Saran: CX5 Kuro AWD, Civic RS, or ANF 2.8 for daily
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 24
- Joined: Thu Apr 11, 2024 17:31
- Location: Jakarta Barat
- Daily Vehicle: ANPS Pajero sport 4N15
Saran: CX5 Kuro AWD, Civic RS, or ANF 2.8 for daily
Halo para agan dan suhu sekalian. Salam kenal .
Jadi ceritanya ane lagi cari lagi mobil daily driver. Kalo waktu itu ane ada bkin thread disini viewtopic.php?t=33539 . Singkat cerita ane ga jadi angkat mobil eropa, karena budgetnya sudah kepotong buat beli Veloz Q TSS dan Raize 1.0 untuk gantiin Ford Ecos ane yg DCTnya uda agak trouble karena request orang rumah butuh kuda yg ga ribet untuk kerja dan urgent . Lalu ane ga mau nambah budget lagi untuk angkut mobil eropa dan males juga huntingnya
Jadi singkat cerita ane mau TT si ANPS 4N15 dengan 3 opsi mobil baru dengan range harga yang menurut ane cukup berdekatan walau ada 1 yg agak mahal dan butuh saran suhu suhu yang mungkin sudah pernah pelihara dari experience penggunaan, fuel cons, dan suka duka pelihara mobil obil ini :
1. Mazda CX5 Kuro AWD: Saat di Giias kemarin uda coba naik namun tidak tes drive.
Pros: Interior terlihat mewah, modelnya cukup keliatan up market walau sudah keliatan tua. Dari desain interior dan size mobil terlihat driver focused but easy to use/drive.
Cons: Model terlihat outdated, dari sisi gengsi masih agak kalah ketimbang opsi no 2 ane yaitu ANF 2.8, Fuel cons ane baca baca diforum ternyata ga seirit yg digembar gemborkan oleh reviewer di yutub yutub.
2. ANF 2.8: Sering naik dan pernah bawa namun yg 2.4.
Pros: Handling imho much better than ANPS ane yg kayak kapal. GC tinggi kebetulan lingkungan tempat tinggal ane (jakbar) kalo musim hujan berubah jd sungai . Irit secara Fuel cons apalagi kalo msh bisa isi bio solar . Last but not leasst of course gengsi bawa fortuner dan ane bukan tipe yg modif ceper, cumi", lampu RGB yg menurut ane menghilangkan wibawanya Cukup Standar blackout biar gagah aja.
Cons: Kegedean kalo masuk gang, Kalo wajib dex agak besar juga operating costnya, orang rumah agak complain kalo naik mobil ladder frame ketinggian dan kadang pusing.
3. Civic 1.5 RS Turbo: Sering duduk dipameran and damn it feels so good.
Pros: Kangen bawa sedan lagi, apalagi ini mesin dengernya lumayan enak, brand image honda
Cons: Terlalu ceper ga ya (?)
Demikian 3 opsi yg menjadi kegalauan ane . Ane rencana angkut di akhir tahun ini, mohon pencerahannya suhu suhu dan teman teman sekalian. Terimakasihhh
Jadi ceritanya ane lagi cari lagi mobil daily driver. Kalo waktu itu ane ada bkin thread disini viewtopic.php?t=33539 . Singkat cerita ane ga jadi angkat mobil eropa, karena budgetnya sudah kepotong buat beli Veloz Q TSS dan Raize 1.0 untuk gantiin Ford Ecos ane yg DCTnya uda agak trouble karena request orang rumah butuh kuda yg ga ribet untuk kerja dan urgent . Lalu ane ga mau nambah budget lagi untuk angkut mobil eropa dan males juga huntingnya
Jadi singkat cerita ane mau TT si ANPS 4N15 dengan 3 opsi mobil baru dengan range harga yang menurut ane cukup berdekatan walau ada 1 yg agak mahal dan butuh saran suhu suhu yang mungkin sudah pernah pelihara dari experience penggunaan, fuel cons, dan suka duka pelihara mobil obil ini :
1. Mazda CX5 Kuro AWD: Saat di Giias kemarin uda coba naik namun tidak tes drive.
Pros: Interior terlihat mewah, modelnya cukup keliatan up market walau sudah keliatan tua. Dari desain interior dan size mobil terlihat driver focused but easy to use/drive.
Cons: Model terlihat outdated, dari sisi gengsi masih agak kalah ketimbang opsi no 2 ane yaitu ANF 2.8, Fuel cons ane baca baca diforum ternyata ga seirit yg digembar gemborkan oleh reviewer di yutub yutub.
2. ANF 2.8: Sering naik dan pernah bawa namun yg 2.4.
Pros: Handling imho much better than ANPS ane yg kayak kapal. GC tinggi kebetulan lingkungan tempat tinggal ane (jakbar) kalo musim hujan berubah jd sungai . Irit secara Fuel cons apalagi kalo msh bisa isi bio solar . Last but not leasst of course gengsi bawa fortuner dan ane bukan tipe yg modif ceper, cumi", lampu RGB yg menurut ane menghilangkan wibawanya Cukup Standar blackout biar gagah aja.
Cons: Kegedean kalo masuk gang, Kalo wajib dex agak besar juga operating costnya, orang rumah agak complain kalo naik mobil ladder frame ketinggian dan kadang pusing.
3. Civic 1.5 RS Turbo: Sering duduk dipameran and damn it feels so good.
Pros: Kangen bawa sedan lagi, apalagi ini mesin dengernya lumayan enak, brand image honda
Cons: Terlalu ceper ga ya (?)
Demikian 3 opsi yg menjadi kegalauan ane . Ane rencana angkut di akhir tahun ini, mohon pencerahannya suhu suhu dan teman teman sekalian. Terimakasihhh
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 26
- Joined: Sat Jun 22, 2024 6:45
- Daily Vehicle: CX-30 Soul Red Crystal
Re: Saran: CX5 Kuro AWD, Civic RS, or ANF 2.8 for daily
Pertanyaan basic: butuh 7 seater size ga? Kalo ga butuh, Fortuner boleh jadi optional.
Pertanyaan kedua: butuh AWD/offroad capability ga? Kalo ga butuh, Fortuner dan CX-5 Kuro boleh jd optional.
Sejujurnya, kl pengunaan hanya standar2 aja dalem kota + tol, kyknya 2WD aja cukup, apalagi kl ada concern fuel consumption.
Apakah Honda Civic bs jd options? Ya tergantung sih, di harga baru segitu mobil options-nya lgsg banyak. Dan krn selera personal ga suka mobil bongsor, di duit segitu most likely ambil Civic. Masalah ground clearance, gw kebetulan make CX-3, jd punya gambaran waktu gw mw beli CX-30 (CX-3 lebih sering kepentok utk case gw). Punya data pembanding ga? Kl ga ada, terpaksa test drive sambil mobil bawa bbrp org dewasa, minta mereka duduk di belakang, pas lewat jalan "berbahaya", apa kabar...
Pertanyaan kedua: butuh AWD/offroad capability ga? Kalo ga butuh, Fortuner dan CX-5 Kuro boleh jd optional.
Sejujurnya, kl pengunaan hanya standar2 aja dalem kota + tol, kyknya 2WD aja cukup, apalagi kl ada concern fuel consumption.
Apakah Honda Civic bs jd options? Ya tergantung sih, di harga baru segitu mobil options-nya lgsg banyak. Dan krn selera personal ga suka mobil bongsor, di duit segitu most likely ambil Civic. Masalah ground clearance, gw kebetulan make CX-3, jd punya gambaran waktu gw mw beli CX-30 (CX-3 lebih sering kepentok utk case gw). Punya data pembanding ga? Kl ga ada, terpaksa test drive sambil mobil bawa bbrp org dewasa, minta mereka duduk di belakang, pas lewat jalan "berbahaya", apa kabar...
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2827
- Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
- Location: Indonesia
Re: Saran: CX5 Kuro AWD, Civic RS, or ANF 2.8 for daily
Mobil (baru) range 600 jutaan emang terbatas pilihannya. Apalagi yg proper build haha
Yg masuk radar ane cuman:
Zenix Q hybrid
All new Serena hybrid
CX-5 AWD
Altis hybrid
Civic turbo
Itu aj zenix Q agak kurang qualitynya. Rada ngenes gegara CKD.
Sisanya ya duo ladderframe, tapi bosen kan bertahun2 pake truck model bgituan mulu wkwkwk
Paling banter CX-5 awd seh klo masih mikirin ground clearance. Cukup koq enginenya NA segitu apalagi kg doyan ngebut gimana kan om
Otherwise coba aja pelihara sedan (civic/altis) trus pake buat daily driving.. Coba kita summon dulu pengabdi2 nya om @imwewe @jenson @hosea @chz
Yg masuk radar ane cuman:
Zenix Q hybrid
All new Serena hybrid
CX-5 AWD
Altis hybrid
Civic turbo
Itu aj zenix Q agak kurang qualitynya. Rada ngenes gegara CKD.
Sisanya ya duo ladderframe, tapi bosen kan bertahun2 pake truck model bgituan mulu wkwkwk
Paling banter CX-5 awd seh klo masih mikirin ground clearance. Cukup koq enginenya NA segitu apalagi kg doyan ngebut gimana kan om
Otherwise coba aja pelihara sedan (civic/altis) trus pake buat daily driving.. Coba kita summon dulu pengabdi2 nya om @imwewe @jenson @hosea @chz
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure
Sheer Repairing Pleasure
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3197
- Joined: Sat Mar 30, 2013 0:52
- Location: idn, 18 mdpl
- Daily Vehicle: b48 1gd 4a9
Re: Saran: CX5 Kuro AWD, Civic RS, or ANF 2.8 for daily
klo galau di pilihan berdasar range 600 jt an
coba up range ke 800 n apa aja
jd pilihan yg 600 an pasti jadi b aja
coba up range ke 800 n apa aja
jd pilihan yg 600 an pasti jadi b aja
engine roaring!
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4776
- Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
- Location: East Jakarta
- Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023
Re: Saran: CX5 Kuro AWD, Civic RS, or ANF 2.8 for daily
kebetulan saya pernah miara ANPS dakar 2018, ANF VRZ 2018 , crv turbo pres 2019 (yg 1 basis sm civic) & CX5 Elite 2018 + udh pernah testdrive civic rs jg . kalo dari ANPS & sepertinya sudah bosan dengan handlingnya ladder (saya baca thread om ts sebelumnya) . sepertinya opsi 1 & 3 sama2 bagus. tinggal sesuaikan kebutuhan saja. mau yg disatu sisi nyaman, empuk & lega + cukup fun to drive tapi disisi lain rawan gesrot krn gc rendah or mau yg disatu sisi kaya fitur, handling enak, tarikan enak, kemana aja ayo karena gc tinggi tp disisi lain akomodasi & kepraktisan kurang , bantingan termasuk keras dan ga nyaman dibanding opsi no 3 + aftersales terutama bengkel non resminya ga sebanyak opsi no 3MrTurbo wrote: ↑Sat Aug 17, 2024 9:43 Halo para agan dan suhu sekalian. Salam kenal .
Jadi ceritanya ane lagi cari lagi mobil daily driver. Kalo waktu itu ane ada bkin thread disini viewtopic.php?t=33539 . Singkat cerita ane ga jadi angkat mobil eropa, karena budgetnya sudah kepotong buat beli Veloz Q TSS dan Raize 1.0 untuk gantiin Ford Ecos ane yg DCTnya uda agak trouble karena request orang rumah butuh kuda yg ga ribet untuk kerja dan urgent . Lalu ane ga mau nambah budget lagi untuk angkut mobil eropa dan males juga huntingnya
Jadi singkat cerita ane mau TT si ANPS 4N15 dengan 3 opsi mobil baru dengan range harga yang menurut ane cukup berdekatan walau ada 1 yg agak mahal dan butuh saran suhu suhu yang mungkin sudah pernah pelihara dari experience penggunaan, fuel cons, dan suka duka pelihara mobil obil ini :
1. Mazda CX5 Kuro AWD: Saat di Giias kemarin uda coba naik namun tidak tes drive.
Pros: Interior terlihat mewah, modelnya cukup keliatan up market walau sudah keliatan tua. Dari desain interior dan size mobil terlihat driver focused but easy to use/drive.
Cons: Model terlihat outdated, dari sisi gengsi masih agak kalah ketimbang opsi no 2 ane yaitu ANF 2.8, Fuel cons ane baca baca diforum ternyata ga seirit yg digembar gemborkan oleh reviewer di yutub yutub.
2. ANF 2.8: Sering naik dan pernah bawa namun yg 2.4.
Pros: Handling imho much better than ANPS ane yg kayak kapal. GC tinggi kebetulan lingkungan tempat tinggal ane (jakbar) kalo musim hujan berubah jd sungai . Irit secara Fuel cons apalagi kalo msh bisa isi bio solar . Last but not leasst of course gengsi bawa fortuner dan ane bukan tipe yg modif ceper, cumi", lampu RGB yg menurut ane menghilangkan wibawanya Cukup Standar blackout biar gagah aja.
Cons: Kegedean kalo masuk gang, Kalo wajib dex agak besar juga operating costnya, orang rumah agak complain kalo naik mobil ladder frame ketinggian dan kadang pusing.
3. Civic 1.5 RS Turbo: Sering duduk dipameran and damn it feels so good.
Pros: Kangen bawa sedan lagi, apalagi ini mesin dengernya lumayan enak, brand image honda
Cons: Terlalu ceper ga ya (?)
Demikian 3 opsi yg menjadi kegalauan ane . Ane rencana angkut di akhir tahun ini, mohon pencerahannya suhu suhu dan teman teman sekalian. Terimakasihhh
kalo opsi no 2. kebetulan pernah miara keduanya & cukup sering jg dibawa jakarta - jateng - jogja PP setahun 5-6x . yg saya bold entah knp saya agak beda. di ANPS, saya malah lebih pede bawa mobil ini kalo lukot or tol karena handling, tarikan + driving feelnya much better daripada ANF. buat saya, ANF entah knp malah kebalikannya, handling ga sebagus ANPS & remnya jg agak kurang pakem, walaupun unggul di sisi bantingan suspensi yg lebih empuk dan lebih nyaman dibanding ANPS (itu sepengalaman saya miara keduanya ya dan beli seken + fortunernya yg 2.4 PFL) kalo yg facelift 2021 up or 2.8 saya kurang tau secara saya cm pernah td jarak pendek aja hehehe. dan juga consnya, mirip bgt casenya kaya saya dulu sehingga harus merelakan ANPS saya untuk dijual akhir tahun lalu. sama persis kaya yg om rasakan. karena jujur aja, baik anps maupun anf, semua sejak saya beli seken sampe dijual saya pake bio terus . sampe pada akhirnya deket tempat tinggal saya bio susah which is jd mau ga mau kudu isi shell / dex/ dexlite membuat saya mulai mikir2 mau keep apa jual , ditambah lg org rumah gaada yg mau make karena kegedean & ga nyaman (exactly yes, because kami 15 tahun pake mobil monokok) , jd yg make cuma saya & sopir saya aja . which is akhirnya saya putusin buat jual aja anps nya hehe (sekaligus mobil itu jd mobil bekas terakhir saya, at least sampai hari ini , which is saya blm miara mobekas lg sejak saat itu)
kalo emg concernnya ada di consnya di opsi no 2 + pemakaian mayoritas dalkot aja ya coret opsi no 2. buat dalkot seriously jauh jauh lebih nyaman & fun to drive opsi 1 & 3. kecuali ts nya emg hobby roadtrip ke daerah2 yg masih ada jalan yg kondisinya kurang bagus or aftersalesnya mohon maaf terbatas (in case kalo ada apa2) baru consider opsi no 2. secara based on pengalaman saya. saya milih ladder jg karena waktu itu saya ada kegiatan yg mengharuskan saya bolak balik jakarta - jateng - jogja setahun lebih dari 3x. jd perlu mobil yg gc tinggi, maintenance terjangkau (secara mobil jd mobil daily) , sehingga jatuh ke 2 itu hehe. back to topic, soal opsi no 2, entah knp kalo saya jd om, liat prosnya , saya bakal consider opsi no 1 aja . kalo emg gc tinggi jd prioritas . or kalo emg pengen yg gagah bs consider mobil seken eropaan or kalo emg mau jepangan, saya bakal sarankan lexus rx / camry hehe
kalo alternatif, AN Voxy 90, serena c28 or zenix q hybrid sepertinya masih masuk budget menurut saya hehe
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 290
- Joined: Thu Feb 09, 2017 6:54
Re: Saran: CX5 Kuro AWD, Civic RS, or ANF 2.8 for daily
Tinggal di daerah rawan banjir pakai ANF 2.8 1GD aja dah bener.
Sy sekarang juga pakai ANF 1GD dari sebelumya ANPS 4N15 so far oke” aja. Memang untuk ngebut masih enak mobil monokok apalagi sedan. Tapi ya better lah ga selimbung dan ga selemot ANPS.
Untuk minum biosol, cukup ganti donpep plong krn anf 2.8 skrg euro4 semua dan delete egr.
Tapi kalo doyan nyetir dan beneran gamau duo ladderframe, pilihan antara cx5 sama civic rs turbo, sy vote civic.
Sy sekarang juga pakai ANF 1GD dari sebelumya ANPS 4N15 so far oke” aja. Memang untuk ngebut masih enak mobil monokok apalagi sedan. Tapi ya better lah ga selimbung dan ga selemot ANPS.
Untuk minum biosol, cukup ganti donpep plong krn anf 2.8 skrg euro4 semua dan delete egr.
Tapi kalo doyan nyetir dan beneran gamau duo ladderframe, pilihan antara cx5 sama civic rs turbo, sy vote civic.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3719
- Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
- Location: Jakarta
Re: Saran: CX5 Kuro AWD, Civic RS, or ANF 2.8 for daily
Kalo ane sih:MrTurbo wrote: ↑Sat Aug 17, 2024 9:43 Halo para agan dan suhu sekalian. Salam kenal .
Jadi ceritanya ane lagi cari lagi mobil daily driver. Kalo waktu itu ane ada bkin thread disini viewtopic.php?t=33539 . Singkat cerita ane ga jadi angkat mobil eropa, karena budgetnya sudah kepotong buat beli Veloz Q TSS dan Raize 1.0 untuk gantiin Ford Ecos ane yg DCTnya uda agak trouble karena request orang rumah butuh kuda yg ga ribet untuk kerja dan urgent . Lalu ane ga mau nambah budget lagi untuk angkut mobil eropa dan males juga huntingnya
Jadi singkat cerita ane mau TT si ANPS 4N15 dengan 3 opsi mobil baru dengan range harga yang menurut ane cukup berdekatan walau ada 1 yg agak mahal dan butuh saran suhu suhu yang mungkin sudah pernah pelihara dari experience penggunaan, fuel cons, dan suka duka pelihara mobil obil ini :
1. Mazda CX5 Kuro AWD: Saat di Giias kemarin uda coba naik namun tidak tes drive.
Pros: Interior terlihat mewah, modelnya cukup keliatan up market walau sudah keliatan tua. Dari desain interior dan size mobil terlihat driver focused but easy to use/drive.
Cons: Model terlihat outdated, dari sisi gengsi masih agak kalah ketimbang opsi no 2 ane yaitu ANF 2.8, Fuel cons ane baca baca diforum ternyata ga seirit yg digembar gemborkan oleh reviewer di yutub yutub.
2. ANF 2.8: Sering naik dan pernah bawa namun yg 2.4.
Pros: Handling imho much better than ANPS ane yg kayak kapal. GC tinggi kebetulan lingkungan tempat tinggal ane (jakbar) kalo musim hujan berubah jd sungai . Irit secara Fuel cons apalagi kalo msh bisa isi bio solar . Last but not leasst of course gengsi bawa fortuner dan ane bukan tipe yg modif ceper, cumi", lampu RGB yg menurut ane menghilangkan wibawanya Cukup Standar blackout biar gagah aja.
Cons: Kegedean kalo masuk gang, Kalo wajib dex agak besar juga operating costnya, orang rumah agak complain kalo naik mobil ladder frame ketinggian dan kadang pusing.
3. Civic 1.5 RS Turbo: Sering duduk dipameran and damn it feels so good.
Pros: Kangen bawa sedan lagi, apalagi ini mesin dengernya lumayan enak, brand image honda
Cons: Terlalu ceper ga ya (?)
Demikian 3 opsi yg menjadi kegalauan ane . Ane rencana angkut di akhir tahun ini, mohon pencerahannya suhu suhu dan teman teman sekalian. Terimakasihhh
1. Bosen ga pake ladderframe? Seenak2nya fortie dibanding pakjero tetep aja basenya ladderframe. Mau diapain jg ga bakalan seenak monokok, apalagi sedan. Jgn lupa fortie sama CX5 umurnya mirip2, lebih jauh berasa outdated si fortie dibanding CX5 malahan. Selama ga butuh 7 seater atau tempat tinggal banjir parah sampe masuk ke garasi sih coret option ini. Ga kapok2 apa beli mbl overpriced, transmisi jedug suruh belajar lg
2. CX5 uda tua tp design dan built quality tetep ga kalah sama mbl2 jaman sekarang, apalagi kalo dibanding sama mbl cungkuo design sama semua layar gede ditengah. NVH, ride quality, tetep diatas rata2. Kalo ga salah mzd connectnya uda pake gen 7 yg sama kaya mazda 3 n CX30, jauh lebih modern UInya walaupun sebenernya sama aja dibanding sebelumnya. Pilihan oke kalo emang rumah agak banjir tp ga butuh 7 seater. FWD aja kalo ga dipake offroad, overkill banget SUV cantik gini AWD. Kalo blg AWDnya kepake kalo lg ngebut ya artinya sering ngebut sampe to the limit kan, kalo gitu pilihannya gawsa SUV, sedan aja sekalian. Tp kalo pake lari 120-130 doang di tol mah fwd aja cukup, kecuali otak rada2 sengklek lg hujan ngebut >100 jg
3. Civic RS. Pilihan paling cocok kalo banjir segala ga masuk garasi rumah n ga butuh 7 seater. Driving dynamic tentunya ga bohong lah seekor civic walaupun FWD, tetep aja enak. Kalo banjir ya pake aja si veloz or rocky.
4. Eropa 2nd second: 600jt an dpt G20-G30 atau W205-W213. G20, G30, W205 (last edition) masi dibawah 5 taon. Sukur2 masi nyala service inclusivenya kalo diperpanjang. W213 yg mungkin dpt >5 thn. Pilihan terbaik saat ini dibanding beli mobcin generik rasanya sama semua, mopang yg uda pd overpriced, mob-eropa baru yg harganya mahal.
Btw jakbarnya mana om? Gw pake sedan diceperin 2 taon aman2 aja. Sempet beberapa kali dagdigdug kalo ujan gede tp untungnya ga pernah kejebak banjir. Paling ujan gede masuk tol aja paling aman
Butuh dana buat beli M4
Tanah sentul : https://shorturl.at/fMmZx
Apt westmark : https://shorturl.at/3xlmI
Tanah sentul : https://shorturl.at/fMmZx
Apt westmark : https://shorturl.at/3xlmI
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 290
- Joined: Thu Feb 09, 2017 6:54
Re: Saran: CX5 Kuro AWD, Civic RS, or ANF 2.8 for daily
Yakin ga kebalik nih om? Perasaan semua orang pada ngomong bantingan ANPS loh yg lebih empuk dibanding ANF. Mau preFL / FL karena di sy juga gitu. Rem juga di sy lebih pakem ANF dari ANPS. Ini bicara kondisi kedua mobil sm” baru ya.Pboyz97 wrote: ↑Sat Aug 17, 2024 13:47 - cut -
yg saya bold entah knp saya agak beda. di ANPS, saya malah lebih pede bawa mobil ini kalo lukot or tol karena handling, tarikan + driving feelnya much better daripada ANF. buat saya, ANF entah knp malah kebalikannya, handling ga sebagus ANPS & remnya jg agak kurang pakem, walaupun unggul di sisi bantingan suspensi yg lebih empuk dan lebih nyaman dibanding ANPS (itu sepengalaman saya miara keduanya ya dan beli seken + fortunernya yg 2.4 PFL) kalo yg facelift 2021 up or 2.8 saya kurang tau secara saya cm pernah td jarak pendek aja hehehe
- cut -
Kalau tarikan ANPS lebih gesit ya sy setuju krn ketolong ama 8at nya emang lebih responsif dan lawannya masih ANF yg 2.4. Beda cerita kalau vs ANF 2.8 ..
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 801
- Joined: Thu Mar 17, 2005 9:01
- Location: Jakarta
Re: Saran: CX5 Kuro AWD, Civic RS, or ANF 2.8 for daily
klo diantara 3 itu sih CX5 ya, test drive aja biar yakin.
W212 M272 '10
AN140 2GD '18
AN140 2GD '18
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1636
- Joined: Sun May 22, 2016 4:20
Re: Saran: CX5 Kuro AWD, Civic RS, or ANF 2.8 for daily
Saya malah mikir anf ini forti vnt yang ganti baju sama printilan2 yang kekinian plus matic yang selip forever. Lainnya kayak 11-12kendibocor wrote: ↑Sat Aug 17, 2024 14:00
Kalo ane sih:
1. Bosen ga pake ladderframe? Seenak2nya fortie dibanding pakjero tetep aja basenya ladderframe. Mau diapain jg ga bakalan seenak monokok, apalagi sedan. Jgn lupa fortie sama CX5 umurnya mirip2, lebih jauh berasa outdated si fortie dibanding CX5 malahan. Selama ga butuh 7 seater atau tempat tinggal banjir parah sampe masuk ke garasi sih coret option ini. Ga kapok2 apa beli mbl overpriced, transmisi jedug suruh belajar lg
2. CX5 uda tua tp design dan built quality tetep ga kalah sama mbl2 jaman sekarang, apalagi kalo dibanding sama mbl cungkuo design sama semua layar gede ditengah. NVH, ride quality, tetep diatas rata2. Kalo ga salah mzd connectnya uda pake gen 7 yg sama kaya mazda 3 n CX30, jauh lebih modern UInya walaupun sebenernya sama aja dibanding sebelumnya. Pilihan oke kalo emang rumah agak banjir tp ga butuh 7 seater. FWD aja kalo ga dipake offroad, overkill banget SUV cantik gini AWD. Kalo blg AWDnya kepake kalo lg ngebut ya artinya sering ngebut sampe to the limit kan, kalo gitu pilihannya gawsa SUV, sedan aja sekalian. Tp kalo pake lari 120-130 doang di tol mah fwd aja cukup, kecuali otak rada2 sengklek lg hujan ngebut >100 jg
3. Civic RS. Pilihan paling cocok kalo banjir segala ga masuk garasi rumah n ga butuh 7 seater. Driving dynamic tentunya ga bohong lah seekor civic walaupun FWD, tetep aja enak. Kalo banjir ya pake aja si veloz or rocky.
4. Eropa 2nd second: 600jt an dpt G20-G30 atau W205-W213. G20, G30, W205 (last edition) masi dibawah 5 taon. Sukur2 masi nyala service inclusivenya kalo diperpanjang. W213 yg mungkin dpt >5 thn. Pilihan terbaik saat ini dibanding beli mobcin generik rasanya sama semua, mopang yg uda pd overpriced, mob-eropa baru yg harganya mahal.
Btw jakbarnya mana om? Gw pake sedan diceperin 2 taon aman2 aja. Sempet beberapa kali dagdigdug kalo ujan gede tp untungnya ga pernah kejebak banjir. Paling ujan gede masuk tol aja paling aman
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4776
- Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
- Location: East Jakarta
- Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023
Re: Saran: CX5 Kuro AWD, Civic RS, or ANF 2.8 for daily
berhubung keduanya saya beli seken ya , emg seperti itu yg saya rasakan. kalo beli baru ya saya emg blm pernah pelihara kedua mobil ini dari baru baik pre fl maupun fl . di anf, malah remnya gatau knp agak senin-kamis, mesti di injek agak dalam dulu baru mau bekerja, sedangkan di ANPS, saya injek 1/2 aja udh berasa pengeremannya, entah unit saya aja yg begitu atau emg karakter bawaan kedua mobil itu jg saya terus terang ngga gitu ngerti, secara mobilnya jg emg buat pake pake jual aja + ANPS buat saya malah berasa lebih keras. ANF jauh lebih empuk. itu impresi yg saya rasakan + orang rumah jg blg hal yg sama pas nyoba keduanya. kalo lewat poldur atau jalan jelek jg mereka lebih prefer anf daripada anps kalo sebagai penumpang hehegwsecretc wrote: ↑Sat Aug 17, 2024 14:16
Yakin ga kebalik nih om? Perasaan semua orang pada ngomong bantingan ANPS loh yg lebih empuk dibanding ANF. Mau preFL / FL karena di sy juga gitu. Rem juga di sy lebih pakem ANF dari ANPS. Ini bicara kondisi kedua mobil sm” baru ya.
Kalau tarikan ANPS lebih gesit ya sy setuju krn ketolong ama 8at nya emang lebih responsif dan lawannya masih ANF yg 2.4. Beda cerita kalau vs ANF 2.8 ..
anyway trims infonya. kalo soal pakem, ya saya review begini jg karena selama saya piara keduanya dan beli seken + tahunnya sama2 2018 di saya rem ANPS lebih pakem dari ANF hehehe
yes. 8atnya emg cukup membantu dibanding anf yg 2.4 emg lebih kenceng anps tarikannya hehe
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 456
- Joined: Fri Aug 22, 2014 9:41
Re: Saran: CX5 Kuro AWD, Civic RS, or ANF 2.8 for daily
Hadir om, sebagai user FE. Cba kasih testimony ya, untuk harian d JKT si memang sedan agak challenging, nemu poldur laknat lgsg ngerem2, bolongan jg sama. Yang paling kacau kalo malem papasan ama mobil lain, makin buta ni mata gara2 kena sorot lampu. Mau cari parkir d tpt2 sempit pake FE juga repot, ni mobil panjang seriously. Pernah parkir sebelahan ama W206 ama W213, mirip2 panjangnya.KielConstantine wrote: ↑Sat Aug 17, 2024 12:20 Mobil (baru) range 600 jutaan emang terbatas pilihannya. Apalagi yg proper build haha
Yg masuk radar ane cuman:
Zenix Q hybrid
All new Serena hybrid
CX-5 AWD
Altis hybrid
Civic turbo
Itu aj zenix Q agak kurang qualitynya. Rada ngenes gegara CKD.
Sisanya ya duo ladderframe, tapi bosen kan bertahun2 pake truck model bgituan mulu wkwkwk
Paling banter CX-5 awd seh klo masih mikirin ground clearance. Cukup koq enginenya NA segitu apalagi kg doyan ngebut gimana kan om
Otherwise coba aja pelihara sedan (civic/altis) trus pake buat daily driving.. Coba kita summon dulu pengabdi2 nya om @imwewe @jenson @hosea @chz
Balik ke Q om TS, seberapa om suka nyetir? Kalo suka dan ga masalah dengan yg saya swbutin tadi, go for Civic om. Saya ud coba ama CX5, jauhhh lah kalo dr segi engineering ama keasyikan berkemdara. Ok lha civic kalah d material, tp pengalaman bikin engine mobil verstappen ga boong om
Tapi kalo ga trlalu suka nyetir, or bermasalah dengan kekurangan yg saya sebut, mgkin bsa ambil cx5 ~ slightly better driving exp
Zennix ~ mobil all rounder, ass ga pusing, nyaman tp ya udh aia, kek bawa kapal
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11504
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Saran: CX5 Kuro AWD, Civic RS, or ANF 2.8 for daily
Andaikan ya honda jaman nowJenson wrote: ↑Sat Aug 17, 2024 17:45Hadir om, sebagai user FE. Cba kasih testimony ya, untuk harian d JKT si memang sedan agak challenging, nemu poldur laknat lgsg ngerem2, bolongan jg sama. Yang paling kacau kalo malem papasan ama mobil lain, makin buta ni mata gara2 kena sorot lampu. Mau cari parkir d tpt2 sempit pake FE juga repot, ni mobil panjang seriously. Pernah parkir sebelahan ama W206 ama W213, mirip2 panjangnya.KielConstantine wrote: ↑Sat Aug 17, 2024 12:20 Mobil (baru) range 600 jutaan emang terbatas pilihannya. Apalagi yg proper build haha
Yg masuk radar ane cuman:
Zenix Q hybrid
All new Serena hybrid
CX-5 AWD
Altis hybrid
Civic turbo
Itu aj zenix Q agak kurang qualitynya. Rada ngenes gegara CKD.
Sisanya ya duo ladderframe, tapi bosen kan bertahun2 pake truck model bgituan mulu wkwkwk
Paling banter CX-5 awd seh klo masih mikirin ground clearance. Cukup koq enginenya NA segitu apalagi kg doyan ngebut gimana kan om
Otherwise coba aja pelihara sedan (civic/altis) trus pake buat daily driving.. Coba kita summon dulu pengabdi2 nya om @imwewe @jenson @hosea @chz
Balik ke Q om TS, seberapa om suka nyetir? Kalo suka dan ga masalah dengan yg saya swbutin tadi, go for Civic om. Saya ud coba ama CX5, jauhhh lah kalo dr segi engineering ama keasyikan berkemdara. Ok lha civic kalah d material, tp pengalaman bikin engine mobil verstappen ga boong om
Tapi kalo ga trlalu suka nyetir, or bermasalah dengan kekurangan yg saya sebut, mgkin bsa ambil cx5 ~ slightly better driving exp
Zennix ~ mobil all rounder, ass ga pusing, nyaman tp ya udh aia, kek bawa kapal
Implement geared AT 6-10 speed
It's second to none deh
Tp emang experience gak boong, biar dikata divisi racing f1 dan mass market itu beda, filosofi dan etos kerja kan tetap satu atap.
Lihat aja knp Rolls royce begitu sophisticated, lah dia pengalaman bikin mesin jet dan turbofan pesawat terbang
Honda dalam hal ini jg dah masuk bermain dalam private jet. Yg mana industri aviasi menuntut presisi dan no room for error
Btt, gak usah civic... Kelas rakyat Brio aja the best di kelasnya.
Sama vvuling air, itu kyk gadget berjalan
Semua lineup Mazda itu enak, dan ketolong krn dia satu2nya yg masih waras pakai geared AT yg cekatan + sound entertainment yg mumpuni.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5095
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S
Re: Saran: CX5 Kuro AWD, Civic RS, or ANF 2.8 for daily
emang cvt gak booong.......Suryaputra wrote: ↑Sun Aug 18, 2024 0:26
Andaikan ya honda jaman now
Implement geared AT 6-10 speed
It's second to none deh
Tp emang experience gak boong, biar dikata divisi racing f1 dan mass market itu beda, filosofi dan etos kerja kan tetap satu atap.
Lihat aja knp Rolls royce begitu sophisticated, lah dia pengalaman bikin mesin jet dan turbofan pesawat terbang
Honda dalam hal ini jg dah masuk bermain dalam private jet. Yg mana industri aviasi menuntut presisi dan no room for error
Btt, gak usah civic... Kelas rakyat Brio aja the best di kelasnya.
Sama vvuling air, itu kyk gadget berjalan
Semua lineup Mazda itu enak, dan ketolong krn dia satu2nya yg masih waras pakai geared AT yg cekatan + sound entertainment yg mumpuni.
HAMBARNYA............
ngeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeenng..................
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 656
- Joined: Wed Dec 26, 2007 19:33
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Gojek
Re: Saran: CX5 Kuro AWD, Civic RS, or ANF 2.8 for daily
Saya pernah rental dua2nya 3 hari, menurut saya enak anf 2.4 bantingannya. Anps kayak bantal empuk bgt. Malah limbung2 dia. Remnya jg enak anf. Jd penasaran anps yg 6 speed. Sptnya lebi ok tuh. 8 speed mungkin lebi iritgwsecretc wrote: ↑Sat Aug 17, 2024 14:16Yakin ga kebalik nih om? Perasaan semua orang pada ngomong bantingan ANPS loh yg lebih empuk dibanding ANF. Mau preFL / FL karena di sy juga gitu. Rem juga di sy lebih pakem ANF dari ANPS. Ini bicara kondisi kedua mobil sm” baru ya.Pboyz97 wrote: ↑Sat Aug 17, 2024 13:47 - cut -
yg saya bold entah knp saya agak beda. di ANPS, saya malah lebih pede bawa mobil ini kalo lukot or tol karena handling, tarikan + driving feelnya much better daripada ANF. buat saya, ANF entah knp malah kebalikannya, handling ga sebagus ANPS & remnya jg agak kurang pakem, walaupun unggul di sisi bantingan suspensi yg lebih empuk dan lebih nyaman dibanding ANPS (itu sepengalaman saya miara keduanya ya dan beli seken + fortunernya yg 2.4 PFL) kalo yg facelift 2021 up or 2.8 saya kurang tau secara saya cm pernah td jarak pendek aja hehehe
- cut -
Kalau tarikan ANPS lebih gesit ya sy setuju krn ketolong ama 8at nya emang lebih responsif dan lawannya masih ANF yg 2.4. Beda cerita kalau vs ANF 2.8 ..
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11504
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Saran: CX5 Kuro AWD, Civic RS, or ANF 2.8 for daily
Klo ada mode + - msh enakb0ku wrote: ↑Sun Aug 18, 2024 1:55emang cvt gak booong.......Suryaputra wrote: ↑Sun Aug 18, 2024 0:26
Andaikan ya honda jaman now
Implement geared AT 6-10 speed
It's second to none deh
Tp emang experience gak boong, biar dikata divisi racing f1 dan mass market itu beda, filosofi dan etos kerja kan tetap satu atap.
Lihat aja knp Rolls royce begitu sophisticated, lah dia pengalaman bikin mesin jet dan turbofan pesawat terbang
Honda dalam hal ini jg dah masuk bermain dalam private jet. Yg mana industri aviasi menuntut presisi dan no room for error
Btt, gak usah civic... Kelas rakyat Brio aja the best di kelasnya.
Sama vvuling air, itu kyk gadget berjalan
Semua lineup Mazda itu enak, dan ketolong krn dia satu2nya yg masih waras pakai geared AT yg cekatan + sound entertainment yg mumpuni.
HAMBARNYA............
ngeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeenng..................
Ngurangin rubber band effect nya
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5095
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S
Re: Saran: CX5 Kuro AWD, Civic RS, or ANF 2.8 for daily
kalo overall mendingan ambil fortuner aja deh om apalagi makenya cuma stock2x doank fortuner lebih ok pajero itu cocoknya buat yang pengen tuning karena basicnya chasisnya lebih ok cuma kalo ngomongin ANPS mesin handling caur semua setupnya gak ada yang bener
kalo OPS masih enak suspensinya karena pernya di hajar gerobak itupun shock nya yang belakang gak tahan lama
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5095
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S
Re: Saran: CX5 Kuro AWD, Civic RS, or ANF 2.8 for daily
tetep om ud waktunya balik ke geared ud gak jaman CVTan eh malah mau kabur maen listrik2xan........
BUAT TS CX-60 PRO aja ud kalo sanggup ntar HKS keluar pasang HKS dijamin mantep
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 24
- Joined: Thu Apr 11, 2024 17:31
- Location: Jakarta Barat
- Daily Vehicle: ANPS Pajero sport 4N15
Re: Saran: CX5 Kuro AWD, Civic RS, or ANF 2.8 for daily
Ga butuh butuh amat 7 Seater Om. Ane sering sendiri malah. 7 Seater kepake kalo vacation aja sama temen temen, paling setaun 2-3x.EdgarDrake wrote: ↑Sat Aug 17, 2024 10:07 Pertanyaan basic: butuh 7 seater size ga? Kalo ga butuh, Fortuner boleh jadi optional.
Pertanyaan kedua: butuh AWD/offroad capability ga? Kalo ga butuh, Fortuner dan CX-5 Kuro boleh jd optional.
Sejujurnya, kl pengunaan hanya standar2 aja dalem kota + tol, kyknya 2WD aja cukup, apalagi kl ada concern fuel consumption.
Apakah Honda Civic bs jd options? Ya tergantung sih, di harga baru segitu mobil options-nya lgsg banyak. Dan krn selera personal ga suka mobil bongsor, di duit segitu most likely ambil Civic. Masalah ground clearance, gw kebetulan make CX-3, jd punya gambaran waktu gw mw beli CX-30 (CX-3 lebih sering kepentok utk case gw). Punya data pembanding ga? Kl ga ada, terpaksa test drive sambil mobil bawa bbrp org dewasa, minta mereka duduk di belakang, pas lewat jalan "berbahaya", apa kabar...
Kalo si Kuro AWD cuman lebih ke penasran aja feelnya gmn.
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 24
- Joined: Thu Apr 11, 2024 17:31
- Location: Jakarta Barat
- Daily Vehicle: ANPS Pajero sport 4N15
Re: Saran: CX5 Kuro AWD, Civic RS, or ANF 2.8 for daily
Iya om bener zenix Q pernah masuk radar ane. Tapi yg bikin cons, fuel consumptionnya ga irit irit bgt sesuai dengan gembar gembor hybridnya. Terus BQ nya yg yasudahlah , rasanya lbh kokoh ANF 2.8 walau sudah kuno.KielConstantine wrote: ↑Sat Aug 17, 2024 12:20 Mobil (baru) range 600 jutaan emang terbatas pilihannya. Apalagi yg proper build haha
Yg masuk radar ane cuman:
Zenix Q hybrid
All new Serena hybrid
CX-5 AWD
Altis hybrid
Civic turbo
Itu aj zenix Q agak kurang qualitynya. Rada ngenes gegara CKD.
Sisanya ya duo ladderframe, tapi bosen kan bertahun2 pake truck model bgituan mulu wkwkwk
Paling banter CX-5 awd seh klo masih mikirin ground clearance. Cukup koq enginenya NA segitu apalagi kg doyan ngebut gimana kan om
Otherwise coba aja pelihara sedan (civic/altis) trus pake buat daily driving.. Coba kita summon dulu pengabdi2 nya om @imwewe @jenson @hosea @chz
so far emang pilihan paling safe si kuro.
Civic duduknya good, cman blm tes aja cvtnya kyk gimana
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 24
- Joined: Thu Apr 11, 2024 17:31
- Location: Jakarta Barat
- Daily Vehicle: ANPS Pajero sport 4N15
Re: Saran: CX5 Kuro AWD, Civic RS, or ANF 2.8 for daily
Ane waktu itu bawa ANPS Jakarta - Jogja PP dgn speed 140-160 saat nyalip bus, jujur agak mengerikan ketimbang ANF. Karena ane feelnya si ANPS ini ngayun yg soft kalo fortuner lbh ke loncat loncat (agak kasar). Bener om cons nya lagi punya mobil gede orang rumah ga ada yg mau pake, jd cuman ane yg pake. Padahal daily bawa dipake sendiri doang. Cuman menang gengsi dan gagah aja dijalanPboyz97 wrote: ↑Sat Aug 17, 2024 13:47kebetulan saya pernah miara ANPS dakar 2018, ANF VRZ 2018 , crv turbo pres 2019 (yg 1 basis sm civic) & CX5 Elite 2018 + udh pernah testdrive civic rs jg . kalo dari ANPS & sepertinya sudah bosan dengan handlingnya ladder (saya baca thread om ts sebelumnya) . sepertinya opsi 1 & 3 sama2 bagus. tinggal sesuaikan kebutuhan saja. mau yg disatu sisi nyaman, empuk & lega + cukup fun to drive tapi disisi lain rawan gesrot krn gc rendah or mau yg disatu sisi kaya fitur, handling enak, tarikan enak, kemana aja ayo karena gc tinggi tp disisi lain akomodasi & kepraktisan kurang , bantingan termasuk keras dan ga nyaman dibanding opsi no 3 + aftersales terutama bengkel non resminya ga sebanyak opsi no 3MrTurbo wrote: ↑Sat Aug 17, 2024 9:43 Halo para agan dan suhu sekalian. Salam kenal .
Jadi ceritanya ane lagi cari lagi mobil daily driver. Kalo waktu itu ane ada bkin thread disini viewtopic.php?t=33539 . Singkat cerita ane ga jadi angkat mobil eropa, karena budgetnya sudah kepotong buat beli Veloz Q TSS dan Raize 1.0 untuk gantiin Ford Ecos ane yg DCTnya uda agak trouble karena request orang rumah butuh kuda yg ga ribet untuk kerja dan urgent . Lalu ane ga mau nambah budget lagi untuk angkut mobil eropa dan males juga huntingnya
Jadi singkat cerita ane mau TT si ANPS 4N15 dengan 3 opsi mobil baru dengan range harga yang menurut ane cukup berdekatan walau ada 1 yg agak mahal dan butuh saran suhu suhu yang mungkin sudah pernah pelihara dari experience penggunaan, fuel cons, dan suka duka pelihara mobil obil ini :
1. Mazda CX5 Kuro AWD: Saat di Giias kemarin uda coba naik namun tidak tes drive.
Pros: Interior terlihat mewah, modelnya cukup keliatan up market walau sudah keliatan tua. Dari desain interior dan size mobil terlihat driver focused but easy to use/drive.
Cons: Model terlihat outdated, dari sisi gengsi masih agak kalah ketimbang opsi no 2 ane yaitu ANF 2.8, Fuel cons ane baca baca diforum ternyata ga seirit yg digembar gemborkan oleh reviewer di yutub yutub.
2. ANF 2.8: Sering naik dan pernah bawa namun yg 2.4.
Pros: Handling imho much better than ANPS ane yg kayak kapal. GC tinggi kebetulan lingkungan tempat tinggal ane (jakbar) kalo musim hujan berubah jd sungai . Irit secara Fuel cons apalagi kalo msh bisa isi bio solar . Last but not leasst of course gengsi bawa fortuner dan ane bukan tipe yg modif ceper, cumi", lampu RGB yg menurut ane menghilangkan wibawanya Cukup Standar blackout biar gagah aja.
Cons: Kegedean kalo masuk gang, Kalo wajib dex agak besar juga operating costnya, orang rumah agak complain kalo naik mobil ladder frame ketinggian dan kadang pusing.
3. Civic 1.5 RS Turbo: Sering duduk dipameran and damn it feels so good.
Pros: Kangen bawa sedan lagi, apalagi ini mesin dengernya lumayan enak, brand image honda
Cons: Terlalu ceper ga ya (?)
Demikian 3 opsi yg menjadi kegalauan ane . Ane rencana angkut di akhir tahun ini, mohon pencerahannya suhu suhu dan teman teman sekalian. Terimakasihhh
kalo opsi no 2. kebetulan pernah miara keduanya & cukup sering jg dibawa jakarta - jateng - jogja PP setahun 5-6x . yg saya bold entah knp saya agak beda. di ANPS, saya malah lebih pede bawa mobil ini kalo lukot or tol karena handling, tarikan + driving feelnya much better daripada ANF. buat saya, ANF entah knp malah kebalikannya, handling ga sebagus ANPS & remnya jg agak kurang pakem, walaupun unggul di sisi bantingan suspensi yg lebih empuk dan lebih nyaman dibanding ANPS (itu sepengalaman saya miara keduanya ya dan beli seken + fortunernya yg 2.4 PFL) kalo yg facelift 2021 up or 2.8 saya kurang tau secara saya cm pernah td jarak pendek aja hehehe. dan juga consnya, mirip bgt casenya kaya saya dulu sehingga harus merelakan ANPS saya untuk dijual akhir tahun lalu. sama persis kaya yg om rasakan. karena jujur aja, baik anps maupun anf, semua sejak saya beli seken sampe dijual saya pake bio terus . sampe pada akhirnya deket tempat tinggal saya bio susah which is jd mau ga mau kudu isi shell / dex/ dexlite membuat saya mulai mikir2 mau keep apa jual , ditambah lg org rumah gaada yg mau make karena kegedean & ga nyaman (exactly yes, because kami 15 tahun pake mobil monokok) , jd yg make cuma saya & sopir saya aja . which is akhirnya saya putusin buat jual aja anps nya hehe (sekaligus mobil itu jd mobil bekas terakhir saya, at least sampai hari ini , which is saya blm miara mobekas lg sejak saat itu)
kalo emg concernnya ada di consnya di opsi no 2 + pemakaian mayoritas dalkot aja ya coret opsi no 2. buat dalkot seriously jauh jauh lebih nyaman & fun to drive opsi 1 & 3. kecuali ts nya emg hobby roadtrip ke daerah2 yg masih ada jalan yg kondisinya kurang bagus or aftersalesnya mohon maaf terbatas (in case kalo ada apa2) baru consider opsi no 2. secara based on pengalaman saya. saya milih ladder jg karena waktu itu saya ada kegiatan yg mengharuskan saya bolak balik jakarta - jateng - jogja setahun lebih dari 3x. jd perlu mobil yg gc tinggi, maintenance terjangkau (secara mobil jd mobil daily) , sehingga jatuh ke 2 itu hehe. back to topic, soal opsi no 2, entah knp kalo saya jd om, liat prosnya , saya bakal consider opsi no 1 aja . kalo emg gc tinggi jd prioritas . or kalo emg pengen yg gagah bs consider mobil seken eropaan or kalo emg mau jepangan, saya bakal sarankan lexus rx / camry hehe
kalo alternatif, AN Voxy 90, serena c28 or zenix q hybrid sepertinya masih masuk budget menurut saya hehe
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 24
- Joined: Thu Apr 11, 2024 17:31
- Location: Jakarta Barat
- Daily Vehicle: ANPS Pajero sport 4N15
Re: Saran: CX5 Kuro AWD, Civic RS, or ANF 2.8 for daily
Kebetulan ane tinggal daerah dekat jelambar/dutamas om jakbarnya. Kalo om tau itu pas musim hujan lumayan degdegan om, sebelum pake anps dan ecos ane miara city dan vios. Jaman musim ujan dulu subuh subuh evakuasi mobil agak PR juga, karena takut masuk garasi banjirnya. Selama miara anps jujur hati agak tenang, walau dipakenya ga fun . Iya om memang lagi consider lepas dari Ladder frame ke cx5 or civickendibocor wrote: ↑Sat Aug 17, 2024 14:00Kalo ane sih:MrTurbo wrote: ↑Sat Aug 17, 2024 9:43 Halo para agan dan suhu sekalian. Salam kenal .
Jadi ceritanya ane lagi cari lagi mobil daily driver. Kalo waktu itu ane ada bkin thread disini viewtopic.php?t=33539 . Singkat cerita ane ga jadi angkat mobil eropa, karena budgetnya sudah kepotong buat beli Veloz Q TSS dan Raize 1.0 untuk gantiin Ford Ecos ane yg DCTnya uda agak trouble karena request orang rumah butuh kuda yg ga ribet untuk kerja dan urgent . Lalu ane ga mau nambah budget lagi untuk angkut mobil eropa dan males juga huntingnya
Jadi singkat cerita ane mau TT si ANPS 4N15 dengan 3 opsi mobil baru dengan range harga yang menurut ane cukup berdekatan walau ada 1 yg agak mahal dan butuh saran suhu suhu yang mungkin sudah pernah pelihara dari experience penggunaan, fuel cons, dan suka duka pelihara mobil obil ini :
1. Mazda CX5 Kuro AWD: Saat di Giias kemarin uda coba naik namun tidak tes drive.
Pros: Interior terlihat mewah, modelnya cukup keliatan up market walau sudah keliatan tua. Dari desain interior dan size mobil terlihat driver focused but easy to use/drive.
Cons: Model terlihat outdated, dari sisi gengsi masih agak kalah ketimbang opsi no 2 ane yaitu ANF 2.8, Fuel cons ane baca baca diforum ternyata ga seirit yg digembar gemborkan oleh reviewer di yutub yutub.
2. ANF 2.8: Sering naik dan pernah bawa namun yg 2.4.
Pros: Handling imho much better than ANPS ane yg kayak kapal. GC tinggi kebetulan lingkungan tempat tinggal ane (jakbar) kalo musim hujan berubah jd sungai . Irit secara Fuel cons apalagi kalo msh bisa isi bio solar . Last but not leasst of course gengsi bawa fortuner dan ane bukan tipe yg modif ceper, cumi", lampu RGB yg menurut ane menghilangkan wibawanya Cukup Standar blackout biar gagah aja.
Cons: Kegedean kalo masuk gang, Kalo wajib dex agak besar juga operating costnya, orang rumah agak complain kalo naik mobil ladder frame ketinggian dan kadang pusing.
3. Civic 1.5 RS Turbo: Sering duduk dipameran and damn it feels so good.
Pros: Kangen bawa sedan lagi, apalagi ini mesin dengernya lumayan enak, brand image honda
Cons: Terlalu ceper ga ya (?)
Demikian 3 opsi yg menjadi kegalauan ane . Ane rencana angkut di akhir tahun ini, mohon pencerahannya suhu suhu dan teman teman sekalian. Terimakasihhh
1. Bosen ga pake ladderframe? Seenak2nya fortie dibanding pakjero tetep aja basenya ladderframe. Mau diapain jg ga bakalan seenak monokok, apalagi sedan. Jgn lupa fortie sama CX5 umurnya mirip2, lebih jauh berasa outdated si fortie dibanding CX5 malahan. Selama ga butuh 7 seater atau tempat tinggal banjir parah sampe masuk ke garasi sih coret option ini. Ga kapok2 apa beli mbl overpriced, transmisi jedug suruh belajar lg
2. CX5 uda tua tp design dan built quality tetep ga kalah sama mbl2 jaman sekarang, apalagi kalo dibanding sama mbl cungkuo design sama semua layar gede ditengah. NVH, ride quality, tetep diatas rata2. Kalo ga salah mzd connectnya uda pake gen 7 yg sama kaya mazda 3 n CX30, jauh lebih modern UInya walaupun sebenernya sama aja dibanding sebelumnya. Pilihan oke kalo emang rumah agak banjir tp ga butuh 7 seater. FWD aja kalo ga dipake offroad, overkill banget SUV cantik gini AWD. Kalo blg AWDnya kepake kalo lg ngebut ya artinya sering ngebut sampe to the limit kan, kalo gitu pilihannya gawsa SUV, sedan aja sekalian. Tp kalo pake lari 120-130 doang di tol mah fwd aja cukup, kecuali otak rada2 sengklek lg hujan ngebut >100 jg
3. Civic RS. Pilihan paling cocok kalo banjir segala ga masuk garasi rumah n ga butuh 7 seater. Driving dynamic tentunya ga bohong lah seekor civic walaupun FWD, tetep aja enak. Kalo banjir ya pake aja si veloz or rocky.
4. Eropa 2nd second: 600jt an dpt G20-G30 atau W205-W213. G20, G30, W205 (last edition) masi dibawah 5 taon. Sukur2 masi nyala service inclusivenya kalo diperpanjang. W213 yg mungkin dpt >5 thn. Pilihan terbaik saat ini dibanding beli mobcin generik rasanya sama semua, mopang yg uda pd overpriced, mob-eropa baru yg harganya mahal.
Btw jakbarnya mana om? Gw pake sedan diceperin 2 taon aman2 aja. Sempet beberapa kali dagdigdug kalo ujan gede tp untungnya ga pernah kejebak banjir. Paling ujan gede masuk tol aja paling aman
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 456
- Joined: Fri Aug 22, 2014 9:41
Re: Saran: CX5 Kuro AWD, Civic RS, or ANF 2.8 for daily
Uda perna coba CVT di FE ama CRV RZ om? Menurut selera nubie, jauhh lebi mending dibanding CVT ahond gen sebelum ini. At least dulu perbandingannya ama yg GK ama HRV RU aja beda. Di GK paling parah, infinite nguuuuuuung. Di HRV RU slightly better, tp masi berasa kurang enak. Di City HB juga masi mirip GK infinite ngguuungnya. Nah d FE ini yg unik, kalo dbawa santai sih infinite nguung, tp kalo d geber somehow menurut pearasaan nubie ada sensasi downshift gt2. Keknya si akal2an sensornya, tp cukup buat nipu otak nubie jd lebi seru kalo geber2b0ku wrote: ↑Sun Aug 18, 2024 1:55emang cvt gak booong.......Suryaputra wrote: ↑Sun Aug 18, 2024 0:26
Andaikan ya honda jaman now
Implement geared AT 6-10 speed
It's second to none deh
Tp emang experience gak boong, biar dikata divisi racing f1 dan mass market itu beda, filosofi dan etos kerja kan tetap satu atap.
Lihat aja knp Rolls royce begitu sophisticated, lah dia pengalaman bikin mesin jet dan turbofan pesawat terbang
Honda dalam hal ini jg dah masuk bermain dalam private jet. Yg mana industri aviasi menuntut presisi dan no room for error
Btt, gak usah civic... Kelas rakyat Brio aja the best di kelasnya.
Sama vvuling air, itu kyk gadget berjalan
Semua lineup Mazda itu enak, dan ketolong krn dia satu2nya yg masih waras pakai geared AT yg cekatan + sound entertainment yg mumpuni.
HAMBARNYA............
ngeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeenng..................
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 24
- Joined: Thu Apr 11, 2024 17:31
- Location: Jakarta Barat
- Daily Vehicle: ANPS Pajero sport 4N15
Re: Saran: CX5 Kuro AWD, Civic RS, or ANF 2.8 for daily
Mantap om, akhirnya ada testimony dari user civic.Jenson wrote: ↑Sat Aug 17, 2024 17:45Hadir om, sebagai user FE. Cba kasih testimony ya, untuk harian d JKT si memang sedan agak challenging, nemu poldur laknat lgsg ngerem2, bolongan jg sama. Yang paling kacau kalo malem papasan ama mobil lain, makin buta ni mata gara2 kena sorot lampu. Mau cari parkir d tpt2 sempit pake FE juga repot, ni mobil panjang seriously. Pernah parkir sebelahan ama W206 ama W213, mirip2 panjangnya.KielConstantine wrote: ↑Sat Aug 17, 2024 12:20 Mobil (baru) range 600 jutaan emang terbatas pilihannya. Apalagi yg proper build haha
Yg masuk radar ane cuman:
Zenix Q hybrid
All new Serena hybrid
CX-5 AWD
Altis hybrid
Civic turbo
Itu aj zenix Q agak kurang qualitynya. Rada ngenes gegara CKD.
Sisanya ya duo ladderframe, tapi bosen kan bertahun2 pake truck model bgituan mulu wkwkwk
Paling banter CX-5 awd seh klo masih mikirin ground clearance. Cukup koq enginenya NA segitu apalagi kg doyan ngebut gimana kan om
Otherwise coba aja pelihara sedan (civic/altis) trus pake buat daily driving.. Coba kita summon dulu pengabdi2 nya om @imwewe @jenson @hosea @chz
Balik ke Q om TS, seberapa om suka nyetir? Kalo suka dan ga masalah dengan yg saya swbutin tadi, go for Civic om. Saya ud coba ama CX5, jauhhh lah kalo dr segi engineering ama keasyikan berkemdara. Ok lha civic kalah d material, tp pengalaman bikin engine mobil verstappen ga boong om
Tapi kalo ga trlalu suka nyetir, or bermasalah dengan kekurangan yg saya sebut, mgkin bsa ambil cx5 ~ slightly better driving exp
Zennix ~ mobil all rounder, ass ga pusing, nyaman tp ya udh aia, kek bawa kapal
Kalo dari sisi CVT nya annoying banget ga om?
Cx5 ane cuman pernah tes drive di giias 2-3x putaran which is jujur merasa biasa aja, ga tau ya kalo dibawah jauh
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 456
- Joined: Fri Aug 22, 2014 9:41
Re: Saran: CX5 Kuro AWD, Civic RS, or ANF 2.8 for daily
Sebenernya kalo uda ada veloz ama rocky, uda enak sih. Mau jalan2 ke area blusukan pake rocky. Butuh bawa barang ama jalan jelek siksa veloz. Mau kebut2an or ke lobby2 mall ama hotel doang pake FE.MrTurbo wrote: ↑Sun Aug 18, 2024 9:58Kebetulan ane tinggal daerah dekat jelambar/dutamas om jakbarnya. Kalo om tau itu pas musim hujan lumayan degdegan om, sebelum pake anps dan ecos ane miara city dan vios. Jaman musim ujan dulu subuh subuh evakuasi mobil agak PR juga, karena takut masuk garasi banjirnya. Selama miara anps jujur hati agak tenang, walau dipakenya ga fun . Iya om memang lagi consider lepas dari Ladder frame ke cx5 or civickendibocor wrote: ↑Sat Aug 17, 2024 14:00Kalo ane sih:MrTurbo wrote: ↑Sat Aug 17, 2024 9:43 Halo para agan dan suhu sekalian. Salam kenal .
Jadi ceritanya ane lagi cari lagi mobil daily driver. Kalo waktu itu ane ada bkin thread disini viewtopic.php?t=33539 . Singkat cerita ane ga jadi angkat mobil eropa, karena budgetnya sudah kepotong buat beli Veloz Q TSS dan Raize 1.0 untuk gantiin Ford Ecos ane yg DCTnya uda agak trouble karena request orang rumah butuh kuda yg ga ribet untuk kerja dan urgent . Lalu ane ga mau nambah budget lagi untuk angkut mobil eropa dan males juga huntingnya
Jadi singkat cerita ane mau TT si ANPS 4N15 dengan 3 opsi mobil baru dengan range harga yang menurut ane cukup berdekatan walau ada 1 yg agak mahal dan butuh saran suhu suhu yang mungkin sudah pernah pelihara dari experience penggunaan, fuel cons, dan suka duka pelihara mobil obil ini :
1. Mazda CX5 Kuro AWD: Saat di Giias kemarin uda coba naik namun tidak tes drive.
Pros: Interior terlihat mewah, modelnya cukup keliatan up market walau sudah keliatan tua. Dari desain interior dan size mobil terlihat driver focused but easy to use/drive.
Cons: Model terlihat outdated, dari sisi gengsi masih agak kalah ketimbang opsi no 2 ane yaitu ANF 2.8, Fuel cons ane baca baca diforum ternyata ga seirit yg digembar gemborkan oleh reviewer di yutub yutub.
2. ANF 2.8: Sering naik dan pernah bawa namun yg 2.4.
Pros: Handling imho much better than ANPS ane yg kayak kapal. GC tinggi kebetulan lingkungan tempat tinggal ane (jakbar) kalo musim hujan berubah jd sungai . Irit secara Fuel cons apalagi kalo msh bisa isi bio solar . Last but not leasst of course gengsi bawa fortuner dan ane bukan tipe yg modif ceper, cumi", lampu RGB yg menurut ane menghilangkan wibawanya Cukup Standar blackout biar gagah aja.
Cons: Kegedean kalo masuk gang, Kalo wajib dex agak besar juga operating costnya, orang rumah agak complain kalo naik mobil ladder frame ketinggian dan kadang pusing.
3. Civic 1.5 RS Turbo: Sering duduk dipameran and damn it feels so good.
Pros: Kangen bawa sedan lagi, apalagi ini mesin dengernya lumayan enak, brand image honda
Cons: Terlalu ceper ga ya (?)
Demikian 3 opsi yg menjadi kegalauan ane . Ane rencana angkut di akhir tahun ini, mohon pencerahannya suhu suhu dan teman teman sekalian. Terimakasihhh
1. Bosen ga pake ladderframe? Seenak2nya fortie dibanding pakjero tetep aja basenya ladderframe. Mau diapain jg ga bakalan seenak monokok, apalagi sedan. Jgn lupa fortie sama CX5 umurnya mirip2, lebih jauh berasa outdated si fortie dibanding CX5 malahan. Selama ga butuh 7 seater atau tempat tinggal banjir parah sampe masuk ke garasi sih coret option ini. Ga kapok2 apa beli mbl overpriced, transmisi jedug suruh belajar lg
2. CX5 uda tua tp design dan built quality tetep ga kalah sama mbl2 jaman sekarang, apalagi kalo dibanding sama mbl cungkuo design sama semua layar gede ditengah. NVH, ride quality, tetep diatas rata2. Kalo ga salah mzd connectnya uda pake gen 7 yg sama kaya mazda 3 n CX30, jauh lebih modern UInya walaupun sebenernya sama aja dibanding sebelumnya. Pilihan oke kalo emang rumah agak banjir tp ga butuh 7 seater. FWD aja kalo ga dipake offroad, overkill banget SUV cantik gini AWD. Kalo blg AWDnya kepake kalo lg ngebut ya artinya sering ngebut sampe to the limit kan, kalo gitu pilihannya gawsa SUV, sedan aja sekalian. Tp kalo pake lari 120-130 doang di tol mah fwd aja cukup, kecuali otak rada2 sengklek lg hujan ngebut >100 jg
3. Civic RS. Pilihan paling cocok kalo banjir segala ga masuk garasi rumah n ga butuh 7 seater. Driving dynamic tentunya ga bohong lah seekor civic walaupun FWD, tetep aja enak. Kalo banjir ya pake aja si veloz or rocky.
4. Eropa 2nd second: 600jt an dpt G20-G30 atau W205-W213. G20, G30, W205 (last edition) masi dibawah 5 taon. Sukur2 masi nyala service inclusivenya kalo diperpanjang. W213 yg mungkin dpt >5 thn. Pilihan terbaik saat ini dibanding beli mobcin generik rasanya sama semua, mopang yg uda pd overpriced, mob-eropa baru yg harganya mahal.
Btw jakbarnya mana om? Gw pake sedan diceperin 2 taon aman2 aja. Sempet beberapa kali dagdigdug kalo ujan gede tp untungnya ga pernah kejebak banjir. Paling ujan gede masuk tol aja paling aman
Surprisingly pake FE masi agak dihormatin satpam, suka dicariin parkir and bole stay nunggu d lobby2. Padahal secara looks ni mobil menurut ane "b" aja, cenderung kurang mewah dr gen sebelumnya. Ini Civic FE bener2 mobil yg bru berasa enak kalo d cobain, kalo d liat ama duduk2 aja biasa aja menurut ane. Saran ane cobain dulu aj om TD, bandinginn ama si Kuro. Kalo ane si abis TD keduanya langsung ga minat ama si Kuro, ntah apa yg salah tp gaenak bawa tu mobil menurut ane. Bahkan d hari yg sama ane TD HRV RV, menurut pantat nubie lebi enak bawa HRV RV