Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11626
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by marmut »

ikanbawel wrote: Tue Aug 27, 2024 4:52 Mbah permisi mau tanya kalo oli transmisi march automatic.. itu kapasitasnya brp liter ya?
Untuk sekedar tap oli/ganti oli layaknya oli mesin..
Soalnya beda2 info yg sy dpt dr bengkel2 yg sy tanya
bengkel A info 4 liter
Bengkel B info 3 liter
Bengkel sy ganti kmrn di nissan arena bsd cuma diisi 2,8 liter

Salahnya kmrn lupa juga untuk ukur.. soalnya mekanik langsung sekalian tap olinya pas abis tap oli mesin
Setau sy oli transmisi hrs akurat ya? Kalo ga nanti ada aneh aneh.. betul ga nda mbah?
🙏🏻


mangkanya kalo ganti oli entah mesin entah atf jangan pindah², kalo perlu 1 org yg kerjakan supaya akurat hasilnya.

kalo pindah² tempat ganti² orang, lain tangan lain hasil.
ikanbawel
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 28
Joined: Sat Aug 17, 2024 15:30
Location: Tangerang
Daily Vehicle: March

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by ikanbawel »

marmut wrote: Tue Aug 27, 2024 15:58 mangkanya kalo ganti oli entah mesin entah atf jangan pindah², kalo perlu 1 org yg kerjakan supaya akurat hasilnya.

kalo pindah² tempat ganti² orang, lain tangan lain hasil.
Nda pindah2 mbah.. cuma beda cabang, kirain meski beda cabang tetep sama SOP/info nya
Kemarin beda info dari hasil tanya via wa ke bengkel2 lain sebelum akhirnya esekusi di bengkel spesialis arena nissan..

Tapi memang beda kayanya
Pas ganti sebelum ini di nissan arena gading serpong seinget sy 3,5 liter pake fk massimo (maen diisi aja, sy kira idemitsu)

Lalu yang terakhir ini di nissan arena bsd.. mekanik senior nya ngekeh 2,8 liter aja.. meski sy ud info history di cabang gading serpong dan hasil dr nanya bengkel lain.. dia tetep info 2,8 liter
Last edited by ikanbawel on Tue Aug 27, 2024 23:06, edited 1 time in total.
Greenhunter
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 781
Joined: Mon Aug 25, 2014 14:12

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by Greenhunter »

ikanbawel wrote: Tue Aug 27, 2024 23:03
marmut wrote: Tue Aug 27, 2024 15:58 mangkanya kalo ganti oli entah mesin entah atf jangan pindah², kalo perlu 1 org yg kerjakan supaya akurat hasilnya.

kalo pindah² tempat ganti² orang, lain tangan lain hasil.
Nda pindah2 mbah.. cuma beda cabang, kirain meski beda cabang tetep sama SOP/info nya
Kemarin beda info dari hasil tanya via wa ke bengkel2 lain sebelum akhirnya esekusi di bengkel spesialis arena nissan..

Tapi memang beda kayanya
Pas ganti sebelum ini di nissan arena gading serpong seinget sy 3,5 liter pake fk massimo (maen diisi aja, sy kira idemitsu)

Lalu yang terakhir ini di nissan arena bsd.. mekanik senior nya ngekeh 2,8 liter aja.. meski sy ud info history di cabang gading serpong dan hasil dr nanya bengkel lain.. dia tetep info 2,8 liter
Fine tuning sendiri saat pagi hidupin mesin, pindah ke P R N D, kira kira 3 sampai 5 detik lalu pindah ke P dengan mesin tetep hidup. cek deepstik oli level cold, sesuaikan olinya.
pakai jalan sktr 5 menit, lalu ulang lagi hidupin mesin, pindah ke P R N D, kira kira 3 sampai 5 detik lalu pindah ke P dengan mesin tetep hidup. cek deepstik oli level hot, sesuaikan olinya.
nambahin oli maticnya dari lubang deepstick oli.
habis flushing matic grand livina lama saya lakukan fine tuning sendiri nambah sktr 600 ml oli matic
ikanbawel
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 28
Joined: Sat Aug 17, 2024 15:30
Location: Tangerang
Daily Vehicle: March

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by ikanbawel »

Greenhunter wrote: Wed Aug 28, 2024 4:01
Fine tuning sendiri saat pagi hidupin mesin, pindah ke P R N D, kira kira 3 sampai 5 detik lalu pindah ke P dengan mesin tetep hidup. cek deepstik oli level cold, sesuaikan olinya.
pakai jalan sktr 5 menit, lalu ulang lagi hidupin mesin, pindah ke P R N D, kira kira 3 sampai 5 detik lalu pindah ke P dengan mesin tetep hidup. cek deepstik oli level hot, sesuaikan olinya.
nambahin oli maticnya dari lubang deepstick oli.
habis flushing matic grand livina lama saya lakukan fine tuning sendiri nambah sktr 600 ml oli matic
Mmg kemarin sempet baca soal fine tunning ini di history SM sblmnya.. thanks om nanti dicoba

Btw kalo march kan deepstick transmisinya super kecil nan mini.. di livia juga sama om? Kalo sama mohon panduan cara cek levelnya gmna.. :big_childish:
Greenhunter
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 781
Joined: Mon Aug 25, 2014 14:12

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by Greenhunter »

ikanbawel wrote: Wed Aug 28, 2024 13:57
Greenhunter wrote: Wed Aug 28, 2024 4:01
Fine tuning sendiri saat pagi hidupin mesin, pindah ke P R N D, kira kira 3 sampai 5 detik lalu pindah ke P dengan mesin tetep hidup. cek deepstik oli level cold, sesuaikan olinya.
pakai jalan sktr 5 menit, lalu ulang lagi hidupin mesin, pindah ke P R N D, kira kira 3 sampai 5 detik lalu pindah ke P dengan mesin tetep hidup. cek deepstik oli level hot, sesuaikan olinya.
nambahin oli maticnya dari lubang deepstick oli.
habis flushing matic grand livina lama saya lakukan fine tuning sendiri nambah sktr 600 ml oli matic
Mmg kemarin sempet baca soal fine tunning ini di history SM sblmnya.. thanks om nanti dicoba

Btw kalo march kan deepstick transmisinya super kecil nan mini.. di livia juga sama om? Kalo sama mohon panduan cara cek levelnya gmna.. :big_childish:
Deepsticknya beda om, kalau grand livina L10 bentuknya kayak deepstick oli mesin gitu panjang ada coakan atas dan bawah, ada tulisan hot cold semacam ini.
Screenshot_20240829-141340_Chrome.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Greenhunter
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 781
Joined: Mon Aug 25, 2014 14:12

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by Greenhunter »

ikanbawel wrote: Wed Aug 28, 2024 13:57
Greenhunter wrote: Wed Aug 28, 2024 4:01
Fine tuning sendiri saat pagi hidupin mesin, pindah ke P R N D, kira kira 3 sampai 5 detik lalu pindah ke P dengan mesin tetep hidup. cek deepstik oli level cold, sesuaikan olinya.
pakai jalan sktr 5 menit, lalu ulang lagi hidupin mesin, pindah ke P R N D, kira kira 3 sampai 5 detik lalu pindah ke P dengan mesin tetep hidup. cek deepstik oli level hot, sesuaikan olinya.
nambahin oli maticnya dari lubang deepstick oli.
habis flushing matic grand livina lama saya lakukan fine tuning sendiri nambah sktr 600 ml oli matic
Mmg kemarin sempet baca soal fine tunning ini di history SM sblmnya.. thanks om nanti dicoba

Btw kalo march kan deepstick transmisinya super kecil nan mini.. di livia juga sama om? Kalo sama mohon panduan cara cek levelnya gmna.. :big_childish:
Saya gak pernah pegang nissan march, tapi baca dari website ini caranya :
https://otomotifnet.gridoto.com/read/23 ... -long-life

Saya gak tahu bener atau tidak mungkin suhu² yang lain bisa bantu konfirmasi
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27340
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by DOHC »

marmut wrote: Tue Aug 27, 2024 15:56
gifgof wrote: Fri Aug 16, 2024 6:33




sekarang saya ngalami kendala kalo pagi maticnya delay di posisi D mungkin sekitar 3-5 detikan, tapi kalo mesin udah panas transmisinya responsif,


bongkar body valve-nya dibersihin.
biasanya kotor. sekalian solenoid dites 1 per 1 masih bagus apa enggak.

nanti saat ngisi atf, musti fine tuning.

kalo bengkel yg ngerjain ga ngerti fine tuning atf, panggil mesin giling ratain aja sm tanah.
nganu mbah

fine tuning opo

kita orang biasa patokan cuman masupin seember swallow warna item doank :ungg: :ungg:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
ikanbawel
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 28
Joined: Sat Aug 17, 2024 15:30
Location: Tangerang
Daily Vehicle: March

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by ikanbawel »

Greenhunter wrote: Thu Aug 29, 2024 7:14
Deepsticknya beda om, kalau grand livina L10 bentuknya kayak deepstick oli mesin gitu panjang ada coakan atas dan bawah, ada tulisan hot cold semacam ini.Screenshot_20240829-141340_Chrome.jpg
Oo.. kalo di march yang sy baca ternyata dipstick kecil itu bukan alat ukur.. jadi karna dia sistem long life drain.. ga ada alat buat cek jadi cuma ganti tiap 120rb km aja :big_chicken:
Greenhunter wrote: Thu Aug 29, 2024 9:44
Saya gak pernah pegang nissan march, tapi baca dari website ini caranya :
https://otomotifnet.gridoto.com/read/23 ... -long-life

Saya gak tahu bener atau tidak mungkin suhu² yang lain bisa bantu konfirmasi
Makasih mbah.. iy ini ud baca jugaaa pas kmrn googling..
Kapan2 mau coba ngolong deh cari baut overfil di march ada apa ngga..
yang agak bingung, kalo dr artikel di google..
Mesin dinyalain, fine tunning lalu buka baut drain.. apa ga keluar itu? Atau mmg akan kesedot naik keatas maksudnya ya?
gifgof
Newbie
Newbie
Posts: 11
Joined: Thu Mar 21, 2024 1:35
Location: Yogyakarta
Daily Vehicle: Nissan Livina X-Gear

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by gifgof »

sahabatq8 wrote: Tue Aug 27, 2024 6:17
gifgof wrote: Fri Aug 16, 2024 6:33 Selamat siang om-om semua,

Saya user Livina Xgear 2008 AT, bulan April 2024 lalu saya flushing oli matic pakai Idemitsu ATF di posisi 169.000KM, habis sekitar 8L, nah setelah 4000km berjalan sekarang saya ngalami kendala kalo pagi maticnya delay di posisi D mungkin sekitar 3-5 detikan, tapi kalo mesin udah panas transmisinya responsif, untuk odometernya sendiri sekarang baru 173.000km, ada saran dari mekanik bengkel langganan pakai aditif oli, tapi setelah saya riset kebanyakan aditif yang beredar di pasaran baunya menyengat seperti thinner/terpentin, saya cek di youtube juga ada aditif lokal setelah dituang ternyata bikin rontok cat, takut juga kalo daleman transmisi malah jebol.

ada saran kah untuk aditif oli yang rekomended yang bisa memperpanjang umur sebelum dioverhaul maticnya? atau memang udah harus turun transmisi ini om-om semua?

sekalian saran om untuk ATF yang rekomended apa saja?

terimakasih banyak sebelumnya
Additive oli yang dimaksud biasanya kerja dengan cara melunakan dan membengkakan seal yang sudah keras. Bisa membantu , bisa tidak. Tapi pelumasan sendiri saya rasa akan makin buruk dengan additive yang sifatnya seperti solvent senyawa thinner.

In general kalo oli transmisi pake yang bagus sih, jangankan 170rb km, biasa 400rb km aja masih aman belom perlu overhaul. Sebelum flushing ini telat ganti oli kah? Filter transmisi udah diganti?

Kalo mau coba ATF bagusan bisa coba Q8 Auto JK, tapi kalo kondisi udah ada problem seperti ini, bukan jaminan jadi solusi :big_peace: .
Terimakasih sarannya om, akhirnya kemarin pake Trans-X dituang sekitar 150ml, besok paginya langsung ngacir lagi pas mesin dingin :big_peace: , lumayan bisa manjangin umur soalnya mobilnya dipake buat ternak :big_grin:
gifgof
Newbie
Newbie
Posts: 11
Joined: Thu Mar 21, 2024 1:35
Location: Yogyakarta
Daily Vehicle: Nissan Livina X-Gear

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by gifgof »

marmut wrote: Tue Aug 27, 2024 15:56
gifgof wrote: Fri Aug 16, 2024 6:33




sekarang saya ngalami kendala kalo pagi maticnya delay di posisi D mungkin sekitar 3-5 detikan, tapi kalo mesin udah panas transmisinya responsif,


bongkar body valve-nya dibersihin.
biasanya kotor. sekalian solenoid dites 1 per 1 masih bagus apa enggak.

nanti saat ngisi atf, musti fine tuning.

kalo bengkel yg ngerjain ga ngerti fine tuning atf, panggil mesin giling ratain aja sm tanah.
terimakasih sarannya om, akhirnya udah sembuh ni matic, dituang pake Trans-X 150ml, sempet agak pesimis, tapi besok paginya dicoba langsung ngacir, jedug ilang, nggak ada delay lagi :big_biglaugh:
Greenhunter
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 781
Joined: Mon Aug 25, 2014 14:12

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by Greenhunter »

gifgof wrote: Thu Sep 05, 2024 1:50
marmut wrote: Tue Aug 27, 2024 15:56
gifgof wrote: Fri Aug 16, 2024 6:33




sekarang saya ngalami kendala kalo pagi maticnya delay di posisi D mungkin sekitar 3-5 detikan, tapi kalo mesin udah panas transmisinya responsif,


bongkar body valve-nya dibersihin.
biasanya kotor. sekalian solenoid dites 1 per 1 masih bagus apa enggak.

nanti saat ngisi atf, musti fine tuning.

kalo bengkel yg ngerjain ga ngerti fine tuning atf, panggil mesin giling ratain aja sm tanah.
terimakasih sarannya om, akhirnya udah sembuh ni matic, dituang pake Trans-X 150ml, sempet agak pesimis, tapi besok paginya dicoba langsung ngacir, jedug ilang, nggak ada delay lagi :big_biglaugh:
Selamat datang di klub mendang mending. :big_deal: :big_deal: :big_deal:
Anggotanya menganut prinsip :
* coba dulu
* diakali dulu
* jangan langsung bongkar, mending ini dulu, mending itu dulu
:big_peace: :big_peace: :big_peace:
gifgof
Newbie
Newbie
Posts: 11
Joined: Thu Mar 21, 2024 1:35
Location: Yogyakarta
Daily Vehicle: Nissan Livina X-Gear

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by gifgof »

Greenhunter wrote: Thu Sep 05, 2024 3:40
gifgof wrote: Thu Sep 05, 2024 1:50
marmut wrote: Tue Aug 27, 2024 15:56



bongkar body valve-nya dibersihin.
biasanya kotor. sekalian solenoid dites 1 per 1 masih bagus apa enggak.

nanti saat ngisi atf, musti fine tuning.

kalo bengkel yg ngerjain ga ngerti fine tuning atf, panggil mesin giling ratain aja sm tanah.
terimakasih sarannya om, akhirnya udah sembuh ni matic, dituang pake Trans-X 150ml, sempet agak pesimis, tapi besok paginya dicoba langsung ngacir, jedug ilang, nggak ada delay lagi :big_biglaugh:
Selamat datang di klub mendang mending. :big_deal: :big_deal: :big_deal:
Anggotanya menganut prinsip :
* coba dulu
* diakali dulu
* jangan langsung bongkar, mending ini dulu, mending itu dulu
:big_peace: :big_peace: :big_peace:
salaman dulu om :big_deal:
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2314
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by sahabatq8 »

gifgof wrote: Thu Sep 05, 2024 1:50
marmut wrote: Tue Aug 27, 2024 15:56
gifgof wrote: Fri Aug 16, 2024 6:33




sekarang saya ngalami kendala kalo pagi maticnya delay di posisi D mungkin sekitar 3-5 detikan, tapi kalo mesin udah panas transmisinya responsif,


bongkar body valve-nya dibersihin.
biasanya kotor. sekalian solenoid dites 1 per 1 masih bagus apa enggak.

nanti saat ngisi atf, musti fine tuning.

kalo bengkel yg ngerjain ga ngerti fine tuning atf, panggil mesin giling ratain aja sm tanah.
terimakasih sarannya om, akhirnya udah sembuh ni matic, dituang pake Trans-X 150ml, sempet agak pesimis, tapi besok paginya dicoba langsung ngacir, jedug ilang, nggak ada delay lagi :big_biglaugh:
Trans x crc punya ya?
gifgof
Newbie
Newbie
Posts: 11
Joined: Thu Mar 21, 2024 1:35
Location: Yogyakarta
Daily Vehicle: Nissan Livina X-Gear

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by gifgof »

sahabatq8 wrote: Thu Sep 05, 2024 6:58
gifgof wrote: Thu Sep 05, 2024 1:50
marmut wrote: Tue Aug 27, 2024 15:56



bongkar body valve-nya dibersihin.
biasanya kotor. sekalian solenoid dites 1 per 1 masih bagus apa enggak.

nanti saat ngisi atf, musti fine tuning.

kalo bengkel yg ngerjain ga ngerti fine tuning atf, panggil mesin giling ratain aja sm tanah.
terimakasih sarannya om, akhirnya udah sembuh ni matic, dituang pake Trans-X 150ml, sempet agak pesimis, tapi besok paginya dicoba langsung ngacir, jedug ilang, nggak ada delay lagi :big_biglaugh:
Trans x crc punya ya?
iyes betul sekali om,
Image
awalnya disaranin pake Lucas Oil sama temen yang pake Juke & Serena, cuma susah nyari barangnya trus nanya ke bengkel langganan disaranin pake transx ini, ternyata dia nyetok, selamat dah nggak jadi turun transmisi, trus maticnya kerasa jadi jauh lebih smooth & responsif :mky_01:
Last edited by gifgof on Thu Sep 05, 2024 7:04, edited 2 times in total.
Chr1stm1
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 660
Joined: Wed Apr 21, 2021 9:07
Location: Bandung & Jakarta
Daily Vehicle: AN Veloz 2022 AN Rush 2018 K3VE 2012 Confero S ACT 2020 Mazda CX3

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by Chr1stm1 »

Drain n refill di Toda km 15rb, AN Veloz usia 2,5 thn
Buat maintain aja biar long lasting
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11992
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by Suryaputra »

Chr1stm1 wrote: Sun Sep 15, 2024 9:19 Drain n refill di Toda km 15rb, AN Veloz usia 2,5 thn
Buat maintain aja biar long lasting
lifetime :mky_03: :mky_03:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1760
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by MSU »

Chr1stm1 wrote: Sun Sep 15, 2024 9:19 Drain n refill di Toda km 15rb, AN Veloz usia 2,5 thn
Buat maintain aja biar long lasting
vs standardnya ada berasa beda om?
Ama butuh berapa liter?
Chr1stm1
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 660
Joined: Wed Apr 21, 2021 9:07
Location: Bandung & Jakarta
Daily Vehicle: AN Veloz 2022 AN Rush 2018 K3VE 2012 Confero S ACT 2020 Mazda CX3

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by Chr1stm1 »

MSU wrote: Sun Sep 15, 2024 9:32
Chr1stm1 wrote: Sun Sep 15, 2024 9:19 Drain n refill di Toda km 15rb, AN Veloz usia 2,5 thn
Buat maintain aja biar long lasting
vs standardnya ada berasa beda om?
Ama butuh berapa liter?

Vs standar mirip Om, yg ke notice siulan kalo rpm rendah lebih senyap dan pindah dari gigi D ke N, geternya minim.

Kebetulan di toda gading serpong pake metode sedot melalui lubang dipstick, tersedot 2,8 liter...saya masukan juga 2,8 liter..

Fyi warna oli ini ternyata kuning cerah mirip oli mesin, sy kira warnanya merah spt oli2 atf / cvt pada umumnya
Chr1stm1
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 660
Joined: Wed Apr 21, 2021 9:07
Location: Bandung & Jakarta
Daily Vehicle: AN Veloz 2022 AN Rush 2018 K3VE 2012 Confero S ACT 2020 Mazda CX3

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by Chr1stm1 »

Suryaputra wrote: Sun Sep 15, 2024 9:21
Chr1stm1 wrote: Sun Sep 15, 2024 9:19 Drain n refill di Toda km 15rb, AN Veloz usia 2,5 thn
Buat maintain aja biar long lasting
lifetime :mky_03: :mky_03:
Nanti awal 2026 drain n refill lagi Mbah..hehe
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2314
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by sahabatq8 »

Chr1stm1 wrote: Sun Sep 15, 2024 9:54
MSU wrote: Sun Sep 15, 2024 9:32
Chr1stm1 wrote: Sun Sep 15, 2024 9:19 Drain n refill di Toda km 15rb, AN Veloz usia 2,5 thn
Buat maintain aja biar long lasting
vs standardnya ada berasa beda om?
Ama butuh berapa liter?

Vs standar mirip Om, yg ke notice siulan kalo rpm rendah lebih senyap dan pindah dari gigi D ke N, geternya minim.

Kebetulan di toda gading serpong pake metode sedot melalui lubang dipstick, tersedot 2,8 liter...saya masukan juga 2,8 liter..

Fyi warna oli ini ternyata kuning cerah mirip oli mesin, sy kira warnanya merah spt oli2 atf / cvt pada umumnya
Klo Q8 oli semua atf merah, cvt kuning
feri307
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 157
Joined: Sat Sep 01, 2018 12:23
Location: Padang
Daily Vehicle: Honda Brio

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by feri307 »

Suryaputra wrote: Wed Jul 31, 2024 16:10 Perlu (in my opinion)
Gantinya di 5rb km pertama jg gpp klo gak sempet.

Selanjutnya bisa per 20-30rb km, tergantung jarak, durasi atau gaya mengemudi.

Krn masa breakin period itu meluruhkan lapisan material dari internal girboks.
Jd bikin oli cepat kotor dan banyak gram untuk awal2.
Makasih infonya, om..
User avatar
wenk
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 938
Joined: Wed Aug 20, 2008 10:42

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by wenk »

Permisi... mo tanya nih...

Kalau mobil baru, apakah perlu ganti oli CVT dan gardan setelah pemakaian 1000 km? Seperti oli mesin...
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11992
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by Suryaputra »

wenk wrote: Thu Sep 19, 2024 2:57 Permisi... mo tanya nih...

Kalau mobil baru, apakah perlu ganti oli CVT dan gardan setelah pemakaian 1000 km? Seperti oli mesin...
Personal choice aja.

klo saya ganti di 5-7rb km
/ pas ganti oli mesin ke-2

Di 1500 km: ganti olmes + filter oli
Di 5-7rb km: ganti olmes + filter oli + oli CVT (klo ada gardan ya sekalian)
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
wenk
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 938
Joined: Wed Aug 20, 2008 10:42

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by wenk »

Suryaputra wrote: Thu Sep 19, 2024 3:26
wenk wrote: Thu Sep 19, 2024 2:57 Permisi... mo tanya nih...

Kalau mobil baru, apakah perlu ganti oli CVT dan gardan setelah pemakaian 1000 km? Seperti oli mesin...
Personal choice aja.

klo saya ganti di 5-7rb km
/ pas ganti oli mesin ke-2

Di 1500 km: ganti olmes + filter oli
Di 5-7rb km: ganti olmes + filter oli + oli CVT (klo ada gardan ya sekalian)
siap Om, makasih sarannya. :big_deal:
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11992
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by Suryaputra »

wenk wrote: Thu Sep 19, 2024 3:39
Suryaputra wrote: Thu Sep 19, 2024 3:26
wenk wrote: Thu Sep 19, 2024 2:57 Permisi... mo tanya nih...

Kalau mobil baru, apakah perlu ganti oli CVT dan gardan setelah pemakaian 1000 km? Seperti oli mesin...
Personal choice aja.

klo saya ganti di 5-7rb km
/ pas ganti oli mesin ke-2

Di 1500 km: ganti olmes + filter oli
Di 5-7rb km: ganti olmes + filter oli + oli CVT (klo ada gardan ya sekalian)
siap Om, makasih sarannya. :big_deal:
iyah jd klo mobil dijual lagi,
yg beli happy, kondisi internal mesin dan girboks prima, dan nerima berkah nya juga

body lecet ya bisa dimulusin gampang tinggal bayar :big_peace: :ngacir:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri