Mobil Automatic transmision

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t

lonelyguy
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 184
Joined: Thu Mar 13, 2008 12:27

Re: Mobil Automatic transmision

Post by lonelyguy »

trik saya diatas tersebut, untuk membuat transmisi ECT awet aja... ;)

Klo mau ngejar perforama.. silahkan aja coba pindah-pindah tuas yg enak di posisi apa....

atau klo ada tiptronic-nya lbh enak lagi... :mrgreen:
Last edited by lonelyguy on Sat Mar 29, 2008 5:36, edited 1 time in total.
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Mobil Automatic transmision

Post by GTR »

masalahnya ECT/gradelgic ini masih ada yg rada lambat respon nya dlm menjaga momentum2 power mesin;
Mknya cukup noticeable & sedikit banyak perlu dilakukan intervensi gaya konvensional lagi (agak kickdown,WOT).
innova sudah ECT pun masih begitu(perlu gaya konvensional/kickdown/WOT), so kadang hrs pindah juga agar tidak kehilangan momentum / tidak terlalu WOT.
author
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 160
Joined: Fri Nov 02, 2007 14:26

Re: Mobil Automatic transmision

Post by author »

lonelyguy wrote: ECT atau tidak..??
bisa tanya sama bengkel resminya langsung... :mrgreen:

kalo blm pake ECT atau masih matic biasa & msh konvensional, trus lewat tanjakan... silahkan aja mindahin tuas dari D (O/D=on) > D3 (O/D = Off) > 2 > 1(L) tapi step-by-step.. pake feeling aja sesuaikan dgn power mesin & batas kecepatan yg disarankan... Posisi ideal tidak selalu di D...

Tapi klo ud pake ECT, Grade Logic, bla bla bla... sebaiknya di D terus.... :) tinggal main gas aja...
kurang tenaga??.. bejek gas lbh dalam, klo perlu ampe pol jg gpp koq, abis tu kurangin dikit gas-nya... transmisinya ud bisa mikir sendiri...
bos kalo tanjakannya panjang, maticknya pindah2 sendiri, turun naek bos. jadi gw oper ke 2 biar ga pindah2 terus.
itu berarti matic konvesnional ya, mikirnya dodol :p, atau gw yg dodol ngak bisa mainin gas? hehe..
lonelyguy
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 184
Joined: Thu Mar 13, 2008 12:27

Re: Mobil Automatic transmision

Post by lonelyguy »

author wrote:
lonelyguy wrote: ECT atau tidak..??
bisa tanya sama bengkel resminya langsung... :mrgreen:

kalo blm pake ECT atau masih matic biasa & msh konvensional, trus lewat tanjakan... silahkan aja mindahin tuas dari D (O/D=on) > D3 (O/D = Off) > 2 > 1(L) tapi step-by-step.. pake feeling aja sesuaikan dgn power mesin & batas kecepatan yg disarankan... Posisi ideal tidak selalu di D...

Tapi klo ud pake ECT, Grade Logic, bla bla bla... sebaiknya di D terus.... :) tinggal main gas aja...
kurang tenaga??.. bejek gas lbh dalam, klo perlu ampe pol jg gpp koq, abis tu kurangin dikit gas-nya... transmisinya ud bisa mikir sendiri...
bos kalo tanjakannya panjang, maticknya pindah2 sendiri, turun naek bos. jadi gw oper ke 2 biar ga pindah2 terus.
itu berarti matic konvesnional ya, mikirnya dodol :p, atau gw yg dodol ngak bisa mainin gas? hehe..
:lol: :lol: :lol:
hahaahahahaahahahahaaha....

dodol?? dodol duren :mrgreen: ??

mobilnya apaan..?? tahun brp..??
lonelyguy
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 184
Joined: Thu Mar 13, 2008 12:27

Re: Mobil Automatic transmision

Post by lonelyguy »

@author

klo ud pake ECT, tapi tetep kaya gitu.. berarti ECT-nya dodol... :mrgreen: :glodak:

klo kasusnya gitu, yaaa mainin aja tuasnya, sesuain sama batas kecepatan mobil di tiap gigi...
gak hrs ngikutin tips dari berbagai sumber tsb sih..

kadang-kadang kita kan juga mau ngebut :mrgreen:
User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: Mobil Automatic transmision

Post by poeticmind »

matic gue kuno... tapi cukup nyaman lah di tanjakan pake D, bejek gas dan lain2.. lepas gas di tanjakan pun masih diem... yg penting, jangan sampe telat ganti oli... dan tau kapan harus menggunakan gear dibawah D.

memang pada ECT dan GLC, jauh lebih nyaman...

@author : matic bro bermasalah sepertinya... or bro tidak bejek gas, hanya digas biasa, tentu ga kuat.
Image
User avatar
andr3
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 15
Joined: Sat Apr 05, 2008 17:19

Re: Mobil Automatic transmision

Post by andr3 »

€lj€p€ wrote:Teman-2 yang sehari-harinya pakai Transmisi Otomatis... ada yang pernah coba-2 seperti ini belum?
pada cruising speed 30 km/jam coba matikan O/D lihat RPM nya ... apakah naik atau tidak?
pada cruising speed 40 km/jam coba matikan O/D lihat RPM nya ... apakah naik atau tidak?
pada cruising speed 50 km/jam coba matikan O/D lihat RPM nya ... apakah naik atau tidak? dan yang terakhir
pada cruising speed 60 km/jam coba matikan O/D lihat RPM nya ... apakah naik atau tidak?

saya baca-2 di berbagai media cetak / di beberapa forum.... bahwa didalam kota/lalu lintas macet, sebaiknya matikan O/D... supaya transmisi tidak terlalu cepat mencari (masih mencari lho belum pindah) gigi yang lebih tinggi. Supaya bbm tidak boros.
Sepengetahuan saya, O/D itu efektif bekerja pada kecepatan cruising speed yang tinggi >60km/jam.
Jadi pada waktu kita cruising pada kecepatan >=60km/jam dan kita akan menyusul...kendaraan lain... kita matikan O/D dan kemudian RPM akan segera naik....
Sedangkan dijalan macet, saya biasa pakai gigi 2. Menurut saya, pada posisi gigi 2, O/D sudah otomatis tidak bekerja.
Atau mungkin sekarang karena mobil-2 sudah pakai komputer... settingan transmisi berbeda-beda...
Derivatif dari settingan ini ialah : Snow, Economy, Power kemudian ada yang digabung dengan rem... Hill Descent Control / downhill assist control

O/D hanya berfungsi pada transmisi D
RODA DUA NYALAKAN LAMPU, RODA DUA TETAP DI LAJUR KIRI....
User avatar
€lj€p€
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2610
Joined: Sat Apr 14, 2007 15:01
Location: Kemanggisan, Jakarta Barat

Re: Mobil Automatic transmision

Post by €lj€p€ »

andr3 wrote: O/D hanya berfungsi pada transmisi D
Meskipun pada posisi D tetapi cruising speed rendah,,,,<60 km/j apakah aktif juga...
jadi misalkan dijalan Tol.. kita maintain di kecepatan diatas 60 tentunya O/D akan masuk ke gigi terakhir... pada saat itu kita matikan O/D... pasti terasa RPM akan menghentak naik... tetapi apabila kita di jalan biasa dengan kecepatan maintain dibawah 60, apabila O/D dimatikan, tidak akan terasa apa-2 karena O/D belum pada gigi tertinggi... rasanya setiap mobil berbeda-beda.. itu maksudnya....
Dari Solo ke Oslo
Image
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Mobil Automatic transmision

Post by GTR »

karena beda kapasitas mesin dan gear ratio.
User avatar
andr3
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 15
Joined: Sat Apr 05, 2008 17:19

Re: Mobil Automatic transmision

Post by andr3 »

€lj€p€ wrote:
andr3 wrote: O/D hanya berfungsi pada transmisi D
Meskipun pada posisi D tetapi cruising speed rendah,,,,<60 km/j apakah aktif juga...
jadi misalkan dijalan Tol.. kita maintain di kecepatan diatas 60 tentunya O/D akan masuk ke gigi terakhir... pada saat itu kita matikan O/D... pasti terasa RPM akan menghentak naik... tetapi apabila kita di jalan biasa dengan kecepatan maintain dibawah 60, apabila O/D dimatikan, tidak akan terasa apa-2 karena O/D belum pada gigi tertinggi... rasanya setiap mobil berbeda-beda.. itu maksudnya....



atau bisa jadi karena mobil sudah uzur trus o/d nya udah agak error
:glodak:
:weekk:
RODA DUA NYALAKAN LAMPU, RODA DUA TETAP DI LAJUR KIRI....
User avatar
€lj€p€
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2610
Joined: Sat Apr 14, 2007 15:01
Location: Kemanggisan, Jakarta Barat

Re: Mobil Automatic transmision

Post by €lj€p€ »

andr3 wrote:
€lj€p€ wrote:
andr3 wrote: O/D hanya berfungsi pada transmisi D
Meskipun pada posisi D tetapi cruising speed rendah,,,,<60 km/j apakah aktif juga...
jadi misalkan dijalan Tol.. kita maintain di kecepatan diatas 60 tentunya O/D akan masuk ke gigi terakhir... pada saat itu kita matikan O/D... pasti terasa RPM akan menghentak naik... tetapi apabila kita di jalan biasa dengan kecepatan maintain dibawah 60, apabila O/D dimatikan, tidak akan terasa apa-2 karena O/D belum pada gigi tertinggi... rasanya setiap mobil berbeda-beda.. itu maksudnya....
atau bisa jadi karena mobil sudah uzur trus o/d nya udah agak error
:glodak:
:weekk:
Wah,,, semoga tebakan ini salah....jangan sampai begitu ah... kalau memperbaiki khan mahal sekali... tidak worth to do dibanding harga mobilnya.... kalau mau jual mobilnya juga tidak bisa pakai harga pasaran nih... terpaksa pakai harga per kg.... supaya bisa lebih tinggi..... heheheeeeee....
Dari Solo ke Oslo
Image
User avatar
r1210g
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1881
Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
Location: Sunter

Re: Mobil Automatic transmision

Post by r1210g »

Pada ngomongin O/D, O/D.. Nanti Overdosis loh.. wakakaka..
The quick brown fox jumps over the lazy dog...
Bisnis? Sini donk..
User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: Mobil Automatic transmision

Post by poeticmind »

r1210g wrote:Pada ngomongin O/D, O/D.. Nanti Overdosis loh.. wakakaka..
makanya bro... mungkin mau coba swap transmisi dulu sebelum swap mesin? :D

jadi bisa ngerasain over dosis nya... :ngacir:
Image
User avatar
andr3
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 15
Joined: Sat Apr 05, 2008 17:19

Re: Mobil Automatic transmision

Post by andr3 »

:ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir:

Wah,,, semoga tebakan ini salah....jangan sampai begitu ah... kalau memperbaiki khan mahal sekali... tidak worth to do dibanding harga mobilnya.... kalau mau jual mobilnya juga tidak bisa pakai harga pasaran nih... terpaksa pakai harga per kg.... supaya bisa lebih tinggi..... heheheeeeee....[/quote]
:ungg: kok dikiloin bro
RODA DUA NYALAKAN LAMPU, RODA DUA TETAP DI LAJUR KIRI....
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Mobil Automatic transmision

Post by GTR »

mobilnya bro andr3 ini yg kia sportage ya?
User avatar
€lj€p€
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2610
Joined: Sat Apr 14, 2007 15:01
Location: Kemanggisan, Jakarta Barat

Re: Mobil Automatic transmision

Post by €lj€p€ »

andr3 wrote::ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir:

Wah,,, semoga tebakan ini salah....jangan sampai begitu ah... kalau memperbaiki khan mahal sekali... tidak worth to do dibanding harga mobilnya.... kalau mau jual mobilnya juga tidak bisa pakai harga pasaran nih... terpaksa pakai harga per kg.... supaya bisa lebih tinggi..... heheheeeeee....
:ungg: kok dikiloin bro[/quote]

mobil saya kalau dijual dalam keadaan mulus... harganya murah sekali.. apalagi kalau transmisinya sampai rusak.. pastinya lebih jatuh lagi.... jadi lebih baik dijual per kg....
Tapi kalau Calmininya dijual.... dalam waktu sepersekian detik... pasti orang pada berdatangan hehehehehheeeeee.....
Dari Solo ke Oslo
Image
User avatar
andr3
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 15
Joined: Sat Apr 05, 2008 17:19

Re: Mobil Automatic transmision

Post by andr3 »

GTR wrote:mobilnya bro andr3 ini yg kia sportage ya?
:ungg: iya bro GTR

ada masukan? :thanks:
RODA DUA NYALAKAN LAMPU, RODA DUA TETAP DI LAJUR KIRI....
User avatar
ddaru
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 660
Joined: Tue Mar 11, 2008 14:31
Location: Yogyakarta

Re: Mobil Automatic transmision

Post by ddaru »

Eh, maap sebelumnya saya ga baca halaman-halaman sebelumnya (biznya banyak banget), uda ditanyain belum ni ya?
O/D tu sama kayak posisi 3 di tuas model gate-shift bukan? Karena saya seumur-umur belum pernah nyetir mobil yang ada O/Dnya. Pernah nyoba Fortuner, Camry, Altis, new Vios, Yaris, Stream 2.0 tiptronic, & juga Swift punya sendiri pake gate shift semua.

Btw, saya dulu keseringan pake manual jadi sering gatel mainin tuas, tapi sekarang udah terbiasa pake matik jadi tangan udah ga gitu gatel lagi. Saya cuma mindah ke posisi 3 kalo jalanan lagi naik turun & butuh power lebih, ato kalo lagi nyalip truk gandeng juga biasanya pake 3, begitu udah ngelewatin truknya saya pindahin ke D lagi. Posisi 2 biasanya buat nyalip truk kalo lagi tanjakan panjang. Biznya kalo pake D transmisinya mikirnya rada lama tuh, pindah-pindahnya ga ngenakin. Kalo di kickdown suka jadi liar gitu mobilnya.
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: Mobil Automatic transmision

Post by Risol1 »

ddaru wrote:O/D tu sama kayak posisi 3 di tuas model gate-shift bukan? Karena saya seumur-umur belum pernah nyetir mobil yang ada O/Dnya. Pernah nyoba Fortuner, Camry, Altis, new Vios, Yaris, Stream 2.0 tiptronic, & juga Swift punya sendiri pake gate shift semua.
O/D di tuas model gate itu ya di "D" bukan 3 :D
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Mobil Automatic transmision

Post by GTR »

ECT agak telat mikirnya karena ada jarak antara ratio gear; ini sangat noticeable pada a/t 4 speed, sering dalam kondisi "tanggung".
Kalo 5 speed dst, ECT nya lebih "leluasa" memindah2 gearnya karena lebih rapat / ECT jadi "lebih pede" memainkan posisi2 gear yg lebih dekat2 jarak ratio nya.
User avatar
ddaru
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 660
Joined: Tue Mar 11, 2008 14:31
Location: Yogyakarta

Re: Mobil Automatic transmision

Post by ddaru »

Wahai pakar matik, saya pemakai Swift ST a/t ingin bertanya, kalo kita tidak pernah melakukan kickdown ato kickdown accelerator di mobil kita tidak pernah 'diajak olahraga', apakah akan mudah rusak? Karena gaya mengemudi saya cenderung halus dan ingin berhemat bahan bakar, jadi saya jarang sekali melakukan kickdown.
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: Mobil Automatic transmision

Post by Risol1 »

ddaru wrote:Wahai pakar matik, saya pemakai Swift ST a/t ingin bertanya, kalo kita tidak pernah melakukan kickdown ato kickdown accelerator di mobil kita tidak pernah 'diajak olahraga', apakah akan mudah rusak? Karena gaya mengemudi saya cenderung halus dan ingin berhemat bahan bakar, jadi saya jarang sekali melakukan kickdown.
IMO: ya engga mudah rusak kalo halus.......malahan kalo selalu di kickdown terus menerus bisa cepet rusak
User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: Mobil Automatic transmision

Post by poeticmind »

hehehehe yaaaa ga akan rusak lah bro ddaru... olahraga yg dimaksud bukan kickdown terus2an, tapi sekali2 jalan di tol... :)
saya pikir selama kickdown2 normal dan penggantian olie yg rutin/tidak telat... aman2 saja sih...
Image
User avatar
ddaru
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 660
Joined: Tue Mar 11, 2008 14:31
Location: Yogyakarta

Re: Mobil Automatic transmision

Post by ddaru »

Oke dech, thanks yaw... Soalnya sekarang ini bener2 harus ngirit BBM, jadi kalo lewat jalan kosong, emosi harus dijaga biar ga ngebejek/melakukan kickdown seenaknya biar bensin ga cepet abiz, jadi ga pernah kickdown deh, hehehe....
User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: Mobil Automatic transmision

Post by poeticmind »

nah, kalo itu wise namanya... memang jadi irit pasti. :)
Image