BRV E CVT vs Stargazer Essential
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 215
- Joined: Wed Jun 15, 2022 9:37
- Daily Vehicle: Mobilio
Re: BRV E CVT vs Stargazer Essential
Vote stargazer..
Pernah cobain stargazer prime 8 hari.
Dapet unit test drive gress KM baru 70km.
Langsung isi Pertamax full.
Untuk konsumsi dalkot Palembang, trip pendek sekitar pp 30-35km, gak begitu kena macet cuma sering kena lampu merah. Dapet 1:11,8. Hari ke 6-7 saya bawa keluar kota jalan lintas non tol 220km, dapet avg 1:18 kecil.
Masalah kekedapan menurut saya lebih kedap stargazer, bantingan suspensi bagi saya dan istri jg lebih enak stargazer.
Exteriornya stargazer aja yg bukan selera seluruh orang.
Tenaga mesin & maticnya jg lebih responsif stargazer, brv berasa minta remap aja itu ecunya. Kek di detune biar aman di kasih minum pertalite
Palingan kalo jd ambil stargazer, ganti ban-nya yg bagusan. Kumh0 bawaannya berasa ampas bener gripnya.
Pernah cobain stargazer prime 8 hari.
Dapet unit test drive gress KM baru 70km.
Langsung isi Pertamax full.
Untuk konsumsi dalkot Palembang, trip pendek sekitar pp 30-35km, gak begitu kena macet cuma sering kena lampu merah. Dapet 1:11,8. Hari ke 6-7 saya bawa keluar kota jalan lintas non tol 220km, dapet avg 1:18 kecil.
Masalah kekedapan menurut saya lebih kedap stargazer, bantingan suspensi bagi saya dan istri jg lebih enak stargazer.
Exteriornya stargazer aja yg bukan selera seluruh orang.
Tenaga mesin & maticnya jg lebih responsif stargazer, brv berasa minta remap aja itu ecunya. Kek di detune biar aman di kasih minum pertalite
Palingan kalo jd ambil stargazer, ganti ban-nya yg bagusan. Kumh0 bawaannya berasa ampas bener gripnya.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1610
- Joined: Sun Mar 21, 2021 23:59
- Location: Indonesia
Re: BRV E CVT vs Stargazer Essential
Congratulations om buat mobil barunya: Stargazer Essentialbatubataapa wrote: ↑Wed Oct 09, 2024 10:19 akhirnya ambil stargazer essential om karena after diskon beda harganya bisa buat beli bensin 4 taun, jadi ga peduli boros mana
terimakasih inputannya ya om semua
Pilihan tepat buat om, karena sejatinya ga ada pilihan yang salah.
SG Essential plusnya spion udah electric retract, remote engine start buat nyalain mesin dari luar, udah ada fog lamp, joknya fabric itu om bukan leather, steer telescopic, laci-laci penyimpanan mayan banyak, bangku tengah kalo dimentokin ke belakang spacenya lega sekali.
cuma pr nya pasang camera mundur om, agar membantu saat parkir.
nyonya mungkin protes karena ga ada cermin vanity mirror
ga ada seatback poket di belakang jok driver dan penumpang depan
belum ada arm rest di jok tengah.
overall siy, it should do the job
share ownership review aja nanti ya om, apalagi kalo sudah dibawa roadtrip
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1338
- Joined: Thu Aug 02, 2018 4:43
- Location: Jakarta
Re: BRV E CVT vs Stargazer Essential
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11139
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: BRV E CVT vs Stargazer Essential
Honda cvt generasi 1 dan 2 itu:krniawnhdr wrote: ↑Thu Oct 10, 2024 2:54pasiennya honda aja yang KM masih kurang dari 100RB banyak om kasusnya..
- dibikin responsif di awal
- performa best in class
Generasi 3 keluaran skrg, sejak City HB dkk
- dibuat lemot di awal
- performa bukan yg terbaik lg krn lbh ditahan oleh tcm nya
Jd itu gen 1 & 2 yg bikin banyak kasus.
Performa dan durability itu bertolak belakang.
Ditambah cvt fluidnya HCF2 itu cocoknya spec buat city car brio non turbo
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- SM Specialist
- Posts: 16239
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: BRV E CVT vs Stargazer Essential
keknya itu H harus bener bener diganti deh HCF2. bener bener curiga kasusnya itu dari HCF2 yang nggak tahan panas. ya abis kemurahan juga masa 350 ribu per gallon padahal aftermarket aja paling murah 600 rebu per gallon dan ampe OCI nya blom selip-selip amat. HCF-2 blom OCI aja udah kasar bener.Suryaputra wrote: ↑Thu Oct 10, 2024 3:02
Honda cvt generasi 1 dan 2 itu:
- dibikin responsif di awal
- performa best in class
Generasi 3 keluaran skrg, sejak City HB dkk
- dibuat lemot di awal
- performa bukan yg terbaik lg krn lbh ditahan oleh tcm nya
Jd itu yg bikin banyak kasus.
Performa dan durability itu bertolak belakang.
Ditambah cvt fluidnya HCF2 itu cocoknya spec buat city car brio non turbo
yang ajaib si CRV turbo, tembus 150 rebu kilometer ya pada nyantai2 aja blom denger kasus jebol. udah pinter itu berarti.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11139
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: BRV E CVT vs Stargazer Essential
Iya spec buat eco and gelinding ajah dan buat mesin yg cc kecilChZ wrote: ↑Thu Oct 10, 2024 3:08keknya itu H harus bener bener diganti deh HCF2. bener bener curiga kasusnya itu dari HCF2 yang nggak tahan panas. ya abis kemurahan juga masa 350 ribu per gallon padahal aftermarket aja paling murah 600 rebu per gallon dan ampe OCI nya blom selip-selip amat. HCF-2 blom OCI aja udah kasar bener.Suryaputra wrote: ↑Thu Oct 10, 2024 3:02
Honda cvt generasi 1 dan 2 itu:
- dibikin responsif di awal
- performa best in class
Generasi 3 keluaran skrg, sejak City HB dkk
- dibuat lemot di awal
- performa bukan yg terbaik lg krn lbh ditahan oleh tcm nya
Jd itu yg bikin banyak kasus.
Performa dan durability itu bertolak belakang.
Ditambah cvt fluidnya HCF2 itu cocoknya spec buat city car brio non turbo
yang ajaib si CRV turbo, tembus 150 rebu kilometer ya pada nyantai2 aja blom denger kasus jebol. udah pinter itu berarti.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- SM Specialist
- Posts: 16239
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: BRV E CVT vs Stargazer Essential
tp sebenernya itu case rontok juga anecdotal. apes aja kali. nggak pernah ada dijelasin gimana si user pakenya, kapan terakhir ganti CVTF.Suryaputra wrote: ↑Thu Oct 10, 2024 4:08
Iya spec buat eco and gelinding ajah dan buat mesin yg cc kecil
soalnya di komen yutub yang sama ya ada juga yang ganti per 20rb dan aman-aman aja sampe 200 rebu juga.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11139
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: BRV E CVT vs Stargazer Essential
iya bnyk variabel why nyaChZ wrote: ↑Thu Oct 10, 2024 4:12tp sebenernya itu case rontok juga anecdotal. apes aja kali. nggak pernah ada dijelasin gimana si user pakenya, kapan terakhir ganti CVTF.Suryaputra wrote: ↑Thu Oct 10, 2024 4:08
Iya spec buat eco and gelinding ajah dan buat mesin yg cc kecil
soalnya di komen yutub yang sama ya ada juga yang ganti per 20rb dan aman-aman aja sampe 200 rebu juga.
cm krn populasi CVT paling banyak di indonesia adalah Honda, ya jd stereotype.
padahal memang scr mekanikal, CVT (bersabuk baja) adalah transmisi buat eco driving
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Visitor
- Posts: 2
- Joined: Tue Jul 13, 2021 9:49
Re: BRV E CVT vs Stargazer Essential
Vote for BRV om, tipikal mobil all-rounder yang balance antara performa, akomodasi, dan rasa berkendara. Desain memang subjektif, tapi imho paling ganteng di antara LSUV lainnya. Fitment ban juga cakep.
Saya pakai BRV Prestige Non-sensing sudah 25k KM sejauh ini sangat puas. Pemakaian sehari-hari dalkot, tapi sering juga Jkt-Sby via trans Jawa. Pintu2 sudah dipasang peredam, jadi lebih kedap meskipun melintasi beton trans Jawa.
Saya pakai BRV Prestige Non-sensing sudah 25k KM sejauh ini sangat puas. Pemakaian sehari-hari dalkot, tapi sering juga Jkt-Sby via trans Jawa. Pintu2 sudah dipasang peredam, jadi lebih kedap meskipun melintasi beton trans Jawa.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1311
- Joined: Mon Apr 20, 2009 6:17
Re: BRV E CVT vs Stargazer Essential
Ada om yg performa lumayan tp durability bagus. Direct shift Toyota.Suryaputra wrote: ↑Thu Oct 10, 2024 3:02
Honda cvt generasi 1 dan 2 itu:
- dibikin responsif di awal
- performa best in class
Generasi 3 keluaran skrg, sejak City HB dkk
- dibuat lemot di awal
- performa bukan yg terbaik lg krn lbh ditahan oleh tcm nya
Jd itu gen 1 & 2 yg bikin banyak kasus.
Performa dan durability itu bertolak belakang.
Ditambah cvt fluidnya HCF2 itu cocoknya spec buat city car brio non turbo
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4111
- Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16
Re: BRV E CVT vs Stargazer Essential
per case saja, tapi seperti biasa kan orang indo seneng banget liat orang susah, jadi dibikin bombastis.ChZ wrote: ↑Thu Oct 10, 2024 3:08 keknya itu H harus bener bener diganti deh HCF2. bener bener curiga kasusnya itu dari HCF2 yang nggak tahan panas. ya abis kemurahan juga masa 350 ribu per gallon padahal aftermarket aja paling murah 600 rebu per gallon dan ampe OCI nya blom selip-selip amat. HCF-2 blom OCI aja udah kasar bener.
yang ajaib si CRV turbo, tembus 150 rebu kilometer ya pada nyantai2 aja blom denger kasus jebol. udah pinter itu berarti.
kaya the notorious Nissan Jatco saja, temen saya pake Serena C27 udah 250 ribu km 7 tahun, harian kebanyakan naik toll pp rumah - kantor, perawatan beres, dan tentu saja ganti CVTF setiap 100 ribu km. apakah rusak? ngga
tapi ya logika ini bisa dibalik saja, teman saya beruntung kali
kalau bicara CVT Ahond si, dulu pake City I-DSI, cvt problem karena rawatan beres dari awal, dan di buku manual tiap 5 ribu atau 10 ribu km wajib ganti oli CVT, dan waktu itu karena masih baru CVTF Ahond belum ada di beres, jadi beres dengan kreatifnya dimasukin Dexron 3 karena memang masih comply kalau hanya untuk keperluan darurat. jadilah ngaco itu body valve dan teman2nya. jual murah, sejak saat itu saya tobat dengan ahond
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 123
- Joined: Wed Jan 25, 2017 14:22
Re: BRV E CVT vs Stargazer Essential
Ijin nimbrung, saya pemakai BRV E, sblmnya pake brio setrikaan non cvt.
Dari segi driving, yg saya rasakan mirip brio, cuman lebih refined aja. Berasa compact disetir, posisi nyetir, dashboard berasa agak rendah, jd lbh enak, handling lumayan dgn ban lebar 215, velg tipe E lbh kecil dgn sidewall ban tebel nyumbang ke keempukan lebih saat libas lobang jalanan. Biarpun kl kena jalanan kasar ato speedtrap tetep berasa kasar khas honda kelas2 200-300jt. Road noise jgn ditanya, tetep berisik mirip brio.
Material interior plastik2nya ada beberapa yg berasa lbh tipis dr brio setrikaan, terutama di baris ke 3. Door trim depan dah rattle dari 10k km. Yang cukup positif, FC mirip dibanding brio dulu. Mgkn karena trayek saya banyakan tol.
Overall kl mmg ngerasa cocok dgn brio dan mau yg karakter mirip, boleh pilih BRV. Saya rasa tagline BRV = Brio SUV cukup benar
Kalau mau yg berbeda, stargazer pilihan yg bagus. Tipe essential sudah cukup, bahkan dulu sempet ditawarin, hrganya beda 10jt lbh murah dubanding BRV E yg uda di diskon 6x jt.
Dari segi driving, yg saya rasakan mirip brio, cuman lebih refined aja. Berasa compact disetir, posisi nyetir, dashboard berasa agak rendah, jd lbh enak, handling lumayan dgn ban lebar 215, velg tipe E lbh kecil dgn sidewall ban tebel nyumbang ke keempukan lebih saat libas lobang jalanan. Biarpun kl kena jalanan kasar ato speedtrap tetep berasa kasar khas honda kelas2 200-300jt. Road noise jgn ditanya, tetep berisik mirip brio.
Material interior plastik2nya ada beberapa yg berasa lbh tipis dr brio setrikaan, terutama di baris ke 3. Door trim depan dah rattle dari 10k km. Yang cukup positif, FC mirip dibanding brio dulu. Mgkn karena trayek saya banyakan tol.
Overall kl mmg ngerasa cocok dgn brio dan mau yg karakter mirip, boleh pilih BRV. Saya rasa tagline BRV = Brio SUV cukup benar
Kalau mau yg berbeda, stargazer pilihan yg bagus. Tipe essential sudah cukup, bahkan dulu sempet ditawarin, hrganya beda 10jt lbh murah dubanding BRV E yg uda di diskon 6x jt.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 88
- Joined: Mon Apr 03, 2023 6:45
- Location: Jakarta utara
Re: BRV E CVT vs Stargazer Essential
Mungkin aja cuman setahu ane sih kl skr2 ini teknologi CVT sdh maju dan harusnya honda improve lg perihal CVT nya jauh lebih kuat dan bgs...
Info problem CVT paling sering by Dokter mobil banyak banget di youtubenya paling sering Honda
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 88
- Joined: Mon Apr 03, 2023 6:45
- Location: Jakarta utara
Re: BRV E CVT vs Stargazer Essential
Makanya kl soal irit Hybrid the best..cuman u/ masalah baterynya blm tau, mungkin 10 thn kedepan br kelihatan deh jika memang ada masalah diatas 10% market Hybrid. Kl saat ini sih soal irit Hybrid the best disamping EV..batubataapa wrote: ↑Tue Oct 08, 2024 10:42wah kelas 1.5 bensinnya mirip mirip sama 2.4 kalo di bandung ya omSuryaputra wrote: ↑Tue Oct 08, 2024 9:55Gak akan beda jauh FC nya (klo rute macet2an), tergantung lalu lintas.
Apalagi jalanan bandung macetnya lbh parah dibanding jakarta dan sekitar (lower average speed), krn banyak persimpangan dan lampu merah.
- Klo mau irit di dalkot ya ganti hybrid ajah
- Klo mau tetap bensin, justru FC xpander CVT paling irit dibanding stargazer dan BRV (untuk rute kombinasi, pengukuran full-to-full)
Rute kombinasi >70km
- Xpander 19km/ltr
- Brv 16km/ltr
- Stargazer 14km/ltr
Jauh lah
lebih condong ke brv deh kalo gitu, secara mesin juga enak kemaren TD
lebih pilih beli bensin biar boros deh daripada beli batre om.
ditambah biasanya mobil baru launching ga ada diskonnya kemungkinan ga masuk budget om.
bener sih om, liat eksteriornya ga oke. cuma interior stargazer better sih, kecuali speedometernya. entah kenapa analog lebih oke.
Ane akui deh waktu cobain mobil kantor Hybrid dibw ke luar kota claim bensinnya sedikit
-
- SM Specialist
- Posts: 16239
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: BRV E CVT vs Stargazer Essential
Suryaputra wrote: ↑Thu Oct 10, 2024 4:21
iya bnyk variabel why nya
cm krn populasi CVT paling banyak di indonesia adalah Honda, ya jd stereotype.
padahal memang scr mekanikal, CVT (bersabuk baja) adalah transmisi buat eco driving
marketing paling efektif emang fear mongering marketingkunaskun wrote: ↑Thu Oct 10, 2024 6:12
per case saja, tapi seperti biasa kan orang indo seneng banget liat orang susah, jadi dibikin bombastis.
kaya the notorious Nissan Jatco saja, temen saya pake Serena C27 udah 250 ribu km 7 tahun, harian kebanyakan naik toll pp rumah - kantor, perawatan beres, dan tentu saja ganti CVTF setiap 100 ribu km. apakah rusak? ngga
tapi ya logika ini bisa dibalik saja, teman saya beruntung kali
kalau bicara CVT Ahond si, dulu pake City I-DSI, cvt problem karena rawatan beres dari awal, dan di buku manual tiap 5 ribu atau 10 ribu km wajib ganti oli CVT, dan waktu itu karena masih baru CVTF Ahond belum ada di beres, jadi beres dengan kreatifnya dimasukin Dexron 3 karena memang masih comply kalau hanya untuk keperluan darurat. jadilah ngaco itu body valve dan teman2nya. jual murah, sejak saat itu saya tobat dengan ahond
sbenernya soal city/jazz itu juga aslinya tinggal kuras dan ganti body valve. malah nggak pake acara turun metik kalo ketauannya di awal. kalo ud terlanjur ya amsiong tp hari gini juga banyak bengkel gak tau saya pernah kejadian sienta diisi ATF, untung ketauan dari billnya. yang bawa bokap waktu itu. beruntungnya, indo itu odometer mobil relatif nggak jalan (baca = macet). jadi mau 10 tahun salah ngisi juga gak ada masalah serius, lha bawanya paling juga 30 kmh. makanya tuh eksis2 aja jazz/city lama. CVT kan wear/tear nya hitung per odometer bukan tahun.
kalo saya ngukurnya simple aja , hari gini berapa biji HRV/brio/BRV/mobilio yang beredar di jalan... kalau memang se problematik itu, mobil2 ini udah nggak tau entah kemana pastinya, atau bengkel ud pasti antri pada overhaul CVT. nyatanya HRV dirawat asal-asalan juga pada jalan usia 8 tahun dari awal keluar, km gondrong-gondrong. resale value? ya masih kuat.
ya antrinya ke bengkel tetep antri..... ke bengkel kaki kaki bener antri mereka mah tau sendiri tipikal kaki kaki H kena jalanan sini.
T31 dan livina L11 juga masih banyak di jalan... artinya nggak usah dibawa bingung takut CVT kenapa gini kenapa gitu pokoknya kalo mau beli 2nd ya peka aja sama getaran dan suara-suara aneh, dan jangan lupa diganti rutin.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 676
- Joined: Wed Sep 18, 2019 16:52
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Voxy
Re: BRV E CVT vs Stargazer Essential
Dokter mobill ini menurut saya berperan besar dalam penurunan penjualan honda di indonesia. Dari dulu yang gencar2an takut2in soal cvt honda.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 235
- Joined: Sun Apr 30, 2017 15:27
- Location: Tangerang
- Daily Vehicle: Mobilio
Re: BRV E CVT vs Stargazer Essential
tj4hj4di wrote: ↑Thu Oct 10, 2024 6:54Mungkin aja cuman setahu ane sih kl skr2 ini teknologi CVT sdh maju dan harusnya honda improve lg perihal CVT nya jauh lebih kuat dan bgs...
Info problem CVT paling sering by Dokter mobil banyak banget di youtubenya paling sering Honda
Btw temen kantor itu jazz vtec tahun 2007 kmnya lupa itu masih bisa diajak sruntulan hampir tiap hari jalur garut singaparna yang jalurnya nanjak turunan tikungan kelak kelok yang katanya musuhnya cvt.
Tapi anehnya di kota besar yg jalannya landai cvt pada ambrol makenya gmn ya ?
Perasaan itu temen ane makenya gas jejek rem nempel kendaraan gas kasar lagi bikin mual.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11139
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: BRV E CVT vs Stargazer Essential
Yah namanya kompetisi.Haiqalesha wrote: ↑Thu Oct 10, 2024 14:39
Btw temen kantor itu jazz vtec tahun 2007 kmnya lupa itu masih bisa diajak sruntulan hampir tiap hari jalur garut singaparna yang jalurnya nanjak turunan tikungan kelak kelok yang katanya musuhnya cvt.
Tapi anehnya di kota besar yg jalannya landai cvt pada ambrol makenya gmn ya ?
Perasaan itu temen ane makenya gas jejek rem nempel kendaraan gas kasar lagi bikin mual.
Bs goreng masalah.
Padahal cvt mah ya gtu gtu aja, sm aja semua, tergantung maintenance.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4757
- Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
- Location: East Jakarta
- Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023
Re: BRV E CVT vs Stargazer Essential
congrats om buat mobil barunyabatubataapa wrote: ↑Wed Oct 09, 2024 10:19
iya om pas TD stargazer yang essential ini malah lebih enakan kebanding trim yang prime joknya. yang leather bikin ga keringetan sama ga sekeras kulit yang prime soalnya
setuju om aftersales dan tempat servisnya lebih enak, anak saya bisa main di pojokan nungguin servis.
nah kebetulan kemarin ada pedagang yang mau ambil mobil saya 22nya jadi perlu segera pesan mobil
akhirnya ambil stargazer essential om karena after diskon beda harganya bisa buat beli bensin 4 taun, jadi ga peduli boros mana
terimakasih inputannya ya om semua
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
-
- SM Specialist
- Posts: 16239
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: BRV E CVT vs Stargazer Essential
gak nakut nakutin gak makan om. minimal jualan oli transmisinya laku,timbermaniac123 wrote: ↑Thu Oct 10, 2024 10:45
Dokter mobill ini menurut saya berperan besar dalam penurunan penjualan honda di indonesia. Dari dulu yang gencar2an takut2in soal cvt honda.
biar ganti CVTF ke bengkel onoh. palagi CVT honda kan banyak tuh. pinter dy takut takutin aja konsumen Honda kan banyak.
ganti oli CVT terus, makin cuan.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- SM Specialist
- Posts: 16239
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: BRV E CVT vs Stargazer Essential
beban transmisi saat merayap stop and go itu sejujurnya lebih berat daripada waktu ngebut. transmisi gak dapet proper cooling, tapi dipaksa pindah-pindah terus. ditambah mayoritas CVT di mobil murah murah gak ada external coolernya.Haiqalesha wrote: ↑Thu Oct 10, 2024 14:39
Btw temen kantor itu jazz vtec tahun 2007 kmnya lupa itu masih bisa diajak sruntulan hampir tiap hari jalur garut singaparna yang jalurnya nanjak turunan tikungan kelak kelok yang katanya musuhnya cvt.
Tapi anehnya di kota besar yg jalannya landai cvt pada ambrol makenya gmn ya ?
Perasaan itu temen ane makenya gas jejek rem nempel kendaraan gas kasar lagi bikin mual.
kalo ngebut, 1 posisi aja kan biasanya. biasa ngelock sampe RPM tinggi udah beres urusan. dan masih dibantu pendinginan dari angin.
makanya kerja CVT sebenarnya lebih ringan kalo mobil torsinya besar. salah itu kalo dibilang CVT lebih cocok buat mesin kecil, justru di mesin kecil orang merasa CVT gak ada tenaganya (rasio awal terlalu lembut) jadi dipaksa selip terus buat multiplying torque. kalo torsinya cukup dia gak perlu selip banyak-banyak.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11139
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: BRV E CVT vs Stargazer Essential
https://www.tokopedia.com/doktermobil/o ... -syntheticChZ wrote: ↑Fri Oct 11, 2024 2:46gak nakut nakutin gak makan om. minimal jualan oli transmisinya laku,timbermaniac123 wrote: ↑Thu Oct 10, 2024 10:45
Dokter mobill ini menurut saya berperan besar dalam penurunan penjualan honda di indonesia. Dari dulu yang gencar2an takut2in soal cvt honda.
biar ganti CVTF ke bengkel onoh. palagi CVT honda kan banyak tuh. pinter dy takut takutin aja konsumen Honda kan banyak.
ganti oli CVT terus, makin cuan.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1679
- Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
- Location: INA
- Daily Vehicle: Diesel
Re: BRV E CVT vs Stargazer Essential
baca bagian diskusinya...keren jg ni oli bisa sapu jagat cvt & atSuryaputra wrote: ↑Fri Oct 11, 2024 3:00https://www.tokopedia.com/doktermobil/o ... -syntheticChZ wrote: ↑Fri Oct 11, 2024 2:46gak nakut nakutin gak makan om. minimal jualan oli transmisinya laku,timbermaniac123 wrote: ↑Thu Oct 10, 2024 10:45
Dokter mobill ini menurut saya berperan besar dalam penurunan penjualan honda di indonesia. Dari dulu yang gencar2an takut2in soal cvt honda.
biar ganti CVTF ke bengkel onoh. palagi CVT honda kan banyak tuh. pinter dy takut takutin aja konsumen Honda kan banyak.
ganti oli CVT terus, makin cuan.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1338
- Joined: Thu Aug 02, 2018 4:43
- Location: Jakarta
Re: BRV E CVT vs Stargazer Essential
habis mau cari yang cvt toyota yang jebol lebih susahtimbermaniac123 wrote: ↑Thu Oct 10, 2024 10:45Dokter mobill ini menurut saya berperan besar dalam penurunan penjualan honda di indonesia. Dari dulu yang gencar2an takut2in soal cvt honda.
lebih banyakan cvt honda soalnya yang jebol
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11139
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: BRV E CVT vs Stargazer Essential
lah itu klo mampir di bengkel matic, ada aja nemu alphard ngejogrok.krniawnhdr wrote: ↑Fri Oct 11, 2024 3:13habis mau cari yang cvt toyota yang jebol lebih susahtimbermaniac123 wrote: ↑Thu Oct 10, 2024 10:45Dokter mobill ini menurut saya berperan besar dalam penurunan penjualan honda di indonesia. Dari dulu yang gencar2an takut2in soal cvt honda.
lebih banyakan cvt honda soalnya yang jebol
ganti daleman CVT.
cmn krn yg punya alphard dompet tebal susah lipat,
jd gak koar2 di mana2.
Mereka gak pusing, lembiru ajah setelah dibetulin
Klo yg punya mobilio / HRV/ dkk banyak, jd pasti kedengeran banget.
- Grup Avanza/Agya/Raize pk CVT aja blm 1/2 dekade.
- jauh lah sm Honda yg dari jaman GD3 20 thn lalu, udh pakai sabuk baja.
Comparison nya harus apple to apple variabel nya.
Intinya CVT itu bukan robust transmission, krn major rusaknya:
- sabuk baja putus
- puli selip
- puli bearing oblak krn tekanan gaya tarik dari torsi sabuk nya itu
CVT beda yah sm E-CVT
E-CVT gak pakai sabuk baja, jauh lbh robust selama motor listrik dan fluida-nya gak rusak.
Last edited by Suryaputra on Fri Oct 11, 2024 3:35, edited 2 times in total.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri