Merawat Avanza CVT agar Awet 10++ Tahun

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

the-mantal
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 558
Joined: Wed Apr 27, 2005 9:47
Location: jakarta

Re: Merawat Avanza CVT agar Awet 10++ Tahun

Post by the-mantal »

Klo pernah baca n lihat youtube sih biasa kejadian kaya gini karena overheat cvt nya (habis tanjakan panjang), biasa masuk limp mode, jd perlu didinginin dlu n bakal normal lg stelah itu. Cmn ya ceritanya kan starter pagi2 ya jd kondisi masih dingin.. Ngga tahu deh om.
Harta Cinta Tahta!!!
Choose yours
the-mantal
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 558
Joined: Wed Apr 27, 2005 9:47
Location: jakarta

Re: Merawat Avanza CVT agar Awet 10++ Tahun

Post by the-mantal »

Btw di grup fb xenia udah ada yg sharing xenia cvt jalan 170k km tanpa issue dari mesin transmisi n kaki2...
Mesin sih emg sudah seharusnya aman, tp transmisi n kaki2 ga ada keluhan itu kabar yg menyenangkan buat pengguna DNGA cvt. Moga2 ada yg tembus angka keramat 300k km dengan aman.
Screenshot_2025-02-18-07-13-40-852_com.facebook.lite.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Harta Cinta Tahta!!!
Choose yours
User avatar
msd
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 34
Joined: Sun Jan 19, 2025 17:36
Location: Bandung
Daily Vehicle: Avanza E 2022

Akhirnya Ganti Strainer CVT

Post by msd »

msd wrote: Sun Feb 09, 2025 23:23
msd wrote: Sun Jan 26, 2025 19:54Alhamdulillaah A2K Sunter mau (kuras CVTF + buka carter CVT + ganti strainer + ganti paking carter).
Ternyata gak semudah itu, bengkelnya emang mau kerjakan, tapi part-nya ada yang indent cukup lama
  • 35303-BZ040 STRAINER SUB ASSY, OIL <- barang indent 2-3 bulan
  • 35168-BZ030 GASKET, TRANSMISSION OIL PAN <- barang tidak ready di bengkel, bisa datang dalam 2 hari, bisa dischedule juga
  • Tanggal 24 Februari dapat WhatsApp part sudah datang, ternyata lebih cepat dari estimasi
  • Tanggal 25 Februari langsung pasang dengan biaya sbb.
    Image
    Estimasi pengerjaan 8.00-16.00, aktualnya 8.30-10.30. Oli ane bawakan 7 liter, terpakai 3 liter, 4 liter dibiarkan segel.
marmut wrote: Mon Jan 20, 2025 6:30dan terpenting volume cvtf musti pas tidak boleh lebih, tidak boleh kurang.

btw kalo nggak salah inget transmisi afansa ini sama dengan raize/rocky ya? apa beda? dari pabriknya cvtf underfill rata² 1 literan.
  • Tanggal 26 setelah mobil jalan ke kantor, cek dipstick, oli di bawah minimal
    Komplain ke SA katanya ada kekeliruan di mereka, seharusnya mobil dipakai jalan setelah diisi - sebelum diukur
    Karena bengkelnya jauh, ane top up sendiri 500ml lewat lubang dipstick
    Celup ulang dipstick terbaca 75% full [lubang MIN - ■ ■ ■ □ - lubang MAX]

Strainer CVT yang lama masih terlihat bersih, walaupun dia yang dipakai saat inreyen. Kalau begini, mungkin ane mau ganti strainer lagi setelah jalan 80/120rb km (tapi oli CVT tetap diganti tiap 40rb km dengan metode tap and fill/non-flushing).
  1. Full part
    ImageImage
  2. Close up
    ImageImageImageImage
User avatar
msd
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 34
Joined: Sun Jan 19, 2025 17:36
Location: Bandung
Daily Vehicle: Avanza E 2022

Re: Merawat Avanza CVT agar Awet 10++ Tahun

Post by msd »

MSU wrote: Tue Feb 11, 2025 8:46
Suryaputra wrote: Tue Feb 11, 2025 5:31
singachu wrote: Tue Feb 11, 2025 5:16 walah, sampe inden ?

regards,
singachu
Krn hny org yg paham mobil, mau ganti :big_biglaugh:
Dr sekian buanyak populasi user mobil matic
mungkin T&D akan edukasi konsumen...ini barang yg ga perlu diganti...
sampe mobilnya dikampakin :big_peace:
Nah, bisa jadi begitu. Walau seharusnya ini barang fast moving, tapi ketersediaan stoknya lebih sulit daripada, misal, bumper depan.
Bumper depan di A2K BP bisa datang dalam 3 hari, strainer ini butuh 2 pekan :big_dunno:


Suryaputra wrote: Tue Feb 11, 2025 8:51 Lifetime ATF
Kalau ini sih enggak ya... di pedoman servis tertulis 100rb, dan ada kondisi-kondisi tertentu disarankan ganti setiap 30 bulan (menggunakan roof rack untuk membawa barang, digunakan di bawah titik beku, sering idling/macet-macetan, atau dipakai berkendara diatas 144km/h).
bumiltrans wrote: Fri Feb 14, 2025 2:10 ikutan komentar om, kebetulan saya punya avanza CVT buat rentalan.
seinget saya kalau di buku pedoman ganti oli cvt itu di km100 ribu ya, cuma yang jadi masalah kan mobil ini banyak orang yang pakai jadi pas di km 40ribu saya putuskan ganti oli cvt nya melalui ths langganan. ternyata emang setelah ganti oli cvt rasanya lebih enak berasa responsif :big_okay: jadinya avanza lainnya juga pas 40ribu km juga saya ganti oli cvt nya.

saya pernah dapat info katanya lebih enak kalo ganti oli cvt per 20ribu km, cuma kayaknya kedeketan sih jaraknya dan ngeluarin cost juga :big_grin:
Yang saya rasakan sehabis ganti oli CVT gak ada bedanya :big_smile] cuma mungkin hati lebih tenang saja karena sudah lihat betulan (oli bekasnya masih merah segar, bukan hitam, strainer bersih). Rencana ganti oli CVT tetap di 40rb, strainer tergantung suasana hati deh :big_childish:


azu wrote: Tue Feb 11, 2025 10:43
msd wrote: Sun Feb 09, 2025 23:23 Ternyata gak semudah itu, bengkelnya emang mau kerjakan, tapi part-nya ada yang indent cukup lama
  • 35303-BZ040 STRAINER SUB ASSY, OIL <- barang indent 2-3 bulan
  • 35168-BZ030 GASKET, TRANSMISSION OIL PAN <- barang tidak ready di bengkel, bisa datang dalam 2 hari, bisa dischedule juga
masih untung ada part numbernya om. CVTnya Alphard sama Nav1 malah di katalog part ga ada itu strainer transmisi :big_biglaugh:
mau ga mau cari yg bentuknya mirip, pas dipasang ternyata ga bisa karena lekukan bagian atasnya ga pas sama body valvenya :big_childish:

akhirnya cari yg aftermarket beli di bengkel spesialis transmisi, biar kalau ga bisa dipakai bisa cari dan tuker dengan yg bisa dipasang
Artinya disuruh ganti transmisinya kalau mau ganti strainer di beres? :mky_01:
Last edited by msd on Wed Feb 26, 2025 18:19, edited 1 time in total.
User avatar
msd
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 34
Joined: Sun Jan 19, 2025 17:36
Location: Bandung
Daily Vehicle: Avanza E 2022

Re: Merawat Avanza CVT agar Awet 10++ Tahun

Post by msd »

singachu wrote: Thu Feb 13, 2025 3:44 cuman sebenernya itu kan saringan aja dari stainless kan y ? Sebenernya dibersihkan bisa, cuman ya ribet aja susah soalnya jendelanya kecil

regards,
singachu
Bahannya seperti kertas, bukan busa plastik/besi/logam, mirip dengan elemen filter oli mesin, bedanya ini lebih tebal dan tidak ditekuk-tekuk.

Kira-kira gimana membersihkannya ya? Kalau filter air di rumah kita backwash pakai air, kalau strainer CVTF kita backflush pakai oli CVT, yang ada lebih mahal oli terbuang daripada strainer baru :mky_07:


azu wrote: Fri Feb 14, 2025 1:55 intinya perawatan CVT itu pergantian fluida teratur dan jangan terlalu kasar bawanya :big_peace:
Setuju dengan kesimpulan ini, karena strainer bekas (yang dibuang) tidak terlihat kotoran sama sekali.


Chr1stm1 wrote: Fri Feb 14, 2025 8:36 Bulan September 2024, AN Veloz saya ganti oli CVT di Toda pake metode suction pump, ditarik 3 liter, masuk 3 liter...km saat itu 15rban dalam 2,5 tahun
Rencana next per 2 tahun atau 20rb, gak mahal2 amat ga pusing
Kalau saya kemarin buka carter lebih tuntas, tapi ini harus dibilangin baik-baik sama bengkelnya.
  • Mobil diposisikan di parkiran antri express service, karena tinggal didorong untuk naik lift (note: tidak semua bengkel bisa didorong naik lift, terkadang gak ada posisi parkiran antri yang pas, sementara gak mungkin juga mobil parkir di stall, menghambat pengerjaan mobil lain)
  • Mobil dibiarkan parkir (mesin mati) minimal 1 jam supaya CVTF turun ke carter
  • Mobil didorong ke stall (jangan dinyalakan) lalu diangkat, oli dikuras, kemudian carter dilepas dan dibiarkan kurang lebih 15 menit
  • Sebenarnya setelah 15 menit pun masih ada yang menetes, tapi sudah tinggal sedikit
Keluar gak dicek seberapa banyak, tapi masuk 3,5 liter sampai ke level yang pas. Yaa kalau dengan suction pump ini bisa terkuras 85%-nya dengan waktu pengerjaan jauh lebih cepat, mungkin ane akan ikutan.
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12358
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Akhirnya Ganti Strainer CVT

Post by Suryaputra »

msd wrote: Wed Feb 26, 2025 17:42
msd wrote: Sun Feb 09, 2025 23:23
msd wrote: Sun Jan 26, 2025 19:54Alhamdulillaah A2K Sunter mau (kuras CVTF + buka carter CVT + ganti strainer + ganti paking carter).
Ternyata gak semudah itu, bengkelnya emang mau kerjakan, tapi part-nya ada yang indent cukup lama
  • 35303-BZ040 STRAINER SUB ASSY, OIL <- barang indent 2-3 bulan
  • 35168-BZ030 GASKET, TRANSMISSION OIL PAN <- barang tidak ready di bengkel, bisa datang dalam 2 hari, bisa dischedule juga
  • Tanggal 24 Februari dapat WhatsApp part sudah datang, ternyata lebih cepat dari estimasi
  • Tanggal 25 Februari langsung pasang dengan biaya sbb.
    Image
    Estimasi pengerjaan 8.00-16.00, aktualnya 8.30-10.30. Oli ane bawakan 7 liter, terpakai 3 liter, 4 liter dibiarkan segel.
marmut wrote: Mon Jan 20, 2025 6:30dan terpenting volume cvtf musti pas tidak boleh lebih, tidak boleh kurang.

btw kalo nggak salah inget transmisi afansa ini sama dengan raize/rocky ya? apa beda? dari pabriknya cvtf underfill rata² 1 literan.
  • Tanggal 26 setelah mobil jalan ke kantor, cek dipstick, oli di bawah minimal
    Komplain ke SA katanya ada kekeliruan di mereka, seharusnya mobil dipakai jalan setelah diisi - sebelum diukur
    Karena bengkelnya jauh, ane top up sendiri 500ml lewat lubang dipstick
    Celup ulang dipstick terbaca 75% full [lubang MIN - ■ ■ ■ □ - lubang MAX]

Strainer CVT yang lama masih terlihat bersih, walaupun dia yang dipakai saat inreyen. Kalau begini, mungkin ane mau ganti strainer lagi setelah jalan 80/120rb km (tapi oli CVT tetap diganti tiap 40rb km dengan metode tap and fill/non-flushing).
  1. Full part
    ImageImage
  2. Close up
    ImageImageImageImage
Mantep
Niat banget :big_exellent:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
singachu
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1577
Joined: Mon Jan 07, 2008 3:10

Re: Merawat Avanza CVT agar Awet 10++ Tahun

Post by singachu »

msd wrote: Wed Feb 26, 2025 18:17
singachu wrote: Thu Feb 13, 2025 3:44 cuman sebenernya itu kan saringan aja dari stainless kan y ? Sebenernya dibersihkan bisa, cuman ya ribet aja susah soalnya jendelanya kecil

regards,
singachu
Bahannya seperti kertas, bukan busa plastik/besi/logam, mirip dengan elemen filter oli mesin, bedanya ini lebih tebal dan tidak ditekuk-tekuk.

Kira-kira gimana membersihkannya ya? Kalau filter air di rumah kita backwash pakai air, kalau strainer CVTF kita backflush pakai oli CVT, yang ada lebih mahal oli terbuang daripada strainer baru :mky_07:
Yang aku bilang bisa dibersihan itu yang strainer dari mess stainless, kalau elemen kertas susah deh. Buktinya filter udara atau filter AC kalau kotoran dah masuk pori2 mau divacuum di semprot kompresor bahkan aku pernah coba cuci pakai air sabun tetep ada yang di dalam, malah sepertinya pori2 makin kebuka kalau dipaksa

Ternyata strainer bahannya beda2 tiap transmisi ya.

harga strainer dan gasket maticnya mahal ya, beda jauh ama waktu dulu baleno next g matic, gasket dulu ga sampe 100rb, strainer seingetku ga sampe 200rb, tapi dulu wkwkwkwk

skrg 466rb x_x, gasket 130rb masih ga naik banyak
Capture3.JPG
Capture4.JPG

di avanza masih ada dispstick matic ya ?

regards,
singachu
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1814
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Merawat Avanza CVT agar Awet 10++ Tahun

Post by MSU »

the-mantal wrote: Tue Feb 18, 2025 0:17 Btw di grup fb xenia udah ada yg sharing xenia cvt jalan 170k km tanpa issue dari mesin transmisi n kaki2...
Mesin sih emg sudah seharusnya aman, tp transmisi n kaki2 ga ada keluhan itu kabar yg menyenangkan buat pengguna DNGA cvt. Moga2 ada yg tembus angka keramat 300k km dengan aman.

Screenshot_2025-02-18-07-13-40-852_com.facebook.lite.jpg
ini cukup melegakan om....paling nggak kalo udh nyampe 170K berarti cukup reliable
User avatar
msd
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 34
Joined: Sun Jan 19, 2025 17:36
Location: Bandung
Daily Vehicle: Avanza E 2022

Re: Merawat Avanza CVT agar Awet 10++ Tahun

Post by msd »

singachu wrote: Thu Feb 27, 2025 1:12 Ternyata strainer bahannya beda2 tiap transmisi ya.

Yang aku bilang bisa dibersihan itu yang strainer dari mess stainless, kalau elemen kertas susah deh. Buktinya filter udara atau filter AC kalau kotoran dah masuk pori2 mau divacuum di semprot kompresor bahkan aku pernah coba cuci pakai air sabun tetep ada yang di dalam, malah sepertinya pori2 makin kebuka kalau dipaksa
Nah misal bahan saringannya mesh logam, cara membersihkannya adalah..? Disemprot angin?
Khayalanku cara membersihkannya: dibilas pakai oli CVT, dibilas pakai bensin, disemprot brake cleaner, atau semacamnya. Kalau disemprot angin kompresor kyknya gak mempan, soalnya oli CVT cukup kental.


singachu wrote: Thu Feb 27, 2025 1:12 harga strainer dan gasket maticnya mahal ya, beda jauh ama waktu dulu baleno next g matic, gasket dulu ga sampe 100rb, strainer seingetku ga sampe 200rb, tapi dulu wkwkwkwk

skrg 466rb x_x, gasket 130rb masih ga naik banyak
Capture3.JPG
Capture4.JPG
Iya, makanya jadi males ganti, udah mahal, masih bersih pula. BTW memang wajar ya kalau ganti strainer, ganti gasket juga (gasket tidak bisa dipakai ulang)?


singachu wrote: Thu Feb 27, 2025 1:12 di avanza masih ada dispstick matic ya ?

regards,
singachu
Masih ada gan. Video orang:
msd wrote: Tue Jan 21, 2025 4:54
Posisinya juga strategis, mudah buat kita cek rutin. Video ane:
singachu
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1577
Joined: Mon Jan 07, 2008 3:10

Re: Merawat Avanza CVT agar Awet 10++ Tahun

Post by singachu »

msd wrote: Thu Feb 27, 2025 2:36 Nah misal bahan saringannya mesh logam, cara membersihkannya adalah..? Disemprot angin?
Khayalanku cara membersihkannya: dibilas pakai oli CVT, dibilas pakai bensin, disemprot brake cleaner, atau semacamnya. Kalau disemprot angin kompresor kyknya gak mempan, soalnya oli CVT cukup kental.
ga bisa disemprot angin aja, aku iseng brake clean juga ga langsung lepas semuanya. Sepertinya harus ada banyak effort jg :mky_01:
cuman berhubung yang lalu aku dah siap strainer baru, jadinya ga aku lanjut cuci.
msd wrote: Thu Feb 27, 2025 2:36 Iya, makanya jadi males ganti, udah mahal, masih bersih pula. BTW memang wajar ya kalau ganti strainer, ganti gasket juga (gasket tidak bisa dipakai ulang)?
Wajib ganti sih
msd wrote: Thu Feb 27, 2025 2:36
Masih ada gan. Video orang:
msd wrote: Tue Jan 21, 2025 4:54
Posisinya juga strategis, mudah buat kita cek rutin. Video ane:
video yang kedua blom bisa aku play
btw cara cek dipstik maticnya bagaimana ? apa ada petunjuknya ?

kalau dulu at baleno next g sih, disuruh pakai dulu jalan 10 menit, ga boleh terlalu panas juga,
terus pindahin tuas dari PRNDL balik ke P masing-masing dijeda 1 detik.
terus kondisi mesin masih nyala, cabut dipstik. baru liat diantara dua titik apa ga.

regards,
singachu
User avatar
msd
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 34
Joined: Sun Jan 19, 2025 17:36
Location: Bandung
Daily Vehicle: Avanza E 2022

Re: Merawat Avanza CVT agar Awet 10++ Tahun

Post by msd »

singachu wrote: Thu Feb 27, 2025 2:50 video yang kedua blom bisa aku play
Masih processing udah ane post, boleh dicoba lagi sekarang, harusnya udah bisa.


singachu wrote: Thu Feb 27, 2025 2:50 btw cara cek dipstik maticnya bagaimana ? apa ada petunjuknya ?

kalau dulu at baleno next g sih, disuruh pakai dulu jalan 10 menit, ga boleh terlalu panas juga,
terus pindahin tuas dari PRNDL balik ke P masing-masing dijeda 1 detik.
terus kondisi mesin masih nyala, cabut dipstik. baru liat diantara dua titik apa ga.

regards,
singachu
Petunjuk dari Pedoman Servis gaada. Tapi ane idling 15 menit, jalan 5 menit, lalu ukur dalam kondisi mesin menyala.
SOP agan bagus juga, nanti pulang kerja ane coba deh dengan metode tersebut.
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1814
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Merawat Avanza CVT agar Awet 10++ Tahun

Post by MSU »

msd wrote: Thu Feb 27, 2025 3:02
singachu wrote: Thu Feb 27, 2025 2:50 video yang kedua blom bisa aku play
Masih processing udah ane post, boleh dicoba lagi sekarang, harusnya udah bisa.


singachu wrote: Thu Feb 27, 2025 2:50 btw cara cek dipstik maticnya bagaimana ? apa ada petunjuknya ?

kalau dulu at baleno next g sih, disuruh pakai dulu jalan 10 menit, ga boleh terlalu panas juga,
terus pindahin tuas dari PRNDL balik ke P masing-masing dijeda 1 detik.
terus kondisi mesin masih nyala, cabut dipstik. baru liat diantara dua titik apa ga.

regards,
singachu
Petunjuk dari Pedoman Servis gaada. Tapi ane idling 15 menit, jalan 5 menit, lalu ukur dalam kondisi mesin menyala.
SOP agan bagus juga, nanti pulang kerja ane coba deh dengan metode tersebut.
kalo saya dulu....saya pake normal om...
abis itu berhenti, kondisi mesin masih nyala...posisi di P
dulu di mobil saya pas masih baru...dengan metode ini posisi oli 1/3 di antara batas bawah s/d atas & ada suara kayak ngiung seperti dari gearbox pas jalan
abis itu sy tambahkan mgkn sekitar 300ml hampir sampe ke batas atas
singachu
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1577
Joined: Mon Jan 07, 2008 3:10

Re: Merawat Avanza CVT agar Awet 10++ Tahun

Post by singachu »

msd wrote: Thu Feb 27, 2025 3:02
singachu wrote: Thu Feb 27, 2025 2:50 video yang kedua blom bisa aku play
Masih processing udah ane post, boleh dicoba lagi sekarang, harusnya udah bisa.


singachu wrote: Thu Feb 27, 2025 2:50 btw cara cek dipstik maticnya bagaimana ? apa ada petunjuknya ?

kalau dulu at baleno next g sih, disuruh pakai dulu jalan 10 menit, ga boleh terlalu panas juga,
terus pindahin tuas dari PRNDL balik ke P masing-masing dijeda 1 detik.
terus kondisi mesin masih nyala, cabut dipstik. baru liat diantara dua titik apa ga.

regards,
singachu
Petunjuk dari Pedoman Servis gaada. Tapi ane idling 15 menit, jalan 5 menit, lalu ukur dalam kondisi mesin menyala.
SOP agan bagus juga, nanti pulang kerja ane coba deh dengan metode tersebut.
nah videonya dah bisa kebuka. caranya dah sama sih itu.
Mungkin BERES pas ngecek kondisi mati makanya pas dites kondisi mesin nyala jadi rendah.
Soalnya mesin mati kan pompa transmisi ga jalan, kalau mesin nyala pompa jalan, oli di pan pada sirkulasi

regards,
singachu
User avatar
msd
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 34
Joined: Sun Jan 19, 2025 17:36
Location: Bandung
Daily Vehicle: Avanza E 2022

Re: Merawat Avanza CVT agar Awet 10++ Tahun

Post by msd »

Krucilatoz wrote: Mon Feb 17, 2025 8:57 Numpang nanya di trit yg rame :D
terkait soal CVTnya avanza (dan xenia) ini pakai DCVT (dual-cvt),

Jadi ada kasus dimana CVT avanza tiba-tiba ga berfungsi. Ini ceritanya awal feb lalu kami lagi ada acara di lembang. Datang ke sana (mobil full dan nanjak) aman-aman saja. Kemudian seperti biasa mobil parkir semalam, lalu besoknya pulang.
Dan tiba-tiba itu mobil ga bisa jalan. Check engine light nyala. Di gas seperti ga masuk, atau jalan pelan banget.
Karena itu minggu sore kita coba panggil montir ternyata ga nemu. Dan tiba-tiba mobil bisa jalan lagi (diisi 2 orang).
Sampai hari ini itu mobil masih normal.

Seminggu kemudian, kantor nge-rental mobil buat jalan ke jkt. Yg datang avanza juga, same year (2023). Dan tiba2 di subuh tsb terjadi masalah sama. Check engine light nyala, di gas ga jalan normal, kayak limp. Akhirnya sama OB kantor coba diarahkan ke jalan sebelah kantor sambil dorong (ga tahu napa kok dorong), dan setelah beberapa lama tiba-tiba normal lagi.

Hal yg sama dari dua kasus tersebut :avanza, cvt, keluaran 2023 (dari plat nomor), check engine light nyala, tiba2 susah jalan, setelah beberapa waktu normal lagi.

Ada yg punya pengalaman sama atau tahu sebabnya?
Lembang harusnya gak parah-parah amat (kalau lewat jalan besar, manatau ada jalan kecil ekstrim yang saya gak tau). Saya sudah pernah bawa 1.3E CVT ke:
  • Masih wajar: Skyline Best View, motong via Citra Green Dago (isi mobil 4 orang)
  • Agak berat: ke Ciwidey sampai ke parkiran pinggir kawah (isi mobil 3 orang + 3 koper @20kg)
  • Agak berat: ke Estusae Trawas (isi mobil 2 orang)
  • Mulai ekstrim: ke Bromo Otix Guesthouse (isi mobil 4 orang)
  • Ekstrim: ke Pantai Pasir Putih Geopark Ciletuh dari Pelabuhan Ratu (isi mobil 5 orang, tapi di 1 tanjakan paling ekstrim (arah balik ke Pelabuhan Ratu), penumpang ane minta turun)


the-mantal wrote: Tue Feb 18, 2025 0:12 Klo pernah baca n lihat youtube sih biasa kejadian kaya gini karena overheat cvt nya (habis tanjakan panjang), biasa masuk limp mode, jd perlu didinginin dlu n bakal normal lg stelah itu. Cmn ya ceritanya kan starter pagi2 ya jd kondisi masih dingin.. Ngga tahu deh om.
Setuju sama Om Mantal, kalau CVT overheat kenapa error-nya setelah 'istirahat'? Kupikir-pikir setelah istirahat harusnya malah sembuh.



ilhami wrote: Mon Feb 17, 2025 10:23 sebaiknya langsung di cek dengan diagnostic tool, jadi bisa kelihatan parameter mana yang bermasalah
Setuju juga. ECU jaman sekarang kalau gak di-clear dia inget error historis kok.



singachu wrote: Thu Feb 27, 2025 4:52 nah videonya dah bisa kebuka. caranya dah sama sih itu.
Mungkin BERES pas ngecek kondisi mati makanya pas dites kondisi mesin nyala jadi rendah.
Soalnya mesin mati kan pompa transmisi ga jalan, kalau mesin nyala pompa jalan, oli di pan pada sirkulasi

regards,
singachu
Katanya sih mesinnya sudah dinyalakan, tapi baru dinyalakan langsung diukur. Kalau saya selain dinyalakan, dipakai jalan juga sekitar 5 menit/3 km.
msd wrote: Wed Feb 26, 2025 17:42
  • Tanggal 26 setelah mobil jalan ke kantor, cek dipstick, oli di bawah minimal
    Komplain ke SA katanya ada kekeliruan di mereka, seharusnya mobil dipakai jalan setelah diisi - sebelum diukur
    Karena bengkelnya jauh, ane top up sendiri 500ml lewat lubang dipstick
    Celup ulang dipstick terbaca 75% full [lubang MIN - ■ ■ ■ □ - lubang MAX]
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4319
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Merawat Avanza CVT agar Awet 10++ Tahun

Post by kunaskun »

msd wrote: Thu Feb 27, 2025 6:00
  • Tanggal 26 setelah mobil jalan ke kantor, cek dipstick, oli di bawah minimal
    Komplain ke SA katanya ada kekeliruan di mereka, seharusnya mobil dipakai jalan setelah diisi - sebelum diukur
    Karena bengkelnya jauh, ane top up sendiri 500ml lewat lubang dipstick
    Celup ulang dipstick terbaca 75% full [lubang MIN - ■ ■ ■ □ - lubang MAX]

dulu sempet dapat link TIS raize indo, baru sempet download beberapa eh keburu down.
Image
Image

kalau dari cara kerjanya harus cari beres yang Kepala Regu rajin dan mendetail mau ngikutin SOP dan scanner karena cara termudah baca suhu itu pake scanner.
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4319
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Merawat Avanza CVT agar Awet 10++ Tahun

Post by kunaskun »

msd wrote: Thu Feb 27, 2025 2:36 Nah misal bahan saringannya mesh logam, cara membersihkannya adalah..? Disemprot angin?
Khayalanku cara membersihkannya: dibilas pakai oli CVT, dibilas pakai bensin, disemprot brake cleaner, atau semacamnya. Kalau disemprot angin kompresor kyknya gak mempan, soalnya oli CVT cukup kental.
pernah baca soal strainer gini di google, kalau bisa dilepas pasang dan bahan non metal, maka diganti, jika tidak bisa dilepas pasang dan bahan non metal ya ganti juga, kalau beruntung masih model kuno dari metal dan bisa dilepas pasang maka dibersihkan.
ada satu komponen penting lagi: magnet di oil pan.
Iya, makanya jadi males ganti, udah mahal, masih bersih pula. BTW memang wajar ya kalau ganti strainer, ganti gasket juga (gasket tidak bisa dipakai ulang)?
sewajarnya gasket memang tidak bisa dipakai ulang, dan melihat fungsinya ya ganti saja.
Masih ada gan. Video orang:
msd wrote: Tue Jan 21, 2025 4:54
Posisinya juga strategis, mudah buat kita cek rutin. Video ane:
CVT avanza DNGA ini agak antik, masih ada dipstik, dan bisa digunakan untuk isi ulang tanpa SST pula, padahal transmisi generasi terbaru.
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2474
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: Merawat Avanza CVT agar Awet 10++ Tahun

Post by ilhami »

Kalau torque converter itu sebenarnya ga bisa diservice, karena harus di balancing ulang, dan di las lagi. Tapi dokter mobil katanya mau beli mesin yang bisa service torque converter dan ngelas rapi lagi.

Sebenarnya oli matic ini tidak teroksidasi seperti oli mesin. Kotor karena serbuk kopling, atau kasus khusus terendam banjir. Jadi klaim pabrikan 100 ribu km sebenarnya wajar saja.
User avatar
msd
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 34
Joined: Sun Jan 19, 2025 17:36
Location: Bandung
Daily Vehicle: Avanza E 2022

Re: Merawat Avanza CVT agar Awet 10++ Tahun

Post by msd »

kunaskun wrote: Thu Feb 27, 2025 11:24CVT avanza DNGA ini agak antik, masih ada dipstik, dan bisa digunakan untuk isi ulang tanpa SST pula, padahal transmisi generasi terbaru.
Menurut saya ada bagusnya juga didesain seperti ini, mengingat coverage bengkel resmi di Indonesia masih belum tuntas. Bukan tidak mungkin Avanza ini dipakai jadi mobil travel ke pelosok. Asalkan masih ada jalan, kalau cuma ada tanah biasanya pakai Fortuner :ngacir:


ilhami wrote: Fri Feb 28, 2025 3:25Sebenarnya oli matic ini tidak teroksidasi seperti oli mesin. Kotor karena serbuk kopling, atau kasus khusus terendam banjir. Jadi klaim pabrikan 100 ribu km sebenarnya wajar saja.
Menurut saya masih bisa teroksidasi karena terlalu panas, bisa diakibatkan karena macet-macetan atau kakinya bejek-bejek pedal gas.
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2474
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: Merawat Avanza CVT agar Awet 10++ Tahun

Post by ilhami »

definisi oksidasi tentunya bereaksi dengan oksigen.
Oli transmisi relatif sedikit sekali kontak dengan oksigen.

Yang posting kondisi oli masih bagus, strainer bersih itu di km berapa?
t105erd
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1531
Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17

Re: Merawat Avanza CVT agar Awet 10++ Tahun

Post by t105erd »

msd wrote: Fri Feb 28, 2025 7:51
kunaskun wrote: Thu Feb 27, 2025 11:24CVT avanza DNGA ini agak antik, masih ada dipstik, dan bisa digunakan untuk isi ulang tanpa SST pula, padahal transmisi generasi terbaru.
Menurut saya ada bagusnya juga didesain seperti ini, mengingat coverage bengkel resmi di Indonesia masih belum tuntas. Bukan tidak mungkin Avanza ini dipakai jadi mobil travel ke pelosok. Asalkan masih ada jalan, kalau cuma ada tanah biasanya pakai Fortuner :ngacir:


ilhami wrote: Fri Feb 28, 2025 3:25Sebenarnya oli matic ini tidak teroksidasi seperti oli mesin. Kotor karena serbuk kopling, atau kasus khusus terendam banjir. Jadi klaim pabrikan 100 ribu km sebenarnya wajar saja.
Menurut saya masih bisa teroksidasi karena terlalu panas, bisa diakibatkan karena macet-macetan atau kakinya bejek-bejek pedal gas.
Avanza/Raize/Zenix dan mobil2 CVT kekinian itu punya CVTF cooler ga sih?
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1814
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Merawat Avanza CVT agar Awet 10++ Tahun

Post by MSU »

t105erd wrote: Fri Feb 28, 2025 14:28
msd wrote: Fri Feb 28, 2025 7:51
kunaskun wrote: Thu Feb 27, 2025 11:24CVT avanza DNGA ini agak antik, masih ada dipstik, dan bisa digunakan untuk isi ulang tanpa SST pula, padahal transmisi generasi terbaru.
Menurut saya ada bagusnya juga didesain seperti ini, mengingat coverage bengkel resmi di Indonesia masih belum tuntas. Bukan tidak mungkin Avanza ini dipakai jadi mobil travel ke pelosok. Asalkan masih ada jalan, kalau cuma ada tanah biasanya pakai Fortuner :ngacir:


ilhami wrote: Fri Feb 28, 2025 3:25Sebenarnya oli matic ini tidak teroksidasi seperti oli mesin. Kotor karena serbuk kopling, atau kasus khusus terendam banjir. Jadi klaim pabrikan 100 ribu km sebenarnya wajar saja.
Menurut saya masih bisa teroksidasi karena terlalu panas, bisa diakibatkan karena macet-macetan atau kakinya bejek-bejek pedal gas.
Avanza/Raize/Zenix dan mobil2 CVT kekinian itu punya CVTF cooler ga sih?
Cmiiw...ntaj lebih tepatnya cooler atau warmer atau stabilizer wkwk...tp air radiator memang di sirkulasi ke cvt
Di kijang tua matik pun sistemnya mirip2 koq...jalur oli masuk ke radiator
rifqioctavian
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 17
Joined: Tue Dec 21, 2021 14:47

Re: Merawat Avanza CVT agar Awet 10++ Tahun

Post by rifqioctavian »

Suryaputra wrote: Mon Jan 20, 2025 5:50
kenop wrote: Mon Jan 20, 2025 5:37
ChZ wrote: Mon Jan 20, 2025 4:44

nah ini ni biasa nggak dilakukan. palagi biasa ngencengin asal kenceng nggak pake kunci momen.
Ini hrs ngomong sampe di tulis di spk nya, kalo kaga ya liwat aja, pdhl di buku servis ada poin2 cek dan kencengin baut2

Kl soal torsi pas kencenginnya bener apa ngga ya semoga aja bener, pake kunci torsi sih tp setting nya bener apa ngga kan ga tau :big_biglaugh:
Di beres s*nmotor mitsubisa, gak pk kunci torsi, pk feeling

Jadi silahkan beli dan bw kunci momen sendiri :upss: :big_biglaugh:

Klo honda lengkap.
Malah klo servis di beres honda jatiasih, dapat kyk gini
Selain snack dsb :big_exellent:

IMG_20241222_073146.jpgIMG_20241222_072940.jpg

Maap oot :upss:
Kok enak om di honda tugu gak ada makanannya dong. Terus kunci torsi di honda tugu yang kurasa dipake cuma buat ngencengin velg tok padahal liat mobil lain pada di kencengin baut2nya pake kunci torsi entah apa ku gak ngeliat pas garap mobil sendiri wkwkkw
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12358
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Merawat Avanza CVT agar Awet 10++ Tahun

Post by Suryaputra »

rifqioctavian wrote: Tue Mar 11, 2025 4:49
Suryaputra wrote: Mon Jan 20, 2025 5:50
kenop wrote: Mon Jan 20, 2025 5:37

Ini hrs ngomong sampe di tulis di spk nya, kalo kaga ya liwat aja, pdhl di buku servis ada poin2 cek dan kencengin baut2

Kl soal torsi pas kencenginnya bener apa ngga ya semoga aja bener, pake kunci torsi sih tp setting nya bener apa ngga kan ga tau :big_biglaugh:
Di beres s*nmotor mitsubisa, gak pk kunci torsi, pk feeling

Jadi silahkan beli dan bw kunci momen sendiri :upss: :big_biglaugh:

Klo honda lengkap.
Malah klo servis di beres honda jatiasih, dapat kyk gini
Selain snack dsb :big_exellent:

IMG_20241222_073146.jpgIMG_20241222_072940.jpg

Maap oot :upss:
Kok enak om di honda tugu gak ada makanannya dong. Terus kunci torsi di honda tugu yang kurasa dipake cuma buat ngencengin velg tok padahal liat mobil lain pada di kencengin baut2nya pake kunci torsi entah apa ku gak ngeliat pas garap mobil sendiri wkwkkw
Beda owner diler, beda kebaikan :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri