(Split Post) Modifikasi Santa FE - PART 01

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t

benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1240
Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by benzz89 »

imsus2c wrote:
satyr wrote:guys. numpang tanya. psaran wajar santa fe 2005 2.4 M/T brp ya?

lagi nyari mbl tinggi nih

btw kaki2 nya gmn ya? kuat? soalnya rutenya "offroad" nih :)

bensin bisa premium (buat harian nih.. jebol dompet kalo isi pertamax plus) :D

spare part dibanding macem CR-V gmn ya?

thx :e-dance:
Betul bro...mobilnya cukup tinggi, perkiraan saya, GC-nya di kisaran 20cm-an

soal kaki2, untuk ukuran mobil monocoque, saya yakin kakinya santi sangat tangguh.... bahkan mgkn karena terlalu tangguh, harga kaki2 santi (genuine) relatif mahal... kemarin saya ganti depan belakang, tembus 4juta tuh.
untuk tambahan, kaki2 saya ganti saat umur mobil 8 tahun dan odo-nya sudah lebih dari 140.000 KM, masalah pemakaian...whew...jangan ditanya deh, sering banyak dipake buat blazing jalan aspal ompong dan gravel
masalah offroad, tergantung definisi offroad-nya, kalo cuman blazing jalan gravel/kerikil, lebih dari cukup deh... cuma ya jangan dipake main off road beneran membajak lumpur :mrgreen:

spare part, masih banyak tersedia dan harganya masuk akal, kalo dibandingin CRV, saya yakin masih imbang bahkan mgkn lebih murah

bbm memang disarankan minimum pake pertamax (Santi didatangkan dalam bentuk CBU), jadi sepertinya masih dirancang untuk minum oktan tinggi, tetapi...sesuai sharing santier disini, ternyata bisa juga kok dikasih premium, hanya saja performanya mgkn tidak seganas kalo dikasih pertamax apalagi pertamax+ :e-whistle:

oya...kenapa ga janjian aja test drive punyanya pak inoz? beliau tinggal di purwakarta kan? deket kan?...supaya dapet impresinya driving santi
kalo ga salah, pak poetic juga sempet jajal santi tuh

tapi jujur aja, sektor yg lumayan ringkih di santi ada di kelistrikannya (terutama yg di mesin)...jadi kalo mo ambil, konsentrasi cek disitu bro...
Wah sang master suhu sudah angkat suara....no need further explanation anymore dech :e-clap:

Bro Satyr point utama si santi adalah di kaki-kakinya (Karena ada AWD version-nya & biasanya konstruksi jd lebih tangguh, IMHO), karena selama ini santi saya kebanyakan jg saya perlakukan secara kasar seperti kalau lewat polisi tidur kadang di hajar saja langsung...dan sampai sejauh ini hampir tidak ada gejala yg berarti bahkan seingat saya tidak pernah ada masalah pada kaki2nya. Lewatin polisi tidur secara "kasar" jg enak, dalam arti tidak mengalami guncangan yg hebat. Terus terang ini yg saya paling suka dari si santi di samping performance-nya yg jg menurut saya "sudah lebih dari cukup". Kalau bro Satyr merasa "belum cukup" jg...yah tinggal di PnP & pasang mudule...jamin maknyusss :frm_tumbleft:

Satu lagi point si santi adalah pelat body-nya yg cukup tebal (kl tidak mau disebut ketebalan ya :mrgreen: ), CRV or X-trail sih rasa2nya lewat deh. Engsel2 pintu-nya jg mantap alias tidak longgar seperti mobil2 sekarang. Ada teman yg sempet bilang pintunya "kurang pelumas" karena menurut dia agak berat waktu mau buka pintu (terutama pintu bagian belakang), padahal sih itu normal2 aja & si santi sudah cukup berumur tuch :drinking:

Santi saya tahun 2001 akhir, solid black (New Painting All Body), New Head Lamp + New Fog Lamp, New 4 Tires, New Timing Belt + All Belt, New PnP + Module = +/- 175 HP-an, New Spark Plug Cable + Ignition Coil +Iridium, New Bushings, new apa lg yach, abis baru overhaul besar2an neh…hmm mungkin ini, service record hyundai & sangat terawatt….bingung neh kalau mo dilepas kira2 ada yg berani berapa yach????? :e-whistle: Apa di lelang aja yach wakakkkkk :e-dance: :mrgreen:
:mrgreen:
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by imsus2c »

benzz89 wrote:
imsus2c wrote:
satyr wrote:guys. numpang tanya. psaran wajar santa fe 2005 2.4 M/T brp ya?

