Review Honda Civic FB2 AT
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3220
- Joined: Wed Mar 27, 2013 4:32
- Location: Jombang, Jawa Timur
Review Honda Civic FB2 AT
Pendahuluan
Sama seperti pasangan, rumah dan mobil. Semua juga “jodoh-jodohan”
Berawal dari mencari unit FD, sebulan duabulan tidak ketemu yang sreg. Opsi naiklah ke FB dan Altis gen 11. Karena altis ini dipake dekan diPTN dan agaknya punya beberapa kejadian dengan dekan saya dulu. Akhirnya cari civic FB ini. Karena FC/FK hmmm CVT dan 1.5 turbo, selain itu karena unitnya cukup umum jadi sekalian saja saya cari yg jarang haha…
Ya civic ini adalah salahsatu civic yang kurang berkesan untuk saya, bahkan saya masih menyimpan brosur civic FB dan odyssey RB3.
Civic generasi ini dibuat waktu honda sedang krisis dan karena berbasis dari kode bodi FB ini adalah lanjutan civic FA dari market USDM. Civic dengan kode FB ini beredar dari 2012-2015 di indonesia.
Exterior: Unit datang, “lho city taun berapa ini ko?” “Wih baru ambil city ya?” Iya city, civic ini keluar waktu city GM. Headlamp projie H11 untuk low beam dengan bawaan halogen kuning cukup baik dari pendahulunya. Looks depan lumayan mencirikan sedan honda di eranya. Bagian belakangnya, entah kenapa teman2 saya tidak mempermasalahkan bagian belakang civic ini sekilas mirip mercy w204 (?)
Dengan desain bumper belakang yang kurang “rebah” seakan akan mobil ini cingkrang dan kekecilan velg.
Velg bawaan R16 dengan lebar 6.5, ban saya pakai GT radial GTX pro.
Apalagi ya yang mau dibahas, intinya sudah saya delete chromenya karena selera pribadi, yarispun saya delete chrome juga.
Tidak ada yang salah fatal untuk eksterior.
Interior
Nah ini yang jadi sedikit catatan, instrument cluster 2 layer dan model cockpit yang driver oriented sebenernya terlihat “turunan” FD.
Unit yang saya dapat masih fabric crem, warna interior kombinasi abu abu dan krem. Softpad dan fabric di armrest. Poin minus/plus? Untuk saya yang tidak makan dimobil dan rutin interior clean tidak masalah, dan saya justru cari unit yang masih fabric dan akan tetap fabric. Sekali lagi kalo anda orang yang suka makan di dalam mobil lebih bijak ganti jok kulit . Instrument 2 layer ini sampai hampir satu tahun pakai saya masih blm terbiasa juga.
Engine
R18, tenaga diatas kertas 139-140 hp, SOHC dan dikawinkan dengan transmisi 5AT konvensional mirip civic FD karakternya atau seingat saya sama persis.
Hampir setahun bersama civic FB
Bagaimana rasanya? Satu kata yang cukup menggambarkan adalah “complicated”. Brand Honda + Sedan adalah kombinasi sempurna udah tau cobaan malah di cobain dan lawan kata dari Toyota dan Landcruiser.
Sejujurnya banyak ke”tidak biasaan” yang akhirnya dimaklumkan karena ya mobil ini adalah Civic. Driver cockpit yang sampai hari ini saya tidak biasa, dashboard panjang + setir mungil, wiper bis AKAP. Suspensi keras dan sasis yang rigid adalah resep klasik honda untuk civic nya. Kick down dan respon transmisi untuk awal cukup belet, tapi sekali engage cukup menyenangkan. Civic FB agaknya keras, ya seinget saya sekali lagi FD juga keras. Cukup lincah mobil ini diajak selap selip dan cukup menyenangkan.
Saya harus jujur, karena civic ini saya merasakan memelihara mobil yang part susah, harus indent 1 bulan lebih, saya jadi tahu sedikit mengenai komponen kaki-kaki seperti bushing arm, long tie rod, tie rod end, dll. Bagian terbaiknya ada rasa lega sedikit demi sedikit merestorasi mobil ini, entah karena mengingat biaya restorasi mobil ini tapi selelah apapun saya, selalu menyenangkan late night ride dengan civic ini, ada senyum tipis saat melahap belokan dan u turn, dan ada senyum kecut waktu bayar tagihan bengkel.
Jujur awal memang agak frustasi, mau dijual lagi aja mobil ini. Tapi pelan pelan dirapihkan jadi sayang, saya meminum ludah sendiri hingga memutuskan ya dipakai aja. Ya walaupun parts kadang susah, walaupun lumayan boros dipake disurabaya barat, dan banyak walaupun yang lain. Esensi dari mobil adalah kendaraan yang saya kemudikan dan saya bahagia. Kalaupun ada orang yang bahagianya dengan part mudah ya silahkan, kalo ada orang bahagianya dengan mobil yang bisa dipakai tempur hajar lobang sana sini ya silahkan. Ga ada mobil yang sempurna berdamailah dengan mobil itu sendiri.
Sama seperti pasangan, rumah dan mobil. Semua juga “jodoh-jodohan”
Berawal dari mencari unit FD, sebulan duabulan tidak ketemu yang sreg. Opsi naiklah ke FB dan Altis gen 11. Karena altis ini dipake dekan diPTN dan agaknya punya beberapa kejadian dengan dekan saya dulu. Akhirnya cari civic FB ini. Karena FC/FK hmmm CVT dan 1.5 turbo, selain itu karena unitnya cukup umum jadi sekalian saja saya cari yg jarang haha…
Ya civic ini adalah salahsatu civic yang kurang berkesan untuk saya, bahkan saya masih menyimpan brosur civic FB dan odyssey RB3.
Civic generasi ini dibuat waktu honda sedang krisis dan karena berbasis dari kode bodi FB ini adalah lanjutan civic FA dari market USDM. Civic dengan kode FB ini beredar dari 2012-2015 di indonesia.
Exterior: Unit datang, “lho city taun berapa ini ko?” “Wih baru ambil city ya?” Iya city, civic ini keluar waktu city GM. Headlamp projie H11 untuk low beam dengan bawaan halogen kuning cukup baik dari pendahulunya. Looks depan lumayan mencirikan sedan honda di eranya. Bagian belakangnya, entah kenapa teman2 saya tidak mempermasalahkan bagian belakang civic ini sekilas mirip mercy w204 (?)
Dengan desain bumper belakang yang kurang “rebah” seakan akan mobil ini cingkrang dan kekecilan velg.
Velg bawaan R16 dengan lebar 6.5, ban saya pakai GT radial GTX pro.
Apalagi ya yang mau dibahas, intinya sudah saya delete chromenya karena selera pribadi, yarispun saya delete chrome juga.
Tidak ada yang salah fatal untuk eksterior.
Interior
Nah ini yang jadi sedikit catatan, instrument cluster 2 layer dan model cockpit yang driver oriented sebenernya terlihat “turunan” FD.
Unit yang saya dapat masih fabric crem, warna interior kombinasi abu abu dan krem. Softpad dan fabric di armrest. Poin minus/plus? Untuk saya yang tidak makan dimobil dan rutin interior clean tidak masalah, dan saya justru cari unit yang masih fabric dan akan tetap fabric. Sekali lagi kalo anda orang yang suka makan di dalam mobil lebih bijak ganti jok kulit . Instrument 2 layer ini sampai hampir satu tahun pakai saya masih blm terbiasa juga.
Engine
R18, tenaga diatas kertas 139-140 hp, SOHC dan dikawinkan dengan transmisi 5AT konvensional mirip civic FD karakternya atau seingat saya sama persis.
Hampir setahun bersama civic FB
Bagaimana rasanya? Satu kata yang cukup menggambarkan adalah “complicated”. Brand Honda + Sedan adalah kombinasi sempurna udah tau cobaan malah di cobain dan lawan kata dari Toyota dan Landcruiser.
Sejujurnya banyak ke”tidak biasaan” yang akhirnya dimaklumkan karena ya mobil ini adalah Civic. Driver cockpit yang sampai hari ini saya tidak biasa, dashboard panjang + setir mungil, wiper bis AKAP. Suspensi keras dan sasis yang rigid adalah resep klasik honda untuk civic nya. Kick down dan respon transmisi untuk awal cukup belet, tapi sekali engage cukup menyenangkan. Civic FB agaknya keras, ya seinget saya sekali lagi FD juga keras. Cukup lincah mobil ini diajak selap selip dan cukup menyenangkan.
Saya harus jujur, karena civic ini saya merasakan memelihara mobil yang part susah, harus indent 1 bulan lebih, saya jadi tahu sedikit mengenai komponen kaki-kaki seperti bushing arm, long tie rod, tie rod end, dll. Bagian terbaiknya ada rasa lega sedikit demi sedikit merestorasi mobil ini, entah karena mengingat biaya restorasi mobil ini tapi selelah apapun saya, selalu menyenangkan late night ride dengan civic ini, ada senyum tipis saat melahap belokan dan u turn, dan ada senyum kecut waktu bayar tagihan bengkel.
Jujur awal memang agak frustasi, mau dijual lagi aja mobil ini. Tapi pelan pelan dirapihkan jadi sayang, saya meminum ludah sendiri hingga memutuskan ya dipakai aja. Ya walaupun parts kadang susah, walaupun lumayan boros dipake disurabaya barat, dan banyak walaupun yang lain. Esensi dari mobil adalah kendaraan yang saya kemudikan dan saya bahagia. Kalaupun ada orang yang bahagianya dengan part mudah ya silahkan, kalo ada orang bahagianya dengan mobil yang bisa dipakai tempur hajar lobang sana sini ya silahkan. Ga ada mobil yang sempurna berdamailah dengan mobil itu sendiri.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
[TYCI 917]
[YKC]
[YKC]
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5913
- Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
- Daily Vehicle: [cencored]
Re: Review Honda Civic FB2 AT
Nais ripiu om, ane suka banget paragraf terakhirnya. Haha.
Kalau dibaca kesimpulannya yg jadi minus utama cuma ketersediaan parts ini ya om?
Harusnya biasa kalau Honda banyak yg interchangeable parts sama model lain, masa parts kaki2 banyak yg beda sama FD om?
Kalau dibaca kesimpulannya yg jadi minus utama cuma ketersediaan parts ini ya om?
Harusnya biasa kalau Honda banyak yg interchangeable parts sama model lain, masa parts kaki2 banyak yg beda sama FD om?
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3220
- Joined: Wed Mar 27, 2013 4:32
- Location: Jombang, Jawa Timur
Re: Review Honda Civic FB2 AT
Foto foto menyusul
Nah warna interior tabrakan beige sama abu abu, HU pioneer + two way krn audio bawaan std yg versi preFL ini ga ada tweeter jadi sekalian upgrade tipis tipis Looks stoplamp sekilas kaya w204 Sisi samping memang ke arah coupe coupe an dengan velg terasa kekecilan, tapi ini aja udah mayan keras apalagi naik di 17” Kalo ini foto pas bagus aja sih
Nah warna interior tabrakan beige sama abu abu, HU pioneer + two way krn audio bawaan std yg versi preFL ini ga ada tweeter jadi sekalian upgrade tipis tipis Looks stoplamp sekilas kaya w204 Sisi samping memang ke arah coupe coupe an dengan velg terasa kekecilan, tapi ini aja udah mayan keras apalagi naik di 17” Kalo ini foto pas bagus aja sih
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Last edited by Felixz_Yaris on Sat Dec 07, 2024 15:01, edited 2 times in total.
[TYCI 917]
[YKC]
[YKC]
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3220
- Joined: Wed Mar 27, 2013 4:32
- Location: Jombang, Jawa Timur
Re: Review Honda Civic FB2 AT
Beberapa parts common mesin kaya filter udara, dan barusan ganti mounting FB sharing sama FD
Kalo berbau kelistrikan sharing sama RM, kaya canbus imid dll
Kalo FD komponen steeringnya beda om, kaki kakinya beda juga
FYI racksteer FB 19.8jt, camry xv50 13jt an. Sensor speed untuk abs indent 1 bulan lebih hehe
[TYCI 917]
[YKC]
[YKC]
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 606
- Joined: Sun Oct 01, 2017 23:00
Re: Review Honda Civic FB2 AT
Wuih, racksteernya hampir 2x cx5 original harganyaFelixz_Yaris wrote: ↑Sat Dec 07, 2024 14:50Beberapa parts common mesin kaya filter udara, dan barusan ganti mounting FB sharing sama FD
Kalo berbau kelistrikan sharing sama RM, kaya canbus imid dll
Kalo FD komponen steeringnya beda om, kaki kakinya beda juga
FYI racksteer FB 19.8jt, camry xv50 13jt an. Sensor speed untuk abs indent 1 bulan lebih hehe
biasanya ada alternatif merk om, utk rackstir aftermarket
btw berarti utk part kaki2, masih lebih mudah FD?
‘14 PY-VPS
‘01 B20B
‘01 B20B
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3220
- Joined: Wed Mar 27, 2013 4:32
- Location: Jombang, Jawa Timur
Re: Review Honda Civic FB2 AT
Nah rack steer ga ada aftermarketnya om, heiker, 555 ga ada hehe racksteer FB ini jadi satu set sama epsnyawhitehorse4 wrote: ↑Sat Dec 07, 2024 23:10Wuih, racksteernya hampir 2x cx5 original harganyaFelixz_Yaris wrote: ↑Sat Dec 07, 2024 14:50Beberapa parts common mesin kaya filter udara, dan barusan ganti mounting FB sharing sama FD
Kalo berbau kelistrikan sharing sama RM, kaya canbus imid dll
Kalo FD komponen steeringnya beda om, kaki kakinya beda juga
FYI racksteer FB 19.8jt, camry xv50 13jt an. Sensor speed untuk abs indent 1 bulan lebih hehe
biasanya ada alternatif merk om, utk rackstir aftermarket
btw berarti utk part kaki2, masih lebih mudah FD?
Bushing lower arm aja ga ada part kw nya
[TYCI 917]
[YKC]
[YKC]
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 594
- Joined: Mon Dec 19, 2016 8:39
Re: Review Honda Civic FB2 AT
Saya malah ngiler sama FB2 yang facelift 2015 om, pingin banget nuker RE ke FB2
Masih sama2 5AT, udah paham perawatan dan karakter mesin R yg bawahnya loyo tapi atasnya lumayan, irit kagak boros kagak
Tapi masi kepikiran GC, karena kadang kurang pede aja klo sedan gini buat touring agak jauh dengan kondisi jalan +62
Jadi kabar klo FB itu bantingannya lebih keras dari FD valid ya? Saya kira malah lebih empuk
Masih sama2 5AT, udah paham perawatan dan karakter mesin R yg bawahnya loyo tapi atasnya lumayan, irit kagak boros kagak
Tapi masi kepikiran GC, karena kadang kurang pede aja klo sedan gini buat touring agak jauh dengan kondisi jalan +62
Jadi kabar klo FB itu bantingannya lebih keras dari FD valid ya? Saya kira malah lebih empuk
Present
R20A 5AT 08 / Aspira Oil SN 0w20 / Mobil ATF Dexron VI
R18Z CVT 17 / Mobil Super SP 0w20 / HCF2
L12B CVT 17 / Shell Helix Eco Plus 0w20 / Shell CVT X
Past
G15B 5MT 00
K20A 5MT 03
J20A 5MT 08
R20A 5AT 08 / Aspira Oil SN 0w20 / Mobil ATF Dexron VI
R18Z CVT 17 / Mobil Super SP 0w20 / HCF2
L12B CVT 17 / Shell Helix Eco Plus 0w20 / Shell CVT X
Past
G15B 5MT 00
K20A 5MT 03
J20A 5MT 08
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3220
- Joined: Wed Mar 27, 2013 4:32
- Location: Jombang, Jawa Timur
Re: Review Honda Civic FB2 AT
Kalo cari sedan dan boleh saran sih accord cp/camry xv50 better sih om kalo concern nya parts dan kenyamanannya. Cuman kalo FD ke FB dari ride qualitynya better FB sih bantingan lebih empuk dikit FB. Kalo RE ke FB sih pasti lebih kerasa keras lah om, civic tetep civic. Concern GC juga jangan sedan, parkiran P7-P8 pakuwon mall kalo full muatan tipis bgt bawa FB.ariswp wrote: ↑Sun Dec 08, 2024 3:27 Saya malah ngiler sama FB2 yang facelift 2015 om, pingin banget nuker RE ke FB2
Masih sama2 5AT, udah paham perawatan dan karakter mesin R yg bawahnya loyo tapi atasnya lumayan, irit kagak boros kagak
Tapi masi kepikiran GC, karena kadang kurang pede aja klo sedan gini buat touring agak jauh dengan kondisi jalan +62
Jadi kabar klo FB itu bantingannya lebih keras dari FD valid ya? Saya kira malah lebih empuk
[TYCI 917]
[YKC]
[YKC]
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4835
- Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
- Location: East Jakarta
- Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023
Re: Review Honda Civic FB2 AT
nice review om & congrats buat mobil barunya
nyari FD yg bagus emg agak susah, apalagi maunya kudu full ori, secara mobil ini rata2 banyak yg dibuat oprekkan alias modif baik di jamannya dulu bahkan sampe saat ini. tp emg kalo soal desain exterior sm interior saya masih lebih suka FD dibanding FB. kalo FB entah knp buat saya apalagi yg 1.8 fiturnya tergolong agak minim dibanding pesaing sekelasnya & karakternya gak sekuat FD menurut saya pribadi walaupun desain depan & sampingnya cukup baik menurut saya
nyari FD yg bagus emg agak susah, apalagi maunya kudu full ori, secara mobil ini rata2 banyak yg dibuat oprekkan alias modif baik di jamannya dulu bahkan sampe saat ini. tp emg kalo soal desain exterior sm interior saya masih lebih suka FD dibanding FB. kalo FB entah knp buat saya apalagi yg 1.8 fiturnya tergolong agak minim dibanding pesaing sekelasnya & karakternya gak sekuat FD menurut saya pribadi walaupun desain depan & sampingnya cukup baik menurut saya
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4835
- Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
- Location: East Jakarta
- Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023
Re: Review Honda Civic FB2 AT
daripada FB saya mending FD. pengalaman saya td keduanya entah knp lebih fun to drive FD. handling jg entah knp lebih enak FD jauh daripada FB menurut saya. selain itu jg RV jg kedepannya bakal lebih nahan FD dibanding FB menurut saya. FD ini salah 1 dream car saya jg dulu, pengen yg 2.0 AT or 1.8 MT. tp emg cari yg kondisinya bagus & full ori agak susah, secara rata2 banyak dipake buat oprekkan alias modif dari jamannya dulu bahkan smpe saat iniariswp wrote: ↑Sun Dec 08, 2024 3:27 Saya malah ngiler sama FB2 yang facelift 2015 om, pingin banget nuker RE ke FB2
Masih sama2 5AT, udah paham perawatan dan karakter mesin R yg bawahnya loyo tapi atasnya lumayan, irit kagak boros kagak
Tapi masi kepikiran GC, karena kadang kurang pede aja klo sedan gini buat touring agak jauh dengan kondisi jalan +62
Jadi kabar klo FB itu bantingannya lebih keras dari FD valid ya? Saya kira malah lebih empuk
yes. pengalaman saya nyoba yg manualnya punya temen emg lebih keras dikit drpd FD menurut pengamatan sotoy saya. saya sendiri kebetulan jg ex user RE, kalo saya jd om saya bakal ke FD aja, yg FD2 sekalian hehe
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 854
- Joined: Thu Feb 20, 2014 19:08
Re: Review Honda Civic FB2 AT
kons bbm full to full luar kota dan dalam kota berapa gan?tahun 2013 ya unitnya?Felixz_Yaris wrote: ↑Sat Dec 07, 2024 12:57
Engine
R18, tenaga diatas kertas 139-140 hp, SOHC dan dikawinkan dengan transmisi 5AT konvensional mirip civic FD karakternya atau seingat saya sama persis.
rasa handling bagaimana?ada limbung?
anda di surabaya? sudah coba bawa ngetol ke arah trawas/malang?tanjakan oke?
suspensi belakang apa?multilink atau double wishbone seperti crv rm?
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3220
- Joined: Wed Mar 27, 2013 4:32
- Location: Jombang, Jawa Timur
Re: Review Honda Civic FB2 AT
Nah kebetulan punya tetangga sebelah rumah saya juga civic FD1 dan baru remajain kaki kaki, om bilang keras dibanding FD ini sama sama std? Sama sama fit kaki kakinya? Kalo sama-sama sehat dan standart ini sih FB lebih dewasa dari FD, di speedbump komplek yg sama FD lebih ngocok. Karakter reboundnya juga beda. Even EX user FD juga bilang damping dan reboundnya lebih better FB. Karena unit FB saya baru beres kaki kaki saya full hehe.Pboyz97 wrote: ↑Sun Dec 08, 2024 4:21daripada FB saya mending FD. pengalaman saya td keduanya entah knp lebih fun to drive FD. handling jg entah knp lebih enak FD jauh daripada FB menurut saya. selain itu jg RV jg kedepannya bakal lebih nahan FD dibanding FB menurut saya. FD ini salah 1 dream car saya jg dulu, pengen yg 2.0 AT or 1.8 MT. tp emg cari yg kondisinya bagus & full ori agak susah, secara rata2 banyak dipake buat oprekkan alias modif dari jamannya dulu bahkan smpe saat iniariswp wrote: ↑Sun Dec 08, 2024 3:27 Saya malah ngiler sama FB2 yang facelift 2015 om, pingin banget nuker RE ke FB2
Masih sama2 5AT, udah paham perawatan dan karakter mesin R yg bawahnya loyo tapi atasnya lumayan, irit kagak boros kagak
Tapi masi kepikiran GC, karena kadang kurang pede aja klo sedan gini buat touring agak jauh dengan kondisi jalan +62
Jadi kabar klo FB itu bantingannya lebih keras dari FD valid ya? Saya kira malah lebih empuk
yes. pengalaman saya nyoba yg manualnya punya temen emg lebih keras dikit drpd FD menurut pengamatan sotoy saya. saya sendiri kebetulan jg ex user RE, kalo saya jd om saya bakal ke FD aja, yg FD2 sekalian hehe
Soalnya baru kali ini denger FD lebih empuk dari FB, menarik juga apa pake shockbreaker sama per apa kok FDnya lebih empuk nanti kalo udah waktu ganti shock sama per mau coba merk itu sapa tau bs empuk juga
Fun to drive kalo dari steering feedback iya lebih fun FD1 krn HPS, FD2 Eps
Rute macet sby barat sih 1:8-1:9 om econ mati, kalo full lukot lupa sih haha kebanyakan saya dalkot ajazonepublic wrote: ↑Sun Dec 08, 2024 10:31kons bbm full to full luar kota dan dalam kota berapa gan?tahun 2013 ya unitnya?Felixz_Yaris wrote: ↑Sat Dec 07, 2024 12:57
Engine
R18, tenaga diatas kertas 139-140 hp, SOHC dan dikawinkan dengan transmisi 5AT konvensional mirip civic FD karakternya atau seingat saya sama persis.
rasa handling bagaimana?ada limbung?
anda di surabaya? sudah coba bawa ngetol ke arah trawas/malang?tanjakan oke?
suspensi belakang apa?multilink atau double wishbone seperti crv rm?
Handling sih masih fun ya, even eps ga se ampang eps hrv lama, alias masih ada ‘nyawa’nya hehehe
Tanjakan oke sih, ngetol saya arah ploso sih seringan.
Suspensi multilink
Last edited by Felixz_Yaris on Sun Dec 08, 2024 12:34, edited 1 time in total.
[TYCI 917]
[YKC]
[YKC]
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 854
- Joined: Thu Feb 20, 2014 19:08
Re: Review Honda Civic FB2 AT
ohh berarti hampir sama dgn kons bbm jazz ge8 ,ga boros juga lah yaFelixz_Yaris wrote: ↑Sun Dec 08, 2024 12:27
Rute macet sby barat sih 1:8-1:9 om econ mati, kalo full lukot lupa sih haha kebanyakan saya dalkot aja
Handling sih masih fun ya, even eps ga se ampang eps hrv lama, alias masih ada ‘nyawa’nya hehehe
Tanjakan oke sih, ngetol saya arah ploso sih seringan.
Suspensi multilink
civic fd masih hidrolik belum eps kan ya?ada kelebihan kekurangannya tapi saya rasa kons bbm honda generasi 2013 keatas lbh irit kok daripada generasi sebelumnyaPboyz97 wrote: ↑Sun Dec 08, 2024 4:21daripada FB saya mending FD. pengalaman saya td keduanya entah knp lebih fun to drive FD. handling jg entah knp lebih enak FD jauh daripada FB menurut saya. selain itu jg RV jg kedepannya bakal lebih nahan FD dibanding FB menurut saya. FD ini salah 1 dream car saya jg dulu, pengen yg 2.0 AT or 1.8 MT. tp emg cari yg kondisinya bagus & full ori agak susah, secara rata2 banyak dipake buat oprekkan alias modif dari jamannya dulu bahkan smpe saat iniariswp wrote: ↑Sun Dec 08, 2024 3:27 Saya malah ngiler sama FB2 yang facelift 2015 om, pingin banget nuker RE ke FB2
Masih sama2 5AT, udah paham perawatan dan karakter mesin R yg bawahnya loyo tapi atasnya lumayan, irit kagak boros kagak
Tapi masi kepikiran GC, karena kadang kurang pede aja klo sedan gini buat touring agak jauh dengan kondisi jalan +62
Jadi kabar klo FB itu bantingannya lebih keras dari FD valid ya? Saya kira malah lebih empuk
yes. pengalaman saya nyoba yg manualnya punya temen emg lebih keras dikit drpd FD menurut pengamatan sotoy saya. saya sendiri kebetulan jg ex user RE, kalo saya jd om saya bakal ke FD aja, yg FD2 sekalian hehe
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3220
- Joined: Wed Mar 27, 2013 4:32
- Location: Jombang, Jawa Timur
Re: Review Honda Civic FB2 AT
Tergantung FD mana om hahazonepublic wrote: ↑Sun Dec 08, 2024 12:33
civic fd masih hidrolik belum eps kan ya?ada kelebihan kekurangannya tapi saya rasa kons bbm honda generasi 2013 keatas lbh irit kok daripada generasi sebelumnya
FD1 1.8 mesin R18 HPS om, FD2 2.0 mesin k20 EPS
Kalo FB2 1.8 mesin R18 EPS, FB2 2.0 mesin R20 EPS juga
Cuman historynya 2012 honda lagi kena krisis dan demand nya minta BBM lebih irit, mungkin dari sana honda kepikiran ciptain tombol laknat bernama ECON hahaha
[TYCI 917]
[YKC]
[YKC]
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 854
- Joined: Thu Feb 20, 2014 19:08
Re: Review Honda Civic FB2 AT
kayanya tuh tombol ga guna juga dehFelixz_Yaris wrote: ↑Sun Dec 08, 2024 12:41
Tergantung FD mana om haha
FD1 1.8 mesin R18 HPS om, FD2 2.0 mesin k20 EPS
Kalo FB2 1.8 mesin R18 EPS, FB2 2.0 mesin R20 EPS juga
Cuman historynya 2012 honda lagi kena krisis dan demand nya minta BBM lebih irit, mungkin dari sana honda kepikiran ciptain tombol laknat bernama ECON hahaha
denger2 kons bbm ga beda jauh tp respon mesinnya jadi ga enak
-
- SM Specialist
- Posts: 16507
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Review Honda Civic FB2 AT
wah jadi angkut juga nih bro.
btw itu ban pake apa kok sekilas kayak bangsa eko ekoan yah... coba diganti dulu... soalnya FB ini harusnya empuk kalo dibanding angkatannya FD yah.
btw itu ban pake apa kok sekilas kayak bangsa eko ekoan yah... coba diganti dulu... soalnya FB ini harusnya empuk kalo dibanding angkatannya FD yah.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3220
- Joined: Wed Mar 27, 2013 4:32
- Location: Jombang, Jawa Timur
Re: Review Honda Civic FB2 AT
Wih ko chris, halo ko. FYI ini semua sebelum hunting FB nanya ke ko chris ni.
Lho memang agak empuk dibanding FD ko. Reboundnya kerasa lebih pelan dari FD. Jadi kalo lewat speedbump ga se ngocok FD.
Gt radial GTX pro ko, masih baru 2023 sih ko bannya. Rencana mungkin akhir taun depan deh mau coba ganti ke conti CC6
[TYCI 917]
[YKC]
[YKC]
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 391
- Joined: Sun Nov 18, 2012 12:16
Re: Review Honda Civic FB2 AT
Kalau mau cari sedan dengan budget FB mungkin bisa lirik Altis 2014 om. Dari segi perawatan mudah murah, paling yang perlu diperhatikan koilnya saja. Soal fitur jauh dibanding FB yang serba manual (start stop, ac digital climate, auto headlamp, auto wiper dsb). Minus paling bentuk dashboard yang tegak jelek, dan mungkin CVT yang ga fun to drive bagi sebagian orang.ariswp wrote: ↑Sun Dec 08, 2024 3:27 Saya malah ngiler sama FB2 yang facelift 2015 om, pingin banget nuker RE ke FB2
Masih sama2 5AT, udah paham perawatan dan karakter mesin R yg bawahnya loyo tapi atasnya lumayan, irit kagak boros kagak
Tapi masi kepikiran GC, karena kadang kurang pede aja klo sedan gini buat touring agak jauh dengan kondisi jalan +62
Jadi kabar klo FB itu bantingannya lebih keras dari FD valid ya? Saya kira malah lebih empuk
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 664
- Joined: Wed Dec 26, 2007 19:33
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Gojek
Re: Review Honda Civic FB2 AT
Altis E170 yg sampai 2019 itu racksteernya 6jt di auto2000. saya pernah ganti. tp jelas ini FB jauh lebi enak, apalagi suspensi blkgnya. cuma berhubung yg kita kejar kekuatan suspensi, jadinya pilih altis. \Felixz_Yaris wrote: ↑Sat Dec 07, 2024 14:50Beberapa parts common mesin kaya filter udara, dan barusan ganti mounting FB sharing sama FD
Kalo berbau kelistrikan sharing sama RM, kaya canbus imid dll
Kalo FD komponen steeringnya beda om, kaki kakinya beda juga
FYI racksteer FB 19.8jt, camry xv50 13jt an. Sensor speed untuk abs indent 1 bulan lebih hehe
Altis juga ketersediaan partsnya banyakan indent karena cbu thailand.
dulu saya sempet nimang FB ini juga, tp habis ktemu unit altis yg saya pakai skrg. lsg tebus ini. sptnya memang jodoh2an sih
kalo ga salah yg 1.8 aslinya 16 ya? yg 2.0 17 inch.
saya malah di altis V turun dr 17 ke 16 (velg tipe G). jauh bgt bedanya jadi nyaman bgt dan umur kaki2 jauh lebih panjang. bensin ada improvement 9% dan akselerasi 0 ke 100 kepotong 0.92 detik. cuma dr samping jadi cupu.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4835
- Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
- Location: East Jakarta
- Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023
Re: Review Honda Civic FB2 AT
kalo kaki2nya sih sama2 fit ya. blm ada bunyi2an yg aneh2, tp gatau masih standar or udh dimodif. kebetulan fb nya persis kek punya om tahun 2012 manual & fd nya yg 1.8 manual jg 2007 hehe. dua2nya exterior standar termasuk velgnya jg. kalo soal keras or ga ya saya kurang tau, secara saya blm pernah td fb lain selain yg ini, tp kalo driving feelnya, menurut saya pribadi masih lebih enak FD dibanding FB, handlingnya jg lebih enak FDFelixz_Yaris wrote: ↑Sun Dec 08, 2024 12:27
Nah kebetulan punya tetangga sebelah rumah saya juga civic FD1 dan baru remajain kaki kaki, om bilang keras dibanding FD ini sama sama std? Sama sama fit kaki kakinya? Kalo sama-sama sehat dan standart ini sih FB lebih dewasa dari FD, di speedbump komplek yg sama FD lebih ngocok. Karakter reboundnya juga beda. Even EX user FD juga bilang damping dan reboundnya lebih better FB. Karena unit FB saya baru beres kaki kaki saya full hehe.
Soalnya baru kali ini denger FD lebih empuk dari FB, menarik juga apa pake shockbreaker sama per apa kok FDnya lebih empuk nanti kalo udah waktu ganti shock sama per mau coba merk itu sapa tau bs empuk juga
Fun to drive kalo dari steering feedback iya lebih fun FD1 krn HPS, FD2 Eps
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4835
- Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
- Location: East Jakarta
- Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023
Re: Review Honda Civic FB2 AT
yes, masih hidrolik, mirip sm CRV RE jg. memang lebih irit + lebih nyaman dan empuk jg menurut saya walaupun driving feel, tarikan sm handlingnya masih lebih enak yg gen 2013 kebawah hehezonepublic wrote: ↑Sun Dec 08, 2024 12:33
civic fd masih hidrolik belum eps kan ya?ada kelebihan kekurangannya tapi saya rasa kons bbm honda generasi 2013 keatas lbh irit kok daripada generasi sebelumnya
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 854
- Joined: Thu Feb 20, 2014 19:08
Re: Review Honda Civic FB2 AT
sebenarnya crv mau dari gen awal bukan karakter honda juga sih karena seingat saya soichiro honda cuma bikin kei car,hatchback& sedan ga pernah rancang suv bantingan dan handlingnya sudah beda jauh sama pakemnya honda
memang banyak perubahan di Honda tiap generasi
kalo ada duit iseng
boleh coba honda wonder/sb3 saya dulu belajar setir pake wonder setrika tapi mesinnya masih karburator banyak mekanikal perlu banyak inspeksi ini itu kalo susah starter,dan belum power steering jadi berat setirnya tapi masih wajar kok ga seberat setir suzuki carry
kalau sudah coba wonder civic pasti anda ga akan suka civic FD lagi seperti saya
tapi kalo anda mau yg praktis
kalo bisa dapat honda city type z mesin vtec bagus boleh tuh buat disimpen
handling bantingan rasa grand civic tahun 90,sudah power steering hidrolik dan cukup awet daripada hps honda tahun 2000an yang sering bermasalah,paling bakal jadi sahabat baik bengkel onderstel karena suspensi double wishbonnya sering sekali bunyi gluduk2
mesin teknologi injeksi sudah lebih baik karena sudah injeksi teknologi vtec yang menyempurnakan mesin pgm-fi estilo/genio yang ngabisin duit karena rusaknya bergilir
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3220
- Joined: Wed Mar 27, 2013 4:32
- Location: Jombang, Jawa Timur
Re: Review Honda Civic FB2 AT
Nah makanya saya bingung pas tempo hari om bilang keras FB dari pada FD.Pboyz97 wrote: ↑Mon Dec 09, 2024 15:04
kalo kaki2nya sih sama2 fit ya. blm ada bunyi2an yg aneh2, tp gatau masih standar or udh dimodif. kebetulan fb nya persis kek punya om tahun 2012 manual & fd nya yg 1.8 manual jg 2007 hehe. dua2nya exterior standar termasuk velgnya jg. kalo soal keras or ga ya saya kurang tau, secara saya blm pernah td fb lain selain yg ini, tp kalo driving feelnya, menurut saya pribadi masih lebih enak FD dibanding FB, handlingnya jg lebih enak FD
Pboyz97 wrote: ↑Mon Dec 09, 2024 15:04 daripada FB saya mending FD. pengalaman saya td keduanya entah knp lebih fun to drive FD. handling jg entah knp lebih enak FD jauh daripada FB menurut saya. selain itu jg RV jg kedepannya bakal lebih nahan FD dibanding FB menurut saya. FD ini salah 1 dream car saya jg dulu, pengen yg 2.0 AT or 1.8 MT. tp emg cari yg kondisinya bagus & full ori agak susah, secara rata2 banyak dipake buat oprekkan alias modif dari jamannya dulu bahkan smpe saat ini
yes. pengalaman saya nyoba yg manualnya punya temen emg lebih keras dikit drpd FD menurut pengamatan sotoy saya. saya sendiri kebetulan jg ex user RE, kalo saya jd om saya bakal ke FD aja, yg FD2 sekalian hehe
[TYCI 917]
[YKC]
[YKC]
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 705
- Joined: Mon Jul 04, 2016 16:27
- Daily Vehicle: Ga Kencang Tapi Menggetarkan
Re: Review Honda Civic FB2 AT
salah satu civic yang memang bingung mau disukain apa nya , apalagi yg ganti dari FD ke sini, tapi mau gimana pun namanya civic jempolan handlingnya. Cuman penyakitnya ya itu racksteer, kaki kaki , magnetic AC . Trakhir saya pakai FD 1 ac nya bisa auto climate sendiri, set dingin , tengah jalan berubah jadi anget
- yang kenceng kalah sama yang wet look
-
- SM Specialist
- Posts: 16507
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Review Honda Civic FB2 AT
ganti FD ke FB itu sebenernya jatuhnya rada downgrade di kualitas, tapi hampir semua durability issues FD itu diperbaiki di FB.carlzeiss wrote: ↑Tue Dec 10, 2024 6:23 salah satu civic yang memang bingung mau disukain apa nya , apalagi yg ganti dari FD ke sini, tapi mau gimana pun namanya civic jempolan handlingnya. Cuman penyakitnya ya itu racksteer, kaki kaki , magnetic AC . Trakhir saya pakai FD 1 ac nya bisa auto climate sendiri, set dingin , tengah jalan berubah jadi anget
mounting FB ngga langganan rusak.
kaki kaki relatif lebih awet. 60 ribu saya masih kenceng semua.
kebawa sampe FK juga sekarang 60 ribu masih awet pake dari baru.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7