Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t

DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27664
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by DOHC »

marmut wrote: Mon Jul 22, 2024 9:29
azu wrote: Mon Jul 22, 2024 5:52
wah ini gimana caranya mbah? :ungg:




wah, musti berguru langsung dgn ybs. syaratnya jg nggak gampang, tiap malem jumat sate kambing muda 27 tusuk pake lontong 2.
malem minggu martabak san fransisco extra wisman.
malem senin amsoil signature series 1,5 botol.
malem selasa lamb chop medium rare 3 porsi.
malem rabu teh pait panas 1 galon.
malem kamis bebek peking 7 ekor.

dilakuin 7 purnama.
lah itu sesajen di mabes mana ??

sgala wen2 siska dkk ??
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27664
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by DOHC »

marmut wrote: Mon Jul 22, 2024 5:30
Suryaputra wrote: Mon Jul 22, 2024 5:24

itu yg dilingkarin hijau,

dudukan check level-plug nya, bahan stainless or sejenisnya, gak bisa dibuka ya?




ooooo..... itu. bisa.
pake ini :



Screenshot_20240722_122817.jpg



atau ini :



Screenshot_20240722_122942.jpg
atau pake cara asemreges aj

getok pake martil


:mky_03: :mky_03: :mky_03: :mky_03: :mky_03:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
azu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1133
Joined: Tue Jun 19, 2012 18:00
Location: Bandung
Daily Vehicle: 2013 Toyota ZRR70R-APXEPD

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by azu »

MSU wrote: Tue Jul 23, 2024 23:52
FordBadak wrote: Sat Jul 20, 2024 16:11
azu wrote: Wed Jul 17, 2024 14:32 Akhirnya CVT Fluid Valvoline diskonan datang :mky_02:

IMG_20240717_212119.jpg

IMG_20240717_212146.jpg

Produksi 2022, kondisi botol masih oke bahkan yg 6 masih di dus tersegel.

Hanya aromanya tercium wangi jus jambu :big_biglaugh:

Rencananya sabtu ini mau kuras dan ganti strainer CVT utk Nav1, mudah2an cocok dengan transmisinya :mky_01:

Karna liat postingan om AZU :big_blushing:

jadi ikutan cari Valvoline CVT jg untuk Raize, tadi siang baru kita ganti,

Odo: 55rb Km, belum pernah ganti sejak beli
Drain oli lama keluar 1.65L
Kita masukin 1.85L



Udah hitam bgt olinya, kalau ikutin beres di suruh 100rb KM aja gantinya :big_think:

Thanks om AZU 🙏
om...lupa nanya...
abis ganti oli cvt....ada sesuatu yg perlu di reset / kalibrasi via obd2?
ama impresi abis ganti oli gmn?
Mobilnya apa om? Kalau Nissan dan Mitsu setahu saya direset cvt fluid deterioration nya. Kalau utk CVT Toyota yg lama2 sih ga perlu ada yg direset, tp pernah baca service manual utk yg keluaran baru dia ada yg direset saat pengisian fluida baru.
Past
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD

Current
2013 Toyota ZRR70R-APXEPD


Disclaimer:
Hanya berbagi informasi, bukan ajakan untuk membeli.
Buy at your own risk. Keputusan ada di diri Anda sendiri.
User avatar
alvin23
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2092
Joined: Mon Jan 01, 2007 2:58
Location: CGK-BDO-JOG

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by alvin23 »

FordBadak wrote: Sat Jul 20, 2024 16:11
azu wrote: Wed Jul 17, 2024 14:32 Akhirnya CVT Fluid Valvoline diskonan datang :mky_02:

IMG_20240717_212119.jpg

IMG_20240717_212146.jpg

Produksi 2022, kondisi botol masih oke bahkan yg 6 masih di dus tersegel.

Hanya aromanya tercium wangi jus jambu :big_biglaugh:

Rencananya sabtu ini mau kuras dan ganti strainer CVT utk Nav1, mudah2an cocok dengan transmisinya :mky_01:

Karna liat postingan om AZU :big_blushing:

jadi ikutan cari Valvoline CVT jg untuk Raize, tadi siang baru kita ganti,

Odo: 55rb Km, belum pernah ganti sejak beli
Drain oli lama keluar 1.65L
Kita masukin 1.85L



Udah hitam bgt olinya, kalau ikutin beres di suruh 100rb KM aja gantinya :big_think:

Thanks om AZU 🙏
Emang gitu pak. Saya dulu ganti oli cvt pas servis keempat (di sekitar 28rb)/ 2 tahun, juga udh mulai gelap.

Satu yang sering dilupa, mobil2 bensin turbo ini kan torsinya cenderung lebih tinggi, jadi harus lebih care sama transmisi dibanding mobil bensin N/A biasa.

Cuma ya poin plusnya, Toyota jarang zonk desain transmisi, jadi yaa ganti di 60-80rb biasa masih baik2 sih diatas 100rb
Rocky R ADS CVT 2021
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1861
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by MSU »

azu wrote: Wed Jul 24, 2024 2:15
MSU wrote: Tue Jul 23, 2024 23:52
FordBadak wrote: Sat Jul 20, 2024 16:11


Karna liat postingan om AZU :big_blushing:

jadi ikutan cari Valvoline CVT jg untuk Raize, tadi siang baru kita ganti,

Odo: 55rb Km, belum pernah ganti sejak beli
Drain oli lama keluar 1.65L
Kita masukin 1.85L



Udah hitam bgt olinya, kalau ikutin beres di suruh 100rb KM aja gantinya :big_think:

Thanks om AZU 🙏
om...lupa nanya...
abis ganti oli cvt....ada sesuatu yg perlu di reset / kalibrasi via obd2?
ama impresi abis ganti oli gmn?
Mobilnya apa om? Kalau Nissan dan Mitsu setahu saya direset cvt fluid deterioration nya. Kalau utk CVT Toyota yg lama2 sih ga perlu ada yg direset, tp pernah baca service manual utk yg keluaran baru dia ada yg direset saat pengisian fluida baru.
kalo sy avanza cvt...masih lama sih utk ganti oli cvt...cm kepingin tau aja
liat2 di YT ada prosedur oil pressure callibration via obd2...ntah kalo abis ganti oli cvt trs jalanin / ga jalanin kalibrasi ini apa efeknya ya
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12706
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by Suryaputra »

alvin23 wrote: Wed Jul 24, 2024 3:30
FordBadak wrote: Sat Jul 20, 2024 16:11
azu wrote: Wed Jul 17, 2024 14:32 Akhirnya CVT Fluid Valvoline diskonan datang :mky_02:

IMG_20240717_212119.jpg

IMG_20240717_212146.jpg

Produksi 2022, kondisi botol masih oke bahkan yg 6 masih di dus tersegel.

Hanya aromanya tercium wangi jus jambu :big_biglaugh:

Rencananya sabtu ini mau kuras dan ganti strainer CVT utk Nav1, mudah2an cocok dengan transmisinya :mky_01:

Karna liat postingan om AZU :big_blushing:

jadi ikutan cari Valvoline CVT jg untuk Raize, tadi siang baru kita ganti,

Odo: 55rb Km, belum pernah ganti sejak beli
Drain oli lama keluar 1.65L
Kita masukin 1.85L



Udah hitam bgt olinya, kalau ikutin beres di suruh 100rb KM aja gantinya :big_think:

Thanks om AZU 🙏
Emang gitu pak. Saya dulu ganti oli cvt pas servis keempat (di sekitar 28rb)/ 2 tahun, juga udh mulai gelap.

Satu yang sering dilupa, mobil2 bensin turbo ini kan torsinya cenderung lebih tinggi, jadi harus lebih care sama transmisi dibanding mobil bensin N/A biasa.

Cuma ya poin plusnya, Toyota jarang zonk desain transmisi, jadi yaa ganti di 60-80rb biasa masih baik2 sih diatas 100rb
Gak juga mbah.
Selama design nya msh pakai steel belt, tetap lbh rentan mrotol klo perawatan gak rutin ganti cvt.

Toyota masih pakai CVT baru 1 dekade ke belakang, itupun penggunanya gak semasif mobil yg dah implement cvt dr thn 2003 spt honda gd3 :big_childish:

Beda sama CVT pakai chain belt spt subaru punya.
Relatif lbh robust, krn designnya chain belt.

Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
azu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1133
Joined: Tue Jun 19, 2012 18:00
Location: Bandung
Daily Vehicle: 2013 Toyota ZRR70R-APXEPD

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by azu »

MSU wrote: Wed Jul 24, 2024 4:26

kalo sy avanza cvt...masih lama sih utk ganti oli cvt...cm kepingin tau aja
liat2 di YT ada prosedur oil pressure callibration via obd2...ntah kalo abis ganti oli cvt trs jalanin / ga jalanin kalibrasi ini apa efeknya ya
saya sudah cek service manual, untuk CVT Toyota ada beberapa yg bisa dilakukan initialization atau kalibrasi ulang, yaitu
- Kalibrasi deceleration sensor / yaw rate sensor. Dilakukan apabila dilakukan penggantian deceleration sensor / yaw rate sensor
- Kalibrasi CVT Oil Pressure. Dilakukan apabila dilakukan penggantian Oil Pressure Sensor.

Semua kalibrasi diatas dilakukan apabila dilakukan penggantian Transmission Unit, ECM, dan sensor-sensor terkait.

Kalau melakukan penggantian fluida saja tidak perlu kalibrasi ulang om.

alvin23 wrote: Wed Jul 24, 2024 3:30
Emang gitu pak. Saya dulu ganti oli cvt pas servis keempat (di sekitar 28rb)/ 2 tahun, juga udh mulai gelap.

Satu yang sering dilupa, mobil2 bensin turbo ini kan torsinya cenderung lebih tinggi, jadi harus lebih care sama transmisi dibanding mobil bensin N/A biasa.

Cuma ya poin plusnya, Toyota jarang zonk desain transmisi, jadi yaa ganti di 60-80rb biasa masih baik2 sih diatas 100rb
pas kemarin di bengkel, si owner bilang juga untuk transmisi CVT Toyota itu tergolong lebih badak dibandingkan punya Honda dan Nissan, padahal sebelumnya dia juga kerja di HPPM (Pabrik Transmisinya Honda) :mky_01:

Di bengkel dia paling sering yg dateng CVT jebol ya punya Honda yg mesin L15 seperti Mobilio, HRV, BRV.
Past
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD

Current
2013 Toyota ZRR70R-APXEPD


Disclaimer:
Hanya berbagi informasi, bukan ajakan untuk membeli.
Buy at your own risk. Keputusan ada di diri Anda sendiri.
t105erd
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1652
Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by t105erd »

azu wrote: Wed Jul 24, 2024 7:03
MSU wrote: Wed Jul 24, 2024 4:26

kalo sy avanza cvt...masih lama sih utk ganti oli cvt...cm kepingin tau aja
liat2 di YT ada prosedur oil pressure callibration via obd2...ntah kalo abis ganti oli cvt trs jalanin / ga jalanin kalibrasi ini apa efeknya ya
saya sudah cek service manual, untuk CVT Toyota ada beberapa yg bisa dilakukan initialization atau kalibrasi ulang, yaitu
- Kalibrasi deceleration sensor / yaw rate sensor. Dilakukan apabila dilakukan penggantian deceleration sensor / yaw rate sensor
- Kalibrasi CVT Oil Pressure. Dilakukan apabila dilakukan penggantian Oil Pressure Sensor.

Semua kalibrasi diatas dilakukan apabila dilakukan penggantian Transmission Unit, ECM, dan sensor-sensor terkait.

Kalau melakukan penggantian fluida saja tidak perlu kalibrasi ulang om.

alvin23 wrote: Wed Jul 24, 2024 3:30
Emang gitu pak. Saya dulu ganti oli cvt pas servis keempat (di sekitar 28rb)/ 2 tahun, juga udh mulai gelap.

Satu yang sering dilupa, mobil2 bensin turbo ini kan torsinya cenderung lebih tinggi, jadi harus lebih care sama transmisi dibanding mobil bensin N/A biasa.

Cuma ya poin plusnya, Toyota jarang zonk desain transmisi, jadi yaa ganti di 60-80rb biasa masih baik2 sih diatas 100rb
pas kemarin di bengkel, si owner bilang juga untuk transmisi CVT Toyota itu tergolong lebih badak dibandingkan punya Honda dan Nissan, padahal sebelumnya dia juga kerja di HPPM (Pabrik Transmisinya Honda) :mky_01:

Di bengkel dia paling sering yg dateng CVT jebol ya punya Honda yg mesin L15 seperti Mobilio, HRV, BRV.
Tapi CVT honda di jual part internalnya yah om, kaya pulley dan belt untuk perbaikan? atau kaya nissan yg cuma jual glondongan?
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11937
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by marmut »

DOHC wrote: Wed Jul 24, 2024 1:45

lah itu sesajen di mabes mana ??

sgala wen2 siska dkk ??


dia org punya dagangan udh kurang oke koh krn jarang dikontrol. nanti ai tanya ke mod 4 hurup biar dpt yg fresh.
si mod ini punggawa langsung mabes.
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11937
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by marmut »

DOHC wrote: Wed Jul 24, 2024 1:46

atau pake cara asemreges aj

getok pake martil


:mky_03: :mky_03: :mky_03: :mky_03: :mky_03:



kita org memang jebolan asem reges, tp krn sering maen dimari jadi bonafid dikit lah cara kerjanya.....

kalo dulu buka roda pake konci palang, skr pake cordless impact. lebih cepat dan aman (sekuriti belon sadar, kita org udh jauh dari tekape).
User avatar
azu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1133
Joined: Tue Jun 19, 2012 18:00
Location: Bandung
Daily Vehicle: 2013 Toyota ZRR70R-APXEPD

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by azu »

t105erd wrote: Wed Jul 24, 2024 7:25

Tapi CVT honda di jual part internalnya yah om, kaya pulley dan belt untuk perbaikan? atau kaya nissan yg cuma jual glondongan?
dia cerita sih ada yg jual itu set pulley dan beltnya om :mky_01:

dia juga cerita kalau dulu sebelum diproduksi sendiri oleh HPPM, itu belt CVT Honda produksi Bosch
Past
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD

Current
2013 Toyota ZRR70R-APXEPD


Disclaimer:
Hanya berbagi informasi, bukan ajakan untuk membeli.
Buy at your own risk. Keputusan ada di diri Anda sendiri.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27664
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by DOHC »

azu wrote: Wed Jul 24, 2024 8:14
t105erd wrote: Wed Jul 24, 2024 7:25

Tapi CVT honda di jual part internalnya yah om, kaya pulley dan belt untuk perbaikan? atau kaya nissan yg cuma jual glondongan?
dia cerita sih ada yg jual itu set pulley dan beltnya om :mky_01:

dia juga cerita kalau dulu sebelum diproduksi sendiri oleh HPPM, itu belt CVT Honda produksi Bosch
maap oot om

bengkel yg dimaksud,

dokter mobil ya ? kata2 yg om sebutin, belt buatan bosch soalnya percis ama yg perna dmuat di yutub nya mreka
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
azu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1133
Joined: Tue Jun 19, 2012 18:00
Location: Bandung
Daily Vehicle: 2013 Toyota ZRR70R-APXEPD

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by azu »

DOHC wrote: Wed Jul 24, 2024 9:17


maap oot om

bengkel yg dimaksud,

dokter mobil ya ? kata2 yg om sebutin, belt buatan bosch soalnya percis ama yg perna dmuat di yutub nya mreka
Bukan om, ini bengkel kecil di pinggiran Bandung :mky_01:

https://bengkelmobilmatic-manshurin.com/

Saya sendiri coba kesitu krn liat di IG dan pas tanya2 dulu juga enak komunikasinya :mky_01: untuk biaya disitu saya jasa pasang strainer dan kuras 350rb, strainernya merk transmax atau transpeed gitu ya 420rb. CVT Fluid saya bawa sendiri karena dia hanya jual merk Total.

Itu pun awalnya mau coba pasang yg ada ternyata ada sedikit perbedaan krn strainer yg di dia lebih cembung di bagian atasnya sehingga tidak bisa terpasang krn mentok body valve, akhirnya dia pesen ke temennya bengkel matic lain yg lebih datar bagian atasnya. Untung saya ga beli sendiri di marketplace sih strainernya, berabe juga kalau udah bawa sendiri eh ga bisa dipasang :mky_01:


Dia cerita2 aja sih karena kebetulan di bengkelnya lagi ada BRV yg abis ganti belt+pulleynya, kata dia sih setelah 2016 sudah inhouse Honda bukan buatan Bosch lagi. Intinya sih CVT mah rajin ganti fluida aja kata dia
Past
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD

Current
2013 Toyota ZRR70R-APXEPD


Disclaimer:
Hanya berbagi informasi, bukan ajakan untuk membeli.
Buy at your own risk. Keputusan ada di diri Anda sendiri.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27664
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by DOHC »

azu wrote: Wed Jul 24, 2024 10:42

Saya sendiri coba kesitu krn liat di IG dan pas tanya2 dulu juga enak komunikasinya :mky_01: untuk biaya disitu saya jasa pasang strainer dan kuras 350rb, strainernya merk transmax atau transpeed gitu ya 420rb. CVT Fluid saya bawa sendiri karena dia hanya jual merk Total.

Itu pun awalnya mau coba pasang yg ada ternyata ada sedikit perbedaan krn strainer yg di dia lebih cembung di bagian atasnya sehingga tidak bisa terpasang krn mentok body valve, akhirnya dia pesen ke temennya bengkel matic lain yg lebih datar bagian atasnya. Untung saya ga beli sendiri di marketplace sih strainernya, berabe juga kalau udah bawa sendiri eh ga bisa dipasang :mky_01:


Dia cerita2 aja sih karena kebetulan di bengkelnya lagi ada BRV yg abis ganti belt+pulleynya, kata dia sih setelah 2016 sudah inhouse Honda bukan buatan Bosch lagi. Intinya sih CVT mah rajin ganti fluida aja kata dia
bener seh om, nyawa cvt yah di oli nya , rajin2 ganti aj, ga usa kepengaruh merek, wong gerusan besi gmana bsa ilang mo pake oli apapun jg

bahkan sebenenrya di beres honda aj sedari jaman saya piara hrv dari taon 2015 aj, beres slalu menyarankan (dgn stengah maksa) utk ganti atf per 20 rebu km, padahal waktu piara GE8, ini malah sinting, dsuru ganti pas 80 atau 100 rebu aj
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
midrpm
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 127
Joined: Sun Feb 21, 2021 19:11

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by midrpm »

Om mau tanya kalo oli gardan GL5 75W90 untuk innova jadul rekomennya pakai oli merk apa ya? sudah tanya ke Toda yg GL 75W90 adanya yg LSD semua. Kira2 aman ga ya kalo gardan non LSD di kasih oli gardan LSD?

Sebelumnya saya pakai Eneos GL5 75W90 yg harganya cukup ekonomis tapi sekarang sepertinya sdh ga ada ya? liat2 di official store marketplace eneos sdh ga ada, di tanya2 di Toda juga ga ada.
tatando
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 154
Joined: Wed Sep 23, 2020 4:14
Location: Jakarta
Daily Vehicle: XJ 97

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by tatando »

midrpm wrote: Fri Jul 26, 2024 23:07 Om mau tanya kalo oli gardan GL5 75W90 untuk innova jadul rekomennya pakai oli merk apa ya? sudah tanya ke Toda yg GL 75W90 adanya yg LSD semua. Kira2 aman ga ya kalo gardan non LSD di kasih oli gardan LSD?

Sebelumnya saya pakai Eneos GL5 75W90 yg harganya cukup ekonomis tapi sekarang sepertinya sdh ga ada ya? liat2 di official store marketplace eneos sdh ga ada, di tanya2 di Toda juga ga ada.
Oli LSD bisa dipakai di gardan non LSD, cuma harganya aja lebih mahal.
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2576
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by sahabatq8 »

midrpm wrote: Fri Jul 26, 2024 23:07 Om mau tanya kalo oli gardan GL5 75W90 untuk innova jadul rekomennya pakai oli merk apa ya? sudah tanya ke Toda yg GL 75W90 adanya yg LSD semua. Kira2 aman ga ya kalo gardan non LSD di kasih oli gardan LSD?

Sebelumnya saya pakai Eneos GL5 75W90 yg harganya cukup ekonomis tapi sekarang sepertinya sdh ga ada ya? liat2 di official store marketplace eneos sdh ga ada, di tanya2 di Toda juga ga ada.
Q8 T65 75w90 ada di Toda
t105erd
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1652
Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by t105erd »

midrpm wrote: Fri Jul 26, 2024 23:07 Om mau tanya kalo oli gardan GL5 75W90 untuk innova jadul rekomennya pakai oli merk apa ya? sudah tanya ke Toda yg GL 75W90 adanya yg LSD semua. Kira2 aman ga ya kalo gardan non LSD di kasih oli gardan LSD?

Sebelumnya saya pakai Eneos GL5 75W90 yg harganya cukup ekonomis tapi sekarang sepertinya sdh ga ada ya? liat2 di official store marketplace eneos sdh ga ada, di tanya2 di Toda juga ga ada.
Rored HDA 90, Spirax S2A, Mobilube HD murmercrot.
Dyna di kampung pakai Rored HDA :big_biglaugh:
Chr1stm1
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 718
Joined: Wed Apr 21, 2021 9:07
Location: Bandung & Jakarta
Daily Vehicle: AN Veloz 2022 AN Rush 2018 K3VE 2012 Confero S ACT 2020 Mazda CX3

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by Chr1stm1 »

midrpm wrote: Fri Jul 26, 2024 23:07 Om mau tanya kalo oli gardan GL5 75W90 untuk innova jadul rekomennya pakai oli merk apa ya? sudah tanya ke Toda yg GL 75W90 adanya yg LSD semua. Kira2 aman ga ya kalo gardan non LSD di kasih oli gardan LSD?

Sebelumnya saya pakai Eneos GL5 75W90 yg harganya cukup ekonomis tapi sekarang sepertinya sdh ga ada ya? liat2 di official store marketplace eneos sdh ga ada, di tanya2 di Toda juga ga ada.


75w90 pake aja speedline, murmer dan sudah LSD
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27664
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by DOHC »

midrpm wrote: Fri Jul 26, 2024 23:07 Om mau tanya kalo oli gardan GL5 75W90 untuk innova jadul rekomennya pakai oli merk apa ya? sudah tanya ke Toda yg GL 75W90 adanya yg LSD semua. Kira2 aman ga ya kalo gardan non LSD di kasih oli gardan LSD?

Sebelumnya saya pakai Eneos GL5 75W90 yg harganya cukup ekonomis tapi sekarang sepertinya sdh ga ada ya? liat2 di official store marketplace eneos sdh ga ada, di tanya2 di Toda juga ga ada.
seiken 75-90 , ud GL 5

sliter cuman 60an rebu

btw

mobil niaga apalagi ud tua, jgn tralu encer, palagi kl sering ngangkut beban atau jalan tol mulu

naek 80-90 jg ga berasa beda koq , pilihan jg lbi banyak dan murah
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
RezPrat
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 550
Joined: Thu Sep 12, 2013 1:40

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by RezPrat »

DOHC wrote: Wed Jul 24, 2024 11:59
azu wrote: Wed Jul 24, 2024 10:42

Saya sendiri coba kesitu krn liat di IG dan pas tanya2 dulu juga enak komunikasinya :mky_01: untuk biaya disitu saya jasa pasang strainer dan kuras 350rb, strainernya merk transmax atau transpeed gitu ya 420rb. CVT Fluid saya bawa sendiri karena dia hanya jual merk Total.

Itu pun awalnya mau coba pasang yg ada ternyata ada sedikit perbedaan krn strainer yg di dia lebih cembung di bagian atasnya sehingga tidak bisa terpasang krn mentok body valve, akhirnya dia pesen ke temennya bengkel matic lain yg lebih datar bagian atasnya. Untung saya ga beli sendiri di marketplace sih strainernya, berabe juga kalau udah bawa sendiri eh ga bisa dipasang :mky_01:


Dia cerita2 aja sih karena kebetulan di bengkelnya lagi ada BRV yg abis ganti belt+pulleynya, kata dia sih setelah 2016 sudah inhouse Honda bukan buatan Bosch lagi. Intinya sih CVT mah rajin ganti fluida aja kata dia
bener seh om, nyawa cvt yah di oli nya , rajin2 ganti aj, ga usa kepengaruh merek, wong gerusan besi gmana bsa ilang mo pake oli apapun jg

bahkan sebenenrya di beres honda aj sedari jaman saya piara hrv dari taon 2015 aj, beres slalu menyarankan (dgn stengah maksa) utk ganti atf per 20 rebu km, padahal waktu piara GE8, ini malah sinting, dsuru ganti pas 80 atau 100 rebu aj
Yak ane setuju om, kelemahan CVT dulu d belt nya yg Dari karet, sejak ganti ke steel atau chain belt, itu belt nya udah kuat, 99% gak bakal fail(pemakaian normal) yg bikin fail nya itu skrg adalah ball bearing(bola2 klahar ) nya kalau pecah/rompeng krn panas Dan gesekan. Jika ball bearing pecah/rompeng, maka posisi pully&belt berubah hingga putuslah itu steel belt/chain. Tapi org banyak salah kira, kirain yg putus itu belt nya. Coba teliti lebih detail lagi itu yg problem adalah ball bearing d dalam nya. Mau cvt apa pun itu.

Sering ganti fluid sedikit menolong lah, buat jaga lubrikasi bearing Dan mempertahan kan properties nya si fluid buat lubrikasi dan buang panas. Tapi musti ingat pada dasarnya cvt trans by design (gesekan besi ke besi)ngga se robust AT gear konvensional.
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5963
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by sintoni »

midrpm wrote: Fri Jul 26, 2024 23:07
75W90 sama SAE90 kalau di Indo ga beda sih keencerannya.

Kalau base oil yg dipake ga tau dah.

Pake Rored HDA aja aman sih.
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2576
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by sahabatq8 »

sintoni wrote: Sun Jul 28, 2024 10:32
midrpm wrote: Fri Jul 26, 2024 23:07
75W90 sama SAE90 kalau di Indo ga beda sih keencerannya.

Kalau base oil yg dipake ga tau dah.

Pake Rored HDA aja aman sih.
Beda proteksi dan ketahanan olinya aja. Tapi ya 75w90 juga belom tentu jaminan mutu
User avatar
azu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1133
Joined: Tue Jun 19, 2012 18:00
Location: Bandung
Daily Vehicle: 2013 Toyota ZRR70R-APXEPD

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by azu »

RezPrat wrote: Sun Jul 28, 2024 1:59

Yak ane setuju om, kelemahan CVT dulu d belt nya yg Dari karet, sejak ganti ke steel atau chain belt, itu belt nya udah kuat, 99% gak bakal fail(pemakaian normal) yg bikin fail nya itu skrg adalah ball bearing(bola2 klahar ) nya kalau pecah/rompeng krn panas Dan gesekan. Jika ball bearing pecah/rompeng, maka posisi pully&belt berubah hingga putuslah itu steel belt/chain. Tapi org banyak salah kira, kirain yg putus itu belt nya. Coba teliti lebih detail lagi itu yg problem adalah ball bearing d dalam nya. Mau cvt apa pun itu.

Sering ganti fluid sedikit menolong lah, buat jaga lubrikasi bearing Dan mempertahan kan properties nya si fluid buat lubrikasi dan buang panas. Tapi musti ingat pada dasarnya cvt trans by design (gesekan besi ke besi)ngga se robust AT gear konvensional.
kalau untuk yg Toyota, saya baca2 juga memang bagian paling lemah dari transmisi itu di bearingnya. Ini saya baca2 dari sini sih https://gearboxlist.com/toyota/k111/
Disadvantages of the Toyota K111 gearbox
  • The only weak point of this CVT is the low bearing life.
  • All other problems are related to contamination of the valve body channels and solenoids.
  • If you rarely renew the lubricant in the transmission, it will soon start to work jerkily.
  • This will lead to accelerated wear and sooner or later it will end in a broken belt.
  • The resource of the continuously variable transmission also depends heavily on the cleanliness of the cooling system.
Fluida kotor membuat valve body dan solenoid bermasalah, sehingga menyebabkan transmisi menjadi jerky/ndut2an dan membuat wear transmisi yang tinggi, yang kemudian menyebabkan belt rusak. Selain itu cooling system juga mempengaruhi kualitas fluida dalam transmisi.
Past
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD

Current
2013 Toyota ZRR70R-APXEPD


Disclaimer:
Hanya berbagi informasi, bukan ajakan untuk membeli.
Buy at your own risk. Keputusan ada di diri Anda sendiri.
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12706
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by Suryaputra »

azu wrote: Mon Jul 29, 2024 1:59
RezPrat wrote: Sun Jul 28, 2024 1:59

Yak ane setuju om, kelemahan CVT dulu d belt nya yg Dari karet, sejak ganti ke steel atau chain belt, itu belt nya udah kuat, 99% gak bakal fail(pemakaian normal) yg bikin fail nya itu skrg adalah ball bearing(bola2 klahar ) nya kalau pecah/rompeng krn panas Dan gesekan. Jika ball bearing pecah/rompeng, maka posisi pully&belt berubah hingga putuslah itu steel belt/chain. Tapi org banyak salah kira, kirain yg putus itu belt nya. Coba teliti lebih detail lagi itu yg problem adalah ball bearing d dalam nya. Mau cvt apa pun itu.

Sering ganti fluid sedikit menolong lah, buat jaga lubrikasi bearing Dan mempertahan kan properties nya si fluid buat lubrikasi dan buang panas. Tapi musti ingat pada dasarnya cvt trans by design (gesekan besi ke besi)ngga se robust AT gear konvensional.
kalau untuk yg Toyota, saya baca2 juga memang bagian paling lemah dari transmisi itu di bearingnya. Ini saya baca2 dari sini sih https://gearboxlist.com/toyota/k111/
Disadvantages of the Toyota K111 gearbox
  • The only weak point of this CVT is the low bearing life.
  • All other problems are related to contamination of the valve body channels and solenoids.
  • If you rarely renew the lubricant in the transmission, it will soon start to work jerkily.
  • This will lead to accelerated wear and sooner or later it will end in a broken belt.
  • The resource of the continuously variable transmission also depends heavily on the cleanliness of the cooling system.
Fluida kotor membuat valve body dan solenoid bermasalah, sehingga menyebabkan transmisi menjadi jerky/ndut2an dan membuat wear transmisi yang tinggi, yang kemudian menyebabkan belt rusak. Selain itu cooling system juga mempengaruhi kualitas fluida dalam transmisi.
CVT itu emang salah satu penerapan planned obsolescence
- ditambah skrg bnyk perangkat gadget
- ntar lama2 bisa bikin tiktok dan edit capcut dilengkapi kamera di dashboard buat ngonten
- product market fit untuk kaum gen-z dan gen-alpha
Makin cepet rusaknya, dan product lifecycle makin pendek, dan jalan terus.

:big_biglaugh: :big_biglaugh:

it's all about business, dgn cara itu org beli mobil baru,
at least klo dah toyota, seterusnya akan toyota.

begitupun jg dgn merk lain yg ber CVT.

suka gak suka, harus adaptasi :ngacir:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri