2021 Mazda CX-3 1.5L Sport

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2403
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: 2021 Mazda CX-3 1.5L Sport

Post by darrelund »

marmut wrote: Sat Aug 10, 2024 13:31

20240810_202816.jpg




jelas kan posisinya?
crystal clear

terimakasih mbah :big_exellent:
User avatar
josomba
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3005
Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: 2021 Mazda CX-3 1.5L Sport

Post by josomba »

Om TS, numpang lapak lagi ya buat on going review ya

Mobil owe udah berjalan 21k KM semenjak pungut di dealer Aug 2023.
20241202_080215.jpg
Sejauh ini masih ngikutin perawatan gratis dr BeRes dan ke mbah Marmut kalau lg iseng pengen ganti oli mesin/atf.

Yg jelas di belasan ribu KM udah kuras total ATF tp masih ganti ATF FZ. Lupa post disini atau di thread atf, tp warna atf dah hitam bener yg bawaan pabrik. Semenjak ganti sih, mendingan tp kok rasanya masih agak bloon. Dulu masdut 2 abis ambil bekas, lgsg ganti pake atf aftermarket rasanya lebih enak shiftingnya.

Kaki2 sejauh ini masih aman semua, cmn brake pad trw yg rear keknya debunya entah terlalu berat (biar ga kotorin velg), kalau dah 5k KM rem belakang mulai bunyi2 cem kotor. Tiap bersihin pasti hilang. Next mgkn mau ganti pake non-OEM aja.

Masalah ngelitik -- nah ini, kirain mesinnya problem apa gimana. Tp cuman ganti pom bensin menjauh dr rumah owe, somehow kok dah ilang. Dah acara carbon clean di BeRes n Tod* pula. Terima kasih kpd bp. Marmut yg udah saranin mending ganti pom bensin dulu.


Screenshot_20241205_105558_WhatsApp.jpg
Karena gengges ngelitik di low engine speed, high load, ane dah sempet iseng2 ganti busi bris*, lah baru 1k KM satu busi udah dol bisa loss muter2 gitu antara keramik n bagian metalnya. Kalau pagi mobil geter hebat kek compression lost. Balikin ke OEM sehat lg.


Screenshot_20241205_105746_Gallery.jpg
Kalau ban, minggu lalu dah ganti hankook 225/50/18. Overall sih yg paling terasa noise jauh berkurang ketimbang ban toyo r52a bawaan. Ini juga baru kerasa kena rumble strip di bsd/alsut, setir kaga lari, kek keredam sama si ban. Grip mirip aja ama toyo. Nyetir di tol belum sempet kena genangan yg gimana, tp braking di wet sih oke ya, terasa lebih pendek ketimbang pas pake toyo.


Sekian cuap2 dr ane
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Image
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2403
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: 2021 Mazda CX-3 1.5L Sport

Post by darrelund »

josomba wrote: Thu Dec 05, 2024 4:00
Screenshot_20241205_105746_Gallery.jpg
Kalau ban, minggu lalu dah ganti hankook 225/50/18. Overall sih yg paling terasa noise jauh berkurang ketimbang ban toyo r52a bawaan. Ini juga baru kerasa kena rumble strip di bsd/alsut, setir kaga lari, kek keredam sama si ban. Grip mirip aja ama toyo. Nyetir di tol belum sempet kena genangan yg gimana, tp braking di wet sih oke ya, terasa lebih pendek ketimbang pas pake toyo.


Sekian cuap2 dr ane
semua akan hankuk pada waktunya :big_biglaugh:
Chr1stm1
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 667
Joined: Wed Apr 21, 2021 9:07
Location: Bandung & Jakarta
Daily Vehicle: AN Veloz 2022 AN Rush 2018 K3VE 2012 Confero S ACT 2020 Mazda CX3

Re: 2021 Mazda CX-3 1.5L Sport

Post by Chr1stm1 »

josomba wrote: Thu Dec 05, 2024 4:00 Om TS, numpang lapak lagi ya buat on going review ya

Mobil owe udah berjalan 21k KM semenjak pungut di dealer Aug 2023.

20241202_080215.jpg

Sejauh ini masih ngikutin perawatan gratis dr BeRes dan ke mbah Marmut kalau lg iseng pengen ganti oli mesin/atf.

Yg jelas di belasan ribu KM udah kuras total ATF tp masih ganti ATF FZ. Lupa post disini atau di thread atf, tp warna atf dah hitam bener yg bawaan pabrik. Semenjak ganti sih, mendingan tp kok rasanya masih agak bloon. Dulu masdut 2 abis ambil bekas, lgsg ganti pake atf aftermarket rasanya lebih enak shiftingnya.

Kaki2 sejauh ini masih aman semua, cmn brake pad trw yg rear keknya debunya entah terlalu berat (biar ga kotorin velg), kalau dah 5k KM rem belakang mulai bunyi2 cem kotor. Tiap bersihin pasti hilang. Next mgkn mau ganti pake non-OEM aja.

Masalah ngelitik -- nah ini, kirain mesinnya problem apa gimana. Tp cuman ganti pom bensin menjauh dr rumah owe, somehow kok dah ilang. Dah acara carbon clean di BeRes n Tod* pula. Terima kasih kpd bp. Marmut yg udah saranin mending ganti pom bensin dulu.



Screenshot_20241205_105558_WhatsApp.jpg
Karena gengges ngelitik di low engine speed, high load, ane dah sempet iseng2 ganti busi bris*, lah baru 1k KM satu busi udah dol bisa loss muter2 gitu antara keramik n bagian metalnya. Kalau pagi mobil geter hebat kek compression lost. Balikin ke OEM sehat lg.



Screenshot_20241205_105746_Gallery.jpg
Kalau ban, minggu lalu dah ganti hankook 225/50/18. Overall sih yg paling terasa noise jauh berkurang ketimbang ban toyo r52a bawaan. Ini juga baru kerasa kena rumble strip di bsd/alsut, setir kaga lari, kek keredam sama si ban. Grip mirip aja ama toyo. Nyetir di tol belum sempet kena genangan yg gimana, tp braking di wet sih oke ya, terasa lebih pendek ketimbang pas pake toyo.


Sekian cuap2 dr ane
Oddonya cepet om, 14 bulan sudah 21k..mantab
Btw fuel consnya gimana om sejak ganti ban yg tapaknya 225? Sama aja atau sedikit lebih boros?
User avatar
josomba
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3005
Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: 2021 Mazda CX-3 1.5L Sport

Post by josomba »

darrelund wrote: Thu Dec 05, 2024 5:00 semua akan hankuk pada waktunya :big_biglaugh:
:big_biglaugh: :big_biglaugh:
Chr1stm1 wrote: Thu Dec 05, 2024 5:31
Oddonya cepet om, 14 bulan sudah 21k..mantab
Btw fuel consnya gimana om sejak ganti ban yg tapaknya 225? Sama aja atau sedikit lebih boros?
Haha beda orang beda pov ya kalau laju Odo.

Anw kalau fuel cons masih mirip aja sama pas pake ukuran asli. Di rute rutin ane di kisaran 14.0-15.0 km/l (avg speed 27-29 km/h).
Image
DrivingPotato
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 427
Joined: Mon Feb 15, 2021 3:17

Re: 2021 Mazda CX-3 1.5L Sport

Post by DrivingPotato »

Mantap om josomba

Saya juga baru kemarin ganti ATF meskipun belum semua kekuras, isi 4 liter pakai Q8.

So far udah agak pinteran dan smooth. KM 40rb.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
P5-VPS (SKYACTIV-G 1.5)
2GD-FTV
2ZR-FE
User avatar
josomba
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3005
Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: 2021 Mazda CX-3 1.5L Sport

Post by josomba »

DrivingPotato wrote: Thu Dec 05, 2024 7:03 Mantap om josomba

Saya juga baru kemarin ganti ATF meskipun belum semua kekuras, isi 4 liter pakai Q8.

So far udah agak pinteran dan smooth. KM 40rb.
Mantap, kena berapa qqqqqqqq auto mv per lt sekarang om?

Ane tahun depan mgkn mau ganti ptt lv-1 atau gulf.
Image
DrivingPotato
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 427
Joined: Mon Feb 15, 2021 3:17

Re: 2021 Mazda CX-3 1.5L Sport

Post by DrivingPotato »

josomba wrote: Thu Dec 05, 2024 7:31
DrivingPotato wrote: Thu Dec 05, 2024 7:03 Mantap om josomba

Saya juga baru kemarin ganti ATF meskipun belum semua kekuras, isi 4 liter pakai Q8.

So far udah agak pinteran dan smooth. KM 40rb.
Mantap, kena berapa qqqqqqqq auto mv per lt sekarang om?

Ane tahun depan mgkn mau ganti ptt lv-1 atau gulf.

Beli di toko orennya Cakra om, terus minta digantiin di Cakra klp gading
Kayaknya per liter 160k an aja pake voucher

So far oke ini kerasa lebih stabil terutama abis macet macetan biasanya jadi bodoh, skrg aman gak ngejedag2. Pas awal emang underfilled kayaknya.


BTW

Mobil ini enak dan asik tapi asli udah cape ngurus stir ama kaki kakinya
Batch apes bener kayaknya

Itu mobil diapain om bisa kinclong bangetttttt :big_biglaugh:
P5-VPS (SKYACTIV-G 1.5)
2GD-FTV
2ZR-FE
User avatar
josomba
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3005
Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: 2021 Mazda CX-3 1.5L Sport

Post by josomba »

DrivingPotato wrote: Thu Dec 05, 2024 7:59
Beli di toko orennya Cakra om, terus minta digantiin di Cakra klp gading
Kayaknya per liter 160k an aja pake voucher

So far oke ini kerasa lebih stabil terutama abis macet macetan biasanya jadi bodoh, skrg aman gak ngejedag2. Pas awal emang underfilled kayaknya.


BTW

Mobil ini enak dan asik tapi asli udah cape ngurus stir ama kaki kakinya
Batch apes bener kayaknya

Itu mobil diapain om bisa kinclong bangetttttt :big_biglaugh:
Oh lumayan jatuhnya 160k/L kirain dah 200k/L. Wkwkwkk

Kaki2 apa aja yg dah diganti/klaim om?

Mobil ane, cmn sealant2 biasa aja om. Asal bukan sealant merk Dekson #eh :glodak: :glodak:
Image
DrivingPotato
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 427
Joined: Mon Feb 15, 2021 3:17

Re: 2021 Mazda CX-3 1.5L Sport

Post by DrivingPotato »

josomba wrote: Thu Dec 05, 2024 8:04

Oh lumayan jatuhnya 160k/L kirain dah 200k/L. Wkwkwkk

Kaki2 apa aja yg dah diganti/klaim om?

Mobil ane, cmn sealant2 biasa aja om. Asal bukan sealant merk Dekson #eh :glodak: :glodak:
Udah ganti shock depan 2x
Strut absorber protector di mountingnya
steering rack 1x
Intermediate shaft 2x karena bunyi dug dug
EPS Assy ganti 1x karena seret

Sekarang part EPS nya usia 6 bulan
stir udah seret lagi, curiga grease di worm gear nya udah kering lagi
Part grease nya di Mazda dijual 500rb, jasanya 120rb

Nyari di Tokped, ada EPS grease Kia yg ditunjukin mbah marmut. pas ditanya, udh ga ada barangnya.

puyengggg :big_biglaugh: :big_biglaugh:

TSB sticky steering nya ada di attachment kalo mau liat om

Ortu ane pengen small SUV akhirnya hari ini ane bungkusin HRV SE aja, skrg robustnessnya better daripada mazdut gajelas ini
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
P5-VPS (SKYACTIV-G 1.5)
2GD-FTV
2ZR-FE
kenop
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1315
Joined: Mon Aug 24, 2015 5:06

Re: 2021 Mazda CX-3 1.5L Sport

Post by kenop »

DrivingPotato wrote: Fri Dec 06, 2024 13:10
josomba wrote: Thu Dec 05, 2024 8:04

Oh lumayan jatuhnya 160k/L kirain dah 200k/L. Wkwkwkk

Kaki2 apa aja yg dah diganti/klaim om?

Mobil ane, cmn sealant2 biasa aja om. Asal bukan sealant merk Dekson #eh :glodak: :glodak:
Udah ganti shock depan 2x
Strut absorber protector di mountingnya
steering rack 1x
Intermediate shaft 2x karena bunyi dug dug
EPS Assy ganti 1x karena seret

Sekarang part EPS nya usia 6 bulan
stir udah seret lagi, curiga grease di worm gear nya udah kering lagi
Part grease nya di Mazda dijual 500rb, jasanya 120rb

Nyari di Tokped, ada EPS grease Kia yg ditunjukin mbah marmut. pas ditanya, udh ga ada barangnya.

puyengggg :big_biglaugh: :big_biglaugh:

TSB sticky steering nya ada di attachment kalo mau liat om

Ortu ane pengen small SUV akhirnya hari ini ane bungkusin HRV SE aja, skrg robustnessnya better daripada mazdut gajelas ini
Bused sampe mazda angkatan sekarang masih jg tuh rack steer sama intermediate shaft :big_bored:

Sy sempet pake mazda2 taon 2012 begini jg nih penyakitnya, untung ganti 2x msh di cover garansi

Ngga lama lepas masa garansi lgsg jual, ngeri ah kl rusak kl hrs beli sendiri :big_biglaugh:
User avatar
josomba
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3005
Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: 2021 Mazda CX-3 1.5L Sport

Post by josomba »

DrivingPotato wrote: Fri Dec 06, 2024 13:10
Udah ganti shock depan 2x
Strut absorber protector di mountingnya
steering rack 1x
Intermediate shaft 2x karena bunyi dug dug
EPS Assy ganti 1x karena seret

Sekarang part EPS nya usia 6 bulan
stir udah seret lagi, curiga grease di worm gear nya udah kering lagi
Part grease nya di Mazda dijual 500rb, jasanya 120rb

Nyari di Tokped, ada EPS grease Kia yg ditunjukin mbah marmut. pas ditanya, udh ga ada barangnya.

puyengggg :big_biglaugh: :big_biglaugh:

TSB sticky steering nya ada di attachment kalo mau liat om

Ortu ane pengen small SUV akhirnya hari ini ane bungkusin HRV SE aja, skrg robustnessnya better daripada mazdut gajelas ini
penyakit-nya masih penyakit masdut 2 ane dulu ya, ampe ane males pake part ori. wkwkwk.

Btw, EPS grease keknya bisa NLGI-2 grade + hi Molybdenum atau white lithium kek di case forum KIA di bawah -- bisa pake merk Timken Lithium atau Permatex White Lithium

Coba sambil summon mbah
marmut wrote: Fri Dec 13, 2024 5:08
Urang baca2 dari didieu:
https://support.newgatesimms.com/electr ... brication/ -- ada sebut NLGI 2, paling cari yg typical propertiesnya mirip ama si Rheolube 363F
https://boodmo.com/catalog/part-lubrica ... 808PTdOgS0 -- cuman molybdenum grease
https://www.kiaownersclub.co.uk/threads ... ing.71372/ -- ada yg ngakalin pake white lithium

Mohon arahan, kang @marmut
kenop wrote: Fri Dec 06, 2024 13:49
Bused sampe mazda angkatan sekarang masih jg tuh rack steer sama intermediate shaft :big_bored:

Sy sempet pake mazda2 taon 2012 begini jg nih penyakitnya, untung ganti 2x msh di cover garansi

Ngga lama lepas masa garansi lgsg jual, ngeri ah kl rusak kl hrs beli sendiri :big_biglaugh:
kek untung2an mbah. Kalau ga salah om driving potato KM 20k dah mulai seret support shock-nya. Ini ane dah 20k++ masih aman padahal rutenya jorok sering terjang genangan di tol.
Image
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2403
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: 2021 Mazda CX-3 1.5L Sport

Post by darrelund »

DrivingPotato wrote: Fri Dec 06, 2024 13:10
Udah ganti shock depan 2x
Strut absorber protector di mountingnya
steering rack 1x
Intermediate shaft 2x karena bunyi dug dug
EPS Assy ganti 1x karena seret

Sekarang part EPS nya usia 6 bulan
stir udah seret lagi, curiga grease di worm gear nya udah kering lagi
Part grease nya di Mazda dijual 500rb, jasanya 120rb

Nyari di Tokped, ada EPS grease Kia yg ditunjukin mbah marmut. pas ditanya, udh ga ada barangnya.

puyengggg :big_biglaugh: :big_biglaugh:

TSB sticky steering nya ada di attachment kalo mau liat om

Ortu ane pengen small SUV akhirnya hari ini ane bungkusin HRV SE aja, skrg robustnessnya better daripada mazdut gajelas ini
ah masda 2 '20 owe juga kena tuh EPS assy nya, umur setaon :big_biglaugh:

ntuh prts semua under warranty? klo ga siy manyun juga beresinnya :big_biglaugh:
User avatar
josomba
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3005
Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: 2021 Mazda CX-3 1.5L Sport

Post by josomba »

Izin lanjut update di thread om drivingpotato.

Setelah sebulan terakhir makin sering jedag-jedug-greggg kalau injek gasnya nanggung kek metik bloon, akhirnya udah lah ane ganti Gulf ATF LV. Bomat deh ama garansi, toh pas servis rutin ane tanya apa ada update buat TCU biar ga dikit2 gonta ganti gigi bikin ATF cepet gosong, dijawab sudah update latest -- ga ada update terbaru

Yak as expected, atf fz yg sebenernya udah 2x drain refill di sekitaran 10k KM lalu sudah hitam.
20250105_173551.jpg
Akan ane pantau lg 10k KM dengan Gulf ini. So far sih jedag-jedug-gregggg hilang pas di kecepatan2 nanggung mau pindah gigi. Tp belum tahu bakal bertahan berapa lama.

:big_think:
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Image
bubur301
Newbie
Newbie
Posts: 10
Joined: Fri Dec 19, 2014 7:58

Re: 2021 Mazda CX-3 1.5L Sport

Post by bubur301 »

josomba wrote: Tue Jan 07, 2025 12:26 Izin lanjut update di thread om drivingpotato.

Setelah sebulan terakhir makin sering jedag-jedug-greggg kalau injek gasnya nanggung kek metik bloon, akhirnya udah lah ane ganti Gulf ATF LV. Bomat deh ama garansi, toh pas servis rutin ane tanya apa ada update buat TCU biar ga dikit2 gonta ganti gigi bikin ATF cepet gosong, dijawab sudah update latest -- ga ada update terbaru

Yak as expected, atf fz yg sebenernya udah 2x drain refill di sekitaran 10k KM lalu sudah hitam.
20250105_173551.jpg

Akan ane pantau lg 10k KM dengan Gulf ini. So far sih jedag-jedug-gregggg hilang pas di kecepatan2 nanggung mau pindah gigi. Tp belum tahu bakal bertahan berapa lama.

:big_think:
Om mengenai masalah ngelitik saat low speed high load, udah pernah cek aki om? Masih sehat nggak?

Saat miara m2 sky saya juga pernah ngalamin hal tersebut, mulai dari carbon clean dll tapi masalahnya selalu kembali lagi, terutama saat mobil jarang dipake/hanya dipake dalem kota jarak pendek, sampe bingung, bbm padahal selalu isi pertamax turbo minimal v power, terkadang juga mobil sesaat setelah distater geter geter mesinnya, malah pernah lagi jalan di tol malem malem hujan deras kondisi kelistrikan high load, mesin selama sepersekian detik hilang power/misfiring.

Sampai akhirnya karena mobil saat itu jarang dipake saya rajin charge aki aja deh, eh momen saya rajin charge aki, masalah ngelitiknya hilang sampai akhirnya memang akinya sudah harus ganti, masalah-masalah di atas pun hilang permanen gak muncul lagi padahal mobil gak diservice, hanya ganti aki aja, mesin smooth lagi. Kayaknya agak sensitif dengan kelistrikan stabil deh Mazda ini, sekarang akhirnya saya beli charger proper Bosch C7 untuk rawat aki.



Izin join juga deh, saya juga baru ganti dari M2 Sky 2014 ke CX3 Improvement 2024.
Mobil nyampe November 2024, sampai saat ini odo baru sekitar 800km :big_biglaugh:

Ni mobil kaya Mazda 2 tapi versi penyempurnaan sana sini :big_biglaugh: jauh lebih kedap, lebih nyaman, lebih luas dikit, so far puas, adaptive cruise controlnya juga halus.
Tadinya ngira row 2nya plek ketiplek dengan M2 Sky, ternyata nggak, posisi duduknya nggak tenggelem kaya m2 sky dan lebih lega sedikit, bagasi juga lebih luas. Banyak improvementnya juga, walaupun pake mesin yg sama suara starter motornya lebih halus dibanding Mazda 2 Skyactiv 2014, lebih renyah, saya suka dengernya :big_biglaugh:, on off kompresor ac juga lebih halus hampir kaya cx5, nggak nyaring "cetok" kaya m2 sky, audio juga terdengar lebih bagus. :big_exellent:
User avatar
josomba
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3005
Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: 2021 Mazda CX-3 1.5L Sport

Post by josomba »

bubur301 wrote: Thu Jan 16, 2025 8:57
Om mengenai masalah ngelitik saat low speed high load, udah pernah cek aki om? Masih sehat nggak?

Saat miara m2 sky saya juga pernah ngalamin hal tersebut, mulai dari carbon clean dll tapi masalahnya selalu kembali lagi, terutama saat mobil jarang dipake/hanya dipake dalem kota jarak pendek, sampe bingung, bbm padahal selalu isi pertamax turbo minimal v power, terkadang juga mobil sesaat setelah distater geter geter mesinnya, malah pernah lagi jalan di tol malem malem hujan deras kondisi kelistrikan high load, mesin selama sepersekian detik hilang power/misfiring.

Sampai akhirnya karena mobil saat itu jarang dipake saya rajin charge aki aja deh, eh momen saya rajin charge aki, masalah ngelitiknya hilang sampai akhirnya memang akinya sudah harus ganti, masalah-masalah di atas pun hilang permanen gak muncul lagi padahal mobil gak diservice, hanya ganti aki aja, mesin smooth lagi. Kayaknya agak sensitif dengan kelistrikan stabil deh Mazda ini, sekarang akhirnya saya beli charger proper Bosch C7 untuk rawat aki.



Izin join juga deh, saya juga baru ganti dari M2 Sky 2014 ke CX3 Improvement 2024.
Mobil nyampe November 2024, sampai saat ini odo baru sekitar 800km :big_biglaugh:

Ni mobil kaya Mazda 2 tapi versi penyempurnaan sana sini :big_biglaugh: jauh lebih kedap, lebih nyaman, lebih luas dikit, so far puas, adaptive cruise controlnya juga halus.
Tadinya ngira row 2nya plek ketiplek dengan M2 Sky, ternyata nggak, posisi duduknya nggak tenggelem kaya m2 sky dan lebih lega sedikit, bagasi juga lebih luas. Banyak improvementnya juga, walaupun pake mesin yg sama suara starter motornya lebih halus dibanding Mazda 2 Skyactiv 2014, lebih renyah, saya suka dengernya :big_biglaugh:, on off kompresor ac juga lebih halus hampir kaya cx5, nggak nyaring "cetok" kaya m2 sky, audio juga terdengar lebih bagus. :big_exellent:
Hi om,

Selama pake 95-98 sih bebas ngelitik, kalau pake 92 agak picky. BP kadang ngelitik, vivo biasa aman, pertamina kadang ngelitik, shell aman.

Thanks om buat info-nya mengenai kelistrikan itu, nah kalau mobil ane casenya dah mulai dari bulan ke-3 semenjak diterima. Wkwk. Agak ragu juga ya kalau karena kelistrikan, tp jujur di mobil ane ada dashcam. Jd penasaran sih kalau dicabut dulu dashcam-nya apa bisa pengaruh.

Nextnya ane mau ganti aki lithium saja, keknya jauh lebih stabil drpd aki biasa + starter jd cepet.

Nah ane cukup setuju dengan point improvement dr mazda 2. AC Compressor betul sih, ga segitu nyebelin kek di mazda 2 pas engage. Cmn nanti setelah beberapa bulan pemakaian, ada sih om kerasa "nyentak" dikit pas ac kick-in. Tp ga sekasar d mazda 2. Wkwkwk
Image
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12185
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: 2021 Mazda CX-3 1.5L Sport

Post by Suryaputra »

josomba wrote: Fri Jan 17, 2025 0:35
bubur301 wrote: Thu Jan 16, 2025 8:57
Om mengenai masalah ngelitik saat low speed high load, udah pernah cek aki om? Masih sehat nggak?

Saat miara m2 sky saya juga pernah ngalamin hal tersebut, mulai dari carbon clean dll tapi masalahnya selalu kembali lagi, terutama saat mobil jarang dipake/hanya dipake dalem kota jarak pendek, sampe bingung, bbm padahal selalu isi pertamax turbo minimal v power, terkadang juga mobil sesaat setelah distater geter geter mesinnya, malah pernah lagi jalan di tol malem malem hujan deras kondisi kelistrikan high load, mesin selama sepersekian detik hilang power/misfiring.

Sampai akhirnya karena mobil saat itu jarang dipake saya rajin charge aki aja deh, eh momen saya rajin charge aki, masalah ngelitiknya hilang sampai akhirnya memang akinya sudah harus ganti, masalah-masalah di atas pun hilang permanen gak muncul lagi padahal mobil gak diservice, hanya ganti aki aja, mesin smooth lagi. Kayaknya agak sensitif dengan kelistrikan stabil deh Mazda ini, sekarang akhirnya saya beli charger proper Bosch C7 untuk rawat aki.



Izin join juga deh, saya juga baru ganti dari M2 Sky 2014 ke CX3 Improvement 2024.
Mobil nyampe November 2024, sampai saat ini odo baru sekitar 800km :big_biglaugh:

Ni mobil kaya Mazda 2 tapi versi penyempurnaan sana sini :big_biglaugh: jauh lebih kedap, lebih nyaman, lebih luas dikit, so far puas, adaptive cruise controlnya juga halus.
Tadinya ngira row 2nya plek ketiplek dengan M2 Sky, ternyata nggak, posisi duduknya nggak tenggelem kaya m2 sky dan lebih lega sedikit, bagasi juga lebih luas. Banyak improvementnya juga, walaupun pake mesin yg sama suara starter motornya lebih halus dibanding Mazda 2 Skyactiv 2014, lebih renyah, saya suka dengernya :big_biglaugh:, on off kompresor ac juga lebih halus hampir kaya cx5, nggak nyaring "cetok" kaya m2 sky, audio juga terdengar lebih bagus. :big_exellent:
Hi om,

Selama pake 95-98 sih bebas ngelitik, kalau pake 92 agak picky. BP kadang ngelitik, vivo biasa aman, pertamina kadang ngelitik, shell aman.

Thanks om buat info-nya mengenai kelistrikan itu, nah kalau mobil ane casenya dah mulai dari bulan ke-3 semenjak diterima. Wkwk. Agak ragu juga ya kalau karena kelistrikan, tp jujur di mobil ane ada dashcam. Jd penasaran sih kalau dicabut dulu dashcam-nya apa bisa pengaruh.

Nextnya ane mau ganti aki lithium saja, keknya jauh lebih stabil drpd aki biasa + starter jd cepet.

Nah ane cukup setuju dengan point improvement dr mazda 2. AC Compressor betul sih, ga segitu nyebelin kek di mazda 2 pas engage. Cmn nanti setelah beberapa bulan pemakaian, ada sih om kerasa "nyentak" dikit pas ac kick-in. Tp ga sekasar d mazda 2. Wkwkwk
Aku lithium perhatikan jg rentang operating temp nya mbah

Krn lithium batt itu sensitif sm suhu sekitar,
Operating temp nya hrs rentang 5 - 40C

Makanya di ev, yg pakai lithium batt, dikasih pendingin dengan freon ac, lgs ditempel itu cooler dr jalur evaporator, lgs ke battery casenya :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
saturday
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 656
Joined: Fri Sep 28, 2018 1:31

Re: 2021 Mazda CX-3 1.5L Sport

Post by saturday »

Suryaputra wrote: Fri Jan 17, 2025 1:31
Aku lithium perhatikan jg rentang operating temp nya mbah

Krn lithium batt itu sensitif sm suhu sekitar,
Operating temp nya hrs rentang 5 - 40C

Makanya di ev, yg pakai lithium batt, dikasih pendingin dengan freon ac, lgs ditempel itu cooler dr jalur evaporator, lgs ke battery casenya :big_biglaugh:
Ini saya sedang tes aki lithium di 3 unit kendaraan saya. 900CCA untuk Civic & Innova, 180 CCA untuk motor

FD2
IMG_20250117_093225.jpg
IMG_20241205_192709.jpg
Innova
IMG_20241202_094201.jpg
IMG_20241202_224851.jpg
Scorpio
IMG_20250117_093506.jpg
IMG_20241207_180548.jpg
Coba aja kita lihat tahan berapa lama.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
josomba
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3005
Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: 2021 Mazda CX-3 1.5L Sport

Post by josomba »

saturday wrote: Fri Jan 17, 2025 2:39

Ini saya sedang tes aki lithium di 3 unit kendaraan saya. 900CCA untuk Civic & Innova, 180 CCA untuk motor

FD2
IMG_20250117_093225.jpg
IMG_20241205_192709.jpg

Innova
IMG_20241202_094201.jpg
IMG_20241202_224851.jpg

Scorpio
IMG_20250117_093506.jpg
IMG_20241207_180548.jpg

Coba aja kita lihat tahan berapa lama.
:big_grin: :big_grin: :big_grin:
Image
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12185
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: 2021 Mazda CX-3 1.5L Sport

Post by Suryaputra »

saturday wrote: Fri Jan 17, 2025 2:39
Suryaputra wrote: Fri Jan 17, 2025 1:31
Aku lithium perhatikan jg rentang operating temp nya mbah

Krn lithium batt itu sensitif sm suhu sekitar,
Operating temp nya hrs rentang 5 - 40C

Makanya di ev, yg pakai lithium batt, dikasih pendingin dengan freon ac, lgs ditempel itu cooler dr jalur evaporator, lgs ke battery casenya :big_biglaugh:
Ini saya sedang tes aki lithium di 3 unit kendaraan saya. 900CCA untuk Civic & Innova, 180 CCA untuk motor

FD2
IMG_20250117_093225.jpg
IMG_20241205_192709.jpg

Innova
IMG_20241202_094201.jpg
IMG_20241202_224851.jpg

Scorpio
IMG_20250117_093506.jpg
IMG_20241207_180548.jpg

Coba aja kita lihat tahan berapa lama.
Nice info mbah

Itu yg health 89%
Brp lama pakai?

Klo motor terpisah dr ruang panas mesin, jd harusnya aman yaa.

Dalemannya prnh dibuka gak mbah?
Untuk learning bersama :mky_03:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
saturday
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 656
Joined: Fri Sep 28, 2018 1:31

Re: 2021 Mazda CX-3 1.5L Sport

Post by saturday »

Suryaputra wrote: Fri Jan 17, 2025 2:52
saturday wrote: Fri Jan 17, 2025 2:39
Suryaputra wrote: Fri Jan 17, 2025 1:31
Aku lithium perhatikan jg rentang operating temp nya mbah

Krn lithium batt itu sensitif sm suhu sekitar,
Operating temp nya hrs rentang 5 - 40C

Makanya di ev, yg pakai lithium batt, dikasih pendingin dengan freon ac, lgs ditempel itu cooler dr jalur evaporator, lgs ke battery casenya :big_biglaugh:
Ini saya sedang tes aki lithium di 3 unit kendaraan saya. 900CCA untuk Civic & Innova, 180 CCA untuk motor

FD2
IMG_20250117_093225.jpg
IMG_20241205_192709.jpg

Innova
IMG_20241202_094201.jpg
IMG_20241202_224851.jpg

Scorpio
IMG_20250117_093506.jpg
IMG_20241207_180548.jpg

Coba aja kita lihat tahan berapa lama.
Nice info mbah

Itu yg health 89%
Brp lama pakai?

Klo motor terpisah dr ruang panas mesin, jd harusnya aman yaa.

Dalemannya prnh dibuka gak mbah?
Untuk learning bersama :mky_03:
Semua barang dalam kondisi baru dan masih warranty produsen 1.5 tahun; mustahil untuk saya bongkar.
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12185
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: 2021 Mazda CX-3 1.5L Sport

Post by Suryaputra »

saturday wrote: Fri Jan 17, 2025 3:02
Suryaputra wrote: Fri Jan 17, 2025 2:52
saturday wrote: Fri Jan 17, 2025 2:39

Ini saya sedang tes aki lithium di 3 unit kendaraan saya. 900CCA untuk Civic & Innova, 180 CCA untuk motor

FD2
IMG_20250117_093225.jpg
IMG_20241205_192709.jpg

Innova
IMG_20241202_094201.jpg
IMG_20241202_224851.jpg

Scorpio
IMG_20250117_093506.jpg
IMG_20241207_180548.jpg

Coba aja kita lihat tahan berapa lama.
Nice info mbah

Itu yg health 89%
Brp lama pakai?

Klo motor terpisah dr ruang panas mesin, jd harusnya aman yaa.

Dalemannya prnh dibuka gak mbah?
Untuk learning bersama :mky_03:
Semua barang dalam kondisi baru dan masih warranty produsen 1.5 tahun; mustahil untuk saya bongkar.
Wowh sipp mbah
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri