Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
masalahnya ECT/gradelgic ini masih ada yg rada lambat respon nya dlm menjaga momentum2 power mesin;
Mknya cukup noticeable & sedikit banyak perlu dilakukan intervensi gaya konvensional lagi (agak kickdown,WOT).
innova sudah ECT pun masih begitu(perlu gaya konvensional/kickdown/WOT), so kadang hrs pindah juga agar tidak kehilangan momentum / tidak terlalu WOT.
lonelyguy wrote:
ECT atau tidak..??
bisa tanya sama bengkel resminya langsung...
kalo blm pake ECT atau masih matic biasa & msh konvensional, trus lewat tanjakan... silahkan aja mindahin tuas dari D (O/D=on) > D3 (O/D = Off) > 2 > 1(L) tapi step-by-step.. pake feeling aja sesuaikan dgn power mesin & batas kecepatan yg disarankan... Posisi ideal tidak selalu di D...
Tapi klo ud pake ECT, Grade Logic, bla bla bla... sebaiknya di D terus.... tinggal main gas aja...
kurang tenaga??.. bejek gas lbh dalam, klo perlu ampe pol jg gpp koq, abis tu kurangin dikit gas-nya... transmisinya ud bisa mikir sendiri...
bos kalo tanjakannya panjang, maticknya pindah2 sendiri, turun naek bos. jadi gw oper ke 2 biar ga pindah2 terus.
itu berarti matic konvesnional ya, mikirnya dodol :p, atau gw yg dodol ngak bisa mainin gas? hehe..
lonelyguy wrote:
ECT atau tidak..??
bisa tanya sama bengkel resminya langsung...
kalo blm pake ECT atau masih matic biasa & msh konvensional, trus lewat tanjakan... silahkan aja mindahin tuas dari D (O/D=on) > D3 (O/D = Off) > 2 > 1(L) tapi step-by-step.. pake feeling aja sesuaikan dgn power mesin & batas kecepatan yg disarankan... Posisi ideal tidak selalu di D...
Tapi klo ud pake ECT, Grade Logic, bla bla bla... sebaiknya di D terus.... tinggal main gas aja...
kurang tenaga??.. bejek gas lbh dalam, klo perlu ampe pol jg gpp koq, abis tu kurangin dikit gas-nya... transmisinya ud bisa mikir sendiri...
bos kalo tanjakannya panjang, maticknya pindah2 sendiri, turun naek bos. jadi gw oper ke 2 biar ga pindah2 terus.
itu berarti matic konvesnional ya, mikirnya dodol :p, atau gw yg dodol ngak bisa mainin gas? hehe..
matic gue kuno... tapi cukup nyaman lah di tanjakan pake D, bejek gas dan lain2.. lepas gas di tanjakan pun masih diem... yg penting, jangan sampe telat ganti oli... dan tau kapan harus menggunakan gear dibawah D.
memang pada ECT dan GLC, jauh lebih nyaman...
@author : matic bro bermasalah sepertinya... or bro tidak bejek gas, hanya digas biasa, tentu ga kuat.
€lj€p€ wrote:Teman-2 yang sehari-harinya pakai Transmisi Otomatis... ada yang pernah coba-2 seperti ini belum?
pada cruising speed 30 km/jam coba matikan O/D lihat RPM nya ... apakah naik atau tidak?
pada cruising speed 40 km/jam coba matikan O/D lihat RPM nya ... apakah naik atau tidak?
pada cruising speed 50 km/jam coba matikan O/D lihat RPM nya ... apakah naik atau tidak? dan yang terakhir
pada cruising speed 60 km/jam coba matikan O/D lihat RPM nya ... apakah naik atau tidak?
saya baca-2 di berbagai media cetak / di beberapa forum.... bahwa didalam kota/lalu lintas macet, sebaiknya matikan O/D... supaya transmisi tidak terlalu cepat mencari (masih mencari lho belum pindah) gigi yang lebih tinggi. Supaya bbm tidak boros.
Sepengetahuan saya, O/D itu efektif bekerja pada kecepatan cruising speed yang tinggi >60km/jam.
Jadi pada waktu kita cruising pada kecepatan >=60km/jam dan kita akan menyusul...kendaraan lain... kita matikan O/D dan kemudian RPM akan segera naik....
Sedangkan dijalan macet, saya biasa pakai gigi 2. Menurut saya, pada posisi gigi 2, O/D sudah otomatis tidak bekerja.
Atau mungkin sekarang karena mobil-2 sudah pakai komputer... settingan transmisi berbeda-beda...
Derivatif dari settingan ini ialah : Snow, Economy, Power kemudian ada yang digabung dengan rem... Hill Descent Control / downhill assist control
O/D hanya berfungsi pada transmisi D
RODA DUA NYALAKAN LAMPU, RODA DUA TETAP DI LAJUR KIRI....
Meskipun pada posisi D tetapi cruising speed rendah,,,,<60 km/j apakah aktif juga...
jadi misalkan dijalan Tol.. kita maintain di kecepatan diatas 60 tentunya O/D akan masuk ke gigi terakhir... pada saat itu kita matikan O/D... pasti terasa RPM akan menghentak naik... tetapi apabila kita di jalan biasa dengan kecepatan maintain dibawah 60, apabila O/D dimatikan, tidak akan terasa apa-2 karena O/D belum pada gigi tertinggi... rasanya setiap mobil berbeda-beda.. itu maksudnya....
Meskipun pada posisi D tetapi cruising speed rendah,,,,<60 km/j apakah aktif juga...
jadi misalkan dijalan Tol.. kita maintain di kecepatan diatas 60 tentunya O/D akan masuk ke gigi terakhir... pada saat itu kita matikan O/D... pasti terasa RPM akan menghentak naik... tetapi apabila kita di jalan biasa dengan kecepatan maintain dibawah 60, apabila O/D dimatikan, tidak akan terasa apa-2 karena O/D belum pada gigi tertinggi... rasanya setiap mobil berbeda-beda.. itu maksudnya....
atau bisa jadi karena mobil sudah uzur trus o/d nya udah agak error
RODA DUA NYALAKAN LAMPU, RODA DUA TETAP DI LAJUR KIRI....
Meskipun pada posisi D tetapi cruising speed rendah,,,,<60 km/j apakah aktif juga...
jadi misalkan dijalan Tol.. kita maintain di kecepatan diatas 60 tentunya O/D akan masuk ke gigi terakhir... pada saat itu kita matikan O/D... pasti terasa RPM akan menghentak naik... tetapi apabila kita di jalan biasa dengan kecepatan maintain dibawah 60, apabila O/D dimatikan, tidak akan terasa apa-2 karena O/D belum pada gigi tertinggi... rasanya setiap mobil berbeda-beda.. itu maksudnya....
atau bisa jadi karena mobil sudah uzur trus o/d nya udah agak error
Wah,,, semoga tebakan ini salah....jangan sampai begitu ah... kalau memperbaiki khan mahal sekali... tidak worth to do dibanding harga mobilnya.... kalau mau jual mobilnya juga tidak bisa pakai harga pasaran nih... terpaksa pakai harga per kg.... supaya bisa lebih tinggi..... heheheeeeee....
Wah,,, semoga tebakan ini salah....jangan sampai begitu ah... kalau memperbaiki khan mahal sekali... tidak worth to do dibanding harga mobilnya.... kalau mau jual mobilnya juga tidak bisa pakai harga pasaran nih... terpaksa pakai harga per kg.... supaya bisa lebih tinggi..... heheheeeeee....[/quote] kok dikiloin bro
RODA DUA NYALAKAN LAMPU, RODA DUA TETAP DI LAJUR KIRI....
Wah,,, semoga tebakan ini salah....jangan sampai begitu ah... kalau memperbaiki khan mahal sekali... tidak worth to do dibanding harga mobilnya.... kalau mau jual mobilnya juga tidak bisa pakai harga pasaran nih... terpaksa pakai harga per kg.... supaya bisa lebih tinggi..... heheheeeeee....
kok dikiloin bro[/quote]
mobil saya kalau dijual dalam keadaan mulus... harganya murah sekali.. apalagi kalau transmisinya sampai rusak.. pastinya lebih jatuh lagi.... jadi lebih baik dijual per kg....
Tapi kalau Calmininya dijual.... dalam waktu sepersekian detik... pasti orang pada berdatangan hehehehehheeeeee.....
Eh, maap sebelumnya saya ga baca halaman-halaman sebelumnya (biznya banyak banget), uda ditanyain belum ni ya?
O/D tu sama kayak posisi 3 di tuas model gate-shift bukan? Karena saya seumur-umur belum pernah nyetir mobil yang ada O/Dnya. Pernah nyoba Fortuner, Camry, Altis, new Vios, Yaris, Stream 2.0 tiptronic, & juga Swift punya sendiri pake gate shift semua.
Btw, saya dulu keseringan pake manual jadi sering gatel mainin tuas, tapi sekarang udah terbiasa pake matik jadi tangan udah ga gitu gatel lagi. Saya cuma mindah ke posisi 3 kalo jalanan lagi naik turun & butuh power lebih, ato kalo lagi nyalip truk gandeng juga biasanya pake 3, begitu udah ngelewatin truknya saya pindahin ke D lagi. Posisi 2 biasanya buat nyalip truk kalo lagi tanjakan panjang. Biznya kalo pake D transmisinya mikirnya rada lama tuh, pindah-pindahnya ga ngenakin. Kalo di kickdown suka jadi liar gitu mobilnya.
ddaru wrote:O/D tu sama kayak posisi 3 di tuas model gate-shift bukan? Karena saya seumur-umur belum pernah nyetir mobil yang ada O/Dnya. Pernah nyoba Fortuner, Camry, Altis, new Vios, Yaris, Stream 2.0 tiptronic, & juga Swift punya sendiri pake gate shift semua.
ECT agak telat mikirnya karena ada jarak antara ratio gear; ini sangat noticeable pada a/t 4 speed, sering dalam kondisi "tanggung".
Kalo 5 speed dst, ECT nya lebih "leluasa" memindah2 gearnya karena lebih rapat / ECT jadi "lebih pede" memainkan posisi2 gear yg lebih dekat2 jarak ratio nya.
Wahai pakar matik, saya pemakai Swift ST a/t ingin bertanya, kalo kita tidak pernah melakukan kickdown ato kickdown accelerator di mobil kita tidak pernah 'diajak olahraga', apakah akan mudah rusak? Karena gaya mengemudi saya cenderung halus dan ingin berhemat bahan bakar, jadi saya jarang sekali melakukan kickdown.
ddaru wrote:Wahai pakar matik, saya pemakai Swift ST a/t ingin bertanya, kalo kita tidak pernah melakukan kickdown ato kickdown accelerator di mobil kita tidak pernah 'diajak olahraga', apakah akan mudah rusak? Karena gaya mengemudi saya cenderung halus dan ingin berhemat bahan bakar, jadi saya jarang sekali melakukan kickdown.
IMO: ya engga mudah rusak kalo halus.......malahan kalo selalu di kickdown terus menerus bisa cepet rusak
hehehehe yaaaa ga akan rusak lah bro ddaru... olahraga yg dimaksud bukan kickdown terus2an, tapi sekali2 jalan di tol...
saya pikir selama kickdown2 normal dan penggantian olie yg rutin/tidak telat... aman2 saja sih...
Oke dech, thanks yaw... Soalnya sekarang ini bener2 harus ngirit BBM, jadi kalo lewat jalan kosong, emosi harus dijaga biar ga ngebejek/melakukan kickdown seenaknya biar bensin ga cepet abiz, jadi ga pernah kickdown deh, hehehe....