Merawat Avanza CVT agar Awet 10++ Tahun
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 558
- Joined: Wed Apr 27, 2005 9:47
- Location: jakarta
Re: Merawat Avanza CVT agar Awet 10++ Tahun
Klo pernah baca n lihat youtube sih biasa kejadian kaya gini karena overheat cvt nya (habis tanjakan panjang), biasa masuk limp mode, jd perlu didinginin dlu n bakal normal lg stelah itu. Cmn ya ceritanya kan starter pagi2 ya jd kondisi masih dingin.. Ngga tahu deh om.
Harta Cinta Tahta!!!
Choose yours
Choose yours
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 558
- Joined: Wed Apr 27, 2005 9:47
- Location: jakarta
Re: Merawat Avanza CVT agar Awet 10++ Tahun
Btw di grup fb xenia udah ada yg sharing xenia cvt jalan 170k km tanpa issue dari mesin transmisi n kaki2...
Mesin sih emg sudah seharusnya aman, tp transmisi n kaki2 ga ada keluhan itu kabar yg menyenangkan buat pengguna DNGA cvt. Moga2 ada yg tembus angka keramat 300k km dengan aman.
Mesin sih emg sudah seharusnya aman, tp transmisi n kaki2 ga ada keluhan itu kabar yg menyenangkan buat pengguna DNGA cvt. Moga2 ada yg tembus angka keramat 300k km dengan aman.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Harta Cinta Tahta!!!
Choose yours
Choose yours
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 34
- Joined: Sun Jan 19, 2025 17:36
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Avanza E 2022
Akhirnya Ganti Strainer CVT
msd wrote: ↑Sun Feb 09, 2025 23:23Ternyata gak semudah itu, bengkelnya emang mau kerjakan, tapi part-nya ada yang indent cukup lama
- 35303-BZ040 STRAINER SUB ASSY, OIL <- barang indent 2-3 bulan
- 35168-BZ030 GASKET, TRANSMISSION OIL PAN <- barang tidak ready di bengkel, bisa datang dalam 2 hari, bisa dischedule juga
- Tanggal 24 Februari dapat WhatsApp part sudah datang, ternyata lebih cepat dari estimasi
- Tanggal 25 Februari langsung pasang dengan biaya sbb.
Estimasi pengerjaan 8.00-16.00, aktualnya 8.30-10.30. Oli ane bawakan 7 liter, terpakai 3 liter, 4 liter dibiarkan segel.
- Tanggal 26 setelah mobil jalan ke kantor, cek dipstick, oli di bawah minimal
Komplain ke SA katanya ada kekeliruan di mereka, seharusnya mobil dipakai jalan setelah diisi - sebelum diukur
Karena bengkelnya jauh, ane top up sendiri 500ml lewat lubang dipstick
Celup ulang dipstick terbaca 75% full [lubang MIN - ■ ■ ■ □ - lubang MAX]
Strainer CVT yang lama masih terlihat bersih, walaupun dia yang dipakai saat inreyen. Kalau begini, mungkin ane mau ganti strainer lagi setelah jalan 80/120rb km (tapi oli CVT tetap diganti tiap 40rb km dengan metode tap and fill/non-flushing).
- Full part
- Close up
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 34
- Joined: Sun Jan 19, 2025 17:36
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Avanza E 2022
Re: Merawat Avanza CVT agar Awet 10++ Tahun
Nah, bisa jadi begitu. Walau seharusnya ini barang fast moving, tapi ketersediaan stoknya lebih sulit daripada, misal, bumper depan.MSU wrote: ↑Tue Feb 11, 2025 8:46mungkin T&D akan edukasi konsumen...ini barang yg ga perlu diganti...Suryaputra wrote: ↑Tue Feb 11, 2025 5:31Krn hny org yg paham mobil, mau ganti![]()
Dr sekian buanyak populasi user mobil matic
sampe mobilnya dikampakin![]()
Bumper depan di A2K BP bisa datang dalam 3 hari, strainer ini butuh 2 pekan

Kalau ini sih enggak ya... di pedoman servis tertulis 100rb, dan ada kondisi-kondisi tertentu disarankan ganti setiap 30 bulan (menggunakan roof rack untuk membawa barang, digunakan di bawah titik beku, sering idling/macet-macetan, atau dipakai berkendara diatas 144km/h).
Yang saya rasakan sehabis ganti oli CVT gak ada bedanyabumiltrans wrote: ↑Fri Feb 14, 2025 2:10 ikutan komentar om, kebetulan saya punya avanza CVT buat rentalan.
seinget saya kalau di buku pedoman ganti oli cvt itu di km100 ribu ya, cuma yang jadi masalah kan mobil ini banyak orang yang pakai jadi pas di km 40ribu saya putuskan ganti oli cvt nya melalui ths langganan. ternyata emang setelah ganti oli cvt rasanya lebih enak berasa responsifjadinya avanza lainnya juga pas 40ribu km juga saya ganti oli cvt nya.
saya pernah dapat info katanya lebih enak kalo ganti oli cvt per 20ribu km, cuma kayaknya kedeketan sih jaraknya dan ngeluarin cost juga![]()
![Big Smile :big_smile]](./images/smilies/big_smile.gif)

Artinya disuruh ganti transmisinya kalau mau ganti strainer di beres?azu wrote: ↑Tue Feb 11, 2025 10:43masih untung ada part numbernya om. CVTnya Alphard sama Nav1 malah di katalog part ga ada itu strainer transmisimsd wrote: ↑Sun Feb 09, 2025 23:23 Ternyata gak semudah itu, bengkelnya emang mau kerjakan, tapi part-nya ada yang indent cukup lama
- 35303-BZ040 STRAINER SUB ASSY, OIL <- barang indent 2-3 bulan
- 35168-BZ030 GASKET, TRANSMISSION OIL PAN <- barang tidak ready di bengkel, bisa datang dalam 2 hari, bisa dischedule juga
![]()
mau ga mau cari yg bentuknya mirip, pas dipasang ternyata ga bisa karena lekukan bagian atasnya ga pas sama body valvenya
akhirnya cari yg aftermarket beli di bengkel spesialis transmisi, biar kalau ga bisa dipakai bisa cari dan tuker dengan yg bisa dipasang

Last edited by msd on Wed Feb 26, 2025 18:19, edited 1 time in total.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 34
- Joined: Sun Jan 19, 2025 17:36
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Avanza E 2022
Re: Merawat Avanza CVT agar Awet 10++ Tahun
Bahannya seperti kertas, bukan busa plastik/besi/logam, mirip dengan elemen filter oli mesin, bedanya ini lebih tebal dan tidak ditekuk-tekuk.
Kira-kira gimana membersihkannya ya? Kalau filter air di rumah kita backwash pakai air, kalau strainer CVTF kita backflush pakai oli CVT, yang ada lebih mahal oli terbuang daripada strainer baru

Setuju dengan kesimpulan ini, karena strainer bekas (yang dibuang) tidak terlihat kotoran sama sekali.
Kalau saya kemarin buka carter lebih tuntas, tapi ini harus dibilangin baik-baik sama bengkelnya.
- Mobil diposisikan di parkiran antri express service, karena tinggal didorong untuk naik lift (note: tidak semua bengkel bisa didorong naik lift, terkadang gak ada posisi parkiran antri yang pas, sementara gak mungkin juga mobil parkir di stall, menghambat pengerjaan mobil lain)
- Mobil dibiarkan parkir (mesin mati) minimal 1 jam supaya CVTF turun ke carter
- Mobil didorong ke stall (jangan dinyalakan) lalu diangkat, oli dikuras, kemudian carter dilepas dan dibiarkan kurang lebih 15 menit
- Sebenarnya setelah 15 menit pun masih ada yang menetes, tapi sudah tinggal sedikit
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 12356
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Akhirnya Ganti Strainer CVT
Mantepmsd wrote: ↑Wed Feb 26, 2025 17:42msd wrote: ↑Sun Feb 09, 2025 23:23Ternyata gak semudah itu, bengkelnya emang mau kerjakan, tapi part-nya ada yang indent cukup lama
- 35303-BZ040 STRAINER SUB ASSY, OIL <- barang indent 2-3 bulan
- 35168-BZ030 GASKET, TRANSMISSION OIL PAN <- barang tidak ready di bengkel, bisa datang dalam 2 hari, bisa dischedule juga
- Tanggal 24 Februari dapat WhatsApp part sudah datang, ternyata lebih cepat dari estimasi
- Tanggal 25 Februari langsung pasang dengan biaya sbb.
Estimasi pengerjaan 8.00-16.00, aktualnya 8.30-10.30. Oli ane bawakan 7 liter, terpakai 3 liter, 4 liter dibiarkan segel.
- Tanggal 26 setelah mobil jalan ke kantor, cek dipstick, oli di bawah minimal
Komplain ke SA katanya ada kekeliruan di mereka, seharusnya mobil dipakai jalan setelah diisi - sebelum diukur
Karena bengkelnya jauh, ane top up sendiri 500ml lewat lubang dipstick
Celup ulang dipstick terbaca 75% full [lubang MIN - ■ ■ ■ □ - lubang MAX]
Strainer CVT yang lama masih terlihat bersih, walaupun dia yang dipakai saat inreyen. Kalau begini, mungkin ane mau ganti strainer lagi setelah jalan 80/120rb km (tapi oli CVT tetap diganti tiap 40rb km dengan metode tap and fill/non-flushing).
- Full part
- Close up
Niat banget

Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1577
- Joined: Mon Jan 07, 2008 3:10
Re: Merawat Avanza CVT agar Awet 10++ Tahun
Yang aku bilang bisa dibersihan itu yang strainer dari mess stainless, kalau elemen kertas susah deh. Buktinya filter udara atau filter AC kalau kotoran dah masuk pori2 mau divacuum di semprot kompresor bahkan aku pernah coba cuci pakai air sabun tetep ada yang di dalam, malah sepertinya pori2 makin kebuka kalau dipaksamsd wrote: ↑Wed Feb 26, 2025 18:17Bahannya seperti kertas, bukan busa plastik/besi/logam, mirip dengan elemen filter oli mesin, bedanya ini lebih tebal dan tidak ditekuk-tekuk.
Kira-kira gimana membersihkannya ya? Kalau filter air di rumah kita backwash pakai air, kalau strainer CVTF kita backflush pakai oli CVT, yang ada lebih mahal oli terbuang daripada strainer baru![]()
Ternyata strainer bahannya beda2 tiap transmisi ya.
harga strainer dan gasket maticnya mahal ya, beda jauh ama waktu dulu baleno next g matic, gasket dulu ga sampe 100rb, strainer seingetku ga sampe 200rb, tapi dulu wkwkwkwk
skrg 466rb x_x, gasket 130rb masih ga naik banyak
di avanza masih ada dispstick matic ya ?
regards,
singachu
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1814
- Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
- Location: INA
- Daily Vehicle: Diesel
Re: Merawat Avanza CVT agar Awet 10++ Tahun
ini cukup melegakan om....paling nggak kalo udh nyampe 170K berarti cukup reliablethe-mantal wrote: ↑Tue Feb 18, 2025 0:17 Btw di grup fb xenia udah ada yg sharing xenia cvt jalan 170k km tanpa issue dari mesin transmisi n kaki2...
Mesin sih emg sudah seharusnya aman, tp transmisi n kaki2 ga ada keluhan itu kabar yg menyenangkan buat pengguna DNGA cvt. Moga2 ada yg tembus angka keramat 300k km dengan aman.
Screenshot_2025-02-18-07-13-40-852_com.facebook.lite.jpg
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 34
- Joined: Sun Jan 19, 2025 17:36
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Avanza E 2022
Re: Merawat Avanza CVT agar Awet 10++ Tahun
Nah misal bahan saringannya mesh logam, cara membersihkannya adalah..? Disemprot angin?singachu wrote: ↑Thu Feb 27, 2025 1:12 Ternyata strainer bahannya beda2 tiap transmisi ya.
Yang aku bilang bisa dibersihan itu yang strainer dari mess stainless, kalau elemen kertas susah deh. Buktinya filter udara atau filter AC kalau kotoran dah masuk pori2 mau divacuum di semprot kompresor bahkan aku pernah coba cuci pakai air sabun tetep ada yang di dalam, malah sepertinya pori2 makin kebuka kalau dipaksa
Khayalanku cara membersihkannya: dibilas pakai oli CVT, dibilas pakai bensin, disemprot brake cleaner, atau semacamnya. Kalau disemprot angin kompresor kyknya gak mempan, soalnya oli CVT cukup kental.
Iya, makanya jadi males ganti, udah mahal, masih bersih pula. BTW memang wajar ya kalau ganti strainer, ganti gasket juga (gasket tidak bisa dipakai ulang)?
Masih ada gan. Video orang:
Posisinya juga strategis, mudah buat kita cek rutin. Video ane:
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1577
- Joined: Mon Jan 07, 2008 3:10
Re: Merawat Avanza CVT agar Awet 10++ Tahun
ga bisa disemprot angin aja, aku iseng brake clean juga ga langsung lepas semuanya. Sepertinya harus ada banyak effort jgmsd wrote: ↑Thu Feb 27, 2025 2:36 Nah misal bahan saringannya mesh logam, cara membersihkannya adalah..? Disemprot angin?
Khayalanku cara membersihkannya: dibilas pakai oli CVT, dibilas pakai bensin, disemprot brake cleaner, atau semacamnya. Kalau disemprot angin kompresor kyknya gak mempan, soalnya oli CVT cukup kental.

cuman berhubung yang lalu aku dah siap strainer baru, jadinya ga aku lanjut cuci.
Wajib ganti sih
video yang kedua blom bisa aku play
btw cara cek dipstik maticnya bagaimana ? apa ada petunjuknya ?
kalau dulu at baleno next g sih, disuruh pakai dulu jalan 10 menit, ga boleh terlalu panas juga,
terus pindahin tuas dari PRNDL balik ke P masing-masing dijeda 1 detik.
terus kondisi mesin masih nyala, cabut dipstik. baru liat diantara dua titik apa ga.
regards,
singachu
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 34
- Joined: Sun Jan 19, 2025 17:36
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Avanza E 2022
Re: Merawat Avanza CVT agar Awet 10++ Tahun
Masih processing udah ane post, boleh dicoba lagi sekarang, harusnya udah bisa.
Petunjuk dari Pedoman Servis gaada. Tapi ane idling 15 menit, jalan 5 menit, lalu ukur dalam kondisi mesin menyala.singachu wrote: ↑Thu Feb 27, 2025 2:50 btw cara cek dipstik maticnya bagaimana ? apa ada petunjuknya ?
kalau dulu at baleno next g sih, disuruh pakai dulu jalan 10 menit, ga boleh terlalu panas juga,
terus pindahin tuas dari PRNDL balik ke P masing-masing dijeda 1 detik.
terus kondisi mesin masih nyala, cabut dipstik. baru liat diantara dua titik apa ga.
regards,
singachu
SOP agan bagus juga, nanti pulang kerja ane coba deh dengan metode tersebut.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1814
- Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
- Location: INA
- Daily Vehicle: Diesel
Re: Merawat Avanza CVT agar Awet 10++ Tahun
kalo saya dulu....saya pake normal om...msd wrote: ↑Thu Feb 27, 2025 3:02Masih processing udah ane post, boleh dicoba lagi sekarang, harusnya udah bisa.
Petunjuk dari Pedoman Servis gaada. Tapi ane idling 15 menit, jalan 5 menit, lalu ukur dalam kondisi mesin menyala.singachu wrote: ↑Thu Feb 27, 2025 2:50 btw cara cek dipstik maticnya bagaimana ? apa ada petunjuknya ?
kalau dulu at baleno next g sih, disuruh pakai dulu jalan 10 menit, ga boleh terlalu panas juga,
terus pindahin tuas dari PRNDL balik ke P masing-masing dijeda 1 detik.
terus kondisi mesin masih nyala, cabut dipstik. baru liat diantara dua titik apa ga.
regards,
singachu
SOP agan bagus juga, nanti pulang kerja ane coba deh dengan metode tersebut.
abis itu berhenti, kondisi mesin masih nyala...posisi di P
dulu di mobil saya pas masih baru...dengan metode ini posisi oli 1/3 di antara batas bawah s/d atas & ada suara kayak ngiung seperti dari gearbox pas jalan
abis itu sy tambahkan mgkn sekitar 300ml hampir sampe ke batas atas
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1577
- Joined: Mon Jan 07, 2008 3:10
Re: Merawat Avanza CVT agar Awet 10++ Tahun
nah videonya dah bisa kebuka. caranya dah sama sih itu.msd wrote: ↑Thu Feb 27, 2025 3:02Masih processing udah ane post, boleh dicoba lagi sekarang, harusnya udah bisa.
Petunjuk dari Pedoman Servis gaada. Tapi ane idling 15 menit, jalan 5 menit, lalu ukur dalam kondisi mesin menyala.singachu wrote: ↑Thu Feb 27, 2025 2:50 btw cara cek dipstik maticnya bagaimana ? apa ada petunjuknya ?
kalau dulu at baleno next g sih, disuruh pakai dulu jalan 10 menit, ga boleh terlalu panas juga,
terus pindahin tuas dari PRNDL balik ke P masing-masing dijeda 1 detik.
terus kondisi mesin masih nyala, cabut dipstik. baru liat diantara dua titik apa ga.
regards,
singachu
SOP agan bagus juga, nanti pulang kerja ane coba deh dengan metode tersebut.
Mungkin BERES pas ngecek kondisi mati makanya pas dites kondisi mesin nyala jadi rendah.
Soalnya mesin mati kan pompa transmisi ga jalan, kalau mesin nyala pompa jalan, oli di pan pada sirkulasi
regards,
singachu
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 34
- Joined: Sun Jan 19, 2025 17:36
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Avanza E 2022
Re: Merawat Avanza CVT agar Awet 10++ Tahun
Lembang harusnya gak parah-parah amat (kalau lewat jalan besar, manatau ada jalan kecil ekstrim yang saya gak tau). Saya sudah pernah bawa 1.3E CVT ke:Krucilatoz wrote: ↑Mon Feb 17, 2025 8:57 Numpang nanya di trit yg rame
terkait soal CVTnya avanza (dan xenia) ini pakai DCVT (dual-cvt),
Jadi ada kasus dimana CVT avanza tiba-tiba ga berfungsi. Ini ceritanya awal feb lalu kami lagi ada acara di lembang. Datang ke sana (mobil full dan nanjak) aman-aman saja. Kemudian seperti biasa mobil parkir semalam, lalu besoknya pulang.
Dan tiba-tiba itu mobil ga bisa jalan. Check engine light nyala. Di gas seperti ga masuk, atau jalan pelan banget.
Karena itu minggu sore kita coba panggil montir ternyata ga nemu. Dan tiba-tiba mobil bisa jalan lagi (diisi 2 orang).
Sampai hari ini itu mobil masih normal.
Seminggu kemudian, kantor nge-rental mobil buat jalan ke jkt. Yg datang avanza juga, same year (2023). Dan tiba2 di subuh tsb terjadi masalah sama. Check engine light nyala, di gas ga jalan normal, kayak limp. Akhirnya sama OB kantor coba diarahkan ke jalan sebelah kantor sambil dorong (ga tahu napa kok dorong), dan setelah beberapa lama tiba-tiba normal lagi.
Hal yg sama dari dua kasus tersebut :avanza, cvt, keluaran 2023 (dari plat nomor), check engine light nyala, tiba2 susah jalan, setelah beberapa waktu normal lagi.
Ada yg punya pengalaman sama atau tahu sebabnya?
- Masih wajar: Skyline Best View, motong via Citra Green Dago (isi mobil 4 orang)
- Agak berat: ke Ciwidey sampai ke parkiran pinggir kawah (isi mobil 3 orang + 3 koper @20kg)
- Agak berat: ke Estusae Trawas (isi mobil 2 orang)
- Mulai ekstrim: ke Bromo Otix Guesthouse (isi mobil 4 orang)
- Ekstrim: ke Pantai Pasir Putih Geopark Ciletuh dari Pelabuhan Ratu (isi mobil 5 orang, tapi di 1 tanjakan paling ekstrim (arah balik ke Pelabuhan Ratu), penumpang ane minta turun)
Setuju sama Om Mantal, kalau CVT overheat kenapa error-nya setelah 'istirahat'? Kupikir-pikir setelah istirahat harusnya malah sembuh.the-mantal wrote: ↑Tue Feb 18, 2025 0:12 Klo pernah baca n lihat youtube sih biasa kejadian kaya gini karena overheat cvt nya (habis tanjakan panjang), biasa masuk limp mode, jd perlu didinginin dlu n bakal normal lg stelah itu. Cmn ya ceritanya kan starter pagi2 ya jd kondisi masih dingin.. Ngga tahu deh om.
Setuju juga. ECU jaman sekarang kalau gak di-clear dia inget error historis kok.
Katanya sih mesinnya sudah dinyalakan, tapi baru dinyalakan langsung diukur. Kalau saya selain dinyalakan, dipakai jalan juga sekitar 5 menit/3 km.singachu wrote: ↑Thu Feb 27, 2025 4:52 nah videonya dah bisa kebuka. caranya dah sama sih itu.
Mungkin BERES pas ngecek kondisi mati makanya pas dites kondisi mesin nyala jadi rendah.
Soalnya mesin mati kan pompa transmisi ga jalan, kalau mesin nyala pompa jalan, oli di pan pada sirkulasi
regards,
singachu
msd wrote: ↑Wed Feb 26, 2025 17:42
- Tanggal 26 setelah mobil jalan ke kantor, cek dipstick, oli di bawah minimal
Komplain ke SA katanya ada kekeliruan di mereka, seharusnya mobil dipakai jalan setelah diisi - sebelum diukur
Karena bengkelnya jauh, ane top up sendiri 500ml lewat lubang dipstick
Celup ulang dipstick terbaca 75% full [lubang MIN - ■ ■ ■ □ - lubang MAX]
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4319
- Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16
Re: Merawat Avanza CVT agar Awet 10++ Tahun
msd wrote: ↑Thu Feb 27, 2025 6:00
- Tanggal 26 setelah mobil jalan ke kantor, cek dipstick, oli di bawah minimal
Komplain ke SA katanya ada kekeliruan di mereka, seharusnya mobil dipakai jalan setelah diisi - sebelum diukur
Karena bengkelnya jauh, ane top up sendiri 500ml lewat lubang dipstick
Celup ulang dipstick terbaca 75% full [lubang MIN - ■ ■ ■ □ - lubang MAX]
dulu sempet dapat link TIS raize indo, baru sempet download beberapa eh keburu down.


kalau dari cara kerjanya harus cari beres yang Kepala Regu rajin dan mendetail mau ngikutin SOP dan scanner karena cara termudah baca suhu itu pake scanner.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4319
- Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16
Re: Merawat Avanza CVT agar Awet 10++ Tahun
pernah baca soal strainer gini di google, kalau bisa dilepas pasang dan bahan non metal, maka diganti, jika tidak bisa dilepas pasang dan bahan non metal ya ganti juga, kalau beruntung masih model kuno dari metal dan bisa dilepas pasang maka dibersihkan.msd wrote: ↑Thu Feb 27, 2025 2:36 Nah misal bahan saringannya mesh logam, cara membersihkannya adalah..? Disemprot angin?
Khayalanku cara membersihkannya: dibilas pakai oli CVT, dibilas pakai bensin, disemprot brake cleaner, atau semacamnya. Kalau disemprot angin kompresor kyknya gak mempan, soalnya oli CVT cukup kental.
ada satu komponen penting lagi: magnet di oil pan.
sewajarnya gasket memang tidak bisa dipakai ulang, dan melihat fungsinya ya ganti saja.Iya, makanya jadi males ganti, udah mahal, masih bersih pula. BTW memang wajar ya kalau ganti strainer, ganti gasket juga (gasket tidak bisa dipakai ulang)?
CVT avanza DNGA ini agak antik, masih ada dipstik, dan bisa digunakan untuk isi ulang tanpa SST pula, padahal transmisi generasi terbaru.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2474
- Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48
Re: Merawat Avanza CVT agar Awet 10++ Tahun
Kalau torque converter itu sebenarnya ga bisa diservice, karena harus di balancing ulang, dan di las lagi. Tapi dokter mobil katanya mau beli mesin yang bisa service torque converter dan ngelas rapi lagi.
Sebenarnya oli matic ini tidak teroksidasi seperti oli mesin. Kotor karena serbuk kopling, atau kasus khusus terendam banjir. Jadi klaim pabrikan 100 ribu km sebenarnya wajar saja.
Sebenarnya oli matic ini tidak teroksidasi seperti oli mesin. Kotor karena serbuk kopling, atau kasus khusus terendam banjir. Jadi klaim pabrikan 100 ribu km sebenarnya wajar saja.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 34
- Joined: Sun Jan 19, 2025 17:36
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Avanza E 2022
Re: Merawat Avanza CVT agar Awet 10++ Tahun
Menurut saya ada bagusnya juga didesain seperti ini, mengingat coverage bengkel resmi di Indonesia masih belum tuntas. Bukan tidak mungkin Avanza ini dipakai jadi mobil travel ke pelosok. Asalkan masih ada jalan, kalau cuma ada tanah biasanya pakai Fortuner

Menurut saya masih bisa teroksidasi karena terlalu panas, bisa diakibatkan karena macet-macetan atau kakinya bejek-bejek pedal gas.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2474
- Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48
Re: Merawat Avanza CVT agar Awet 10++ Tahun
definisi oksidasi tentunya bereaksi dengan oksigen.
Oli transmisi relatif sedikit sekali kontak dengan oksigen.
Yang posting kondisi oli masih bagus, strainer bersih itu di km berapa?
Oli transmisi relatif sedikit sekali kontak dengan oksigen.
Yang posting kondisi oli masih bagus, strainer bersih itu di km berapa?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1528
- Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17
Re: Merawat Avanza CVT agar Awet 10++ Tahun
Avanza/Raize/Zenix dan mobil2 CVT kekinian itu punya CVTF cooler ga sih?msd wrote: ↑Fri Feb 28, 2025 7:51Menurut saya ada bagusnya juga didesain seperti ini, mengingat coverage bengkel resmi di Indonesia masih belum tuntas. Bukan tidak mungkin Avanza ini dipakai jadi mobil travel ke pelosok. Asalkan masih ada jalan, kalau cuma ada tanah biasanya pakai Fortuner![]()
Menurut saya masih bisa teroksidasi karena terlalu panas, bisa diakibatkan karena macet-macetan atau kakinya bejek-bejek pedal gas.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1814
- Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
- Location: INA
- Daily Vehicle: Diesel
Re: Merawat Avanza CVT agar Awet 10++ Tahun
Cmiiw...ntaj lebih tepatnya cooler atau warmer atau stabilizer wkwk...tp air radiator memang di sirkulasi ke cvtt105erd wrote: ↑Fri Feb 28, 2025 14:28Avanza/Raize/Zenix dan mobil2 CVT kekinian itu punya CVTF cooler ga sih?msd wrote: ↑Fri Feb 28, 2025 7:51Menurut saya ada bagusnya juga didesain seperti ini, mengingat coverage bengkel resmi di Indonesia masih belum tuntas. Bukan tidak mungkin Avanza ini dipakai jadi mobil travel ke pelosok. Asalkan masih ada jalan, kalau cuma ada tanah biasanya pakai Fortuner![]()
Menurut saya masih bisa teroksidasi karena terlalu panas, bisa diakibatkan karena macet-macetan atau kakinya bejek-bejek pedal gas.
Di kijang tua matik pun sistemnya mirip2 koq...jalur oli masuk ke radiator
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 16
- Joined: Tue Dec 21, 2021 14:47
Re: Merawat Avanza CVT agar Awet 10++ Tahun
Kok enak om di honda tugu gak ada makanannya dong. Terus kunci torsi di honda tugu yang kurasa dipake cuma buat ngencengin velg tok padahal liat mobil lain pada di kencengin baut2nya pake kunci torsi entah apa ku gak ngeliat pas garap mobil sendiri wkwkkwSuryaputra wrote: ↑Mon Jan 20, 2025 5:50Di beres s*nmotor mitsubisa, gak pk kunci torsi, pk feeling
Jadi silahkan beli dan bw kunci momen sendiri![]()
![]()
Klo honda lengkap.
Malah klo servis di beres honda jatiasih, dapat kyk gini
Selain snack dsb![]()
IMG_20241222_073146.jpgIMG_20241222_072940.jpg
Maap oot![]()
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 12356
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Merawat Avanza CVT agar Awet 10++ Tahun
Beda owner diler, beda kebaikanrifqioctavian wrote: ↑Tue Mar 11, 2025 4:49Kok enak om di honda tugu gak ada makanannya dong. Terus kunci torsi di honda tugu yang kurasa dipake cuma buat ngencengin velg tok padahal liat mobil lain pada di kencengin baut2nya pake kunci torsi entah apa ku gak ngeliat pas garap mobil sendiri wkwkkwSuryaputra wrote: ↑Mon Jan 20, 2025 5:50Di beres s*nmotor mitsubisa, gak pk kunci torsi, pk feeling
Jadi silahkan beli dan bw kunci momen sendiri![]()
![]()
Klo honda lengkap.
Malah klo servis di beres honda jatiasih, dapat kyk gini
Selain snack dsb![]()
IMG_20241222_073146.jpgIMG_20241222_072940.jpg
Maap oot![]()

Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri