


Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t
Gak sependapat yah gapapa om kopat, kaga perlu maap2an segala, kan ane juga bukan yg paling benermaskopat wrote:sori om risol, ane gak sependapat dengan yang dibold dan underlined...Risol1 wrote: korelasi pasti ada, tapi mungkin gak langsung om Mod, artinya gak semua mobil kualitas bagus = paling laris, tapi yg pasti: "mobil yg orang kebanyakan paling suka = mobil paling laris".![]()
kalo ke perush beda platform, mungkin iya... tapi kalo sesama platform....maskopat wrote:itu lah Om.. mitsu itu perusahaan yang sosialnya tinggi... coba aja, proton dikembangin oleh mitsu.. hyundai oleh mitsu... citroen dan peugeot juga pake platform mitsu di salah satu mobilnya...Risol1 wrote: sebenernya kalo mao jujur, toyota dipandang lebih tinggi bukan karena faktor "old playernya" aja, tapi juga karena reputasinya bagus.
Dan reputasi (termasuk di dalamnya faktor2 spt reliability, after sales service, dll) di merek toyota, bukannya sekedar mitos ajah. Karena kalo cuma mitos, sebentaran juga ilang karena sebenernya setiap detik dari kehidupan kita sehari2 itu jadi ajang tesnya mobil2 (termasuk mobil2 toyota) yg bejibun banyaknya.
Chevrolet juga ane bilang tinggal tunggu waktu aja bisa spt toyota (kalo GM bisa maintain reputasi spt toyota maintain reputasinya).
Kalo soal "mobil korea", buat ane sih sekarang udah gak bisa dipandang sebelah mata lagi. Artinya gak bisa "kalah sebelum bertanding" spt mobil2 korea jadul.
Dulu korea (Hyundai) ngemis2 ke Mitsu minta diajarin bikin mobil, dan makanya banyak mobil2 hyundai yg pake platform dan mesin mitsu. Sekarang kalo ane disuruh pilih Mitsu Galant sama Hyundai Sonata, ane mungkin bakalan ambil Sonata kali......begitu juga Endeavor vs Veracruz, ane pilih Veracruz, begitu jg dgn santa fe![]()
Kabor ah sebelum digigit om Kopat
dodge juga pake mobil mitsu jualannya... caterpillar juga pake mesin mitsu... jadi mitsu sibuk membangun social network, tapi lupa dengan business otomotifnya. karena maklum aja, mobil di mitsu itu hanya bisnis kecilnya..
ente belum pernah beli mobil kepaksa sih...Risol1 wrote:Gak sependapat yah gapapa om kopat, kaga perlu maap2an segala, kan ane juga bukan yg paling benermaskopat wrote:sori om risol, ane gak sependapat dengan yang dibold dan underlined...Risol1 wrote: korelasi pasti ada, tapi mungkin gak langsung om Mod, artinya gak semua mobil kualitas bagus = paling laris, tapi yg pasti: "mobil yg orang kebanyakan paling suka = mobil paling laris".![]()
![]()
Susah jelasinnya, maksud ane di "orang kebanyakan paling suka" bukan sekedar suka liatnya di jalanan ajah, tapi lebih kepada kalo orang udah beli artinya itu pilihan yg paling mantep buat dia, apapun alesannya. Jadi diantara kandidat2 mobil yg sedang dipertimbangkan, kalo sampe orang tsb pilih satu, berarti boleh dibilang itu yg paling "masuk" buat dia, atau kata lainnya paling dia "suka"....gitu lah kira2.....
Ya mungkin bener juga bro, siapa sih yg tau kondisi real di tubuh atoyot....kita2 kan cuma bisa nebak2 ajah?maskopat wrote:tentang atoyot, ane pernah denger dari salah seorang mantan pegawai perusahaan penjual atoyot.. sebenernya atoyot itu mobilnya gak bagus2 amat... tapi servicenya yang tersedia di mana2.. part KW nya lengkap dari KW1 sampe KW100...
tapi nih orang udah berumur.. mungkin dia tahunya mungkin maksud dia atoyot yang lama.. dan dia malah bilang merek sebelah yang lebih bagus.. bahkan ada yang jauh lebih bagus daripada atoyot tapi gak laku.. karena merek sebelah lupa ngebangun service dan part KWnya...![]()
hehehe....ane gak bisa jawab deh meneer Imsus, abisnya takut digigit om Kopatimsus2c wrote:kalo ke perush beda platform, mungkin iya... tapi kalo sesama platform....maskopat wrote:itu lah Om.. mitsu itu perusahaan yang sosialnya tinggi... coba aja, proton dikembangin oleh mitsu.. hyundai oleh mitsu... citroen dan peugeot juga pake platform mitsu di salah satu mobilnya...Risol1 wrote: sebenernya kalo mao jujur, toyota dipandang lebih tinggi bukan karena faktor "old playernya" aja, tapi juga karena reputasinya bagus.
Dan reputasi (termasuk di dalamnya faktor2 spt reliability, after sales service, dll) di merek toyota, bukannya sekedar mitos ajah. Karena kalo cuma mitos, sebentaran juga ilang karena sebenernya setiap detik dari kehidupan kita sehari2 itu jadi ajang tesnya mobil2 (termasuk mobil2 toyota) yg bejibun banyaknya.
Chevrolet juga ane bilang tinggal tunggu waktu aja bisa spt toyota (kalo GM bisa maintain reputasi spt toyota maintain reputasinya).
Kalo soal "mobil korea", buat ane sih sekarang udah gak bisa dipandang sebelah mata lagi. Artinya gak bisa "kalah sebelum bertanding" spt mobil2 korea jadul.
Dulu korea (Hyundai) ngemis2 ke Mitsu minta diajarin bikin mobil, dan makanya banyak mobil2 hyundai yg pake platform dan mesin mitsu. Sekarang kalo ane disuruh pilih Mitsu Galant sama Hyundai Sonata, ane mungkin bakalan ambil Sonata kali......begitu juga Endeavor vs Veracruz, ane pilih Veracruz, begitu jg dgn santa fe![]()
Kabor ah sebelum digigit om Kopat
dodge juga pake mobil mitsu jualannya... caterpillar juga pake mesin mitsu... jadi mitsu sibuk membangun social network, tapi lupa dengan business otomotifnya. karena maklum aja, mobil di mitsu itu hanya bisnis kecilnya..![]()
seperti orang bule bilang, TANSTAAFL > There's Absolutely No Such Thing As A Free Lunch.... bener ga meneer risol? ...
tenang aja Om.. gigi ane belum sampe US.. ilmu ane masih lokalan doang...Risol1 wrote:hehehe....ane gak bisa jawab deh meneer Imsus, abisnya takut digigit om Kopat
iye.. makanye ane bilang itu yang ngomong orang tua.. yang udah belasan tahun keluar dari perusahaan yang jual atoyot... dan dugaan ane dia juga tahunya yang mobil lama...Risol1 wrote:Ya mungkin bener juga bro, siapa sih yg tau kondisi real di tubuh atoyot....kita2 kan cuma bisa nebak2 ajah?maskopat wrote:tentang atoyot, ane pernah denger dari salah seorang mantan pegawai perusahaan penjual atoyot.. sebenernya atoyot itu mobilnya gak bagus2 amat... tapi servicenya yang tersedia di mana2.. part KW nya lengkap dari KW1 sampe KW100...
tapi nih orang udah berumur.. mungkin dia tahunya mungkin maksud dia atoyot yang lama.. dan dia malah bilang merek sebelah yang lebih bagus.. bahkan ada yang jauh lebih bagus daripada atoyot tapi gak laku.. karena merek sebelah lupa ngebangun service dan part KWnya...![]()
Tapi yg pasti mobil2nya atoyot kebanyakan gak banyak dikomplain sama penggunanya. Si innova aja jarang banget ane denger bermasalah, padahal mobil sejuta umat gitu mustinya kalo banyak masalah mustinya udah dari dulu ketauan secara "saksi" atau penggunanya banyak banget.....
mungkin.. gak ada yang gratis.. tapi buktinya sekarang mitsu kehilangan taji di beberapa negara.. si proton udah jadian dengan lotus... hyundai udah mampu bikin sendiri... padahal banyak juga mobil mitsu yang direbadge jadi merk2 mereka..imsus2c wrote: kalo ke perush beda platform, mungkin iya... tapi kalo sesama platform....![]()
seperti orang bule bilang, TANSTAAFL > There's Absolutely No Such Thing As A Free Lunch.... bener ga meneer risol? ...
Engga maksudnya gini om Iwang:iwang wrote:"mobil yg orang kebanyakan paling suka = mobil paling laris". haha but we don't follow the crowd , ya?
namanya jg orang kebanyakan...blum tentu rasional, malah cenderung ikut2an..terpaksa, terbatas kemampuannya, denger omongan orang lain, bingung, terpengaruh iklan, dll..
teorinya sih yang sudah rada melek, dan mampu, bisa berpikir lagi dan tidak ikut2an orang kebanyakan..punya pilihan2 lain, mampu terhadap pilihan2 tersebut, makin keatas makin kecil kerucutnya di piramida kehidupan...sampai pada satu titik dimana orang bisa ambil keputusan yang tidak rasional (menurut orang kebanyakan) dan tetap bisa get along with it...semata2 untuk memenuhi kebutuhannya, keinginannya..![]()
kalo kasusnya seperti ane gimana nih om?Risol1 wrote: Engga maksudnya gini om Iwang:
IMO, Satu mobil bisa jadi no 1 sales = karena kebanyakan orang (mayoritas orang) lebih suka sama mobil tsb/lebih suka dengan value yg ditawarkan mobil tsb => sehingga mereka beli => sehingga mobil tsb bisa jadi no 1 salesnya.
Gak mungkin orang beli kalo menurut dia mobil tsb engga kasi value paling banyak buat mereka dibanding produk saingannya (sekalipun valuenya itu adalah cuma cat mobil spt contoh saya diatas, tapi kalo value cat mobil tsb dipandang sama si pembeli lebih tinggi dari faktor2 lain, ya dibeli lah tu mobil)
Contohnya gini:
Ada 1 orang pengen beli mobil: pertimbangannya ada 2, Merek A dan Merek B
Orang tsb sebenernya orang yg berjiwa sporti dan menurut spek teknis 2 mobil tsb, merek A lah yg bisa memuaskan jiwa sportinya (menurut orang tsb juga gitu).
Tapi saudaranya punya merek B, yg engga se-sporty merek A, tapi saudaranya selalu bilang bahwa mobilnya reliable banget, spare part murah, dsb (faktor2 kaya gini memang gak bisa dibuktikan langsung di brosur)
Nah walaupun si orang tsb tau bahwa merek A lebih bisa muasin jiwa sporty nya, tapi tetep beli merek B karena denger omongan orang ttg reliability dan kemudahan parts, bukan berarti si orang tsb gak rasional....gitu lho....
Orang tsb artinya cuma memandang nilai reliability dan spare part murah LEBIH TINGGI "value"nya dibanding memuaskan jiwa sporty-nya.....bukan begitu?
Dan value2 lebih tinggi/lebih rendah tergantung dari masing2 orang. Orang tsb mungkin tetep memandang reliability dan kemudahan parts lebih tinggi dari sporty drive karena mungkin tabungannya terbatas, dll, dll....macem2 alesan dan background orang dalam memilih mobil.
Jadi karena seseorang yg berjiwa sporty tetep memilih faktor reliability dan parts (yg didengernya dari orang lain) dibanding sporty drive, bukan berarti orang tsb pantes dibilang gak wise/irasional....gitu lah
maksud ogut hub nya sama topik ini yg tentang bandingin mobil juga.Risol1 wrote:korelasi pasti ada, tapi mungkin gak langsung om Mod, artinya gak semua mobil kualitas bagus = paling laris, tapi yg pasti: "mobil yg orang kebanyakan paling suka = mobil paling laris".GTR wrote:soal resale value / laris ke bagus tidaknya produk.
kalo contoh antara lexus dan mercy;
IMO, kayanya resale value / penjualan mercy masih lebih kuat, apa ada korelasi langsung dengan kualitasnya maupun bagus tidaknya produk?..
Nah faktor "orang paling suka" ini yg sebenernya yg didiskusikan di berpuluh2 halaman terakhir. IMO, faktor ini bergantung banget sama selera dan kebutuhan masing2 orang.
Contoh ekstrimnya, kalaupun pembeli Fortuner cuma suka sama warna itemnya fortuner doang (sedangkan benci sama hal2 lainnya dari Fortuner), dan tetep beli fortuner (tetep gak ngelirik mobil lain), ya artinya orang tsb menempatkan warna lebih diatas dari faktor2 lain.....Yg sebenernya adalah perfectly OK. Karena artinya buat dia value warna itemnya fortuner tetep harganya lebih besar dibanding dengan faktor2 lain dari fortuner.
Bagitu juga dengan Captiva, mao itu yg beli cuma karena faktor logo "dasi kupu2nya" aja, ya it's OK. Karena buat dia pribadi, value dari kepuasan punya mobil dgn logo Chevy lebih tinggi dari merek lain.
Artinya seorang pembeli, sebagaimanapun alasannya, pas dia beli fortie/captiva, pasti dia merasa value yg diberikan oleh mobil tsb lebih besar dibandingkan jika dia beli mobil merek lain......sebagai-manapun ridiculous nya "value" tsb.
Jadi engga usah kita patok2in: kalo beli cuma karena "value warna cat", "value dasi kupu2", "value resale" adalah spekulan dan irasional. Tapi kalo yg beli mobil karena "value spek teknis". "value top speed" adalah pembeli bijak........karena sekali lagi orang beda2.....
wooiii, ga pernah maksud ngomelin posting2 bos risol so far....wadoh.....Risol1 wrote:Gini om Mod, kalo boleh ane kasi sedikit gambaran:GTR wrote:IMO. memang, kalo compare mobil dari faktor eksternal yah habis perkara...bisa2 yg most preffered brand (di indo yg resale value / angka penjualan bagus) menang sebelum bertanding.
beda dengan bahas mobil obyektif seperti media2 kaliber, cara bahas disitu tidak ada/jarang mandang mobil pemenang terutama karena masalah resale value / angka penjualan.
Sebenernya mulai dari tengah2 thread, diskusi udah bergeser dari perbandingan 3 mobil ke soal "Kenapa Fortuner pantes dihargain jauh lebih mahal dari saingan2 nya?" atau "Kenapa Fortie koq udah kalah di segala bidang tetep ditubruk pasar?" , seengaknya 2 hal itu yg saya tangkep. Captiva awal mulanya cuma dijadiin benchmark, yg di "grill" pertama2nya sih benernya si Fortie![]()
Ada pihak yg bilang "jawabannya adalah karena memang pasar menghendaki itu terbukti dari salesnya Fortie tetep tinggi/karena masyarakat mengganggap value yg diberikan fortuner lebih banyak dari saingannya", tapi ada juga pihak2 yg bilang sebaliknya.
Nah hal ini terus berlanjut sehingga bisa keluar istilah2 spt: "faktor2 eksternal", "spekulan saham", "irrational market", dll......Yg sebenernya adalah bukan kata2 yg biasa dikeluarkan kalo kita lagi review mobil.
Kenapa kata2 tsb bisa keluar? Karena selama ini yg ane tangkep itu memang kita bukan lagi review mobil, tapi ane cuma berusaha menjelaskan kenapa Fortie yg dianggap "produk jelek" bisa tetep no1 di salesnya.
Nah, selama kita lagi ngomongin atau diskusiin atau debatin topik diatas, gak ada komplain dari kedua belah pihak, sampe ada yg nanya ttg "kenapa captiva yg produk bagus tetep kurang laku?"
Setelah itu, ane gak ngerti juga kenapa tiba2 ada yg keberatan ngomongin ttg sales dengan alesan thread ini ttg review mobil bukan ttg sales mobil (padahal dulu2nya pada waktu nge-"grill" Fortuner gak keberatan ngomongin sales"
Nah karena itulah keliatannya aja kita lagi review mobil, tapi sebenernya kita masih bahas masalah 2 topik diatas tsb![]()
hihihihihi......ni yg laen pada kemana neh, pas dimarahin momod cuma ane doang yg maju.....yg laen pada kabor.......ane kabor juga ah![]()
Maksud ane tuh gak ada hub nya dengan keinginan (PS) dengan kemampuan (Trooper) om kopat. Kalo kemampuan = trooper, maka PS jangan diikut sertakan ke pilihan om Kopat.maskopat wrote:kalo kasusnya seperti ane gimana nih om?Risol1 wrote: Engga maksudnya gini om Iwang:
IMO, Satu mobil bisa jadi no 1 sales = karena kebanyakan orang (mayoritas orang) lebih suka sama mobil tsb/lebih suka dengan value yg ditawarkan mobil tsb => sehingga mereka beli => sehingga mobil tsb bisa jadi no 1 salesnya.
Gak mungkin orang beli kalo menurut dia mobil tsb engga kasi value paling banyak buat mereka dibanding produk saingannya (sekalipun valuenya itu adalah cuma cat mobil spt contoh saya diatas, tapi kalo value cat mobil tsb dipandang sama si pembeli lebih tinggi dari faktor2 lain, ya dibeli lah tu mobil)
Contohnya gini:
Ada 1 orang pengen beli mobil: pertimbangannya ada 2, Merek A dan Merek B
Orang tsb sebenernya orang yg berjiwa sporti dan menurut spek teknis 2 mobil tsb, merek A lah yg bisa memuaskan jiwa sportinya (menurut orang tsb juga gitu).
Tapi saudaranya punya merek B, yg engga se-sporty merek A, tapi saudaranya selalu bilang bahwa mobilnya reliable banget, spare part murah, dsb (faktor2 kaya gini memang gak bisa dibuktikan langsung di brosur)
Nah walaupun si orang tsb tau bahwa merek A lebih bisa muasin jiwa sporty nya, tapi tetep beli merek B karena denger omongan orang ttg reliability dan kemudahan parts, bukan berarti si orang tsb gak rasional....gitu lho....
Orang tsb artinya cuma memandang nilai reliability dan spare part murah LEBIH TINGGI "value"nya dibanding memuaskan jiwa sporty-nya.....bukan begitu?
Dan value2 lebih tinggi/lebih rendah tergantung dari masing2 orang. Orang tsb mungkin tetep memandang reliability dan kemudahan parts lebih tinggi dari sporty drive karena mungkin tabungannya terbatas, dll, dll....macem2 alesan dan background orang dalam memilih mobil.
Jadi karena seseorang yg berjiwa sporty tetep memilih faktor reliability dan parts (yg didengernya dari orang lain) dibanding sporty drive, bukan berarti orang tsb pantes dibilang gak wise/irasional....gitu lah
pengennya PS, tapi gak mampu, akhirnya cari seken trooper...
mungkin juga banyak maskopat-maskopat lain di sebelah sana yang pengennya alpard, grandis, oddy.. tapi mampunya apanja, luksio, apepe... gimana dunk??
kan keinginan dan kemampuan gak berbanding lurus...![]()
Hahaha.....orang udah berumur yah yg bilang? Udah pensiun? Atau pikun?maskopat wrote:itu lah Om.. mitsu itu perusahaan yang sosialnya tinggi... coba aja, proton dikembangin oleh mitsu.. hyundai oleh mitsu... citroen dan peugeot juga pake platform mitsu di salah satu mobilnya...
dodge juga pake mobil mitsu jualannya... caterpillar juga pake mesin mitsu... jadi mitsu sibuk membangun social network, tapi lupa dengan business otomotifnya. karena maklum aja, mobil di mitsu itu hanya bisnis kecilnya..
tentang atoyot, ane pernah denger dari salah seorang mantan pegawai perusahaan penjual atoyot.. sebenernya atoyot itu mobilnya gak bagus2 amat... tapi servicenya yang tersedia di mana2.. part KW nya lengkap dari KW1 sampe KW100...
tapi nih orang udah berumur.. mungkin dia tahunya mungkin maksud dia atoyot yang lama.. dan dia malah bilang merek sebelah yang lebih bagus.. bahkan ada yang jauh lebih bagus daripada atoyot tapi gak laku.. karena merek sebelah lupa ngebangun service dan part KWnya...![]()
Ane sebenernya bingung juga nih kenapa ditanggepinnya beda terus nih sama om Iwang dan om Kopatiwang wrote:saya pikir sih pilihannya selalu terbatas, yang reliable cenderung boring, yang stylish cenderung rewel..seperti itulah...jadi tetep aja pilihannya ga bakal 100% rasional...seperti misalnya saya beli 300TE taon 90, 180jt..kenapa saya ga beli livina baru, atau innova baru..atau terios baru...kan ga rasional? tapi tetep aja saya beli itu mbl tua (baru jalan 40k km sih)..karena i can afford so, dan saya tidak pusing soal maintenance dan reliability (bisa ditangani, cukup murah, atau sudah dibudgetkan)..dan menurut saya ini pilihan yang paling tepat, dibandingkan mbl lain dengan harga yang sama, karena butuhnya ini, bukan yang itu..
kalau ada keterbatasan2 lain ya lain soal, dan keputusannya bisa lain..misalnya buat commuter tiap hari, atau karena istri rewel, musti kredit, dan lain2, mungkin jadi grand livina matic, begitu kira2..
seperti yang om maskopat bilang, kan belum tentu pilihan lainnya ada dan memenuhi kebutuhan, jadi pasti aja ada trade offnya..
image2 seperti rally paris dakar itu juga biasa dipakai di automobile, mobil2 sport juga ada yg pakai trim "Nur", dll.mandala1 wrote:Hahaha.....orang udah berumur yah yg bilang? Udah pensiun? Atau pikun?maskopat wrote:itu lah Om.. mitsu itu perusahaan yang sosialnya tinggi... coba aja, proton dikembangin oleh mitsu.. hyundai oleh mitsu... citroen dan peugeot juga pake platform mitsu di salah satu mobilnya...
dodge juga pake mobil mitsu jualannya... caterpillar juga pake mesin mitsu... jadi mitsu sibuk membangun social network, tapi lupa dengan business otomotifnya. karena maklum aja, mobil di mitsu itu hanya bisnis kecilnya..
tentang atoyot, ane pernah denger dari salah seorang mantan pegawai perusahaan penjual atoyot.. sebenernya atoyot itu mobilnya gak bagus2 amat... tapi servicenya yang tersedia di mana2.. part KW nya lengkap dari KW1 sampe KW100...
tapi nih orang udah berumur.. mungkin dia tahunya mungkin maksud dia atoyot yang lama.. dan dia malah bilang merek sebelah yang lebih bagus.. bahkan ada yang jauh lebih bagus daripada atoyot tapi gak laku.. karena merek sebelah lupa ngebangun service dan part KWnya...![]()
Om kopat udah denger langsung belon 'orang dalem' mitsu bilang/mengakui kalo produk2 pasanger car nya mitsu itu masih kalah jauh penjualannya dgn pesaing2nya? Galant, jelas kalah dgn camry/accord,, Lancer mulai taon 2003 udah bertekuk lutut dihadapan Alltis/Civic,, Kuda kelaut aje ga ada apa2nya sama Kijang,, Grandis masih kalas mewah sama Odyssey, Maven? ga usah dibahas lah malu2in....
Itu yg ngomong orang KTB loh....bukan bisa2an ane,, cuma ane tulis pake gaya ane ngomong aje.....
Pajero? Ini emang mobil bagus...kuat,mewah,tangguh.....tapi tetep aja lakuan LC kemana2....
Ngomongin mitsu ujung2nya yg dibangga2in Rally Paris-Dakar,, emangnya jalanan di jakarta itu gurun pasir semua?
Ane ngomong gini bukan karena ane anti mitsu, ane juga dulu mitsu loper n ane skr bisa dibilang idup bisa dapet makan dari jualan mitsu juga,, tapi ane cuma bicara fakta....kenyataan in the real life
om dal.. kalo dari sisi sales.. ane setuju 100000000%...mandala1 wrote: Hahaha.....orang udah berumur yah yg bilang? Udah pensiun? Atau pikun?
Om kopat udah denger langsung belon 'orang dalem' mitsu bilang/mengakui kalo produk2 pasanger car nya mitsu itu masih kalah jauh penjualannya dgn pesaing2nya? Galant, jelas kalah dgn camry/accord,, Lancer mulai taon 2003 udah bertekuk lutut dihadapan Alltis/Civic,, Kuda kelaut aje ga ada apa2nya sama Kijang,, Grandis masih kalas mewah sama Odyssey, Maven? ga usah dibahas lah malu2in....
Itu yg ngomong orang KTB loh....bukan bisa2an ane,, cuma ane tulis pake gaya ane ngomong aje.....
Pajero? Ini emang mobil bagus...kuat,mewah,tangguh.....tapi tetep aja lakuan LC kemana2....
Ngomongin mitsu ujung2nya yg dibangga2in Rally Paris-Dakar,, emangnya jalanan di jakarta itu gurun pasir semua?
Ane ngomong gini bukan karena ane anti mitsu, ane juga dulu mitsu loper n ane skr bisa dibilang idup bisa dapet makan dari jualan mitsu juga,, tapi ane cuma bicara fakta....kenyataan in the real life
lah, kan om risol bilangnya "mobil yg orang kebanyakan paling suka = mobil paling laris"Risol1 wrote: Maksud ane tuh gak ada hub nya dengan keinginan (PS) dengan kemampuan (Trooper) om kopat. Kalo kemampuan = trooper, maka PS jangan diikut sertakan ke pilihan om Kopat.
berarti om Kopat pilih aja antara trooper dan saingan2nya ajah. Kalo om Kopat pilih trooper artinya menurut om kopat trooper paling kasi value paling banyak dong dibanding saingannya, begitu juga kalo sebaliknya.
PSnya gak usah diikutsertakan dalam pemilihan mobil......begitu juga calon pembeli fortie/captiva, jangan mengikut sertakan range rover kalo memang gak masuk range harganya...gitu lho
lagian ane bingung: Kalo memang PS kemahalan, kenapa koq dijadiin alternatip juga om Kopat?
yah om.. wong sodara aja bisa beda pendapat.. gak perlu bingung.. ntar kayak yang bingung kenapa yang 102HP lebih laku daripada 150HP...Risol1 wrote: Ane sebenernya bingung juga nih kenapa ditanggepinnya beda terus nih sama om Iwang dan om Kopat![]()
Mungkin karena ane mungkin tulisnya kurang jelas kali yah?
Buat ane, pilihan om iwang tuh rasional karena buat om iwang, 300TE lebih banyak kasi value daripada GL matic baru....gitu![]()
Orang yg rasional engga selalu orang yg milih reliability/maintenance gitu deh intinya. Apapun pilihannya, kalo menurut pribadi dia produk tsb bisa kasi "value" lebih banyak, ya gak bisa disebut irasional.....
soalnya supir eterna itu supir setan om... coba aja dengerin:GTR wrote:interesting juga, bro kopat.
mesin eterna vs maestro itu essentially lebih kuat eterna karena besi vs alumunium di maestro yg ga bakal sekuat eterna.
tapi lucunya image orang2 lebih kuat maestro yah...
Laaah......emang kita lagi ngebahas apa yah? Laku2an atau kuat2an onderdil?maskopat wrote: om dal.. kalo dari sisi sales.. ane setuju 100000000%...
nah, sekarang, ente pernah tanya gak ke customer ente... mereka pake sparepart itu berapa lama? lama dalam satuan waktu dan lama dalam satuan kilometer.. kalo mau lebih bagus lagi, tanya rutenya ke mana aja, beban yang dibawa apa aja..
coba ente tanya deh.. 1thn ini aja.. ente akan lihat.. spare part mana yang kualitasnya bagus...![]()
![]()
apakah mobil yang sales nya paling tinggi merupakan mobil mobil yang durable.. yang ane maksud kualitas di sini adalah durable yah.. yang ngukurnya amat sangat subjektif dan susah...![]()
![]()
makanya perlu data2 itu... coba in deh.. dari hino dutro vs canter.. galant vs camry... lancer vs altis... kijang vs kuda...
bandingin kijang dengan kuda.. jelas kuatan kuda lah... coba aja di brosur... pasti berapa tenaga kuda kan? bukan berapa tenaga kijang kan.... namanya juga HP = Horse Power.. bukan DP = Deer Power...![]()