Santa Fe MX Hybrid AWD 6 seaters review
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 661
- Joined: Wed Dec 26, 2007 19:33
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Gojek
Santa Fe MX Hybrid AWD 6 seaters review
Background:
Mertua salah satu yg demen beli santa fe, ini udah ketiga kali dia punya santa fe, sblmnya CM, DM, kemudian lama absen dan sekarang MX.
Kbetulan lagi lahiran anak disini dan eh mertua jemput pakai MX.
dia udah inden 1 tahun buat unit ini, ktnya buat bawa cucu. sebelumnya dia pakai Ssangyong Musso 25thn dan 2018 dia beli Rexton sports dcab karena dia kerjanya kontraktor pabrik dan ga bisa masuk kota dengan mobil diesel tua yg emisinya busuk banget.
Interior
menurut saya poin plus mobil ini paling utama ada disini. bentuknya yang kotak itu bikin lega banget didalam. dan optionnya juga lengkap banget.
peredaman suaranya juga plus banget dan menurut saya lebih baik daripada palisade yang sekarang. dengan menggunakan hp saya ukur 0.5db lebih rendah. dalam keadaan yg sama tentunya. dan akhirnya menurut saya santa fe 7 seaternya tidak banci lagi di versi yg ini. space buat belakangnya akhirnya cukup buat orang dewasa indonesia pada umumnya 170-an. yg dulu sih harus jujur kursinya sampah dan super jongkok. spek mertua ini 6 seater dan tengahnya captain seat, lagi2 comparable juga dengan palisade. mungkin nanti new palisade pasti lebih bagus lagi. yg bagus juga slidingnya jauh bgt.
lampu kabin yg memanjang juga sangat berguna kalau keadaan gelap, jadi lebih rata dan guna banget dipakai camping. dual cup holder di pintu belakang juga bagus, kecuali tombol heater kursi yg terlalu dekat dengan power window, kadang jd salah pencet.
massage seatnya juga bisa pijat bagian bawah dan atas, sayangnya sandaran kepala kursinya jujur terlalu keluar dan malah bikin ga enak di long distance. padahal selain headresetnya kursinya surprisingly sangat ergonomis, dan comparable ke volvo.
leather seatnya juga bagus di trim ini, katanya nappa dan memang lunak sejuk, tapi sori itu panel kayunya bener2 jelek dan mirip kayu olympic abal2. dan warna leather seatnya cepet kotor, ini yg baru 3000km aj sudah tercoreng.
patut di acungi jempol juga hyundai masih banyak pakai physical button daripada vw yg banyak pakai capacitive button, saya sampe bingung pas rental golf di jerman, bener2 kacau sih.
center consolenya juga sangat kerasa aura EVnya dengan double deck, ini sih saya suka jd lega. yg saya ga suka itu justru cluster acnya yang beberapa kali bikin silau pas siang bolong karena mantul seperti ada org idiot yg taruh cermin disitu. no comment about this stupid obsession with glossy surface. bagusnya lagi console box bs dibuka kiri kanan juga. yg unik juga gloveboxnya salah satunya ada yg berfungsi sbg uv sterilizer, mungkin dia siap2 ada covid lain lagi. sayangnya di manualnya cuma berfungsi pas ditutup.
dua tombol sunroof didepan juga bagus jadi driver bisa kontrol dua2nya.
Exterior
menurut saya ini santa fe paling gagah karena boxy. belakangnya juga menurut saya bagus, tp pengalaman saya kalau desain mobil yg ktnya mahal mirip mobil yg murah biasanya kartu mati di indonesia. jd keinget jaman pajero ditembak panther dan jadinya org gengsi pakai. disini banyak orang yg bilang belakangnya seperti carry jaman dulu ktnya. entah kenapa ketika parkir sbelahan dengan defender sangat kerasa miripnya siluet bodinya. cuma jelas bagus defender jg sihhahaha.
poin yg saya suka ada handle di bodi luar untuk membantu taruh barang di atap. di pilar B. DRL H menurut saya terlalu berlebihan didepan dan dibelakang. khususnya yang lampu belakang.
Performance and handling
buat para pemuja diesel, selamat malam dan bye2. sudah tidak ada lagi diesel. sekarang santa fe pakai hybrid bensin, ini juga yang dipakai sama kia carnival terbaru. jujur kalau anda pernah pakai toyota hybrid, refinementnya toyota lebih sip sih. ini transisi bensin ke hybridnya masih terasa. tidak terlalu efisien juga, regen brakingnya khususnya. tapi dibanding dieselnya dulu, masi ok lah. dan terasa mobil normal. fuel consumptionnya juga cukup baik khususnya dalam kota. beberapa kali bisa 19-20km/L. dan ini versi plug in hybrid, tp rangenya cukup mengenaskan sih. real lifenya best itu sekitar 30-33km saja. salah satu yg paling pendek yg pernah saya coba di 2024 ini. mungkin faktor cuaca winter jg mengurangi rangenya karena klaimnya di kisaran 40km-an
yg justru payah konsumsi bensinnya ada di jalan tol kadang digeber2 bisa 10km/L. masih lebih efisien cvtnya toyota hybrid, tp kalo memang yg dicari rasa normal, nah ini plusnya rpmnya betulan naik turun dan bener2 spt rasa bawa mobil biasa. yg unik juga paddle shiftnya berfungsi sbg regen braking untuk mode eco dan normal, tapi di sport dia benar2 bisa up/downshift.
setup suspensinya enak buat nyari comfort, toh ini family suv. yg bs dibanggakan ternyata steeringnya yg cukup akurat. sori biasanya hyundai kia steering feelnya agak2 sampah spt unpredictable. tapi mereka banyak improvement disini. salut buat mereka. yang sangat disayangkan setup suspensinya ketika full load cenderung amblas dan agak bouncy. disini sempet saya isi 6 org plus 6 koper, simulasi aj buat customer indo yg kadang overload. tp ketika diisi 6 tanpa bagasi semuanya masi ok sih.
yang sangat disayangkan differentialnya agak downgrade dibanding DM dulu, unit mertua ini juga kbetulan awd. dan jujur ketika ke rumah neneknya istri, beberapa kali MX agak kesulitan transfer tenaganya ke roda yg perlu traksi. dan DM sepupunya didepan justru lewat tanpa kesulitan karena lebih bagus power transfernya ke roda yg punya traksi.
performancenya juga jangan berharap banyak, ini jauh lebih lambat drpd crv hybrid. sempet iseng2 ngukur pakai apps hp best timenya hampir 9 detik. di kisaran 8.1-8.2.
Kesimpulannya mobil ini juara buat yg cari space besar, pengen defender tp budget ngepas, mobil yg cukup irit dan ride quality nyaman. dengan harga 400jt disini, mobil ini sangat worth sih. dan sangat comparable dengan palisade (tapi denger2 mau ada next gen lagi).
ga tau pricing di indonesia berapa dan spec mana yg masuk
Mertua salah satu yg demen beli santa fe, ini udah ketiga kali dia punya santa fe, sblmnya CM, DM, kemudian lama absen dan sekarang MX.
Kbetulan lagi lahiran anak disini dan eh mertua jemput pakai MX.
dia udah inden 1 tahun buat unit ini, ktnya buat bawa cucu. sebelumnya dia pakai Ssangyong Musso 25thn dan 2018 dia beli Rexton sports dcab karena dia kerjanya kontraktor pabrik dan ga bisa masuk kota dengan mobil diesel tua yg emisinya busuk banget.
Interior
menurut saya poin plus mobil ini paling utama ada disini. bentuknya yang kotak itu bikin lega banget didalam. dan optionnya juga lengkap banget.
peredaman suaranya juga plus banget dan menurut saya lebih baik daripada palisade yang sekarang. dengan menggunakan hp saya ukur 0.5db lebih rendah. dalam keadaan yg sama tentunya. dan akhirnya menurut saya santa fe 7 seaternya tidak banci lagi di versi yg ini. space buat belakangnya akhirnya cukup buat orang dewasa indonesia pada umumnya 170-an. yg dulu sih harus jujur kursinya sampah dan super jongkok. spek mertua ini 6 seater dan tengahnya captain seat, lagi2 comparable juga dengan palisade. mungkin nanti new palisade pasti lebih bagus lagi. yg bagus juga slidingnya jauh bgt.
lampu kabin yg memanjang juga sangat berguna kalau keadaan gelap, jadi lebih rata dan guna banget dipakai camping. dual cup holder di pintu belakang juga bagus, kecuali tombol heater kursi yg terlalu dekat dengan power window, kadang jd salah pencet.
massage seatnya juga bisa pijat bagian bawah dan atas, sayangnya sandaran kepala kursinya jujur terlalu keluar dan malah bikin ga enak di long distance. padahal selain headresetnya kursinya surprisingly sangat ergonomis, dan comparable ke volvo.
leather seatnya juga bagus di trim ini, katanya nappa dan memang lunak sejuk, tapi sori itu panel kayunya bener2 jelek dan mirip kayu olympic abal2. dan warna leather seatnya cepet kotor, ini yg baru 3000km aj sudah tercoreng.
patut di acungi jempol juga hyundai masih banyak pakai physical button daripada vw yg banyak pakai capacitive button, saya sampe bingung pas rental golf di jerman, bener2 kacau sih.
center consolenya juga sangat kerasa aura EVnya dengan double deck, ini sih saya suka jd lega. yg saya ga suka itu justru cluster acnya yang beberapa kali bikin silau pas siang bolong karena mantul seperti ada org idiot yg taruh cermin disitu. no comment about this stupid obsession with glossy surface. bagusnya lagi console box bs dibuka kiri kanan juga. yg unik juga gloveboxnya salah satunya ada yg berfungsi sbg uv sterilizer, mungkin dia siap2 ada covid lain lagi. sayangnya di manualnya cuma berfungsi pas ditutup.
dua tombol sunroof didepan juga bagus jadi driver bisa kontrol dua2nya.
Exterior
menurut saya ini santa fe paling gagah karena boxy. belakangnya juga menurut saya bagus, tp pengalaman saya kalau desain mobil yg ktnya mahal mirip mobil yg murah biasanya kartu mati di indonesia. jd keinget jaman pajero ditembak panther dan jadinya org gengsi pakai. disini banyak orang yg bilang belakangnya seperti carry jaman dulu ktnya. entah kenapa ketika parkir sbelahan dengan defender sangat kerasa miripnya siluet bodinya. cuma jelas bagus defender jg sihhahaha.
poin yg saya suka ada handle di bodi luar untuk membantu taruh barang di atap. di pilar B. DRL H menurut saya terlalu berlebihan didepan dan dibelakang. khususnya yang lampu belakang.
Performance and handling
buat para pemuja diesel, selamat malam dan bye2. sudah tidak ada lagi diesel. sekarang santa fe pakai hybrid bensin, ini juga yang dipakai sama kia carnival terbaru. jujur kalau anda pernah pakai toyota hybrid, refinementnya toyota lebih sip sih. ini transisi bensin ke hybridnya masih terasa. tidak terlalu efisien juga, regen brakingnya khususnya. tapi dibanding dieselnya dulu, masi ok lah. dan terasa mobil normal. fuel consumptionnya juga cukup baik khususnya dalam kota. beberapa kali bisa 19-20km/L. dan ini versi plug in hybrid, tp rangenya cukup mengenaskan sih. real lifenya best itu sekitar 30-33km saja. salah satu yg paling pendek yg pernah saya coba di 2024 ini. mungkin faktor cuaca winter jg mengurangi rangenya karena klaimnya di kisaran 40km-an
yg justru payah konsumsi bensinnya ada di jalan tol kadang digeber2 bisa 10km/L. masih lebih efisien cvtnya toyota hybrid, tp kalo memang yg dicari rasa normal, nah ini plusnya rpmnya betulan naik turun dan bener2 spt rasa bawa mobil biasa. yg unik juga paddle shiftnya berfungsi sbg regen braking untuk mode eco dan normal, tapi di sport dia benar2 bisa up/downshift.
setup suspensinya enak buat nyari comfort, toh ini family suv. yg bs dibanggakan ternyata steeringnya yg cukup akurat. sori biasanya hyundai kia steering feelnya agak2 sampah spt unpredictable. tapi mereka banyak improvement disini. salut buat mereka. yang sangat disayangkan setup suspensinya ketika full load cenderung amblas dan agak bouncy. disini sempet saya isi 6 org plus 6 koper, simulasi aj buat customer indo yg kadang overload. tp ketika diisi 6 tanpa bagasi semuanya masi ok sih.
yang sangat disayangkan differentialnya agak downgrade dibanding DM dulu, unit mertua ini juga kbetulan awd. dan jujur ketika ke rumah neneknya istri, beberapa kali MX agak kesulitan transfer tenaganya ke roda yg perlu traksi. dan DM sepupunya didepan justru lewat tanpa kesulitan karena lebih bagus power transfernya ke roda yg punya traksi.
performancenya juga jangan berharap banyak, ini jauh lebih lambat drpd crv hybrid. sempet iseng2 ngukur pakai apps hp best timenya hampir 9 detik. di kisaran 8.1-8.2.
Kesimpulannya mobil ini juara buat yg cari space besar, pengen defender tp budget ngepas, mobil yg cukup irit dan ride quality nyaman. dengan harga 400jt disini, mobil ini sangat worth sih. dan sangat comparable dengan palisade (tapi denger2 mau ada next gen lagi).
ga tau pricing di indonesia berapa dan spec mana yg masuk
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Last edited by vincewonk on Mon Aug 05, 2024 9:32, edited 2 times in total.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 661
- Joined: Wed Dec 26, 2007 19:33
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Gojek
Re: Santa Fe MX review
foto2 tambahan interiornya
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- Visitor
- Posts: 1
- Joined: Sun Oct 09, 2022 17:08
- Location: Jakarta, Indonesia
- Daily Vehicle: None
Re: Santa Fe MX Hybrid AWD 6 seaters review
Nice review om
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2287
- Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Nissan Xtrail
Re: Santa Fe MX Hybrid AWD 6 seaters review
Keren reviewnya
IG: @sahabatq8
https://www.kyupartners.co.id/
https://www.kyupartners.co.id/
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 295
- Joined: Tue Jul 31, 2007 8:07
Re: Santa Fe MX Hybrid AWD 6 seaters review
Nice review omvincewonk wrote: ↑Mon Aug 05, 2024 9:19 Background:
Mertua salah satu yg demen beli santa fe, ini udah ketiga kali dia punya santa fe, sblmnya CM, DM, kemudian lama absen dan sekarang MX.
Kbetulan lagi lahiran anak disini dan eh mertua jemput pakai MX.
dia udah inden 1 tahun buat unit ini, ktnya buat bawa cucu. sebelumnya dia pakai Ssangyong Musso 25thn dan 2018 dia beli Rexton sports dcab karena dia kerjanya kontraktor pabrik dan ga bisa masuk kota dengan mobil diesel tua yg emisinya busuk banget.
WhatsApp Image 2024-08-05 at 15.26.43_617cda3e.jpg
Interior
menurut saya poin plus mobil ini paling utama ada disini. bentuknya yang kotak itu bikin lega banget didalam. dan optionnya juga lengkap banget.
peredaman suaranya juga plus banget dan menurut saya lebih baik daripada palisade yang sekarang. dengan menggunakan hp saya ukur 0.5db lebih rendah. dalam keadaan yg sama tentunya. dan akhirnya menurut saya santa fe 7 seaternya tidak banci lagi di versi yg ini. space buat belakangnya akhirnya cukup buat orang dewasa indonesia pada umumnya 170-an. yg dulu sih harus jujur kursinya sampah dan super jongkok. spek mertua ini 6 seater dan tengahnya captain seat, lagi2 comparable juga dengan palisade. mungkin nanti new palisade pasti lebih bagus lagi. yg bagus juga slidingnya jauh bgt.
lampu kabin yg memanjang juga sangat berguna kalau keadaan gelap, jadi lebih rata dan guna banget dipakai camping. dual cup holder di pintu belakang juga bagus, kecuali tombol heater kursi yg terlalu dekat dengan power window, kadang jd salah pencet.
massage seatnya juga bisa pijat bagian bawah dan atas, sayangnya sandaran kepala kursinya jujur terlalu keluar dan malah bikin ga enak di long distance. padahal selain headresetnya kursinya surprisingly sangat ergonomis, dan comparable ke volvo.
leather seatnya juga bagus di trim ini, katanya nappa dan memang lunak sejuk, tapi sori itu panel kayunya bener2 jelek dan mirip kayu olympic abal2. dan warna leather seatnya cepet kotor, ini yg baru 3000km aj sudah tercoreng.
patut di acungi jempol juga hyundai masih banyak pakai physical button daripada vw yg banyak pakai capacitive button, saya sampe bingung pas rental golf di jerman, bener2 kacau sih.
center consolenya juga sangat kerasa aura EVnya dengan double deck, ini sih saya suka jd lega. yg saya ga suka itu justru cluster acnya yang beberapa kali bikin silau pas siang bolong karena mantul seperti ada org idiot yg taruh cermin disitu. no comment about this stupid obsession with glossy surface. bagusnya lagi console box bs dibuka kiri kanan juga. yg unik juga gloveboxnya salah satunya ada yg berfungsi sbg uv sterilizer, mungkin dia siap2 ada covid lain lagi. sayangnya di manualnya cuma berfungsi pas ditutup.
dua tombol sunroof didepan juga bagus jadi driver bisa kontrol dua2nya.
Exterior
menurut saya ini santa fe paling gagah karena boxy. belakangnya juga menurut saya bagus, tp pengalaman saya kalau desain mobil yg ktnya mahal mirip mobil yg murah biasanya kartu mati di indonesia. jd keinget jaman pajero ditembak panther dan jadinya org gengsi pakai. disini banyak orang yg bilang belakangnya seperti carry jaman dulu ktnya. entah kenapa ketika parkir sbelahan dengan defender sangat kerasa miripnya siluet bodinya. cuma jelas bagus defender jg sihhahaha.
poin yg saya suka ada handle di bodi luar untuk membantu taruh barang di atap. di pilar B. DRL H menurut saya terlalu berlebihan didepan dan dibelakang. khususnya yang lampu belakang.
Performance and handling
buat para pemuja diesel, selamat malam dan bye2. sudah tidak ada lagi diesel. sekarang santa fe pakai hybrid bensin, ini juga yang dipakai sama kia carnival terbaru. jujur kalau anda pernah pakai toyota hybrid, refinementnya toyota lebih sip sih. ini transisi bensin ke hybridnya masih terasa. tidak terlalu efisien juga, regen brakingnya khususnya. tapi dibanding dieselnya dulu, masi ok lah. dan terasa mobil normal. fuel consumptionnya juga cukup baik khususnya dalam kota. beberapa kali bisa 19-20km/L. dan ini versi plug in hybrid, tp rangenya cukup mengenaskan sih. real lifenya best itu sekitar 30-33km saja. salah satu yg paling pendek yg pernah saya coba di 2024 ini. mungkin faktor cuaca winter jg mengurangi rangenya karena klaimnya di kisaran 40km-an
yg justru payah konsumsi bensinnya ada di jalan tol kadang digeber2 bisa 10km/L. masih lebih efisien cvtnya toyota hybrid, tp kalo memang yg dicari rasa normal, nah ini plusnya rpmnya betulan naik turun dan bener2 spt rasa bawa mobil biasa. yg unik juga paddle shiftnya berfungsi sbg regen braking untuk mode eco dan normal, tapi di sport dia benar2 bisa up/downshift.
setup suspensinya enak buat nyari comfort, toh ini family suv. yg bs dibanggakan ternyata steeringnya yg cukup akurat. sori biasanya hyundai kia steering feelnya agak2 sampah spt unpredictable. tapi mereka banyak improvement disini. salut buat mereka. yang sangat disayangkan setup suspensinya ketika full load cenderung amblas dan agak bouncy. disini sempet saya isi 6 org plus 6 koper, simulasi aj buat customer indo yg kadang overload. tp ketika diisi 6 tanpa bagasi semuanya masi ok sih.
yang sangat disayangkan differentialnya agak downgrade dibanding DM dulu, unit mertua ini juga kbetulan awd. dan jujur ketika ke rumah neneknya istri, beberapa kali MX agak kesulitan transfer tenaganya ke roda yg perlu traksi. dan DM sepupunya didepan justru lewat tanpa kesulitan karena lebih bagus power transfernya ke roda yg punya traksi.
performancenya juga jangan berharap banyak, ini jauh lebih lambat drpd crv hybrid. sempet iseng2 ngukur pakai apps hp best timenya hampir 9 detik. di kisaran 8.1-8.2.
Kesimpulannya mobil ini juara buat yg cari space besar, pengen defender tp budget ngepas, mobil yg cukup irit dan ride quality nyaman. dengan harga 400jt disini, mobil ini sangat worth sih. dan sangat comparable dengan palisade (tapi denger2 mau ada next gen lagi).
ga tau pricing di indonesia berapa dan spec mana yg masuk
Ini di negara mana? South korea kah ?
Santa Fe MX ini salah dua mobil yang tadinya sempat mau dilihat dan ditunggu kehadirannya di GIIAS 2024 tapi ternyata gak nongol.
Kalo baca review ini berarti lumayan beda jauh ya refinement interiornya dibanding gen sebelumnya.
Tapi apakah di sana mobilnya selaris itu kah sampai indent nya 1 tahun?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 661
- Joined: Wed Dec 26, 2007 19:33
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Gojek
Re: Santa Fe MX Hybrid AWD 6 seaters review
Di korea, MX ini laris bgt stelah sblmnya TM salesnya disalip sorento. Betul saya agak amaze mereka akhirnya bs improve steering feelnya jd cukup akurat. Belum sebagus honda, tp sudah ke arah yg benar.speedfreak wrote: ↑Mon Aug 05, 2024 15:31 Nice review om
Ini di negara mana? South korea kah ?
Santa Fe MX ini salah dua mobil yang tadinya sempat mau dilihat dan ditunggu kehadirannya di GIIAS 2024 tapi ternyata gak nongol.
Kalo baca review ini berarti lumayan beda jauh ya refinement interiornya dibanding gen sebelumnya.
Tapi apakah di sana mobilnya selaris itu kah sampai indent nya 1 tahun?
Dari dulu hyundai kia selalu jualannya space lega, kedap, nyaman, harga terjangkau fitur bagus.
Tapi ga pernah bisa bikin steering rack punya feel yg akurat, feeling rem yang gradual.
Sayangnya saya masih pesimis apa kaki2nya kuat di jalan keriting saya penasaran sama pricing di indo, di korea sana sih pricingn fitur dan barangnya pas banget.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4804
- Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
- Location: East Jakarta
- Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023
Re: Santa Fe MX Hybrid AWD 6 seaters review
nice review om. desainnya memang cakep walaupun bagian belakangnya bukan selera semua orang (termasuk saya) hehehe + improvementnya jg lumayan jauh jg ya dibanding gen sblmnya terutama di interior
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1682
- Joined: Sun Mar 21, 2021 23:59
- Location: Indonesia
Re: Santa Fe MX Hybrid AWD 6 seaters review
Tuas persneling di kolom setir apakah rentan tersenggol ga sengaja om?
emang siy di bbrp mobil eropa ada yg seperti itu, tapi skrg khan balik lagi ke tengah di area dekat center console.
emang siy di bbrp mobil eropa ada yg seperti itu, tapi skrg khan balik lagi ke tengah di area dekat center console.
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 155
- Joined: Tue Oct 10, 2017 12:24
- Location: Surabaya, Jawa Timur
Re: Santa Fe MX Hybrid AWD 6 seaters review
Review yang impresif, om! Eksterior Santa Fe yang generasi baru ini menurut saya lebih gagah daripada generasi ke-4nya, terutama dari tampang depannya, meski sisi belakangnya jujur saja, saya kurang sreg. Kemudian, interiornya futuristis dan mewah buat saya, terutama di sektor dashboardnya.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 234
- Joined: Tue Aug 06, 2019 14:02
- Daily Vehicle: 1VD - L15Z - FB25
Re: Santa Fe MX Hybrid AWD 6 seaters review
harga berapa nih masuk indo ya, kayaknya sampai 800an dgn fitur lebih sedikit dari korea market
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 661
- Joined: Wed Dec 26, 2007 19:33
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Gojek
Re: Santa Fe MX Hybrid AWD 6 seaters review
Saya sih 178 aman2 aj om space melimpah dan tuas persenelingnya fixed om ga bs naik turun. Cara dia ganti gesr itu di twist seperti wiper. Agak aneh di awal2 tapi stelah 2 hari saya kebiasa juga.AbdulHakim wrote: ↑Tue Aug 06, 2024 0:59 Tuas persneling di kolom setir apakah rentan tersenggol ga sengaja om?
emang siy di bbrp mobil eropa ada yg seperti itu, tapi skrg khan balik lagi ke tengah di area dekat center console.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1682
- Joined: Sun Mar 21, 2021 23:59
- Location: Indonesia
Re: Santa Fe MX Hybrid AWD 6 seaters review
oalah diputer toh, saya kira didorong atas bawah kayak wiper atau lampu seinvincewonk wrote: ↑Tue Aug 06, 2024 5:17Saya sih 178 aman2 aj om space melimpah dan tuas persenelingnya fixed om ga bs naik turun. Cara dia ganti gesr itu di twist seperti wiper. Agak aneh di awal2 tapi stelah 2 hari saya kebiasa juga.AbdulHakim wrote: ↑Tue Aug 06, 2024 0:59 Tuas persneling di kolom setir apakah rentan tersenggol ga sengaja om?
emang siy di bbrp mobil eropa ada yg seperti itu, tapi skrg khan balik lagi ke tengah di area dekat center console.
okay-okay nice inpo
thanks ya om
-
- Visitor
- Posts: 3
- Joined: Mon Aug 05, 2024 1:22
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 359
- Joined: Sun Aug 04, 2019 9:28
- Location: Yogyakarta
Re: Santa Fe MX Hybrid AWD 6 seaters review
Ioniq pake model begitu, kemarin coba Kona yang baru sama pake begitu juga, bisa jadi kedepannya model2 Hyundai ikut pake tuas yang begitu
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 263
- Joined: Fri Jan 19, 2018 4:05
- Location: Medan
- Daily Vehicle: Kia_rio
Re: Santa Fe MX Hybrid AWD 6 seaters review
Satu lg omvincewonk wrote: ↑Mon Aug 05, 2024 16:05Di korea, MX ini laris bgt stelah sblmnya TM salesnya disalip sorento. Betul saya agak amaze mereka akhirnya bs improve steering feelnya jd cukup akurat. Belum sebagus honda, tp sudah ke arah yg benar.speedfreak wrote: ↑Mon Aug 05, 2024 15:31 Nice review om
Ini di negara mana? South korea kah ?
Santa Fe MX ini salah dua mobil yang tadinya sempat mau dilihat dan ditunggu kehadirannya di GIIAS 2024 tapi ternyata gak nongol.
Kalo baca review ini berarti lumayan beda jauh ya refinement interiornya dibanding gen sebelumnya.
Tapi apakah di sana mobilnya selaris itu kah sampai indent nya 1 tahun?
Dari dulu hyundai kia selalu jualannya space lega, kedap, nyaman, harga terjangkau fitur bagus.
Tapi ga pernah bisa bikin steering rack punya feel yg akurat, feeling rem yang gradual.
Sayangnya saya masih pesimis apa kaki2nya kuat di jalan keriting saya penasaran sama pricing di indo, di korea sana sih pricingn fitur dan barangnya pas banget.
Hyundai kia yg dulu karakter torsinya selalu di putaran atas
Enaknya sih di jalan tol klo dalam kota kurang enak
G tw dah yg sekarang
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 114
- Joined: Sun Nov 22, 2020 4:08
Re: Santa Fe MX Hybrid AWD 6 seaters review
Akhirnya ada review Santa Fe MX ini dalam bahasa Indonesia. Nais review om, poin yang berguna tentang komparasi vs mobil yang ada di market Indonesia juga gimana si MX ini handle full load orang dan barang (yg dicari banyak orang Indonesia saat milih2 mobil). Awal2 bener2 ngerasa aneh ngeliat bentuknya, cuma sekarang mulai bisa sedikit-sedikit terima lah sama bentuk exterior depan dan samping. Design exterior belakang masih belom bisa terima hahaha.
Mudah2an di Indo kalo si MX ini masuk, Sorento gen terakhir juga masuk biar ada kompetisi. Krn menurut saya kedua mobil di market luar Indo itu head to head, tapi entah mengapa Sorento gak masuk setelah 2014-2015 an. Tapi kalo liat kondisi sekarang, bakal menarik banget kompetisinya kalo Sorento masuk Indonesia. Soalnya dari designnya aja antara MX dan Sorento model terbaru udah beda.
Mudah2an di Indo kalo si MX ini masuk, Sorento gen terakhir juga masuk biar ada kompetisi. Krn menurut saya kedua mobil di market luar Indo itu head to head, tapi entah mengapa Sorento gak masuk setelah 2014-2015 an. Tapi kalo liat kondisi sekarang, bakal menarik banget kompetisinya kalo Sorento masuk Indonesia. Soalnya dari designnya aja antara MX dan Sorento model terbaru udah beda.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 661
- Joined: Wed Dec 26, 2007 19:33
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Gojek
Re: Santa Fe MX Hybrid AWD 6 seaters review
dr dulu setau saya tucson yg comparable sama crv mengenai size.f1rstmistake wrote: ↑Tue Aug 06, 2024 11:39Kayaknya bisa lebih kata org sales Honda. Mungkin 850.
Cuma ini jadi kelihatan bongsor yah. Buat daily driver lebih better ini atau crv hybrid ya?
santa fe memang lebih besar.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 661
- Joined: Wed Dec 26, 2007 19:33
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Gojek
Re: Santa Fe MX Hybrid AWD 6 seaters review
ini ok sih torsi bawahnya, kebantu motor listrik. yg enak bunyi mesinnya ga spt genset di toyota.Angelpesek wrote: ↑Tue Aug 06, 2024 14:53Satu lg omvincewonk wrote: ↑Mon Aug 05, 2024 16:05Di korea, MX ini laris bgt stelah sblmnya TM salesnya disalip sorento. Betul saya agak amaze mereka akhirnya bs improve steering feelnya jd cukup akurat. Belum sebagus honda, tp sudah ke arah yg benar.speedfreak wrote: ↑Mon Aug 05, 2024 15:31 Nice review om
Ini di negara mana? South korea kah ?
Santa Fe MX ini salah dua mobil yang tadinya sempat mau dilihat dan ditunggu kehadirannya di GIIAS 2024 tapi ternyata gak nongol.
Kalo baca review ini berarti lumayan beda jauh ya refinement interiornya dibanding gen sebelumnya.
Tapi apakah di sana mobilnya selaris itu kah sampai indent nya 1 tahun?
Dari dulu hyundai kia selalu jualannya space lega, kedap, nyaman, harga terjangkau fitur bagus.
Tapi ga pernah bisa bikin steering rack punya feel yg akurat, feeling rem yang gradual.
Sayangnya saya masih pesimis apa kaki2nya kuat di jalan keriting saya penasaran sama pricing di indo, di korea sana sih pricingn fitur dan barangnya pas banget.
Hyundai kia yg dulu karakter torsinya selalu di putaran atas
Enaknya sih di jalan tol klo dalam kota kurang enak
G tw dah yg sekarang
walaupun transisi motor listrik bensinnya jd ga smooth kayak toyota.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 661
- Joined: Wed Dec 26, 2007 19:33
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Gojek
Re: Santa Fe MX Hybrid AWD 6 seaters review
buat saya harga kia di indonesia ga masuk akal, di korea kia itu selalu lebih murah drpd hyundai.masaudie wrote: ↑Thu Aug 08, 2024 0:59 Akhirnya ada review Santa Fe MX ini dalam bahasa Indonesia. Nais review om, poin yang berguna tentang komparasi vs mobil yang ada di market Indonesia juga gimana si MX ini handle full load orang dan barang (yg dicari banyak orang Indonesia saat milih2 mobil). Awal2 bener2 ngerasa aneh ngeliat bentuknya, cuma sekarang mulai bisa sedikit-sedikit terima lah sama bentuk exterior depan dan samping. Design exterior belakang masih belom bisa terima hahaha.
Mudah2an di Indo kalo si MX ini masuk, Sorento gen terakhir juga masuk biar ada kompetisi. Krn menurut saya kedua mobil di market luar Indo itu head to head, tapi entah mengapa Sorento gak masuk setelah 2014-2015 an. Tapi kalo liat kondisi sekarang, bakal menarik banget kompetisinya kalo Sorento masuk Indonesia. Soalnya dari designnya aja antara MX dan Sorento model terbaru udah beda.
disini wow sekali harganya. apalag harganya EV6 itu paling konyol sih.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 877
- Joined: Sun Sep 01, 2019 9:45
- Location: Jekardah
- Daily Vehicle: K15B-4AT
Re: Santa Fe MX Hybrid AWD 6 seaters review
Hahaha ini bener banget sih... Bingung juga ane apa yang mau disasar sama kia indo...vincewonk wrote: ↑Thu Aug 08, 2024 4:16buat saya harga kia di indonesia ga masuk akal, di korea kia itu selalu lebih murah drpd hyundai.masaudie wrote: ↑Thu Aug 08, 2024 0:59 Akhirnya ada review Santa Fe MX ini dalam bahasa Indonesia. Nais review om, poin yang berguna tentang komparasi vs mobil yang ada di market Indonesia juga gimana si MX ini handle full load orang dan barang (yg dicari banyak orang Indonesia saat milih2 mobil). Awal2 bener2 ngerasa aneh ngeliat bentuknya, cuma sekarang mulai bisa sedikit-sedikit terima lah sama bentuk exterior depan dan samping. Design exterior belakang masih belom bisa terima hahaha.
Mudah2an di Indo kalo si MX ini masuk, Sorento gen terakhir juga masuk biar ada kompetisi. Krn menurut saya kedua mobil di market luar Indo itu head to head, tapi entah mengapa Sorento gak masuk setelah 2014-2015 an. Tapi kalo liat kondisi sekarang, bakal menarik banget kompetisinya kalo Sorento masuk Indonesia. Soalnya dari designnya aja antara MX dan Sorento model terbaru udah beda.
disini wow sekali harganya. apalag harganya EV6 itu paling konyol sih.
Awal2 pindah ke tangan indomobil sih keren2 barangnya. Dulu seltos itu itungannya murah buat yg didapat. Ane inget awal2 meluncur tipe tertinggi 1.4T nya h2h sm harga hrv 1.5. Skrg tipe 1.5T nya udh sama harganya sm hrv 1.5T. Tipe bawahnya yg 1.5 NA, harganya malah mirip2 creta tipe tertinggi dgn fitur lebih minim pulak...
Sonet juga sama dulu harganya mirip2 rocky raize, skrg malah melambung tinggi entah kenapa...
Jangan tanya sorento dan sportage yg akhirnya gajadi dijual
Kayanya satu2nya yg keliatan masih masuk akal tinggal carnival doang. Itupun kalo dibandingin sm grand sedona gen sebelum ini awal comeback ke indo di sekitara 2017an ya kl gasalah, harganya juga udah melambung jauh itu. Dulu kayanya gopek udh dapet grand sedona, skrg yg sama2 11 seat udh 1M kurang dikit. Yg 7 seat malah udh tembus 1M. Udah 2x lipatnya harga 2017 itu. Yaa emang dulu 2017 juga yg dimasukin speknya rada trondol sih, beda ama skrg yg full spek. Cuma carnival skrg masih keliatan make sense harganya karena dia dibandingin sama alphard aja, yang harganya tentu jauh lebih tinggi lagi...
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4245
- Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16
Re: Santa Fe MX Hybrid AWD 6 seaters review
kayanya KIA di indo malah pake strategi membedakan dari sister company-nya dengan cara setting harga ga mau murah. padahal yang megang di indo spesialis jualan diskon
btw, ini santa FE feeling si ga masuk indo, selain masalah model juga faktor harga ya nampaknya akan nempel banget dengan Palisade. kalau lebih murah palisade ga laku, lebih mahal malah kesannya jadi kemahalan.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2317
- Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
- Location: Jakarta
Re: Santa Fe MX Hybrid AWD 6 seaters review
masup mbah, kan ud spyshot
sbg perbandingan sama yg lama
sbg perbandingan dgn crv wowww
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 94
- Joined: Wed May 18, 2016 3:48
Re: Santa Fe MX Hybrid AWD 6 seaters review
paling kaya Sorento, tau2 hilang.,
apalagi insentif Hybrid ga jadi meluncur.
apalagi insentif Hybrid ga jadi meluncur.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 661
- Joined: Wed Dec 26, 2007 19:33
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Gojek
Re: Santa Fe MX Hybrid AWD 6 seaters review
saya sih pernah liat mobil "zebra" MX ini di sekitaran delta mas. mungkin akan masuk. di korea sih bedanya cukup signifikan dengan palisade om.kunaskun wrote: ↑Thu Aug 08, 2024 7:55kayanya KIA di indo malah pake strategi membedakan dari sister company-nya dengan cara setting harga ga mau murah. padahal yang megang di indo spesialis jualan diskon
btw, ini santa FE feeling si ga masuk indo, selain masalah model juga faktor harga ya nampaknya akan nempel banget dengan Palisade. kalau lebih murah palisade ga laku, lebih mahal malah kesannya jadi kemahalan.
naik sedikit dibanding yg lama.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 661
- Joined: Wed Dec 26, 2007 19:33
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Gojek
Re: Santa Fe MX Hybrid AWD 6 seaters review
padahal pajak mobil 11 seater itu jauh lebih murah drpd passenger car, tp ga tau deh kia di indonesia. makanya dulu2 murah bgt awal2 keluar.rakyatwkwkland wrote: ↑Thu Aug 08, 2024 5:25
Hahaha ini bener banget sih... Bingung juga ane apa yang mau disasar sama kia indo...
Awal2 pindah ke tangan indomobil sih keren2 barangnya. Dulu seltos itu itungannya murah buat yg didapat. Ane inget awal2 meluncur tipe tertinggi 1.4T nya h2h sm harga hrv 1.5. Skrg tipe 1.5T nya udh sama harganya sm hrv 1.5T. Tipe bawahnya yg 1.5 NA, harganya malah mirip2 creta tipe tertinggi dgn fitur lebih minim pulak...
Sonet juga sama dulu harganya mirip2 rocky raize, skrg malah melambung tinggi entah kenapa...
Jangan tanya sorento dan sportage yg akhirnya gajadi dijual
Kayanya satu2nya yg keliatan masih masuk akal tinggal carnival doang. Itupun kalo dibandingin sm grand sedona gen sebelum ini awal comeback ke indo di sekitara 2017an ya kl gasalah, harganya juga udah melambung jauh itu. Dulu kayanya gopek udh dapet grand sedona, skrg yg sama2 11 seat udh 1M kurang dikit. Yg 7 seat malah udh tembus 1M. Udah 2x lipatnya harga 2017 itu. Yaa emang dulu 2017 juga yg dimasukin speknya rada trondol sih, beda ama skrg yg full spek. Cuma carnival skrg masih keliatan make sense harganya karena dia dibandingin sama alphard aja, yang harganya tentu jauh lebih tinggi lagi...