Evie = Ford Everest....pastinya Evie mantan marketing.. bukit / gunungnya juga tinggi? wah sudah malam jadi ngelantur..yohanes69 wrote:Sorry ya.. tapi yang di sebut2 evie, CRV ya?wishmaster wrote:hmm... kayaknya 11-12 deh boss, tp gue lebih seneng PS, secara dia matic, hare gene pake manual, hehehe...Welly2008 wrote: Btw, PS dibanding Evie utk tarikan mesinnya enak mana ya...![]()
Setiap kali baca Evie2, saya ingat mantan marketing ktr yg suka mengoda, Evie juga namanya.
Penjualan SUV makin galak, Pajero Sport langsung ke no.3
Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2610
- Joined: Sat Apr 14, 2007 15:01
- Location: Kemanggisan, Jakarta Barat
Re: Mitsubishi Pajero Sport Siap Mengamuk
Dari Solo ke Oslo


Re: Mitsubishi Pajero Sport Siap Mengamuk
Betul itu review dgn mesin2 setingkat di atas, tapi saya hanya ingin point out kepada si adimirecp bahwa memilih mobil hanya liat merek saja itu rada ngawur...DNA/roh Mitsubishi begini...DNA/roh Toyota begini. Buktinya di review Bangkok Post Fortuner 3.0 menang tarikan dan handling dari Pajero Sport 3.2...tapi katanya lebih nyaman Pajero Sport. Suspensionnya kan begitu2 aja. Kan tidak sesuai bgt dgn teori "pukul rata" nya si poster yg ini - yg intinya kalo "mau handling/reliability otomatis pilih Mitsubishi, kalo mau kuat resale tapi mungkin tidak enjoy mobilnya otomatis pilih Toyota...sesederhana itu" Oversimplification dan uneducated decision making.yohanes69 wrote:Enjoyed reading the Bangkok post article. Tapi mungkin yang di Thailand dan Indo cukup beda. Interior dan mesin beda juga. Yang Fortuner Diesel kalau gak salah gak ada lis kayu, jok kulit, Electronic Stability control dan brake assist. Gak tahu apakah ada ABS dan EDS??? Electronic Stability Control dan Brake assist ada gak ya untuk yang fortuner solar?
Kalau Yang PS lokal jok kulit dan lis Kayu. Dan mesin untuk PS and Fortuner jauh lebih lemah dari pada yang di review. Saya gak tahu tentang roh, saya hanya tahu kalau fortuner solar yang lokal belum ada matic dan tenaga sangat kurang. Bentuk saya lebih suka fortuner tapi saya beli PS karena menurut saya cukup good value.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2647
- Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23
Re: Mitsubishi Pajero Sport Siap Mengamuk
Halo semuanya,
saya baru di sini. gara² nyari info seputar Pajero Sport saya nemu forum ini kemaren. karena bahasannya menarik, hari ini kerjaan saya cuman membaca thread ini dari hal 1 sampe hal terakhir.
terima kasih banyak atas ulasan²nya yang enak dibaca dan fresh dari orang pertama. banyak istilah², singkatan² dan informasi² baru yang saya dapat dari thread ini.
saya kebetulan sukanya mobil-mobil jip (cuman sekadar suka, kalo punya sih belom
) dan mau tanya seputar Pajero Sport. kira-kira alasan apa ya yang bikin pajero menggunakan rem drum buat roda belakangnya? adakah faktor dari sisi teknis yang menjadi alasan? seperti misalnya rem jenis ini cocok buat mobil sejenis pajero sport? saya newbie di masalah ini, cuman yang saya perhatikan mobil-mobil keluaran eropa pada umumnya menggunakan rem jenis disc buat roda² depan dan belakang. buat saya yang ga tau detail mobil² jenis pajero sport ini, dengan harga plus minus 400 juta masih pake rem drum agak aneh buat saya (tapi ternyata tadi saya cek fortuner juga serupa). mohon penjelesannya. dibenak saya sebelumnya, mobil² di atas 300 jt semuanya memakai jenis rem disc untuk kesemua rodanya.
terima kasih sebelumnya atas jawabannya, mohon maaf kalo salah thread atau ternyata sudah pernah dibahas (di thread lain).
Salam
saya baru di sini. gara² nyari info seputar Pajero Sport saya nemu forum ini kemaren. karena bahasannya menarik, hari ini kerjaan saya cuman membaca thread ini dari hal 1 sampe hal terakhir.

terima kasih banyak atas ulasan²nya yang enak dibaca dan fresh dari orang pertama. banyak istilah², singkatan² dan informasi² baru yang saya dapat dari thread ini.

saya kebetulan sukanya mobil-mobil jip (cuman sekadar suka, kalo punya sih belom

terima kasih sebelumnya atas jawabannya, mohon maaf kalo salah thread atau ternyata sudah pernah dibahas (di thread lain).
Salam
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1865
- Joined: Tue Jun 24, 2008 13:48
- Location: EternaGTi'91&Pajero'97
Re: Mitsubishi Pajero Sport Siap Mengamuk
selamat datang dan selamat bergabung di SM om zweifellos.. saya juga suka forum SM ini karena banyak istilah2 yang ngga ngerti tapi kalo kita nanya juga dijelaskan.. memandang sebuah mobil dari segala macam sisi ngga cuma teknis aja, jadi membuka wawasan dan cara berpikir saya..
saya ngga tau kenapa alasannya PS dan fortuner pake rem belakang drum. kalo dibilang rem drum cocok untuk mobil sejenis PS ya ngga juga karena abangnya pajero beneran gen 2 udah pake disc brake, double malah disc dan drum untuk rem belakang tapi drumnya khusus dipake untuk rem tangan.. ga tau ya kalo yg gen 1
saya ngga tau kenapa alasannya PS dan fortuner pake rem belakang drum. kalo dibilang rem drum cocok untuk mobil sejenis PS ya ngga juga karena abangnya pajero beneran gen 2 udah pake disc brake, double malah disc dan drum untuk rem belakang tapi drumnya khusus dipake untuk rem tangan.. ga tau ya kalo yg gen 1
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 33
- Joined: Fri Jul 16, 2004 2:47
- Location: Medan
Re: Mitsubishi Pajero Sport Siap Mengamuk
SMers sekalian
Saya sebelumnya adalah pengguna Fortie 2.5 telah berpindah hati ke PS dengan perimbangan matang (beberapa posting saya disini Fortie).
Begitu launching di Medan tanggal 20 Jun 09, besoknya 21 Juni si Pajero telah ada di garasi (kebetulan dah inden lama dan dah ikuti cerita nih mobil cukup lama)
Beberapa keunggulan diantaranya yang sangat berbeda diantaranya :
Max HP 136/3500 (Fortuner 102/3600)
Max Torque 32.0/200 (Fortuner 26.5/2400)
Transmisi AT dgn sport mode-manual (Fortuner - manual)
Jok kulit (Fortuner - fabric)
Tenaganya luar biasanya dan sgt responsif
Kabin depan lebih luas di bandingkan Fortie bahkan untuk kabin plg belakang lebih panjang 10 cm.
Sistim pelipatan kursi kedepan juga sgt menguntungkan.
Central lock ada kok bro, cuma di tombolnya supir..
Satu yang membuat saya putuskan masalah pengereman di Fortie yang pernah membuat kejadian yg hampir fatal , daya pengereman hilang tiba-tiba pada kecepatan tinggi..
Model masih fresh betul ...saya rekomendasi nih model untuk dimiliki...
Besok2 gua upload fotonya dg minimal modif..

Saya sebelumnya adalah pengguna Fortie 2.5 telah berpindah hati ke PS dengan perimbangan matang (beberapa posting saya disini Fortie).
Begitu launching di Medan tanggal 20 Jun 09, besoknya 21 Juni si Pajero telah ada di garasi (kebetulan dah inden lama dan dah ikuti cerita nih mobil cukup lama)
Beberapa keunggulan diantaranya yang sangat berbeda diantaranya :
Max HP 136/3500 (Fortuner 102/3600)
Max Torque 32.0/200 (Fortuner 26.5/2400)
Transmisi AT dgn sport mode-manual (Fortuner - manual)
Jok kulit (Fortuner - fabric)
Tenaganya luar biasanya dan sgt responsif
Kabin depan lebih luas di bandingkan Fortie bahkan untuk kabin plg belakang lebih panjang 10 cm.
Sistim pelipatan kursi kedepan juga sgt menguntungkan.
Central lock ada kok bro, cuma di tombolnya supir..
Satu yang membuat saya putuskan masalah pengereman di Fortie yang pernah membuat kejadian yg hampir fatal , daya pengereman hilang tiba-tiba pada kecepatan tinggi..

Model masih fresh betul ...saya rekomendasi nih model untuk dimiliki...
Besok2 gua upload fotonya dg minimal modif..

-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 16497
- Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24
Re: Mitsubishi Pajero Sport Siap Mengamuk
Kalo untuk mobil sejenis fortuner dan pajero sport yang menggunakan ladder frame dan berpenggerak roda belakang, berat kosong kendaraannya itu mencapai kurang lebih 2 ton.zweifellos wrote:Halo semuanya,
saya baru di sini. gara² nyari info seputar Pajero Sport saya nemu forum ini kemaren. karena bahasannya menarik, hari ini kerjaan saya cuman membaca thread ini dari hal 1 sampe hal terakhir.![]()
terima kasih banyak atas ulasan²nya yang enak dibaca dan fresh dari orang pertama. banyak istilah², singkatan² dan informasi² baru yang saya dapat dari thread ini.![]()
saya kebetulan sukanya mobil-mobil jip (cuman sekadar suka, kalo punya sih belom) dan mau tanya seputar Pajero Sport. kira-kira alasan apa ya yang bikin pajero menggunakan rem drum buat roda belakangnya? adakah faktor dari sisi teknis yang menjadi alasan? seperti misalnya rem jenis ini cocok buat mobil sejenis pajero sport? saya newbie di masalah ini, cuman yang saya perhatikan mobil-mobil keluaran eropa pada umumnya menggunakan rem jenis disc buat roda² depan dan belakang. buat saya yang ga tau detail mobil² jenis pajero sport ini, dengan harga plus minus 400 juta masih pake rem drum agak aneh buat saya (tapi ternyata tadi saya cek fortuner juga serupa). mohon penjelesannya. dibenak saya sebelumnya, mobil² di atas 300 jt semuanya memakai jenis rem disc untuk kesemua rodanya.
terima kasih sebelumnya atas jawabannya, mohon maaf kalo salah thread atau ternyata sudah pernah dibahas (di thread lain).
Salam
Jadi bukan karena pabrikannya pelit atau gimana, melainkan karena drum brake itu lebih andal untuk memberhentikan beban berat.
Coba bro perhatikan bus & truk yg bebannya sangat berat itu semuanya pada pake drum brake, gak ada yang pake disc brake.
Disc brake itu memang lebih pakem tetapi tidak tahan beban yang terlalu berat karena remnya akan kelewat panas.
Sedangkan drum brake itu kurang pakem tetapi lebih tahan terhadap beban berat.
IMHO & CMIIW yah


-
- Visitor
- Posts: 7
- Joined: Sat Jul 04, 2009 4:05
Re: Mitsubishi Pajero Sport Siap Mengamuk
[quote="Dr.G"]
Central lock ada kok bro, cuma di tombolnya supir..
Satu yang membuat saya putuskan masalah pengereman di Fortie yang pernah membuat kejadian yg hampir fatal , daya pengereman hilang tiba-tiba pada kecepatan tinggi..
mengenai pengereman di fortie, saya juga sempat merasakan kejadian yg sama, tiba - tiba loss, sampai sempat panik
central lock, maksudnya yg di atas tuas untuk membuka pintu ya bro ?
[quote="Hansen"]
Kalo untuk mobil sejenis fortuner dan pajero sport yang menggunakan ladder frame dan berpenggerak roda belakang, berat kosong kendaraannya itu mencapai kurang lebih 2 ton.
Jadi bukan karena pabrikannya pelit atau gimana, melainkan karena drum brake itu lebih andal untuk memberhentikan beban berat.
Coba bro perhatikan bus & truk yg bebannya sangat berat itu semuanya pada pake drum brake, gak ada yang pake disc brake.
Disc brake itu memang lebih pakem tetapi tidak tahan beban yang terlalu berat karena remnya akan kelewat panas.
Sedangkan drum brake itu kurang pakem tetapi lebih tahan terhadap beban berat.
wah mantap deh penjelasan dari bro hansen, sepertinya beliau ini sangat mengerti didunia otomotif

Central lock ada kok bro, cuma di tombolnya supir..
Satu yang membuat saya putuskan masalah pengereman di Fortie yang pernah membuat kejadian yg hampir fatal , daya pengereman hilang tiba-tiba pada kecepatan tinggi..

mengenai pengereman di fortie, saya juga sempat merasakan kejadian yg sama, tiba - tiba loss, sampai sempat panik

central lock, maksudnya yg di atas tuas untuk membuka pintu ya bro ?
[quote="Hansen"]
Kalo untuk mobil sejenis fortuner dan pajero sport yang menggunakan ladder frame dan berpenggerak roda belakang, berat kosong kendaraannya itu mencapai kurang lebih 2 ton.
Jadi bukan karena pabrikannya pelit atau gimana, melainkan karena drum brake itu lebih andal untuk memberhentikan beban berat.
Coba bro perhatikan bus & truk yg bebannya sangat berat itu semuanya pada pake drum brake, gak ada yang pake disc brake.
Disc brake itu memang lebih pakem tetapi tidak tahan beban yang terlalu berat karena remnya akan kelewat panas.
Sedangkan drum brake itu kurang pakem tetapi lebih tahan terhadap beban berat.
wah mantap deh penjelasan dari bro hansen, sepertinya beliau ini sangat mengerti didunia otomotif



-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 28
- Joined: Tue Jul 14, 2009 14:39
Re: Mitsubishi Pajero Sport Siap Mengamuk
Thanks ya pak Hansen untuk penjelasannya. Tapi yang saya gak ngerti, bukankah Pajero lebih berat dari pada PS? Dan ada berapa SUV yang juah lebih berat dari pada PS, yang tetap pakai Disc Brake? Drum memang benar biasanya untuk truck, tapi rasanya PS mungkin masih lebih cocok dengan disc brake kali. IMHO aja.Hansen wrote:Kalo untuk mobil sejenis fortuner dan pajero sport yang menggunakan ladder frame dan berpenggerak roda belakang, berat kosong kendaraannya itu mencapai kurang lebih 2 ton.zweifellos wrote:Halo semuanya,
saya baru di sini. gara² nyari info seputar Pajero Sport saya nemu forum ini kemaren. karena bahasannya menarik, hari ini kerjaan saya cuman membaca thread ini dari hal 1 sampe hal terakhir.![]()
terima kasih banyak atas ulasan²nya yang enak dibaca dan fresh dari orang pertama. banyak istilah², singkatan² dan informasi² baru yang saya dapat dari thread ini.![]()
saya kebetulan sukanya mobil-mobil jip (cuman sekadar suka, kalo punya sih belom) dan mau tanya seputar Pajero Sport. kira-kira alasan apa ya yang bikin pajero menggunakan rem drum buat roda belakangnya? adakah faktor dari sisi teknis yang menjadi alasan? seperti misalnya rem jenis ini cocok buat mobil sejenis pajero sport? saya newbie di masalah ini, cuman yang saya perhatikan mobil-mobil keluaran eropa pada umumnya menggunakan rem jenis disc buat roda² depan dan belakang. buat saya yang ga tau detail mobil² jenis pajero sport ini, dengan harga plus minus 400 juta masih pake rem drum agak aneh buat saya (tapi ternyata tadi saya cek fortuner juga serupa). mohon penjelesannya. dibenak saya sebelumnya, mobil² di atas 300 jt semuanya memakai jenis rem disc untuk kesemua rodanya.
terima kasih sebelumnya atas jawabannya, mohon maaf kalo salah thread atau ternyata sudah pernah dibahas (di thread lain).
Salam
Jadi bukan karena pabrikannya pelit atau gimana, melainkan karena drum brake itu lebih andal untuk memberhentikan beban berat.
Coba bro perhatikan bus & truk yg bebannya sangat berat itu semuanya pada pake drum brake, gak ada yang pake disc brake.
Disc brake itu memang lebih pakem tetapi tidak tahan beban yang terlalu berat karena remnya akan kelewat panas.
Sedangkan drum brake itu kurang pakem tetapi lebih tahan terhadap beban berat.
IMHO & CMIIW yah
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 83
- Joined: Fri Jun 12, 2009 11:17
Re: Mitsubishi Pajero Sport Siap Mengamuk
just info,harga rem disk memang lebih mahal dari pada rem drum/teromol,tetapi bukan berarti rem cakram lebih pakem 100 %.Yg lebih bener rem disk lebih cepat membuang panas dan karena sistem rem cakram yg terkesan lebih canggih dari teromol ( ini juga yg menimbulkan image rem cakram lebih pakem ketimbang teromol ) maka biasanya untuk tidak tanggung2 biasanya pabrikan juga menambah "bumbu" pada rem tsb spt ABS (menyamakan fungsi rem teromol yg tidak mengunci ban jika di rem pada kecepatan tinggi),EBD dan BA yg sudah lumayan jamak kita ketahui.Untuk Juga diketahui kalau rem teromol itu lebih efektif membuang air ketimbang rem cakram,sehingga jika mobil melindas genangan air atauu banjir yg lebih efektif bekerja sebenarnya rem teromol bukan rem cakram.
mode sok tahu : ON
mode sok tahu : ON

-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 83
- Joined: Fri Jun 12, 2009 11:17
Re: Mitsubishi Pajero Sport Siap Mengamuk
tambahan lagi : jika pabrikan tidak memberi rem cakram pada roda belakang,salah satunya memang untuk menghemat biaya ( diluar konstruksi/rancangan/design yg memang tidak menyediakan tempat rem cakram pada bagian roda belakang mobilnya ).dan jika dipertimbangkan untuk mobil on road/aspal mungkin lebih ok jika belakang juga rem cakram,namun jika dikombinasi ke off road,maka untuk off road lebih enak jika belakang tetap menggunakan teromol.( ini juga untuk mengubah persepsi,mobil yg punya kecepatan tinggi spt SUV modis,selayaknya pakai rem cakram juga dibelakang,dan SUV "gembrot" yg tidak bisa lari spt fortuner dan pajero sport tuk tetap menggunakan teromol di belakang ) .
Mode sok tahu : masih ON
Mode sok tahu : masih ON

-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 83
- Joined: Fri Jun 12, 2009 11:17
Re: Mitsubishi Pajero Sport Siap Mengamuk
tambah lagi neh : rem cakram lebih efektif di pakai di mobil yg mempunyai speed tinggi,karena pada saat mobil di rem pada kecepatan tinggi maka rem menjadi sangat panas/suhu tinggi/suhu tidak stabil dan hal ini bisa diatasi rem cakram dgn cepat ketimbang teromol dan karena konstruksi tromol dibandingkan cakram maka tromol melepas panas lebih lama ( kelemahan teromol ) maka rem menjadi kurang efektif dan tentunya berbahaya pada kecepatan tinggi.
mode sok tahu : di OFF

mode sok tahu : di OFF


-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8765
- Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
- Location: +6261
- Daily Vehicle: just a bike
Re: Mitsubishi Pajero Sport Siap Mengamuk
rem cakram yg besar, pasti lebih mahal dibanding teromol..mungkin aja salah satu trick utk menekan harga jual, sehingga mobil dimaksud cukup pake teromol..
sotoy mode = On..

sotoy mode = On..

-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 28
- Joined: Tue Jul 14, 2009 14:39
Re: Mitsubishi Pajero Sport Siap Mengamuk
Sekedar Info: Fortuner dijual hanya di 3rd world countries, atau negara belum berkembang. Kalau Pajero sport akan dijual di Australia & New Zeland tahun depan, tapi namanya di ganti Challenger.Dr.G wrote:SMers sekalian
Saya sebelumnya adalah pengguna Fortie 2.5 telah berpindah hati ke PS dengan perimbangan matang (beberapa posting saya disini Fortie).
Begitu launching di Medan tanggal 20 Jun 09, besoknya 21 Juni si Pajero telah ada di garasi (kebetulan dah inden lama dan dah ikuti cerita nih mobil cukup lama)
Beberapa keunggulan diantaranya yang sangat berbeda diantaranya :
Max HP 136/3500 (Fortuner 102/3600)
Max Torque 32.0/200 (Fortuner 26.5/2400)
Transmisi AT dgn sport mode-manual (Fortuner - manual)
Jok kulit (Fortuner - fabric)
Tenaganya luar biasanya dan sgt responsif
Kabin depan lebih luas di bandingkan Fortie bahkan untuk kabin plg belakang lebih panjang 10 cm.
Sistim pelipatan kursi kedepan juga sgt menguntungkan.
Central lock ada kok bro, cuma di tombolnya supir..
Satu yang membuat saya putuskan masalah pengereman di Fortie yang pernah membuat kejadian yg hampir fatal , daya pengereman hilang tiba-tiba pada kecepatan tinggi..![]()
Model masih fresh betul ...saya rekomendasi nih model untuk dimiliki...
Besok2 gua upload fotonya dg minimal modif..
http://www.themotorreport.com.au/37657/ ... next-year/
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: Mitsubishi Pajero Sport Siap Mengamuk
hm... kalo ane lihat di web site mitsubishi motors ozi dan nz, gak ada challenger...yohanes69 wrote:
Sekedar Info: Fortuner dijual hanya di 3rd world countries, atau negara belum berkembang. Kalau Pajero sport akan dijual di Australia & New Zeland tahun depan, tapi namanya di ganti Challenger.
http://www.themotorreport.com.au/37657/ ... next-year/
di beberapa negara yang jual outlander, gak jual PS.... mungkin ane salah. tolong dibenerin..
padahal kalo ane lihat, outlander dan PS memiliki perbedaan.. yang satu monokok, yang satu lagi ladder frame chassis.. yang satu gak ada low gear, yang satu ada low gear.
kalo fortuner, ane kurang tahu apakah cuman dijual di negara berkembang. karena fortie ini deket dengan prado.. bahkan mesin fortie yang 2.7VVTI diambil dari prado.
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Re: Mitsubishi Pajero Sport Siap Mengamuk
target market PS dan fortuner, kurang lebih sama.
IMO,
kenapa pake rem tromol, hanya untuk lebih efektif nahan kendaraan yg berbobot relatif berat di posisi berhenti, misal bus/tronton stop di tanjakan/turunan tajam. Kalo selain di mobil bus / truk tadi, aplikasi tromol bukan berarti karena discbrake kalah dari tromol.
Discbrake lebih unggul dari tromol buat mobil2 pribadi, paling tidak dari segi :
lebih mudah "kering" dan bersih;
lebih cepet buang panas;
sifat "self adjust" permanan yg membuat lebih balance & presisi karena mekanismenya, tidak cenderung "narik" sebelah.
Maka dari itu untuk roda depan mobil pribadi sekarang yg memperhitungkan kontrol/handling kendaraan, tidak bisa tidak, kudu pake discbrake. Or kalo pake tromol cenderung kalah balance biar disetel gimana pun juga drpd discbrake, terutama di panic braking. contoh : kijang super model 4speed tromol (& mobil2 lain umumnya yg tromol di depan), mau disetel (manual adjust) gimana pun, kurang balance antara kiri-kanan di panic braking. kalo pun bisa, setelan itu ga bersifat permanen, umumnya cenderung "narik" sebelah lagi.
IMO,
kenapa pake rem tromol, hanya untuk lebih efektif nahan kendaraan yg berbobot relatif berat di posisi berhenti, misal bus/tronton stop di tanjakan/turunan tajam. Kalo selain di mobil bus / truk tadi, aplikasi tromol bukan berarti karena discbrake kalah dari tromol.
Discbrake lebih unggul dari tromol buat mobil2 pribadi, paling tidak dari segi :
lebih mudah "kering" dan bersih;
lebih cepet buang panas;
sifat "self adjust" permanan yg membuat lebih balance & presisi karena mekanismenya, tidak cenderung "narik" sebelah.
Maka dari itu untuk roda depan mobil pribadi sekarang yg memperhitungkan kontrol/handling kendaraan, tidak bisa tidak, kudu pake discbrake. Or kalo pake tromol cenderung kalah balance biar disetel gimana pun juga drpd discbrake, terutama di panic braking. contoh : kijang super model 4speed tromol (& mobil2 lain umumnya yg tromol di depan), mau disetel (manual adjust) gimana pun, kurang balance antara kiri-kanan di panic braking. kalo pun bisa, setelan itu ga bersifat permanen, umumnya cenderung "narik" sebelah lagi.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 221
- Joined: Sat Jun 20, 2009 7:48
Re: Mitsubishi Pajero Sport Siap Mengamuk
Sekedar nambahin infonya mas Yohanes.. Mitsubishi Challenger emang udah masuk Oz mungkin dr tahun 2000an .. Mobilnya sendiri sudah pertama produksi dr thn 96. http://en.wikipedia.org/wiki/Mitsubishi_Challengeryohanes69 wrote:Sekedar Info: Fortuner dijual hanya di 3rd world countries, atau negara belum berkembang. Kalau Pajero sport akan dijual di Australia & New Zeland tahun depan, tapi namanya di ganti Challenger.[/size]
http://www.themotorreport.com.au/37657/ ... next-year/
Mngkin krn ini:maskopat wrote:hm... kalo ane lihat di web site mitsubishi motors ozi dan nz, gak ada challenger...di beberapa negara yang jual outlander, gak jual PS.... mungkin ane salah. tolong dibenerin..padahal kalo ane lihat, outlander dan PS memiliki perbedaan.. yang satu monokok, yang satu lagi ladder frame chassis.. yang satu gak ada low gear, yang satu ada low gear.
It is no longer available in many markets, being discontinued in Japan in 2003, in North America in 2004 (where it was superseded by the Endeavor),[4] and central and western Europe in 2008.[5]
Kalo yg produksi thn 2000-2005 di Aus dapet 4/5 stars... http://www.productreview.com.au/showite ... em_id=1004
Ini sekedar tambahan Review PS (aka MS) dr web negara tetangga;
- http://www.autoindustriya.com/tested/id/144/
- http://www.philstar.com/Article.aspx?articleId=451629
Re: Mitsubishi Pajero Sport Siap Mengamuk
Betul, tapi Hilux yg = Fortuner tanpa kursi penumpang dan per daun, di jual dimana mana (Eropa, Australia, NZ). Mesin2 Fortuner di pakai di Hilux, Prado, Hiace, FJ Cruiser, 4Runner. Matic + 4WD Fortuner = Matic + 4WD Prado.yohanes69 wrote:Sekedar Info: Fortuner dijual hanya di 3rd world countries, atau negara belum berkembang. Kalau Pajero sport akan dijual di Australia & New Zeland tahun depan, tapi namanya di ganti Challenger.
Euro-spec Hilux

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Re: Mitsubishi Pajero Sport Siap Mengamuk
bukannya pasar euro = mesin hilux yg D4D 3.0 yah bro?
Re: Mitsubishi Pajero Sport Siap Mengamuk
http://cgi.ebay.co.uk/ws/eBayISAPI.dll? ... 0223707925GTR wrote:bukannya pasar euro = mesin hilux yg D4D 3.0 yah bro?
Ada kok 2.5nya diInggris. http://www.toyota.co.uk/cgi-bin/toyota/ ... me=HL3_HL2
Mesin Fortuner kan ada 4...2.5 D4D, 2.7 VVTi, 3.0 D4D, 4.0 V6 VVTi. All global engines. Karena pak yohanes ngobrol internasional, jadi seluruh versi Fortuner boleh ikut dong

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Re: Mitsubishi Pajero Sport Siap Mengamuk
siip, thanx infonya...FortunerMan wrote:http://cgi.ebay.co.uk/ws/eBayISAPI.dll? ... 0223707925GTR wrote:bukannya pasar euro = mesin hilux yg D4D 3.0 yah bro?
Ada kok 2.5nya diInggris. http://www.toyota.co.uk/cgi-bin/toyota/ ... me=HL3_HL2
Mesin Fortuner kan ada 4...2.5 D4D, 2.7 VVTi, 3.0 D4D, 4.0 V6 VVTi. All global engines. Karena pak yohanes ngobrol internasional, jadi seluruh versi Fortuner boleh ikut dong
oot, buat eropa, apa aplikasi mesin seri TR-FE juga.. apa di prado nya eropa yah?
Re: Mitsubishi Pajero Sport Siap Mengamuk
Prado Eropa pakenya 3.0 D4D atau 4.0 V6. 2TR-FE...pakenya di Prado Middle East, mereka dapetnya 2.7 atau 4.0. Namanya juga bensin tinggal sedot.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Re: Mitsubishi Pajero Sport Siap Mengamuk
bro, spec mesin D4D hilux 2.5 eropa itu 120ps, harusnya ini pake intercooler. tapi disitu RAV4 diesel yg jauh lebih mahal road tax nya masih lebih rendah, apa related angka2 emisi CO2 di web itu yah, eropa memang ketat.FortunerMan wrote:Ada kok 2.5nya diInggris. http://www.toyota.co.uk/cgi-bin/toyota/ ... me=HL3_HL2GTR wrote:bukannya pasar euro = mesin hilux yg D4D 3.0 yah bro?
intercooler ini bisa sekaligus jawaban modifikasi atas keluhan bro wishmaster di thread ini? :
http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... 12&t=11463.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 94
- Joined: Sun Mar 05, 2006 13:21
- Location: Medan
Re: Mitsubishi Pajero Sport Siap Mengamuk
mantap reviewnya.Dr.G wrote:SMers sekalian
Saya sebelumnya adalah pengguna Fortie 2.5 telah berpindah hati ke PS dengan perimbangan matang (beberapa posting saya disini Fortie).
Begitu launching di Medan tanggal 20 Jun 09, besoknya 21 Juni si Pajero telah ada di garasi (kebetulan dah inden lama dan dah ikuti cerita nih mobil cukup lama)
Beberapa keunggulan diantaranya yang sangat berbeda diantaranya :
Max HP 136/3500 (Fortuner 102/3600)
Max Torque 32.0/200 (Fortuner 26.5/2400)
Transmisi AT dgn sport mode-manual (Fortuner - manual)
Jok kulit (Fortuner - fabric)
Tenaganya luar biasanya dan sgt responsif
Kabin depan lebih luas di bandingkan Fortie bahkan untuk kabin plg belakang lebih panjang 10 cm.
Sistim pelipatan kursi kedepan juga sgt menguntungkan.
Central lock ada kok bro, cuma di tombolnya supir..
Satu yang membuat saya putuskan masalah pengereman di Fortie yang pernah membuat kejadian yg hampir fatal , daya pengereman hilang tiba-tiba pada kecepatan tinggi..![]()
Model masih fresh betul ...saya rekomendasi nih model untuk dimiliki...
Besok2 gua upload fotonya dg minimal modif..
ditunggu fotonya yg modif.
oya, konsumsi bbm berapa dalam kota dan luar kota ?
Re: Mitsubishi Pajero Sport Siap Mengamuk
Ya memang di spekdown ama TAMGTR wrote:bro, spec mesin D4D hilux 2.5 eropa itu 120ps, harusnya ini pake intercooler. tapi disitu RAV4 diesel yg jauh lebih mahal road tax nya masih lebih rendah, apa related angka2 emisi CO2 di web itu yah, eropa memang ketat.FortunerMan wrote:Ada kok 2.5nya diInggris. http://www.toyota.co.uk/cgi-bin/toyota/ ... me=HL3_HL2GTR wrote:bukannya pasar euro = mesin hilux yg D4D 3.0 yah bro?
intercooler ini bisa sekaligus jawaban modifikasi atas keluhan bro wishmaster di thread ini? :
http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... 12&t=11463.

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2647
- Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23
Re: Mitsubishi Pajero Sport Siap Mengamuk
terima kasih om gmx. memang banyak sekali istilah-istilah yang saya ngertinya di sini. awalnya rada bingung baca post² di thread ini, tapi smakin di baca semakin mengerti.gmx wrote:selamat datang dan selamat bergabung di SM om zweifellos.. saya juga suka forum SM ini karena banyak istilah2 yang ngga ngerti tapi kalo kita nanya juga dijelaskan.. memandang sebuah mobil dari segala macam sisi ngga cuma teknis aja, jadi membuka wawasan dan cara berpikir saya..
saya ngga tau kenapa alasannya PS dan fortuner pake rem belakang drum. kalo dibilang rem drum cocok untuk mobil sejenis PS ya ngga juga karena abangnya pajero beneran gen 2 udah pake disc brake, double malah disc dan drum untuk rem belakang tapi drumnya khusus dipake untuk rem tangan.. ga tau ya kalo yg gen 1

ah, nambah pengetahuan lagi ini. awalnya saya kira murni karena faktor ekonomis tapi setelah baca-baca post² jawaban di sini semamakin membuka wawasan akan perbedaan antra rem disc dan drum. thanks om hansen.Hansen wrote:Kalo untuk mobil sejenis fortuner dan pajero sport yang menggunakan ladder frame dan berpenggerak roda belakang, berat kosong kendaraannya itu mencapai kurang lebih 2 ton.
Jadi bukan karena pabrikannya pelit atau gimana, melainkan karena drum brake itu lebih andal untuk memberhentikan beban berat.
Coba bro perhatikan bus & truk yg bebannya sangat berat itu semuanya pada pake drum brake, gak ada yang pake disc brake.
Disc brake itu memang lebih pakem tetapi tidak tahan beban yang terlalu berat karena remnya akan kelewat panas.
Sedangkan drum brake itu kurang pakem tetapi lebih tahan terhadap beban berat.
IMHO & CMIIW yah
mantap ulasan om plat jakarta ini termasuk ulasan² tambahannya.B 1978 wrote:tambah lagi neh : rem cakram lebih efektif di pakai di mobil yg mempunyai speed tinggi,karena pada saat mobil di rem pada kecepatan tinggi maka rem menjadi sangat panas/suhu tinggi/suhu tidak stabil dan hal ini bisa diatasi rem cakram dgn cepat ketimbang teromol dan karena konstruksi tromol dibandingkan cakram maka tromol melepas panas lebih lama ( kelemahan teromol ) maka rem menjadi kurang efektif dan tentunya berbahaya pada kecepatan tinggi.
mode sok tahu : di OFF![]()

makin tau jadinya karakter dari kedua jenis rem tersebut.
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
If you want to be respected, you need to show respect for others.