All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 4)

Segala mobil tipe minibus/station (Kijang, Kuda, Panther, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

zeroliner
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: Wed Dec 11, 2024 11:45
Location: Bandung
Daily Vehicle: Innova 2GD FTV

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 4)

Post by zeroliner »

Halo om2 semua, ane punya 2gd tahun 2018 ada punyi putu di turbo. Rencana pgn ganti, turbo pre facelift kode part 17201-11070 dan untuk yg facelift iart kode part 17201-11110. Pertanyaannya, turbo yg iart apa bisa dipasang di 2gd 2018?
tesna
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 863
Joined: Thu Mar 17, 2005 9:01
Location: Jakarta

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 4)

Post by tesna »

zeroliner wrote: ↑Wed Dec 11, 2024 11:57 Halo om2 semua, ane punya 2gd tahun 2018 ada punyi putu di turbo. Rencana pgn ganti, turbo pre facelift kode part 17201-11070 dan untuk yg facelift iart kode part 17201-11110. Pertanyaannya, turbo yg iart apa bisa dipasang di 2gd 2018?
ganti turbo 1gd oem aja biar joss πŸ˜… cari 777 turbo
W212 M272 '10
AN140 2GD '18
saturday
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 656
Joined: Fri Sep 28, 2018 1:31

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 4)

Post by saturday »

Lagi cobain per depan Jamex produksi terbaru bagian depan spek khusus Reborn. Barang baru masuk Indonesia bulan ini. Saya belum tahu part numbernya karena barang yang dikirim ke saya masih menggunakan kardus lama.

Seperti yang pernah saya post di thread lain, per Jamex depan untuk "Innova Diesel" itu diperuntukkan Innova 2KD; mentang-mentang bisa dipasang di Reborn, seluruh seller di marketplace klaim itu bisa untuk Reborn. Sekedar bisa terpasang, tapi tidak optimal.
IMG-20241214-WA0068.jpg
Ribooon.png
Ribooon2.png
Yang saya rasakan hentakan lebih lembut karena spring rate sedikit berkurang, tapi tetap bisa membuat body roll berkurang karena jumlah coil yang bertambah. Paling terasa ketika sedang menikung atau U-turn, lalu mau kembali ke posisi setir center; body rollnya jadi berkurang dibanding per ori.

Terlihat bagian depan lebih turun, CMIIW, saya tidak ada foto pembanding sebelum ganti per. Untungnya shock Jamex Monotube yang saya gunakan ada setelan untuk naik-turun. Masih bisa dinaikkan 1 atau 2 cm tergantung mau didudukkan di groove mana (tiap groove = 1 cm).

Kapan sempat akan tes naik 1 cm supaya tidak terlalu terlihat nungging.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
tesna
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 863
Joined: Thu Mar 17, 2005 9:01
Location: Jakarta

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 4)

Post by tesna »

saturday wrote: ↑Sun Dec 15, 2024 16:29 Lagi cobain per depan Jamex produksi terbaru bagian depan spek khusus Reborn. Barang baru masuk Indonesia bulan ini. Saya belum tahu part numbernya karena barang yang dikirim ke saya masih menggunakan kardus lama.

Seperti yang pernah saya post di thread lain, per Jamex depan untuk "Innova Diesel" itu diperuntukkan Innova 2KD; mentang-mentang bisa dipasang di Reborn, seluruh seller di marketplace klaim itu bisa untuk Reborn. Sekedar bisa terpasang, tapi tidak optimal.

IMG-20241214-WA0068.jpg

Ribooon.png

Ribooon2.png

Yang saya rasakan hentakan lebih lembut karena spring rate sedikit berkurang, tapi tetap bisa membuat body roll berkurang karena jumlah coil yang bertambah. Paling terasa ketika sedang menikung atau U-turn, lalu mau kembali ke posisi setir center; body rollnya jadi berkurang dibanding per ori.

Terlihat bagian depan lebih turun, CMIIW, saya tidak ada foto pembanding sebelum ganti per. Untungnya shock Jamex Monotube yang saya gunakan ada setelan untuk naik-turun. Masih bisa dinaikkan 1 atau 2 cm tergantung mau didudukkan di groove mana (tiap groove = 1 cm).

Kapan sempat akan tes naik 1 cm supaya tidak terlalu terlihat nungging.
mantap, emang hrnsya spring rate nya sesuai. makanya dulu saya pas cek2 lowering kit yang ada spesifik buat innova reborn diesel ya eibach..

btw, ban yang paling lebar yg muat di innova itu brapa ya? skrg pake velg 18x9.5 ET25 dengan ban 235/50/18. Jadinya rada narik, nanti next mau ganti ban yang lebih lebar. temen sih make 245/50/18 dan fine2 aja. Tapi itu masih rada narik juga sih klihatannya. 255/50/18 jarang ada yg jual. paling ada 255/45/18. tapi serem jg profil 45 takut makin kayak gerobak itu mobil. klo 265/45/18 sih baru ukurannya nya relatif sama klo dilihat tire size calculator tapi harga ban nya 4 juta/pcs :big_slap:. blom lagi apa bener muat itu di innova..... plz klo ada yg udah pengalaman pasang ban lebar dong
W212 M272 '10
AN140 2GD '18
Lukayst
Visitor
Visitor
Posts: 9
Joined: Tue Nov 12, 2024 7:31
Location: Sumatra selatan
Daily Vehicle: Kijang kapsul diesel

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 4)

Post by Lukayst »

Izin bertanya kpd Suhu2 SM

lagu nyari bilstein silver utk bagian blkng reborn berdasarkan baca di thread SM

Mohon saran toko ijo/oren online yang jual bilstein asli nya Suhu

Dari yg saya baca ada 2 toko (garuda @*to & st@*x)
Tp saya lihat lapak garuda @*to kok gambar nya ada cap toko st@*x

Jadi ragu,
Mohon petunjuk nya Suhu πŸ™πŸ™‡β€β™‚οΈ
saturday
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 656
Joined: Fri Sep 28, 2018 1:31

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 4)

Post by saturday »

Lukayst wrote: ↑Sat Dec 21, 2024 21:30 Izin bertanya kpd Suhu2 SM

lagu nyari bilstein silver utk bagian blkng reborn berdasarkan baca di thread SM

Mohon saran toko ijo/oren online yang jual bilstein asli nya Suhu

Dari yg saya baca ada 2 toko (garuda @*to & st@*x)
Tp saya lihat lapak garuda @*to kok gambar nya ada cap toko st@*x

Jadi ragu,
Mohon petunjuk nya Suhu πŸ™πŸ™‡β€β™‚οΈ
StamX & Futz Istanaparts oke. Selama ini parts suspensi selalu beli dari mereka.
saturday
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 656
Joined: Fri Sep 28, 2018 1:31

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 4)

Post by saturday »

saturday wrote: ↑Sun Dec 15, 2024 16:29 Lagi cobain per depan Jamex produksi terbaru bagian depan spek khusus Reborn. Barang baru masuk Indonesia bulan ini. Saya belum tahu part numbernya karena barang yang dikirim ke saya masih menggunakan kardus lama.

Seperti yang pernah saya post di thread lain, per Jamex depan untuk "Innova Diesel" itu diperuntukkan Innova 2KD; mentang-mentang bisa dipasang di Reborn, seluruh seller di marketplace klaim itu bisa untuk Reborn. Sekedar bisa terpasang, tapi tidak optimal.

IMG-20241214-WA0068.jpg

Ribooon.png

Ribooon2.png

Yang saya rasakan hentakan lebih lembut karena spring rate sedikit berkurang, tapi tetap bisa membuat body roll berkurang karena jumlah coil yang bertambah. Paling terasa ketika sedang menikung atau U-turn, lalu mau kembali ke posisi setir center; body rollnya jadi berkurang dibanding per ori.

Terlihat bagian depan lebih turun, CMIIW, saya tidak ada foto pembanding sebelum ganti per. Untungnya shock Jamex Monotube yang saya gunakan ada setelan untuk naik-turun. Masih bisa dinaikkan 1 atau 2 cm tergantung mau didudukkan di groove mana (tiap groove = 1 cm).

Kapan sempat akan tes naik 1 cm supaya tidak terlalu terlihat nungging.
Tes naik 1 posisi dudukan per shock Jamex Monotube. Posisi asli ketika shock diterima dan dipasang ada di nomor 2 dari 5 posisi. Sekarang naik ke nomor 3 (tengah).

1 posisi = 1 cm. Kenyataannya mobilnya naik 2 cm setelah naik 1 posisi.

Posisi nomor 3 (tengah): jarak ban ke fender 7 cm
1000210005-removebg-preview.png
Posisi nomor 2 (bawaan): jarak ban ke fender 5 cm
Ribooon (1).png
Setelah naik 1 klik. Yang dirasakan mobil jadi lebih stiff; balik lagi kerasnya seperti ketika masih pakai per ori tapi untuk body roll, response steer, nose dive, dan feeling ketika rem, belok, pindah lajur, dan menikung jadi lebih mantap dibandingkan per ori ataupun per jamex dengan shock jamex monotube 1 posisi dibawahnya.

Saya lebih cocok dengan setup yang sekarang. Lebih sedap dipandang juga karena tidak "ngangkang" belakangnya.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11728
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 4)

Post by marmut »

saturday wrote: ↑Mon Dec 23, 2024 2:00

Saya lebih cocok dengan setup yang sekarang. Lebih sedap dipandang juga karena tidak "ngangkang" belakangnya.


padahal kalau setelan diturunin 1 lg jadi spt mbah buyutnya, kijang grand extra....


images.jpeg


:ngacir:
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
saturday
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 656
Joined: Fri Sep 28, 2018 1:31

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 4)

Post by saturday »

marmut wrote: ↑Mon Dec 23, 2024 4:41
saturday wrote: ↑Mon Dec 23, 2024 2:00

Saya lebih cocok dengan setup yang sekarang. Lebih sedap dipandang juga karena tidak "ngangkang" belakangnya.


padahal kalau setelan diturunin 1 lg jadi spt mbah buyutnya, kijang grand extra....



images.jpeg



:ngacir:
Itu waktu masih muda. Berdiri tegak dan gagah perkasa.
Screenshot_2024-12-23-11-54-53-662_com.android.chrome-edit.jpg
Sekarang sudah turun berok.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
ctopher7
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1092
Joined: Fri Jun 11, 2021 12:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: w205 money pit

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 4)

Post by ctopher7 »

tesna wrote: ↑Wed Dec 11, 2024 13:55
zeroliner wrote: ↑Wed Dec 11, 2024 11:57 Halo om2 semua, ane punya 2gd tahun 2018 ada punyi putu di turbo. Rencana pgn ganti, turbo pre facelift kode part 17201-11070 dan untuk yg facelift iart kode part 17201-11110. Pertanyaannya, turbo yg iart apa bisa dipasang di 2gd 2018?
ganti turbo 1gd oem aja biar joss πŸ˜… cari 777 turbo
+1 nih, coba nonton video youtubenya robert a deh. dia ada video ngobrol + test drive sama pemilik 777 turbo
Lukayst
Visitor
Visitor
Posts: 9
Joined: Tue Nov 12, 2024 7:31
Location: Sumatra selatan
Daily Vehicle: Kijang kapsul diesel

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 4)

Post by Lukayst »

saturday wrote: ↑Mon Dec 23, 2024 1:47
Lukayst wrote: ↑Sat Dec 21, 2024 21:30 Izin bertanya kpd Suhu2 SM

lagu nyari bilstein silver utk bagian blkng reborn berdasarkan baca di thread SM

Mohon saran toko ijo/oren online yang jual bilstein asli nya Suhu

Dari yg saya baca ada 2 toko (garuda @*to & st@*x)
Tp saya lihat lapak garuda @*to kok gambar nya ada cap toko st@*x

Jadi ragu,
Mohon petunjuk nya Suhu πŸ™πŸ™‡β€β™‚οΈ
StamX & Futz Istanaparts oke. Selama ini parts suspensi selalu beli dari mereka.
Terima kasih Suhu @Saturday atas petunjuk nyaπŸ™πŸ˜‡
vanosz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1319
Joined: Sat Aug 31, 2013 4:20

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 4)

Post by vanosz »

Sodaranya nih,

Kemaren siang ganti kampas depan brembo 8 pot dapat 10 ribu km lewat dikit,

Harian ngaspolllll rem tebit,

Duit gak pernah boong sampe kiamat,

Klo mau serius main mobil,
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
chondriac
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 81
Joined: Sun Jan 17, 2016 23:05

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 4)

Post by chondriac »

Halo om2,
izin tanya dan diskusi, abis angkat 2GD tahun 2019 matic. mau tanya,
1. Matic nya saya rasa aga aneh, jika jalan di tol speed 100, lalu diperlambat ke 80, kok kaya gear nya ga turun ya pas di gas.
2. kondisi atf sudah diganti 3 bulan lalu pake ptt lv 1
3. setelah baca2, coba cek level atf, ada perlu di tambah sekitar 1/2 liter.
4. sempet dicoba aga mendingan, tp ga lama kumat lagi, kurang cerdas gt matiknya.
apakah ada solusi lain om2 skalian? thanks sharing nya.
saturday
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 656
Joined: Fri Sep 28, 2018 1:31

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 4)

Post by saturday »

chondriac wrote: ↑Mon Jan 06, 2025 8:36 Halo om2,
izin tanya dan diskusi, abis angkat 2GD tahun 2019 matic. mau tanya,
1. Matic nya saya rasa aga aneh, jika jalan di tol speed 100, lalu diperlambat ke 80, kok kaya gear nya ga turun ya pas di gas.
2. kondisi atf sudah diganti 3 bulan lalu pake ptt lv 1
3. setelah baca2, coba cek level atf, ada perlu di tambah sekitar 1/2 liter.
4. sempet dicoba aga mendingan, tp ga lama kumat lagi, kurang cerdas gt matiknya.
apakah ada solusi lain om2 skalian? thanks sharing nya.
Logic maticnya 2GD saya rasakan terlalu "eco". Disuruh downshift malas, maunya upshift atau hold gear melulu kalau injakan gasnya tidak disentak/diinjak dalam.

Apabila kondisi transmisi sehat dan sudah dimaintain dengan baik:
GoTrans mekanis yang bor valve body dan ganti per valve body bukan solusi juga. Saya sudah pakai dan tidak mengobati programming maticnya.

Yang menurut saya cukup memperbaiki logic matic tersebut adalah mode PWR. Saya kombinasikan mode PWR + Throttle Control (bisa di set minus) jadi throttle mappingnya bisa dikurangi mendekati mode standar, tapi logic maticnya ikut mode PWR. Mobil jadi jauh lebih fun to drive.
chondriac
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 81
Joined: Sun Jan 17, 2016 23:05

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 4)

Post by chondriac »

saturday wrote: ↑Mon Jan 06, 2025 10:14

Logic maticnya 2GD saya rasakan terlalu "eco". Disuruh downshift malas, maunya upshift atau hold gear melulu kalau injakan gasnya tidak disentak/diinjak dalam.

Apabila kondisi transmisi sehat dan sudah dimaintain dengan baik:
GoTrans mekanis yang bor valve body dan ganti per valve body bukan solusi juga. Saya sudah pakai dan tidak mengobati programming maticnya.

Yang menurut saya cukup memperbaiki logic matic tersebut adalah mode PWR. Saya kombinasikan mode PWR + Throttle Control (bisa di set minus) jadi throttle mappingnya bisa dikurangi mendekati mode standar, tapi logic maticnya ikut mode PWR. Mobil jadi jauh lebih fun to drive.
nah bener om, klo dr stop sih enak, pas jalan konstan kaya di tol dan perlu nambah speed, ini yg ngeselin banget.
tambah TC buat akalin ya om..siap2
saturday
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 656
Joined: Fri Sep 28, 2018 1:31

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 4)

Post by saturday »

chondriac wrote: ↑Mon Jan 06, 2025 12:01
saturday wrote: ↑Mon Jan 06, 2025 10:14

Logic maticnya 2GD saya rasakan terlalu "eco". Disuruh downshift malas, maunya upshift atau hold gear melulu kalau injakan gasnya tidak disentak/diinjak dalam.

Apabila kondisi transmisi sehat dan sudah dimaintain dengan baik:
GoTrans mekanis yang bor valve body dan ganti per valve body bukan solusi juga. Saya sudah pakai dan tidak mengobati programming maticnya.

Yang menurut saya cukup memperbaiki logic matic tersebut adalah mode PWR. Saya kombinasikan mode PWR + Throttle Control (bisa di set minus) jadi throttle mappingnya bisa dikurangi mendekati mode standar, tapi logic maticnya ikut mode PWR. Mobil jadi jauh lebih fun to drive.
nah bener om, klo dr stop sih enak, pas jalan konstan kaya di tol dan perlu nambah speed, ini yg ngeselin banget.
tambah TC buat akalin ya om..siap2
Sebelum buang uang untuk beli TC. Anda tes dulu karakter transmisinya di mode PWR. Kalau benar jadi lebih sigap sesuai kemauan tapi dirasa respons gasnya terlalu agresif atau kurang agresif, barulah anda tambah TC.
2kdpelan
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 120
Joined: Wed May 13, 2020 15:29
Location: INDONESIA
Daily Vehicle: 2012 Fortuner VNT

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 4)

Post by 2kdpelan »

chondriac wrote: ↑Mon Jan 06, 2025 8:36 Halo om2,
izin tanya dan diskusi, abis angkat 2GD tahun 2019 matic. mau tanya,
1. Matic nya saya rasa aga aneh, jika jalan di tol speed 100, lalu diperlambat ke 80, kok kaya gear nya ga turun ya pas di gas.
2. kondisi atf sudah diganti 3 bulan lalu pake ptt lv 1
3. setelah baca2, coba cek level atf, ada perlu di tambah sekitar 1/2 liter.
4. sempet dicoba aga mendingan, tp ga lama kumat lagi, kurang cerdas gt matiknya.
apakah ada solusi lain om2 skalian? thanks sharing nya.
1. Injek gas nya tipis2? Kl tipis, mungkin kurang load makanya ga downshift. Kl diinjek agak dalem hrsnya turun koq, ga manteng di gigi 5 / 6
tesna
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 863
Joined: Thu Mar 17, 2005 9:01
Location: Jakarta

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 4)

Post by tesna »

posisi gas nya udah full apa masih separo2? klo full hrsnya downshift.. klo udah full ga downshift itu aneh sih.

saya punya sih emang demen ya ga downshift karena klo downshift jadi berisik (jd ketahuan ngebutnya kan sm penumpang). makanya klo keluar kota jarang dipake itu power mode karena normal mode udah ngejossssss

klo gas nya separo2 aja biasanya ga downshift.. biasanya klo downshift malah gas nya saya kurangin lagi biar upshift

jangan pake throttler controller itu istilahnya cuman boongin kaki doang, udah mendingan kaki aja yg di setting ekekekke. mendingan di remap setidaknya (tapi smokeless). plus pasang atf cooler biar transmisi (semoga) lebih awet.

saya juga atf pake ptt, mesin dah stage 3 + atf cooler, enak2 aja sih hrsnya pake ptt.
W212 M272 '10
AN140 2GD '18
saturday
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 656
Joined: Fri Sep 28, 2018 1:31

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 4)

Post by saturday »

tesna wrote: ↑Tue Jan 07, 2025 1:32 jangan pake throttler controller itu istilahnya cuman boongin kaki doang, udah mendingan kaki aja yg di setting ekekekke.
Di Innova ini, saya punya keluhan yang sama. Turbo DR42 VN + nozzle 1GD kalau remap relatif smokeless spool tidak secepat original/yang ball bearing. Kalau nyetirnya dengan cara saya biasa menyetir, maticnya terlalu eco dan diperparah turbo yang ada jeda.

Iseng tes masuk PWR mode, maticnya jauh lebih enak tapi throttle mapping jadi terlalu jerky.

Akhirnya saya beranikan untuk coba TC dan puas karena bisa sesuaikan karakter mobil sesuai kemauan saya. Bukan saya yang dipaksa ikuti kemauan mobil.
RezPrat
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 543
Joined: Thu Sep 12, 2013 1:40

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 4)

Post by RezPrat »

saturday wrote: ↑Mon Jan 06, 2025 10:14
chondriac wrote: ↑Mon Jan 06, 2025 8:36 Halo om2,
izin tanya dan diskusi, abis angkat 2GD tahun 2019 matic. mau tanya,
1. Matic nya saya rasa aga aneh, jika jalan di tol speed 100, lalu diperlambat ke 80, kok kaya gear nya ga turun ya pas di gas.
2. kondisi atf sudah diganti 3 bulan lalu pake ptt lv 1
3. setelah baca2, coba cek level atf, ada perlu di tambah sekitar 1/2 liter.
4. sempet dicoba aga mendingan, tp ga lama kumat lagi, kurang cerdas gt matiknya.
apakah ada solusi lain om2 skalian? thanks sharing nya.
Logic maticnya 2GD saya rasakan terlalu "eco". Disuruh downshift malas, maunya upshift atau hold gear melulu kalau injakan gasnya tidak disentak/diinjak dalam.

Apabila kondisi transmisi sehat dan sudah dimaintain dengan baik:
GoTrans mekanis yang bor valve body dan ganti per valve body bukan solusi juga. Saya sudah pakai dan tidak mengobati programming maticnya.

Yang menurut saya cukup memperbaiki logic matic tersebut adalah mode PWR. Saya kombinasikan mode PWR + Throttle Control (bisa di set minus) jadi throttle mappingnya bisa dikurangi mendekati mode standar, tapi logic maticnya ikut mode PWR. Mobil jadi jauh lebih fun to drive.
Sering2 pake PWR mode, minyak diesel goes brrruuurrr.....cuma emang jadi jauh lebih enak sih hahaha
chondriac
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 81
Joined: Sun Jan 17, 2016 23:05

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 4)

Post by chondriac »

2kdpelan wrote: ↑Mon Jan 06, 2025 13:58

1. Injek gas nya tipis2? Kl tipis, mungkin kurang load makanya ga downshift. Kl diinjek agak dalem hrsnya turun koq, ga manteng di gigi 5 / 6
tesna wrote: ↑Tue Jan 07, 2025 1:32 posisi gas nya udah full apa masih separo2? klo full hrsnya downshift.. klo udah full ga downshift itu aneh sih.

saya punya sih emang demen ya ga downshift karena klo downshift jadi berisik (jd ketahuan ngebutnya kan sm penumpang). makanya klo keluar kota jarang dipake itu power mode karena normal mode udah ngejossssss

klo gas nya separo2 aja biasanya ga downshift.. biasanya klo downshift malah gas nya saya kurangin lagi biar upshift

jangan pake throttler controller itu istilahnya cuman boongin kaki doang, udah mendingan kaki aja yg di setting ekekekke. mendingan di remap setidaknya (tapi smokeless). plus pasang atf cooler biar transmisi (semoga) lebih awet.

saya juga atf pake ptt, mesin dah stage 3 + atf cooler, enak2 aja sih hrsnya pake ptt.
Iya om, saya gas nya tipis2, biar penumpang nyaman, cuma ya itu, saat di jalan arus nya nambah speed, ngikutin nya berat, kcuali gas aga dalem, cuma jadinya kurang seamless aja suara mesin nya. hehe..emang karakternya ya..siap2.
untuk remap smokeless ada saran yg di jkt om?
tesna
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 863
Joined: Thu Mar 17, 2005 9:01
Location: Jakarta

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 4)

Post by tesna »

saturday wrote: ↑Tue Jan 07, 2025 2:33

Di Innova ini, saya punya keluhan yang sama. Turbo DR42 VN + nozzle 1GD kalau remap relatif smokeless spool tidak secepat original/yang ball bearing. Kalau nyetirnya dengan cara saya biasa menyetir, maticnya terlalu eco dan diperparah turbo yang ada jeda.

Iseng tes masuk PWR mode, maticnya jauh lebih enak tapi throttle mapping jadi terlalu jerky.

Akhirnya saya beranikan untuk coba TC dan puas karena bisa sesuaikan karakter mobil sesuai kemauan saya. Bukan saya yang dipaksa ikuti kemauan mobil.
innova saya sih untungnya ngga gitu berasa ngelag bawahnya, dr rpm bawah ngisi terus (pakai turbo 1GD bb), makanya sy udah puas klo kluar kota pakai normal mode, even di tanjak2an panjang (macam di nagreg, cipularang) bener2 udah responsif dr rpm bawah, bonusnya suara mesin lebih senyap karena hanya main di rpm rendah. udah cocok sih karakternya sm keinginan sy itu karakter pedalnya.

or apa karena tcu nya di remap juga ya? kt tuner biar lebih sesuai dengan power band mesin yg udah di upgrade.
chondriac wrote: ↑Tue Jan 07, 2025 4:15

Iya om, saya gas nya tipis2, biar penumpang nyaman, cuma ya itu, saat di jalan arus nya nambah speed, ngikutin nya berat, kcuali gas aga dalem, cuma jadinya kurang seamless aja suara mesin nya. hehe..emang karakternya ya..siap2.
untuk remap smokeless ada saran yg di jkt om?
saya sih tune di elika, atau di tempat lain seperti di rev, atau rs tuning ok juga karena mereka ada dyno dan bisa request smokeless. klo kondisi semua std hrsnya 190hp smokeless...
W212 M272 '10
AN140 2GD '18
saturday
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 656
Joined: Fri Sep 28, 2018 1:31

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 4)

Post by saturday »

tesna wrote: ↑Tue Jan 07, 2025 4:32

innova saya sih untungnya ngga gitu berasa ngelag bawahnya, dr rpm bawah ngisi terus (pakai turbo 1GD bb), makanya sy udah puas klo kluar kota pakai normal mode, even di tanjak2an panjang (macam di nagreg, cipularang) bener2 udah responsif dr rpm bawah, bonusnya suara mesin lebih senyap karena hanya main di rpm rendah. udah cocok sih karakternya sm keinginan sy itu karakter pedalnya.

or apa karena tcu nya di remap juga ya? kt tuner biar lebih sesuai dengan power band mesin yg udah di upgrade.
1GD Ball Bearing turbo ini wishlist saya. Suatu saat pasti akan upgrade ke turbo ini karena saya dengar spoolnya luar biasa cepatnya. Terutama dibandingkan turbo non-ball bearing meskipun VN sekalipun.

Pakai ukuran berapa turbo 1GD BB nya?

Elika salah satu yang bisa retune logic matic (TCU). Barangkali punya anda sudah diretune.
tesna
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 863
Joined: Thu Mar 17, 2005 9:01
Location: Jakarta

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 4)

Post by tesna »

saturday wrote: ↑Tue Jan 07, 2025 4:47

1GD Ball Bearing turbo ini wishlist saya. Suatu saat pasti akan upgrade ke turbo ini karena saya dengar spoolnya luar biasa cepatnya. Terutama dibandingkan turbo non-ball bearing meskipun VN sekalipun.

Pakai ukuran berapa turbo 1GD BB nya?

Elika salah satu yang bisa retune logic matic (TCU). Barangkali punya anda sudah diretune.
ga nyesel om pake turbo ini, sangat berasa bgt improvementnya. pakai 40mm saja, soalnya buat harian aja ga mau extreme2. Tapi niatnya cuman ganti turbo, tapi kecebur ganti macem2 (stroker, nozzle, radiator, go trans, dll).

keluhan saya cuman 1, asep nya ga bisa totally smokeless klo boost blom masuk, udah jauh lebih tipis dibanding tuningan tuner sblom nya tapi ya saya pengennya totally smokeless. susah kayaknya klo dah ganti nozzle + stroker. Padahal ada 3 map ini, di map paling rendah tetep ada asep tipisnya di rpm bawah

btw, vnt nya jg dah di map ulang biar max boost dapet di rpm lebih rendah. tapi ya kepikiran mau balikin nozzle std biar total smokeless... :big_slap: tp walau begitu masih lulus uji emisi loh (nyaris mendekati ambang batas tapi) hahahaha
W212 M272 '10
AN140 2GD '18
2kdpelan
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 120
Joined: Wed May 13, 2020 15:29
Location: INDONESIA
Daily Vehicle: 2012 Fortuner VNT

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 4)

Post by 2kdpelan »

tesna wrote: ↑Tue Jan 07, 2025 8:57
saturday wrote: ↑Tue Jan 07, 2025 4:47

1GD Ball Bearing turbo ini wishlist saya. Suatu saat pasti akan upgrade ke turbo ini karena saya dengar spoolnya luar biasa cepatnya. Terutama dibandingkan turbo non-ball bearing meskipun VN sekalipun.

Pakai ukuran berapa turbo 1GD BB nya?

Elika salah satu yang bisa retune logic matic (TCU). Barangkali punya anda sudah diretune.
ga nyesel om pake turbo ini, sangat berasa bgt improvementnya. pakai 40mm saja, soalnya buat harian aja ga mau extreme2. Tapi niatnya cuman ganti turbo, tapi kecebur ganti macem2 (stroker, nozzle, radiator, go trans, dll).

keluhan saya cuman 1, asep nya ga bisa totally smokeless klo boost blom masuk, udah jauh lebih tipis dibanding tuningan tuner sblom nya tapi ya saya pengennya totally smokeless. susah kayaknya klo dah ganti nozzle + stroker. Padahal ada 3 map ini, di map paling rendah tetep ada asep tipisnya di rpm bawah

btw, vnt nya jg dah di map ulang biar max boost dapet di rpm lebih rendah. tapi ya kepikiran mau balikin nozzle std biar total smokeless... :big_slap: tp walau begitu masih lulus uji emisi loh (nyaris mendekati ambang batas tapi) hahahaha
Spill donk om budget ke 1gd bb abis brp? :ungg: