Konsumsi bbm Raize 1.0 Turbo berapa km/l dan 1 bar berapa liter?

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Venturtle
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2152
Joined: Wed Jan 25, 2017 9:12

Konsumsi bbm Raize 1.0 Turbo berapa km/l dan 1 bar berapa liter?

Post by Venturtle »

Selamat malam, rekan rekan SM-ers :mky_01:
Semoga selalu diberikan keselamatan dimanapun berada :big_smile]
Izin bertanya tentang berapa konsumsi bbm Raize 1.0 Turbo dan indikator bbm nya kan 8 bar.. nah, 1 bar nya berapa liter ya? Karena kadang ga bisa langsung pakai 36 liter bagi 8.. karena ketika di E, masih ada sisa beberapa liter..
Terima kasih sebelumnya bagi yang mau bantu menjawab :big_smile] :big_deal:
Apa yang paling berharga bagiku?
Peace of mind.
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2357
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: Konsumsi bbm Raize 1.0 Turbo berapa km/l dan 1 bar berapa liter?

Post by darrelund »

klo di pelos kyknya kurleb 5-10 liter
ariswp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 594
Joined: Mon Dec 19, 2016 8:39

Re: Konsumsi bbm Raize 1.0 Turbo berapa km/l dan 1 bar berapa liter?

Post by ariswp »

Titip pertamyaan juga
Untuk raize 1.0T top speednya apa uda ada yg nyoba di tol?
Ini kok saya sepertinya susah ya naik ke 170
Klo dari 60-140nya kenceng ini turbonya engga kaleng2
Present
R20A 5AT 08 / Aspira Oil SN 0w20 / Mobil ATF Dexron VI
R18Z CVT 17 / Mobil Super SP 0w20 / HCF2
L12B CVT 17 / Shell Helix Eco Plus 0w20 / Shell CVT X

Past
G15B 5MT 00
K20A 5MT 03
J20A 5MT 08
kenop
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1296
Joined: Mon Aug 24, 2015 5:06

Re: Konsumsi bbm Raize 1.0 Turbo berapa km/l dan 1 bar berapa liter?

Post by kenop »

ariswp wrote: Tue Sep 10, 2024 4:19 Titip pertamyaan juga
Untuk raize 1.0T top speednya apa uda ada yg nyoba di tol?
Ini kok saya sepertinya susah ya naik ke 170
Klo dari 60-140nya kenceng ini turbonya engga kaleng2
Di yutub sih ada yg post bs masuk 190an kl turunan
Kl di jalan rata 185an gt

Tp sy salut ini sm yg nyetir, berani banget bawa raize/rocky sampe speed segitu
User avatar
alvin23
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2046
Joined: Mon Jan 01, 2007 2:58
Location: CGK-BDO-JOG

Re: Konsumsi bbm Raize 1.0 Turbo berapa km/l dan 1 bar berapa liter?

Post by alvin23 »

Venturtle wrote: Fri Sep 06, 2024 14:14 Selamat malam, rekan rekan SM-ers :mky_01:
Semoga selalu diberikan keselamatan dimanapun berada :big_smile]
Izin bertanya tentang berapa konsumsi bbm Raize 1.0 Turbo dan indikator bbm nya kan 8 bar.. nah, 1 bar nya berapa liter ya? Karena kadang ga bisa langsung pakai 36 liter bagi 8.. karena ketika di E, masih ada sisa beberapa liter..
Terima kasih sebelumnya bagi yang mau bantu menjawab :big_smile] :big_deal:
Tangki 35 + cadangan kayaknya sekitar 3 liter pak, 1 bar gabisa jadi patokan sih krn biasanya turun dari 1/2 ke E itu lbh cepet daripada full ke 1/2 kl di speedo
Rocky R ADS CVT 2021
Venturtle
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2152
Joined: Wed Jan 25, 2017 9:12

Re: Konsumsi bbm Raize 1.0 Turbo berapa km/l dan 1 bar berapa liter?

Post by Venturtle »

alvin23 wrote: Tue Sep 10, 2024 7:30
Venturtle wrote: Fri Sep 06, 2024 14:14 Selamat malam, rekan rekan SM-ers :mky_01:
Semoga selalu diberikan keselamatan dimanapun berada :big_smile]
Izin bertanya tentang berapa konsumsi bbm Raize 1.0 Turbo dan indikator bbm nya kan 8 bar.. nah, 1 bar nya berapa liter ya? Karena kadang ga bisa langsung pakai 36 liter bagi 8.. karena ketika di E, masih ada sisa beberapa liter..
Terima kasih sebelumnya bagi yang mau bantu menjawab :big_smile] :big_deal:
Tangki 35 + cadangan kayaknya sekitar 3 liter pak, 1 bar gabisa jadi patokan sih krn biasanya turun dari 1/2 ke E itu lbh cepet daripada full ke 1/2 kl di speedo
Oh ya, Raize dari D ke N memang nyentak ya, om? dan kalau mundur remnya agak getar? :mky_01:
Apa yang paling berharga bagiku?
Peace of mind.
sonsa
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 25
Joined: Tue Feb 14, 2017 14:20
Location: malang
Daily Vehicle: Brio

Re: Konsumsi bbm Raize 1.0 Turbo berapa km/l dan 1 bar berapa liter?

Post by sonsa »

Saya Pengguna Raize 1.0 Turbo keluaran Bacth awal Tahun 2021.

Untuk konsumsi BBM dalam kota di Malang , kl pagi kondisi antar anak ke sekolah 75% macet merayap bisa 1:12-13
Kl pas malam lancar bisa di 1:15 1:16
Luar kota ke SBY full tol 1:22 (kecepatan max 120 km/h saja hehe)
Tapi tidak berlaku untuk arah sebalik nya dari arah Surabaya ke Malang yg cenderung nanjak , di kecepatan yg kurang lebih sama cuma dapat 1:16an

Mobil ini di tol kl jalan di kecepatan lebih dari 130 Km/h rasa nya jauh lebih boros dari mobil N/A 1500cc :big_bored:

Top Speed sementara pernah kecepatan 180Km di tol, tapi ampun sudah goyang kanan kiri.. Kl masih standart , diatas 150km ga rekomen..
Bahaya :mky_01: Uda agak liar stering nya
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1760
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Konsumsi bbm Raize 1.0 Turbo berapa km/l dan 1 bar berapa liter?

Post by MSU »

ariswp wrote: Tue Sep 10, 2024 4:19 Titip pertamyaan juga
Untuk raize 1.0T top speednya apa uda ada yg nyoba di tol?
Ini kok saya sepertinya susah ya naik ke 170
Klo dari 60-140nya kenceng ini turbonya engga kaleng2
kalo misal settingan suspensi = versi 1.2
ngeri banget dibawa 140 om...kena speed trap aja pantat mobil udh geal geol...kayak terlalu empuk suspensi belakangnya

tp minggu lalu sy liat YT...ada yg review rocky turbo...infonya menurut ybs berasa beda feel suspensinya vs raize 1.2...ditekuk lebih nurut padahal pake ban eco2
User avatar
peterming77
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 726
Joined: Tue Mar 08, 2022 7:25
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Corolla Cross Hybrid

Re: Konsumsi bbm Raize 1.0 Turbo berapa km/l dan 1 bar berapa liter?

Post by peterming77 »

ariswp wrote: Tue Sep 10, 2024 4:19 Titip pertamyaan juga
Untuk raize 1.0T top speednya apa uda ada yg nyoba di tol?
Ini kok saya sepertinya susah ya naik ke 170
Klo dari 60-140nya kenceng ini turbonya engga kaleng2
.... team yg kalo jarum sudah 140kph sudah dagdigdugder padahal mobilnya masih anteng :ungg: :big_biglaugh: :big_biglaugh:
Venturtle
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2152
Joined: Wed Jan 25, 2017 9:12

Re: Konsumsi bbm Raize 1.0 Turbo berapa km/l dan 1 bar berapa liter?

Post by Venturtle »

sonsa wrote: Tue Sep 10, 2024 7:52 Saya Pengguna Raize 1.0 Turbo keluaran Bacth awal Tahun 2021.

Untuk konsumsi BBM dalam kota di Malang , kl pagi kondisi antar anak ke sekolah 75% macet merayap bisa 1:12-13
Kl pas malam lancar bisa di 1:15 1:16
Luar kota ke SBY full tol 1:22 (kecepatan max 120 km/h saja hehe)
Tapi tidak berlaku untuk arah sebalik nya dari arah Surabaya ke Malang yg cenderung nanjak , di kecepatan yg kurang lebih sama cuma dapat 1:16an

Mobil ini di tol kl jalan di kecepatan lebih dari 130 Km/h rasa nya jauh lebih boros dari mobil N/A 1500cc :big_bored:

Top Speed sementara pernah kecepatan 180Km di tol, tapi ampun sudah goyang kanan kiri.. Kl masih standart , diatas 150km ga rekomen..
Bahaya :mky_01: Uda agak liar stering nya
dari D ke N memang agak nyentak ya, om? :mky_01:
dan pas mundur, apakah remnya agak getar? :mky_01:
Apa yang paling berharga bagiku?
Peace of mind.
User avatar
alvin23
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2046
Joined: Mon Jan 01, 2007 2:58
Location: CGK-BDO-JOG

Re: Konsumsi bbm Raize 1.0 Turbo berapa km/l dan 1 bar berapa liter?

Post by alvin23 »

Venturtle wrote: Tue Sep 10, 2024 7:38
alvin23 wrote: Tue Sep 10, 2024 7:30
Venturtle wrote: Fri Sep 06, 2024 14:14 Selamat malam, rekan rekan SM-ers :mky_01:
Semoga selalu diberikan keselamatan dimanapun berada :big_smile]
Izin bertanya tentang berapa konsumsi bbm Raize 1.0 Turbo dan indikator bbm nya kan 8 bar.. nah, 1 bar nya berapa liter ya? Karena kadang ga bisa langsung pakai 36 liter bagi 8.. karena ketika di E, masih ada sisa beberapa liter..
Terima kasih sebelumnya bagi yang mau bantu menjawab :big_smile] :big_deal:
Tangki 35 + cadangan kayaknya sekitar 3 liter pak, 1 bar gabisa jadi patokan sih krn biasanya turun dari 1/2 ke E itu lbh cepet daripada full ke 1/2 kl di speedo
Oh ya, Raize dari D ke N memang nyentak ya, om? dan kalau mundur remnya agak getar? :mky_01:
Gak ngerasa si om
Rocky R ADS CVT 2021
Venturtle
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2152
Joined: Wed Jan 25, 2017 9:12

Re: Konsumsi bbm Raize 1.0 Turbo berapa km/l dan 1 bar berapa liter?

Post by Venturtle »

alvin23 wrote: Tue Sep 10, 2024 14:49
Venturtle wrote: Tue Sep 10, 2024 7:38
alvin23 wrote: Tue Sep 10, 2024 7:30

Tangki 35 + cadangan kayaknya sekitar 3 liter pak, 1 bar gabisa jadi patokan sih krn biasanya turun dari 1/2 ke E itu lbh cepet daripada full ke 1/2 kl di speedo
Oh ya, Raize dari D ke N memang nyentak ya, om? dan kalau mundur remnya agak getar? :mky_01:
Gak ngerasa si om
Herannya dari D ke N nyentak tapi N ke D aman, om :big_childish:
Apa yang paling berharga bagiku?
Peace of mind.
Chr1stm1
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 661
Joined: Wed Apr 21, 2021 9:07
Location: Bandung & Jakarta
Daily Vehicle: AN Veloz 2022 AN Rush 2018 K3VE 2012 Confero S ACT 2020 Mazda CX3

Re: Konsumsi bbm Raize 1.0 Turbo berapa km/l dan 1 bar berapa liter?

Post by Chr1stm1 »

Venturtle wrote: Tue Sep 10, 2024 17:36
alvin23 wrote: Tue Sep 10, 2024 14:49
Venturtle wrote: Tue Sep 10, 2024 7:38
Oh ya, Raize dari D ke N memang nyentak ya, om? dan kalau mundur remnya agak getar? :mky_01:
Gak ngerasa si om
Herannya dari D ke N nyentak tapi N ke D aman, om :big_childish:
Nornmal, kayaknya karakter DCVT, itu sy rasakan juga di AN Veloz..mungkin ga semua user kritis kayak si Om, jadi ga kerasa
Tapi kalo rem seh gak getar
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2357
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: Konsumsi bbm Raize 1.0 Turbo berapa km/l dan 1 bar berapa liter?

Post by darrelund »

Chr1stm1 wrote: Wed Sep 11, 2024 1:24 Nornmal, kayaknya karakter DCVT, itu sy rasakan juga di AN Veloz..mungkin ga semua user kritis kayak si Om, jadi ga kerasa
Tapi kalo rem seh gak getar
sama koq di oe jg gitu

soalnya klo gas tanggung pas mundur gtu, rpm nya dibawah 1000

kirain ada fitur anti nubruk, baru inget klo oe gak ada TSS :big_biglaugh:
sonsa
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 25
Joined: Tue Feb 14, 2017 14:20
Location: malang
Daily Vehicle: Brio

Re: Konsumsi bbm Raize 1.0 Turbo berapa km/l dan 1 bar berapa liter?

Post by sonsa »

Venturtle wrote: Tue Sep 10, 2024 9:55
sonsa wrote: Tue Sep 10, 2024 7:52 Saya Pengguna Raize 1.0 Turbo keluaran Bacth awal Tahun 2021.

Untuk konsumsi BBM dalam kota di Malang , kl pagi kondisi antar anak ke sekolah 75% macet merayap bisa 1:12-13
Kl pas malam lancar bisa di 1:15 1:16
Luar kota ke SBY full tol 1:22 (kecepatan max 120 km/h saja hehe)
Tapi tidak berlaku untuk arah sebalik nya dari arah Surabaya ke Malang yg cenderung nanjak , di kecepatan yg kurang lebih sama cuma dapat 1:16an

Mobil ini di tol kl jalan di kecepatan lebih dari 130 Km/h rasa nya jauh lebih boros dari mobil N/A 1500cc :big_bored:

Top Speed sementara pernah kecepatan 180Km di tol, tapi ampun sudah goyang kanan kiri.. Kl masih standart , diatas 150km ga rekomen..
Bahaya :mky_01: Uda agak liar stering nya
dari D ke N memang agak nyentak ya, om? :mky_01:
dan pas mundur, apakah remnya agak getar? :mky_01:
DAri D ke N iya agak nyentak.. Kl dari N ke D aman..
kl mundur , di raize sy tidak getar rem nya, tp bunyi kayak rem kotor.. padahal baru dibersihkan :big_childish:
sonsa
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 25
Joined: Tue Feb 14, 2017 14:20
Location: malang
Daily Vehicle: Brio

Re: Konsumsi bbm Raize 1.0 Turbo berapa km/l dan 1 bar berapa liter?

Post by sonsa »

MSU wrote: Tue Sep 10, 2024 8:16
ariswp wrote: Tue Sep 10, 2024 4:19 Titip pertamyaan juga
Untuk raize 1.0T top speednya apa uda ada yg nyoba di tol?
Ini kok saya sepertinya susah ya naik ke 170
Klo dari 60-140nya kenceng ini turbonya engga kaleng2
kalo misal settingan suspensi = versi 1.2
ngeri banget dibawa 140 om...kena speed trap aja pantat mobil udh geal geol...kayak terlalu empuk suspensi belakangnya

tp minggu lalu sy liat YT...ada yg review rocky turbo...infonya menurut ybs berasa beda feel suspensinya vs raize 1.2...ditekuk lebih nurut padahal pake ban eco2
iya om, untuk versi 1.2 itu velg nya ukuran 16", ban lebih tebel , so jadi lebih empuk daripada yg 1.0 T. efek nya kena speed trap yg agak tebel gitu , pantat belakang mobil geol2..

setau sy yg Rocky 1.2 itu ban nya pake Bridgestone Turanza ya ??
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1760
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Konsumsi bbm Raize 1.0 Turbo berapa km/l dan 1 bar berapa liter?

Post by MSU »

sonsa wrote: Fri Sep 13, 2024 1:06
MSU wrote: Tue Sep 10, 2024 8:16
ariswp wrote: Tue Sep 10, 2024 4:19 Titip pertamyaan juga
Untuk raize 1.0T top speednya apa uda ada yg nyoba di tol?
Ini kok saya sepertinya susah ya naik ke 170
Klo dari 60-140nya kenceng ini turbonya engga kaleng2
kalo misal settingan suspensi = versi 1.2
ngeri banget dibawa 140 om...kena speed trap aja pantat mobil udh geal geol...kayak terlalu empuk suspensi belakangnya

tp minggu lalu sy liat YT...ada yg review rocky turbo...infonya menurut ybs berasa beda feel suspensinya vs raize 1.2...ditekuk lebih nurut padahal pake ban eco2
iya om, untuk versi 1.2 itu velg nya ukuran 16", ban lebih tebel , so jadi lebih empuk daripada yg 1.0 T. efek nya kena speed trap yg agak tebel gitu , pantat belakang mobil geol2..

setau sy yg Rocky 1.2 itu ban nya pake Bridgestone Turanza ya ??
Betul turanza om...ban udh bagus cuma suspensi kurang mantap sedikit
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2357
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: Konsumsi bbm Raize 1.0 Turbo berapa km/l dan 1 bar berapa liter?

Post by darrelund »

sonsa wrote: Tue Sep 10, 2024 7:52 Top Speed sementara pernah kecepatan 180Km di tol, tapi ampun sudah goyang kanan kiri.. Kl masih standart , diatas 150km ga rekomen..
Bahaya :mky_01: Uda agak liar stering nya
klo bebicara stabil di pelos

yg bikin kurang sip itu klo hi speed, stir pas on-center feelnya kurang mantep, jadi rasanya mobil ngebuang sana sini. entah kebates ama hardware EPS nya ato gmn

cuma klo ud puter agak banyak, ttp seperti EPS pada umumnya (speed proporsional sama berat)

dan emg kayaknya steeringnya di tune rasionya agak cepet, biar kerasa gesit mobilnya

tapi ya itu, transisi antara ringan-beratnya kurang linier

mungkin nyesuaiin ama konsumen yg suka stir ringan, klo oe siy pengennya lebi berat dikit ama suspensi dikerasin dikit biar makin confident bawanya

ni dari kmrn aja bawa mentok 110, ud agak floaty gitu depannya, serem :big_biglaugh:

entah di DNGA lain gmn

tp skrg lagi penasaran soal ganti velg GR86/BRZ sama pasang strut bar& bracing, kira" bisa improve feel nya ga tuh :big_biglaugh:

dan oe rasa DNGA ini emg dedesain buat mobil segmen A-B, max seukuran raije. buat di melarin ke afansa/pelos ud di limit sasisnya
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4245
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Konsumsi bbm Raize 1.0 Turbo berapa km/l dan 1 bar berapa liter?

Post by kunaskun »

darrelund wrote: Fri Sep 13, 2024 4:36
sonsa wrote: Tue Sep 10, 2024 7:52 Top Speed sementara pernah kecepatan 180Km di tol, tapi ampun sudah goyang kanan kiri.. Kl masih standart , diatas 150km ga rekomen..
Bahaya :mky_01: Uda agak liar stering nya
klo bebicara stabil di pelos

yg bikin kurang sip itu klo hi speed, stir pas on-center feelnya kurang mantep, jadi rasanya mobil ngebuang sana sini. entah kebates ama hardware EPS nya ato gmn

cuma klo ud puter agak banyak, ttp seperti EPS pada umumnya (speed proporsional sama berat)

dan emg kayaknya steeringnya di tune rasionya agak cepet, biar kerasa gesit mobilnya

tapi ya itu, transisi antara ringan-beratnya kurang linier

mungkin nyesuaiin ama konsumen yg suka stir ringan, klo oe siy pengennya lebi berat dikit ama suspensi dikerasin dikit biar makin confident bawanya

ni dari kmrn aja bawa mentok 110, ud agak floaty gitu depannya, serem :big_biglaugh:

entah di DNGA lain gmn

tp skrg lagi penasaran soal ganti velg GR86/BRZ sama pasang strut bar& bracing, kira" bisa improve feel nya ga tuh :big_biglaugh:

dan oe rasa DNGA ini emg dedesain buat mobil segmen A-B, max seukuran raije. buat di melarin ke afansa/pelos ud di limit sasisnya
kalau menurut saya bukan faktor segmen, tapi faktor material yang serba "value" jadilah ga bisa solid dipake di jalan. padahal kalau lurus doang ga manuver ini mobil convincing enough, tapi bantingannya emang belum ada obatnya terutama untuk bagian belakang, ganti per Jamex jauh lebih masuk akal, roda belakang berasa mau ngikut jalan, nah yang jadi PR itu sokbreker asli yang karakternya males, dibilang mati ngga, dibilang bekerja ngga. mungkin ngejar rasa "empuk". buat manuver low speed setuju itu steering dibikin responsif, kecepatan 60 kph EPS mati masih relatif stabil.

giliran high speed di toll, karena suspensi belakang ngayun2 males malah bikin berat mobil seperti condong ke depan, jadilah rasanya ban depan floaty.

nah sokbreker belakang ini kalau googling, baca2 fb grup sana sini, belum ada solusi yang meyakinkan dan fix. apalagi karakter pemiliknya di sgemen harga segini biasanya 1st car owner dan bukan enthusiasts jadi belum ada info paten. yg paling meyakinkan sepertinya sokbreker yaris bakpao tapi harus ganti baut dudukan bawah lebih besar, menarik karena dulu kan yaris bakpao ada yang versi suspensi tuned by TRD beneran :big_grin:

DNGA ini keroyokan 3 negara: jepang, malaysia dan Indonesia. ketiganya karakternya beda2, curiga saya si spek material jepang jelas beda, malaysia pun sepertinya beda, apalagi Indo. belum soal setting suspensi buat raize rocky yg beda2 juga.
kenop
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1296
Joined: Mon Aug 24, 2015 5:06

Re: Konsumsi bbm Raize 1.0 Turbo berapa km/l dan 1 bar berapa liter?

Post by kenop »

kunaskun wrote: Fri Sep 13, 2024 5:29
darrelund wrote: Fri Sep 13, 2024 4:36
sonsa wrote: Tue Sep 10, 2024 7:52 Top Speed sementara pernah kecepatan 180Km di tol, tapi ampun sudah goyang kanan kiri.. Kl masih standart , diatas 150km ga rekomen..
Bahaya :mky_01: Uda agak liar stering nya
klo bebicara stabil di pelos

yg bikin kurang sip itu klo hi speed, stir pas on-center feelnya kurang mantep, jadi rasanya mobil ngebuang sana sini. entah kebates ama hardware EPS nya ato gmn

cuma klo ud puter agak banyak, ttp seperti EPS pada umumnya (speed proporsional sama berat)

dan emg kayaknya steeringnya di tune rasionya agak cepet, biar kerasa gesit mobilnya

tapi ya itu, transisi antara ringan-beratnya kurang linier

mungkin nyesuaiin ama konsumen yg suka stir ringan, klo oe siy pengennya lebi berat dikit ama suspensi dikerasin dikit biar makin confident bawanya

ni dari kmrn aja bawa mentok 110, ud agak floaty gitu depannya, serem :big_biglaugh:

entah di DNGA lain gmn

tp skrg lagi penasaran soal ganti velg GR86/BRZ sama pasang strut bar& bracing, kira" bisa improve feel nya ga tuh :big_biglaugh:

dan oe rasa DNGA ini emg dedesain buat mobil segmen A-B, max seukuran raije. buat di melarin ke afansa/pelos ud di limit sasisnya
kalau menurut saya bukan faktor segmen, tapi faktor material yang serba "value" jadilah ga bisa solid dipake di jalan. padahal kalau lurus doang ga manuver ini mobil convincing enough, tapi bantingannya emang belum ada obatnya terutama untuk bagian belakang, ganti per Jamex jauh lebih masuk akal, roda belakang berasa mau ngikut jalan, nah yang jadi PR itu sokbreker asli yang karakternya males, dibilang mati ngga, dibilang bekerja ngga. mungkin ngejar rasa "empuk". buat manuver low speed setuju itu steering dibikin responsif, kecepatan 60 kph EPS mati masih relatif stabil.

giliran high speed di toll, karena suspensi belakang ngayun2 males malah bikin berat mobil seperti condong ke depan, jadilah rasanya ban depan floaty.

nah sokbreker belakang ini kalau googling, baca2 fb grup sana sini, belum ada solusi yang meyakinkan dan fix. apalagi karakter pemiliknya di sgemen harga segini biasanya 1st car owner dan bukan enthusiasts jadi belum ada info paten. yg paling meyakinkan sepertinya sokbreker yaris bakpao tapi harus ganti baut dudukan bawah lebih besar, menarik karena dulu kan yaris bakpao ada yang versi suspensi tuned by TRD beneran :big_grin:

DNGA ini keroyokan 3 negara: jepang, malaysia dan Indonesia. ketiganya karakternya beda2, curiga saya si spek material jepang jelas beda, malaysia pun sepertinya beda, apalagi Indo. belum soal setting suspensi buat raize rocky yg beda2 juga.
Jalannya ngaruh jg kayaknya, blm lama ini coba saudara DNGA lain vios dan avanza di malaysia

Kok ngga gedubrakan dan dihajar di tol 140 km/h msh nempel (ngga ajrut2an), trs ini lg pake veloz ke bandung kok beda ya rasanya, ngga mgkn beda setting kayaknya sih ya, jd menurut ane kualitas jalannya beda wkwk
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2357
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: Konsumsi bbm Raize 1.0 Turbo berapa km/l dan 1 bar berapa liter?

Post by darrelund »

kenop wrote: Fri Sep 13, 2024 5:53
Jalannya ngaruh jg kayaknya, blm lama ini coba saudara DNGA lain vios dan avanza di malaysia

Kok ngga gedubrakan dan dihajar di tol 140 km/h msh nempel (ngga ajrut2an), trs ini lg pake veloz ke bandung kok beda ya rasanya, ngga mgkn beda setting kayaknya sih ya, jd menurut ane kualitas jalannya beda wkwk
mungkin juga tuningannya beda mbah

pasti di tune buat jalanan sana yg emang rata" ngebut
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2357
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: Konsumsi bbm Raize 1.0 Turbo berapa km/l dan 1 bar berapa liter?

Post by darrelund »

kunaskun wrote: Fri Sep 13, 2024 5:29
kalau menurut saya bukan faktor segmen, tapi faktor material yang serba "value" jadilah ga bisa solid dipake di jalan. padahal kalau lurus doang ga manuver ini mobil convincing enough, tapi bantingannya emang belum ada obatnya terutama untuk bagian belakang, ganti per Jamex jauh lebih masuk akal, roda belakang berasa mau ngikut jalan, nah yang jadi PR itu sokbreker asli yang karakternya males, dibilang mati ngga, dibilang bekerja ngga. mungkin ngejar rasa "empuk". buat manuver low speed setuju itu steering dibikin responsif, kecepatan 60 kph EPS mati masih relatif stabil.

giliran high speed di toll, karena suspensi belakang ngayun2 males malah bikin berat mobil seperti condong ke depan, jadilah rasanya ban depan floaty.

nah sokbreker belakang ini kalau googling, baca2 fb grup sana sini, belum ada solusi yang meyakinkan dan fix. apalagi karakter pemiliknya di sgemen harga segini biasanya 1st car owner dan bukan enthusiasts jadi belum ada info paten. yg paling meyakinkan sepertinya sokbreker yaris bakpao tapi harus ganti baut dudukan bawah lebih besar, menarik karena dulu kan yaris bakpao ada yang versi suspensi tuned by TRD beneran :big_grin:

DNGA ini keroyokan 3 negara: jepang, malaysia dan Indonesia. ketiganya karakternya beda2, curiga saya si spek material jepang jelas beda, malaysia pun sepertinya beda, apalagi Indo. belum soal setting suspensi buat raize rocky yg beda2 juga.
nah itu mbah, mungkin dengan material "value" tsb emang optimal/ maksimalnya di mobil ukuran kei & raize, klo dimelarin sampe veloz ud keburu letoy sasisnya, dilimit ama material besi :big_biglaugh:

entah yaris cross itu gimana, scr velg 18 tapi ya lebi pendek jauh dibanding veloz/avanza

klo urusan sokbreker oe setuju, ni mobil emang agak" tuningannya. empuk banget juga ya engga, tapi ga kerasa bisa nahan badannya ndiri apalagi 80kmh++. empuk juga ya kebantu ama jok nya jg siy yang lumayan oke

kaki" veloz oe ud gladak gluduk padahal odo baru 1800, sempet komplen walo ama mekanik dikencengin lagi baut"nya, ttp gluduk dan berakhir dgn "emang sokbrekernya begini pak"

klo mau compare ama masda 300jtan juga (maap ga apple to apple), baru gejala gluduk" itu di odo 30-40rb, parah di odo 50-60rb.

dan setuju juga, mungkin ini ga problem karna demografinya jg bukan enthusiast. kadang jadi mikir ndiri "apa oe yg over critical?"

bebicara kaki" & sasis, ini veloz sama raize rocky gitu mounting & hard pointsnya sama plek ga siy? soalnya klo buka kap mesin, liat bulkhead depan siy emg raize, veloz cuma nambahin apron buat exterior tok. siapa tau bisa silang parts aftermarket....

tapi so far, terlepas dari minus nya. ni mobil emang bikin tenang pikiran siy, ac dingin juga :big_biglaugh:
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11995
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Konsumsi bbm Raize 1.0 Turbo berapa km/l dan 1 bar berapa liter?

Post by Suryaputra »

darrelund wrote: Sun Sep 15, 2024 14:31
kunaskun wrote: Fri Sep 13, 2024 5:29
kalau menurut saya bukan faktor segmen, tapi faktor material yang serba "value" jadilah ga bisa solid dipake di jalan. padahal kalau lurus doang ga manuver ini mobil convincing enough, tapi bantingannya emang belum ada obatnya terutama untuk bagian belakang, ganti per Jamex jauh lebih masuk akal, roda belakang berasa mau ngikut jalan, nah yang jadi PR itu sokbreker asli yang karakternya males, dibilang mati ngga, dibilang bekerja ngga. mungkin ngejar rasa "empuk". buat manuver low speed setuju itu steering dibikin responsif, kecepatan 60 kph EPS mati masih relatif stabil.

giliran high speed di toll, karena suspensi belakang ngayun2 males malah bikin berat mobil seperti condong ke depan, jadilah rasanya ban depan floaty.

nah sokbreker belakang ini kalau googling, baca2 fb grup sana sini, belum ada solusi yang meyakinkan dan fix. apalagi karakter pemiliknya di sgemen harga segini biasanya 1st car owner dan bukan enthusiasts jadi belum ada info paten. yg paling meyakinkan sepertinya sokbreker yaris bakpao tapi harus ganti baut dudukan bawah lebih besar, menarik karena dulu kan yaris bakpao ada yang versi suspensi tuned by TRD beneran :big_grin:

DNGA ini keroyokan 3 negara: jepang, malaysia dan Indonesia. ketiganya karakternya beda2, curiga saya si spek material jepang jelas beda, malaysia pun sepertinya beda, apalagi Indo. belum soal setting suspensi buat raize rocky yg beda2 juga.
nah itu mbah, mungkin dengan material "value" tsb emang optimal/ maksimalnya di mobil ukuran kei & raize, klo dimelarin sampe veloz ud keburu letoy sasisnya, dilimit ama material besi :big_biglaugh:

entah yaris cross itu gimana, scr velg 18 tapi ya lebi pendek jauh dibanding veloz/avanza

klo urusan sokbreker oe setuju, ni mobil emang agak" tuningannya. empuk banget juga ya engga, tapi ga kerasa bisa nahan badannya ndiri apalagi 80kmh++. empuk juga ya kebantu ama jok nya jg siy yang lumayan oke

kaki" veloz oe ud gladak gluduk padahal odo baru 1800, sempet komplen walo ama mekanik dikencengin lagi baut"nya, ttp gluduk dan berakhir dgn "emang sokbrekernya begini pak"

klo mau compare ama masda 300jtan juga (maap ga apple to apple), baru gejala gluduk" itu di odo 30-40rb, parah di odo 50-60rb.

dan setuju juga, mungkin ini ga problem karna demografinya jg bukan enthusiast. kadang jadi mikir ndiri "apa oe yg over critical?"

bebicara kaki" & sasis, ini veloz sama raize rocky gitu mounting & hard pointsnya sama plek ga siy? soalnya klo buka kap mesin, liat bulkhead depan siy emg raize, veloz cuma nambahin apron buat exterior tok. siapa tau bisa silang parts aftermarket....

tapi so far, terlepas dari minus nya. ni mobil emang bikin tenang pikiran siy, ac dingin juga :big_biglaugh:
Wkwkkw
Welcome to monokok fwd :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1760
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Konsumsi bbm Raize 1.0 Turbo berapa km/l dan 1 bar berapa liter?

Post by MSU »

kunaskun wrote: Fri Sep 13, 2024 5:29
darrelund wrote: Fri Sep 13, 2024 4:36
sonsa wrote: Tue Sep 10, 2024 7:52 Top Speed sementara pernah kecepatan 180Km di tol, tapi ampun sudah goyang kanan kiri.. Kl masih standart , diatas 150km ga rekomen..
Bahaya :mky_01: Uda agak liar stering nya
klo bebicara stabil di pelos

yg bikin kurang sip itu klo hi speed, stir pas on-center feelnya kurang mantep, jadi rasanya mobil ngebuang sana sini. entah kebates ama hardware EPS nya ato gmn

cuma klo ud puter agak banyak, ttp seperti EPS pada umumnya (speed proporsional sama berat)

dan emg kayaknya steeringnya di tune rasionya agak cepet, biar kerasa gesit mobilnya

tapi ya itu, transisi antara ringan-beratnya kurang linier

mungkin nyesuaiin ama konsumen yg suka stir ringan, klo oe siy pengennya lebi berat dikit ama suspensi dikerasin dikit biar makin confident bawanya

ni dari kmrn aja bawa mentok 110, ud agak floaty gitu depannya, serem :big_biglaugh:

entah di DNGA lain gmn

tp skrg lagi penasaran soal ganti velg GR86/BRZ sama pasang strut bar& bracing, kira" bisa improve feel nya ga tuh :big_biglaugh:

dan oe rasa DNGA ini emg dedesain buat mobil segmen A-B, max seukuran raije. buat di melarin ke afansa/pelos ud di limit sasisnya
kalau menurut saya bukan faktor segmen, tapi faktor material yang serba "value" jadilah ga bisa solid dipake di jalan. padahal kalau lurus doang ga manuver ini mobil convincing enough, tapi bantingannya emang belum ada obatnya terutama untuk bagian belakang, ganti per Jamex jauh lebih masuk akal, roda belakang berasa mau ngikut jalan, nah yang jadi PR itu sokbreker asli yang karakternya males, dibilang mati ngga, dibilang bekerja ngga. mungkin ngejar rasa "empuk". buat manuver low speed setuju itu steering dibikin responsif, kecepatan 60 kph EPS mati masih relatif stabil.

giliran high speed di toll, karena suspensi belakang ngayun2 males malah bikin berat mobil seperti condong ke depan, jadilah rasanya ban depan floaty.

nah sokbreker belakang ini kalau googling, baca2 fb grup sana sini, belum ada solusi yang meyakinkan dan fix. apalagi karakter pemiliknya di sgemen harga segini biasanya 1st car owner dan bukan enthusiasts jadi belum ada info paten. yg paling meyakinkan sepertinya sokbreker yaris bakpao tapi harus ganti baut dudukan bawah lebih besar, menarik karena dulu kan yaris bakpao ada yang versi suspensi tuned by TRD beneran :big_grin:

DNGA ini keroyokan 3 negara: jepang, malaysia dan Indonesia. ketiganya karakternya beda2, curiga saya si spek material jepang jelas beda, malaysia pun sepertinya beda, apalagi Indo. belum soal setting suspensi buat raize rocky yg beda2 juga.
Nah kalo liat dnga avanza xenia di malay....lupa nama lokalnya...kl ga salah perodua...perasaan lebih ceper drpd versi indo....ya ada kemungkinan di tune lg custom sesuai negara..tapi malah jadi kurang bener
kenop
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1296
Joined: Mon Aug 24, 2015 5:06

Re: Konsumsi bbm Raize 1.0 Turbo berapa km/l dan 1 bar berapa liter?

Post by kenop »

darrelund wrote: Sun Sep 15, 2024 14:31

nah itu mbah, mungkin dengan material "value" tsb emang optimal/ maksimalnya di mobil ukuran kei & raize, klo dimelarin sampe veloz ud keburu letoy sasisnya, dilimit ama material besi :big_biglaugh:

entah yaris cross itu gimana, scr velg 18 tapi ya lebi pendek jauh dibanding veloz/avanza

klo urusan sokbreker oe setuju, ni mobil emang agak" tuningannya. empuk banget juga ya engga, tapi ga kerasa bisa nahan badannya ndiri apalagi 80kmh++. empuk juga ya kebantu ama jok nya jg siy yang lumayan oke

kaki" veloz oe ud gladak gluduk padahal odo baru 1800, sempet komplen walo ama mekanik dikencengin lagi baut"nya, ttp gluduk dan berakhir dgn "emang sokbrekernya begini pak"

klo mau compare ama masda 300jtan juga (maap ga apple to apple), baru gejala gluduk" itu di odo 30-40rb, parah di odo 50-60rb.

dan setuju juga, mungkin ini ga problem karna demografinya jg bukan enthusiast. kadang jadi mikir ndiri "apa oe yg over critical?"

bebicara kaki" & sasis, ini veloz sama raize rocky gitu mounting & hard pointsnya sama plek ga siy? soalnya klo buka kap mesin, liat bulkhead depan siy emg raize, veloz cuma nambahin apron buat exterior tok. siapa tau bisa silang parts aftermarket....

tapi so far, terlepas dari minus nya. ni mobil emang bikin tenang pikiran siy, ac dingin juga :big_biglaugh:
Yarcross ane odo 12 rb jg uda agak gluduk2, malah kmrn rental veloz yg mobil rental berasa lebih mantep kaki2 depannya, odo 3000 sih tp veloz nya

Komplen ke beres pas servis 10rb km, cm dikenceng2in, dan dibilang normal, bingung jg