Tips Matic di tempat banjir ???

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t

User avatar
handling
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2297
Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09

Tips Matic di tempat banjir ???

Post by handling »

Rekan2 ada yang punya tips untuk mobil matic untuk melewati banjir? Tolong dong bagi2 dgn rekan2 yang lain....

Kalo mobil manual kan simpel. tinggal gedein gas dan imbangin dgn kopling........nah kalo matic kan bingung....gimana gedein gasnya... :shock: :wink:
User avatar
mpoezz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2980
Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
Location: Kingdom of Heaven

Post by mpoezz »

kalo matic nya tinggi sekelas jeep sih mungkin santai yah hehehehe ngak was was.
User avatar
DigitALL
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9595
Joined: Thu May 15, 2003 16:12
Location: Indonesia

Post by DigitALL »

Kalo matic, satu2nya jalan yaitu memasang selang di knalpotnya biar air ngga mudah masuk. Selangnya dibentuk ke atas, ya minimal sampe batas head lamp belakang.
User avatar
handling
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2297
Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09

Post by handling »

Kalo kondisi darurat kan susah, misalnya kita lagi jalan nih, trus dijalan ketemu jalanan banjir, kan gak mungkin kalo kita musti pasang selang dulu.
Sedangkan kendaraan di belakang udah pada antri.......

Mungkin satu2 nya cara pasrah kali ya....
mau gedein gas susah, ntar mobilnya malah lari kenceng.....paling dibantu dgn doa kali ya....he..he...he....
Image
szli
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 917
Joined: Mon Jun 07, 2004 2:38

Post by szli »

Kalau saya waktu pakai Santa Fe, sudah ada custom made rear snorkel. Bisa pasang / copot.

So tinggal bawa di bagasi. Ketemu jalan banjir dalam, tinggal minggir sebentar, pasang snorkelnya, dan off U go !

Cuman kalau sedan agak susah. mesinnya saja posisinya rendah. Snorkel belakang tinggi percuma.

Lain kalau pakai SUV tinggi. Plus snorkel belakang. Inggat saya pernah pakai Santa Fe saya berenang sedalam sampai plat no. depan saja agak bengkok kena arus air. Artinya airnya sudah sedalam lebih dari separuh ban !

Paling jitu sih, kalau jelas pagi ada berita di mana mana banjir, mending cuti deh dan istirahat di rumah. Dari pada mobilnya rusak.

Mending hindari naga dari pada mau jadi jagoan yang coba bunuh naga galak.
conan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2961
Joined: Tue Jul 13, 2004 17:34

Post by conan »

Hmm? Bukankah masalah air masuk ke knalpot itu urban legend seperti perlunya memanaskan mobil di pagi hari? :)
Yang aku tahu, sebenarnya tekanan yang keluar dari knalpot lebih besar dari tekanan air untuk masuk, sehingga kecil kemungkinan air bisa masuk..kalau masuk pun akan segera terdorong keluar lagi. Yang penting, air tidak mencapai air intake atau komponen sistem pengapian pada engine..
Tapi kalau masih 'was-was', untuk mobil matic bukankah tinggal menggunakan dan mengatur rem tangan untuk mengimbangi peningkatan putaran mesin? Sedangkan kalau mobil harus berhenti sama sekali, gigi bisa dimasukkan ke posisi N, tingkatkan putaran mesin dengan bebas sambil rem tangan dipasang penuh. Ketika mau maju dengan perlahan, gigi dipindah ke D, rem tangan diturunkan sedikit dan gas diangkat sedikit agar tenaga tidak berlebih..balance is the key..
QiuQiu
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 37
Joined: Sat Oct 23, 2004 5:54

Post by QiuQiu »

Sumbang saran dikit, masukkan ke gigi yang paling rendah "L"

conan wrote:Hmm? Bukankah masalah air masuk ke knalpot itu urban legend seperti perlunya memanaskan mobil di pagi hari? :)
Yang aku tahu, sebenarnya tekanan yang keluar dari knalpot lebih besar dari tekanan air untuk masuk, sehingga kecil kemungkinan air bisa masuk..kalau masuk pun akan segera terdorong keluar lagi. Yang penting, air tidak mencapai air intake atau komponen sistem pengapian pada engine..
Tapi kalau masih 'was-was', untuk mobil matic bukankah tinggal menggunakan dan mengatur rem tangan untuk mengimbangi peningkatan putaran mesin? Sedangkan kalau mobil harus berhenti sama sekali, gigi bisa dimasukkan ke posisi N, tingkatkan putaran mesin dengan bebas sambil rem tangan dipasang penuh. Ketika mau maju dengan perlahan, gigi dipindah ke D, rem tangan diturunkan sedikit dan gas diangkat sedikit agar tenaga tidak berlebih..balance is the key..
hdrw
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 433
Joined: Sat Aug 21, 2004 19:46

Post by hdrw »

conan wrote:Yang aku tahu, sebenarnya tekanan yang keluar dari knalpot lebih besar dari tekanan air untuk masuk, sehingga kecil kemungkinan air bisa masuk..kalau masuk pun akan segera terdorong keluar lagi. Yang penting, air tidak mencapai air intake atau komponen sistem pengapian pada engine..
Ya, saya pun berpikir, mesti rpm berapa supaya air tidak masuk ke knalpot?
Bukankah dengan rpm idle pun, air sudah tidak bisa masuk ke knalpot ?
Jadi yang penting air intake + dan component pengapian jangan sampai kena air.
conan wrote:untuk mobil matic bukankah tinggal menggunakan dan mengatur rem tangan untuk mengimbangi peningkatan putaran mesin? Sedangkan kalau mobil harus berhenti sama sekali, gigi bisa dimasukkan ke posisi N, tingkatkan putaran mesin dengan bebas sambil rem tangan dipasang penuh. Ketika mau maju dengan perlahan, gigi dipindah ke D, rem tangan diturunkan sedikit dan gas diangkat sedikit agar tenaga tidak berlebih..balance is the key..
Menurut saya, ini saran yang jitu dan bagus.
QiuQiu wrote:Sumbang saran dikit, masukkan ke gigi yang paling rendah "L"
Ya, kalau mau rpm bisa cukup tinggi sebaiknya gigi di posisi 'L'
szli wrote:Kalau saya waktu pakai Santa Fe, sudah ada custom made rear snorkel. Bisa pasang / copot.
So tinggal bawa di bagasi. Ketemu jalan banjir dalam, tinggal minggir sebentar, pasang snorkelnya, dan off U go !
Kalau masih khawatir juga, custom made sambungan knalpot dan taruh dibagasi seperti yang dilakukan bung szli.
szli
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 917
Joined: Mon Jun 07, 2004 2:38

Post by szli »

Oh yah ! What if water levelnya sudah fully submerge knalpotnya ? Apakah dalam keadaan idle masih kuat cegah air masuk ? Ini pertanyaan penting untuk saya, soalnya selama ini saya lihat banjir yang takut dulu bukan air masuk mesin / air intake, tapi air masuk knalpot. Kan mayoritas mobil posisi knalpotnya lebih rendah dari mesin.
User avatar
DigitALL
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9595
Joined: Thu May 15, 2003 16:12
Location: Indonesia

Post by DigitALL »

Hmmm gw kurang tau juga bung obs. Selama ini sih gw ngga pernah lewat jalan banjir yang melebihi batas knalpot. Jadi belum ada pengalaman. Hanya tips2 dari majalah aja yg gw baca.

Teman2 laen ada yang pengalaman mungkin ?
User avatar
gege
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 122
Joined: Fri Dec 12, 2003 11:20
Location: Seraya Motor dot Com

Post by gege »

szli wrote: Paling jitu sih, kalau jelas pagi ada berita di mana mana banjir, mending cuti deh dan istirahat di rumah. Dari pada mobilnya rusak.

Mending hindari naga dari pada mau jadi jagoan yang coba bunuh naga galak.
setuju banget..
mendingan mbl saya tinggal di rumah ato di ktr dan pulang naek taksi aja, sebab biaya bikin betul mobil kalo kemasukan aer lebih mahal dari ongkos naek taksi..
User avatar
handling
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2297
Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09

Post by handling »

Bung szli dan bung conan> kalo memang tekanan dari dalam knalpot melebihi tekanan air, buat apalagi kalo dibuatin snorkle. Pasti ada maksudnya kalo dari pabrik dikasih snorkle.

Kalo pipa pembuangan knalpot nya kecil sih kita gak usah takut. Karena asap yang keluar tekanannya pasti lebih besar. Tapi kalo pipa pembuangan knalpot itu gede , itu yang bikin serem, malah memperbesar kemungkinan air masuk ke dalam knalpot.
Coba bedain lubang knalpot suzuki carry dgn knalpot kijang inova , antara yang imut2 dgn yang gede bagong.


Memang sih enakan naik taksi bebas dari resiko, itu kalo kita udah tahu banjir dimana2.
Yang repotnya kan kalo kita memang lagi di jalan, trus hujan gede, jalanan jadi banjir. Itu yang diluar dugaan kita sama sekali.
Sedaqngkan mau mundur udah gak mungkin, karena kendaraan dibelakang udah antri. Ya mau gak mau kita harus tahu tips mencegah mesin mogok....he..he...he....


Mungkin memang benar kita harus posisi kan pada L, supaya rpm kita bisa lebih tinggi.

Terima kasih rekan2 atas tips nya, memang simpel solusinya . Tapi kalo lagi panik , jangan lupa tips nya.....seringkali kan begitu.....he...he...he...
Image
szli
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 917
Joined: Mon Jun 07, 2004 2:38

Post by szli »

How abt this tip ? Jika waktu di kantor, atau jalan, dan lihat sudah hujan deras 3-4 jam. Sudah pasti dong mulai banjir dalam. Then bilang kantor, I sakit perut, mau pulang dulu !!! Hahaha !

Benar ya. Paling sial kalau kena surprise banjir. Mau U-Turn kadang tidak bisa. Ibaratnya maju tidak bisa, mundur tidak bisa. MAMPUS !

Thats why saya kepengin sekali ada SUV. On rainy days, tinggal tidurin vannya dan bawa SUV !
User avatar
aspsilver
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1092
Joined: Thu Oct 28, 2004 8:38
Location: Jakarta

Post by aspsilver »

conan wrote:Hmm? Bukankah masalah air masuk ke knalpot itu urban legend seperti perlunya memanaskan mobil di pagi hari? :)
Yang aku tahu, sebenarnya tekanan yang keluar dari knalpot lebih besar dari tekanan air untuk masuk, sehingga kecil kemungkinan air bisa masuk..kalau masuk pun akan segera terdorong keluar lagi. Yang penting, air tidak mencapai air intake atau komponen sistem pengapian pada engine..
setuju...

yang ditakutin adalah tekanan udara di knalpot kalah besar sama tekanan air, sehingga udara di knalpot gak bisa keluar, dan akhirnya mesin mati karena mampet tadi.
bukan air masuk knalpot,

maka pake selang pipa di knalpot sih sebenarnya gak banyak guna, malah yang penting adalah menaikkan intake, pake snorkel tadi, tapi in butuh modifikasi besar, sedangkan kalo pake pipa knlapot kan gampang banget.

yang penting kalo takut ujung knalpot ada di bawah permukaan ait, mesin jangan dibiarkan idle, agak gas besar gitu. 1500-2000 rpm.

emang sih kalo matic agak repot.
User avatar
handling
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2297
Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09

Post by handling »

aspsilver wrote:yang penting kalo takut ujung knalpot ada di bawah permukaan ait, mesin jangan dibiarkan idle, agak gas besar gitu. 1500-2000 rpm.

emang sih kalo matic agak repot.
Mobil nya bingung gak ya kalo kita perbesar gas dan imbangin dgn injakan rem supaya mobilnya bisa berjalan dgn pelan.
User avatar
aspsilver
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1092
Joined: Thu Oct 28, 2004 8:38
Location: Jakarta

Post by aspsilver »

paling mobilnya anggap sedang naik tanjakan.
User avatar
gege
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 122
Joined: Fri Dec 12, 2003 11:20
Location: Seraya Motor dot Com

Post by gege »

tapi ati2 juga sama transmisi / gearbox
biasanya posisinya rendah..
kalo udah kecampur air olinya bisa parah
apalagi buat yg A/T..
.
Aksesoris Mobil Online
http://aksesorismobil.stop.to
YM contact: Honda_Jazz
chihuahua
Visitor
Visitor
Posts: 9
Joined: Fri Dec 19, 2003 17:25

Post by chihuahua »

handling wrote:Bung szli dan bung conan> kalo memang tekanan dari dalam knalpot melebihi tekanan air, buat apalagi kalo dibuatin snorkle. Pasti ada maksudnya kalo dari pabrik dikasih snorkle.

Kalo pipa pembuangan knalpot nya kecil sih kita gak usah takut. Karena asap yang keluar tekanannya pasti lebih besar. Tapi kalo pipa pembuangan knalpot itu gede , itu yang bikin serem, malah memperbesar kemungkinan air masuk ke dalam knalpot.
Coba bedain lubang knalpot suzuki carry dgn knalpot kijang inova , antara yang imut2 dgn yang gede bagong.


Memang sih enakan naik taksi bebas dari resiko, itu kalo kita udah tahu banjir dimana2.
Yang repotnya kan kalo kita memang lagi di jalan, trus hujan gede, jalanan jadi banjir. Itu yang diluar dugaan kita sama sekali.
Sedaqngkan mau mundur udah gak mungkin, karena kendaraan dibelakang udah antri. Ya mau gak mau kita harus tahu tips mencegah mesin mogok....he..he...he....


Mungkin memang benar kita harus posisi kan pada L, supaya rpm kita bisa lebih tinggi.

Terima kasih rekan2 atas tips nya, memang simpel solusinya . Tapi kalo lagi panik , jangan lupa tips nya.....seringkali kan begitu.....he...he...he...
wah.pernah baca di majalah mobil apa gitu gua lupa...
tekanan dari knalpot itu besar banget,ga perlu takut air masuk ke knalpot.bisa dilihat dari tendangan piston yang bisa mengkompres 9:1 lebih,jangan takut air bakal masuk ke knalpot.

snorkel itu tidak dipasang di knalpot,gua ga pernah liat ada mobil off road dipasangin snorkel di knalpot :lol:
snorkel itu dipasang di air intake,yaitu tempat dimana mesin ngambil oksigen dari udara.

menurut majalah yang gua baca,justru JANGAN MEMBUAT RPM TINGGI waktu menerjang banjir,karena RPM yang naik akan meningkatkan hisapan udara di air intake, meningkatkan kemungkinan air masuk ke mesin dan terjadi water hammer.

jadi yang berbahaya adalah:
1. Air masuk melalui air intake dan terjadi water hammer.pasti ganti piston.
2. Air mengenai komponen pengapian(distributor,busi)
3. Air merembes masuk gearbox matic,mesti ganti ATF.

solusi :
1.kalo lewatin genangan itu biasa aja,jangan ngebut(kalo ngebut air bakal muncrat2 masuk ke mesin,sangat berbahaya).
2.Tahu posisi distributor mobil dan air intake, sehingga bisa kira2 mana genangan yang lu ga bakal bisa lewat :D
BLUE RX-KING 2003
User avatar
handling
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2297
Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09

Post by handling »

thanks bung chihuahua atas infonya yang sangat bernilai....
Image
conan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2961
Joined: Tue Jul 13, 2004 17:34

Post by conan »

Dan kalau ingin lebih aman lagi melewati banjir, gunakan mobil diesel. Karena mesin diesel tidak memiliki sistem pengapian yang sangat rentan terhadap banjir. :)
User avatar
DigitALL
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9595
Joined: Thu May 15, 2003 16:12
Location: Indonesia

Post by DigitALL »

Thanks2 buat semua infonya dan semoga dapat membantu kita2 semua ketika menghadapi banjir secara mendadak !
User avatar
uch
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1746
Joined: Tue May 30, 2006 7:02

Re: Tips Matic di tempat banjir ???

Post by uch »

Berhubung musim hujan/banjir Topik lama bangkit dari "kubur". Mari kita Sharing cara2 terbaik melewati banjir (yg agak dalam).

Kalo menurut gw cara paling aman adalah : Tidak menerjang banjir.... opss. Tapi jika terpaksa :
- Sebelum mobil masuk air, tahan sebentar dan jaga jarak dengan mobil depan. Tutup kuping kalo ada yg klakson2 dibelakang.
- Pake gigi 1 dan jalan2 perlahan2/tenang2 saja. Jangan gunakan RPM tinggi plus 1/2 kopling.
- Untuk banjir yg lumayan tinggi dan mobil yg sudah lumayan berumur, usahakan tidak menekan kopling (itu sebabnya jaga jarak dengan mobil depan).
- Mobil yg menggunakan non electrik fan, hindari mobil anda masuk banjir yg ketinggian air nya bisa menyentuh/merendam fan radiator. Jangan sampe di dalam kabin mesin ada "Mesin tempel Yamaha", karena fan non elektrik akan tetap muter walaupun mesin sudah dingin.
-dst.. (silakan dilanjut)
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: Tips Matic di tempat banjir ???

Post by imsus2c »

Ada yang bilang matikan AC juga...soalnya kalo AC on, kipas kompressor ACnya pasti muter...jadi seperti yg ditulis pak uch diatas, jadi keliatan ada motor tempelnya di kompartemen mesin. Yg ditakutkan, percikan air-nya bisa kena komponen elektrik di kompartemen mesin (distributor, fuses, etc...)
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
uch
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1746
Joined: Tue May 30, 2006 7:02

Re: Tips Matic di tempat banjir ???

Post by uch »

Thanks Pak.
- Jangan lupa matikan AC
- Jangan percaya janji gombal ATPM bahwa mobil anda tidak takut banjir. Kecuali udah dimodif sendiri jadi tahan air. Kalo terlalu percaya ntar kayak gini deh jadi nya..

http://foto.detik.com/index.php/detik.r ... l/157/id/1

Panther yg diesel aja mogok. Apalagi Innova. (source dari detik foto).

- dst
naldo

Re: Tips Matic di tempat banjir ???

Post by naldo »

Untuk mobil matic, pindahkan ke gigi 1/L, jangan di D. Terus imbangkan kaki kiri di rem dan gas untuk kaki kanan. Seperti drift klo heel n toe, tapi ini pke ke dua kaki. Bila kecepatannya bisa lancar ya tidak usah injak rem. Tapi kalau macet mau ga mau. Kalau lagi diem, cepat2 pindahkan ke N(netral), supaya mobil ga jalan n di tahan gas di 2500-3000RPM. Itu adalah batas aman RPM supaya air tidak masuk ke mesin melalui Kenalpot. Pokoknya gas harus tetap di tahan di kisaran seperti itu n imbangkan dengan rem. Pokoknya setelah keluar dari banjir, mobil terus sengaja di rem2 habis/ rem2 sengaja, supaya di piringan disc tidak basah/harus kering. Sebenernya gampang koq pke matic di banjir, sama aja kaya manual tapi butuh keterampilan kaki kiri n tangan untuk memainkan giginya...