Review Honda Civic FB2 AT

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
Felixz_Yaris
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3220
Joined: Wed Mar 27, 2013 4:32
Location: Jombang, Jawa Timur

Review Honda Civic FB2 AT

Post by Felixz_Yaris »

Pendahuluan

Sama seperti pasangan, rumah dan mobil. Semua juga “jodoh-jodohan”
Berawal dari mencari unit FD, sebulan duabulan tidak ketemu yang sreg. Opsi naiklah ke FB dan Altis gen 11. Karena altis ini dipake dekan diPTN dan agaknya punya beberapa kejadian dengan dekan saya dulu. Akhirnya cari civic FB ini. Karena FC/FK hmmm CVT dan 1.5 turbo, selain itu karena unitnya cukup umum jadi sekalian saja saya cari yg jarang haha…

Ya civic ini adalah salahsatu civic yang kurang berkesan untuk saya, bahkan saya masih menyimpan brosur civic FB dan odyssey RB3.
Civic generasi ini dibuat waktu honda sedang krisis dan karena berbasis dari kode bodi FB ini adalah lanjutan civic FA dari market USDM. Civic dengan kode FB ini beredar dari 2012-2015 di indonesia.

Exterior:
ecb29b00-7c20-4d59-8abe-64247112b826.jpeg
Unit datang, “lho city taun berapa ini ko?” “Wih baru ambil city ya?” Iya city, civic ini keluar waktu city GM. Headlamp projie H11 untuk low beam dengan bawaan halogen kuning cukup baik dari pendahulunya. Looks depan lumayan mencirikan sedan honda di eranya.
IMG_1616.jpeg
Bagian belakangnya, entah kenapa teman2 saya tidak mempermasalahkan bagian belakang civic ini sekilas mirip mercy w204 (?)
Dengan desain bumper belakang yang kurang “rebah” seakan akan mobil ini cingkrang dan kekecilan velg.

Velg bawaan R16 dengan lebar 6.5, ban saya pakai GT radial GTX pro.
Apalagi ya yang mau dibahas, intinya sudah saya delete chromenya karena selera pribadi, yarispun saya delete chrome juga.
Tidak ada yang salah fatal untuk eksterior.

Interior

Nah ini yang jadi sedikit catatan, instrument cluster 2 layer dan model cockpit yang driver oriented sebenernya terlihat “turunan” FD.
Unit yang saya dapat masih fabric crem, warna interior kombinasi abu abu dan krem. Softpad dan fabric di armrest. Poin minus/plus? Untuk saya yang tidak makan dimobil dan rutin interior clean tidak masalah, dan saya justru cari unit yang masih fabric dan akan tetap fabric. Sekali lagi kalo anda orang yang suka makan di dalam mobil lebih bijak ganti jok kulit . Instrument 2 layer ini sampai hampir satu tahun pakai saya masih blm terbiasa juga.

Engine
R18, tenaga diatas kertas 139-140 hp, SOHC dan dikawinkan dengan transmisi 5AT konvensional mirip civic FD karakternya atau seingat saya sama persis.

Hampir setahun bersama civic FB
Bagaimana rasanya? Satu kata yang cukup menggambarkan adalah “complicated”. Brand Honda + Sedan adalah kombinasi sempurna udah tau cobaan malah di cobain dan lawan kata dari Toyota dan Landcruiser.
Sejujurnya banyak ke”tidak biasaan” yang akhirnya dimaklumkan karena ya mobil ini adalah Civic. Driver cockpit yang sampai hari ini saya tidak biasa, dashboard panjang + setir mungil, wiper bis AKAP. Suspensi keras dan sasis yang rigid adalah resep klasik honda untuk civic nya. Kick down dan respon transmisi untuk awal cukup belet, tapi sekali engage cukup menyenangkan. Civic FB agaknya keras, ya seinget saya sekali lagi FD juga keras. Cukup lincah mobil ini diajak selap selip dan cukup menyenangkan.

Saya harus jujur, karena civic ini saya merasakan memelihara mobil yang part susah, harus indent 1 bulan lebih, saya jadi tahu sedikit mengenai komponen kaki-kaki seperti bushing arm, long tie rod, tie rod end, dll. Bagian terbaiknya ada rasa lega sedikit demi sedikit merestorasi mobil ini, entah karena mengingat biaya restorasi mobil ini tapi selelah apapun saya, selalu menyenangkan late night ride dengan civic ini, ada senyum tipis saat melahap belokan dan u turn, dan ada senyum kecut waktu bayar tagihan bengkel.

Jujur awal memang agak frustasi, mau dijual lagi aja mobil ini. Tapi pelan pelan dirapihkan jadi sayang, saya meminum ludah sendiri hingga memutuskan ya dipakai aja. Ya walaupun parts kadang susah, walaupun lumayan boros dipake disurabaya barat, dan banyak walaupun yang lain. Esensi dari mobil adalah kendaraan yang saya kemudikan dan saya bahagia. Kalaupun ada orang yang bahagianya dengan part mudah ya silahkan, kalo ada orang bahagianya dengan mobil yang bisa dipakai tempur hajar lobang sana sini ya silahkan. Ga ada mobil yang sempurna berdamailah dengan mobil itu sendiri.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
[TYCI 917]
[YKC]
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5913
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Review Honda Civic FB2 AT

Post by sintoni »

Nais ripiu om, ane suka banget paragraf terakhirnya. Haha.

Kalau dibaca kesimpulannya yg jadi minus utama cuma ketersediaan parts ini ya om?

Harusnya biasa kalau Honda banyak yg interchangeable parts sama model lain, masa parts kaki2 banyak yg beda sama FD om?
User avatar
Felixz_Yaris
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3220
Joined: Wed Mar 27, 2013 4:32
Location: Jombang, Jawa Timur

Re: Review Honda Civic FB2 AT

Post by Felixz_Yaris »

Foto foto menyusul
Nah warna interior tabrakan beige sama abu abu, HU pioneer + two way krn audio bawaan std yg versi preFL ini ga ada tweeter jadi sekalian upgrade tipis tipis
cee88028-ced7-41a6-90ae-6497eab9d9c0.jpeg
Looks stoplamp sekilas kaya w204
1b7add46-370e-4547-a42a-fd57777ad273.jpeg
Sisi samping memang ke arah coupe coupe an dengan velg terasa kekecilan, :ngacir: tapi ini aja udah mayan keras apalagi naik di 17”
a9925cb9-39d2-4022-9e01-89dfa282feb0.jpeg
Kalo ini foto pas bagus aja sih :upss:
A38D4666-E6CE-4C57-976F-93157E43DA03.jpeg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Last edited by Felixz_Yaris on Sat Dec 07, 2024 15:01, edited 2 times in total.
[TYCI 917]
[YKC]
User avatar
Felixz_Yaris
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3220
Joined: Wed Mar 27, 2013 4:32
Location: Jombang, Jawa Timur

Re: Review Honda Civic FB2 AT

Post by Felixz_Yaris »

sintoni wrote: Sat Dec 07, 2024 14:18 Nais ripiu om, ane suka banget paragraf terakhirnya. Haha.

Kalau dibaca kesimpulannya yg jadi minus utama cuma ketersediaan parts ini ya om?

Harusnya biasa kalau Honda banyak yg interchangeable parts sama model lain, masa parts kaki2 banyak yg beda sama FD om?
Beberapa parts common mesin kaya filter udara, dan barusan ganti mounting FB sharing sama FD
Kalo berbau kelistrikan sharing sama RM, kaya canbus imid dll
Kalo FD komponen steeringnya beda om, kaki kakinya beda juga
FYI racksteer FB 19.8jt, camry xv50 13jt an. Sensor speed untuk abs indent 1 bulan lebih hehe :mky_06:
[TYCI 917]
[YKC]
whitehorse4
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 606
Joined: Sun Oct 01, 2017 23:00

Re: Review Honda Civic FB2 AT

Post by whitehorse4 »

Felixz_Yaris wrote: Sat Dec 07, 2024 14:50
sintoni wrote: Sat Dec 07, 2024 14:18 Nais ripiu om, ane suka banget paragraf terakhirnya. Haha.

Kalau dibaca kesimpulannya yg jadi minus utama cuma ketersediaan parts ini ya om?

Harusnya biasa kalau Honda banyak yg interchangeable parts sama model lain, masa parts kaki2 banyak yg beda sama FD om?
Beberapa parts common mesin kaya filter udara, dan barusan ganti mounting FB sharing sama FD
Kalo berbau kelistrikan sharing sama RM, kaya canbus imid dll
Kalo FD komponen steeringnya beda om, kaki kakinya beda juga
FYI racksteer FB 19.8jt, camry xv50 13jt an. Sensor speed untuk abs indent 1 bulan lebih hehe :mky_06:
Wuih, racksteernya hampir 2x cx5 original harganya :big_chicken:
biasanya ada alternatif merk om, utk rackstir aftermarket
btw berarti utk part kaki2, masih lebih mudah FD?
‘14 PY-VPS
‘01 B20B
User avatar
Felixz_Yaris
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3220
Joined: Wed Mar 27, 2013 4:32
Location: Jombang, Jawa Timur

Re: Review Honda Civic FB2 AT

Post by Felixz_Yaris »

whitehorse4 wrote: Sat Dec 07, 2024 23:10
Felixz_Yaris wrote: Sat Dec 07, 2024 14:50
sintoni wrote: Sat Dec 07, 2024 14:18 Nais ripiu om, ane suka banget paragraf terakhirnya. Haha.

Kalau dibaca kesimpulannya yg jadi minus utama cuma ketersediaan parts ini ya om?

Harusnya biasa kalau Honda banyak yg interchangeable parts sama model lain, masa parts kaki2 banyak yg beda sama FD om?
Beberapa parts common mesin kaya filter udara, dan barusan ganti mounting FB sharing sama FD
Kalo berbau kelistrikan sharing sama RM, kaya canbus imid dll
Kalo FD komponen steeringnya beda om, kaki kakinya beda juga
FYI racksteer FB 19.8jt, camry xv50 13jt an. Sensor speed untuk abs indent 1 bulan lebih hehe :mky_06:
Wuih, racksteernya hampir 2x cx5 original harganya :big_chicken:
biasanya ada alternatif merk om, utk rackstir aftermarket
btw berarti utk part kaki2, masih lebih mudah FD?
Nah rack steer ga ada aftermarketnya om, heiker, 555 ga ada hehe :upss: racksteer FB ini jadi satu set sama epsnya
Bushing lower arm aja ga ada part kw nya :upss:
[TYCI 917]
[YKC]
ariswp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 594
Joined: Mon Dec 19, 2016 8:39

Re: Review Honda Civic FB2 AT

Post by ariswp »

Saya malah ngiler sama FB2 yang facelift 2015 om, pingin banget nuker RE ke FB2
Masih sama2 5AT, udah paham perawatan dan karakter mesin R yg bawahnya loyo tapi atasnya lumayan, irit kagak boros kagak
Tapi masi kepikiran GC, karena kadang kurang pede aja klo sedan gini buat touring agak jauh dengan kondisi jalan +62

Jadi kabar klo FB itu bantingannya lebih keras dari FD valid ya? Saya kira malah lebih empuk
Present
R20A 5AT 08 / Aspira Oil SN 0w20 / Mobil ATF Dexron VI
R18Z CVT 17 / Mobil Super SP 0w20 / HCF2
L12B CVT 17 / Shell Helix Eco Plus 0w20 / Shell CVT X

Past
G15B 5MT 00
K20A 5MT 03
J20A 5MT 08
User avatar
Felixz_Yaris
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3220
Joined: Wed Mar 27, 2013 4:32
Location: Jombang, Jawa Timur

Re: Review Honda Civic FB2 AT

Post by Felixz_Yaris »

ariswp wrote: Sun Dec 08, 2024 3:27 Saya malah ngiler sama FB2 yang facelift 2015 om, pingin banget nuker RE ke FB2
Masih sama2 5AT, udah paham perawatan dan karakter mesin R yg bawahnya loyo tapi atasnya lumayan, irit kagak boros kagak
Tapi masi kepikiran GC, karena kadang kurang pede aja klo sedan gini buat touring agak jauh dengan kondisi jalan +62

Jadi kabar klo FB itu bantingannya lebih keras dari FD valid ya? Saya kira malah lebih empuk
Kalo cari sedan dan boleh saran sih accord cp/camry xv50 better sih om kalo concern nya parts dan kenyamanannya. Cuman kalo FD ke FB dari ride qualitynya better FB sih bantingan lebih empuk dikit FB. Kalo RE ke FB sih pasti lebih kerasa keras lah om, civic tetep civic. Concern GC juga jangan sedan, parkiran P7-P8 pakuwon mall kalo full muatan tipis bgt bawa FB.
[TYCI 917]
[YKC]
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4835
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Review Honda Civic FB2 AT

Post by Pboyz97 »

nice review om & congrats buat mobil barunya

nyari FD yg bagus emg agak susah, apalagi maunya kudu full ori, secara mobil ini rata2 banyak yg dibuat oprekkan alias modif baik di jamannya dulu bahkan sampe saat ini. tp emg kalo soal desain exterior sm interior saya masih lebih suka FD dibanding FB. kalo FB entah knp buat saya apalagi yg 1.8 fiturnya tergolong agak minim dibanding pesaing sekelasnya & karakternya gak sekuat FD menurut saya pribadi walaupun desain depan & sampingnya cukup baik menurut saya
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4835
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Review Honda Civic FB2 AT

Post by Pboyz97 »

ariswp wrote: Sun Dec 08, 2024 3:27 Saya malah ngiler sama FB2 yang facelift 2015 om, pingin banget nuker RE ke FB2
Masih sama2 5AT, udah paham perawatan dan karakter mesin R yg bawahnya loyo tapi atasnya lumayan, irit kagak boros kagak
Tapi masi kepikiran GC, karena kadang kurang pede aja klo sedan gini buat touring agak jauh dengan kondisi jalan +62

Jadi kabar klo FB itu bantingannya lebih keras dari FD valid ya? Saya kira malah lebih empuk
daripada FB saya mending FD. pengalaman saya td keduanya entah knp lebih fun to drive FD. handling jg entah knp lebih enak FD jauh daripada FB menurut saya. selain itu jg RV jg kedepannya bakal lebih nahan FD dibanding FB menurut saya. FD ini salah 1 dream car saya jg dulu, pengen yg 2.0 AT or 1.8 MT. tp emg cari yg kondisinya bagus & full ori agak susah, secara rata2 banyak dipake buat oprekkan alias modif dari jamannya dulu bahkan smpe saat ini

yes. pengalaman saya nyoba yg manualnya punya temen emg lebih keras dikit drpd FD menurut pengamatan sotoy saya. saya sendiri kebetulan jg ex user RE, kalo saya jd om saya bakal ke FD aja, yg FD2 sekalian hehe
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
zonepublic
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 854
Joined: Thu Feb 20, 2014 19:08

Re: Review Honda Civic FB2 AT

Post by zonepublic »

Felixz_Yaris wrote: Sat Dec 07, 2024 12:57
Engine
R18, tenaga diatas kertas 139-140 hp, SOHC dan dikawinkan dengan transmisi 5AT konvensional mirip civic FD karakternya atau seingat saya sama persis.

kons bbm full to full luar kota dan dalam kota berapa gan?tahun 2013 ya unitnya?

rasa handling bagaimana?ada limbung?
anda di surabaya? sudah coba bawa ngetol ke arah trawas/malang?tanjakan oke?
suspensi belakang apa?multilink atau double wishbone seperti crv rm?
User avatar
Felixz_Yaris
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3220
Joined: Wed Mar 27, 2013 4:32
Location: Jombang, Jawa Timur

Re: Review Honda Civic FB2 AT

Post by Felixz_Yaris »

Pboyz97 wrote: Sun Dec 08, 2024 4:21
ariswp wrote: Sun Dec 08, 2024 3:27 Saya malah ngiler sama FB2 yang facelift 2015 om, pingin banget nuker RE ke FB2
Masih sama2 5AT, udah paham perawatan dan karakter mesin R yg bawahnya loyo tapi atasnya lumayan, irit kagak boros kagak
Tapi masi kepikiran GC, karena kadang kurang pede aja klo sedan gini buat touring agak jauh dengan kondisi jalan +62

Jadi kabar klo FB itu bantingannya lebih keras dari FD valid ya? Saya kira malah lebih empuk
daripada FB saya mending FD. pengalaman saya td keduanya entah knp lebih fun to drive FD. handling jg entah knp lebih enak FD jauh daripada FB menurut saya. selain itu jg RV jg kedepannya bakal lebih nahan FD dibanding FB menurut saya. FD ini salah 1 dream car saya jg dulu, pengen yg 2.0 AT or 1.8 MT. tp emg cari yg kondisinya bagus & full ori agak susah, secara rata2 banyak dipake buat oprekkan alias modif dari jamannya dulu bahkan smpe saat ini

yes. pengalaman saya nyoba yg manualnya punya temen emg lebih keras dikit drpd FD menurut pengamatan sotoy saya. saya sendiri kebetulan jg ex user RE, kalo saya jd om saya bakal ke FD aja, yg FD2 sekalian hehe
Nah kebetulan punya tetangga sebelah rumah saya juga civic FD1 dan baru remajain kaki kaki, om bilang keras dibanding FD ini sama sama std? Sama sama fit kaki kakinya? Kalo sama-sama sehat dan standart ini sih FB lebih dewasa dari FD, di speedbump komplek yg sama FD lebih ngocok. Karakter reboundnya juga beda. Even EX user FD juga bilang damping dan reboundnya lebih better FB. Karena unit FB saya baru beres kaki kaki saya full hehe.
Soalnya baru kali ini denger FD lebih empuk dari FB, menarik juga apa pake shockbreaker sama per apa kok FDnya lebih empuk :upss: nanti kalo udah waktu ganti shock sama per mau coba merk itu sapa tau bs empuk juga :upss:

Fun to drive kalo dari steering feedback iya lebih fun FD1 krn HPS, FD2 Eps
zonepublic wrote: Sun Dec 08, 2024 10:31
Felixz_Yaris wrote: Sat Dec 07, 2024 12:57
Engine
R18, tenaga diatas kertas 139-140 hp, SOHC dan dikawinkan dengan transmisi 5AT konvensional mirip civic FD karakternya atau seingat saya sama persis.

kons bbm full to full luar kota dan dalam kota berapa gan?tahun 2013 ya unitnya?

rasa handling bagaimana?ada limbung?
anda di surabaya? sudah coba bawa ngetol ke arah trawas/malang?tanjakan oke?
suspensi belakang apa?multilink atau double wishbone seperti crv rm?
Rute macet sby barat sih 1:8-1:9 om econ mati, kalo full lukot lupa sih haha kebanyakan saya dalkot aja

Handling sih masih fun ya, even eps ga se ampang eps hrv lama, alias masih ada ‘nyawa’nya hehehe
Tanjakan oke sih, ngetol saya arah ploso sih seringan.
Suspensi multilink
Last edited by Felixz_Yaris on Sun Dec 08, 2024 12:34, edited 1 time in total.
[TYCI 917]
[YKC]
zonepublic
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 854
Joined: Thu Feb 20, 2014 19:08

Re: Review Honda Civic FB2 AT

Post by zonepublic »

Felixz_Yaris wrote: Sun Dec 08, 2024 12:27
Rute macet sby barat sih 1:8-1:9 om econ mati, kalo full lukot lupa sih haha kebanyakan saya dalkot aja

Handling sih masih fun ya, even eps ga se ampang eps hrv lama, alias masih ada ‘nyawa’nya hehehe
Tanjakan oke sih, ngetol saya arah ploso sih seringan.
Suspensi multilink
ohh berarti hampir sama dgn kons bbm jazz ge8 ,ga boros juga lah ya
Pboyz97 wrote: Sun Dec 08, 2024 4:21
ariswp wrote: Sun Dec 08, 2024 3:27 Saya malah ngiler sama FB2 yang facelift 2015 om, pingin banget nuker RE ke FB2
Masih sama2 5AT, udah paham perawatan dan karakter mesin R yg bawahnya loyo tapi atasnya lumayan, irit kagak boros kagak
Tapi masi kepikiran GC, karena kadang kurang pede aja klo sedan gini buat touring agak jauh dengan kondisi jalan +62

Jadi kabar klo FB itu bantingannya lebih keras dari FD valid ya? Saya kira malah lebih empuk
daripada FB saya mending FD. pengalaman saya td keduanya entah knp lebih fun to drive FD. handling jg entah knp lebih enak FD jauh daripada FB menurut saya. selain itu jg RV jg kedepannya bakal lebih nahan FD dibanding FB menurut saya. FD ini salah 1 dream car saya jg dulu, pengen yg 2.0 AT or 1.8 MT. tp emg cari yg kondisinya bagus & full ori agak susah, secara rata2 banyak dipake buat oprekkan alias modif dari jamannya dulu bahkan smpe saat ini

yes. pengalaman saya nyoba yg manualnya punya temen emg lebih keras dikit drpd FD menurut pengamatan sotoy saya. saya sendiri kebetulan jg ex user RE, kalo saya jd om saya bakal ke FD aja, yg FD2 sekalian hehe
civic fd masih hidrolik belum eps kan ya?ada kelebihan kekurangannya tapi saya rasa kons bbm honda generasi 2013 keatas lbh irit kok daripada generasi sebelumnya
User avatar
Felixz_Yaris
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3220
Joined: Wed Mar 27, 2013 4:32
Location: Jombang, Jawa Timur

Re: Review Honda Civic FB2 AT

Post by Felixz_Yaris »

zonepublic wrote: Sun Dec 08, 2024 12:33
civic fd masih hidrolik belum eps kan ya?ada kelebihan kekurangannya tapi saya rasa kons bbm honda generasi 2013 keatas lbh irit kok daripada generasi sebelumnya
Tergantung FD mana om haha
FD1 1.8 mesin R18 HPS om, FD2 2.0 mesin k20 EPS
Kalo FB2 1.8 mesin R18 EPS, FB2 2.0 mesin R20 EPS juga
Cuman historynya 2012 honda lagi kena krisis dan demand nya minta BBM lebih irit, mungkin dari sana honda kepikiran ciptain tombol laknat bernama ECON hahaha :big_biglaugh:
[TYCI 917]
[YKC]
zonepublic
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 854
Joined: Thu Feb 20, 2014 19:08

Re: Review Honda Civic FB2 AT

Post by zonepublic »

Felixz_Yaris wrote: Sun Dec 08, 2024 12:41
Tergantung FD mana om haha
FD1 1.8 mesin R18 HPS om, FD2 2.0 mesin k20 EPS
Kalo FB2 1.8 mesin R18 EPS, FB2 2.0 mesin R20 EPS juga
Cuman historynya 2012 honda lagi kena krisis dan demand nya minta BBM lebih irit, mungkin dari sana honda kepikiran ciptain tombol laknat bernama ECON hahaha :big_biglaugh:
kayanya tuh tombol ga guna juga deh
denger2 kons bbm ga beda jauh tp respon mesinnya jadi ga enak
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16507
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Review Honda Civic FB2 AT

Post by ChZ »

wah jadi angkut juga nih bro.

btw itu ban pake apa kok sekilas kayak bangsa eko ekoan yah... coba diganti dulu... soalnya FB ini harusnya empuk kalo dibanding angkatannya FD yah.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
Felixz_Yaris
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3220
Joined: Wed Mar 27, 2013 4:32
Location: Jombang, Jawa Timur

Re: Review Honda Civic FB2 AT

Post by Felixz_Yaris »

ChZ wrote: Mon Dec 09, 2024 2:38 wah jadi angkut juga nih bro.

btw itu ban pake apa kok sekilas kayak bangsa eko ekoan yah... coba diganti dulu... soalnya FB ini harusnya empuk kalo dibanding angkatannya FD yah.
Wih ko chris, halo ko. FYI ini semua sebelum hunting FB nanya ke ko chris ni.

Lho memang agak empuk dibanding FD ko. Reboundnya kerasa lebih pelan dari FD. Jadi kalo lewat speedbump ga se ngocok FD.
Gt radial GTX pro ko, masih baru 2023 sih ko bannya. Rencana mungkin akhir taun depan deh mau coba ganti ke conti CC6 :mky_01:
[TYCI 917]
[YKC]
slapnuts
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 391
Joined: Sun Nov 18, 2012 12:16

Re: Review Honda Civic FB2 AT

Post by slapnuts »

ariswp wrote: Sun Dec 08, 2024 3:27 Saya malah ngiler sama FB2 yang facelift 2015 om, pingin banget nuker RE ke FB2
Masih sama2 5AT, udah paham perawatan dan karakter mesin R yg bawahnya loyo tapi atasnya lumayan, irit kagak boros kagak
Tapi masi kepikiran GC, karena kadang kurang pede aja klo sedan gini buat touring agak jauh dengan kondisi jalan +62

Jadi kabar klo FB itu bantingannya lebih keras dari FD valid ya? Saya kira malah lebih empuk
Kalau mau cari sedan dengan budget FB mungkin bisa lirik Altis 2014 om. Dari segi perawatan mudah murah, paling yang perlu diperhatikan koilnya saja. Soal fitur jauh dibanding FB yang serba manual (start stop, ac digital climate, auto headlamp, auto wiper dsb). Minus paling bentuk dashboard yang tegak jelek, dan mungkin CVT yang ga fun to drive bagi sebagian orang.
vincewonk
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 664
Joined: Wed Dec 26, 2007 19:33
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Gojek

Re: Review Honda Civic FB2 AT

Post by vincewonk »

Felixz_Yaris wrote: Sat Dec 07, 2024 14:50
sintoni wrote: Sat Dec 07, 2024 14:18 Nais ripiu om, ane suka banget paragraf terakhirnya. Haha.

Kalau dibaca kesimpulannya yg jadi minus utama cuma ketersediaan parts ini ya om?

Harusnya biasa kalau Honda banyak yg interchangeable parts sama model lain, masa parts kaki2 banyak yg beda sama FD om?
Beberapa parts common mesin kaya filter udara, dan barusan ganti mounting FB sharing sama FD
Kalo berbau kelistrikan sharing sama RM, kaya canbus imid dll
Kalo FD komponen steeringnya beda om, kaki kakinya beda juga
FYI racksteer FB 19.8jt, camry xv50 13jt an. Sensor speed untuk abs indent 1 bulan lebih hehe :mky_06:
Altis E170 yg sampai 2019 itu racksteernya 6jt di auto2000. saya pernah ganti. tp jelas ini FB jauh lebi enak, apalagi suspensi blkgnya. cuma berhubung yg kita kejar kekuatan suspensi, jadinya pilih altis. \
Altis juga ketersediaan partsnya banyakan indent karena cbu thailand.
dulu saya sempet nimang FB ini juga, tp habis ktemu unit altis yg saya pakai skrg. lsg tebus ini. sptnya memang jodoh2an sih :big_smile]

kalo ga salah yg 1.8 aslinya 16 ya? yg 2.0 17 inch.
saya malah di altis V turun dr 17 ke 16 (velg tipe G). jauh bgt bedanya jadi nyaman bgt dan umur kaki2 jauh lebih panjang. bensin ada improvement 9% dan akselerasi 0 ke 100 kepotong 0.92 detik. cuma dr samping jadi cupu.
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4835
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Review Honda Civic FB2 AT

Post by Pboyz97 »

Felixz_Yaris wrote: Sun Dec 08, 2024 12:27

Nah kebetulan punya tetangga sebelah rumah saya juga civic FD1 dan baru remajain kaki kaki, om bilang keras dibanding FD ini sama sama std? Sama sama fit kaki kakinya? Kalo sama-sama sehat dan standart ini sih FB lebih dewasa dari FD, di speedbump komplek yg sama FD lebih ngocok. Karakter reboundnya juga beda. Even EX user FD juga bilang damping dan reboundnya lebih better FB. Karena unit FB saya baru beres kaki kaki saya full hehe.
Soalnya baru kali ini denger FD lebih empuk dari FB, menarik juga apa pake shockbreaker sama per apa kok FDnya lebih empuk :upss: nanti kalo udah waktu ganti shock sama per mau coba merk itu sapa tau bs empuk juga :upss:

Fun to drive kalo dari steering feedback iya lebih fun FD1 krn HPS, FD2 Eps

kalo kaki2nya sih sama2 fit ya. blm ada bunyi2an yg aneh2, tp gatau masih standar or udh dimodif. kebetulan fb nya persis kek punya om tahun 2012 manual & fd nya yg 1.8 manual jg 2007 hehe. dua2nya exterior standar termasuk velgnya jg. kalo soal keras or ga ya saya kurang tau, secara saya blm pernah td fb lain selain yg ini, tp kalo driving feelnya, menurut saya pribadi masih lebih enak FD dibanding FB, handlingnya jg lebih enak FD
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4835
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Review Honda Civic FB2 AT

Post by Pboyz97 »

zonepublic wrote: Sun Dec 08, 2024 12:33

civic fd masih hidrolik belum eps kan ya?ada kelebihan kekurangannya tapi saya rasa kons bbm honda generasi 2013 keatas lbh irit kok daripada generasi sebelumnya
yes, masih hidrolik, mirip sm CRV RE jg. memang lebih irit + lebih nyaman dan empuk jg menurut saya walaupun driving feel, tarikan sm handlingnya masih lebih enak yg gen 2013 kebawah hehe
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
zonepublic
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 854
Joined: Thu Feb 20, 2014 19:08

Re: Review Honda Civic FB2 AT

Post by zonepublic »

Pboyz97 wrote: Mon Dec 09, 2024 15:05
yes, masih hidrolik, mirip sm CRV RE jg. memang lebih irit + lebih nyaman dan empuk jg menurut saya walaupun driving feel, tarikan sm handlingnya masih lebih enak yg gen 2013 kebawah hehe
sebenarnya crv mau dari gen awal bukan karakter honda juga sih karena seingat saya soichiro honda cuma bikin kei car,hatchback& sedan ga pernah rancang suv :ungg: bantingan dan handlingnya sudah beda jauh sama pakemnya honda
memang banyak perubahan di Honda tiap generasi
kalo ada duit iseng
boleh coba honda wonder/sb3 saya dulu belajar setir pake wonder setrika tapi mesinnya masih karburator banyak mekanikal perlu banyak inspeksi ini itu kalo susah starter,dan belum power steering jadi berat setirnya tapi masih wajar kok ga seberat setir suzuki carry
kalau sudah coba wonder civic pasti anda ga akan suka civic FD lagi seperti saya :big_biglaugh:
tapi kalo anda mau yg praktis
kalo bisa dapat honda city type z mesin vtec bagus boleh tuh buat disimpen
handling bantingan rasa grand civic tahun 90,sudah power steering hidrolik dan cukup awet daripada hps honda tahun 2000an yang sering bermasalah,paling bakal jadi sahabat baik bengkel onderstel karena suspensi double wishbonnya sering sekali bunyi gluduk2
mesin teknologi injeksi sudah lebih baik karena sudah injeksi teknologi vtec yang menyempurnakan mesin pgm-fi estilo/genio yang ngabisin duit karena rusaknya bergilir
User avatar
Felixz_Yaris
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3220
Joined: Wed Mar 27, 2013 4:32
Location: Jombang, Jawa Timur

Re: Review Honda Civic FB2 AT

Post by Felixz_Yaris »

Pboyz97 wrote: Mon Dec 09, 2024 15:04
kalo kaki2nya sih sama2 fit ya. blm ada bunyi2an yg aneh2, tp gatau masih standar or udh dimodif. kebetulan fb nya persis kek punya om tahun 2012 manual & fd nya yg 1.8 manual jg 2007 hehe. dua2nya exterior standar termasuk velgnya jg. kalo soal keras or ga ya saya kurang tau, secara saya blm pernah td fb lain selain yg ini, tp kalo driving feelnya, menurut saya pribadi masih lebih enak FD dibanding FB, handlingnya jg lebih enak FD
Nah makanya saya bingung pas tempo hari om bilang keras FB dari pada FD.
Pboyz97 wrote: Mon Dec 09, 2024 15:04 daripada FB saya mending FD. pengalaman saya td keduanya entah knp lebih fun to drive FD. handling jg entah knp lebih enak FD jauh daripada FB menurut saya. selain itu jg RV jg kedepannya bakal lebih nahan FD dibanding FB menurut saya. FD ini salah 1 dream car saya jg dulu, pengen yg 2.0 AT or 1.8 MT. tp emg cari yg kondisinya bagus & full ori agak susah, secara rata2 banyak dipake buat oprekkan alias modif dari jamannya dulu bahkan smpe saat ini

yes. pengalaman saya nyoba yg manualnya punya temen emg lebih keras dikit drpd FD menurut pengamatan sotoy saya. saya sendiri kebetulan jg ex user RE, kalo saya jd om saya bakal ke FD aja, yg FD2 sekalian hehe
[TYCI 917]
[YKC]
carlzeiss
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 705
Joined: Mon Jul 04, 2016 16:27
Daily Vehicle: Ga Kencang Tapi Menggetarkan

Re: Review Honda Civic FB2 AT

Post by carlzeiss »

salah satu civic yang memang bingung mau disukain apa nya , apalagi yg ganti dari FD ke sini, tapi mau gimana pun namanya civic jempolan handlingnya. Cuman penyakitnya ya itu racksteer, kaki kaki , magnetic AC . Trakhir saya pakai FD 1 ac nya bisa auto climate sendiri, set dingin , tengah jalan berubah jadi anget :big_biglaugh: :big_biglaugh:
- yang kenceng kalah sama yang wet look
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16507
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Review Honda Civic FB2 AT

Post by ChZ »

carlzeiss wrote: Tue Dec 10, 2024 6:23 salah satu civic yang memang bingung mau disukain apa nya , apalagi yg ganti dari FD ke sini, tapi mau gimana pun namanya civic jempolan handlingnya. Cuman penyakitnya ya itu racksteer, kaki kaki , magnetic AC . Trakhir saya pakai FD 1 ac nya bisa auto climate sendiri, set dingin , tengah jalan berubah jadi anget :big_biglaugh: :big_biglaugh:
ganti FD ke FB itu sebenernya jatuhnya rada downgrade di kualitas, tapi hampir semua durability issues FD itu diperbaiki di FB.

mounting FB ngga langganan rusak.
kaki kaki relatif lebih awet. 60 ribu saya masih kenceng semua.

kebawa sampe FK juga sekarang 60 ribu masih awet pake dari baru.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7