Lebih jauh mengenai supercharger dan turbocharger..
Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 173
- Joined: Sun Jun 22, 2003 4:10
-
- Visitor
- Posts: 7
- Joined: Mon Apr 19, 2004 7:55
- Location: Jakarta
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8856
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 141
- Joined: Thu Oct 23, 2003 5:47
- Location: dalemnya hati
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 286
- Joined: Mon Jan 26, 2004 14:46
- Location: 1 minute before you..
- Daily Vehicle: Mitsubishi Man
lu kata Viper kenceng?.. mobil amrik itu Busuk tau. , mendingan pilih European ato Japanse car deh..y_anjasrana wrote:Pada sepeda motor koq gak pernah kedengeran pake turbo yaa? Kalu noz sih ada, tp kalu turbocharger or supercharger gak pernah kedengeran...
Kecuali motor bermesin viper kali ya?
Viper emang kenceng , cuman basis mesinya masih OHV alias belon DOHC/SOHC.. ato disebut karbu.. , dan handling nya ancur apa lagi brakes nya.. dan tau diri la Bensinya.. setidaknya lu harus nguasai pertamina di indonesia..
soal motor turbo..
lu ke google..
tulis "Suzuki Hayabusa" deh..
hehe..
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 449
- Joined: Sat Aug 24, 2002 8:44
- Location: Yogyakarta
Itulah ciri khas Amerika,konvensional,teknologi gak begitu maju tapi tenaganya gak kalah sama yg hi tech tp gak efisien soalnya untuk mencapai tenaga segitu borenya harus gedhe.NASCAR sj bs ditune sampai 800dk.Takumi wrote:lu kata Viper kenceng?.. mobil amrik itu Busuk tau. , mendingan pilih European ato Japanse car deh..y_anjasrana wrote:Pada sepeda motor koq gak pernah kedengeran pake turbo yaa? Kalu noz sih ada, tp kalu turbocharger or supercharger gak pernah kedengeran...
Kecuali motor bermesin viper kali ya?
Viper emang kenceng , cuman basis mesinya masih OHV alias belon DOHC/SOHC.. ato disebut karbu.. , dan handling nya ancur apa lagi brakes nya.. dan tau diri la Bensinya.. setidaknya lu harus nguasai pertamina di indonesia..
soal motor turbo..
lu ke google..
tulis "Suzuki Hayabusa" deh..
hehe..
Corvette C6 saja masih pake OHV,HD masih OHV juga.Tapi semuanya jadi legenda!
Speed is a game??!!
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 173
- Joined: Sun Jun 22, 2003 4:10
-
- Visitor
- Posts: 1
- Joined: Sat May 22, 2004 7:58
Ooh, kalo turbocharger-nya Nissan bisa dipake di Honda berarti semua turbocharger bisa dipake di segala jenis mesin & merk mobil yg berbeda, gitu? Misal, turbocharger dari mobil yg mesinnya konfigurasi V mo dipasang di mesin Inline, bisa gak? Kalo kit-nya mungkin cari sendiri ya?Demonium wrote:merk sih ga ada yg spesifik ya buat ini pake ini itu pake itu
biasanya sih kalo ga garret ihi nissan, palagi ya lupa deh....
Honda ama mitsu spt evo biasanya sih garret TD04 / 05
-
- SM Specialist
- Posts: 4354
- Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
- Location: Bandungers
[ASK]Forced Induction aka Turbo & SC
alow all...
tak idupin lgi ni treat
mw nanya, barang kli ada master2 yg biasa masang2 turbo....
1. cara untuk ngebatasin Boost turbo, atau untuk naikin boost turbo,
apakah dgn mengakali wastegate?,dgn mengganti per penahan wastegate dgn yang lebh keras untuk ningkatin boost agar katup wastegatenya telat buka dan per yg empuk untuk nahan boost agar katupnya cepet ngebuka?tpi bagaimana dpetin boost yang tepat bila caranya mencoba2 per seperti ini?
lalu wastegate ada yang internal dan external, mesin diesel dgn turbo asli biasanya menggunakan int atw eks wastegate? produk aftermarket ext wastegate ada yang bisa mengatur boostnya kah?
lalu bagaimana aplikasi alat bernama "boost controler"?
2. ada yang tahu detail komponen yang di perlukan untuk membuat turbo berjalan dgn sempurna?kasusnya dari mesin bensin/diesel N/A tampa penurunan kompresi. komponen selain turbo-wastegate-BoV(utk diesel CRD dan bensin)-ekshausted manifold lainnya? di injeksi barangkali harus di rubah?
3. untuk memasang supercharger karena mengambil daya dari pulley mesin, be arti apakah benar tdk ada perubah ekshausted manifol, kemudian mengatur boost dri diameter pulley, lalu tetep perlu ada wastegate tdk?karena ngatur boost dari pulley SC?
klw BoV d butuhkan di mobil2 bensin, dan diesel CRD, karena takaran udara di batasi, sehingga saat katup menutup pressure mesti bisa di keluar kan lewat BoV sedangkan diesel konvensional tdk perlu BoV karena udara bisa masuk sebnyk bnyknya. cmiiw
4. cara mempercepat dan menghilang kan turbo lag, namun tetap pakai unit turbo yang sudah ada, minimal casingnya tetap..
semoga ada yg bisa memberi pencerahan.... penasaran ni...
thx

tak idupin lgi ni treat
mw nanya, barang kli ada master2 yg biasa masang2 turbo....
1. cara untuk ngebatasin Boost turbo, atau untuk naikin boost turbo,
apakah dgn mengakali wastegate?,dgn mengganti per penahan wastegate dgn yang lebh keras untuk ningkatin boost agar katup wastegatenya telat buka dan per yg empuk untuk nahan boost agar katupnya cepet ngebuka?tpi bagaimana dpetin boost yang tepat bila caranya mencoba2 per seperti ini?
lalu wastegate ada yang internal dan external, mesin diesel dgn turbo asli biasanya menggunakan int atw eks wastegate? produk aftermarket ext wastegate ada yang bisa mengatur boostnya kah?
lalu bagaimana aplikasi alat bernama "boost controler"?
2. ada yang tahu detail komponen yang di perlukan untuk membuat turbo berjalan dgn sempurna?kasusnya dari mesin bensin/diesel N/A tampa penurunan kompresi. komponen selain turbo-wastegate-BoV(utk diesel CRD dan bensin)-ekshausted manifold lainnya? di injeksi barangkali harus di rubah?
3. untuk memasang supercharger karena mengambil daya dari pulley mesin, be arti apakah benar tdk ada perubah ekshausted manifol, kemudian mengatur boost dri diameter pulley, lalu tetep perlu ada wastegate tdk?karena ngatur boost dari pulley SC?
klw BoV d butuhkan di mobil2 bensin, dan diesel CRD, karena takaran udara di batasi, sehingga saat katup menutup pressure mesti bisa di keluar kan lewat BoV sedangkan diesel konvensional tdk perlu BoV karena udara bisa masuk sebnyk bnyknya. cmiiw
4. cara mempercepat dan menghilang kan turbo lag, namun tetap pakai unit turbo yang sudah ada, minimal casingnya tetap..
semoga ada yg bisa memberi pencerahan.... penasaran ni...
thx

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Re: Lebih jauh mengenai supercharger dan turbocharger..
interestingnya juga, mesin2 turbo modern rata2 CR nya mayan tinggi kurang lebih sudah setara n/a :
CR Audi Tfsi 2.0 = 9.6:1
CR BMW 3.0 turbo i6 = 10.2:1
CR Audi Tfsi 2.0 = 9.6:1
CR BMW 3.0 turbo i6 = 10.2:1
-
- SM Specialist
- Posts: 4354
- Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
- Location: Bandungers
Re: Lebih jauh mengenai supercharger dan turbocharger..
^^
iya tuh.. material mesinnya udah kuat bngt kli yah? cuma kyanya minimnya mesti oktan tinggi.. mesin turbo yag kompresinya di bawah 9:1 aja udah minta 95> ini ada yg 10.2:1 waduh oktan 100 kli yah? blm boostnya sering di atas 1bar

iya tuh.. material mesinnya udah kuat bngt kli yah? cuma kyanya minimnya mesti oktan tinggi.. mesin turbo yag kompresinya di bawah 9:1 aja udah minta 95> ini ada yg 10.2:1 waduh oktan 100 kli yah? blm boostnya sering di atas 1bar

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2275
- Joined: Fri Aug 25, 2006 13:53
- Location: Columbus, OH, USA
- Daily Vehicle: 2011 Nissan 370Z + 1994 Mitsubishi Pajero
Re: Lebih jauh mengenai supercharger dan turbocharger..
Those are direct injection engines.
Tom
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5870
- Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21
Re: Lebih jauh mengenai supercharger dan turbocharger..
Apakah kompresi tinggi + turbo bisa mengakibatkan temperatur oli mesin jadi lebih tinggi?
Soalnya pernah pake 335i coupe bbrp bulan (beli dari baru dan di buy back lagi sama BMW), itu temperature oli mesinnya selalu diatas setengah (diatas 120C)......
Soalnya pernah pake 335i coupe bbrp bulan (beli dari baru dan di buy back lagi sama BMW), itu temperature oli mesinnya selalu diatas setengah (diatas 120C)......
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Re: Lebih jauh mengenai supercharger dan turbocharger..
yg Audi TFSi ini bahan Iron(block)/Alumunium(head).
BMW ini bahan Alumunium(block)/Alumunium(head).
Boost nya ga tau berapa, harusnya 0.4-0.5 bar aja secara outputnya masih "cuma" sekitar 100hp/liter.
BMW ini bahan Alumunium(block)/Alumunium(head).
Boost nya ga tau berapa, harusnya 0.4-0.5 bar aja secara outputnya masih "cuma" sekitar 100hp/liter.
billyd1773dz wrote:^^
iya tuh.. material mesinnya udah kuat bngt kli yah? cuma kyanya minimnya mesti oktan tinggi.. mesin turbo yag kompresinya di bawah 9:1 aja udah minta 95> ini ada yg 10.2:1 waduh oktan 100 kli yah? blm boostnya sering di atas 1bar