Saran: CX5 Kuro AWD, Civic RS, or ANF 2.8 for daily

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

MrTurbo
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 24
Joined: Thu Apr 11, 2024 17:31
Location: Jakarta Barat
Daily Vehicle: ANPS Pajero sport 4N15

Saran: CX5 Kuro AWD, Civic RS, or ANF 2.8 for daily

Post by MrTurbo »

Halo para agan dan suhu sekalian. Salam kenal :big_deal:.
Jadi ceritanya ane lagi cari lagi mobil daily driver. Kalo waktu itu ane ada bkin thread disini viewtopic.php?t=33539 . Singkat cerita ane ga jadi angkat mobil eropa, karena budgetnya sudah kepotong buat beli Veloz Q TSS dan Raize 1.0 untuk gantiin Ford Ecos ane yg DCTnya uda agak trouble karena request orang rumah butuh kuda yg ga ribet untuk kerja dan urgent :big_sorry: :big_sorry: . Lalu ane ga mau nambah budget lagi untuk angkut mobil eropa dan males juga huntingnya :big_childish: :big_childish:

Jadi singkat cerita ane mau TT si ANPS 4N15 dengan 3 opsi mobil baru dengan range harga yang menurut ane cukup berdekatan walau ada 1 yg agak mahal dan butuh saran suhu suhu yang mungkin sudah pernah pelihara dari experience penggunaan, fuel cons, dan suka duka pelihara mobil obil ini :ungg: :ungg: :

1. Mazda CX5 Kuro AWD: Saat di Giias kemarin uda coba naik namun tidak tes drive.
Pros: Interior terlihat mewah, modelnya cukup keliatan up market walau sudah keliatan tua. Dari desain interior dan size mobil terlihat driver focused but easy to use/drive.
Cons: Model terlihat outdated, dari sisi gengsi masih agak kalah ketimbang opsi no 2 ane yaitu ANF 2.8, Fuel cons ane baca baca diforum ternyata ga seirit yg digembar gemborkan oleh reviewer di yutub yutub.

2. ANF 2.8: Sering naik dan pernah bawa namun yg 2.4.
Pros: Handling imho much better than ANPS ane yg kayak kapal. GC tinggi kebetulan lingkungan tempat tinggal ane (jakbar) kalo musim hujan berubah jd sungai :big_dunno: :big_dunno: . Irit secara Fuel cons apalagi kalo msh bisa isi bio solar :big_grin: . Last but not leasst of course gengsi bawa fortuner dan ane bukan tipe yg modif ceper, cumi", lampu RGB yg menurut ane menghilangkan wibawanya :big_bored: :big_bored: Cukup Standar blackout biar gagah aja.
Cons: Kegedean kalo masuk gang, Kalo wajib dex agak besar juga operating costnya, orang rumah agak complain kalo naik mobil ladder frame ketinggian dan kadang pusing.

3. Civic 1.5 RS Turbo: Sering duduk dipameran and damn it feels so good.
Pros: Kangen bawa sedan lagi, apalagi ini mesin dengernya lumayan enak, brand image honda
Cons: Terlalu ceper ga ya (?) :big_think: :big_think:

Demikian 3 opsi yg menjadi kegalauan ane :big_childish: :big_childish: . Ane rencana angkut di akhir tahun ini, mohon pencerahannya suhu suhu dan teman teman sekalian. Terimakasihhh :big_deal: :big_deal: :big_deal:
EdgarDrake
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 26
Joined: Sat Jun 22, 2024 6:45
Daily Vehicle: CX-30 Soul Red Crystal

Re: Saran: CX5 Kuro AWD, Civic RS, or ANF 2.8 for daily

Post by EdgarDrake »

Pertanyaan basic: butuh 7 seater size ga? Kalo ga butuh, Fortuner boleh jadi optional.

Pertanyaan kedua: butuh AWD/offroad capability ga? Kalo ga butuh, Fortuner dan CX-5 Kuro boleh jd optional.

Sejujurnya, kl pengunaan hanya standar2 aja dalem kota + tol, kyknya 2WD aja cukup, apalagi kl ada concern fuel consumption.

Apakah Honda Civic bs jd options? Ya tergantung sih, di harga baru segitu mobil options-nya lgsg banyak. Dan krn selera personal ga suka mobil bongsor, di duit segitu most likely ambil Civic. Masalah ground clearance, gw kebetulan make CX-3, jd punya gambaran waktu gw mw beli CX-30 (CX-3 lebih sering kepentok utk case gw). Punya data pembanding ga? Kl ga ada, terpaksa test drive sambil mobil bawa bbrp org dewasa, minta mereka duduk di belakang, pas lewat jalan "berbahaya", apa kabar...
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2827
Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
Location: Indonesia

Re: Saran: CX5 Kuro AWD, Civic RS, or ANF 2.8 for daily

Post by KielConstantine »

Mobil (baru) range 600 jutaan emang terbatas pilihannya. Apalagi yg proper build haha

Yg masuk radar ane cuman:
Zenix Q hybrid
All new Serena hybrid
CX-5 AWD
Altis hybrid
Civic turbo

Itu aj zenix Q agak kurang qualitynya. Rada ngenes gegara CKD.

Sisanya ya duo ladderframe, tapi bosen kan bertahun2 pake truck model bgituan mulu wkwkwk

Paling banter CX-5 awd seh klo masih mikirin ground clearance. Cukup koq enginenya NA segitu apalagi kg doyan ngebut gimana kan om :upss:

Otherwise coba aja pelihara sedan (civic/altis) trus pake buat daily driving.. Coba kita summon dulu pengabdi2 nya om @imwewe @jenson @hosea @chz :big_biglaugh:
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
walid_007
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3197
Joined: Sat Mar 30, 2013 0:52
Location: idn, 18 mdpl
Daily Vehicle: b48 1gd 4a9

Re: Saran: CX5 Kuro AWD, Civic RS, or ANF 2.8 for daily

Post by walid_007 »

klo galau di pilihan berdasar range 600 jt an
coba up range ke 800 n apa aja
jd pilihan yg 600 an pasti jadi b aja
😆
engine roaring!
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4776
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Saran: CX5 Kuro AWD, Civic RS, or ANF 2.8 for daily

Post by Pboyz97 »

MrTurbo wrote: Sat Aug 17, 2024 9:43 Halo para agan dan suhu sekalian. Salam kenal :big_deal:.
Jadi ceritanya ane lagi cari lagi mobil daily driver. Kalo waktu itu ane ada bkin thread disini viewtopic.php?t=33539 . Singkat cerita ane ga jadi angkat mobil eropa, karena budgetnya sudah kepotong buat beli Veloz Q TSS dan Raize 1.0 untuk gantiin Ford Ecos ane yg DCTnya uda agak trouble karena request orang rumah butuh kuda yg ga ribet untuk kerja dan urgent :big_sorry: :big_sorry: . Lalu ane ga mau nambah budget lagi untuk angkut mobil eropa dan males juga huntingnya :big_childish: :big_childish:

Jadi singkat cerita ane mau TT si ANPS 4N15 dengan 3 opsi mobil baru dengan range harga yang menurut ane cukup berdekatan walau ada 1 yg agak mahal dan butuh saran suhu suhu yang mungkin sudah pernah pelihara dari experience penggunaan, fuel cons, dan suka duka pelihara mobil obil ini :ungg: :ungg: :

1. Mazda CX5 Kuro AWD: Saat di Giias kemarin uda coba naik namun tidak tes drive.
Pros: Interior terlihat mewah, modelnya cukup keliatan up market walau sudah keliatan tua. Dari desain interior dan size mobil terlihat driver focused but easy to use/drive.
Cons: Model terlihat outdated, dari sisi gengsi masih agak kalah ketimbang opsi no 2 ane yaitu ANF 2.8, Fuel cons ane baca baca diforum ternyata ga seirit yg digembar gemborkan oleh reviewer di yutub yutub.

2. ANF 2.8: Sering naik dan pernah bawa namun yg 2.4.
Pros: Handling imho much better than ANPS ane yg kayak kapal. GC tinggi kebetulan lingkungan tempat tinggal ane (jakbar) kalo musim hujan berubah jd sungai :big_dunno: :big_dunno: . Irit secara Fuel cons apalagi kalo msh bisa isi bio solar :big_grin: . Last but not leasst of course gengsi bawa fortuner dan ane bukan tipe yg modif ceper, cumi", lampu RGB yg menurut ane menghilangkan wibawanya :big_bored: :big_bored: Cukup Standar blackout biar gagah aja.
Cons: Kegedean kalo masuk gang, Kalo wajib dex agak besar juga operating costnya, orang rumah agak complain kalo naik mobil ladder frame ketinggian dan kadang pusing.

3. Civic 1.5 RS Turbo: Sering duduk dipameran and damn it feels so good.
Pros: Kangen bawa sedan lagi, apalagi ini mesin dengernya lumayan enak, brand image honda
Cons: Terlalu ceper ga ya (?) :big_think: :big_think:

Demikian 3 opsi yg menjadi kegalauan ane :big_childish: :big_childish: . Ane rencana angkut di akhir tahun ini, mohon pencerahannya suhu suhu dan teman teman sekalian. Terimakasihhh :big_deal: :big_deal: :big_deal:
kebetulan saya pernah miara ANPS dakar 2018, ANF VRZ 2018 , crv turbo pres 2019 (yg 1 basis sm civic) & CX5 Elite 2018 + udh pernah testdrive civic rs jg . kalo dari ANPS & sepertinya sudah bosan dengan handlingnya ladder (saya baca thread om ts sebelumnya) . sepertinya opsi 1 & 3 sama2 bagus. tinggal sesuaikan kebutuhan saja. mau yg disatu sisi nyaman, empuk & lega + cukup fun to drive tapi disisi lain rawan gesrot krn gc rendah or mau yg disatu sisi kaya fitur, handling enak, tarikan enak, kemana aja ayo karena gc tinggi tp disisi lain akomodasi & kepraktisan kurang , bantingan termasuk keras dan ga nyaman dibanding opsi no 3 + aftersales terutama bengkel non resminya ga sebanyak opsi no 3

kalo opsi no 2. kebetulan pernah miara keduanya & cukup sering jg dibawa jakarta - jateng - jogja PP setahun 5-6x :big_biglaugh: . yg saya bold entah knp saya agak beda. di ANPS, saya malah lebih pede bawa mobil ini kalo lukot or tol karena handling, tarikan + driving feelnya much better daripada ANF. buat saya, ANF entah knp malah kebalikannya, handling ga sebagus ANPS & remnya jg agak kurang pakem, walaupun unggul di sisi bantingan suspensi yg lebih empuk dan lebih nyaman dibanding ANPS (itu sepengalaman saya miara keduanya ya dan beli seken + fortunernya yg 2.4 PFL) kalo yg facelift 2021 up or 2.8 saya kurang tau secara saya cm pernah td jarak pendek aja hehehe. dan juga consnya, mirip bgt casenya kaya saya dulu sehingga harus merelakan ANPS saya untuk dijual akhir tahun lalu. sama persis kaya yg om rasakan. karena jujur aja, baik anps maupun anf, semua sejak saya beli seken sampe dijual saya pake bio terus :big_biglaugh: . sampe pada akhirnya deket tempat tinggal saya bio susah which is jd mau ga mau kudu isi shell / dex/ dexlite membuat saya mulai mikir2 mau keep apa jual , ditambah lg org rumah gaada yg mau make karena kegedean & ga nyaman (exactly yes, because kami 15 tahun pake mobil monokok) , jd yg make cuma saya & sopir saya aja . which is akhirnya saya putusin buat jual aja anps nya hehe (sekaligus mobil itu jd mobil bekas terakhir saya, at least sampai hari ini , which is saya blm miara mobekas lg sejak saat itu)

kalo emg concernnya ada di consnya di opsi no 2 + pemakaian mayoritas dalkot aja ya coret opsi no 2. buat dalkot seriously jauh jauh lebih nyaman & fun to drive opsi 1 & 3. kecuali ts nya emg hobby roadtrip ke daerah2 yg masih ada jalan yg kondisinya kurang bagus or aftersalesnya mohon maaf terbatas (in case kalo ada apa2) baru consider opsi no 2. secara based on pengalaman saya. saya milih ladder jg karena waktu itu saya ada kegiatan yg mengharuskan saya bolak balik jakarta - jateng - jogja setahun lebih dari 3x. jd perlu mobil yg gc tinggi, maintenance terjangkau (secara mobil jd mobil daily) , sehingga jatuh ke 2 itu hehe. back to topic, soal opsi no 2, entah knp kalo saya jd om, liat prosnya , saya bakal consider opsi no 1 aja . kalo emg gc tinggi jd prioritas . or kalo emg pengen yg gagah bs consider mobil seken eropaan or kalo emg mau jepangan, saya bakal sarankan lexus rx / camry hehe

kalo alternatif, AN Voxy 90, serena c28 or zenix q hybrid sepertinya masih masuk budget menurut saya hehe
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
gwsecretc
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 290
Joined: Thu Feb 09, 2017 6:54

Re: Saran: CX5 Kuro AWD, Civic RS, or ANF 2.8 for daily

Post by gwsecretc »

Tinggal di daerah rawan banjir pakai ANF 2.8 1GD aja dah bener.

Sy sekarang juga pakai ANF 1GD dari sebelumya ANPS 4N15 so far oke” aja. Memang untuk ngebut masih enak mobil monokok apalagi sedan. Tapi ya better lah ga selimbung dan ga selemot ANPS.

Untuk minum biosol, cukup ganti donpep plong krn anf 2.8 skrg euro4 semua dan delete egr.

Tapi kalo doyan nyetir dan beneran gamau duo ladderframe, pilihan antara cx5 sama civic rs turbo, sy vote civic.
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3719
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: Saran: CX5 Kuro AWD, Civic RS, or ANF 2.8 for daily

Post by kendibocor »

MrTurbo wrote: Sat Aug 17, 2024 9:43 Halo para agan dan suhu sekalian. Salam kenal :big_deal:.
Jadi ceritanya ane lagi cari lagi mobil daily driver. Kalo waktu itu ane ada bkin thread disini viewtopic.php?t=33539 . Singkat cerita ane ga jadi angkat mobil eropa, karena budgetnya sudah kepotong buat beli Veloz Q TSS dan Raize 1.0 untuk gantiin Ford Ecos ane yg DCTnya uda agak trouble karena request orang rumah butuh kuda yg ga ribet untuk kerja dan urgent :big_sorry: :big_sorry: . Lalu ane ga mau nambah budget lagi untuk angkut mobil eropa dan males juga huntingnya :big_childish: :big_childish:

Jadi singkat cerita ane mau TT si ANPS 4N15 dengan 3 opsi mobil baru dengan range harga yang menurut ane cukup berdekatan walau ada 1 yg agak mahal dan butuh saran suhu suhu yang mungkin sudah pernah pelihara dari experience penggunaan, fuel cons, dan suka duka pelihara mobil obil ini :ungg: :ungg: :

1. Mazda CX5 Kuro AWD: Saat di Giias kemarin uda coba naik namun tidak tes drive.
Pros: Interior terlihat mewah, modelnya cukup keliatan up market walau sudah keliatan tua. Dari desain interior dan size mobil terlihat driver focused but easy to use/drive.
Cons: Model terlihat outdated, dari sisi gengsi masih agak kalah ketimbang opsi no 2 ane yaitu ANF 2.8, Fuel cons ane baca baca diforum ternyata ga seirit yg digembar gemborkan oleh reviewer di yutub yutub.

2. ANF 2.8: Sering naik dan pernah bawa namun yg 2.4.
Pros: Handling imho much better than ANPS ane yg kayak kapal. GC tinggi kebetulan lingkungan tempat tinggal ane (jakbar) kalo musim hujan berubah jd sungai :big_dunno: :big_dunno: . Irit secara Fuel cons apalagi kalo msh bisa isi bio solar :big_grin: . Last but not leasst of course gengsi bawa fortuner dan ane bukan tipe yg modif ceper, cumi", lampu RGB yg menurut ane menghilangkan wibawanya :big_bored: :big_bored: Cukup Standar blackout biar gagah aja.
Cons: Kegedean kalo masuk gang, Kalo wajib dex agak besar juga operating costnya, orang rumah agak complain kalo naik mobil ladder frame ketinggian dan kadang pusing.

3. Civic 1.5 RS Turbo: Sering duduk dipameran and damn it feels so good.
Pros: Kangen bawa sedan lagi, apalagi ini mesin dengernya lumayan enak, brand image honda
Cons: Terlalu ceper ga ya (?) :big_think: :big_think:

Demikian 3 opsi yg menjadi kegalauan ane :big_childish: :big_childish: . Ane rencana angkut di akhir tahun ini, mohon pencerahannya suhu suhu dan teman teman sekalian. Terimakasihhh :big_deal: :big_deal: :big_deal:
Kalo ane sih:
1. Bosen ga pake ladderframe? Seenak2nya fortie dibanding pakjero tetep aja basenya ladderframe. Mau diapain jg ga bakalan seenak monokok, apalagi sedan. Jgn lupa fortie sama CX5 umurnya mirip2, lebih jauh berasa outdated si fortie dibanding CX5 malahan. Selama ga butuh 7 seater atau tempat tinggal banjir parah sampe masuk ke garasi sih coret option ini. Ga kapok2 apa beli mbl overpriced, transmisi jedug suruh belajar lg :upss:

2. CX5 uda tua tp design dan built quality tetep ga kalah sama mbl2 jaman sekarang, apalagi kalo dibanding sama mbl cungkuo design sama semua layar gede ditengah. NVH, ride quality, tetep diatas rata2. Kalo ga salah mzd connectnya uda pake gen 7 yg sama kaya mazda 3 n CX30, jauh lebih modern UInya walaupun sebenernya sama aja dibanding sebelumnya. Pilihan oke kalo emang rumah agak banjir tp ga butuh 7 seater. FWD aja kalo ga dipake offroad, overkill banget SUV cantik gini AWD. Kalo blg AWDnya kepake kalo lg ngebut ya artinya sering ngebut sampe to the limit kan, kalo gitu pilihannya gawsa SUV, sedan aja sekalian. Tp kalo pake lari 120-130 doang di tol mah fwd aja cukup, kecuali otak rada2 sengklek lg hujan ngebut >100 jg :upss:

3. Civic RS. Pilihan paling cocok kalo banjir segala ga masuk garasi rumah n ga butuh 7 seater. Driving dynamic tentunya ga bohong lah seekor civic walaupun FWD, tetep aja enak. Kalo banjir ya pake aja si veloz or rocky.

4. Eropa 2nd second: 600jt an dpt G20-G30 atau W205-W213. G20, G30, W205 (last edition) masi dibawah 5 taon. Sukur2 masi nyala service inclusivenya kalo diperpanjang. W213 yg mungkin dpt >5 thn. Pilihan terbaik saat ini dibanding beli mobcin generik rasanya sama semua, mopang yg uda pd overpriced, mob-eropa baru yg harganya mahal.

Btw jakbarnya mana om? Gw pake sedan diceperin 2 taon aman2 aja. Sempet beberapa kali dagdigdug kalo ujan gede tp untungnya ga pernah kejebak banjir. Paling ujan gede masuk tol aja paling aman :big_biglaugh:
Butuh dana buat beli M4 :big_weee:
Tanah sentul : https://shorturl.at/fMmZx
Apt westmark : https://shorturl.at/3xlmI
gwsecretc
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 290
Joined: Thu Feb 09, 2017 6:54

Re: Saran: CX5 Kuro AWD, Civic RS, or ANF 2.8 for daily

Post by gwsecretc »

Pboyz97 wrote: Sat Aug 17, 2024 13:47 - cut -
yg saya bold entah knp saya agak beda. di ANPS, saya malah lebih pede bawa mobil ini kalo lukot or tol karena handling, tarikan + driving feelnya much better daripada ANF. buat saya, ANF entah knp malah kebalikannya, handling ga sebagus ANPS & remnya jg agak kurang pakem, walaupun unggul di sisi bantingan suspensi yg lebih empuk dan lebih nyaman dibanding ANPS (itu sepengalaman saya miara keduanya ya dan beli seken + fortunernya yg 2.4 PFL) kalo yg facelift 2021 up or 2.8 saya kurang tau secara saya cm pernah td jarak pendek aja hehehe
- cut -
Yakin ga kebalik nih om? Perasaan semua orang pada ngomong bantingan ANPS loh yg lebih empuk dibanding ANF. Mau preFL / FL karena di sy juga gitu. Rem juga di sy lebih pakem ANF dari ANPS. Ini bicara kondisi kedua mobil sm” baru ya.

Kalau tarikan ANPS lebih gesit ya sy setuju krn ketolong ama 8at nya emang lebih responsif dan lawannya masih ANF yg 2.4. Beda cerita kalau vs ANF 2.8 ..
tesna
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 801
Joined: Thu Mar 17, 2005 9:01
Location: Jakarta

Re: Saran: CX5 Kuro AWD, Civic RS, or ANF 2.8 for daily

Post by tesna »

klo diantara 3 itu sih CX5 ya, test drive aja biar yakin.
W212 M272 '10
AN140 2GD '18
pengendiesel
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1636
Joined: Sun May 22, 2016 4:20

Re: Saran: CX5 Kuro AWD, Civic RS, or ANF 2.8 for daily

Post by pengendiesel »

kendibocor wrote: Sat Aug 17, 2024 14:00
Kalo ane sih:
1. Bosen ga pake ladderframe? Seenak2nya fortie dibanding pakjero tetep aja basenya ladderframe. Mau diapain jg ga bakalan seenak monokok, apalagi sedan. Jgn lupa fortie sama CX5 umurnya mirip2, lebih jauh berasa outdated si fortie dibanding CX5 malahan. Selama ga butuh 7 seater atau tempat tinggal banjir parah sampe masuk ke garasi sih coret option ini. Ga kapok2 apa beli mbl overpriced, transmisi jedug suruh belajar lg :upss:

2. CX5 uda tua tp design dan built quality tetep ga kalah sama mbl2 jaman sekarang, apalagi kalo dibanding sama mbl cungkuo design sama semua layar gede ditengah. NVH, ride quality, tetep diatas rata2. Kalo ga salah mzd connectnya uda pake gen 7 yg sama kaya mazda 3 n CX30, jauh lebih modern UInya walaupun sebenernya sama aja dibanding sebelumnya. Pilihan oke kalo emang rumah agak banjir tp ga butuh 7 seater. FWD aja kalo ga dipake offroad, overkill banget SUV cantik gini AWD. Kalo blg AWDnya kepake kalo lg ngebut ya artinya sering ngebut sampe to the limit kan, kalo gitu pilihannya gawsa SUV, sedan aja sekalian. Tp kalo pake lari 120-130 doang di tol mah fwd aja cukup, kecuali otak rada2 sengklek lg hujan ngebut >100 jg :upss:

3. Civic RS. Pilihan paling cocok kalo banjir segala ga masuk garasi rumah n ga butuh 7 seater. Driving dynamic tentunya ga bohong lah seekor civic walaupun FWD, tetep aja enak. Kalo banjir ya pake aja si veloz or rocky.

4. Eropa 2nd second: 600jt an dpt G20-G30 atau W205-W213. G20, G30, W205 (last edition) masi dibawah 5 taon. Sukur2 masi nyala service inclusivenya kalo diperpanjang. W213 yg mungkin dpt >5 thn. Pilihan terbaik saat ini dibanding beli mobcin generik rasanya sama semua, mopang yg uda pd overpriced, mob-eropa baru yg harganya mahal.

Btw jakbarnya mana om? Gw pake sedan diceperin 2 taon aman2 aja. Sempet beberapa kali dagdigdug kalo ujan gede tp untungnya ga pernah kejebak banjir. Paling ujan gede masuk tol aja paling aman :big_biglaugh:
Saya malah mikir anf ini forti vnt yang ganti baju sama printilan2 yang kekinian plus matic yang selip forever. Lainnya kayak 11-12
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4776
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Saran: CX5 Kuro AWD, Civic RS, or ANF 2.8 for daily

Post by Pboyz97 »

gwsecretc wrote: Sat Aug 17, 2024 14:16

Yakin ga kebalik nih om? Perasaan semua orang pada ngomong bantingan ANPS loh yg lebih empuk dibanding ANF. Mau preFL / FL karena di sy juga gitu. Rem juga di sy lebih pakem ANF dari ANPS. Ini bicara kondisi kedua mobil sm” baru ya.

Kalau tarikan ANPS lebih gesit ya sy setuju krn ketolong ama 8at nya emang lebih responsif dan lawannya masih ANF yg 2.4. Beda cerita kalau vs ANF 2.8 ..
berhubung keduanya saya beli seken ya , emg seperti itu yg saya rasakan. kalo beli baru ya saya emg blm pernah pelihara kedua mobil ini dari baru baik pre fl maupun fl :big_peace: . di anf, malah remnya gatau knp agak senin-kamis, mesti di injek agak dalam dulu baru mau bekerja, sedangkan di ANPS, saya injek 1/2 aja udh berasa pengeremannya, entah unit saya aja yg begitu atau emg karakter bawaan kedua mobil itu jg saya terus terang ngga gitu ngerti, secara mobilnya jg emg buat pake pake jual aja :big_biglaugh: + ANPS buat saya malah berasa lebih keras. ANF jauh lebih empuk. itu impresi yg saya rasakan + orang rumah jg blg hal yg sama pas nyoba keduanya. kalo lewat poldur atau jalan jelek jg mereka lebih prefer anf daripada anps kalo sebagai penumpang hehe

anyway trims infonya. kalo soal pakem, ya saya review begini jg karena selama saya piara keduanya dan beli seken + tahunnya sama2 2018 di saya rem ANPS lebih pakem dari ANF hehehe :big_peace:

yes. 8atnya emg cukup membantu dibanding anf yg 2.4 emg lebih kenceng anps tarikannya hehe
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
Jenson
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 456
Joined: Fri Aug 22, 2014 9:41

Re: Saran: CX5 Kuro AWD, Civic RS, or ANF 2.8 for daily

Post by Jenson »

KielConstantine wrote: Sat Aug 17, 2024 12:20 Mobil (baru) range 600 jutaan emang terbatas pilihannya. Apalagi yg proper build haha

Yg masuk radar ane cuman:
Zenix Q hybrid
All new Serena hybrid
CX-5 AWD
Altis hybrid
Civic turbo

Itu aj zenix Q agak kurang qualitynya. Rada ngenes gegara CKD.

Sisanya ya duo ladderframe, tapi bosen kan bertahun2 pake truck model bgituan mulu wkwkwk

Paling banter CX-5 awd seh klo masih mikirin ground clearance. Cukup koq enginenya NA segitu apalagi kg doyan ngebut gimana kan om :upss:

Otherwise coba aja pelihara sedan (civic/altis) trus pake buat daily driving.. Coba kita summon dulu pengabdi2 nya om @imwewe @jenson @hosea @chz :big_biglaugh:
Hadir om, sebagai user FE. Cba kasih testimony ya, untuk harian d JKT si memang sedan agak challenging, nemu poldur laknat lgsg ngerem2, bolongan jg sama. Yang paling kacau kalo malem papasan ama mobil lain, makin buta ni mata gara2 kena sorot lampu. Mau cari parkir d tpt2 sempit pake FE juga repot, ni mobil panjang seriously. Pernah parkir sebelahan ama W206 ama W213, mirip2 panjangnya.

Balik ke Q om TS, seberapa om suka nyetir? Kalo suka dan ga masalah dengan yg saya swbutin tadi, go for Civic om. Saya ud coba ama CX5, jauhhh lah kalo dr segi engineering ama keasyikan berkemdara. Ok lha civic kalah d material, tp pengalaman bikin engine mobil verstappen ga boong om :big_peace:

Tapi kalo ga trlalu suka nyetir, or bermasalah dengan kekurangan yg saya sebut, mgkin bsa ambil cx5 ~ slightly better driving exp
Zennix ~ mobil all rounder, ass ga pusing, nyaman tp ya udh aia, kek bawa kapal
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11504
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Saran: CX5 Kuro AWD, Civic RS, or ANF 2.8 for daily

Post by Suryaputra »

Jenson wrote: Sat Aug 17, 2024 17:45
KielConstantine wrote: Sat Aug 17, 2024 12:20 Mobil (baru) range 600 jutaan emang terbatas pilihannya. Apalagi yg proper build haha

Yg masuk radar ane cuman:
Zenix Q hybrid
All new Serena hybrid
CX-5 AWD
Altis hybrid
Civic turbo

Itu aj zenix Q agak kurang qualitynya. Rada ngenes gegara CKD.

Sisanya ya duo ladderframe, tapi bosen kan bertahun2 pake truck model bgituan mulu wkwkwk

Paling banter CX-5 awd seh klo masih mikirin ground clearance. Cukup koq enginenya NA segitu apalagi kg doyan ngebut gimana kan om :upss:

Otherwise coba aja pelihara sedan (civic/altis) trus pake buat daily driving.. Coba kita summon dulu pengabdi2 nya om @imwewe @jenson @hosea @chz :big_biglaugh:
Hadir om, sebagai user FE. Cba kasih testimony ya, untuk harian d JKT si memang sedan agak challenging, nemu poldur laknat lgsg ngerem2, bolongan jg sama. Yang paling kacau kalo malem papasan ama mobil lain, makin buta ni mata gara2 kena sorot lampu. Mau cari parkir d tpt2 sempit pake FE juga repot, ni mobil panjang seriously. Pernah parkir sebelahan ama W206 ama W213, mirip2 panjangnya.

Balik ke Q om TS, seberapa om suka nyetir? Kalo suka dan ga masalah dengan yg saya swbutin tadi, go for Civic om. Saya ud coba ama CX5, jauhhh lah kalo dr segi engineering ama keasyikan berkemdara. Ok lha civic kalah d material, tp pengalaman bikin engine mobil verstappen ga boong om :big_peace:

Tapi kalo ga trlalu suka nyetir, or bermasalah dengan kekurangan yg saya sebut, mgkin bsa ambil cx5 ~ slightly better driving exp
Zennix ~ mobil all rounder, ass ga pusing, nyaman tp ya udh aia, kek bawa kapal
Andaikan ya honda jaman now
Implement geared AT 6-10 speed
It's second to none deh :big_peace:

Tp emang experience gak boong, biar dikata divisi racing f1 dan mass market itu beda, filosofi dan etos kerja kan tetap satu atap.

Lihat aja knp Rolls royce begitu sophisticated, lah dia pengalaman bikin mesin jet dan turbofan pesawat terbang :big_peace:

Honda dalam hal ini jg dah masuk bermain dalam private jet. Yg mana industri aviasi menuntut presisi dan no room for error :ungg:

Btt, gak usah civic... Kelas rakyat Brio aja the best di kelasnya.
Sama vvuling air, itu kyk gadget berjalan :big_biglaugh:

Semua lineup Mazda itu enak, dan ketolong krn dia satu2nya yg masih waras pakai geared AT yg cekatan + sound entertainment yg mumpuni.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5095
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Saran: CX5 Kuro AWD, Civic RS, or ANF 2.8 for daily

Post by b0ku »

Suryaputra wrote: Sun Aug 18, 2024 0:26
Andaikan ya honda jaman now
Implement geared AT 6-10 speed
It's second to none deh :big_peace:

Tp emang experience gak boong, biar dikata divisi racing f1 dan mass market itu beda, filosofi dan etos kerja kan tetap satu atap.

Lihat aja knp Rolls royce begitu sophisticated, lah dia pengalaman bikin mesin jet dan turbofan pesawat terbang :big_peace:

Honda dalam hal ini jg dah masuk bermain dalam private jet. Yg mana industri aviasi menuntut presisi dan no room for error :ungg:

Btt, gak usah civic... Kelas rakyat Brio aja the best di kelasnya.
Sama vvuling air, itu kyk gadget berjalan :big_biglaugh:

Semua lineup Mazda itu enak, dan ketolong krn dia satu2nya yg masih waras pakai geared AT yg cekatan + sound entertainment yg mumpuni.
emang cvt gak booong.......









HAMBARNYA............ :ngacir:


ngeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeenng.................. :glodak:
vincewonk
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 656
Joined: Wed Dec 26, 2007 19:33
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Gojek

Re: Saran: CX5 Kuro AWD, Civic RS, or ANF 2.8 for daily

Post by vincewonk »

gwsecretc wrote: Sat Aug 17, 2024 14:16
Pboyz97 wrote: Sat Aug 17, 2024 13:47 - cut -
yg saya bold entah knp saya agak beda. di ANPS, saya malah lebih pede bawa mobil ini kalo lukot or tol karena handling, tarikan + driving feelnya much better daripada ANF. buat saya, ANF entah knp malah kebalikannya, handling ga sebagus ANPS & remnya jg agak kurang pakem, walaupun unggul di sisi bantingan suspensi yg lebih empuk dan lebih nyaman dibanding ANPS (itu sepengalaman saya miara keduanya ya dan beli seken + fortunernya yg 2.4 PFL) kalo yg facelift 2021 up or 2.8 saya kurang tau secara saya cm pernah td jarak pendek aja hehehe
- cut -
Yakin ga kebalik nih om? Perasaan semua orang pada ngomong bantingan ANPS loh yg lebih empuk dibanding ANF. Mau preFL / FL karena di sy juga gitu. Rem juga di sy lebih pakem ANF dari ANPS. Ini bicara kondisi kedua mobil sm” baru ya.

Kalau tarikan ANPS lebih gesit ya sy setuju krn ketolong ama 8at nya emang lebih responsif dan lawannya masih ANF yg 2.4. Beda cerita kalau vs ANF 2.8 ..
Saya pernah rental dua2nya 3 hari, menurut saya enak anf 2.4 bantingannya. Anps kayak bantal empuk bgt. Malah limbung2 dia. Remnya jg enak anf. Jd penasaran anps yg 6 speed. Sptnya lebi ok tuh. 8 speed mungkin lebi irit
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11504
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Saran: CX5 Kuro AWD, Civic RS, or ANF 2.8 for daily

Post by Suryaputra »

b0ku wrote: Sun Aug 18, 2024 1:55
Suryaputra wrote: Sun Aug 18, 2024 0:26
Andaikan ya honda jaman now
Implement geared AT 6-10 speed
It's second to none deh :big_peace:

Tp emang experience gak boong, biar dikata divisi racing f1 dan mass market itu beda, filosofi dan etos kerja kan tetap satu atap.

Lihat aja knp Rolls royce begitu sophisticated, lah dia pengalaman bikin mesin jet dan turbofan pesawat terbang :big_peace:

Honda dalam hal ini jg dah masuk bermain dalam private jet. Yg mana industri aviasi menuntut presisi dan no room for error :ungg:

Btt, gak usah civic... Kelas rakyat Brio aja the best di kelasnya.
Sama vvuling air, itu kyk gadget berjalan :big_biglaugh:

Semua lineup Mazda itu enak, dan ketolong krn dia satu2nya yg masih waras pakai geared AT yg cekatan + sound entertainment yg mumpuni.
emang cvt gak booong.......









HAMBARNYA............ :ngacir:


ngeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeenng.................. :glodak:
Klo ada mode + - msh enak
Ngurangin rubber band effect nya :big_weee:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5095
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Saran: CX5 Kuro AWD, Civic RS, or ANF 2.8 for daily

Post by b0ku »

vincewonk wrote: Sun Aug 18, 2024 3:30
Saya pernah rental dua2nya 3 hari, menurut saya enak anf 2.4 bantingannya. Anps kayak bantal empuk bgt. Malah limbung2 dia. Remnya jg enak anf. Jd penasaran anps yg 6 speed. Sptnya lebi ok tuh. 8 speed mungkin lebi irit
kalo overall mendingan ambil fortuner aja deh om apalagi makenya cuma stock2x doank fortuner lebih ok pajero itu cocoknya buat yang pengen tuning karena basicnya chasisnya lebih ok cuma kalo ngomongin ANPS mesin handling caur semua setupnya gak ada yang bener :big_bored:

kalo OPS masih enak suspensinya karena pernya di hajar gerobak itupun shock nya yang belakang gak tahan lama :big_bored:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5095
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Saran: CX5 Kuro AWD, Civic RS, or ANF 2.8 for daily

Post by b0ku »

Suryaputra wrote: Sun Aug 18, 2024 3:52
Klo ada mode + - msh enak
Ngurangin rubber band effect nya :big_weee:
tetep om ud waktunya balik ke geared ud gak jaman CVTan eh malah mau kabur maen listrik2xan........ :ngacir:


BUAT TS CX-60 PRO aja ud kalo sanggup ntar HKS keluar pasang HKS dijamin mantep :big_peace:



:mky_03:
MrTurbo
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 24
Joined: Thu Apr 11, 2024 17:31
Location: Jakarta Barat
Daily Vehicle: ANPS Pajero sport 4N15

Re: Saran: CX5 Kuro AWD, Civic RS, or ANF 2.8 for daily

Post by MrTurbo »

EdgarDrake wrote: Sat Aug 17, 2024 10:07 Pertanyaan basic: butuh 7 seater size ga? Kalo ga butuh, Fortuner boleh jadi optional.

Pertanyaan kedua: butuh AWD/offroad capability ga? Kalo ga butuh, Fortuner dan CX-5 Kuro boleh jd optional.

Sejujurnya, kl pengunaan hanya standar2 aja dalem kota + tol, kyknya 2WD aja cukup, apalagi kl ada concern fuel consumption.

Apakah Honda Civic bs jd options? Ya tergantung sih, di harga baru segitu mobil options-nya lgsg banyak. Dan krn selera personal ga suka mobil bongsor, di duit segitu most likely ambil Civic. Masalah ground clearance, gw kebetulan make CX-3, jd punya gambaran waktu gw mw beli CX-30 (CX-3 lebih sering kepentok utk case gw). Punya data pembanding ga? Kl ga ada, terpaksa test drive sambil mobil bawa bbrp org dewasa, minta mereka duduk di belakang, pas lewat jalan "berbahaya", apa kabar...
Ga butuh butuh amat 7 Seater Om. Ane sering sendiri malah. 7 Seater kepake kalo vacation aja sama temen temen, paling setaun 2-3x.
Kalo si Kuro AWD cuman lebih ke penasran aja feelnya gmn.
MrTurbo
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 24
Joined: Thu Apr 11, 2024 17:31
Location: Jakarta Barat
Daily Vehicle: ANPS Pajero sport 4N15

Re: Saran: CX5 Kuro AWD, Civic RS, or ANF 2.8 for daily

Post by MrTurbo »

KielConstantine wrote: Sat Aug 17, 2024 12:20 Mobil (baru) range 600 jutaan emang terbatas pilihannya. Apalagi yg proper build haha

Yg masuk radar ane cuman:
Zenix Q hybrid
All new Serena hybrid
CX-5 AWD
Altis hybrid
Civic turbo

Itu aj zenix Q agak kurang qualitynya. Rada ngenes gegara CKD.

Sisanya ya duo ladderframe, tapi bosen kan bertahun2 pake truck model bgituan mulu wkwkwk

Paling banter CX-5 awd seh klo masih mikirin ground clearance. Cukup koq enginenya NA segitu apalagi kg doyan ngebut gimana kan om :upss:

Otherwise coba aja pelihara sedan (civic/altis) trus pake buat daily driving.. Coba kita summon dulu pengabdi2 nya om @imwewe @jenson @hosea @chz :big_biglaugh:
Iya om bener zenix Q pernah masuk radar ane. Tapi yg bikin cons, fuel consumptionnya ga irit irit bgt sesuai dengan gembar gembor hybridnya. Terus BQ nya yg yasudahlah :big_dunno: :big_dunno: , rasanya lbh kokoh ANF 2.8 walau sudah kuno.
so far emang pilihan paling safe si kuro.
Civic duduknya good, cman blm tes aja cvtnya kyk gimana
MrTurbo
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 24
Joined: Thu Apr 11, 2024 17:31
Location: Jakarta Barat
Daily Vehicle: ANPS Pajero sport 4N15

Re: Saran: CX5 Kuro AWD, Civic RS, or ANF 2.8 for daily

Post by MrTurbo »

Pboyz97 wrote: Sat Aug 17, 2024 13:47
MrTurbo wrote: Sat Aug 17, 2024 9:43 Halo para agan dan suhu sekalian. Salam kenal :big_deal:.
Jadi ceritanya ane lagi cari lagi mobil daily driver. Kalo waktu itu ane ada bkin thread disini viewtopic.php?t=33539 . Singkat cerita ane ga jadi angkat mobil eropa, karena budgetnya sudah kepotong buat beli Veloz Q TSS dan Raize 1.0 untuk gantiin Ford Ecos ane yg DCTnya uda agak trouble karena request orang rumah butuh kuda yg ga ribet untuk kerja dan urgent :big_sorry: :big_sorry: . Lalu ane ga mau nambah budget lagi untuk angkut mobil eropa dan males juga huntingnya :big_childish: :big_childish:

Jadi singkat cerita ane mau TT si ANPS 4N15 dengan 3 opsi mobil baru dengan range harga yang menurut ane cukup berdekatan walau ada 1 yg agak mahal dan butuh saran suhu suhu yang mungkin sudah pernah pelihara dari experience penggunaan, fuel cons, dan suka duka pelihara mobil obil ini :ungg: :ungg: :

1. Mazda CX5 Kuro AWD: Saat di Giias kemarin uda coba naik namun tidak tes drive.
Pros: Interior terlihat mewah, modelnya cukup keliatan up market walau sudah keliatan tua. Dari desain interior dan size mobil terlihat driver focused but easy to use/drive.
Cons: Model terlihat outdated, dari sisi gengsi masih agak kalah ketimbang opsi no 2 ane yaitu ANF 2.8, Fuel cons ane baca baca diforum ternyata ga seirit yg digembar gemborkan oleh reviewer di yutub yutub.

2. ANF 2.8: Sering naik dan pernah bawa namun yg 2.4.
Pros: Handling imho much better than ANPS ane yg kayak kapal. GC tinggi kebetulan lingkungan tempat tinggal ane (jakbar) kalo musim hujan berubah jd sungai :big_dunno: :big_dunno: . Irit secara Fuel cons apalagi kalo msh bisa isi bio solar :big_grin: . Last but not leasst of course gengsi bawa fortuner dan ane bukan tipe yg modif ceper, cumi", lampu RGB yg menurut ane menghilangkan wibawanya :big_bored: :big_bored: Cukup Standar blackout biar gagah aja.
Cons: Kegedean kalo masuk gang, Kalo wajib dex agak besar juga operating costnya, orang rumah agak complain kalo naik mobil ladder frame ketinggian dan kadang pusing.

3. Civic 1.5 RS Turbo: Sering duduk dipameran and damn it feels so good.
Pros: Kangen bawa sedan lagi, apalagi ini mesin dengernya lumayan enak, brand image honda
Cons: Terlalu ceper ga ya (?) :big_think: :big_think:

Demikian 3 opsi yg menjadi kegalauan ane :big_childish: :big_childish: . Ane rencana angkut di akhir tahun ini, mohon pencerahannya suhu suhu dan teman teman sekalian. Terimakasihhh :big_deal: :big_deal: :big_deal:
kebetulan saya pernah miara ANPS dakar 2018, ANF VRZ 2018 , crv turbo pres 2019 (yg 1 basis sm civic) & CX5 Elite 2018 + udh pernah testdrive civic rs jg . kalo dari ANPS & sepertinya sudah bosan dengan handlingnya ladder (saya baca thread om ts sebelumnya) . sepertinya opsi 1 & 3 sama2 bagus. tinggal sesuaikan kebutuhan saja. mau yg disatu sisi nyaman, empuk & lega + cukup fun to drive tapi disisi lain rawan gesrot krn gc rendah or mau yg disatu sisi kaya fitur, handling enak, tarikan enak, kemana aja ayo karena gc tinggi tp disisi lain akomodasi & kepraktisan kurang , bantingan termasuk keras dan ga nyaman dibanding opsi no 3 + aftersales terutama bengkel non resminya ga sebanyak opsi no 3

kalo opsi no 2. kebetulan pernah miara keduanya & cukup sering jg dibawa jakarta - jateng - jogja PP setahun 5-6x :big_biglaugh: . yg saya bold entah knp saya agak beda. di ANPS, saya malah lebih pede bawa mobil ini kalo lukot or tol karena handling, tarikan + driving feelnya much better daripada ANF. buat saya, ANF entah knp malah kebalikannya, handling ga sebagus ANPS & remnya jg agak kurang pakem, walaupun unggul di sisi bantingan suspensi yg lebih empuk dan lebih nyaman dibanding ANPS (itu sepengalaman saya miara keduanya ya dan beli seken + fortunernya yg 2.4 PFL) kalo yg facelift 2021 up or 2.8 saya kurang tau secara saya cm pernah td jarak pendek aja hehehe. dan juga consnya, mirip bgt casenya kaya saya dulu sehingga harus merelakan ANPS saya untuk dijual akhir tahun lalu. sama persis kaya yg om rasakan. karena jujur aja, baik anps maupun anf, semua sejak saya beli seken sampe dijual saya pake bio terus :big_biglaugh: . sampe pada akhirnya deket tempat tinggal saya bio susah which is jd mau ga mau kudu isi shell / dex/ dexlite membuat saya mulai mikir2 mau keep apa jual , ditambah lg org rumah gaada yg mau make karena kegedean & ga nyaman (exactly yes, because kami 15 tahun pake mobil monokok) , jd yg make cuma saya & sopir saya aja . which is akhirnya saya putusin buat jual aja anps nya hehe (sekaligus mobil itu jd mobil bekas terakhir saya, at least sampai hari ini , which is saya blm miara mobekas lg sejak saat itu)

kalo emg concernnya ada di consnya di opsi no 2 + pemakaian mayoritas dalkot aja ya coret opsi no 2. buat dalkot seriously jauh jauh lebih nyaman & fun to drive opsi 1 & 3. kecuali ts nya emg hobby roadtrip ke daerah2 yg masih ada jalan yg kondisinya kurang bagus or aftersalesnya mohon maaf terbatas (in case kalo ada apa2) baru consider opsi no 2. secara based on pengalaman saya. saya milih ladder jg karena waktu itu saya ada kegiatan yg mengharuskan saya bolak balik jakarta - jateng - jogja setahun lebih dari 3x. jd perlu mobil yg gc tinggi, maintenance terjangkau (secara mobil jd mobil daily) , sehingga jatuh ke 2 itu hehe. back to topic, soal opsi no 2, entah knp kalo saya jd om, liat prosnya , saya bakal consider opsi no 1 aja . kalo emg gc tinggi jd prioritas . or kalo emg pengen yg gagah bs consider mobil seken eropaan or kalo emg mau jepangan, saya bakal sarankan lexus rx / camry hehe

kalo alternatif, AN Voxy 90, serena c28 or zenix q hybrid sepertinya masih masuk budget menurut saya hehe
Ane waktu itu bawa ANPS Jakarta - Jogja PP dgn speed 140-160 saat nyalip bus, jujur agak mengerikan ketimbang ANF. Karena ane feelnya si ANPS ini ngayun yg soft kalo fortuner lbh ke loncat loncat (agak kasar). Bener om cons nya lagi punya mobil gede orang rumah ga ada yg mau pake, jd cuman ane yg pake. Padahal daily bawa dipake sendiri doang. Cuman menang gengsi dan gagah aja dijalan :big_think: :big_think:
MrTurbo
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 24
Joined: Thu Apr 11, 2024 17:31
Location: Jakarta Barat
Daily Vehicle: ANPS Pajero sport 4N15

Re: Saran: CX5 Kuro AWD, Civic RS, or ANF 2.8 for daily

Post by MrTurbo »

kendibocor wrote: Sat Aug 17, 2024 14:00
MrTurbo wrote: Sat Aug 17, 2024 9:43 Halo para agan dan suhu sekalian. Salam kenal :big_deal:.
Jadi ceritanya ane lagi cari lagi mobil daily driver. Kalo waktu itu ane ada bkin thread disini viewtopic.php?t=33539 . Singkat cerita ane ga jadi angkat mobil eropa, karena budgetnya sudah kepotong buat beli Veloz Q TSS dan Raize 1.0 untuk gantiin Ford Ecos ane yg DCTnya uda agak trouble karena request orang rumah butuh kuda yg ga ribet untuk kerja dan urgent :big_sorry: :big_sorry: . Lalu ane ga mau nambah budget lagi untuk angkut mobil eropa dan males juga huntingnya :big_childish: :big_childish:

Jadi singkat cerita ane mau TT si ANPS 4N15 dengan 3 opsi mobil baru dengan range harga yang menurut ane cukup berdekatan walau ada 1 yg agak mahal dan butuh saran suhu suhu yang mungkin sudah pernah pelihara dari experience penggunaan, fuel cons, dan suka duka pelihara mobil obil ini :ungg: :ungg: :

1. Mazda CX5 Kuro AWD: Saat di Giias kemarin uda coba naik namun tidak tes drive.
Pros: Interior terlihat mewah, modelnya cukup keliatan up market walau sudah keliatan tua. Dari desain interior dan size mobil terlihat driver focused but easy to use/drive.
Cons: Model terlihat outdated, dari sisi gengsi masih agak kalah ketimbang opsi no 2 ane yaitu ANF 2.8, Fuel cons ane baca baca diforum ternyata ga seirit yg digembar gemborkan oleh reviewer di yutub yutub.

2. ANF 2.8: Sering naik dan pernah bawa namun yg 2.4.
Pros: Handling imho much better than ANPS ane yg kayak kapal. GC tinggi kebetulan lingkungan tempat tinggal ane (jakbar) kalo musim hujan berubah jd sungai :big_dunno: :big_dunno: . Irit secara Fuel cons apalagi kalo msh bisa isi bio solar :big_grin: . Last but not leasst of course gengsi bawa fortuner dan ane bukan tipe yg modif ceper, cumi", lampu RGB yg menurut ane menghilangkan wibawanya :big_bored: :big_bored: Cukup Standar blackout biar gagah aja.
Cons: Kegedean kalo masuk gang, Kalo wajib dex agak besar juga operating costnya, orang rumah agak complain kalo naik mobil ladder frame ketinggian dan kadang pusing.

3. Civic 1.5 RS Turbo: Sering duduk dipameran and damn it feels so good.
Pros: Kangen bawa sedan lagi, apalagi ini mesin dengernya lumayan enak, brand image honda
Cons: Terlalu ceper ga ya (?) :big_think: :big_think:

Demikian 3 opsi yg menjadi kegalauan ane :big_childish: :big_childish: . Ane rencana angkut di akhir tahun ini, mohon pencerahannya suhu suhu dan teman teman sekalian. Terimakasihhh :big_deal: :big_deal: :big_deal:
Kalo ane sih:
1. Bosen ga pake ladderframe? Seenak2nya fortie dibanding pakjero tetep aja basenya ladderframe. Mau diapain jg ga bakalan seenak monokok, apalagi sedan. Jgn lupa fortie sama CX5 umurnya mirip2, lebih jauh berasa outdated si fortie dibanding CX5 malahan. Selama ga butuh 7 seater atau tempat tinggal banjir parah sampe masuk ke garasi sih coret option ini. Ga kapok2 apa beli mbl overpriced, transmisi jedug suruh belajar lg :upss:

2. CX5 uda tua tp design dan built quality tetep ga kalah sama mbl2 jaman sekarang, apalagi kalo dibanding sama mbl cungkuo design sama semua layar gede ditengah. NVH, ride quality, tetep diatas rata2. Kalo ga salah mzd connectnya uda pake gen 7 yg sama kaya mazda 3 n CX30, jauh lebih modern UInya walaupun sebenernya sama aja dibanding sebelumnya. Pilihan oke kalo emang rumah agak banjir tp ga butuh 7 seater. FWD aja kalo ga dipake offroad, overkill banget SUV cantik gini AWD. Kalo blg AWDnya kepake kalo lg ngebut ya artinya sering ngebut sampe to the limit kan, kalo gitu pilihannya gawsa SUV, sedan aja sekalian. Tp kalo pake lari 120-130 doang di tol mah fwd aja cukup, kecuali otak rada2 sengklek lg hujan ngebut >100 jg :upss:

3. Civic RS. Pilihan paling cocok kalo banjir segala ga masuk garasi rumah n ga butuh 7 seater. Driving dynamic tentunya ga bohong lah seekor civic walaupun FWD, tetep aja enak. Kalo banjir ya pake aja si veloz or rocky.

4. Eropa 2nd second: 600jt an dpt G20-G30 atau W205-W213. G20, G30, W205 (last edition) masi dibawah 5 taon. Sukur2 masi nyala service inclusivenya kalo diperpanjang. W213 yg mungkin dpt >5 thn. Pilihan terbaik saat ini dibanding beli mobcin generik rasanya sama semua, mopang yg uda pd overpriced, mob-eropa baru yg harganya mahal.

Btw jakbarnya mana om? Gw pake sedan diceperin 2 taon aman2 aja. Sempet beberapa kali dagdigdug kalo ujan gede tp untungnya ga pernah kejebak banjir. Paling ujan gede masuk tol aja paling aman :big_biglaugh:
Kebetulan ane tinggal daerah dekat jelambar/dutamas om jakbarnya. Kalo om tau itu pas musim hujan lumayan degdegan om, sebelum pake anps dan ecos ane miara city dan vios. Jaman musim ujan dulu subuh subuh evakuasi mobil agak PR juga, karena takut masuk garasi banjirnya. Selama miara anps jujur hati agak tenang, walau dipakenya ga fun :big_biglaugh: :big_biglaugh: . Iya om memang lagi consider lepas dari Ladder frame ke cx5 or civic :big_okay:
Jenson
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 456
Joined: Fri Aug 22, 2014 9:41

Re: Saran: CX5 Kuro AWD, Civic RS, or ANF 2.8 for daily

Post by Jenson »

b0ku wrote: Sun Aug 18, 2024 1:55
Suryaputra wrote: Sun Aug 18, 2024 0:26
Andaikan ya honda jaman now
Implement geared AT 6-10 speed
It's second to none deh :big_peace:

Tp emang experience gak boong, biar dikata divisi racing f1 dan mass market itu beda, filosofi dan etos kerja kan tetap satu atap.

Lihat aja knp Rolls royce begitu sophisticated, lah dia pengalaman bikin mesin jet dan turbofan pesawat terbang :big_peace:

Honda dalam hal ini jg dah masuk bermain dalam private jet. Yg mana industri aviasi menuntut presisi dan no room for error :ungg:

Btt, gak usah civic... Kelas rakyat Brio aja the best di kelasnya.
Sama vvuling air, itu kyk gadget berjalan :big_biglaugh:

Semua lineup Mazda itu enak, dan ketolong krn dia satu2nya yg masih waras pakai geared AT yg cekatan + sound entertainment yg mumpuni.
emang cvt gak booong.......









HAMBARNYA............ :ngacir:


ngeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeenng.................. :glodak:
Uda perna coba CVT di FE ama CRV RZ om? Menurut selera nubie, jauhh lebi mending dibanding CVT ahond gen sebelum ini. At least dulu perbandingannya ama yg GK ama HRV RU aja beda. Di GK paling parah, infinite nguuuuuuung. Di HRV RU slightly better, tp masi berasa kurang enak. Di City HB juga masi mirip GK infinite ngguuungnya. Nah d FE ini yg unik, kalo dbawa santai sih infinite nguung, tp kalo d geber somehow menurut pearasaan nubie ada sensasi downshift gt2. Keknya si akal2an sensornya, tp cukup buat nipu otak nubie jd lebi seru kalo geber2 :big_grin:
MrTurbo
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 24
Joined: Thu Apr 11, 2024 17:31
Location: Jakarta Barat
Daily Vehicle: ANPS Pajero sport 4N15

Re: Saran: CX5 Kuro AWD, Civic RS, or ANF 2.8 for daily

Post by MrTurbo »

Jenson wrote: Sat Aug 17, 2024 17:45
KielConstantine wrote: Sat Aug 17, 2024 12:20 Mobil (baru) range 600 jutaan emang terbatas pilihannya. Apalagi yg proper build haha

Yg masuk radar ane cuman:
Zenix Q hybrid
All new Serena hybrid
CX-5 AWD
Altis hybrid
Civic turbo

Itu aj zenix Q agak kurang qualitynya. Rada ngenes gegara CKD.

Sisanya ya duo ladderframe, tapi bosen kan bertahun2 pake truck model bgituan mulu wkwkwk

Paling banter CX-5 awd seh klo masih mikirin ground clearance. Cukup koq enginenya NA segitu apalagi kg doyan ngebut gimana kan om :upss:

Otherwise coba aja pelihara sedan (civic/altis) trus pake buat daily driving.. Coba kita summon dulu pengabdi2 nya om @imwewe @jenson @hosea @chz :big_biglaugh:
Hadir om, sebagai user FE. Cba kasih testimony ya, untuk harian d JKT si memang sedan agak challenging, nemu poldur laknat lgsg ngerem2, bolongan jg sama. Yang paling kacau kalo malem papasan ama mobil lain, makin buta ni mata gara2 kena sorot lampu. Mau cari parkir d tpt2 sempit pake FE juga repot, ni mobil panjang seriously. Pernah parkir sebelahan ama W206 ama W213, mirip2 panjangnya.

Balik ke Q om TS, seberapa om suka nyetir? Kalo suka dan ga masalah dengan yg saya swbutin tadi, go for Civic om. Saya ud coba ama CX5, jauhhh lah kalo dr segi engineering ama keasyikan berkemdara. Ok lha civic kalah d material, tp pengalaman bikin engine mobil verstappen ga boong om :big_peace:

Tapi kalo ga trlalu suka nyetir, or bermasalah dengan kekurangan yg saya sebut, mgkin bsa ambil cx5 ~ slightly better driving exp
Zennix ~ mobil all rounder, ass ga pusing, nyaman tp ya udh aia, kek bawa kapal
Mantap om, akhirnya ada testimony dari user civic.
Kalo dari sisi CVT nya annoying banget ga om?
Cx5 ane cuman pernah tes drive di giias 2-3x putaran which is jujur merasa biasa aja, ga tau ya kalo dibawah jauh
Jenson
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 456
Joined: Fri Aug 22, 2014 9:41

Re: Saran: CX5 Kuro AWD, Civic RS, or ANF 2.8 for daily

Post by Jenson »

MrTurbo wrote: Sun Aug 18, 2024 9:58
kendibocor wrote: Sat Aug 17, 2024 14:00
MrTurbo wrote: Sat Aug 17, 2024 9:43 Halo para agan dan suhu sekalian. Salam kenal :big_deal:.
Jadi ceritanya ane lagi cari lagi mobil daily driver. Kalo waktu itu ane ada bkin thread disini viewtopic.php?t=33539 . Singkat cerita ane ga jadi angkat mobil eropa, karena budgetnya sudah kepotong buat beli Veloz Q TSS dan Raize 1.0 untuk gantiin Ford Ecos ane yg DCTnya uda agak trouble karena request orang rumah butuh kuda yg ga ribet untuk kerja dan urgent :big_sorry: :big_sorry: . Lalu ane ga mau nambah budget lagi untuk angkut mobil eropa dan males juga huntingnya :big_childish: :big_childish:

Jadi singkat cerita ane mau TT si ANPS 4N15 dengan 3 opsi mobil baru dengan range harga yang menurut ane cukup berdekatan walau ada 1 yg agak mahal dan butuh saran suhu suhu yang mungkin sudah pernah pelihara dari experience penggunaan, fuel cons, dan suka duka pelihara mobil obil ini :ungg: :ungg: :

1. Mazda CX5 Kuro AWD: Saat di Giias kemarin uda coba naik namun tidak tes drive.
Pros: Interior terlihat mewah, modelnya cukup keliatan up market walau sudah keliatan tua. Dari desain interior dan size mobil terlihat driver focused but easy to use/drive.
Cons: Model terlihat outdated, dari sisi gengsi masih agak kalah ketimbang opsi no 2 ane yaitu ANF 2.8, Fuel cons ane baca baca diforum ternyata ga seirit yg digembar gemborkan oleh reviewer di yutub yutub.

2. ANF 2.8: Sering naik dan pernah bawa namun yg 2.4.
Pros: Handling imho much better than ANPS ane yg kayak kapal. GC tinggi kebetulan lingkungan tempat tinggal ane (jakbar) kalo musim hujan berubah jd sungai :big_dunno: :big_dunno: . Irit secara Fuel cons apalagi kalo msh bisa isi bio solar :big_grin: . Last but not leasst of course gengsi bawa fortuner dan ane bukan tipe yg modif ceper, cumi", lampu RGB yg menurut ane menghilangkan wibawanya :big_bored: :big_bored: Cukup Standar blackout biar gagah aja.
Cons: Kegedean kalo masuk gang, Kalo wajib dex agak besar juga operating costnya, orang rumah agak complain kalo naik mobil ladder frame ketinggian dan kadang pusing.

3. Civic 1.5 RS Turbo: Sering duduk dipameran and damn it feels so good.
Pros: Kangen bawa sedan lagi, apalagi ini mesin dengernya lumayan enak, brand image honda
Cons: Terlalu ceper ga ya (?) :big_think: :big_think:

Demikian 3 opsi yg menjadi kegalauan ane :big_childish: :big_childish: . Ane rencana angkut di akhir tahun ini, mohon pencerahannya suhu suhu dan teman teman sekalian. Terimakasihhh :big_deal: :big_deal: :big_deal:
Kalo ane sih:
1. Bosen ga pake ladderframe? Seenak2nya fortie dibanding pakjero tetep aja basenya ladderframe. Mau diapain jg ga bakalan seenak monokok, apalagi sedan. Jgn lupa fortie sama CX5 umurnya mirip2, lebih jauh berasa outdated si fortie dibanding CX5 malahan. Selama ga butuh 7 seater atau tempat tinggal banjir parah sampe masuk ke garasi sih coret option ini. Ga kapok2 apa beli mbl overpriced, transmisi jedug suruh belajar lg :upss:

2. CX5 uda tua tp design dan built quality tetep ga kalah sama mbl2 jaman sekarang, apalagi kalo dibanding sama mbl cungkuo design sama semua layar gede ditengah. NVH, ride quality, tetep diatas rata2. Kalo ga salah mzd connectnya uda pake gen 7 yg sama kaya mazda 3 n CX30, jauh lebih modern UInya walaupun sebenernya sama aja dibanding sebelumnya. Pilihan oke kalo emang rumah agak banjir tp ga butuh 7 seater. FWD aja kalo ga dipake offroad, overkill banget SUV cantik gini AWD. Kalo blg AWDnya kepake kalo lg ngebut ya artinya sering ngebut sampe to the limit kan, kalo gitu pilihannya gawsa SUV, sedan aja sekalian. Tp kalo pake lari 120-130 doang di tol mah fwd aja cukup, kecuali otak rada2 sengklek lg hujan ngebut >100 jg :upss:

3. Civic RS. Pilihan paling cocok kalo banjir segala ga masuk garasi rumah n ga butuh 7 seater. Driving dynamic tentunya ga bohong lah seekor civic walaupun FWD, tetep aja enak. Kalo banjir ya pake aja si veloz or rocky.

4. Eropa 2nd second: 600jt an dpt G20-G30 atau W205-W213. G20, G30, W205 (last edition) masi dibawah 5 taon. Sukur2 masi nyala service inclusivenya kalo diperpanjang. W213 yg mungkin dpt >5 thn. Pilihan terbaik saat ini dibanding beli mobcin generik rasanya sama semua, mopang yg uda pd overpriced, mob-eropa baru yg harganya mahal.

Btw jakbarnya mana om? Gw pake sedan diceperin 2 taon aman2 aja. Sempet beberapa kali dagdigdug kalo ujan gede tp untungnya ga pernah kejebak banjir. Paling ujan gede masuk tol aja paling aman :big_biglaugh:
Kebetulan ane tinggal daerah dekat jelambar/dutamas om jakbarnya. Kalo om tau itu pas musim hujan lumayan degdegan om, sebelum pake anps dan ecos ane miara city dan vios. Jaman musim ujan dulu subuh subuh evakuasi mobil agak PR juga, karena takut masuk garasi banjirnya. Selama miara anps jujur hati agak tenang, walau dipakenya ga fun :big_biglaugh: :big_biglaugh: . Iya om memang lagi consider lepas dari Ladder frame ke cx5 or civic :big_okay:
Sebenernya kalo uda ada veloz ama rocky, uda enak sih. Mau jalan2 ke area blusukan pake rocky. Butuh bawa barang ama jalan jelek siksa veloz. Mau kebut2an or ke lobby2 mall ama hotel doang pake FE.

Surprisingly pake FE masi agak dihormatin satpam, suka dicariin parkir and bole stay nunggu d lobby2. Padahal secara looks ni mobil menurut ane "b" aja, cenderung kurang mewah dr gen sebelumnya. Ini Civic FE bener2 mobil yg bru berasa enak kalo d cobain, kalo d liat ama duduk2 aja biasa aja menurut ane. Saran ane cobain dulu aj om TD, bandinginn ama si Kuro. Kalo ane si abis TD keduanya langsung ga minat ama si Kuro, ntah apa yg salah tp gaenak bawa tu mobil menurut ane. Bahkan d hari yg sama ane TD HRV RV, menurut pantat nubie lebi enak bawa HRV RV :ungg: