[WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t

FortunerMan

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by FortunerMan »

Captivated wrote:tanpa faktor resale value (faktor eksternal), fortie disel udh kalah duluan ama saingan2nya (evie n ctv)

Menurut anda
:mrgreen: Kalo faktor eksternal sih udah gak usah diomongin, Toyota vs Chevy - no contest. Internal? Masih banyak keunggulan Fortuner dr Everest...buatan interior Fortuner lebih halus, suspension Evie masih daun rem masih model tarik.
Captiva? Fortuner jauh lebih tangguh, kemungkinan besar akan lebih reliable di jangka panjang (Toyota vs Daewoo...plis deh)

Mana ada di brosur..."legendary reliability"...gak bakal ada. Tapi jelas, reliability ada economic valuenya. Jelas ada buat saya, yang gak suka mobil rewel. Tapi menurut anda mungkin tidak, ya disitulah letak perbedaan kita. Disinilah point of strength nya Toyota, reliability. Bukan paling indah, paling kenceng - tapi salah satu yang paling reliable. Saya mau keluar duit buat reliability. Irasional? sekali lagi itu menurut anda. Menurut pasar tidak.

Ya memang kalo hanya berpatok di brosur, kesimpulannya ya kaya si Captivated. Membandingkan mobil dengan bandingin brosur. Itu cara anda ya silahkan.
FortunerMan

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by FortunerMan »

maskopat wrote:om FM mah uangnya gak ada serinya.... mau beli apa aja dia bisa...
Ini mah si Risoles yg begini....(lempar bola lagi)
mandala1
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7559
Joined: Tue Feb 17, 2009 4:44

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by mandala1 »

Abu2 wrote:@captivated : bener banget tuh, om Mas Mandalasatu mesti bagi THR neh ke kita2......
bagi dong Om............. :e-pray:

:big_weee: :big_weee: ....... :ngacir: :ngacir: :ngacir:
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by Risol1 »

maskopat wrote:
Risol1 wrote:
maskopat wrote:kalo produk TAM, ane sih berani nunda.. paling diskonnya yang gede2an.. tinggal bargaining aja.. atau dapet aksesoris yang full option..
kalo gak, lihat produk lain dunk... sekarang kompetisinya sudah makin bagus...
Wah bro, kaga nyambung nih hihiihi :mrgreen: , maksud ane tuh gak nyuruh orang2 beli produk toyota dan juga maksudnya kalo harga mobil (semua mobil gak cuma toyota) gak kaya harga stock yg naik turun gitu lhorrr :mrgreen:
gini om risol, yang ane tangkep, om risol bilang ada orang yang gak mau nunda beli fortie lama2 karena harga keburu mau naik dengan alasan kurs valas. nah, karena ane lihat kurs valas juga akan turun someday, makanya ane bilang ane gak terlalu masalah kalo nunda karena kurs lagi tinggi.. karena toh ketika kurs akan turun, tinggal bargain aja minta rebate...
nyambung gak? :big_slap:
hehehe....sayangnya masih gak nyambung om Kopat hihihihi :mrgreen:
Saya gak pernah bawa2 kurs valas....coba aja liat tulisan ane diatas......Yg saya bilang tuh beli mobil engga kaya beli saham.
Kalo beli mobil, pas harga mobilnya udah naik 50 jt misalnya, ya udah deh ketinggalan......Alias kita musti bayar harga baru (harga mula2 + 50 juta).
Sedangkan kalo mao beli saham, pas harga sahamnya di rush sehingga melonjak naik sebanyak 50rb per lembar, kita tenang2 aja karena bentar lagi juga turun ke level yg hampir2 mirip sebelum harga naik ....gitu om Kopat.
Jadi diatas ane bilang lagi bahwa kalo harga Fortie bisa spt harga saham, ane tenang aja gak usah buru2 beli :frm_tumbright:
Tulisan diatas sama sekali gak menyangkut kurs valas
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27667
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by DOHC »

ngomong2 soal reliability, kalo captiva, evie, fortie... ampe ari ini uda perna denger complain2 atau masalah apa aj gt... scara tuh 3 produk uda setaon lebi beredar di sini... apalagi fortie dan evie, uda cukup sesepuh gt istilahnya...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
mandala1
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7559
Joined: Tue Feb 17, 2009 4:44

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by mandala1 »

DOHC wrote:ngomong2 soal reliability, kalo captiva, evie, fortie... ampe ari ini uda perna denger complain2 atau masalah apa aj gt... scara tuh 3 produk uda setaon lebi beredar di sini... apalagi fortie dan evie, uda cukup sesepuh gt istilahnya...
Kalo yg 3 diatas itu ane belon tau bro......tapi kalo ipah yg udah 2 taon pake n ane siksa tiap hari tanpa kasih sayang sih udah terbukti : memuaskan dibanding mobil2 lain yg pernah ane pake buat disiksa :mrgreen: malah bisa dibilang si ipah yg kerja nya paling berat diantara yg dulu2.
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by Risol1 »

Captivated wrote:
Risol1 wrote: Hehehe...Kan kemaren saya udah kasi ilustrasi panjang lebar ttg hal2 yg juga turut berpengaruh thp penentuan suatu harga, yaitu faktor dari mobilnya sendiri (kualitas bagus, reliable, spek teknis, dsb), dan juga faktor2 luar (misalnya reputasi produsen, perceived quality dari masyarakat, resale value, dll sampe pada faktor gengsi).....Semua faktor2 diatas lah yg akhirnya menyatu dan menarik kesimpulan di titik mana harga mobil tsb dianggap wajar oleh konsumen. Dalam hal ini Fortie dengan harga lebih mahal tapi terus diinden, sebenernya merefleksikan tingginya faktor2 tsb dari kacamata konsumen.

Itulah yg dari kemaren kita diskusikan disini: Saya bilang kalo harga "A" Rp tapi orang masih antri artinya harga "A" tsb masih masuk (keterima pasar), sedangkan bro Captivated bilang bahwa kalo harga "A" tetep dibeli, maka orang2 tsb (yg boleh dibilang mencerminkan sebagian besar pasar segmen tsb) adalah semuanya kurang bijak dan cuma "ngasi angin" doang ke toyota, yg artinya mereka udah tau diperes sama toyota, masih juga kasi uangnya dengan cuma2........
yak ini bener... ada faktor teknis mobil (internal), ada faktor non teknis (eksternal) yaitu terutama "persepsi" (resale, gengsi, reputasi, dll, anggaplah msk dsini)
internal itu eksak, eksternal itu berubah2?
Faktor2 "eksternal" spt reputasi, perceived quality, resale value, dsb malah gak gampang berubah om......Kalo tetep dimaintain sama pabrikan, malah faktor ini yg lebih "kekal" sifatnya dibanding dengan faktor mobilnya sendiri. Mobil per generasi berapa tahun sih.....paling 5 tahun.
Mobil model yg sama di next-gen nya bisa aja beda bahan material, beda horsepower, beda jeroan mesin, dsb

Banyak yg bilang mobil2 honda/toyota/benz jadul lebih berkualitas, bahan material lebih bagus, dll........dan merek2 tsb "katanya" jg sekarang udah berkurang kualitasnya (dashboard kalo diketok plastik keras semua, dll), TAPI kalo faktor2 eksternal tadi tetep dimaintain sama produsennya, produk2nya tetep diserbu orang, produk2nya tetep dikenal sebagai produk berkualitas :mrgreen: . Makanya spt si Jombie bilang bahwa reputasi produsen, perceived quality/value itu susah bangunnya, dan susah juga jatonya. Memang bisa jato kalo engga dimaintain spt kasus mitsu.
Captivated wrote:ga ada org mau diperas... tp yg mau untung, banyak! :mrgreen: ?
Ya, ane setuju kalo yg ini......Sebenernya bukan mao untung banyak tapi banyak orang yg engga mao rugi terlalu banyak. Tapi "Gak mao rugi terlalu banyak" itu secara fundamental udah beda dengan "orang yg irrasional yg sukanya buang duit ke produsen alias ngasi angin"
Captivated wrote:mrk bukan ngasih cuma2, tp ada ekspektasi dikemudian hr 'uangnya' bs kembali... bukan dr TAM tp dr next buyer
betul....pasti sewajarnya semua orang pengen dong bahwa mobil yg dibelinya sekarang, kalo dijual lagi gak terlalu banyak ruginya (bukan mao untung pas dijual lagi, tapi mao "gak terlalu banyak rugi" nya), dan semua inikan bisa dirangkum dengan kata "Resale Value", artinya yg lagi bro Captivated ngomongin kan cuma sebuah simple "resale value"
Captivated wrote:koreksi gw kl salah... tp ini mmg kenyataan. ada org ngambil fortie disel, sudah tau kelemahan/kekurangannya tp ttp nekat ngambil krn inga2 dgn hal tsb (resale)?
pasti banyak yg begitu bro, karena memang salah satu kekuatan si fortie adalah resale value. Tapi apakah itu yg namanya gak rasional atau gak bijak, atau "ngasi angin"
Sama aja kasusnya kalo ada yg beli captiva diesel cuma karena pengen nikmatin diesel wus wus nya (yg menurut banyak orang adalah kekuatan si ctv), apakah salah?
Atau kalo ada orang yg beli Captiva karena dia cuma suka dengan image Captiva yg berbau amerika dengan bowtie emblemnya (salah satu kekuatan ctv jg)? Apakah orang2 ini salah/irrasional/gak bijak??
Captivated wrote:kembali ke mslh persepsi, tp ingat persepsi ini bs berubah. kapan? nobody knows!
tp saat persepsi itu berubah, gmn nasib last purchasers?
Ya yg spt saya bilang diatas, nilai2 kualitatif gini sebenernya gak gampang berubah bro, gak spt spek teknis yg setiap 5 tahun bisa berganti.

Persepsi kan bukan terjadi/terbentuk sembarangan bos, persepsi bisa terbentuk biasanya karena adanya pengalaman2 sebelumnya ttg merek/produk tsb.
Kalo mao bahasa vulgarnya, persepsi itu kebanyakan adalah "kenyataan yg tertunda". Kenapa tertunda? Karena mobilnya belum dibeli, jadi harus dibilang "tertunda" karena soal2 "eksternal" gini cuma bisa dibuktikan lewat waktu, gak spt spek teknis yg langsung bisa diliat di brosur :mrgreen:

Misal: Kalo merek toyota selama 30 tahun menelurkan produk2 bagus (kualitas bagus, jarang rewel, resale tinggi, dll), maka kemungkinan besar persepsi itu akan menjadi kenyataan setelah kita beli produk2nya, begitu juga dgn merek lain.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27667
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by DOHC »

mandala1 wrote:
DOHC wrote:ngomong2 soal reliability, kalo captiva, evie, fortie... ampe ari ini uda perna denger complain2 atau masalah apa aj gt... scara tuh 3 produk uda setaon lebi beredar di sini... apalagi fortie dan evie, uda cukup sesepuh gt istilahnya...
Kalo yg 3 diatas itu ane belon tau bro......tapi kalo ipah yg udah 2 taon pake n ane siksa tiap hari tanpa kasih sayang sih udah terbukti : memuaskan dibanding mobil2 lain yg pernah ane pake buat disiksa :mrgreen: malah bisa dibilang si ipah yg kerja nya paling berat diantara yg dulu2.
mah itu dia, kalo ipah kan uda ada contoh nya... secara kita dari kmaren2 bahas soal reliability bla bla bla... tapi blom ada gt yg personal experience ngalamin sendiri...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by Risol1 »

Captivated wrote:
Risol1 wrote: Beda bro analoginya, spt yg saya bilang kemaren, analogi harga mobil gak bisa dibandingin sama naik turunnya harga stock atau komoditi......sama sekali beda.
Harga stock/komoditi itu turun naik karena pada waktu spekulan2 tsb ngebid oil future (salah satu financial derivatives), mereka cuma tuker2an kertas doang dan gak beneran terima delivery minyaknya ke rumahnya masing2....nah kalo ini baru spekulasi/spekulan BUKAN market murni karena market murni adalah perpotongan demand dan supply.
Satu2nya kesamaan adalah di bursa saham/komoditi, memang ada saat2 enak untuk spekulasi (misalnya pada saat market lagi volatile), tapi ujung2nya pasti ada yg namaya automatic adjustment dan harga balik lagi ke harga ekuilibrium/harga pasar.
sama persis pasti ga, kan analogi. tp sama skl beda jg ga, krn ada bbrp hal yg mirip
bukan market murni gmn bro? slama ada pembeli dan penjual, msh sah dinamakan market kok
ttp ada ttk potong supply vs demand, tp ttk itu bs digeser2 bro, mau keatas ato kebwh. trgantung penjual ama pembelinya ajah. tp resiko jd irrasional-nya besar skl krn faktor "siapapun/dimanapun bs maen"
mmg cm 'kertas' tp kl kertas itu mau djadiin fisik bs kok bro, ada mekanismenya
cm utk sebagian trader ga mau repot2, plg diduitin aja

Wah kemaren2 ane udah panjang lebar jelasin gak guna dong :mrgreen:
Sama sekali gak nyambung bro alias beda total antara pembeli fortie dengan spekulan minyak (spekulan oil future contract).

OK, ane ulang lagi, kalo diliat dari tujuannya:
A- Spekulan itu cuma mao duit spread harga beli oil dimasa sekarang dengan harga yg bisa dia jual di masa depan
- Spekulan pengen duitnya yg 400 jt bisa menjadi 800 jt setelah main oil ini
- Spekulan gak mao terima delivery oil berjerigen2 tsb, spekulan gak mao nyediain gudang buat nyimpen oil tsb, spekulan gak mao bayar transportasi buat antar jemput oli. Kalo mereka harus lakukan ini, percaya deh gak ada yg mao lakukan spekulasi komoditi ini.
B- Pembeli fortie tujuan utama nya adalah make produknya, buat dipake piknik sama keluarganya, buat dipake kerja, anter jemput sekolah, dll
- Pembeli fortie pengen duitnya yg 400 jt menjadi (umpamanya) 300jt setelah 3 tahun pemakaian, bukan jadi 800jt....alias sebenernya cuma simple resale value aja, bukan pemilik fortie pengen profit/untung, mereka cuma gak mao rugi terlalu banyak u/ barang konsumsinya (bukan barang spekulasinya)!
- pembeli fortie mao terima delivery, bawa pulang mobilnya, masukkin ke garasinya.....mereka beli fortie karena kebutuhan/keinginan thd fortinya, artinya pembeli fortie ini mencerminkan real market, sehingga pantes disebut dgn simply "Customer" atau konsumen, bukan spekulan.

Kenapa ane bilang bukan real market? Karena faktor A dan B diatas.
Sekedar background, harga oli yg naik memang gak hanya disebabkan oleh ulah spekulan aja, tapi juga karena faktor:
-Real demand yg tinggi terutama dari china dan india
-nilai dollar yg melemah
-kemaren itu ada ribut2 di tambang minyak
-spekulan (yg suka ngebid harga oil future)
Yg terjadi tahun lalu (harga minyak melonjak drastis dalam waktu yg singkat) itu memang kebanyakan karena ulah spekulan yg spekulasi harga minyak setelah deal (karena perush minyak jual crude oilnya bbrp bulan sebelum actual delivery, jadi harga udah ditetapin dulu), tapi sebelum delivery di CME (Chicago Mercantile Exchange, baru pindah dari NYME).

Yg melakukan derivatives oil future ini adalah hedge fund2, pension fund2, bank central negara2, dll yg duitnya kenceng, bukan perorangan kaya kita2 hehehe.....YG ngelakuin bid oil future ini juga cuma segelintir brokerage firm aja misal lehman brother, JPMorgan, dll....yg cuma mao untung sesaat aja, gak peduli bahwa tindakan mereka bisa menyebabkan harga jadi fluktuatif (ya spt bro Iwang bilang, ada faktor greed jg disini).
Demand yg kelihatannya begitu besar (karena mereka menggelontorkan bermilyar2 dolar ke sini) menyebabkan harga future crude oil naik dan naik terus, padahal itu bukan the real demand thd oil tsb, melainkan cuma demand yg semu (karena dilakukan cuma oleh segelintir orang). Karena demand yg sebenernya adalah demand yg ada di tangan pemakai oil2 tsb misal masy yg butuh bensin, masy yg butuh heating oil, mesin pabrik2 di china, dsb....itu lah demand asli.

Tapi di perekonomian yg menganut free market, pasar pasti melakukan automatic adjustment pada waktu harga udah mulai gak karuan (apalagi kemaren2 itu ketolong dgn real demand yg bener2 menciut karena krisis), makanya oil price juga rally turun ke level 35 dollar (yg gak rasional juga harganya karena terlalu murah.....ulah spekulan juga hihihihi), dan akhirnya berangsur2 mulai stabil lagi ke deket2 perpotongan real demand vs supply di sekitaran 70an dollar.

Kalo liat pengalaman kemaren2, kayaknya bro Captivated bakalan ngomong "Ah tetep aja sama spekulan minyak dgn pembeli fortie" hehehe.....
Karena memang dimana2 gak pernah ada mobil dijadiin komoditi untuk spekulasi :mrgreen: Pembeli fortie tuh sama aja kaya pembeli mobil2 yg lain, sebenernya pengen nikmatin dan pake mobilnya, resale value bagus hanya bonus aja buat mereka.
Kalo mereka mao untung, uang 400 jt nya dibeliin aja emas batangan hehehe.....
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by Risol1 »

Captivated wrote:
Risol1 wrote: Harga fortie memang gak mungkin naik terus sampe indefinite. Pasti suatu saat akan nyampe titik harga dimana TAM tau kalo naikkin harga lagi akan mengurangi demand produknya. Tapi IMO, gak masalah selama memang orang yg beli Fortie tujuannya untuk pake, bukan untuk jual lagi nyari untung (spekulan)
Dan percaya deh, misalnya kalo harga fortie model sekarang mentok di 500 jt (ini engga ngomongin all new fortie ya hehehehe), maka harga bekasnya gak mungkin stagnan di "bawah" sono, pasti harga bekasnya ngikutin harga barunya. Bener banget yg beli fortie pada saat harga 350 jt yg untung, tapi yg pasti juga yg beli fortie di level 500 jt juga gak rugi
yg dibold ttg mslh resale toh?
Apa sih hubungannya tulisan ane yg bilang "gak masalah selama memang orang yg beli Fortie tujuannya untuk pake, bukan untuk jual lagi nyari untung (spekulan)" dengan masalah resale? Kayaknya koq bro Captivated sensitip sekali dengan kata resale sehingga semuanya dihubung hubungkan dengan resale value? :mrgreen:
Maksud saya diatas tuh, gak masalah jadi pembeli terakhir fortie (walaupun harga fortie gak naik2 lagi), yg penting beli mobilnya kan karena memang tujuannya beli mobil adalah untuk dipake....gak ada hub dgn resale (walaupun resale juga tetep bagus walaupun harga baru gak naik2).....Ya spt beli captiva yg harga barunya gak naik2, gak masalah toh?
kan memang untuk dipake mobilnya :mrgreen:
Captivated wrote:[tanpa faktor resale value (faktor eksternal), fortie disel udh kalah duluan ama saingan2nya (evie n ctv)
Wah ini kata siapa lagi bro??? lho koq "berani-beraninya" bikin statement gini darimana dasarnya? hehehehe......
Saya aja gak berani bilang Captiva kualitasnya lebih jelek dari Fortie karena memang belum keliatan, dan juga memang ini mobil IMO termasuk mobil yg cukup bagus model luar dalemnya.

Kalo boleh jujur, fortie yg dikeluarin produsen toyota yg udah terkenal reliabilitynya, yg udah malang melintang semenjak 2005, yg mesin diesel 2.5l nya udah dipake ipah semenjak 2004, yg selama 5 tahun terakhir gak pernah kedengeran ada masalah, kalo boleh jujur nih, semestinya probability overal qualitynya lebih bagus dibanding captiva yg baru keluar sejak 2007, dan mesin diselnya jg baru di launched tahun lalu (2008)....alias baru setahun. :mrgreen:

Toyota crown royal aja yg resale valuenya jauh lebih jeblok dibanding mercy e class boleh diadu reliability dan quality internal mobilnya dibanding rival2nya....... :mrgreen:
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by Risol1 »

Captivated wrote:
Risol1 wrote: Yah bro sah2 aja lah hehehehe, malah bagus karena ada balance of "power" :frm_salut:

Bro Captivated memang kasi argumentasi tapi IMO kayaknya argumentasi nya cuma diulang2 aja, alias cuma nyalahin pembeli fortuner sbg "pemberi angin" atau "gak bijak" atau nyalahin produsen/pasar/konsumen yg katanya "ngomporin"....
sebenernya saya masih bingung "pemberi angin/ngasih angin" dan "ngomporin" itu gimana sih?

Sori kalo ane salah tangkep dan maksud bro Captivated bukan spt diatas :mrgreen:, tapi ane cuma mao tau aja, gimana sih caranya supaya jadi konsumen bijak dan engga "ngasi angin" ke produsen? Ini beneran nanya lho :e-think:

Kalo bener ilustrasi saya diatas, berarti gak perlu kita diskusi panjang lebar lagi karena mindset toh udah terpatri bahwa "beli fortuner pokoknya salah aja" hehehe..... :mrgreen:
waduh ngulang lg neh... :mrgreen:
ngasih angin/ngomporin = naik 5jt dibeli, naik 50jt ttp (bhkn makin) dibeli
kl mnrt teori ekonomi : "naik harga bisa bikin volume turun".
ini ga, mlh kebalikan, makin naik makin gede volume. rasional ato irrasional tuh?
mestinya kritis donk, apa sih alesan naiknya? ini keliatannya makin mahal justru makin laris :frm_bang_head:
alesannya apa... kurs lagi kah?
cb bandingin harga fortie di thai or negara2 laen, naiknya sebanyak di indo kah?
alesan biaya parts/impor naek, mgkn... tp naeknya 26%??? i don't think so :snipersmile:
Jah kan.....heheheh....ngulang2 lagi, jadi kayaknya bro Captivated cuma bertahan aja dengan kasi argumen yg sama terus menerus :mrgreen:

Sekali lagi gak ada yg bawa2 kurs setelah kurs stabil di 10rb......dan juga sekali lagi teori ekonomi tuh gak pernah salah atau gak pernah irrasional atau engga pernah terbalik. Hukum/teori ekonomi selalu tetap dan benar.
makin mahal makin laris, artinya bukan hukum ekonomi terbalik, tapi IMO harga tsb belum mencapai titik ekuilibriumnya. kalo harga udah melewati titik ekuilibrium, maka percaya deh, demandnya Fortie akan berkurang dengan sendirinya. :mrgreen:

ini ngomong2 koq pertanyaan ane gak ditampilin di quote diatas? :mrgreen:
nih pertanyaannya yg di garis bawah:
Risol1 wrote:Yah bro sah2 aja lah hehehehe, malah bagus karena ada balance of "power" :frm_salut:

Bro Captivated memang kasi argumentasi tapi IMO kayaknya argumentasi nya cuma diulang2 aja, alias cuma nyalahin pembeli fortuner sbg "pemberi angin" atau "gak bijak" atau nyalahin produsen/pasar/konsumen yg katanya "ngomporin"....
sebenernya saya masih bingung "pemberi angin/ngasih angin" dan "ngomporin" itu gimana sih?

Misal: Kalo ada 1 orang lagi perlu SUV 7 seater lalu lagi mikir masak2 mana SUV yg menurut dia paling good value?
dan setelah mempertimbangkan masak2 semua faktor dengan akal sehatnya (karena menyangkut duit yg engga sedikit), lalu memutuskan bahwa dia mao beli Fortuner.
Nah apakah itu yg bro Captivated anggap "ngasi angin" ke TAM?
Dan supaya engga dikatain sama bro Captivated "ngasi angin" atau "kurang bijak" berarti orang itu harus berbuat apa? Apakah orang tsb harus membatalkan beli Fortuner, lalu kemudian order SUV yg spek teknis nya lebih bagus dengan harga lebih murah, misal Captiva? Lalu baru bro Captivated bisa mengubah cara pandangnya ke orang ini menjadi orang yg "bijaksana" gitu?
Sori kalo ane salah tangkep dan maksud bro Captivated bukan spt diatas :mrgreen:, tapi ane cuma mao tau aja, gimana sih caranya supaya jadi konsumen bijak dan engga "ngasi angin" ke produsen? Ini beneran nanya lho :e-think:


Kalo bener ilustrasi saya diatas, berarti gak perlu kita diskusi panjang lebar lagi karena mindset toh udah terpatri bahwa "beli fortuner pokoknya salah aja" hehehe..... :mrgreen:
Gimana jadi nya kalo ada orang yg butuh SUV 7 seater dan udah mantap beli Fortuner, supaya gak dicap sbg spekulan/gak rasional/gak bijak/ngasi angin oleh bro Captivated?
Apakah orang tsb harus batalin beli Fortunernya dan beli Captiva gitu? :mrgreen:
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by Risol1 »

Captivated wrote:
Risol1 wrote: IMO, pasar USDM udah sejak lama (bukannya semenjak awal thn 2000an aja) tergerus oleh hantaman produk2 impor, market share produk2 detroit udah sejak lama berkurang terus dari waktu ke waktu (bukan karena midset yg berubah sekejap). Intinya adalah kalo mereka mao berbenah diri dari dahulu bisa koq......

Yg bikin detroit terpuruk spt sekarang ini adalah karena 2 faktor utama: Harga minyak yg membubung tinggi dan krisis ekonomi sekarang sehingga sales mobilnya berkurang drastis.
(oot ON)
sblm minyak naik thn lalu, gm udh mulai merugi *cmiiw*
market sharenya turun perlahan2, krn kelibas ama mbl2 kecil produksi saingan
mindset byk org berubah dr mbl gajah ke mbl kecil. harga jauh lbh murah, irit bbm. ditambah lg org udh ga takut ngambil mbl2 non detroit.
krisis ekonomi kyknya cm mempercepat kejatuhan gm. tanpa itupun, sooner or later kolaps jg kok kl ga berbenah/berubah
selain market share, bs diliat harga sahamnya yg tiap thn cenderung turun.
(oot OFF)
betul udah mulai merugi, tapi mungkin yg lebih tepat adalah market sharenya yg kemakan terus menerus sama produk impor, kalo soal untung rugi kayaknya engga setiap tahun rugi, ada untungnya juga kaya misal Chrysler thn 05 aja untung gara2 produk "300" nya. Ford juga gitu, walaupun produk lainnya engga laku, tapi F150 nya jadi best seller terus selama bbrp belas tahun berturut2.....jadi ane engga tau apakah dia orang udah rugi atau masih untung hehehe.....
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by Risol1 »

Captivated wrote: bukan bro, sorry kl slh tankap... hehehe
bukan pembeli funds, tp pembeli dlm hal ini "funds" aka investment company, dana pensiun, dll. ga ada org yg mau beli funds kok bro.
fortie owner bs dianalogikan sbg pemegang saham, dlm hal : jika harga fortie naik (dgn asumsi resale value ikut naik), sbg pemegang brg mrk bs dpt untung jika menjual brgnya tsb
sm dgn shareholders suatu perusahaan... ketika harga sahamnya naik, untung jk jual sahamnya, dst
iya bro ane ngerti koq.....
maksudnya juga sama bahwa TAM = produsen, lho koq fortie owner = shareholders, dimana korelasinya?
mustinya kan penjual saham padanannya pembeli saham, sedangkan produsen padanannya kan konsumen, lho koq ini bisa "nyebrang"
Shareholder pengen investasinya untung, dari 1M jadi 2M gitu dong, kalo Fortie owner pengen nikmatin mobilnya, gak ada hub sama nyari untung....Dah ah ane cape ngetiknya hehehe.....
Captivated wrote:
Risol1 wrote: Bukan.
Bukan salah mitsu Japan bro, itu memang policy mereka aja ganti nama lancer jadi galant fortis, tapi tetep bukan galant.
msh krg ngerti gw... :e-think:
asumsi gw, penamaan suatu produk itu hak prerogatifnya si pembuat. mknya kmrn gw blg "bisa2nya" mitsu/ktb
setuju, saya bilang "policy mereka" kan artinya sama juga dengan "hak prerogatifnya pembuat"........kalo hal ini sih benernya udah gak usah diperdebatkan lagi bro, karena udah FAKTAnya bahwa galant fortis (aka lancer) itu gak sama dengan galant, apalagi kalo dua2nya dipajang berdampingan di showroom, keliatan banget bedanya :mrgreen:
Captivated wrote:
Risol1 wrote: Thn 2005 aja, Mitsu baru mulai berpikir untuk menghentikan prod galant dan kuda. Kuda aja thn 05 masih dijual.
Galant dan kuda distop produksinya berbarengan. Memang sejak thn 02/03, Galant jarang yg beli karena ya itu tadi dukungan pabrikan kurang, sebenernya sih bukan salah mobilnya karena kalo liat trend dari tahun 98 (awal galant hiu), salesnya sebenernya cukup bagus
konon 2002 produksi trakhir, brg2 2003-2005 itu sisa2 produksi 2002
krn waktu 2004 nanya2 mslh galant, ktnya barangnya yg stok sisa produksi 2002. krn setlh 2002 ktb cm jualan lancer aja di kategori sedan
ini kt org mitsu (lautan berlian) loh, bukan kt gw :mrgreen:
kl klaim dr mmc bhw 2005 akan stop produksi, mgkn cm mmperhalus ajah krn kenyataannya emg dr thn2 kmrn udh ga produksi
kl kuda stop 2005 itu emg bener
mungkin bro Captiva bener, dalam hal ini saya engga tau pasti. Tapi kalo dari berita2 di koran (yg kemaren saya paste url-nya) sih engga seperti itu. Tapi yah kalo soal ini mungkin bro Captivated kayaknya lebih tau karena dapet info dari orang dalem.

intinya yg saya mao sampaikan sebenernya adalah galant berarti dari thn 03-05 disuruh "berjuang" sama KTB untuk ngelawan sedan2 saingannya yg masih "muda2" umurnya....disitu maksud dari kata2 saya yg bilang "anak tiri KTB thd Galant".
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by Risol1 »

Captivated wrote:
Risol1 wrote: Gini deh, dari tadi kan kita cuma ngomongin Fortie nih dan katanya pembeli fortie semuanya gak bijak dan sukanya cuma buang duit cuma2 buat barang yg overpriced?

Sekarang kita ambil contoh aja deh, misal Captiva Diesel: Yg ane percaya bahwa bro Captivated pasti merasa orang2 yg beli ni mobil adalah orang2 yg bijak dan pinter dalam membelanjakan uangnya.
Yg ane mao tau, kenapa kalo memang udah terkenal bahwa captiva adalah pilihan orang2 bijak, tetep aja salesnya jauh lebih kecil dibanding toyota Fortuner yg udah terkenal overpriced? Tetep aja gak diinden sepanjang forti atau CRV (yg ane percaya pasti juga dicap sebagai overpriced)?

Ada penjelasan yg ilmiah? :mrgreen:

Tapi tolong jangan pake penjelasan "karena masyarakat sini gak bijak" atau "masyarakat sini ngasi angin" atau "pasar/produsen yg ngompor2in" atau "masyarakat sini yg spekulan semua" karena masalah ini bukan cuma terjadi disini aja, tapi juga terjadi di pasar2 lain misal pasar USDM yg mrpk main marketnya produk2 Chevy
Siapa tau mata ane jadi terbuka setelah denger penjelasan bro Captivated :mrgreen:
esmosi nih om? nyante aja lah :mrgreen: ?
jah bro.....sebenernya mah komen2 kaya gini engga perlu ditulis segala, saya mah jarang esmosi om :mrgreen:
Lagian ngambil kesimpulan gitu darimana bro :e-think: ? mana tulisan saya yg menandakan saya lagi esmosi? ckckckck.....kan ujung2nya jadi gosip doang :mrgreen:
mandala1
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7559
Joined: Tue Feb 17, 2009 4:44

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by mandala1 »

DOHC wrote:
mandala1 wrote:
DOHC wrote:ngomong2 soal reliability, kalo captiva, evie, fortie... ampe ari ini uda perna denger complain2 atau masalah apa aj gt... scara tuh 3 produk uda setaon lebi beredar di sini... apalagi fortie dan evie, uda cukup sesepuh gt istilahnya...
Kalo yg 3 diatas itu ane belon tau bro......tapi kalo ipah yg udah 2 taon pake n ane siksa tiap hari tanpa kasih sayang sih udah terbukti : memuaskan dibanding mobil2 lain yg pernah ane pake buat disiksa :mrgreen: malah bisa dibilang si ipah yg kerja nya paling berat diantara yg dulu2.
mah itu dia, kalo ipah kan uda ada contoh nya... secara kita dari kmaren2 bahas soal reliability bla bla bla... tapi blom ada gt yg personal experience ngalamin sendiri...
Hmmm......kayaknya om FM dah pake Fortuner selama kurang lebih 2 taunan yah :) tapi kalo di liat dari komen ybs sih puas bgt :frm_tumbright:
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by Risol1 »

Captivated wrote:
Risol1 wrote: Sekarang kita ambil contoh aja deh, misal Captiva Diesel: Yg ane percaya bahwa bro Captivated pasti merasa orang2 yg beli ni mobil adalah orang2 yg bijak dan pinter dalam membelanjakan uangnya.
Yg ane mao tau, kenapa kalo memang udah terkenal bahwa captiva adalah pilihan orang2 bijak, tetep aja salesnya jauh lebih kecil dibanding toyota Fortuner yg udah terkenal overpriced? Tetep aja gak diinden sepanjang forti atau CRV (yg ane percaya pasti juga dicap sebagai overpriced)?

Ada penjelasan yg ilmiah?
:mrgreen:

Tapi tolong jangan pake penjelasan "karena masyarakat sini gak bijak" atau "masyarakat sini ngasi angin" atau "pasar/produsen yg ngompor2in" atau "masyarakat sini yg spekulan semua" karena masalah ini bukan cuma terjadi disini aja, tapi juga terjadi di pasar2 lain misal pasar USDM yg mrpk main marketnya produk2 Chevy
Siapa tau mata ane jadi terbuka setelah denger penjelasan bro Captivated :mrgreen:
penjelasannya simple... irrational market!
apa ini klaim sepihak... mgkn. tp berdasar pengamatan ane, stlh naik harganya gila2an fortie jd lbh laris
tanya kenapa?
mgkn ada yg blg, dulu fortie underpriced. kok underpriced-nya 4thn (dr 2005)?
Yah kan.....selalu orang lain (pasar) yg disalahkan :mrgreen:

Mungkin ngga sih sebelum nyalahin semua orang (pasar), kita liat juga kedalem bahwa mungkin ada bbrp faktor yg Captiva agak kurang dibanding Fortie?
Mungkin nggak bahwa kalo ada 2 pintu A dan B; dan semua orang masuk ke pintu A: Bukan berarti semua orang tsb salah/irrational/gak wise, melainkan mungkin karena dibalik pintu A menwarkan sesuatu yg gak bisa dikasi sama pintu B?
Last edited by Risol1 on Fri Aug 28, 2009 3:45, edited 1 time in total.
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by Risol1 »

Captivated wrote:chevy kalah ama toyota? kasus per kasus bro, dr kmrn kan gw udh blg
kasus skrg adlh "fortie disel vs ctv disel vs evie"
sales plg byk blm tentu mblnya lbh unggul secara teknis
hyundai genesis apa kabrnya di amrik? laris manis ga?
bener bro kasus per kasus......bener juga kita lagi bandingin "fortie disel vs ctv disel vs evie"
Ane cuma menyinggung USDM karena chevy captiva/vue vs CRV vs Rav4 juga kalah salesnya?
Jadi maksudnya ane cuma mao "make a statement" ajah bahwa kalo menurut bro captivated bahwa market indo irrasional karena gak milih captiva, maka begitu juga dengan market US, bisa jg dong sama2 dibilang market yg irrasional karena lebih memilih crv/rav4 dibanding vue (yg adalah produknya sendiri).

Yah ane sih gak bisa ngomong apa2 lagi deh kalo bro memang udah punya mindset bahwa "Di Indonesia, Yg gak milih Captiva untuk SUV 7 seaternya adalah orang2 yg gak rasional" :mrgreen:
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by maskopat »

FortunerMan wrote:
Menurut anda
:mrgreen: Kalo faktor eksternal sih udah gak usah diomongin, Toyota vs Chevy - no contest. Internal? Masih banyak keunggulan Fortuner dr Everest...buatan interior Fortuner lebih halus, suspension Evie masih daun rem masih model tarik.
Captiva? Fortuner jauh lebih tangguh, kemungkinan besar akan lebih reliable di jangka panjang (Toyota vs Daewoo...plis deh)
kalo menurut ane sih, per daun atau per keong bukan issue besar. bisa aja per daun lebih empuk dan nyaman daripada per keong. lagipula yang ane denger2, per daun lebih kuat durabilitynya daripada per keong. tapi ane belum tahu kebenarannya. soalnya alasannya, truk2 besar masih pake per daun.. yang pake keong mobil sedan.. :mrgreen: :mrgreen:

nah, kalo rem tangan tarik, ini emang kesannya kuno.. tapi enaknya, konsol tengah jadi lebih lega..
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by Risol1 »

Captivated wrote:
mandala1 wrote:Waduh.....ini artinya semua pembeli Fortuner orang bodoh dong yah? :e-think:
definisi 'bodoh' apa om? kl iq jongkok... yah ga dong ah. fortiers dsini kan org pinter2 smua
irrational = mgkn lbh condong ke "ga sesuai buku" hehehehe

sampe mid 2008 kan msh normal tuh harga2
stlh itu terjadi anomali/fenomena
:
Kayaknya diatas udah dibilang bro bahwa kalo bukan captiva = irrasional :mrgreen:
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by Risol1 »

FortunerMan wrote:
maskopat wrote:om FM mah uangnya gak ada serinya.... mau beli apa aja dia bisa...
Ini mah si Risoles yg begini....(lempar bola lagi)
Risoles lagi nabung nih buat kawin, Om Dal tuh yg idupnya dah kumplit.....anak bini cakep2, duit banyak......kurang apa coba?.....mungkin cuma kurang rasional kali huehuehuehuehue...... :mrgreen: :big_peace:
FortunerMan

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by FortunerMan »

mandala1 wrote:Hmmm......kayaknya om FM dah pake Fortuner selama kurang lebih 2 taunan yah :) tapi kalo di liat dari komen ybs sih puas bgt :frm_tumbright:
3 thn, 60 ribu km :) Puas banget kekuatan dan reliabilitynya, sesuai dengan reputasi atoyot. Mesin rasanya sama kaya baru, begitu juga suspension kaya baru aja - pakenya kaya AKAP lagi :P tapi emang masih baru sih 60 ribu km doang haha...Camry ane dah mau 140 ribu km aja masih bagus2 aja. Toyota has never let me down.
mandala1
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7559
Joined: Tue Feb 17, 2009 4:44

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by mandala1 »

Risol1 wrote:
Captivated wrote:tanpa faktor resale value (faktor eksternal), fortie disel udh kalah duluan ama saingan2nya (evie n ctv)
Wah ini kata siapa lagi bro??? lho koq "berani-beraninya" bikin statement gini darimana dasarnya? hehehehe......
Saya aja gak berani bilang Captiva kualitasnya lebih jelek dari Fortie karena memang belum keliatan, dan juga memang ini mobil IMO termasuk mobil yg cukup bagus model luar dalemnya.

Kalo boleh jujur, fortie yg dikeluarin produsen toyota yg udah terkenal reliabilitynya, yg udah malang melintang semenjak 2005, yg mesin diesel 2.5l nya udah dipake ipah semenjak 2004, yg selama 5 tahun terakhir gak pernah kedengeran ada masalah, kalo boleh jujur nih, semestinya probability overal qualitynya lebih bagus dibanding captiva yg baru keluar sejak 2007, dan mesin diselnya jg baru di launched tahun lalu (2008)....alias baru setahun. :mrgreen:

Toyota crown royal aja yg resale valuenya jauh lebih jeblok dibanding mercy e class boleh diadu reliability dan quality internal mobilnya dibanding rival2nya....... :mrgreen:
Waaak....ane baru ngeh nih ada komen begini dari bro Captivated :e-doh:
yaaa.....ga bisa men-judge begitu donk om.....semua merk mobil pun kalo tanpa faktor resale value (faktor eksternal) ga bakal ada yg mau beli, kecuali emang terpaksa karena duidnya pas2an alias cekak :mrgreen:
Secara logis pasti ada perbedaan antara mobil harga 400jt lebih dgn yg harga 300jt'an pasti ada,, kalo sy mungkin masih memandang prinsip kuno 'ada barang ada harga' n yes itu udah terbukti banget.....
Kalo sy mending no komen lah.....daripada men judge langsung suatu barang yg sy anggap harganya kemahalan itu jelek/kalah dgn ini itu, daripada sy nanti terdengar seperti angkuh padahal ga sanggup beli :mrgreen:
FortunerMan

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by FortunerMan »

maskopat wrote:
FortunerMan wrote:
Menurut anda
:mrgreen: Kalo faktor eksternal sih udah gak usah diomongin, Toyota vs Chevy - no contest. Internal? Masih banyak keunggulan Fortuner dr Everest...buatan interior Fortuner lebih halus, suspension Evie masih daun rem masih model tarik.
Captiva? Fortuner jauh lebih tangguh, kemungkinan besar akan lebih reliable di jangka panjang (Toyota vs Daewoo...plis deh)
kalo menurut ane sih, per daun atau per keong bukan issue besar. bisa aja per daun lebih empuk dan nyaman daripada per keong. lagipula yang ane denger2, per daun lebih kuat durabilitynya daripada per keong. tapi ane belum tahu kebenarannya. soalnya alasannya, truk2 besar masih pake per daun.. yang pake keong mobil sedan.. :mrgreen: :mrgreen:

nah, kalo rem tangan tarik, ini emang kesannya kuno.. tapi enaknya, konsol tengah jadi lebih lega..
Kekuatan sih gak usah diragukan, memang lebih kuat dr keong. Cuman biasanya kalo mobil naik kelas atau ganti fungsi jd mobil penumpang...di ganti ke keong - Hilux dan Triton kan daun juga...pas di rubah ke SUV diganti keong. Kalo rem tarik...turn off banget buat saya hehe...trus antenanya masih yg model nongol di pilar A. Plus sidenya juga banyak Evie, 5-speed transmission, mesin maknyoss dan tangguh, 4 airbags. Kekurangan Evie satu lagi...tp masalah selera aja sih, setelah facelift kok makin cupu tampangnya :P Yg thn lalu gahar.
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by maskopat »

Risol1 wrote:
FortunerMan wrote:
maskopat wrote:om FM mah uangnya gak ada serinya.... mau beli apa aja dia bisa...
Ini mah si Risoles yg begini....(lempar bola lagi)
Risoles lagi nabung nih buat kawin, Om Dal tuh yg idupnya dah kumplit.....anak bini cakep2, duit banyak......kurang apa coba?.....mungkin cuma kurang rasional kali huehuehuehuehue...... :mrgreen: :big_peace:
ehem ehem...
makanya om Risol1, om dal mah pantas jadi panutan.. uang gak berseri, keluarga bahagia dan sejahtera... :big_peace: :big_peace:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
mandala1
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7559
Joined: Tue Feb 17, 2009 4:44

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by mandala1 »

maskopat wrote:
Risol1 wrote:Risoles lagi nabung nih buat kawin, Om Dal tuh yg idupnya dah kumplit.....anak bini cakep2, duit banyak......kurang apa coba?.....mungkin cuma kurang rasional kali huehuehuehuehue...... :mrgreen: :big_peace:
ehem ehem...
makanya om Risol1, om dal mah pantas jadi panutan.. uang gak berseri, keluarga bahagia dan sejahtera... :big_peace: :big_peace:
Risoles kan rencana kawinnya di ballroom mewah jadi wajar kalo perlu dollar banyak :mrgreen: kalo ane kan cukup resepsi sedehana di kampung pulak......

Om kopat mau dibagi duid yg ga ada seri nya? Ntar yah ane bakarin dulu...... :upss: :ngacir: :ngacir: :ngacir: