuk Raize, tadi siang baru kita ganti,
Odo: 55rb Km, belum pernah ganti sejak beli
Drain oli lama keluar 1.65L
Kita masukin 1.85L
Udah hitam bgt olinya, kalau ikutin beres di suruh 100rb KM aja gantinya
Thanks om AZU
Emang gitu pak. Saya dulu ganti oli cvt pas servis keempat (di sekitar 28rb)/ 2 tahun, juga udh mulai gelap.
Satu yang sering dilupa, mobil2 bensin turbo ini kan torsinya cenderung lebih tinggi, jadi harus lebih care sama transmisi dibanding mobil bensin N/A biasa.
Cuma ya poin plusnya, Toyota jarang zonk desain transmisi, jadi yaa ganti di 60-80rb biasa masih baik2 sih diatas 100rb
Gak juga mbah.
Selama design nya msh pakai steel belt, tetap lbh rentan mrotol klo perawatan gak rutin ganti cvt.
Toyota masih pakai CVT baru 1 dekade ke belakang, itupun penggunanya gak semasif mobil yg dah implement cvt dr thn 2003 spt honda gd3
Beda sama CVT pakai chain belt spt subaru punya.
Relatif lbh robust, krn designnya chain belt.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
kalo sy avanza cvt...masih lama sih utk ganti oli cvt...cm kepingin tau aja
liat2 di YT ada prosedur oil pressure callibration via obd2...ntah kalo abis ganti oli cvt trs jalanin / ga jalanin kalibrasi ini apa efeknya ya
saya sudah cek service manual, untuk CVT Toyota ada beberapa yg bisa dilakukan initialization atau kalibrasi ulang, yaitu
- Kalibrasi deceleration sensor / yaw rate sensor. Dilakukan apabila dilakukan penggantian deceleration sensor / yaw rate sensor
- Kalibrasi CVT Oil Pressure. Dilakukan apabila dilakukan penggantian Oil Pressure Sensor.
Semua kalibrasi diatas dilakukan apabila dilakukan penggantian Transmission Unit, ECM, dan sensor-sensor terkait.
Kalau melakukan penggantian fluida saja tidak perlu kalibrasi ulang om.
alvin23 wrote: Wed Jul 24, 2024 3:30
Emang gitu pak. Saya dulu ganti oli cvt pas servis keempat (di sekitar 28rb)/ 2 tahun, juga udh mulai gelap.
Satu yang sering dilupa, mobil2 bensin turbo ini kan torsinya cenderung lebih tinggi, jadi harus lebih care sama transmisi dibanding mobil bensin N/A biasa.
Cuma ya poin plusnya, Toyota jarang zonk desain transmisi, jadi yaa ganti di 60-80rb biasa masih baik2 sih diatas 100rb
pas kemarin di bengkel, si owner bilang juga untuk transmisi CVT Toyota itu tergolong lebih badak dibandingkan punya Honda dan Nissan, padahal sebelumnya dia juga kerja di HPPM (Pabrik Transmisinya Honda)
Di bengkel dia paling sering yg dateng CVT jebol ya punya Honda yg mesin L15 seperti Mobilio, HRV, BRV.
Past
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD
Current
2013 Toyota ZRR70R-APXEPD
Disclaimer:
Hanya berbagi informasi, bukan ajakan untuk membeli. Buy at your own risk. Keputusan ada di diri Anda sendiri.
kalo sy avanza cvt...masih lama sih utk ganti oli cvt...cm kepingin tau aja
liat2 di YT ada prosedur oil pressure callibration via obd2...ntah kalo abis ganti oli cvt trs jalanin / ga jalanin kalibrasi ini apa efeknya ya
saya sudah cek service manual, untuk CVT Toyota ada beberapa yg bisa dilakukan initialization atau kalibrasi ulang, yaitu
- Kalibrasi deceleration sensor / yaw rate sensor. Dilakukan apabila dilakukan penggantian deceleration sensor / yaw rate sensor
- Kalibrasi CVT Oil Pressure. Dilakukan apabila dilakukan penggantian Oil Pressure Sensor.
Semua kalibrasi diatas dilakukan apabila dilakukan penggantian Transmission Unit, ECM, dan sensor-sensor terkait.
Kalau melakukan penggantian fluida saja tidak perlu kalibrasi ulang om.
alvin23 wrote: Wed Jul 24, 2024 3:30
Emang gitu pak. Saya dulu ganti oli cvt pas servis keempat (di sekitar 28rb)/ 2 tahun, juga udh mulai gelap.
Satu yang sering dilupa, mobil2 bensin turbo ini kan torsinya cenderung lebih tinggi, jadi harus lebih care sama transmisi dibanding mobil bensin N/A biasa.
Cuma ya poin plusnya, Toyota jarang zonk desain transmisi, jadi yaa ganti di 60-80rb biasa masih baik2 sih diatas 100rb
pas kemarin di bengkel, si owner bilang juga untuk transmisi CVT Toyota itu tergolong lebih badak dibandingkan punya Honda dan Nissan, padahal sebelumnya dia juga kerja di HPPM (Pabrik Transmisinya Honda)
Di bengkel dia paling sering yg dateng CVT jebol ya punya Honda yg mesin L15 seperti Mobilio, HRV, BRV.
Tapi CVT honda di jual part internalnya yah om, kaya pulley dan belt untuk perbaikan? atau kaya nissan yg cuma jual glondongan?
Saya sendiri coba kesitu krn liat di IG dan pas tanya2 dulu juga enak komunikasinya untuk biaya disitu saya jasa pasang strainer dan kuras 350rb, strainernya merk transmax atau transpeed gitu ya 420rb. CVT Fluid saya bawa sendiri karena dia hanya jual merk Total.
Itu pun awalnya mau coba pasang yg ada ternyata ada sedikit perbedaan krn strainer yg di dia lebih cembung di bagian atasnya sehingga tidak bisa terpasang krn mentok body valve, akhirnya dia pesen ke temennya bengkel matic lain yg lebih datar bagian atasnya. Untung saya ga beli sendiri di marketplace sih strainernya, berabe juga kalau udah bawa sendiri eh ga bisa dipasang
Dia cerita2 aja sih karena kebetulan di bengkelnya lagi ada BRV yg abis ganti belt+pulleynya, kata dia sih setelah 2016 sudah inhouse Honda bukan buatan Bosch lagi. Intinya sih CVT mah rajin ganti fluida aja kata dia
Past
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD
Current
2013 Toyota ZRR70R-APXEPD
Disclaimer:
Hanya berbagi informasi, bukan ajakan untuk membeli. Buy at your own risk. Keputusan ada di diri Anda sendiri.
Saya sendiri coba kesitu krn liat di IG dan pas tanya2 dulu juga enak komunikasinya untuk biaya disitu saya jasa pasang strainer dan kuras 350rb, strainernya merk transmax atau transpeed gitu ya 420rb. CVT Fluid saya bawa sendiri karena dia hanya jual merk Total.
Itu pun awalnya mau coba pasang yg ada ternyata ada sedikit perbedaan krn strainer yg di dia lebih cembung di bagian atasnya sehingga tidak bisa terpasang krn mentok body valve, akhirnya dia pesen ke temennya bengkel matic lain yg lebih datar bagian atasnya. Untung saya ga beli sendiri di marketplace sih strainernya, berabe juga kalau udah bawa sendiri eh ga bisa dipasang
Dia cerita2 aja sih karena kebetulan di bengkelnya lagi ada BRV yg abis ganti belt+pulleynya, kata dia sih setelah 2016 sudah inhouse Honda bukan buatan Bosch lagi. Intinya sih CVT mah rajin ganti fluida aja kata dia
bener seh om, nyawa cvt yah di oli nya , rajin2 ganti aj, ga usa kepengaruh merek, wong gerusan besi gmana bsa ilang mo pake oli apapun jg
bahkan sebenenrya di beres honda aj sedari jaman saya piara hrv dari taon 2015 aj, beres slalu menyarankan (dgn stengah maksa) utk ganti atf per 20 rebu km, padahal waktu piara GE8, ini malah sinting, dsuru ganti pas 80 atau 100 rebu aj
Om mau tanya kalo oli gardan GL5 75W90 untuk innova jadul rekomennya pakai oli merk apa ya? sudah tanya ke Toda yg GL 75W90 adanya yg LSD semua. Kira2 aman ga ya kalo gardan non LSD di kasih oli gardan LSD?
Sebelumnya saya pakai Eneos GL5 75W90 yg harganya cukup ekonomis tapi sekarang sepertinya sdh ga ada ya? liat2 di official store marketplace eneos sdh ga ada, di tanya2 di Toda juga ga ada.
midrpm wrote: Fri Jul 26, 2024 23:07
Om mau tanya kalo oli gardan GL5 75W90 untuk innova jadul rekomennya pakai oli merk apa ya? sudah tanya ke Toda yg GL 75W90 adanya yg LSD semua. Kira2 aman ga ya kalo gardan non LSD di kasih oli gardan LSD?
Sebelumnya saya pakai Eneos GL5 75W90 yg harganya cukup ekonomis tapi sekarang sepertinya sdh ga ada ya? liat2 di official store marketplace eneos sdh ga ada, di tanya2 di Toda juga ga ada.
Oli LSD bisa dipakai di gardan non LSD, cuma harganya aja lebih mahal.
midrpm wrote: Fri Jul 26, 2024 23:07
Om mau tanya kalo oli gardan GL5 75W90 untuk innova jadul rekomennya pakai oli merk apa ya? sudah tanya ke Toda yg GL 75W90 adanya yg LSD semua. Kira2 aman ga ya kalo gardan non LSD di kasih oli gardan LSD?
Sebelumnya saya pakai Eneos GL5 75W90 yg harganya cukup ekonomis tapi sekarang sepertinya sdh ga ada ya? liat2 di official store marketplace eneos sdh ga ada, di tanya2 di Toda juga ga ada.
midrpm wrote: Fri Jul 26, 2024 23:07
Om mau tanya kalo oli gardan GL5 75W90 untuk innova jadul rekomennya pakai oli merk apa ya? sudah tanya ke Toda yg GL 75W90 adanya yg LSD semua. Kira2 aman ga ya kalo gardan non LSD di kasih oli gardan LSD?
Sebelumnya saya pakai Eneos GL5 75W90 yg harganya cukup ekonomis tapi sekarang sepertinya sdh ga ada ya? liat2 di official store marketplace eneos sdh ga ada, di tanya2 di Toda juga ga ada.
Rored HDA 90, Spirax S2A, Mobilube HD murmercrot.
Dyna di kampung pakai Rored HDA
midrpm wrote: Fri Jul 26, 2024 23:07
Om mau tanya kalo oli gardan GL5 75W90 untuk innova jadul rekomennya pakai oli merk apa ya? sudah tanya ke Toda yg GL 75W90 adanya yg LSD semua. Kira2 aman ga ya kalo gardan non LSD di kasih oli gardan LSD?
Sebelumnya saya pakai Eneos GL5 75W90 yg harganya cukup ekonomis tapi sekarang sepertinya sdh ga ada ya? liat2 di official store marketplace eneos sdh ga ada, di tanya2 di Toda juga ga ada.
midrpm wrote: Fri Jul 26, 2024 23:07
Om mau tanya kalo oli gardan GL5 75W90 untuk innova jadul rekomennya pakai oli merk apa ya? sudah tanya ke Toda yg GL 75W90 adanya yg LSD semua. Kira2 aman ga ya kalo gardan non LSD di kasih oli gardan LSD?
Sebelumnya saya pakai Eneos GL5 75W90 yg harganya cukup ekonomis tapi sekarang sepertinya sdh ga ada ya? liat2 di official store marketplace eneos sdh ga ada, di tanya2 di Toda juga ga ada.
seiken 75-90 , ud GL 5
sliter cuman 60an rebu
btw
mobil niaga apalagi ud tua, jgn tralu encer, palagi kl sering ngangkut beban atau jalan tol mulu
naek 80-90 jg ga berasa beda koq , pilihan jg lbi banyak dan murah
Saya sendiri coba kesitu krn liat di IG dan pas tanya2 dulu juga enak komunikasinya untuk biaya disitu saya jasa pasang strainer dan kuras 350rb, strainernya merk transmax atau transpeed gitu ya 420rb. CVT Fluid saya bawa sendiri karena dia hanya jual merk Total.
Itu pun awalnya mau coba pasang yg ada ternyata ada sedikit perbedaan krn strainer yg di dia lebih cembung di bagian atasnya sehingga tidak bisa terpasang krn mentok body valve, akhirnya dia pesen ke temennya bengkel matic lain yg lebih datar bagian atasnya. Untung saya ga beli sendiri di marketplace sih strainernya, berabe juga kalau udah bawa sendiri eh ga bisa dipasang
Dia cerita2 aja sih karena kebetulan di bengkelnya lagi ada BRV yg abis ganti belt+pulleynya, kata dia sih setelah 2016 sudah inhouse Honda bukan buatan Bosch lagi. Intinya sih CVT mah rajin ganti fluida aja kata dia
bener seh om, nyawa cvt yah di oli nya , rajin2 ganti aj, ga usa kepengaruh merek, wong gerusan besi gmana bsa ilang mo pake oli apapun jg
bahkan sebenenrya di beres honda aj sedari jaman saya piara hrv dari taon 2015 aj, beres slalu menyarankan (dgn stengah maksa) utk ganti atf per 20 rebu km, padahal waktu piara GE8, ini malah sinting, dsuru ganti pas 80 atau 100 rebu aj
Yak ane setuju om, kelemahan CVT dulu d belt nya yg Dari karet, sejak ganti ke steel atau chain belt, itu belt nya udah kuat, 99% gak bakal fail(pemakaian normal) yg bikin fail nya itu skrg adalah ball bearing(bola2 klahar ) nya kalau pecah/rompeng krn panas Dan gesekan. Jika ball bearing pecah/rompeng, maka posisi pully&belt berubah hingga putuslah itu steel belt/chain. Tapi org banyak salah kira, kirain yg putus itu belt nya. Coba teliti lebih detail lagi itu yg problem adalah ball bearing d dalam nya. Mau cvt apa pun itu.
Sering ganti fluid sedikit menolong lah, buat jaga lubrikasi bearing Dan mempertahan kan properties nya si fluid buat lubrikasi dan buang panas. Tapi musti ingat pada dasarnya cvt trans by design (gesekan besi ke besi)ngga se robust AT gear konvensional.
Yak ane setuju om, kelemahan CVT dulu d belt nya yg Dari karet, sejak ganti ke steel atau chain belt, itu belt nya udah kuat, 99% gak bakal fail(pemakaian normal) yg bikin fail nya itu skrg adalah ball bearing(bola2 klahar ) nya kalau pecah/rompeng krn panas Dan gesekan. Jika ball bearing pecah/rompeng, maka posisi pully&belt berubah hingga putuslah itu steel belt/chain. Tapi org banyak salah kira, kirain yg putus itu belt nya. Coba teliti lebih detail lagi itu yg problem adalah ball bearing d dalam nya. Mau cvt apa pun itu.
Sering ganti fluid sedikit menolong lah, buat jaga lubrikasi bearing Dan mempertahan kan properties nya si fluid buat lubrikasi dan buang panas. Tapi musti ingat pada dasarnya cvt trans by design (gesekan besi ke besi)ngga se robust AT gear konvensional.
kalau untuk yg Toyota, saya baca2 juga memang bagian paling lemah dari transmisi itu di bearingnya. Ini saya baca2 dari sini sih https://gearboxlist.com/toyota/k111/
Disadvantages of the Toyota K111 gearbox
The only weak point of this CVT is the low bearing life.
All other problems are related to contamination of the valve body channels and solenoids.
If you rarely renew the lubricant in the transmission, it will soon start to work jerkily.
This will lead to accelerated wear and sooner or later it will end in a broken belt.
The resource of the continuously variable transmission also depends heavily on the cleanliness of the cooling system.
Fluida kotor membuat valve body dan solenoid bermasalah, sehingga menyebabkan transmisi menjadi jerky/ndut2an dan membuat wear transmisi yang tinggi, yang kemudian menyebabkan belt rusak. Selain itu cooling system juga mempengaruhi kualitas fluida dalam transmisi.
Past
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD
Current
2013 Toyota ZRR70R-APXEPD
Disclaimer:
Hanya berbagi informasi, bukan ajakan untuk membeli. Buy at your own risk. Keputusan ada di diri Anda sendiri.
Yak ane setuju om, kelemahan CVT dulu d belt nya yg Dari karet, sejak ganti ke steel atau chain belt, itu belt nya udah kuat, 99% gak bakal fail(pemakaian normal) yg bikin fail nya itu skrg adalah ball bearing(bola2 klahar ) nya kalau pecah/rompeng krn panas Dan gesekan. Jika ball bearing pecah/rompeng, maka posisi pully&belt berubah hingga putuslah itu steel belt/chain. Tapi org banyak salah kira, kirain yg putus itu belt nya. Coba teliti lebih detail lagi itu yg problem adalah ball bearing d dalam nya. Mau cvt apa pun itu.
Sering ganti fluid sedikit menolong lah, buat jaga lubrikasi bearing Dan mempertahan kan properties nya si fluid buat lubrikasi dan buang panas. Tapi musti ingat pada dasarnya cvt trans by design (gesekan besi ke besi)ngga se robust AT gear konvensional.
kalau untuk yg Toyota, saya baca2 juga memang bagian paling lemah dari transmisi itu di bearingnya. Ini saya baca2 dari sini sih https://gearboxlist.com/toyota/k111/
Disadvantages of the Toyota K111 gearbox
The only weak point of this CVT is the low bearing life.
All other problems are related to contamination of the valve body channels and solenoids.
If you rarely renew the lubricant in the transmission, it will soon start to work jerkily.
This will lead to accelerated wear and sooner or later it will end in a broken belt.
The resource of the continuously variable transmission also depends heavily on the cleanliness of the cooling system.
Fluida kotor membuat valve body dan solenoid bermasalah, sehingga menyebabkan transmisi menjadi jerky/ndut2an dan membuat wear transmisi yang tinggi, yang kemudian menyebabkan belt rusak. Selain itu cooling system juga mempengaruhi kualitas fluida dalam transmisi.
CVT itu emang salah satu penerapan planned obsolescence
- ditambah skrg bnyk perangkat gadget
- ntar lama2 bisa bikin tiktok dan edit capcut dilengkapi kamera di dashboard buat ngonten
- product market fit untuk kaum gen-z dan gen-alpha
Makin cepet rusaknya, dan product lifecycle makin pendek, dan jalan terus.
it's all about business, dgn cara itu org beli mobil baru, at least klo dah toyota, seterusnya akan toyota.
begitupun jg dgn merk lain yg ber CVT.
suka gak suka, harus adaptasi
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri