BRV E CVT vs Stargazer Essential

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Supersedan
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 215
Joined: Wed Jun 15, 2022 9:37
Daily Vehicle: Mobilio

Re: BRV E CVT vs Stargazer Essential

Post by Supersedan »

Vote stargazer..

Pernah cobain stargazer prime 8 hari.
Dapet unit test drive gress KM baru 70km.
Langsung isi Pertamax full.

Untuk konsumsi dalkot Palembang, trip pendek sekitar pp 30-35km, gak begitu kena macet cuma sering kena lampu merah. Dapet 1:11,8. Hari ke 6-7 saya bawa keluar kota jalan lintas non tol 220km, dapet avg 1:18 kecil.

Masalah kekedapan menurut saya lebih kedap stargazer, bantingan suspensi bagi saya dan istri jg lebih enak stargazer.
Exteriornya stargazer aja yg bukan selera seluruh orang.
Tenaga mesin & maticnya jg lebih responsif stargazer, brv berasa minta remap aja itu ecunya. Kek di detune biar aman di kasih minum pertalite :big_biglaugh:

Palingan kalo jd ambil stargazer, ganti ban-nya yg bagusan. Kumh0 bawaannya berasa ampas bener gripnya.
AbdulHakim
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1610
Joined: Sun Mar 21, 2021 23:59
Location: Indonesia

Re: BRV E CVT vs Stargazer Essential

Post by AbdulHakim »

batubataapa wrote: Wed Oct 09, 2024 10:19 akhirnya ambil stargazer essential om :mky_01: karena after diskon beda harganya bisa buat beli bensin 4 taun, jadi ga peduli boros mana :ungg:
terimakasih inputannya ya om semua
Congratulations om buat mobil barunya: Stargazer Essential

Pilihan tepat buat om, karena sejatinya ga ada pilihan yang salah.
SG Essential plusnya spion udah electric retract, remote engine start buat nyalain mesin dari luar, udah ada fog lamp, joknya fabric itu om bukan leather, steer telescopic, laci-laci penyimpanan mayan banyak, bangku tengah kalo dimentokin ke belakang spacenya lega sekali.
cuma pr nya pasang camera mundur om, agar membantu saat parkir.
nyonya mungkin protes karena ga ada cermin vanity mirror :big_biglaugh:
ga ada seatback poket di belakang jok driver dan penumpang depan
belum ada arm rest di jok tengah.
overall siy, it should do the job :big_okay:

share ownership review aja nanti ya om, apalagi kalo sudah dibawa roadtrip :big_exellent:
krniawnhdr
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1338
Joined: Thu Aug 02, 2018 4:43
Location: Jakarta

Re: BRV E CVT vs Stargazer Essential

Post by krniawnhdr »

mboisker wrote: Thu Oct 10, 2024 0:37
tj4hj4di wrote: Tue Oct 08, 2024 10:00 pakai avanza atau veloz hybrid gk lama lg akan launching dijamin irit krn pakai mesin sm dgn yaris cross
dibandingin stagrazer atau BRV... Honda maticnya (sabuk bajanya sering masalah menurut dokter mobil), kl hyundai MPV kurang yakin kecuali creta msh ok lah
Mungkin karena pengguna cvt awal2 dan paling banyak Honda, jadinya seolah-olah cvt honda masalah. Mungkin 5 tahun lagi juga mulai banyak pasien cvt dari merk lain.
pasiennya honda aja yang KM masih kurang dari 100RB banyak om kasusnya..
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11139
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: BRV E CVT vs Stargazer Essential

Post by Suryaputra »

krniawnhdr wrote: Thu Oct 10, 2024 2:54
mboisker wrote: Thu Oct 10, 2024 0:37
tj4hj4di wrote: Tue Oct 08, 2024 10:00 pakai avanza atau veloz hybrid gk lama lg akan launching dijamin irit krn pakai mesin sm dgn yaris cross
dibandingin stagrazer atau BRV... Honda maticnya (sabuk bajanya sering masalah menurut dokter mobil), kl hyundai MPV kurang yakin kecuali creta msh ok lah
Mungkin karena pengguna cvt awal2 dan paling banyak Honda, jadinya seolah-olah cvt honda masalah. Mungkin 5 tahun lagi juga mulai banyak pasien cvt dari merk lain.
pasiennya honda aja yang KM masih kurang dari 100RB banyak om kasusnya..
Honda cvt generasi 1 dan 2 itu:
- dibikin responsif di awal
- performa best in class

Generasi 3 keluaran skrg, sejak City HB dkk
- dibuat lemot di awal
- performa bukan yg terbaik lg krn lbh ditahan oleh tcm nya

Jd itu gen 1 & 2 yg bikin banyak kasus.

Performa dan durability itu bertolak belakang.
Ditambah cvt fluidnya HCF2 itu cocoknya spec buat city car brio non turbo :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16239
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: BRV E CVT vs Stargazer Essential

Post by ChZ »

Suryaputra wrote: Thu Oct 10, 2024 3:02
Honda cvt generasi 1 dan 2 itu:
- dibikin responsif di awal
- performa best in class

Generasi 3 keluaran skrg, sejak City HB dkk
- dibuat lemot di awal
- performa bukan yg terbaik lg krn lbh ditahan oleh tcm nya

Jd itu yg bikin banyak kasus.

Performa dan durability itu bertolak belakang.
Ditambah cvt fluidnya HCF2 itu cocoknya spec buat city car brio non turbo :big_biglaugh:
keknya itu H harus bener bener diganti deh HCF2. bener bener curiga kasusnya itu dari HCF2 yang nggak tahan panas. ya abis kemurahan juga masa 350 ribu per gallon padahal aftermarket aja paling murah 600 rebu per gallon dan ampe OCI nya blom selip-selip amat. HCF-2 blom OCI aja udah kasar bener.

yang ajaib si CRV turbo, tembus 150 rebu kilometer ya pada nyantai2 aja blom denger kasus jebol. udah pinter itu berarti.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11139
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: BRV E CVT vs Stargazer Essential

Post by Suryaputra »

ChZ wrote: Thu Oct 10, 2024 3:08
Suryaputra wrote: Thu Oct 10, 2024 3:02
Honda cvt generasi 1 dan 2 itu:
- dibikin responsif di awal
- performa best in class

Generasi 3 keluaran skrg, sejak City HB dkk
- dibuat lemot di awal
- performa bukan yg terbaik lg krn lbh ditahan oleh tcm nya

Jd itu yg bikin banyak kasus.

Performa dan durability itu bertolak belakang.
Ditambah cvt fluidnya HCF2 itu cocoknya spec buat city car brio non turbo :big_biglaugh:
keknya itu H harus bener bener diganti deh HCF2. bener bener curiga kasusnya itu dari HCF2 yang nggak tahan panas. ya abis kemurahan juga masa 350 ribu per gallon padahal aftermarket aja paling murah 600 rebu per gallon dan ampe OCI nya blom selip-selip amat. HCF-2 blom OCI aja udah kasar bener.

yang ajaib si CRV turbo, tembus 150 rebu kilometer ya pada nyantai2 aja blom denger kasus jebol. udah pinter itu berarti.
Iya spec buat eco and gelinding ajah dan buat mesin yg cc kecil :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16239
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: BRV E CVT vs Stargazer Essential

Post by ChZ »

Suryaputra wrote: Thu Oct 10, 2024 4:08
Iya spec buat eco and gelinding ajah dan buat mesin yg cc kecil :big_biglaugh:
tp sebenernya itu case rontok juga anecdotal. apes aja kali. nggak pernah ada dijelasin gimana si user pakenya, kapan terakhir ganti CVTF.

soalnya di komen yutub yang sama ya ada juga yang ganti per 20rb dan aman-aman aja sampe 200 rebu juga.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11139
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: BRV E CVT vs Stargazer Essential

Post by Suryaputra »

ChZ wrote: Thu Oct 10, 2024 4:12
Suryaputra wrote: Thu Oct 10, 2024 4:08
Iya spec buat eco and gelinding ajah dan buat mesin yg cc kecil :big_biglaugh:
tp sebenernya itu case rontok juga anecdotal. apes aja kali. nggak pernah ada dijelasin gimana si user pakenya, kapan terakhir ganti CVTF.

soalnya di komen yutub yang sama ya ada juga yang ganti per 20rb dan aman-aman aja sampe 200 rebu juga.
iya bnyk variabel why nya

cm krn populasi CVT paling banyak di indonesia adalah Honda, ya jd stereotype.
padahal memang scr mekanikal, CVT (bersabuk baja) adalah transmisi buat eco driving :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
merckhf
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: Tue Jul 13, 2021 9:49

Re: BRV E CVT vs Stargazer Essential

Post by merckhf »

Vote for BRV om, tipikal mobil all-rounder yang balance antara performa, akomodasi, dan rasa berkendara. Desain memang subjektif, tapi imho paling ganteng di antara LSUV lainnya. Fitment ban juga cakep.
Saya pakai BRV Prestige Non-sensing sudah 25k KM sejauh ini sangat puas. Pemakaian sehari-hari dalkot, tapi sering juga Jkt-Sby via trans Jawa. Pintu2 sudah dipasang peredam, jadi lebih kedap meskipun melintasi beton trans Jawa.
mr_mytplx
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1311
Joined: Mon Apr 20, 2009 6:17

Re: BRV E CVT vs Stargazer Essential

Post by mr_mytplx »

Suryaputra wrote: Thu Oct 10, 2024 3:02
Honda cvt generasi 1 dan 2 itu:
- dibikin responsif di awal
- performa best in class

Generasi 3 keluaran skrg, sejak City HB dkk
- dibuat lemot di awal
- performa bukan yg terbaik lg krn lbh ditahan oleh tcm nya

Jd itu gen 1 & 2 yg bikin banyak kasus.

Performa dan durability itu bertolak belakang.
Ditambah cvt fluidnya HCF2 itu cocoknya spec buat city car brio non turbo :big_biglaugh:
Ada om yg performa lumayan tp durability bagus. Direct shift Toyota.
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4111
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: BRV E CVT vs Stargazer Essential

Post by kunaskun »

ChZ wrote: Thu Oct 10, 2024 3:08 keknya itu H harus bener bener diganti deh HCF2. bener bener curiga kasusnya itu dari HCF2 yang nggak tahan panas. ya abis kemurahan juga masa 350 ribu per gallon padahal aftermarket aja paling murah 600 rebu per gallon dan ampe OCI nya blom selip-selip amat. HCF-2 blom OCI aja udah kasar bener.

yang ajaib si CRV turbo, tembus 150 rebu kilometer ya pada nyantai2 aja blom denger kasus jebol. udah pinter itu berarti.
per case saja, tapi seperti biasa kan orang indo seneng banget liat orang susah, jadi dibikin bombastis.
kaya the notorious Nissan Jatco saja, temen saya pake Serena C27 udah 250 ribu km 7 tahun, harian kebanyakan naik toll pp rumah - kantor, perawatan beres, dan tentu saja ganti CVTF setiap 100 ribu km. apakah rusak? ngga :big_biglaugh:
tapi ya logika ini bisa dibalik saja, teman saya beruntung kali :big_biglaugh:

kalau bicara CVT Ahond si, dulu pake City I-DSI, cvt problem karena rawatan beres dari awal, dan di buku manual tiap 5 ribu atau 10 ribu km wajib ganti oli CVT, dan waktu itu karena masih baru CVTF Ahond belum ada di beres, jadi beres dengan kreatifnya dimasukin Dexron 3 karena memang masih comply kalau hanya untuk keperluan darurat. jadilah ngaco itu body valve dan teman2nya. :big_biglaugh: jual murah, sejak saat itu saya tobat dengan ahond :big_biglaugh:
W42d
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 123
Joined: Wed Jan 25, 2017 14:22

Re: BRV E CVT vs Stargazer Essential

Post by W42d »

Ijin nimbrung, saya pemakai BRV E, sblmnya pake brio setrikaan non cvt.
Dari segi driving, yg saya rasakan mirip brio, cuman lebih refined aja. Berasa compact disetir, posisi nyetir, dashboard berasa agak rendah, jd lbh enak, handling lumayan dgn ban lebar 215, velg tipe E lbh kecil dgn sidewall ban tebel nyumbang ke keempukan lebih saat libas lobang jalanan. Biarpun kl kena jalanan kasar ato speedtrap tetep berasa kasar khas honda kelas2 200-300jt. Road noise jgn ditanya, tetep berisik mirip brio.
Material interior plastik2nya ada beberapa yg berasa lbh tipis dr brio setrikaan, terutama di baris ke 3. Door trim depan dah rattle dari 10k km. Yang cukup positif, FC mirip dibanding brio dulu. Mgkn karena trayek saya banyakan tol.
Overall kl mmg ngerasa cocok dgn brio dan mau yg karakter mirip, boleh pilih BRV. Saya rasa tagline BRV = Brio SUV cukup benar :big_think:

Kalau mau yg berbeda, stargazer pilihan yg bagus. Tipe essential sudah cukup, bahkan dulu sempet ditawarin, hrganya beda 10jt lbh murah dubanding BRV E yg uda di diskon 6x jt.
tj4hj4di
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 88
Joined: Mon Apr 03, 2023 6:45
Location: Jakarta utara

Re: BRV E CVT vs Stargazer Essential

Post by tj4hj4di »

mboisker wrote: Thu Oct 10, 2024 0:37
tj4hj4di wrote: Tue Oct 08, 2024 10:00 pakai avanza atau veloz hybrid gk lama lg akan launching dijamin irit krn pakai mesin sm dgn yaris cross
dibandingin stagrazer atau BRV... Honda maticnya (sabuk bajanya sering masalah menurut dokter mobil), kl hyundai MPV kurang yakin kecuali creta msh ok lah
Mungkin karena pengguna cvt awal2 dan paling banyak Honda, jadinya seolah-olah cvt honda masalah. Mungkin 5 tahun lagi juga mulai banyak pasien cvt dari merk lain.
Mungkin aja cuman setahu ane sih kl skr2 ini teknologi CVT sdh maju dan harusnya honda improve lg perihal CVT nya jauh lebih kuat dan bgs...
Info problem CVT paling sering by Dokter mobil banyak banget di youtubenya paling sering Honda
tj4hj4di
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 88
Joined: Mon Apr 03, 2023 6:45
Location: Jakarta utara

Re: BRV E CVT vs Stargazer Essential

Post by tj4hj4di »

batubataapa wrote: Tue Oct 08, 2024 10:42
Suryaputra wrote: Tue Oct 08, 2024 9:55
batubataapa wrote: Tue Oct 08, 2024 8:42
Gak akan beda jauh FC nya (klo rute macet2an), tergantung lalu lintas.
Apalagi jalanan bandung macetnya lbh parah dibanding jakarta dan sekitar (lower average speed), krn banyak persimpangan dan lampu merah.

- Klo mau irit di dalkot ya ganti hybrid ajah
- Klo mau tetap bensin, justru FC xpander CVT paling irit dibanding stargazer dan BRV (untuk rute kombinasi, pengukuran full-to-full)



Rute kombinasi >70km
- Xpander 19km/ltr
- Brv 16km/ltr
- Stargazer 14km/ltr

Jauh lah

:big_peace:
wah kelas 1.5 bensinnya mirip mirip sama 2.4 kalo di bandung ya om :big_slap:
lebih condong ke brv deh kalo gitu, secara mesin juga enak kemaren TD
tj4hj4di wrote: Tue Oct 08, 2024 10:00 pakai avanza atau veloz hybrid gk lama lg akan launching dijamin irit krn pakai mesin sm dgn yaris cross
dibandingin stagrazer atau BRV... Honda maticnya (sabuk bajanya sering masalah menurut dokter mobil), kl hyundai MPV kurang yakin kecuali creta msh ok lah
lebih pilih beli bensin biar boros deh daripada beli batre om.
ditambah biasanya mobil baru launching ga ada diskonnya kemungkinan ga masuk budget om. :big_childish:
Chr1stm1 wrote: Tue Oct 08, 2024 10:38 kalo cuma 2 pilihan ini dan sama2 unit baru saya pilih BRV, modelnya manis, SUV agak ceper2 dikit
Kalo SG, sorry to say, jelek buat selera saya mah
bener sih om, liat eksteriornya ga oke. cuma interior stargazer better sih, kecuali speedometernya. entah kenapa analog lebih oke.
Makanya kl soal irit Hybrid the best..cuman u/ masalah baterynya blm tau, mungkin 10 thn kedepan br kelihatan deh jika memang ada masalah diatas 10% market Hybrid. Kl saat ini sih soal irit Hybrid the best disamping EV..
Ane akui deh waktu cobain mobil kantor Hybrid dibw ke luar kota claim bensinnya sedikit
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16239
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: BRV E CVT vs Stargazer Essential

Post by ChZ »

Suryaputra wrote: Thu Oct 10, 2024 4:21
iya bnyk variabel why nya

cm krn populasi CVT paling banyak di indonesia adalah Honda, ya jd stereotype.
padahal memang scr mekanikal, CVT (bersabuk baja) adalah transmisi buat eco driving :big_biglaugh:
kunaskun wrote: Thu Oct 10, 2024 6:12
per case saja, tapi seperti biasa kan orang indo seneng banget liat orang susah, jadi dibikin bombastis.
kaya the notorious Nissan Jatco saja, temen saya pake Serena C27 udah 250 ribu km 7 tahun, harian kebanyakan naik toll pp rumah - kantor, perawatan beres, dan tentu saja ganti CVTF setiap 100 ribu km. apakah rusak? ngga :big_biglaugh:
tapi ya logika ini bisa dibalik saja, teman saya beruntung kali :big_biglaugh:

kalau bicara CVT Ahond si, dulu pake City I-DSI, cvt problem karena rawatan beres dari awal, dan di buku manual tiap 5 ribu atau 10 ribu km wajib ganti oli CVT, dan waktu itu karena masih baru CVTF Ahond belum ada di beres, jadi beres dengan kreatifnya dimasukin Dexron 3 karena memang masih comply kalau hanya untuk keperluan darurat. jadilah ngaco itu body valve dan teman2nya. :big_biglaugh: jual murah, sejak saat itu saya tobat dengan ahond :big_biglaugh:
marketing paling efektif emang fear mongering marketing :big_biglaugh:

sbenernya soal city/jazz itu juga aslinya tinggal kuras dan ganti body valve. malah nggak pake acara turun metik kalo ketauannya di awal. kalo ud terlanjur ya amsiong :ungg: tp hari gini juga banyak bengkel gak tau saya pernah kejadian sienta diisi ATF, untung ketauan dari billnya. yang bawa bokap waktu itu. beruntungnya, indo itu odometer mobil relatif nggak jalan (baca = macet). jadi mau 10 tahun salah ngisi juga gak ada masalah serius, lha bawanya paling juga 30 kmh. makanya tuh eksis2 aja jazz/city lama. CVT kan wear/tear nya hitung per odometer bukan tahun.

kalo saya ngukurnya simple aja , hari gini berapa biji HRV/brio/BRV/mobilio yang beredar di jalan... kalau memang se problematik itu, mobil2 ini udah nggak tau entah kemana pastinya, atau bengkel ud pasti antri pada overhaul CVT. nyatanya HRV dirawat asal-asalan juga pada jalan usia 8 tahun dari awal keluar, km gondrong-gondrong. resale value? ya masih kuat.

ya antrinya ke bengkel tetep antri..... ke bengkel kaki kaki bener antri mereka mah :big_biglaugh: tau sendiri tipikal kaki kaki H kena jalanan sini.

T31 dan livina L11 juga masih banyak di jalan... artinya nggak usah dibawa bingung takut CVT kenapa gini kenapa gitu :upss: pokoknya kalo mau beli 2nd ya peka aja sama getaran dan suara-suara aneh, dan jangan lupa diganti rutin.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
timbermaniac123
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 676
Joined: Wed Sep 18, 2019 16:52
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Voxy

Re: BRV E CVT vs Stargazer Essential

Post by timbermaniac123 »

tj4hj4di wrote: Thu Oct 10, 2024 6:54
Mungkin aja cuman setahu ane sih kl skr2 ini teknologi CVT sdh maju dan harusnya honda improve lg perihal CVT nya jauh lebih kuat dan bgs...
Info problem CVT paling sering by Dokter mobil banyak banget di youtubenya paling sering Honda
Dokter mobill ini menurut saya berperan besar dalam penurunan penjualan honda di indonesia. Dari dulu yang gencar2an takut2in soal cvt honda.
Haiqalesha
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 235
Joined: Sun Apr 30, 2017 15:27
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Mobilio

Re: BRV E CVT vs Stargazer Essential

Post by Haiqalesha »

tj4hj4di wrote: Thu Oct 10, 2024 6:54
mboisker wrote: Thu Oct 10, 2024 0:37
tj4hj4di wrote: Tue Oct 08, 2024 10:00 pakai avanza atau veloz hybrid gk lama lg akan launching dijamin irit krn pakai mesin sm dgn yaris cross
dibandingin stagrazer atau BRV... Honda maticnya (sabuk bajanya sering masalah menurut dokter mobil), kl hyundai MPV kurang yakin kecuali creta msh ok lah
Mungkin karena pengguna cvt awal2 dan paling banyak Honda, jadinya seolah-olah cvt honda masalah. Mungkin 5 tahun lagi juga mulai banyak pasien cvt dari merk lain.
Mungkin aja cuman setahu ane sih kl skr2 ini teknologi CVT sdh maju dan harusnya honda improve lg perihal CVT nya jauh lebih kuat dan bgs...
Info problem CVT paling sering by Dokter mobil banyak banget di youtubenya paling sering Honda

Btw temen kantor itu jazz vtec tahun 2007 kmnya lupa itu masih bisa diajak sruntulan hampir tiap hari jalur garut singaparna yang jalurnya nanjak turunan tikungan kelak kelok yang katanya musuhnya cvt.

Tapi anehnya di kota besar yg jalannya landai cvt pada ambrol makenya gmn ya ?
Perasaan itu temen ane makenya gas jejek rem nempel kendaraan gas kasar lagi bikin mual.
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11139
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: BRV E CVT vs Stargazer Essential

Post by Suryaputra »

Haiqalesha wrote: Thu Oct 10, 2024 14:39
tj4hj4di wrote: Thu Oct 10, 2024 6:54
mboisker wrote: Thu Oct 10, 2024 0:37

Mungkin karena pengguna cvt awal2 dan paling banyak Honda, jadinya seolah-olah cvt honda masalah. Mungkin 5 tahun lagi juga mulai banyak pasien cvt dari merk lain.
Mungkin aja cuman setahu ane sih kl skr2 ini teknologi CVT sdh maju dan harusnya honda improve lg perihal CVT nya jauh lebih kuat dan bgs...
Info problem CVT paling sering by Dokter mobil banyak banget di youtubenya paling sering Honda

Btw temen kantor itu jazz vtec tahun 2007 kmnya lupa itu masih bisa diajak sruntulan hampir tiap hari jalur garut singaparna yang jalurnya nanjak turunan tikungan kelak kelok yang katanya musuhnya cvt.

Tapi anehnya di kota besar yg jalannya landai cvt pada ambrol makenya gmn ya ?
Perasaan itu temen ane makenya gas jejek rem nempel kendaraan gas kasar lagi bikin mual.
Yah namanya kompetisi.
Bs goreng masalah. :big_biglaugh:

Padahal cvt mah ya gtu gtu aja, sm aja semua, tergantung maintenance.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4757
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: BRV E CVT vs Stargazer Essential

Post by Pboyz97 »

batubataapa wrote: Wed Oct 09, 2024 10:19
iya om pas TD stargazer yang essential ini malah lebih enakan kebanding trim yang prime joknya. yang leather bikin ga keringetan sama ga sekeras kulit yang prime soalnya
setuju om aftersales dan tempat servisnya lebih enak, anak saya bisa main di pojokan nungguin servis.


nah kebetulan kemarin ada pedagang yang mau ambil mobil saya 22nya jadi perlu segera pesan mobil
akhirnya ambil stargazer essential om :mky_01: karena after diskon beda harganya bisa buat beli bensin 4 taun, jadi ga peduli boros mana :ungg:
terimakasih inputannya ya om semua
congrats om buat mobil barunya
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16239
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: BRV E CVT vs Stargazer Essential

Post by ChZ »

timbermaniac123 wrote: Thu Oct 10, 2024 10:45
Dokter mobill ini menurut saya berperan besar dalam penurunan penjualan honda di indonesia. Dari dulu yang gencar2an takut2in soal cvt honda.
gak nakut nakutin gak makan om. minimal jualan oli transmisinya laku,

biar ganti CVTF ke bengkel onoh. palagi CVT honda kan banyak tuh. pinter dy takut takutin aja konsumen Honda kan banyak.

ganti oli CVT terus, makin cuan.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16239
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: BRV E CVT vs Stargazer Essential

Post by ChZ »

Haiqalesha wrote: Thu Oct 10, 2024 14:39

Btw temen kantor itu jazz vtec tahun 2007 kmnya lupa itu masih bisa diajak sruntulan hampir tiap hari jalur garut singaparna yang jalurnya nanjak turunan tikungan kelak kelok yang katanya musuhnya cvt.

Tapi anehnya di kota besar yg jalannya landai cvt pada ambrol makenya gmn ya ?
Perasaan itu temen ane makenya gas jejek rem nempel kendaraan gas kasar lagi bikin mual.
beban transmisi saat merayap stop and go itu sejujurnya lebih berat daripada waktu ngebut. transmisi gak dapet proper cooling, tapi dipaksa pindah-pindah terus. ditambah mayoritas CVT di mobil murah murah gak ada external coolernya.

kalo ngebut, 1 posisi aja kan biasanya. biasa ngelock sampe RPM tinggi udah beres urusan. dan masih dibantu pendinginan dari angin.

makanya kerja CVT sebenarnya lebih ringan kalo mobil torsinya besar. salah itu kalo dibilang CVT lebih cocok buat mesin kecil, justru di mesin kecil orang merasa CVT gak ada tenaganya (rasio awal terlalu lembut) jadi dipaksa selip terus buat multiplying torque. kalo torsinya cukup dia gak perlu selip banyak-banyak.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11139
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: BRV E CVT vs Stargazer Essential

Post by Suryaputra »

ChZ wrote: Fri Oct 11, 2024 2:46
timbermaniac123 wrote: Thu Oct 10, 2024 10:45
Dokter mobill ini menurut saya berperan besar dalam penurunan penjualan honda di indonesia. Dari dulu yang gencar2an takut2in soal cvt honda.
gak nakut nakutin gak makan om. minimal jualan oli transmisinya laku,

biar ganti CVTF ke bengkel onoh. palagi CVT honda kan banyak tuh. pinter dy takut takutin aja konsumen Honda kan banyak.

ganti oli CVT terus, makin cuan.
https://www.tokopedia.com/doktermobil/o ... -synthetic :upss:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1679
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: BRV E CVT vs Stargazer Essential

Post by MSU »

Suryaputra wrote: Fri Oct 11, 2024 3:00
ChZ wrote: Fri Oct 11, 2024 2:46
timbermaniac123 wrote: Thu Oct 10, 2024 10:45
Dokter mobill ini menurut saya berperan besar dalam penurunan penjualan honda di indonesia. Dari dulu yang gencar2an takut2in soal cvt honda.
gak nakut nakutin gak makan om. minimal jualan oli transmisinya laku,

biar ganti CVTF ke bengkel onoh. palagi CVT honda kan banyak tuh. pinter dy takut takutin aja konsumen Honda kan banyak.

ganti oli CVT terus, makin cuan.
https://www.tokopedia.com/doktermobil/o ... -synthetic :upss:
baca bagian diskusinya...keren jg ni oli bisa sapu jagat cvt & at
krniawnhdr
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1338
Joined: Thu Aug 02, 2018 4:43
Location: Jakarta

Re: BRV E CVT vs Stargazer Essential

Post by krniawnhdr »

timbermaniac123 wrote: Thu Oct 10, 2024 10:45
tj4hj4di wrote: Thu Oct 10, 2024 6:54
Mungkin aja cuman setahu ane sih kl skr2 ini teknologi CVT sdh maju dan harusnya honda improve lg perihal CVT nya jauh lebih kuat dan bgs...
Info problem CVT paling sering by Dokter mobil banyak banget di youtubenya paling sering Honda
Dokter mobill ini menurut saya berperan besar dalam penurunan penjualan honda di indonesia. Dari dulu yang gencar2an takut2in soal cvt honda.
habis mau cari yang cvt toyota yang jebol lebih susah :big_biglaugh:
lebih banyakan cvt honda soalnya yang jebol
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11139
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: BRV E CVT vs Stargazer Essential

Post by Suryaputra »

krniawnhdr wrote: Fri Oct 11, 2024 3:13
timbermaniac123 wrote: Thu Oct 10, 2024 10:45
tj4hj4di wrote: Thu Oct 10, 2024 6:54
Mungkin aja cuman setahu ane sih kl skr2 ini teknologi CVT sdh maju dan harusnya honda improve lg perihal CVT nya jauh lebih kuat dan bgs...
Info problem CVT paling sering by Dokter mobil banyak banget di youtubenya paling sering Honda
Dokter mobill ini menurut saya berperan besar dalam penurunan penjualan honda di indonesia. Dari dulu yang gencar2an takut2in soal cvt honda.
habis mau cari yang cvt toyota yang jebol lebih susah :big_biglaugh:
lebih banyakan cvt honda soalnya yang jebol
lah itu klo mampir di bengkel matic, ada aja nemu alphard ngejogrok.
ganti daleman CVT.

cmn krn yg punya alphard dompet tebal susah lipat,
jd gak koar2 di mana2.

Mereka gak pusing, lembiru ajah setelah dibetulin :upss:

Klo yg punya mobilio / HRV/ dkk banyak, jd pasti kedengeran banget.
- Grup Avanza/Agya/Raize pk CVT aja blm 1/2 dekade.
- jauh lah sm Honda yg dari jaman GD3 20 thn lalu, udh pakai sabuk baja.

Comparison nya harus apple to apple variabel nya.

Intinya CVT itu bukan robust transmission, krn major rusaknya:
- sabuk baja putus
- puli selip
- puli bearing oblak krn tekanan gaya tarik dari torsi sabuk nya itu

:big_biglaugh:

CVT beda yah sm E-CVT
E-CVT gak pakai sabuk baja, jauh lbh robust selama motor listrik dan fluida-nya gak rusak.
Last edited by Suryaputra on Fri Oct 11, 2024 3:35, edited 2 times in total.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri