Santa Fe MX Hybrid AWD 6 seaters review

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

vincewonk
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 661
Joined: Wed Dec 26, 2007 19:33
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Gojek

Santa Fe MX Hybrid AWD 6 seaters review

Post by vincewonk »

Background:
Mertua salah satu yg demen beli santa fe, ini udah ketiga kali dia punya santa fe, sblmnya CM, DM, kemudian lama absen dan sekarang MX.
Kbetulan lagi lahiran anak disini dan eh mertua jemput pakai MX.
dia udah inden 1 tahun buat unit ini, ktnya buat bawa cucu. sebelumnya dia pakai Ssangyong Musso 25thn dan 2018 dia beli Rexton sports dcab karena dia kerjanya kontraktor pabrik dan ga bisa masuk kota dengan mobil diesel tua yg emisinya busuk banget.
WhatsApp Image 2024-08-05 at 15.26.43_617cda3e.jpg
Interior
menurut saya poin plus mobil ini paling utama ada disini. bentuknya yang kotak itu bikin lega banget didalam. dan optionnya juga lengkap banget.
peredaman suaranya juga plus banget dan menurut saya lebih baik daripada palisade yang sekarang. dengan menggunakan hp saya ukur 0.5db lebih rendah. dalam keadaan yg sama tentunya. dan akhirnya menurut saya santa fe 7 seaternya tidak banci lagi di versi yg ini. space buat belakangnya akhirnya cukup buat orang dewasa indonesia pada umumnya 170-an. yg dulu sih harus jujur kursinya sampah dan super jongkok. spek mertua ini 6 seater dan tengahnya captain seat, lagi2 comparable juga dengan palisade. mungkin nanti new palisade pasti lebih bagus lagi. yg bagus juga slidingnya jauh bgt.

lampu kabin yg memanjang juga sangat berguna kalau keadaan gelap, jadi lebih rata dan guna banget dipakai camping. dual cup holder di pintu belakang juga bagus, kecuali tombol heater kursi yg terlalu dekat dengan power window, kadang jd salah pencet.

massage seatnya juga bisa pijat bagian bawah dan atas, sayangnya sandaran kepala kursinya jujur terlalu keluar dan malah bikin ga enak di long distance. padahal selain headresetnya kursinya surprisingly sangat ergonomis, dan comparable ke volvo.

leather seatnya juga bagus di trim ini, katanya nappa dan memang lunak sejuk, tapi sori itu panel kayunya bener2 jelek dan mirip kayu olympic abal2. dan warna leather seatnya cepet kotor, ini yg baru 3000km aj sudah tercoreng.

patut di acungi jempol juga hyundai masih banyak pakai physical button daripada vw yg banyak pakai capacitive button, saya sampe bingung pas rental golf di jerman, bener2 kacau sih.

center consolenya juga sangat kerasa aura EVnya dengan double deck, ini sih saya suka jd lega. yg saya ga suka itu justru cluster acnya yang beberapa kali bikin silau pas siang bolong karena mantul seperti ada org idiot yg taruh cermin disitu. no comment about this stupid obsession with glossy surface. bagusnya lagi console box bs dibuka kiri kanan juga. yg unik juga gloveboxnya salah satunya ada yg berfungsi sbg uv sterilizer, mungkin dia siap2 ada covid lain lagi. sayangnya di manualnya cuma berfungsi pas ditutup.

dua tombol sunroof didepan juga bagus jadi driver bisa kontrol dua2nya.

Exterior
menurut saya ini santa fe paling gagah karena boxy. belakangnya juga menurut saya bagus, tp pengalaman saya kalau desain mobil yg ktnya mahal mirip mobil yg murah biasanya kartu mati di indonesia. jd keinget jaman pajero ditembak panther dan jadinya org gengsi pakai. disini banyak orang yg bilang belakangnya seperti carry jaman dulu ktnya. entah kenapa ketika parkir sbelahan dengan defender sangat kerasa miripnya siluet bodinya. cuma jelas bagus defender jg sihhahaha.

poin yg saya suka ada handle di bodi luar untuk membantu taruh barang di atap. di pilar B. DRL H menurut saya terlalu berlebihan didepan dan dibelakang. khususnya yang lampu belakang.

Performance and handling
buat para pemuja diesel, selamat malam dan bye2. sudah tidak ada lagi diesel. sekarang santa fe pakai hybrid bensin, ini juga yang dipakai sama kia carnival terbaru. jujur kalau anda pernah pakai toyota hybrid, refinementnya toyota lebih sip sih. ini transisi bensin ke hybridnya masih terasa. tidak terlalu efisien juga, regen brakingnya khususnya. tapi dibanding dieselnya dulu, masi ok lah. dan terasa mobil normal. fuel consumptionnya juga cukup baik khususnya dalam kota. beberapa kali bisa 19-20km/L. dan ini versi plug in hybrid, tp rangenya cukup mengenaskan sih. real lifenya best itu sekitar 30-33km saja. salah satu yg paling pendek yg pernah saya coba di 2024 ini. mungkin faktor cuaca winter jg mengurangi rangenya karena klaimnya di kisaran 40km-an

yg justru payah konsumsi bensinnya ada di jalan tol kadang digeber2 bisa 10km/L. masih lebih efisien cvtnya toyota hybrid, tp kalo memang yg dicari rasa normal, nah ini plusnya rpmnya betulan naik turun dan bener2 spt rasa bawa mobil biasa. yg unik juga paddle shiftnya berfungsi sbg regen braking untuk mode eco dan normal, tapi di sport dia benar2 bisa up/downshift.

setup suspensinya enak buat nyari comfort, toh ini family suv. yg bs dibanggakan ternyata steeringnya yg cukup akurat. sori biasanya hyundai kia steering feelnya agak2 sampah spt unpredictable. tapi mereka banyak improvement disini. salut buat mereka. yang sangat disayangkan setup suspensinya ketika full load cenderung amblas dan agak bouncy. disini sempet saya isi 6 org plus 6 koper, simulasi aj buat customer indo yg kadang overload. tp ketika diisi 6 tanpa bagasi semuanya masi ok sih.

yang sangat disayangkan differentialnya agak downgrade dibanding DM dulu, unit mertua ini juga kbetulan awd. dan jujur ketika ke rumah neneknya istri, beberapa kali MX agak kesulitan transfer tenaganya ke roda yg perlu traksi. dan DM sepupunya didepan justru lewat tanpa kesulitan karena lebih bagus power transfernya ke roda yg punya traksi.

performancenya juga jangan berharap banyak, ini jauh lebih lambat drpd crv hybrid. sempet iseng2 ngukur pakai apps hp best timenya hampir 9 detik. di kisaran 8.1-8.2.

Kesimpulannya mobil ini juara buat yg cari space besar, pengen defender tp budget ngepas, mobil yg cukup irit dan ride quality nyaman. dengan harga 400jt disini, mobil ini sangat worth sih. dan sangat comparable dengan palisade (tapi denger2 mau ada next gen lagi).

ga tau pricing di indonesia berapa dan spec mana yg masuk
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Last edited by vincewonk on Mon Aug 05, 2024 9:32, edited 2 times in total.
vincewonk
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 661
Joined: Wed Dec 26, 2007 19:33
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Gojek

Re: Santa Fe MX review

Post by vincewonk »

foto2 tambahan interiornya
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Sak1
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: Sun Oct 09, 2022 17:08
Location: Jakarta, Indonesia
Daily Vehicle: None

Re: Santa Fe MX Hybrid AWD 6 seaters review

Post by Sak1 »

Nice review om :off_good_job:
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2300
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Santa Fe MX Hybrid AWD 6 seaters review

Post by sahabatq8 »

Keren reviewnya :big_exellent:
speedfreak
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 295
Joined: Tue Jul 31, 2007 8:07

Re: Santa Fe MX Hybrid AWD 6 seaters review

Post by speedfreak »

vincewonk wrote: Mon Aug 05, 2024 9:19 Background:
Mertua salah satu yg demen beli santa fe, ini udah ketiga kali dia punya santa fe, sblmnya CM, DM, kemudian lama absen dan sekarang MX.
Kbetulan lagi lahiran anak disini dan eh mertua jemput pakai MX.
dia udah inden 1 tahun buat unit ini, ktnya buat bawa cucu. sebelumnya dia pakai Ssangyong Musso 25thn dan 2018 dia beli Rexton sports dcab karena dia kerjanya kontraktor pabrik dan ga bisa masuk kota dengan mobil diesel tua yg emisinya busuk banget.

WhatsApp Image 2024-08-05 at 15.26.43_617cda3e.jpg

Interior
menurut saya poin plus mobil ini paling utama ada disini. bentuknya yang kotak itu bikin lega banget didalam. dan optionnya juga lengkap banget.
peredaman suaranya juga plus banget dan menurut saya lebih baik daripada palisade yang sekarang. dengan menggunakan hp saya ukur 0.5db lebih rendah. dalam keadaan yg sama tentunya. dan akhirnya menurut saya santa fe 7 seaternya tidak banci lagi di versi yg ini. space buat belakangnya akhirnya cukup buat orang dewasa indonesia pada umumnya 170-an. yg dulu sih harus jujur kursinya sampah dan super jongkok. spek mertua ini 6 seater dan tengahnya captain seat, lagi2 comparable juga dengan palisade. mungkin nanti new palisade pasti lebih bagus lagi. yg bagus juga slidingnya jauh bgt.

lampu kabin yg memanjang juga sangat berguna kalau keadaan gelap, jadi lebih rata dan guna banget dipakai camping. dual cup holder di pintu belakang juga bagus, kecuali tombol heater kursi yg terlalu dekat dengan power window, kadang jd salah pencet.

massage seatnya juga bisa pijat bagian bawah dan atas, sayangnya sandaran kepala kursinya jujur terlalu keluar dan malah bikin ga enak di long distance. padahal selain headresetnya kursinya surprisingly sangat ergonomis, dan comparable ke volvo.

leather seatnya juga bagus di trim ini, katanya nappa dan memang lunak sejuk, tapi sori itu panel kayunya bener2 jelek dan mirip kayu olympic abal2. dan warna leather seatnya cepet kotor, ini yg baru 3000km aj sudah tercoreng.

patut di acungi jempol juga hyundai masih banyak pakai physical button daripada vw yg banyak pakai capacitive button, saya sampe bingung pas rental golf di jerman, bener2 kacau sih.

center consolenya juga sangat kerasa aura EVnya dengan double deck, ini sih saya suka jd lega. yg saya ga suka itu justru cluster acnya yang beberapa kali bikin silau pas siang bolong karena mantul seperti ada org idiot yg taruh cermin disitu. no comment about this stupid obsession with glossy surface. bagusnya lagi console box bs dibuka kiri kanan juga. yg unik juga gloveboxnya salah satunya ada yg berfungsi sbg uv sterilizer, mungkin dia siap2 ada covid lain lagi. sayangnya di manualnya cuma berfungsi pas ditutup.

dua tombol sunroof didepan juga bagus jadi driver bisa kontrol dua2nya.

Exterior
menurut saya ini santa fe paling gagah karena boxy. belakangnya juga menurut saya bagus, tp pengalaman saya kalau desain mobil yg ktnya mahal mirip mobil yg murah biasanya kartu mati di indonesia. jd keinget jaman pajero ditembak panther dan jadinya org gengsi pakai. disini banyak orang yg bilang belakangnya seperti carry jaman dulu ktnya. entah kenapa ketika parkir sbelahan dengan defender sangat kerasa miripnya siluet bodinya. cuma jelas bagus defender jg sihhahaha.

poin yg saya suka ada handle di bodi luar untuk membantu taruh barang di atap. di pilar B. DRL H menurut saya terlalu berlebihan didepan dan dibelakang. khususnya yang lampu belakang.

Performance and handling
buat para pemuja diesel, selamat malam dan bye2. sudah tidak ada lagi diesel. sekarang santa fe pakai hybrid bensin, ini juga yang dipakai sama kia carnival terbaru. jujur kalau anda pernah pakai toyota hybrid, refinementnya toyota lebih sip sih. ini transisi bensin ke hybridnya masih terasa. tidak terlalu efisien juga, regen brakingnya khususnya. tapi dibanding dieselnya dulu, masi ok lah. dan terasa mobil normal. fuel consumptionnya juga cukup baik khususnya dalam kota. beberapa kali bisa 19-20km/L. dan ini versi plug in hybrid, tp rangenya cukup mengenaskan sih. real lifenya best itu sekitar 30-33km saja. salah satu yg paling pendek yg pernah saya coba di 2024 ini. mungkin faktor cuaca winter jg mengurangi rangenya karena klaimnya di kisaran 40km-an

yg justru payah konsumsi bensinnya ada di jalan tol kadang digeber2 bisa 10km/L. masih lebih efisien cvtnya toyota hybrid, tp kalo memang yg dicari rasa normal, nah ini plusnya rpmnya betulan naik turun dan bener2 spt rasa bawa mobil biasa. yg unik juga paddle shiftnya berfungsi sbg regen braking untuk mode eco dan normal, tapi di sport dia benar2 bisa up/downshift.

setup suspensinya enak buat nyari comfort, toh ini family suv. yg bs dibanggakan ternyata steeringnya yg cukup akurat. sori biasanya hyundai kia steering feelnya agak2 sampah spt unpredictable. tapi mereka banyak improvement disini. salut buat mereka. yang sangat disayangkan setup suspensinya ketika full load cenderung amblas dan agak bouncy. disini sempet saya isi 6 org plus 6 koper, simulasi aj buat customer indo yg kadang overload. tp ketika diisi 6 tanpa bagasi semuanya masi ok sih.

yang sangat disayangkan differentialnya agak downgrade dibanding DM dulu, unit mertua ini juga kbetulan awd. dan jujur ketika ke rumah neneknya istri, beberapa kali MX agak kesulitan transfer tenaganya ke roda yg perlu traksi. dan DM sepupunya didepan justru lewat tanpa kesulitan karena lebih bagus power transfernya ke roda yg punya traksi.

performancenya juga jangan berharap banyak, ini jauh lebih lambat drpd crv hybrid. sempet iseng2 ngukur pakai apps hp best timenya hampir 9 detik. di kisaran 8.1-8.2.

Kesimpulannya mobil ini juara buat yg cari space besar, pengen defender tp budget ngepas, mobil yg cukup irit dan ride quality nyaman. dengan harga 400jt disini, mobil ini sangat worth sih. dan sangat comparable dengan palisade (tapi denger2 mau ada next gen lagi).

ga tau pricing di indonesia berapa dan spec mana yg masuk
Nice review om
Ini di negara mana? South korea kah ?

Santa Fe MX ini salah dua mobil yang tadinya sempat mau dilihat dan ditunggu kehadirannya di GIIAS 2024 tapi ternyata gak nongol.
Kalo baca review ini berarti lumayan beda jauh ya refinement interiornya dibanding gen sebelumnya.
Tapi apakah di sana mobilnya selaris itu kah sampai indent nya 1 tahun?
vincewonk
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 661
Joined: Wed Dec 26, 2007 19:33
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Gojek

Re: Santa Fe MX Hybrid AWD 6 seaters review

Post by vincewonk »

speedfreak wrote: Mon Aug 05, 2024 15:31 Nice review om
Ini di negara mana? South korea kah ?

Santa Fe MX ini salah dua mobil yang tadinya sempat mau dilihat dan ditunggu kehadirannya di GIIAS 2024 tapi ternyata gak nongol.
Kalo baca review ini berarti lumayan beda jauh ya refinement interiornya dibanding gen sebelumnya.
Tapi apakah di sana mobilnya selaris itu kah sampai indent nya 1 tahun?
Di korea, MX ini laris bgt stelah sblmnya TM salesnya disalip sorento. Betul saya agak amaze mereka akhirnya bs improve steering feelnya jd cukup akurat. Belum sebagus honda, tp sudah ke arah yg benar.

Dari dulu hyundai kia selalu jualannya space lega, kedap, nyaman, harga terjangkau fitur bagus.
Tapi ga pernah bisa bikin steering rack punya feel yg akurat, feeling rem yang gradual.

Sayangnya saya masih pesimis apa kaki2nya kuat di jalan keriting :big_weee: saya penasaran sama pricing di indo, di korea sana sih pricingn fitur dan barangnya pas banget.
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4809
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Santa Fe MX Hybrid AWD 6 seaters review

Post by Pboyz97 »

nice review om. desainnya memang cakep walaupun bagian belakangnya bukan selera semua orang (termasuk saya) hehehe + improvementnya jg lumayan jauh jg ya dibanding gen sblmnya terutama di interior
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
AbdulHakim
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1689
Joined: Sun Mar 21, 2021 23:59
Location: Indonesia

Re: Santa Fe MX Hybrid AWD 6 seaters review

Post by AbdulHakim »

Tuas persneling di kolom setir apakah rentan tersenggol ga sengaja om?
emang siy di bbrp mobil eropa ada yg seperti itu, tapi skrg khan balik lagi ke tengah di area dekat center console.
kemalmakbar
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 155
Joined: Tue Oct 10, 2017 12:24
Location: Surabaya, Jawa Timur

Re: Santa Fe MX Hybrid AWD 6 seaters review

Post by kemalmakbar »

Review yang impresif, om! Eksterior Santa Fe yang generasi baru ini menurut saya lebih gagah daripada generasi ke-4nya, terutama dari tampang depannya, meski sisi belakangnya jujur saja, saya kurang sreg. Kemudian, interiornya futuristis dan mewah buat saya, terutama di sektor dashboardnya.
mkamil
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 235
Joined: Tue Aug 06, 2019 14:02
Daily Vehicle: 1VD - L15Z - FB25

Re: Santa Fe MX Hybrid AWD 6 seaters review

Post by mkamil »

harga berapa nih masuk indo ya, kayaknya sampai 800an dgn fitur lebih sedikit dari korea market
vincewonk
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 661
Joined: Wed Dec 26, 2007 19:33
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Gojek

Re: Santa Fe MX Hybrid AWD 6 seaters review

Post by vincewonk »

AbdulHakim wrote: Tue Aug 06, 2024 0:59 Tuas persneling di kolom setir apakah rentan tersenggol ga sengaja om?
emang siy di bbrp mobil eropa ada yg seperti itu, tapi skrg khan balik lagi ke tengah di area dekat center console.
Saya sih 178 aman2 aj om space melimpah dan tuas persenelingnya fixed om ga bs naik turun. Cara dia ganti gesr itu di twist seperti wiper. Agak aneh di awal2 tapi stelah 2 hari saya kebiasa juga.
AbdulHakim
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1689
Joined: Sun Mar 21, 2021 23:59
Location: Indonesia

Re: Santa Fe MX Hybrid AWD 6 seaters review

Post by AbdulHakim »

vincewonk wrote: Tue Aug 06, 2024 5:17
AbdulHakim wrote: Tue Aug 06, 2024 0:59 Tuas persneling di kolom setir apakah rentan tersenggol ga sengaja om?
emang siy di bbrp mobil eropa ada yg seperti itu, tapi skrg khan balik lagi ke tengah di area dekat center console.
Saya sih 178 aman2 aj om space melimpah dan tuas persenelingnya fixed om ga bs naik turun. Cara dia ganti gesr itu di twist seperti wiper. Agak aneh di awal2 tapi stelah 2 hari saya kebiasa juga.
oalah diputer toh, saya kira didorong atas bawah kayak wiper atau lampu sein :big_biglaugh:
okay-okay nice inpo :big_okay:
thanks ya om
f1rstmistake
Visitor
Visitor
Posts: 3
Joined: Mon Aug 05, 2024 1:22

Re: Santa Fe MX Hybrid AWD 6 seaters review

Post by f1rstmistake »

mkamil wrote: Tue Aug 06, 2024 4:13 harga berapa nih masuk indo ya, kayaknya sampai 800an dgn fitur lebih sedikit dari korea market
Kayaknya bisa lebih kata org sales Honda. Mungkin 850.

Cuma ini jadi kelihatan bongsor yah. Buat daily driver lebih better ini atau crv hybrid ya?
faizzz
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 368
Joined: Sun Aug 04, 2019 9:28
Location: Yogyakarta

Re: Santa Fe MX Hybrid AWD 6 seaters review

Post by faizzz »

vincewonk wrote: Tue Aug 06, 2024 5:17
Saya sih 178 aman2 aj om space melimpah dan tuas persenelingnya fixed om ga bs naik turun. Cara dia ganti gesr itu di twist seperti wiper. Agak aneh di awal2 tapi stelah 2 hari saya kebiasa juga.
Ioniq pake model begitu, kemarin coba Kona yang baru sama pake begitu juga, bisa jadi kedepannya model2 Hyundai ikut pake tuas yang begitu
Angelpesek
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 263
Joined: Fri Jan 19, 2018 4:05
Location: Medan
Daily Vehicle: Kia_rio

Re: Santa Fe MX Hybrid AWD 6 seaters review

Post by Angelpesek »

vincewonk wrote: Mon Aug 05, 2024 16:05
speedfreak wrote: Mon Aug 05, 2024 15:31 Nice review om
Ini di negara mana? South korea kah ?

Santa Fe MX ini salah dua mobil yang tadinya sempat mau dilihat dan ditunggu kehadirannya di GIIAS 2024 tapi ternyata gak nongol.
Kalo baca review ini berarti lumayan beda jauh ya refinement interiornya dibanding gen sebelumnya.
Tapi apakah di sana mobilnya selaris itu kah sampai indent nya 1 tahun?
Di korea, MX ini laris bgt stelah sblmnya TM salesnya disalip sorento. Betul saya agak amaze mereka akhirnya bs improve steering feelnya jd cukup akurat. Belum sebagus honda, tp sudah ke arah yg benar.

Dari dulu hyundai kia selalu jualannya space lega, kedap, nyaman, harga terjangkau fitur bagus.
Tapi ga pernah bisa bikin steering rack punya feel yg akurat, feeling rem yang gradual.

Sayangnya saya masih pesimis apa kaki2nya kuat di jalan keriting :big_weee: saya penasaran sama pricing di indo, di korea sana sih pricingn fitur dan barangnya pas banget.
Satu lg om
Hyundai kia yg dulu karakter torsinya selalu di putaran atas
Enaknya sih di jalan tol klo dalam kota kurang enak
G tw dah yg sekarang
masaudie
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 114
Joined: Sun Nov 22, 2020 4:08

Re: Santa Fe MX Hybrid AWD 6 seaters review

Post by masaudie »

Akhirnya ada review Santa Fe MX ini dalam bahasa Indonesia. Nais review om, poin yang berguna tentang komparasi vs mobil yang ada di market Indonesia juga gimana si MX ini handle full load orang dan barang (yg dicari banyak orang Indonesia saat milih2 mobil). Awal2 bener2 ngerasa aneh ngeliat bentuknya, cuma sekarang mulai bisa sedikit-sedikit terima lah sama bentuk exterior depan dan samping. Design exterior belakang masih belom bisa terima hahaha.

Mudah2an di Indo kalo si MX ini masuk, Sorento gen terakhir juga masuk biar ada kompetisi. Krn menurut saya kedua mobil di market luar Indo itu head to head, tapi entah mengapa Sorento gak masuk setelah 2014-2015 an. Tapi kalo liat kondisi sekarang, bakal menarik banget kompetisinya kalo Sorento masuk Indonesia. Soalnya dari designnya aja antara MX dan Sorento model terbaru udah beda.
vincewonk
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 661
Joined: Wed Dec 26, 2007 19:33
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Gojek

Re: Santa Fe MX Hybrid AWD 6 seaters review

Post by vincewonk »

f1rstmistake wrote: Tue Aug 06, 2024 11:39
mkamil wrote: Tue Aug 06, 2024 4:13 harga berapa nih masuk indo ya, kayaknya sampai 800an dgn fitur lebih sedikit dari korea market
Kayaknya bisa lebih kata org sales Honda. Mungkin 850.

Cuma ini jadi kelihatan bongsor yah. Buat daily driver lebih better ini atau crv hybrid ya?
dr dulu setau saya tucson yg comparable sama crv mengenai size.
santa fe memang lebih besar.
vincewonk
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 661
Joined: Wed Dec 26, 2007 19:33
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Gojek

Re: Santa Fe MX Hybrid AWD 6 seaters review

Post by vincewonk »

Angelpesek wrote: Tue Aug 06, 2024 14:53
vincewonk wrote: Mon Aug 05, 2024 16:05
speedfreak wrote: Mon Aug 05, 2024 15:31 Nice review om
Ini di negara mana? South korea kah ?

Santa Fe MX ini salah dua mobil yang tadinya sempat mau dilihat dan ditunggu kehadirannya di GIIAS 2024 tapi ternyata gak nongol.
Kalo baca review ini berarti lumayan beda jauh ya refinement interiornya dibanding gen sebelumnya.
Tapi apakah di sana mobilnya selaris itu kah sampai indent nya 1 tahun?
Di korea, MX ini laris bgt stelah sblmnya TM salesnya disalip sorento. Betul saya agak amaze mereka akhirnya bs improve steering feelnya jd cukup akurat. Belum sebagus honda, tp sudah ke arah yg benar.

Dari dulu hyundai kia selalu jualannya space lega, kedap, nyaman, harga terjangkau fitur bagus.
Tapi ga pernah bisa bikin steering rack punya feel yg akurat, feeling rem yang gradual.

Sayangnya saya masih pesimis apa kaki2nya kuat di jalan keriting :big_weee: saya penasaran sama pricing di indo, di korea sana sih pricingn fitur dan barangnya pas banget.
Satu lg om
Hyundai kia yg dulu karakter torsinya selalu di putaran atas
Enaknya sih di jalan tol klo dalam kota kurang enak
G tw dah yg sekarang
ini ok sih torsi bawahnya, kebantu motor listrik. yg enak bunyi mesinnya ga spt genset di toyota. :big_peace:
walaupun transisi motor listrik bensinnya jd ga smooth kayak toyota.
vincewonk
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 661
Joined: Wed Dec 26, 2007 19:33
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Gojek

Re: Santa Fe MX Hybrid AWD 6 seaters review

Post by vincewonk »

masaudie wrote: Thu Aug 08, 2024 0:59 Akhirnya ada review Santa Fe MX ini dalam bahasa Indonesia. Nais review om, poin yang berguna tentang komparasi vs mobil yang ada di market Indonesia juga gimana si MX ini handle full load orang dan barang (yg dicari banyak orang Indonesia saat milih2 mobil). Awal2 bener2 ngerasa aneh ngeliat bentuknya, cuma sekarang mulai bisa sedikit-sedikit terima lah sama bentuk exterior depan dan samping. Design exterior belakang masih belom bisa terima hahaha.

Mudah2an di Indo kalo si MX ini masuk, Sorento gen terakhir juga masuk biar ada kompetisi. Krn menurut saya kedua mobil di market luar Indo itu head to head, tapi entah mengapa Sorento gak masuk setelah 2014-2015 an. Tapi kalo liat kondisi sekarang, bakal menarik banget kompetisinya kalo Sorento masuk Indonesia. Soalnya dari designnya aja antara MX dan Sorento model terbaru udah beda.
buat saya harga kia di indonesia ga masuk akal, di korea kia itu selalu lebih murah drpd hyundai.
disini wow sekali harganya. apalag harganya EV6 itu paling konyol sih.
rakyatwkwkland
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 877
Joined: Sun Sep 01, 2019 9:45
Location: Jekardah
Daily Vehicle: K15B-4AT

Re: Santa Fe MX Hybrid AWD 6 seaters review

Post by rakyatwkwkland »

vincewonk wrote: Thu Aug 08, 2024 4:16
masaudie wrote: Thu Aug 08, 2024 0:59 Akhirnya ada review Santa Fe MX ini dalam bahasa Indonesia. Nais review om, poin yang berguna tentang komparasi vs mobil yang ada di market Indonesia juga gimana si MX ini handle full load orang dan barang (yg dicari banyak orang Indonesia saat milih2 mobil). Awal2 bener2 ngerasa aneh ngeliat bentuknya, cuma sekarang mulai bisa sedikit-sedikit terima lah sama bentuk exterior depan dan samping. Design exterior belakang masih belom bisa terima hahaha.

Mudah2an di Indo kalo si MX ini masuk, Sorento gen terakhir juga masuk biar ada kompetisi. Krn menurut saya kedua mobil di market luar Indo itu head to head, tapi entah mengapa Sorento gak masuk setelah 2014-2015 an. Tapi kalo liat kondisi sekarang, bakal menarik banget kompetisinya kalo Sorento masuk Indonesia. Soalnya dari designnya aja antara MX dan Sorento model terbaru udah beda.
buat saya harga kia di indonesia ga masuk akal, di korea kia itu selalu lebih murah drpd hyundai.
disini wow sekali harganya. apalag harganya EV6 itu paling konyol sih.
Hahaha ini bener banget sih... Bingung juga ane apa yang mau disasar sama kia indo...

Awal2 pindah ke tangan indomobil sih keren2 barangnya. Dulu seltos itu itungannya murah buat yg didapat. Ane inget awal2 meluncur tipe tertinggi 1.4T nya h2h sm harga hrv 1.5. Skrg tipe 1.5T nya udh sama harganya sm hrv 1.5T. Tipe bawahnya yg 1.5 NA, harganya malah mirip2 creta tipe tertinggi dgn fitur lebih minim pulak...

Sonet juga sama dulu harganya mirip2 rocky raize, skrg malah melambung tinggi entah kenapa...

Jangan tanya sorento dan sportage yg akhirnya gajadi dijual

Kayanya satu2nya yg keliatan masih masuk akal tinggal carnival doang. Itupun kalo dibandingin sm grand sedona gen sebelum ini awal comeback ke indo di sekitara 2017an ya kl gasalah, harganya juga udah melambung jauh itu. Dulu kayanya gopek udh dapet grand sedona, skrg yg sama2 11 seat udh 1M kurang dikit. Yg 7 seat malah udh tembus 1M. Udah 2x lipatnya harga 2017 itu. Yaa emang dulu 2017 juga yg dimasukin speknya rada trondol sih, beda ama skrg yg full spek. Cuma carnival skrg masih keliatan make sense harganya karena dia dibandingin sama alphard aja, yang harganya tentu jauh lebih tinggi lagi...
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4245
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Santa Fe MX Hybrid AWD 6 seaters review

Post by kunaskun »

vincewonk wrote: Thu Aug 08, 2024 4:16 buat saya harga kia di indonesia ga masuk akal, di korea kia itu selalu lebih murah drpd hyundai.
disini wow sekali harganya. apalag harganya EV6 itu paling konyol sih.
kayanya KIA di indo malah pake strategi membedakan dari sister company-nya dengan cara setting harga ga mau murah. padahal yang megang di indo spesialis jualan diskon :big_think:

btw, ini santa FE feeling si ga masuk indo, selain masalah model juga faktor harga ya nampaknya akan nempel banget dengan Palisade. kalau lebih murah palisade ga laku, lebih mahal malah kesannya jadi kemahalan.
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2339
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: Santa Fe MX Hybrid AWD 6 seaters review

Post by darrelund »

kunaskun wrote: Thu Aug 08, 2024 7:55
btw, ini santa FE feeling si ga masuk indo, selain masalah model juga faktor harga ya nampaknya akan nempel banget dengan Palisade. kalau lebih murah palisade ga laku, lebih mahal malah kesannya jadi kemahalan.
masup mbah, kan ud spyshot
Screenshot 2024-08-07 at 9.02.50 AM.png
sbg perbandingan sama yg lama
Screenshot 2024-08-07 at 9.03.10 AM.png
sbg perbandingan dgn crv
Screenshot 2024-08-07 at 9.04.02 AM.png
wowww
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
inobody
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 95
Joined: Wed May 18, 2016 3:48

Re: Santa Fe MX Hybrid AWD 6 seaters review

Post by inobody »

paling kaya Sorento, tau2 hilang., :D
apalagi insentif Hybrid ga jadi meluncur.
vincewonk
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 661
Joined: Wed Dec 26, 2007 19:33
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Gojek

Re: Santa Fe MX Hybrid AWD 6 seaters review

Post by vincewonk »

kunaskun wrote: Thu Aug 08, 2024 7:55
vincewonk wrote: Thu Aug 08, 2024 4:16 buat saya harga kia di indonesia ga masuk akal, di korea kia itu selalu lebih murah drpd hyundai.
disini wow sekali harganya. apalag harganya EV6 itu paling konyol sih.
kayanya KIA di indo malah pake strategi membedakan dari sister company-nya dengan cara setting harga ga mau murah. padahal yang megang di indo spesialis jualan diskon :big_think:

btw, ini santa FE feeling si ga masuk indo, selain masalah model juga faktor harga ya nampaknya akan nempel banget dengan Palisade. kalau lebih murah palisade ga laku, lebih mahal malah kesannya jadi kemahalan.
saya sih pernah liat mobil "zebra" MX ini di sekitaran delta mas. mungkin akan masuk. di korea sih bedanya cukup signifikan dengan palisade om.
naik sedikit dibanding yg lama.
vincewonk
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 661
Joined: Wed Dec 26, 2007 19:33
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Gojek

Re: Santa Fe MX Hybrid AWD 6 seaters review

Post by vincewonk »

rakyatwkwkland wrote: Thu Aug 08, 2024 5:25
Hahaha ini bener banget sih... Bingung juga ane apa yang mau disasar sama kia indo...

Awal2 pindah ke tangan indomobil sih keren2 barangnya. Dulu seltos itu itungannya murah buat yg didapat. Ane inget awal2 meluncur tipe tertinggi 1.4T nya h2h sm harga hrv 1.5. Skrg tipe 1.5T nya udh sama harganya sm hrv 1.5T. Tipe bawahnya yg 1.5 NA, harganya malah mirip2 creta tipe tertinggi dgn fitur lebih minim pulak...

Sonet juga sama dulu harganya mirip2 rocky raize, skrg malah melambung tinggi entah kenapa...

Jangan tanya sorento dan sportage yg akhirnya gajadi dijual

Kayanya satu2nya yg keliatan masih masuk akal tinggal carnival doang. Itupun kalo dibandingin sm grand sedona gen sebelum ini awal comeback ke indo di sekitara 2017an ya kl gasalah, harganya juga udah melambung jauh itu. Dulu kayanya gopek udh dapet grand sedona, skrg yg sama2 11 seat udh 1M kurang dikit. Yg 7 seat malah udh tembus 1M. Udah 2x lipatnya harga 2017 itu. Yaa emang dulu 2017 juga yg dimasukin speknya rada trondol sih, beda ama skrg yg full spek. Cuma carnival skrg masih keliatan make sense harganya karena dia dibandingin sama alphard aja, yang harganya tentu jauh lebih tinggi lagi...
padahal pajak mobil 11 seater itu jauh lebih murah drpd passenger car, tp ga tau deh kia di indonesia. makanya dulu2 murah bgt awal2 keluar.