Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
ikanbawel wrote: ↑Tue Aug 27, 2024 4:52
Mbah permisi mau tanya kalo oli transmisi march automatic.. itu kapasitasnya brp liter ya?
Untuk sekedar tap oli/ganti oli layaknya oli mesin..
Soalnya beda2 info yg sy dpt dr bengkel2 yg sy tanya
bengkel A info 4 liter
Bengkel B info 3 liter
Bengkel sy ganti kmrn di nissan arena bsd cuma diisi 2,8 liter
Salahnya kmrn lupa juga untuk ukur.. soalnya mekanik langsung sekalian tap olinya pas abis tap oli mesin
Setau sy oli transmisi hrs akurat ya? Kalo ga nanti ada aneh aneh.. betul ga nda mbah?
mangkanya kalo ganti oli entah mesin entah atf jangan pindah², kalo perlu 1 org yg kerjakan supaya akurat hasilnya.
kalo pindah² tempat ganti² orang, lain tangan lain hasil.
marmut wrote: ↑Tue Aug 27, 2024 15:58
mangkanya kalo ganti oli entah mesin entah atf jangan pindah², kalo perlu 1 org yg kerjakan supaya akurat hasilnya.
kalo pindah² tempat ganti² orang, lain tangan lain hasil.
Nda pindah2 mbah.. cuma beda cabang, kirain meski beda cabang tetep sama SOP/info nya
Kemarin beda info dari hasil tanya via wa ke bengkel2 lain sebelum akhirnya esekusi di bengkel spesialis arena nissan..
Tapi memang beda kayanya
Pas ganti sebelum ini di nissan arena gading serpong seinget sy 3,5 liter pake fk massimo (maen diisi aja, sy kira idemitsu)
Lalu yang terakhir ini di nissan arena bsd.. mekanik senior nya ngekeh 2,8 liter aja.. meski sy ud info history di cabang gading serpong dan hasil dr nanya bengkel lain.. dia tetep info 2,8 liter
Last edited by ikanbawel on Tue Aug 27, 2024 23:06, edited 1 time in total.
marmut wrote: ↑Tue Aug 27, 2024 15:58
mangkanya kalo ganti oli entah mesin entah atf jangan pindah², kalo perlu 1 org yg kerjakan supaya akurat hasilnya.
kalo pindah² tempat ganti² orang, lain tangan lain hasil.
Nda pindah2 mbah.. cuma beda cabang, kirain meski beda cabang tetep sama SOP/info nya
Kemarin beda info dari hasil tanya via wa ke bengkel2 lain sebelum akhirnya esekusi di bengkel spesialis arena nissan..
Tapi memang beda kayanya
Pas ganti sebelum ini di nissan arena gading serpong seinget sy 3,5 liter pake fk massimo (maen diisi aja, sy kira idemitsu)
Lalu yang terakhir ini di nissan arena bsd.. mekanik senior nya ngekeh 2,8 liter aja.. meski sy ud info history di cabang gading serpong dan hasil dr nanya bengkel lain.. dia tetep info 2,8 liter
Fine tuning sendiri saat pagi hidupin mesin, pindah ke P R N D, kira kira 3 sampai 5 detik lalu pindah ke P dengan mesin tetep hidup. cek deepstik oli level cold, sesuaikan olinya.
pakai jalan sktr 5 menit, lalu ulang lagi hidupin mesin, pindah ke P R N D, kira kira 3 sampai 5 detik lalu pindah ke P dengan mesin tetep hidup. cek deepstik oli level hot, sesuaikan olinya.
nambahin oli maticnya dari lubang deepstick oli.
habis flushing matic grand livina lama saya lakukan fine tuning sendiri nambah sktr 600 ml oli matic
Greenhunter wrote: ↑Wed Aug 28, 2024 4:01
Fine tuning sendiri saat pagi hidupin mesin, pindah ke P R N D, kira kira 3 sampai 5 detik lalu pindah ke P dengan mesin tetep hidup. cek deepstik oli level cold, sesuaikan olinya.
pakai jalan sktr 5 menit, lalu ulang lagi hidupin mesin, pindah ke P R N D, kira kira 3 sampai 5 detik lalu pindah ke P dengan mesin tetep hidup. cek deepstik oli level hot, sesuaikan olinya.
nambahin oli maticnya dari lubang deepstick oli.
habis flushing matic grand livina lama saya lakukan fine tuning sendiri nambah sktr 600 ml oli matic
Mmg kemarin sempet baca soal fine tunning ini di history SM sblmnya.. thanks om nanti dicoba
Btw kalo march kan deepstick transmisinya super kecil nan mini.. di livia juga sama om? Kalo sama mohon panduan cara cek levelnya gmna..
Greenhunter wrote: ↑Wed Aug 28, 2024 4:01
Fine tuning sendiri saat pagi hidupin mesin, pindah ke P R N D, kira kira 3 sampai 5 detik lalu pindah ke P dengan mesin tetep hidup. cek deepstik oli level cold, sesuaikan olinya.
pakai jalan sktr 5 menit, lalu ulang lagi hidupin mesin, pindah ke P R N D, kira kira 3 sampai 5 detik lalu pindah ke P dengan mesin tetep hidup. cek deepstik oli level hot, sesuaikan olinya.
nambahin oli maticnya dari lubang deepstick oli.
habis flushing matic grand livina lama saya lakukan fine tuning sendiri nambah sktr 600 ml oli matic
Mmg kemarin sempet baca soal fine tunning ini di history SM sblmnya.. thanks om nanti dicoba
Btw kalo march kan deepstick transmisinya super kecil nan mini.. di livia juga sama om? Kalo sama mohon panduan cara cek levelnya gmna..
Deepsticknya beda om, kalau grand livina L10 bentuknya kayak deepstick oli mesin gitu panjang ada coakan atas dan bawah, ada tulisan hot cold semacam ini.
Screenshot_20240829-141340_Chrome.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Greenhunter wrote: ↑Wed Aug 28, 2024 4:01
Fine tuning sendiri saat pagi hidupin mesin, pindah ke P R N D, kira kira 3 sampai 5 detik lalu pindah ke P dengan mesin tetep hidup. cek deepstik oli level cold, sesuaikan olinya.
pakai jalan sktr 5 menit, lalu ulang lagi hidupin mesin, pindah ke P R N D, kira kira 3 sampai 5 detik lalu pindah ke P dengan mesin tetep hidup. cek deepstik oli level hot, sesuaikan olinya.
nambahin oli maticnya dari lubang deepstick oli.
habis flushing matic grand livina lama saya lakukan fine tuning sendiri nambah sktr 600 ml oli matic
Mmg kemarin sempet baca soal fine tunning ini di history SM sblmnya.. thanks om nanti dicoba
Btw kalo march kan deepstick transmisinya super kecil nan mini.. di livia juga sama om? Kalo sama mohon panduan cara cek levelnya gmna..
Greenhunter wrote: ↑Thu Aug 29, 2024 7:14
Deepsticknya beda om, kalau grand livina L10 bentuknya kayak deepstick oli mesin gitu panjang ada coakan atas dan bawah, ada tulisan hot cold semacam ini.Screenshot_20240829-141340_Chrome.jpg
Oo.. kalo di march yang sy baca ternyata dipstick kecil itu bukan alat ukur.. jadi karna dia sistem long life drain.. ga ada alat buat cek jadi cuma ganti tiap 120rb km aja
Saya gak tahu bener atau tidak mungkin suhu² yang lain bisa bantu konfirmasi
Makasih mbah.. iy ini ud baca jugaaa pas kmrn googling..
Kapan2 mau coba ngolong deh cari baut overfil di march ada apa ngga..
yang agak bingung, kalo dr artikel di google..
Mesin dinyalain, fine tunning lalu buka baut drain.. apa ga keluar itu? Atau mmg akan kesedot naik keatas maksudnya ya?
Saya user Livina Xgear 2008 AT, bulan April 2024 lalu saya flushing oli matic pakai Idemitsu ATF di posisi 169.000KM, habis sekitar 8L, nah setelah 4000km berjalan sekarang saya ngalami kendala kalo pagi maticnya delay di posisi D mungkin sekitar 3-5 detikan, tapi kalo mesin udah panas transmisinya responsif, untuk odometernya sendiri sekarang baru 173.000km, ada saran dari mekanik bengkel langganan pakai aditif oli, tapi setelah saya riset kebanyakan aditif yang beredar di pasaran baunya menyengat seperti thinner/terpentin, saya cek di youtube juga ada aditif lokal setelah dituang ternyata bikin rontok cat, takut juga kalo daleman transmisi malah jebol.
ada saran kah untuk aditif oli yang rekomended yang bisa memperpanjang umur sebelum dioverhaul maticnya? atau memang udah harus turun transmisi ini om-om semua?
sekalian saran om untuk ATF yang rekomended apa saja?
terimakasih banyak sebelumnya
Additive oli yang dimaksud biasanya kerja dengan cara melunakan dan membengkakan seal yang sudah keras. Bisa membantu , bisa tidak. Tapi pelumasan sendiri saya rasa akan makin buruk dengan additive yang sifatnya seperti solvent senyawa thinner.
In general kalo oli transmisi pake yang bagus sih, jangankan 170rb km, biasa 400rb km aja masih aman belom perlu overhaul. Sebelum flushing ini telat ganti oli kah? Filter transmisi udah diganti?
Kalo mau coba ATF bagusan bisa coba Q8 Auto JK, tapi kalo kondisi udah ada problem seperti ini, bukan jaminan jadi solusi .
Terimakasih sarannya om, akhirnya kemarin pake Trans-X dituang sekitar 150ml, besok paginya langsung ngacir lagi pas mesin dingin , lumayan bisa manjangin umur soalnya mobilnya dipake buat ternak
sekarang saya ngalami kendala kalo pagi maticnya delay di posisi D mungkin sekitar 3-5 detikan, tapi kalo mesin udah panas transmisinya responsif,
bongkar body valve-nya dibersihin.
biasanya kotor. sekalian solenoid dites 1 per 1 masih bagus apa enggak.
nanti saat ngisi atf, musti fine tuning.
kalo bengkel yg ngerjain ga ngerti fine tuning atf, panggil mesin giling ratain aja sm tanah.
terimakasih sarannya om, akhirnya udah sembuh ni matic, dituang pake Trans-X 150ml, sempet agak pesimis, tapi besok paginya dicoba langsung ngacir, jedug ilang, nggak ada delay lagi
sekarang saya ngalami kendala kalo pagi maticnya delay di posisi D mungkin sekitar 3-5 detikan, tapi kalo mesin udah panas transmisinya responsif,
bongkar body valve-nya dibersihin.
biasanya kotor. sekalian solenoid dites 1 per 1 masih bagus apa enggak.
nanti saat ngisi atf, musti fine tuning.
kalo bengkel yg ngerjain ga ngerti fine tuning atf, panggil mesin giling ratain aja sm tanah.
terimakasih sarannya om, akhirnya udah sembuh ni matic, dituang pake Trans-X 150ml, sempet agak pesimis, tapi besok paginya dicoba langsung ngacir, jedug ilang, nggak ada delay lagi
Selamat datang di klub mendang mending.
Anggotanya menganut prinsip :
* coba dulu
* diakali dulu
* jangan langsung bongkar, mending ini dulu, mending itu dulu
bongkar body valve-nya dibersihin.
biasanya kotor. sekalian solenoid dites 1 per 1 masih bagus apa enggak.
nanti saat ngisi atf, musti fine tuning.
kalo bengkel yg ngerjain ga ngerti fine tuning atf, panggil mesin giling ratain aja sm tanah.
terimakasih sarannya om, akhirnya udah sembuh ni matic, dituang pake Trans-X 150ml, sempet agak pesimis, tapi besok paginya dicoba langsung ngacir, jedug ilang, nggak ada delay lagi
Selamat datang di klub mendang mending.
Anggotanya menganut prinsip :
* coba dulu
* diakali dulu
* jangan langsung bongkar, mending ini dulu, mending itu dulu
sekarang saya ngalami kendala kalo pagi maticnya delay di posisi D mungkin sekitar 3-5 detikan, tapi kalo mesin udah panas transmisinya responsif,
bongkar body valve-nya dibersihin.
biasanya kotor. sekalian solenoid dites 1 per 1 masih bagus apa enggak.
nanti saat ngisi atf, musti fine tuning.
kalo bengkel yg ngerjain ga ngerti fine tuning atf, panggil mesin giling ratain aja sm tanah.
terimakasih sarannya om, akhirnya udah sembuh ni matic, dituang pake Trans-X 150ml, sempet agak pesimis, tapi besok paginya dicoba langsung ngacir, jedug ilang, nggak ada delay lagi
bongkar body valve-nya dibersihin.
biasanya kotor. sekalian solenoid dites 1 per 1 masih bagus apa enggak.
nanti saat ngisi atf, musti fine tuning.
kalo bengkel yg ngerjain ga ngerti fine tuning atf, panggil mesin giling ratain aja sm tanah.
terimakasih sarannya om, akhirnya udah sembuh ni matic, dituang pake Trans-X 150ml, sempet agak pesimis, tapi besok paginya dicoba langsung ngacir, jedug ilang, nggak ada delay lagi
Trans x crc punya ya?
iyes betul sekali om,
awalnya disaranin pake Lucas Oil sama temen yang pake Juke & Serena, cuma susah nyari barangnya trus nanya ke bengkel langganan disaranin pake transx ini, ternyata dia nyetok, selamat dah nggak jadi turun transmisi, trus maticnya kerasa jadi jauh lebih smooth & responsif
Last edited by gifgof on Thu Sep 05, 2024 7:04, edited 2 times in total.