IMO, sebenernya sih sama aja antara orang indo dengan orang2 lain di LN sono.....intinya adalah "customer satisfaction". Kalo kita beli suatu merek, abis itu pake puas....maka besok2 kita pengen pake lagi itu merek, juga kalo kita butuh mobil jenis lain (SUV/MPV), pengennya pake merek yg sama karena udah kebukti puas di model sebelumnya. Makanya mobil2 jepang bisa tumbuh subur di US/Europe dan pangsa pasarnya makin hari makin bagus.
Tapi kalo abis beli lalu sering rusak2, dan banyak hal2 lain yg bikin gak puas, sebagian besar pasti pindah merek pada waktu mereka punya kesempatan ganti mobil lagi. Hanya sedikit banget orang2 yg fanatikan radikal yg udah "benci" sama mobilnya, eh...besok2 beli lagi mobil dari merek yg sama.
Kalo soal Hyundai/Kia sebenernya sama aja, tapi IMO kalo yg ane liat, cara mereka dagang di LN (terutama di negara2 maju) agak beda dengan di Indo, jadi IMO lagi, konsumen indo juga gak bisa 100% disalahin kalo bersikap agak2 skeptis thd produsen. Sama kaya Nissan aja di Indo yg kayaknya koq agak ogah2an jualannya dibanding strategi jualan Nissan di US misalnya.
Hyundai/Kia di US turun dengan beragam produk2 barunya untuk semua kalangan, juga kasi benefit2 lain spt warranty 10thn, program2 lain spt kalo kita di layoff, maka mobil gak usah bayar, dll.....
Memang juga ada faktor2 lain seperti income orang2 di negara maju lebih tinggi jadi mereka lebih gampang untuk nyoba merek baru, dengan catatan kalo gak suka bisa lompat lagi ke merek lain karena penghasilan memungkinan.......Atau juga mentalitas orang2 westerner yg "innocent until proven guilty": artinya kebanyakan mereka menganggap suatu merek adalah bagus sampe terbukti jelek (dari hasil2 media atau dari hasil coba sendiri), agak beda sedikit dengan mentalitas yg "Guilty until proven innocent", artinya cap jelek dulu, kalo udah terbukti bagus baru beli.....
Semua itu memang mempengaruhi sales, tapi kayaknya tetep aja yg no1 adalah customer satisfaction thd suatu merek.