lagi nyari mbl tinggi nih

btw kaki2 nya gmn ya? kuat? soalnya rutenya "offroad" nih :)

bensin bisa premium (buat harian nih.. jebol dompet kalo isi pertamax plus) :D

spare part dibanding macem CR-V gmn ya?

thx :e-dance:
Betul bro...mobilnya cukup tinggi, perkiraan saya, GC-nya di kisaran 20cm-an

soal kaki2, untuk ukuran mobil monocoque, saya yakin kakinya santi sangat tangguh.... bahkan mgkn karena terlalu tangguh, harga kaki2 santi (genuine) relatif mahal... kemarin saya ganti depan belakang, tembus 4juta tuh.
untuk tambahan, kaki2 saya ganti saat umur mobil 8 tahun dan odo-nya sudah lebih dari 140.000 KM, masalah pemakaian...whew...jangan ditanya deh, sering banyak dipake buat blazing jalan aspal ompong dan gravel
masalah offroad, tergantung definisi offroad-nya, kalo cuman blazing jalan gravel/kerikil, lebih dari cukup deh... cuma ya jangan dipake main off road beneran membajak lumpur :mrgreen:

spare part, masih banyak tersedia dan harganya masuk akal, kalo dibandingin CRV, saya yakin masih imbang bahkan mgkn lebih murah

bbm memang disarankan minimum pake pertamax (Santi didatangkan dalam bentuk CBU), jadi sepertinya masih dirancang untuk minum oktan tinggi, tetapi...sesuai sharing santier disini, ternyata bisa juga kok dikasih premium, hanya saja performanya mgkn tidak seganas kalo dikasih pertamax apalagi pertamax+ :e-whistle:

oya...kenapa ga janjian aja test drive punyanya pak inoz? beliau tinggal di purwakarta kan? deket kan?...supaya dapet impresinya driving santi
kalo ga salah, pak poetic juga sempet jajal santi tuh

tapi jujur aja, sektor yg lumayan ringkih di santi ada di kelistrikannya (terutama yg di mesin)...jadi kalo mo ambil, konsentrasi cek disitu bro...
Wah sang master suhu sudah angkat suara....no need further explanation anymore dech :e-clap:

Bro Satyr point utama si santi adalah di kaki-kakinya (Karena ada AWD version-nya & biasanya konstruksi jd lebih tangguh, IMHO), karena selama ini santi saya kebanyakan jg saya perlakukan secara kasar seperti kalau lewat polisi tidur kadang di hajar saja langsung...dan sampai sejauh ini hampir tidak ada gejala yg berarti bahkan seingat saya tidak pernah ada masalah pada kaki2nya. Lewatin polisi tidur secara "kasar" jg enak, dalam arti tidak mengalami guncangan yg hebat. Terus terang ini yg saya paling suka dari si santi di samping performance-nya yg jg menurut saya "sudah lebih dari cukup". Kalau bro Satyr merasa "belum cukup" jg...yah tinggal di PnP & pasang mudule...jamin maknyusss :frm_tumbleft:

Satu lagi point si santi adalah pelat body-nya yg cukup tebal (kl tidak mau disebut ketebalan ya :mrgreen: ), CRV or X-trail sih rasa2nya lewat deh. Engsel2 pintu-nya jg mantap alias tidak longgar seperti mobil2 sekarang. Ada teman yg sempet bilang pintunya "kurang pelumas" karena menurut dia agak berat waktu mau buka pintu (terutama pintu bagian belakang), padahal sih itu normal2 aja & si santi sudah cukup berumur tuch :drinking:

Santi saya tahun 2001 akhir, solid black (New Painting All Body), New Head Lamp + New Fog Lamp, New 4 Tires, New Timing Belt + All Belt, New PnP + Module = +/- 175 HP-an, New Spark Plug Cable + Ignition Coil +Iridium, New Bushings, new apa lg yach, abis baru overhaul besar2an neh…hmm mungkin ini, service record hyundai & sangat terawatt….bingung neh kalau mo dilepas kira2 ada yg berani berapa yach????? :e-whistle: Apa di lelang aja yach wakakkkkk :e-dance: :mrgreen:
:mrgreen:
namanya barang kesayangan...whew...susah kalau diukur nilainya... :drinking:
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by imsus2c »

benzz89 wrote:Santi saya tahun 2001 akhir, solid black (New Painting All Body), New Head Lamp + New Fog Lamp, New 4 Tires, New Timing Belt + All Belt, New PnP + Module = +/- 175 HP-an, New Spark Plug Cable + Ignition Coil +Iridium, New Bushings, new apa lg yach, abis baru overhaul besar2an neh…hmm mungkin ini, service record hyundai & sangat terawatt….bingung neh kalau mo dilepas kira2 ada yg berani berapa yach????? :e-whistle: Apa di lelang aja yach wakakkkkk :e-dance: :mrgreen:
:mrgreen:
new apalagi yang kurang....? :e-think: :e-think: :e-think:

jelas new santa fe dong.... :upss:
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by imsus2c »

satyr wrote: btw kaki2 nya gmn ya? kuat? soalnya rutenya "offroad" nih :)
oya bro, spt kata pak andra, kalo jadi bener2 ambil santi dan kalau mau awet ketangguhan kaki2nya...tetep pake velg standard ajah (R15), pake profil bannya yg agak gemuk, 70 atau 75
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by imsus2c »

sekalian nitip absen dulu ya... besok dari kantor, saya dapat tugas luar kota lagi nih :ungg:

baru bisa OL lagi minggu depan.... :off_sleep:
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
inoz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 966
Joined: Fri Jan 12, 2007 11:17
Location: Purwakarta

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by inoz »

oh yaaa bro satyr
klo kaki santi jgn tanya deh ane pernah shock kiri depan dah mati total tapihanya sedikit pengaruhnya, tahu pas dibongkar ketahuan, dan ane juga dah ganti kaki2 depan lumayan spt kata bro imsus
sepakat dengan bro benzz, klo kaki sant emang kuat, polisi tidur ane sering hajar dan enak aja tuh gak krasa goyangnya

santi ane masih standart pake pertamax, blm P+, sebab dah cukup, ane dapaet 1-9 sd 1-10 Km/l
klo mo jajal janjian aja ane sering ke bdg bisa test drive gitu, ayo ini hpku 081546500019
biasa biar masuk tim SOCI, biar angota tambah banyak gitu, serta kekeluargaan hiiiii.... diantos
:big_slap: :big_slap: :big_slap:
absen diterima, boleh kok nitip absen haaa....
User avatar
Kuruma
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 539
Joined: Fri Aug 22, 2008 8:31

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by Kuruma »

Bro Satyr, betul yg dibilang santiers...Kenyamanan pengemudi dan penumpang saat melewati jalan berlobang dan bergelombang juga jauh lebih baik, hal itu mungkin disebakan oleh sistem pegasnya yang memakai tipe double action dan hidraulik teleskopik, demikian juga dengan interiornya, terasa elegant sehingga pengemudi dan penumpang akan merasa nyaman untuk berkendaraan pada waktu yang lama. kenyamanan didalam kabin akan bertolak belakang dengan ekteriornya yang terasa lebih garang, hal ini mungkin disesuaikan dengan tipe SUV seleranya amrik sana kali ya...??

Untuk jalur OR ane pernah ngalamin waktu kondangan melewati jalan tanah di tanjakan dan berlobang ( abis hujan lagi )..alhamdulillah mayanlah....bisa lepas dari kesulitan meskipun anak2 dan istri pada takut....!!

Mengenai konsumsi BBM antara 1:8-10,5 tergantung dari pengemudi itu sendiri. sebelumnya saya konsisten menggunakan Premix atau Pertamax atau mixing Pertaplus+premium.....karena tarikannya jauh lebih responsif dan lebih irit bila dibandingkan menggunakan premium.

Kalo mengenai harga 120 jt ane pikir lumayan tuh bro mungkin digeser sedikit lagi aja....soalnya yg ane tahu utk tahun 2005 sepertinya santi udh ga ada lagi dah diganti ama tucson....jadi pengguna santi th 2005 akan sangat sedikit tentunya .... tapi untuk th 2004 kebawah harganya antara 75 - 95 jtan...!!!

Kalo soal spare part harganya relaif lah bila dibandingkan dengan CRV tentunya.
inoz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 966
Joined: Fri Jan 12, 2007 11:17
Location: Purwakarta

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by inoz »

tuh dah banyak masukan dr para santiers
agar makin mantab pilih santi
sharing dah banyak dan kita tinggal milih aja gak usah ragu kita siap bantu, dimana beli spart, bengkel dll
:big_weee:
User avatar
andra
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 497
Joined: Thu Aug 24, 2006 4:25

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by andra »

Bro satyr, jangan kelamaan mikirnya, nanti keburu gak jadi ngambil santa fe nya.
Test drive dulu deh Santa fe nya Bro Inoz, biar lebih kenal karakternya. Kan jarang mo beli mobil second test drivenya di tol ato jalannya lumayan jauh.
Image
Fly Like a Bird
inoz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 966
Joined: Fri Jan 12, 2007 11:17
Location: Purwakarta

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by inoz »

bener tuh bro satyr coba aja dolo
mo lapor hasil lengkap mutasi luar daerah dan balik nama

masuk samsat BSD tgl 28 pebruari 2009, cek fisik gesek no mesin, trus ke bag mutasi
tgl 30 maret 09 datang lagi tuk ambil berkas rencana, tapi ternyata mobil masih diblokir STNK nya oleh Polda Jaya sebab bekas leasing, jadi katanya harus ke polda sendiri bawa srt permohonan pembukaan blokir, untung srt tsbt ada
lalu ke polda bagian buka blokir, srt asli diserahkan dalm waktu 5 menit slesai, hebat,
trus ke bsd lagi serahkan berkas yg sdh dibuka blokirnya, harus nunggu sebulan lagi
tgl 28 april 2009 datang ke samsat BSD, bel;um selsai juga sebab arsip ketlisut, alias vbelum ketemu sebab ada pecah samsat ciputat dan BSD, gila men, mesti nunggu lagi, makanya baru dibikini keterangan bahwa arsip gak ketemu
baru seminggu kemudian berkas itu selesai dan harus bayar fiskal daerah plus denda sekitar Rp. 490.000,.

lalu berkas dibawa ke samsat pwkt tgl 6 juni 2009 : cek fisik dulu, lalu copi surat2 bayar fiskal dan berkas pindah termasuk ket arsip hilang 2 copi, lalu disuruh nunggu 10 hari, ntar dikasih tahu harus bayar berapa :off_no:
tgl 17 juni 2009 dikasih tahu berapa biaya fiskal dll totalnya Rp. 3.845.000,. wah kok mahal yaaa, khan mutasi pak, rinciannya sbb :big_slap: :big_slap:
1. BBN KB rp. 1.240.000
2. PKB rp. 1.860.000
3. SWDKLLJ rp. 181.000 dan denda rp 100.000 jadi rp. 281.000
4, adm stnk rp. 50.000
5. biaya adm TNKB rp. 20.000
6. denda rp. 100.000
jadi total rp. 3.451.000
trus ada tambahan lain LOKSUS rp. 135.000, kayaknya nomer khusus kali, padahal aku terserah aja mo dikasih nomer hoki atau gak terserah sami mawon. jadi total biaya yg tertulis rp. 3.586.000) :big_slap:
pada tgl 19 juni STNK dan Pajak sudah selesai, tinggal nunggu tulis BKPB 3 hari lagi dan plat nomer baru 1 bulan.

itulah suka duka mutasi luar kota ternyata puuuuaaaaannnjaaang bangggeeeeetttt piiiissaaaannnn ampun samsat
User avatar
andra
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 497
Joined: Thu Aug 24, 2006 4:25

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by andra »

inoz wrote:bener tuh bro satyr coba aja dolo
mo lapor hasil lengkap mutasi luar daerah dan balik nama

masuk samsat BSD tgl 28 pebruari 2009, cek fisik gesek no mesin, trus ke bag mutasi
tgl 30 maret 09 datang lagi tuk ambil berkas rencana, tapi ternyata mobil masih diblokir STNK nya oleh Polda Jaya sebab bekas leasing, jadi katanya harus ke polda sendiri bawa srt permohonan pembukaan blokir, untung srt tsbt ada
lalu ke polda bagian buka blokir, srt asli diserahkan dalm waktu 5 menit slesai, hebat,
trus ke bsd lagi serahkan berkas yg sdh dibuka blokirnya, harus nunggu sebulan lagi
tgl 28 april 2009 datang ke samsat BSD, bel;um selsai juga sebab arsip ketlisut, alias vbelum ketemu sebab ada pecah samsat ciputat dan BSD, gila men, mesti nunggu lagi, makanya baru dibikini keterangan bahwa arsip gak ketemu
baru seminggu kemudian berkas itu selesai dan harus bayar fiskal daerah plus denda sekitar Rp. 490.000,.

lalu berkas dibawa ke samsat pwkt tgl 6 juni 2009 : cek fisik dulu, lalu copi surat2 bayar fiskal dan berkas pindah termasuk ket arsip hilang 2 copi, lalu disuruh nunggu 10 hari, ntar dikasih tahu harus bayar berapa :off_no:
tgl 17 juni 2009 dikasih tahu berapa biaya fiskal dll totalnya Rp. 3.845.000,. wah kok mahal yaaa, khan mutasi pak, rinciannya sbb :big_slap: :big_slap:
1. BBN KB rp. 1.240.000
2. PKB rp. 1.860.000
3. SWDKLLJ rp. 181.000 dan denda rp 100.000 jadi rp. 281.000
4, adm stnk rp. 50.000
5. biaya adm TNKB rp. 20.000
6. denda rp. 100.000
jadi total rp. 3.451.000
trus ada tambahan lain LOKSUS rp. 135.000, kayaknya nomer khusus kali, padahal aku terserah aja mo dikasih nomer hoki atau gak terserah sami mawon. jadi total biaya yg tertulis rp. 3.586.000) :big_slap:
pada tgl 19 juni STNK dan Pajak sudah selesai, tinggal nunggu tulis BKPB 3 hari lagi dan plat nomer baru 1 bulan.

itulah suka duka mutasi luar kota ternyata puuuuaaaaannnjaaang bangggeeeeetttt piiiissaaaannnn ampun samsat
Eak bener Samsatnya bilang arsip gak ketemu, dasar kerja gak profesional tuh pak, Gila ngurusin mutasisegitu lamanya, berapa hari total yg kepake buat ngurusin mutasi tuh, berapa coba kerugiannya. :big_slap:
Image
Fly Like a Bird
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by imsus2c »

absen dulu...

kok sepi yah? :e-think:

bagaimana nih kabarnya bro satyr, jadi test drive ato malah sekalian ambil santi ga ya? :e-think:
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
inoz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 966
Joined: Fri Jan 12, 2007 11:17
Location: Purwakarta

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by inoz »

ya begitulah nasibku ngurus mutasi luar daerah
wasting time gw berkali2 bolak balik, mending lwt agen pengurusan

mana bro satyr neh dan yg lainnya kok pada gak muncul lagi
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by imsus2c »

iya nih, pada kemana aja ya? engga OL 5 hari, postingan cuman nambah 1 aja nih :big_slap:

sudah engga sayang ma santinya ya? :upss:
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
inoz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 966
Joined: Fri Jan 12, 2007 11:17
Location: Purwakarta

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by inoz »

betul lagi pada nganter anak2nya liburan kali yaaa :big_weee:
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by imsus2c »

wah....masih sepi aja nih :ungg:

ya udah... iseng2 nulis aja

hari minggu kemarin 28 Juni 2009, karena bengong dan nganggur, penasaran pengin bawa santi dengan cara yang "santun" :mrgreen:

isi pertamax+ full tank di tol sidoarjo, trus iseng mo ngabisin tuh 1 tanki dengan cara sesantun mungkin , rutenya:

1. Puter balik dari tol kearah pandaan
2. Sampe pandaan (taman dayu) puter balik lagi ke sidoarjo (lewat rute porong non tol)
3. Sampe sidoarjo, bablas surabaya tanpa tol
5. Sampe surabaya, masuk gresik (lewat tol gresik)
6. Sampe gresik, bablas lamongan
7. Sampe lamongan, bablas ke Babat
8. Sampe babat, balik ke lamongan, gresik dan surabaya
9. Rute diatas diulang lagi sekali lagi,

Intinya, ambil rute: Pandaan-Sidoarjo-Surabaya-Gresik-Lamongan-Babat, 2xPP :upss:

Perjalanan dilakukan siang hari sampe malam, hanya kira2 35% rute yg ambil tol, cuaca panas sekali...lalu lintas padat (maklum, musim liburan dan hari minggu lagi...)

Selama perjalanan gila tersebut, santi diisi 2 orang (saya dan 1 penumpang), AC selalu on (maklum....surabaya tengah hari), tekanan ban 32psi
RPM dijaga diatas 2000 tapi dibawah 3000, rata-rata kecepatan 40-90Kph (tergantung giginya, yg penting pertahankan RPM)
Berhenti hanya untuk makan dan pipis, tapi lumayan kena stop&go di daerah macet

Akhirnya setelah 16-18 jam, jarum tanki sudah menunjukkan 1/4, odometer menunjukkan 435.6 KM (sebelum isi bensin, di reset 0)
Kembali ke titik start, pom bensin tol sidoarjo, isi bensin sampe mbludak, 49.05L

Berarti FC-nya 435.6:49.05 = 8.88 atau nyaris 9, alias 1L untuk 9 KM

wah...ternyata gaya nyetir saya selama ini terlalu brutal :mrgreen: .....dapetnya rata2 cuma 1:6 , penganut paham GPRP (Gas Pol Rem Pol)

Dengan cara yg santun, ternyata dapat menghemat BBM 20%-30%

Mulai saat ini, saya mau tobat dari gaya brutal tersebut :e-wall:

Mohon dukungan dari santier yaa....semoga lekas insyaf :upss:
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1240
Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by benzz89 »

Mulai saat ini, saya mau tobat dari gaya brutal tersebut

Mohon dukungan dari santier yaa....semoga lekas insyaf

UNFORTUNATELY....si santi tidak di ciptakan untuk di "bawa" spt ini bro Imsus :mrgreen: Tidak ada sensasi-nya tuch bro :big_peace: ...as i also already try the same driving style (keeping on not over 2.000 rpm), that's why i using driver for daily activity. Bener2 sengsara & ga enak bawa si santi dgn style begitu bro, IMHO ya?

Tapiiii justru itu bro rumusannya... penghematan antara 20-30% itu yg bs biayain driver, jd kita tidak stress di jalanan & si santi sdh ada yg "mandiin" tiap harinya :drinking: nah giliran hari minggu or libur, it's time for adrenalin raiser bro, injak pedal gas dan rasakan sensasi torsi & tenaga maksimum-nya si santi deh wakakakkkk... Uueenakkk tenann seperti kata bro Inoz. betul ga bro inoz :mrgreen:

Jadi kalo mo insaf & tobat dari gaya brutal...my suggest to U is using driver bro, lumayan tidak stress, bensin jd lebih hemat & si santi jd lebih terawat. Just my two cents bro and actually...i already done & prove it :e-whistle:

Btw, good job bro imsus sdh mencoba membuktikan economic driving style bersama si santi :off_good_job: , memang kira2 sedemikian-lah penghematannya tapi diperlukan komitmen yg luar biasa atas kesopanan si kaki kanan, apalagi tinggal di kota jakarta...ampun deh bro, ga tahan ama si dua roda, tobattt deh :e-doh:
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by imsus2c »

benzz89 wrote:Mulai saat ini, saya mau tobat dari gaya brutal tersebut

Mohon dukungan dari santier yaa....semoga lekas insyaf

UNFORTUNATELY....si santi tidak di ciptakan untuk di "bawa" spt ini bro Imsus :mrgreen: Tidak ada sensasi-nya tuch bro :big_peace: ...as i also already try the same driving style (keeping on not over 2.000 rpm), that's why i using driver for daily activity. Bener2 sengsara & ga enak bawa si santi dgn style begitu bro, IMHO ya?

Tapiiii justru itu bro rumusannya... penghematan antara 20-30% itu yg bs biayain driver, jd kita tidak stress di jalanan & si santi sdh ada yg "mandiin" tiap harinya :drinking: nah giliran hari minggu or libur, it's time for adrenalin raiser bro, injak pedal gas dan rasakan sensasi torsi & tenaga maksimum-nya si santi deh wakakakkkk... Uueenakkk tenann seperti kata bro Inoz. betul ga bro inoz :mrgreen:

Jadi kalo mo insaf & tobat dari gaya brutal...my suggest to U is using driver bro, lumayan tidak stress, bensin jd lebih hemat & si santi jd lebih terawat. Just my two cents bro and actually...i already done & prove it :e-whistle:

Btw, good job bro imsus sdh mencoba membuktikan economic driving style bersama si santi :off_good_job: , memang kira2 sedemikian-lah penghematannya tapi diperlukan komitmen yg luar biasa atas kesopanan si kaki kanan, apalagi tinggal di kota jakarta...ampun deh bro, ga tahan ama si dua roda, tobattt deh :e-doh:
betul bro...
butuh komitment yang sangat besar (at least buat saya sendiri) untuk konsekuen eco-driving :e-think:
selepas touring gila itu, saya sampe perlu tempelin koyo ke pergelangan kaki kanan....pegel sekali rasanya...
kalo orang bilang, nyetir mobil M/T bisa bikin pegel kaki kiri, nah ini saya kebalikannya.... nyetir eco driving pake santi, bener2 bikin kaki kanan pegel habisss.... maklum, selalu nahan gas separo atau sepertiga... :e-wall:
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by imsus2c »

imsus2c wrote:wah....masih sepi aja nih :ungg:

ya udah... iseng2 nulis aja

hari minggu kemarin 28 Juni 2009, karena bengong dan nganggur, penasaran pengin bawa santi dengan cara yang "santun" :mrgreen:

isi pertamax+ full tank di tol sidoarjo, trus iseng mo ngabisin tuh 1 tanki dengan cara sesantun mungkin , rutenya:

1. Puter balik dari tol kearah pandaan
2. Sampe pandaan (taman dayu) puter balik lagi ke sidoarjo (lewat rute porong non tol)
3. Sampe sidoarjo, bablas surabaya tanpa tol
5. Sampe surabaya, masuk gresik (lewat tol gresik)
6. Sampe gresik, bablas lamongan
7. Sampe lamongan, bablas ke Babat
8. Sampe babat, balik ke lamongan, gresik dan surabaya
9. Rute diatas diulang lagi sekali lagi,

Intinya, ambil rute: Pandaan-Sidoarjo-Surabaya-Gresik-Lamongan-Babat, 2xPP :upss:

Perjalanan dilakukan siang hari sampe malam, hanya kira2 35% rute yg ambil tol, cuaca panas sekali...lalu lintas padat (maklum, musim liburan dan hari minggu lagi...)

Selama perjalanan gila tersebut, santi diisi 2 orang (saya dan 1 penumpang), AC selalu on (maklum....surabaya tengah hari), tekanan ban 32psi
RPM dijaga diatas 2000 tapi dibawah 3000, rata-rata kecepatan 40-90Kph (tergantung giginya, yg penting pertahankan RPM)
Berhenti hanya untuk makan dan pipis, tapi lumayan kena stop&go di daerah macet

Akhirnya setelah 16-18 jam, jarum tanki sudah menunjukkan 1/4, odometer menunjukkan 435.6 KM (sebelum isi bensin, di reset 0)
Kembali ke titik start, pom bensin tol sidoarjo, isi bensin sampe mbludak, 49.05L

Berarti FC-nya 435.6:49.05 = 8.88 atau nyaris 9, alias 1L untuk 9 KM

wah...ternyata gaya nyetir saya selama ini terlalu brutal :mrgreen: .....dapetnya rata2 cuma 1:6 , penganut paham GPRP (Gas Pol Rem Pol)

Dengan cara yg santun, ternyata dapat menghemat BBM 20%-30%

Mulai saat ini, saya mau tobat dari gaya brutal tersebut :e-wall:

Mohon dukungan dari santier yaa....semoga lekas insyaf :upss:
oya....ada update tambahan dikit... tadi sore cek dipstick, olinya agak berkurang, mungkin sekitar 0.5 - 0.75 Liter
Yang saya lupa, total selama 3 hari, saya jalanin santi 1000Km an
Jumat 26 Juni 2009, bawa santi dari semarang ke mojokerto plus muter2 bentar di Solo, total kira-kira 400an KM --> nyetirnya masih brutal
Sabtu 27 Juni 2009, bawa santi muter2 mojokerto-surabaya dalkot, kira2 200an KM --> nyetir campur aduk, brutal dan sopan
Minggu 28 Juni 2009, perjalanan edan, 435 Km -- gaya nyetir santun dan eco-driving

Total 3 hari, santi diajak marathon 1035 Km :frm_tumbright:

Odometer dari terakhir ganti Oli menunjukkan 2500an KM, tadi sore cek, oli berkurang dikit
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
andra
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 497
Joined: Thu Aug 24, 2006 4:25

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by andra »

Waduh, Bro Imsus mo tobat neh?
Sayang, saya belum bisa tobat tuh :big_weee: secara kl pake sopir mubazir, karena kl saya pake mobilnya jaraknya deket2 aja tuh dari Bintaro ke Pondok Indah tiap hari, paling sesekali ke daerah panglima polim ato blok m.
Sayang Santi nya kl diajak jalan pelan, nanti pas ngebut keburu ngambek :big_peace:
Image
Fly Like a Bird
benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1240
Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by benzz89 »

[quote="imsus2c
betul bro...
butuh komitment yang sangat besar (at least buat saya sendiri) untuk konsekuen eco-driving :e-think:
selepas touring gila itu, saya sampe perlu tempelin koyo ke pergelangan kaki kanan....pegel sekali rasanya...
kalo orang bilang, nyetir mobil M/T bisa bikin pegel kaki kiri, nah ini saya kebalikannya.... nyetir eco driving pake santi, bener2 bikin kaki kanan pegel habisss.... maklum, selalu nahan gas separo atau sepertiga... :e-wall:[/quote]

Betul2 buat saya tertawa nih Bro Imsus :mrgreen: kata orang jawa sih masih untung cuma di tempelin koyo doang di pergelangan kaki kanan belum sampe di gips karena keram :big_weee:

Tul kan spt saya bilang, malah jadi sengsara eco driving dgn si santi :drinking:

Option-nya adalah brutal or using driver. That's it ! :big_peace:

Kalau saya sih pilih SBY ehhh salah maksudnya pilih brutal :mrgreen: maklum nih mo pilpress jadi sensi :upss:
inoz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 966
Joined: Fri Jan 12, 2007 11:17
Location: Purwakarta

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by inoz »

wah aku gak mau ketinggalan mo report juga

kmarin slasa aku jln dr pwkt padalarang cianjur sukabumi lwt jalan biasa, macet dan lancar
pas brangkat mobi,l diisi 4 org dewasa, pas jalan weah kwn kantorku pada ngeri abis nyopirnya keencenggg, ampe merka bilang aduh baru neh takut naik mobil, yaaa santi khan enak klo pelan kaki bisa sakit
jaln naik turun dan berliku labas trus
brangkat jam 7 sampe di sukabumi jam 10 yaaa agak lama sebab lewat jalan biasa yg rame dan sempit, tapi salip semua mobil walo jalan sempit dan gak mikirin BBM
pulang juga gitu dari sukabumi balik ke cianjur lalu lewat puncak trsu ke bogor mampir dolo ke tempat temen

pas pulang kawan minta gantiin nyopir, dia bilang wahhh santi ini enek tenan, dia malah ngajak speeding spt yg gw lakukan, biasa khan dia suka sopan banget klo nyopir, abis enak banget sih dan capek kaki klo pelan2

makanya bro imsus jgn tobat deh speeding, nyesel looo gak bisa nikmati enanknya santi
BBM mah gak apa2 yg penting happy
dengangayaku nyopir FC masih dapetlah 1 : 9 klo gak yaaa 1 : 8, masih lumayan tapi hati puas haaa....
:big_peace:
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by imsus2c »

wah...lumayan juga nih sharing gaya nyetir...

ternyata rata2 santier termasuk penganut driving gaya brutal dan GPRP ya? :upss:

btw, sore ini, saya sekalian nitip absen...ada tugas luar kota lagi.

sekalian mo improvisasi gaya nyetir santun lagi... :ungg:

rencananya sore nanti mo bawa santi, langsung dari mojokerto ke solo, besoknya (sabtu) ke semarang, minggu sepannya (senin), semarang - solo PP,

dah kelihatan mata sampe selasa depan, odo-nya santi bakal nambah minimum 600KM lagi :e-think:
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
Kuruma
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 539
Joined: Fri Aug 22, 2008 8:31

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by Kuruma »

Wah Bro Imsus, jalan mlulu nich....hati2 dijalan bro....!!
tapi berdasarkan pengalaman, butuh usaha dan kerja keras untuk merubah kebiasaan itu....apalagi santinya bro imsus dikenal gaharrrr.....!! :e-whistle: :e-whistle:
inoz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 966
Joined: Fri Jan 12, 2007 11:17
Location: Purwakarta

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by inoz »

betul bro kuruma
klo kebiasaan mah pasti susah rubahnya
ane kmarin dikejar setan abis tiba2 hr sabtu ada meeting di knt padahal dah janjian ama anak2 mo nonton transformer jam 12 wah jam 11 kebut boy ke bdg takut telat, wah masih keburu telat dikit, yaa gitu di jalan lalap abis tuh boil2 yg lagi rame lancar
ueenaaakkk kok santi itu
tapi mesti hati2 sebab remnya tapi asal waspada aja aman aja kok
peace
pada kemana neh abis nyontreng ????
:big_peace: