Penjualan SUV makin galak, Pajero Sport langsung ke no.3

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t

User avatar
€lj€p€
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2610
Joined: Sat Apr 14, 2007 15:01
Location: Kemanggisan, Jakarta Barat

Re: Mitsubishi Pajero Sport Siap Mengamuk

Post by €lj€p€ »

yohanes69 wrote:
wishmaster wrote:
Welly2008 wrote: Btw, PS dibanding Evie utk tarikan mesinnya enak mana ya... :e-think:
hmm... kayaknya 11-12 deh boss, tp gue lebih seneng PS, secara dia matic, hare gene pake manual, hehehe...
Sorry ya.. tapi yang di sebut2 evie, CRV ya? :shrug:

Setiap kali baca Evie2, saya ingat mantan marketing ktr yg suka mengoda, Evie juga namanya. :beer:
Evie = Ford Everest....pastinya Evie mantan marketing.. bukit / gunungnya juga tinggi? wah sudah malam jadi ngelantur..
Dari Solo ke Oslo
Image
FortunerMan

Re: Mitsubishi Pajero Sport Siap Mengamuk

Post by FortunerMan »

yohanes69 wrote:Enjoyed reading the Bangkok post article. Tapi mungkin yang di Thailand dan Indo cukup beda. Interior dan mesin beda juga. Yang Fortuner Diesel kalau gak salah gak ada lis kayu, jok kulit, Electronic Stability control dan brake assist. Gak tahu apakah ada ABS dan EDS??? Electronic Stability Control dan Brake assist ada gak ya untuk yang fortuner solar?

Kalau Yang PS lokal jok kulit dan lis Kayu. Dan mesin untuk PS and Fortuner jauh lebih lemah dari pada yang di review. Saya gak tahu tentang roh, saya hanya tahu kalau fortuner solar yang lokal belum ada matic dan tenaga sangat kurang. Bentuk saya lebih suka fortuner tapi saya beli PS karena menurut saya cukup good value.
Betul itu review dgn mesin2 setingkat di atas, tapi saya hanya ingin point out kepada si adimirecp bahwa memilih mobil hanya liat merek saja itu rada ngawur...DNA/roh Mitsubishi begini...DNA/roh Toyota begini. Buktinya di review Bangkok Post Fortuner 3.0 menang tarikan dan handling dari Pajero Sport 3.2...tapi katanya lebih nyaman Pajero Sport. Suspensionnya kan begitu2 aja. Kan tidak sesuai bgt dgn teori "pukul rata" nya si poster yg ini - yg intinya kalo "mau handling/reliability otomatis pilih Mitsubishi, kalo mau kuat resale tapi mungkin tidak enjoy mobilnya otomatis pilih Toyota...sesederhana itu" Oversimplification dan uneducated decision making.
User avatar
zweifellos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2647
Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23

Re: Mitsubishi Pajero Sport Siap Mengamuk

Post by zweifellos »

Halo semuanya,

saya baru di sini. gara² nyari info seputar Pajero Sport saya nemu forum ini kemaren. karena bahasannya menarik, hari ini kerjaan saya cuman membaca thread ini dari hal 1 sampe hal terakhir. :mrgreen:

terima kasih banyak atas ulasan²nya yang enak dibaca dan fresh dari orang pertama. banyak istilah², singkatan² dan informasi² baru yang saya dapat dari thread ini. :thanks:

saya kebetulan sukanya mobil-mobil jip (cuman sekadar suka, kalo punya sih belom :mrgreen: ) dan mau tanya seputar Pajero Sport. kira-kira alasan apa ya yang bikin pajero menggunakan rem drum buat roda belakangnya? adakah faktor dari sisi teknis yang menjadi alasan? seperti misalnya rem jenis ini cocok buat mobil sejenis pajero sport? saya newbie di masalah ini, cuman yang saya perhatikan mobil-mobil keluaran eropa pada umumnya menggunakan rem jenis disc buat roda² depan dan belakang. buat saya yang ga tau detail mobil² jenis pajero sport ini, dengan harga plus minus 400 juta masih pake rem drum agak aneh buat saya (tapi ternyata tadi saya cek fortuner juga serupa). mohon penjelesannya. dibenak saya sebelumnya, mobil² di atas 300 jt semuanya memakai jenis rem disc untuk kesemua rodanya.

terima kasih sebelumnya atas jawabannya, mohon maaf kalo salah thread atau ternyata sudah pernah dibahas (di thread lain).

Salam
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
User avatar
gmx
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1865
Joined: Tue Jun 24, 2008 13:48
Location: EternaGTi'91&Pajero'97

Re: Mitsubishi Pajero Sport Siap Mengamuk

Post by gmx »

selamat datang dan selamat bergabung di SM om zweifellos.. saya juga suka forum SM ini karena banyak istilah2 yang ngga ngerti tapi kalo kita nanya juga dijelaskan.. memandang sebuah mobil dari segala macam sisi ngga cuma teknis aja, jadi membuka wawasan dan cara berpikir saya..

saya ngga tau kenapa alasannya PS dan fortuner pake rem belakang drum. kalo dibilang rem drum cocok untuk mobil sejenis PS ya ngga juga karena abangnya pajero beneran gen 2 udah pake disc brake, double malah disc dan drum untuk rem belakang tapi drumnya khusus dipake untuk rem tangan.. ga tau ya kalo yg gen 1
Dr.G
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 33
Joined: Fri Jul 16, 2004 2:47
Location: Medan

Re: Mitsubishi Pajero Sport Siap Mengamuk

Post by Dr.G »

SMers sekalian
Saya sebelumnya adalah pengguna Fortie 2.5 telah berpindah hati ke PS dengan perimbangan matang (beberapa posting saya disini Fortie).
Begitu launching di Medan tanggal 20 Jun 09, besoknya 21 Juni si Pajero telah ada di garasi (kebetulan dah inden lama dan dah ikuti cerita nih mobil cukup lama)
Beberapa keunggulan diantaranya yang sangat berbeda diantaranya :
Max HP 136/3500 (Fortuner 102/3600)
Max Torque 32.0/200 (Fortuner 26.5/2400)
Transmisi AT dgn sport mode-manual (Fortuner - manual)
Jok kulit (Fortuner - fabric)
Tenaganya luar biasanya dan sgt responsif

Kabin depan lebih luas di bandingkan Fortie bahkan untuk kabin plg belakang lebih panjang 10 cm.
Sistim pelipatan kursi kedepan juga sgt menguntungkan.

Central lock ada kok bro, cuma di tombolnya supir..

Satu yang membuat saya putuskan masalah pengereman di Fortie yang pernah membuat kejadian yg hampir fatal , daya pengereman hilang tiba-tiba pada kecepatan tinggi.. :frm_bang_head:
Model masih fresh betul ...saya rekomendasi nih model untuk dimiliki...
Besok2 gua upload fotonya dg minimal modif..
:big_smoking:
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Re: Mitsubishi Pajero Sport Siap Mengamuk

Post by Hansen »

zweifellos wrote:Halo semuanya,

saya baru di sini. gara² nyari info seputar Pajero Sport saya nemu forum ini kemaren. karena bahasannya menarik, hari ini kerjaan saya cuman membaca thread ini dari hal 1 sampe hal terakhir. :mrgreen:

terima kasih banyak atas ulasan²nya yang enak dibaca dan fresh dari orang pertama. banyak istilah², singkatan² dan informasi² baru yang saya dapat dari thread ini. :thanks:

saya kebetulan sukanya mobil-mobil jip (cuman sekadar suka, kalo punya sih belom :mrgreen: ) dan mau tanya seputar Pajero Sport. kira-kira alasan apa ya yang bikin pajero menggunakan rem drum buat roda belakangnya? adakah faktor dari sisi teknis yang menjadi alasan? seperti misalnya rem jenis ini cocok buat mobil sejenis pajero sport? saya newbie di masalah ini, cuman yang saya perhatikan mobil-mobil keluaran eropa pada umumnya menggunakan rem jenis disc buat roda² depan dan belakang. buat saya yang ga tau detail mobil² jenis pajero sport ini, dengan harga plus minus 400 juta masih pake rem drum agak aneh buat saya (tapi ternyata tadi saya cek fortuner juga serupa). mohon penjelesannya. dibenak saya sebelumnya, mobil² di atas 300 jt semuanya memakai jenis rem disc untuk kesemua rodanya.

terima kasih sebelumnya atas jawabannya, mohon maaf kalo salah thread atau ternyata sudah pernah dibahas (di thread lain).

Salam
Kalo untuk mobil sejenis fortuner dan pajero sport yang menggunakan ladder frame dan berpenggerak roda belakang, berat kosong kendaraannya itu mencapai kurang lebih 2 ton.
Jadi bukan karena pabrikannya pelit atau gimana, melainkan karena drum brake itu lebih andal untuk memberhentikan beban berat.
Coba bro perhatikan bus & truk yg bebannya sangat berat itu semuanya pada pake drum brake, gak ada yang pake disc brake.

Disc brake itu memang lebih pakem tetapi tidak tahan beban yang terlalu berat karena remnya akan kelewat panas.
Sedangkan drum brake itu kurang pakem tetapi lebih tahan terhadap beban berat.


IMHO & CMIIW yah :big_peace:
Image
uk3mp
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: Sat Jul 04, 2009 4:05

Re: Mitsubishi Pajero Sport Siap Mengamuk

Post by uk3mp »

[quote="Dr.G"]

Central lock ada kok bro, cuma di tombolnya supir..

Satu yang membuat saya putuskan masalah pengereman di Fortie yang pernah membuat kejadian yg hampir fatal , daya pengereman hilang tiba-tiba pada kecepatan tinggi.. :frm_bang_head:

mengenai pengereman di fortie, saya juga sempat merasakan kejadian yg sama, tiba - tiba loss, sampai sempat panik :frm_bang_head:

central lock, maksudnya yg di atas tuas untuk membuka pintu ya bro ?

[quote="Hansen"]

Kalo untuk mobil sejenis fortuner dan pajero sport yang menggunakan ladder frame dan berpenggerak roda belakang, berat kosong kendaraannya itu mencapai kurang lebih 2 ton.
Jadi bukan karena pabrikannya pelit atau gimana, melainkan karena drum brake itu lebih andal untuk memberhentikan beban berat.
Coba bro perhatikan bus & truk yg bebannya sangat berat itu semuanya pada pake drum brake, gak ada yang pake disc brake.

Disc brake itu memang lebih pakem tetapi tidak tahan beban yang terlalu berat karena remnya akan kelewat panas.
Sedangkan drum brake itu kurang pakem tetapi lebih tahan terhadap beban berat.


wah mantap deh penjelasan dari bro hansen, sepertinya beliau ini sangat mengerti didunia otomotif :e-clap: :frm_tumbleft: :mrgreen:
yohanes69
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 28
Joined: Tue Jul 14, 2009 14:39

Re: Mitsubishi Pajero Sport Siap Mengamuk

Post by yohanes69 »

Hansen wrote:
zweifellos wrote:Halo semuanya,

saya baru di sini. gara² nyari info seputar Pajero Sport saya nemu forum ini kemaren. karena bahasannya menarik, hari ini kerjaan saya cuman membaca thread ini dari hal 1 sampe hal terakhir. :mrgreen:

terima kasih banyak atas ulasan²nya yang enak dibaca dan fresh dari orang pertama. banyak istilah², singkatan² dan informasi² baru yang saya dapat dari thread ini. :thanks:

saya kebetulan sukanya mobil-mobil jip (cuman sekadar suka, kalo punya sih belom :mrgreen: ) dan mau tanya seputar Pajero Sport. kira-kira alasan apa ya yang bikin pajero menggunakan rem drum buat roda belakangnya? adakah faktor dari sisi teknis yang menjadi alasan? seperti misalnya rem jenis ini cocok buat mobil sejenis pajero sport? saya newbie di masalah ini, cuman yang saya perhatikan mobil-mobil keluaran eropa pada umumnya menggunakan rem jenis disc buat roda² depan dan belakang. buat saya yang ga tau detail mobil² jenis pajero sport ini, dengan harga plus minus 400 juta masih pake rem drum agak aneh buat saya (tapi ternyata tadi saya cek fortuner juga serupa). mohon penjelesannya. dibenak saya sebelumnya, mobil² di atas 300 jt semuanya memakai jenis rem disc untuk kesemua rodanya.

terima kasih sebelumnya atas jawabannya, mohon maaf kalo salah thread atau ternyata sudah pernah dibahas (di thread lain).

Salam
Kalo untuk mobil sejenis fortuner dan pajero sport yang menggunakan ladder frame dan berpenggerak roda belakang, berat kosong kendaraannya itu mencapai kurang lebih 2 ton.
Jadi bukan karena pabrikannya pelit atau gimana, melainkan karena drum brake itu lebih andal untuk memberhentikan beban berat.
Coba bro perhatikan bus & truk yg bebannya sangat berat itu semuanya pada pake drum brake, gak ada yang pake disc brake.

Disc brake itu memang lebih pakem tetapi tidak tahan beban yang terlalu berat karena remnya akan kelewat panas.
Sedangkan drum brake itu kurang pakem tetapi lebih tahan terhadap beban berat.


IMHO & CMIIW yah :big_peace:
Thanks ya pak Hansen untuk penjelasannya. Tapi yang saya gak ngerti, bukankah Pajero lebih berat dari pada PS? Dan ada berapa SUV yang juah lebih berat dari pada PS, yang tetap pakai Disc Brake? Drum memang benar biasanya untuk truck, tapi rasanya PS mungkin masih lebih cocok dengan disc brake kali. IMHO aja.
B 1978
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 83
Joined: Fri Jun 12, 2009 11:17

Re: Mitsubishi Pajero Sport Siap Mengamuk

Post by B 1978 »

just info,harga rem disk memang lebih mahal dari pada rem drum/teromol,tetapi bukan berarti rem cakram lebih pakem 100 %.Yg lebih bener rem disk lebih cepat membuang panas dan karena sistem rem cakram yg terkesan lebih canggih dari teromol ( ini juga yg menimbulkan image rem cakram lebih pakem ketimbang teromol ) maka biasanya untuk tidak tanggung2 biasanya pabrikan juga menambah "bumbu" pada rem tsb spt ABS (menyamakan fungsi rem teromol yg tidak mengunci ban jika di rem pada kecepatan tinggi),EBD dan BA yg sudah lumayan jamak kita ketahui.Untuk Juga diketahui kalau rem teromol itu lebih efektif membuang air ketimbang rem cakram,sehingga jika mobil melindas genangan air atauu banjir yg lebih efektif bekerja sebenarnya rem teromol bukan rem cakram.

mode sok tahu : ON :big_peace:
B 1978
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 83
Joined: Fri Jun 12, 2009 11:17

Re: Mitsubishi Pajero Sport Siap Mengamuk

Post by B 1978 »

tambahan lagi : jika pabrikan tidak memberi rem cakram pada roda belakang,salah satunya memang untuk menghemat biaya ( diluar konstruksi/rancangan/design yg memang tidak menyediakan tempat rem cakram pada bagian roda belakang mobilnya ).dan jika dipertimbangkan untuk mobil on road/aspal mungkin lebih ok jika belakang juga rem cakram,namun jika dikombinasi ke off road,maka untuk off road lebih enak jika belakang tetap menggunakan teromol.( ini juga untuk mengubah persepsi,mobil yg punya kecepatan tinggi spt SUV modis,selayaknya pakai rem cakram juga dibelakang,dan SUV "gembrot" yg tidak bisa lari spt fortuner dan pajero sport tuk tetap menggunakan teromol di belakang ) .

Mode sok tahu : masih ON :big_peace:
B 1978
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 83
Joined: Fri Jun 12, 2009 11:17

Re: Mitsubishi Pajero Sport Siap Mengamuk

Post by B 1978 »

tambah lagi neh : rem cakram lebih efektif di pakai di mobil yg mempunyai speed tinggi,karena pada saat mobil di rem pada kecepatan tinggi maka rem menjadi sangat panas/suhu tinggi/suhu tidak stabil dan hal ini bisa diatasi rem cakram dgn cepat ketimbang teromol dan karena konstruksi tromol dibandingkan cakram maka tromol melepas panas lebih lama ( kelemahan teromol ) maka rem menjadi kurang efektif dan tentunya berbahaya pada kecepatan tinggi.

mode sok tahu : di OFF :big_peace: :big_slap:
User avatar
Abu2
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8765
Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
Location: +6261
Daily Vehicle: just a bike

Re: Mitsubishi Pajero Sport Siap Mengamuk

Post by Abu2 »

rem cakram yg besar, pasti lebih mahal dibanding teromol..mungkin aja salah satu trick utk menekan harga jual, sehingga mobil dimaksud cukup pake teromol..


sotoy mode = On..

:drinking:
yohanes69
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 28
Joined: Tue Jul 14, 2009 14:39

Re: Mitsubishi Pajero Sport Siap Mengamuk

Post by yohanes69 »

Dr.G wrote:SMers sekalian
Saya sebelumnya adalah pengguna Fortie 2.5 telah berpindah hati ke PS dengan perimbangan matang (beberapa posting saya disini Fortie).
Begitu launching di Medan tanggal 20 Jun 09, besoknya 21 Juni si Pajero telah ada di garasi (kebetulan dah inden lama dan dah ikuti cerita nih mobil cukup lama)
Beberapa keunggulan diantaranya yang sangat berbeda diantaranya :
Max HP 136/3500 (Fortuner 102/3600)
Max Torque 32.0/200 (Fortuner 26.5/2400)
Transmisi AT dgn sport mode-manual (Fortuner - manual)
Jok kulit (Fortuner - fabric)
Tenaganya luar biasanya dan sgt responsif

Kabin depan lebih luas di bandingkan Fortie bahkan untuk kabin plg belakang lebih panjang 10 cm.
Sistim pelipatan kursi kedepan juga sgt menguntungkan.

Central lock ada kok bro, cuma di tombolnya supir..

Satu yang membuat saya putuskan masalah pengereman di Fortie yang pernah membuat kejadian yg hampir fatal , daya pengereman hilang tiba-tiba pada kecepatan tinggi.. :frm_bang_head:
Model masih fresh betul ...saya rekomendasi nih model untuk dimiliki...
Besok2 gua upload fotonya dg minimal modif..
:big_smoking:
Sekedar Info: Fortuner dijual hanya di 3rd world countries, atau negara belum berkembang. Kalau Pajero sport akan dijual di Australia & New Zeland tahun depan, tapi namanya di ganti Challenger.

http://www.themotorreport.com.au/37657/ ... next-year/
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Mitsubishi Pajero Sport Siap Mengamuk

Post by maskopat »

yohanes69 wrote:
Sekedar Info: Fortuner dijual hanya di 3rd world countries, atau negara belum berkembang. Kalau Pajero sport akan dijual di Australia & New Zeland tahun depan, tapi namanya di ganti Challenger.

http://www.themotorreport.com.au/37657/ ... next-year/
hm... kalo ane lihat di web site mitsubishi motors ozi dan nz, gak ada challenger...
di beberapa negara yang jual outlander, gak jual PS.... mungkin ane salah. tolong dibenerin..
padahal kalo ane lihat, outlander dan PS memiliki perbedaan.. yang satu monokok, yang satu lagi ladder frame chassis.. yang satu gak ada low gear, yang satu ada low gear.

kalo fortuner, ane kurang tahu apakah cuman dijual di negara berkembang. karena fortie ini deket dengan prado.. bahkan mesin fortie yang 2.7VVTI diambil dari prado.
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Mitsubishi Pajero Sport Siap Mengamuk

Post by GTR »

target market PS dan fortuner, kurang lebih sama.

IMO,
kenapa pake rem tromol, hanya untuk lebih efektif nahan kendaraan yg berbobot relatif berat di posisi berhenti, misal bus/tronton stop di tanjakan/turunan tajam. Kalo selain di mobil bus / truk tadi, aplikasi tromol bukan berarti karena discbrake kalah dari tromol.

Discbrake lebih unggul dari tromol buat mobil2 pribadi, paling tidak dari segi :
lebih mudah "kering" dan bersih;
lebih cepet buang panas;
sifat "self adjust" permanan yg membuat lebih balance & presisi karena mekanismenya, tidak cenderung "narik" sebelah.

Maka dari itu untuk roda depan mobil pribadi sekarang yg memperhitungkan kontrol/handling kendaraan, tidak bisa tidak, kudu pake discbrake. Or kalo pake tromol cenderung kalah balance biar disetel gimana pun juga drpd discbrake, terutama di panic braking. contoh : kijang super model 4speed tromol (& mobil2 lain umumnya yg tromol di depan), mau disetel (manual adjust) gimana pun, kurang balance antara kiri-kanan di panic braking. kalo pun bisa, setelan itu ga bersifat permanen, umumnya cenderung "narik" sebelah lagi.
User avatar
cuple
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 221
Joined: Sat Jun 20, 2009 7:48

Re: Mitsubishi Pajero Sport Siap Mengamuk

Post by cuple »

yohanes69 wrote:Sekedar Info: Fortuner dijual hanya di 3rd world countries, atau negara belum berkembang. Kalau Pajero sport akan dijual di Australia & New Zeland tahun depan, tapi namanya di ganti Challenger.[/size]

http://www.themotorreport.com.au/37657/ ... next-year/
Sekedar nambahin infonya mas Yohanes.. Mitsubishi Challenger emang udah masuk Oz mungkin dr tahun 2000an .. Mobilnya sendiri sudah pertama produksi dr thn 96. http://en.wikipedia.org/wiki/Mitsubishi_Challenger
maskopat wrote:hm... kalo ane lihat di web site mitsubishi motors ozi dan nz, gak ada challenger...di beberapa negara yang jual outlander, gak jual PS.... mungkin ane salah. tolong dibenerin..padahal kalo ane lihat, outlander dan PS memiliki perbedaan.. yang satu monokok, yang satu lagi ladder frame chassis.. yang satu gak ada low gear, yang satu ada low gear.
Mngkin krn ini:

It is no longer available in many markets, being discontinued in Japan in 2003, in North America in 2004 (where it was superseded by the Endeavor),[4] and central and western Europe in 2008.[5]

Kalo yg produksi thn 2000-2005 di Aus dapet 4/5 stars... http://www.productreview.com.au/showite ... em_id=1004

Ini sekedar tambahan Review PS (aka MS) dr web negara tetangga;

- http://www.autoindustriya.com/tested/id/144/
- http://www.philstar.com/Article.aspx?articleId=451629
FortunerMan

Re: Mitsubishi Pajero Sport Siap Mengamuk

Post by FortunerMan »

yohanes69 wrote:Sekedar Info: Fortuner dijual hanya di 3rd world countries, atau negara belum berkembang. Kalau Pajero sport akan dijual di Australia & New Zeland tahun depan, tapi namanya di ganti Challenger.
Betul, tapi Hilux yg = Fortuner tanpa kursi penumpang dan per daun, di jual dimana mana (Eropa, Australia, NZ). Mesin2 Fortuner di pakai di Hilux, Prado, Hiace, FJ Cruiser, 4Runner. Matic + 4WD Fortuner = Matic + 4WD Prado.

Euro-spec Hilux
Image
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Mitsubishi Pajero Sport Siap Mengamuk

Post by GTR »

bukannya pasar euro = mesin hilux yg D4D 3.0 yah bro?
FortunerMan

Re: Mitsubishi Pajero Sport Siap Mengamuk

Post by FortunerMan »

GTR wrote:bukannya pasar euro = mesin hilux yg D4D 3.0 yah bro?
http://cgi.ebay.co.uk/ws/eBayISAPI.dll? ... 0223707925
Ada kok 2.5nya diInggris. http://www.toyota.co.uk/cgi-bin/toyota/ ... me=HL3_HL2

Mesin Fortuner kan ada 4...2.5 D4D, 2.7 VVTi, 3.0 D4D, 4.0 V6 VVTi. All global engines. Karena pak yohanes ngobrol internasional, jadi seluruh versi Fortuner boleh ikut dong :)
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Mitsubishi Pajero Sport Siap Mengamuk

Post by GTR »

FortunerMan wrote:
GTR wrote:bukannya pasar euro = mesin hilux yg D4D 3.0 yah bro?
http://cgi.ebay.co.uk/ws/eBayISAPI.dll? ... 0223707925
Ada kok 2.5nya diInggris. http://www.toyota.co.uk/cgi-bin/toyota/ ... me=HL3_HL2

Mesin Fortuner kan ada 4...2.5 D4D, 2.7 VVTi, 3.0 D4D, 4.0 V6 VVTi. All global engines. Karena pak yohanes ngobrol internasional, jadi seluruh versi Fortuner boleh ikut dong :)
siip, thanx infonya...
oot, buat eropa, apa aplikasi mesin seri TR-FE juga.. apa di prado nya eropa yah?
FortunerMan

Re: Mitsubishi Pajero Sport Siap Mengamuk

Post by FortunerMan »

Prado Eropa pakenya 3.0 D4D atau 4.0 V6. 2TR-FE...pakenya di Prado Middle East, mereka dapetnya 2.7 atau 4.0. Namanya juga bensin tinggal sedot.
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Mitsubishi Pajero Sport Siap Mengamuk

Post by GTR »

FortunerMan wrote:
GTR wrote:bukannya pasar euro = mesin hilux yg D4D 3.0 yah bro?
Ada kok 2.5nya diInggris. http://www.toyota.co.uk/cgi-bin/toyota/ ... me=HL3_HL2
bro, spec mesin D4D hilux 2.5 eropa itu 120ps, harusnya ini pake intercooler. tapi disitu RAV4 diesel yg jauh lebih mahal road tax nya masih lebih rendah, apa related angka2 emisi CO2 di web itu yah, eropa memang ketat.

intercooler ini bisa sekaligus jawaban modifikasi atas keluhan bro wishmaster di thread ini? :
http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... 12&t=11463.
v1rz
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 94
Joined: Sun Mar 05, 2006 13:21
Location: Medan

Re: Mitsubishi Pajero Sport Siap Mengamuk

Post by v1rz »

Dr.G wrote:SMers sekalian
Saya sebelumnya adalah pengguna Fortie 2.5 telah berpindah hati ke PS dengan perimbangan matang (beberapa posting saya disini Fortie).
Begitu launching di Medan tanggal 20 Jun 09, besoknya 21 Juni si Pajero telah ada di garasi (kebetulan dah inden lama dan dah ikuti cerita nih mobil cukup lama)
Beberapa keunggulan diantaranya yang sangat berbeda diantaranya :
Max HP 136/3500 (Fortuner 102/3600)
Max Torque 32.0/200 (Fortuner 26.5/2400)
Transmisi AT dgn sport mode-manual (Fortuner - manual)
Jok kulit (Fortuner - fabric)
Tenaganya luar biasanya dan sgt responsif

Kabin depan lebih luas di bandingkan Fortie bahkan untuk kabin plg belakang lebih panjang 10 cm.
Sistim pelipatan kursi kedepan juga sgt menguntungkan.

Central lock ada kok bro, cuma di tombolnya supir..

Satu yang membuat saya putuskan masalah pengereman di Fortie yang pernah membuat kejadian yg hampir fatal , daya pengereman hilang tiba-tiba pada kecepatan tinggi.. :frm_bang_head:
Model masih fresh betul ...saya rekomendasi nih model untuk dimiliki...
Besok2 gua upload fotonya dg minimal modif..
:big_smoking:
mantap reviewnya.
ditunggu fotonya yg modif.
oya, konsumsi bbm berapa dalam kota dan luar kota ?
FortunerMan

Re: Mitsubishi Pajero Sport Siap Mengamuk

Post by FortunerMan »

GTR wrote:
FortunerMan wrote:
GTR wrote:bukannya pasar euro = mesin hilux yg D4D 3.0 yah bro?
Ada kok 2.5nya diInggris. http://www.toyota.co.uk/cgi-bin/toyota/ ... me=HL3_HL2
bro, spec mesin D4D hilux 2.5 eropa itu 120ps, harusnya ini pake intercooler. tapi disitu RAV4 diesel yg jauh lebih mahal road tax nya masih lebih rendah, apa related angka2 emisi CO2 di web itu yah, eropa memang ketat.

intercooler ini bisa sekaligus jawaban modifikasi atas keluhan bro wishmaster di thread ini? :
http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... 12&t=11463.
Ya memang di spekdown ama TAM :P Mudah2an spek down nya ditiadakan di IIMS setelah ada saingan diesel yg memadai seperti PS.
User avatar
zweifellos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2647
Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23

Re: Mitsubishi Pajero Sport Siap Mengamuk

Post by zweifellos »

gmx wrote:selamat datang dan selamat bergabung di SM om zweifellos.. saya juga suka forum SM ini karena banyak istilah2 yang ngga ngerti tapi kalo kita nanya juga dijelaskan.. memandang sebuah mobil dari segala macam sisi ngga cuma teknis aja, jadi membuka wawasan dan cara berpikir saya..

saya ngga tau kenapa alasannya PS dan fortuner pake rem belakang drum. kalo dibilang rem drum cocok untuk mobil sejenis PS ya ngga juga karena abangnya pajero beneran gen 2 udah pake disc brake, double malah disc dan drum untuk rem belakang tapi drumnya khusus dipake untuk rem tangan.. ga tau ya kalo yg gen 1
terima kasih om gmx. memang banyak sekali istilah-istilah yang saya ngertinya di sini. awalnya rada bingung baca post² di thread ini, tapi smakin di baca semakin mengerti. :mrgreen:
Hansen wrote:Kalo untuk mobil sejenis fortuner dan pajero sport yang menggunakan ladder frame dan berpenggerak roda belakang, berat kosong kendaraannya itu mencapai kurang lebih 2 ton.
Jadi bukan karena pabrikannya pelit atau gimana, melainkan karena drum brake itu lebih andal untuk memberhentikan beban berat.
Coba bro perhatikan bus & truk yg bebannya sangat berat itu semuanya pada pake drum brake, gak ada yang pake disc brake.

Disc brake itu memang lebih pakem tetapi tidak tahan beban yang terlalu berat karena remnya akan kelewat panas.
Sedangkan drum brake itu kurang pakem tetapi lebih tahan terhadap beban berat.


IMHO & CMIIW yah :big_peace:
ah, nambah pengetahuan lagi ini. awalnya saya kira murni karena faktor ekonomis tapi setelah baca-baca post² jawaban di sini semamakin membuka wawasan akan perbedaan antra rem disc dan drum. thanks om hansen.
B 1978 wrote:tambah lagi neh : rem cakram lebih efektif di pakai di mobil yg mempunyai speed tinggi,karena pada saat mobil di rem pada kecepatan tinggi maka rem menjadi sangat panas/suhu tinggi/suhu tidak stabil dan hal ini bisa diatasi rem cakram dgn cepat ketimbang teromol dan karena konstruksi tromol dibandingkan cakram maka tromol melepas panas lebih lama ( kelemahan teromol ) maka rem menjadi kurang efektif dan tentunya berbahaya pada kecepatan tinggi.

mode sok tahu : di OFF :big_peace: :big_slap:
mantap ulasan om plat jakarta ini termasuk ulasan² tambahannya. :mrgreen:
makin tau jadinya karakter dari kedua jenis rem tersebut.
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.