[WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t

iwang
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1727
Joined: Sun Jun 15, 2008 8:41

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by iwang »

mandala1 wrote:@iwang: enakan wasgitel geh? (wangi panas legi kuentel) :mrgreen:
asal jangan kopi sijitu (kopi siji jagong pitu) hehehe.....
weeeh......boleh tuh buat oleh2 rokok cap putura, disini mah banyakan minak jinggo (miring enak nungging monggo) :upss:
mantep kang ku jarum soklat...nginume pigur sing ana gambare wong ora nganggo klambi hahahah
User avatar
Abu2
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8765
Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
Location: +6261
Daily Vehicle: just a bike

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by Abu2 »

ZombiEE wrote:uda sampai dimana yah ini sekarang? :big_slap:
baru sampai km44 tol cikampek...makan sup Iga Bakar..... :ngacir:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27667
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by DOHC »

Risol1 wrote:
DOHC wrote:sini ane jelasin, maksud ane.... kalo orang uda memasukan part2 performance ke mobil nya, pasti ntuh orang ada hasrat utk jadi pembalap donk, kan sama2 pengen lari kenceng.... duh, liatin nick ente lama2 laper banget jadinya....
maksud ane tuh bukan masukkin parts performance ke mobilnya, bro DOHC, tapi masukkin faktor "performance" ke kriteria pemilihan mobil yg akan dibelinya....gitu.....
misalnya: Hanya karena salah satu pertimbangan beli mobil A adalah karena tenaganya paling gede kan engga membuat dia dijuluki pembalap, geto om.....ngerti gak nih sekarang? Kalo belom ane turunin pangkat ente nih jadi SOHC :mrgreen:

ngeliatin nick ente ane jadi pengen ngebut..... :ngacir:
ohh gt toh... jadi skrg kalo ane uda ngerti, ente naekin pangkat ane donk, jadi DOHC turbo intercooler ?? :mrgreen: :mrgreen:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
Captivated
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 745
Joined: Thu Feb 12, 2009 9:13

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by Captivated »

Risol1 wrote: gini lho.....memang betul dari kemaren pun bro terkadang bilang bahwa "teori" ini adalah "menurut saya" saja. Tapi imo, kalo ini cuma opini bos sendiri artinya "teori" bos ini cuma berlaku untuk kalangan sendiri dong, jadi engga usah heran kalo teori bos berlainan dengan keadaan pasar atau berlainan dengan selera orang lain, yg artinya juga gak usah kita mencap selera orang lain dengan sebutan yg berbau konotatif kalo orang itu tidak sama seleranya dalam milih mobil dgn kita :mrgreen:

Kalo saya bilang: "menurut saya" barang A jelek, artinya saya gak peduli sama orang2 yg beli barang A atau gak peduli sama yg menganggap barang A itu bagus, sehingga saya gak usah nyebut2 orang2 yg beli barang A dgn kata2 yg berbau konotatif, ......kecuali kalo saya memang bikin general statement (bukan "menurut saya" statement) :mrgreen:
wew... jd ini toh biangnya? gw ga boleh beropini "beda"? :mrgreen:
kl org laen boleh mencap "ga reliable/ga bergengsi/rongsokan,dll", knp gw ga blh punya opini sndiri? opini gw mesti sama dgn (mayoritas) org laen, gitu?

yg ga pake bukti pun bs punya opini msg2, apalg yg ngasih?
cm krn bukti gw ga disukai/diterima org laen mk gw opini gw dilarang? :frm_bang_head:

ini SM udh jd milik golongan tertentu yak??? :e-think:
Captivated
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 745
Joined: Thu Feb 12, 2009 9:13

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by Captivated »

Risol1 wrote: Saya gak pernah bilang: "tdk overpriced krn msh ada yg beli", yg saya bilang diatas tuh: "kalo ada mobil yg harganya lebih mahal dari captiva tapi salesnya jauh lebih tinggi, artinya mobil tsb bukan overprice dong", artinya mindset kita engga berbeda ttg kata "Overpriced" :mrgreen:
beti (beda tipis) bro :mrgreen:
buat gw, mau laris sebagaimanapun, ttp bs diliat overpriced ato ga
krn kenyataannya mmg ada (bhkn byk) org mau beli produk2 overpriced, dng alasan2 msg2
Risol1 wrote: Kalo pake analogi kopi anda:
Di pasar atau di satu desa yg jumlah penduduknya 4000 orang.
1000 orang minum kopi A seharga 2000 per cangkir, sedangkan 3000 orang minum kopi B seharga 2500 per cangkir.
Nah, apakah kopi B overpriced?
bs diblg, kopi B overpriced utk yg 1000 org tsb
lalu, apa krn 1000 itu minoritas mk ga boleh punya pndpt yg beda ama yg 3000 (mayoritas)?
Captivated
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 745
Joined: Thu Feb 12, 2009 9:13

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by Captivated »

Risol1 wrote: Kalo orang beli forti sekarang 360 jt, abis itu di keep 6 bulan dan berharap harganya jadi 400 jt...mungkin itu bisa disebut spekulan.....well orang punya definisi masing2 lah :mrgreen:
ada yg kyk gini, udh gw ksh contoh kmrn toh? :e-whistle:
Risol1 wrote: Ya ini ada standar ganda lagi. Saya gak masalah definisinya spekulan itu apa, asal konsisten jadi kita gak bingung :mrgreen:
kl org beli saham utk portofolio hari tua = ttp spekulan, maka beli emas buat cincin kawin juga spekulan dong?

Kalo orang beli dollar sekarang buat dipake bayar uang sekolah anaknya 1 tahun lagi spekulan bukan? :e-think:
beda kasus bro : beli cincin kawin itu dikasih buat pacar toh? apa utk mengharapkan reward materi dr si penerima?
kok bs sama ama org yg beli saham utk portfolio? :e-doh:

yg di u/lined : niatnya buat beli skrg (dibanding nanti beli saat butuh - 1thn lg) itu apa?
kl krn dia pikir rate skrg udh plg bagus (rate thn depan bs lbh jelek)... ya trmsk spekulan lah
kecuali dia punya maksud laen
Risol1 wrote: betul, tapi orang yg memasukkan "resale value" ke dalam kriteria mobilnya bukan berarti dia spekulan, sama spt orang yg memasukkan "performance" ke dalam kriteria mobilnya, gak menjadikan dia seorang pembalap :mrgreen:
sangat simple sbnrnya......... saat dia memasukkan faktor "resale" kedlm pertimbangannya, dia udh berspekulasi di faktor tsb
apalg jika faktor tsb menjadi hal yg dominan ato tdk dlm keputusan akhirnya (beli/tdk)
saat seseorg memasukkan faktor performance kedlm pertimbangannya, tentu dia mgharap sesuatu dr pefmnce tsb
enteng lari, mudah nyalip, kuat di tanjakan, dll... lalu apa dia bs dicap sbg "pembalap"?
knp tdk? walopun kita hrs meliat lbh jauh definisi "pembalap" itu apa
Captivated
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 745
Joined: Thu Feb 12, 2009 9:13

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by Captivated »

FortunerMan wrote:Lain bos, setiap kata ada konotasi baik dan buruk. Konotasi spekulan yang anda pakai sepanjang thread ini adalah...pembeli Fortuner mengharap dapat untung dengan beli Fortuner, bukan menikmati kendaraannya. Itu yang dipermasalahkan.

Mengharapkan resale value bagus untuk wealth preservation adahal hal yang wajar, seperti saya bilang....ane ogah selamanya pegang mobil. Bentar lagi juga ganti...jarang lebih dr 3 thn...gak pernah malah. Orang yang bilang gak mikir resale mah bohong...berarti kalo besok nilai mobilnya nol...dia senyum2 aja?

Tentu tidak 100% yakin apa yg di masa depan...saya bukan peramal. Tapi kalo dari info yg ada hari ini, 100% yakin. Besok ada perkembangan baru...ya lain soal. Bisa saja besok Toyota bangkrut juga...nyungsep juga.
no problemo boss... jaga2 kekayaan mah sah2 aja atuh
tp kenyataan di lapangan ttp saja ada org2 yg sangat berharap di resale (walo mgkn cm segelintir)
contoh : si A sbnrnya mau beli everest dibanding fortie (udh dia itung2 plus/minusnya) tp ujung2nya di ttp beli fortie
cm krn 1 alasan : resale fortie lbh bagus dr evie (utk skrg), dan dia pikir kedepannya jg bgtu
salahkah dia? tentu tdk, duit2 dia sapa yg mo larang?
tp bs kah gw golongkan dia melakukan spekulasi? tentu bisa, krn dia pun ga tau persis dinilai brp fortie-nya bakal laku (kurang/sama/lbh tinggi dr harga beli), atau apa depresiasinya lbh tinggi/sama/lbh rendah dibanding evie
soalnya di harap stlh 2-3thn pake harga resalenya ga kurang dr 350jt. itung2 bebas biaya rental kt dia (kl dibandingin nyewa)
Last edited by Captivated on Mon Sep 14, 2009 8:44, edited 2 times in total.
Captivated
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 745
Joined: Thu Feb 12, 2009 9:13

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by Captivated »

kmrn sapa ya yg nanyain harga di fakturnya ctv itu brp?
gw udh liat, utk ctv 2.0 vcdi fwd produksi 2008 harga di faktur 219jt

ada yg mau nambahin utk fortie, evie ato mbl2 laen... silakan :cupss:
FortunerMan

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by FortunerMan »

Captivated wrote:
Risol1 wrote: gini lho.....memang betul dari kemaren pun bro terkadang bilang bahwa "teori" ini adalah "menurut saya" saja. Tapi imo, kalo ini cuma opini bos sendiri artinya "teori" bos ini cuma berlaku untuk kalangan sendiri dong, jadi engga usah heran kalo teori bos berlainan dengan keadaan pasar atau berlainan dengan selera orang lain, yg artinya juga gak usah kita mencap selera orang lain dengan sebutan yg berbau konotatif kalo orang itu tidak sama seleranya dalam milih mobil dgn kita :mrgreen:

Kalo saya bilang: "menurut saya" barang A jelek, artinya saya gak peduli sama orang2 yg beli barang A atau gak peduli sama yg menganggap barang A itu bagus, sehingga saya gak usah nyebut2 orang2 yg beli barang A dgn kata2 yg berbau konotatif, ......kecuali kalo saya memang bikin general statement (bukan "menurut saya" statement) :mrgreen:
wew... jd ini toh biangnya? gw ga boleh beropini "beda"? :mrgreen:
kl org laen boleh mencap "ga reliable/ga bergengsi/rongsokan,dll", knp gw ga blh punya opini sndiri? opini gw mesti sama dgn (mayoritas) org laen, gitu?

yg ga pake bukti pun bs punya opini msg2, apalg yg ngasih?
cm krn bukti gw ga disukai/diterima org laen mk gw opini gw dilarang? :frm_bang_head:

ini SM udh jd milik golongan tertentu yak??? :e-think:
Lol...justru dr kemaren kite2 mau nerangin, menurut anda mobil A begini, menurut 1000 orang berikutnya belum tentu. Anda boleh bilang Fortuner overpriced...silahkan. Itu menurut anda, sepenuhnya hak anda. Saya bilang tidak overpriced, makanya saya beli.

Sekarang kalo saya bilang pembeli Captiva bodoh, anda ikut kena kan? Bertanya gak anda..kenapa ini orang gak suka mobil Captiva...tapi pembelinya yang kena? Sama seperti anda bilang pembeli Fortuner irasional, spekulan. Anda tidak suka mobilnya, OK, gak masalah - banyak pilihan lain. Tapi jangan pemiliknya kena getahnya.
FortunerMan

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by FortunerMan »

Captivated wrote:
FortunerMan wrote:Lain bos, setiap kata ada konotasi baik dan buruk. Konotasi spekulan yang anda pakai sepanjang thread ini adalah...pembeli Fortuner mengharap dapat untung dengan beli Fortuner, bukan menikmati kendaraannya. Itu yang dipermasalahkan.

Mengharapkan resale value bagus untuk wealth preservation adahal hal yang wajar, seperti saya bilang....ane ogah selamanya pegang mobil. Bentar lagi juga ganti...jarang lebih dr 3 thn...gak pernah malah. Orang yang bilang gak mikir resale mah bohong...berarti kalo besok nilai mobilnya nol...dia senyum2 aja?

Tentu tidak 100% yakin apa yg di masa depan...saya bukan peramal. Tapi kalo dari info yg ada hari ini, 100% yakin. Besok ada perkembangan baru...ya lain soal. Bisa saja besok Toyota bangkrut juga...nyungsep juga.
no problemo boss... jaga2 kekayaan mah sah2 aja atuh
tp kenyataan di lapangan ttp saja ada org2 yg sangat berharap di resale (walo mgkn cm segelintir)
contoh : si A sbnrnya mau beli everest dibanding fortie (udh dia itung2 plus/minusnya) tp ujung2nya di ttp beli fortie
cm krn 1 alasan : resale fortie lbh bagus dr evie (utk skrg), dan dia pikir kedepannya jg bgtu
salahkah dia? tentu tdk, duit2 dia sapa yg mo larang?
tp bs kah gw golongkan dia melakukan spekulasi? tentu bisa, krn dia pun ga tau persis dinilai brp fortie-nya bakal laku (kurang/sama/lbh tinggi dr harga beli), atau apa depresiasinya lbh tinggi/sama/lbh rendah dibanding evie
soalnya di harap stlh 2-3thn pake harga resalenya ga kurang dr 350jt. itung2 bebas biaya rental kt dia (kl dibandingin nyewa)
Itulah namanya overall consideration - orang beli mobil tidak hanya dengan faktor internal, tapi juga faktor eksternal. Seperti contoh anda, menurut orang ini faktor internal Everest di nilai menang dr Fortuner, 5 banding 4 - tapi ditambah dengan faktor eksternal (resale) Fortuner jadi menang 6 banding 5. Jadilah dia beli Fortuner.
Kalo ini anda cap spekulan, ya mungkin 80% pembeli mobil bisa dicap spekulan.

Spekulan mengharapkan UNTUNG. Beli Fortuner mana untung, beli Avanza baru bisa untung - resale Fortie tidak sehebat Avanza. Tetap turun harganya, tapi derajat penurunan ini yang dicari. Misalnya beli 360, jual 3 thn lagi 325 - enakan mana sama pake 3 thn jual 200? Tetap turun kan? dimana coba untungnya...325 vs 360. Tapi beli mobil berikutnya bisa DP 325 :D

Pembeli spekulan gak perlu liat faktor internal mobil tersebut. Mana yg kira2 besok naik, ya itu di hajar - gak perlu mikir bagus gak modelnya, enak gak kursinya - gak pusing.
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by Risol1 »

Captivated wrote:
Risol1 wrote: gini lho.....memang betul dari kemaren pun bro terkadang bilang bahwa "teori" ini adalah "menurut saya" saja. Tapi imo, kalo ini cuma opini bos sendiri artinya "teori" bos ini cuma berlaku untuk kalangan sendiri dong, jadi engga usah heran kalo teori bos berlainan dengan keadaan pasar atau berlainan dengan selera orang lain, yg artinya juga gak usah kita mencap selera orang lain dengan sebutan yg berbau konotatif kalo orang itu tidak sama seleranya dalam milih mobil dgn kita :mrgreen:

Kalo saya bilang: "menurut saya" barang A jelek, artinya saya gak peduli sama orang2 yg beli barang A atau gak peduli sama yg menganggap barang A itu bagus, sehingga saya gak usah nyebut2 orang2 yg beli barang A dgn kata2 yg berbau konotatif, ......kecuali kalo saya memang bikin general statement (bukan "menurut saya" statement) :mrgreen:
wew... jd ini toh biangnya? gw ga boleh beropini "beda"? :mrgreen:
kl org laen boleh mencap "ga reliable/ga bergengsi/rongsokan,dll", knp gw ga blh punya opini sndiri? opini gw mesti sama dgn (mayoritas) org laen, gitu?

yg ga pake bukti pun bs punya opini msg2, apalg yg ngasih?
cm krn bukti gw ga disukai/diterima org laen mk gw opini gw dilarang? :frm_bang_head:

ini SM udh jd milik golongan tertentu yak??? :e-think:
jangan didramatisir, kan entar cuma memperkeruh suasana. Engga usah juga kita "memainkan" sentimen/emosi SMers2 disini, bahas isi diskusi aja lah :mrgreen:

Kenapa saya bilang spt diatas?
Karena anda selalu melihat keadaan pasar dgn memakai "kacamata" captiva anda, jadi semua produk selain Captiva pasti terlihat lebih jelek. Cara pandang seperti inilah yg sering anda dalihkan dengan "Ini menurut pendapat saya koq". Dan itu engga papa, saya ngerti karena semua orang punya pendapat masing2, TAPI disaat yg sama anda selalu bingung dengan kenyataan yg terjadi di market, makanya anda selalu bertanya "Kenapa sih Fortuner udah kualitas kalah, mesin boyo, overpriced, dan hal2 negatif lainnya TAPI TETEP LAKU KERAS, jauh melebihi captiva yg menurut anda produk yg lebih bagus" gitu kan?

Nah pertanyaan diatas itu bener2 bisa dijawab kalo kita buka "kacamata" captiva kita dan pasang kacamata "market" (ibaratnya posisikan diri kita sebagai pengamat otomotif aja, jangan sebagai penggemar/pemilik captiva) supaya analisis kita lebih objektif. Pada waktu anda berulang2 nanya pertanyaan diatas, saya udah coba menjelaskan dengan "kacamata" market tsb.

Soalnya kalo anda berusaha menjawab pertanyaan yg sama dengan memakai kacamata captiva anda (atau dari sudut pandang Captiva saja), maka gak akan ketemu jawaban yg masuk akal karena dibenak anda udah solid terbentuk bahwa:
1. Captiva adalah mobil yg paling unggul dibanding pesaingnya
2. Captiva mobil paling murah juga dibanding pesaingnya
3. Captiva mobil yg paling2 lainnya dibanding saingannya
"Tapi engga selaku saingannya....kenapa ya?"
Nah kalo "kacamata" captiva anda tetep dipake untuk jawab pertanyaan diatas, maka engga akan ketemu jawaban yg tepat kenapa orang2 (yg semestinya berpikiran spt anda bahwa Captiva paling unggul dan paling murah) TETEP gak beli Captiva, malahan belinya produk "overpriced" lain spt Fortuner dan Pajero Sport. Nah jadi alasan yg paling gampang kalo kacamata captivanya gak dibuka adalah "Salahin aja marketnya secara keseluruhan kenapa gak beli Captiva", maka muncullah kata2 "market gak bijak", "market irrasional" hanya karena mereka gak beli captiva. Kalo anda buka kacamata Captiva, mungkin anda bisa melihat keunggulan2 produk lain juga sehingga anda gak heran kenapa market gak semuanya suka dengan Captiva. :mrgreen:

JAdi yg jadi masalah diatas itu adalah bukan "SM milik golongan tertentu aja", MELAINKAN "Pada saat saya bilang orang2 yg beli forti dan PS itu bukannya irrasional, anda selalu berdalih itukan menurut saya, pendapat saya sendiri".
Nah diatas saya cuma bilang, boleh aja kalo emang itu pendapat sendiri, TAPI gak usah heran kalo market berbicara lain dengan pendapat kita, jadi gak perlu keluar kata2 spt "orang2 yg beli produk2 saingannya captiva (forti, ps, everest) sebagai orang2 gak punya otak" gitu lah

Misalnya saya bisa ngomong 2 jam tanpa henti ttg keunggulan bmw dibanding mercy dan lexus, buat saya BMW lebih unggul dari kedua saingannya.
kalo lagi pake kacamata BMW saya, semua produk tuh keliatan jelek, wajar lah.
Tapi pada saat saya berpikir kenapa banyak juga orang2 lain yg beli mercy dan lexus, dan bukan belinya si produk unggul bmw aja?
Saya harus buka "kacamata" bmw saya, soalnya kalo saya tetep pake kacamata BMW, satu2nya jawaban yg paling tepat adalah "Pasarnya irrasional semua, udah tau BMW lebih unggul tetep belinya mercy", gitu kan?
Makanya saya harus ganti kacamata saya ke kacamata pasar supaya terliaht lebih jelas "oohh produk lain punya keunggulan juga toh", "oohh mercy resalenya lebih bagus toh jadinya mungkin lebih laku" atau "ooohhh mercy dilihat oleh masy punya quality lebih bagus toh jadi lebih laku", dll

Dan makanya saya harus juga ngomong ke diri sendiri : Sol, untuk melihat hal2 spt itu, kita harus pake kacamata pasar, gak bisa cuma pake kacamata produk sendiri aja (BMW).
Tapi boleh ngga kalo saya bersikukuh melihat pasar pake kacamata BMW? Boleh Sol, tapi ente jangan heran kalo keadaan di pasar belainan dengan pandangan ente, gitu dong? :mrgreen:
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by Risol1 »

Captivated wrote:
Risol1 wrote: Saya gak pernah bilang: "tdk overpriced krn msh ada yg beli", yg saya bilang diatas tuh: "kalo ada mobil yg harganya lebih mahal dari captiva tapi salesnya jauh lebih tinggi, artinya mobil tsb bukan overprice dong", artinya mindset kita engga berbeda ttg kata "Overpriced" :mrgreen:
beti (beda tipis) bro :mrgreen:
buat gw, mau laris sebagaimanapun, ttp bs diliat overpriced ato ga
krn kenyataannya mmg ada (bhkn byk) org mau beli produk2 overpriced, dng alasan2 msg2
Bener, kalo dilihat dari satu persatu individual, terserah aja kita mao cap suatu produk itu overpriced atau bukan.
Tapi kalo dari sudut pandang pasar keseluruhan, kalo 75% orang di suatu pasar beli produk tsb, maka produk tsb logikanya gak bisa dibilang overpriced lagi dong.

Coca cola memang terserah masing2 orang mao dibilang overpriced atau engga, tapi kalo orang di indo mayoritas minum coca cola, maka benernya gak bisa dibilang overpriced lagi kalo melihat dari overall market nya pasar soda tsb.
Walaupun ada peminun2 RC Cola yg bilang Coke overpriced, gak masalah....ane cuma coba melihat dari sudut pasar keseluruhan aja sih (sbg pengamat aja bukan pemain)
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by Risol1 »

Captivated wrote:
Risol1 wrote: Kalo pake analogi kopi anda:
Di pasar atau di satu desa yg jumlah penduduknya 4000 orang.
1000 orang minum kopi A seharga 2000 per cangkir, sedangkan 3000 orang minum kopi B seharga 2500 per cangkir.
Nah, apakah kopi B overpriced?
bs diblg, kopi B overpriced utk yg 1000 org tsb
lalu, apa krn 1000 itu minoritas mk ga boleh punya pndpt yg beda ama yg 3000 (mayoritas)?
pendapat pribadi mah sah2 aja om, bukannya kita lagi ngomongin "overprice atau engga suatu barang menurut market?" :mrgreen:
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by Risol1 »

Captivated wrote:
Risol1 wrote: Kalo orang beli forti sekarang 360 jt, abis itu di keep 6 bulan dan berharap harganya jadi 400 jt...mungkin itu bisa disebut spekulan.....well orang punya definisi masing2 lah :mrgreen:
ada yg kyk gini, udh gw ksh contoh kmrn toh? :e-whistle:
Kan ada juga pastinya yg beli Captiva karena gengsi "american car" nya om, berarti kita bisa cap semua pembeli captiva cuma "makan gengsi" dong? :e-whistle:

Satu contoh koq dipake jadi alasan untuk mencap keseluruhan :e-think:
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by Risol1 »

Captivated wrote:
Risol1 wrote: Ya ini ada standar ganda lagi. Saya gak masalah definisinya spekulan itu apa, asal konsisten jadi kita gak bingung :mrgreen:
kl org beli saham utk portofolio hari tua = ttp spekulan, maka beli emas buat cincin kawin juga spekulan dong?

Kalo orang beli dollar sekarang buat dipake bayar uang sekolah anaknya 1 tahun lagi spekulan bukan? :e-think:
beda kasus bro : beli cincin kawin itu dikasih buat pacar toh? apa utk mengharapkan reward materi dr si penerima?
kok bs sama ama org yg beli saham utk portfolio? :e-doh:

yg di u/lined : niatnya buat beli skrg (dibanding nanti beli saat butuh - 1thn lg) itu apa?
kl krn dia pikir rate skrg udh plg bagus (rate thn depan bs lbh jelek)... ya trmsk spekulan lah
kecuali dia punya maksud laen
Beli cincin kawin untuk dikasi pacar, untuk dipake sendiri, beli kalung emas buat pake....kan itu semua harganya akan naik seiring waktu.....dan bisa dijual sewaktu2 kalo butuh duit, apa bedanya dengan saham?
Penganten baru yg baru beli rumah untuk ditinggalin, apakah itu spekulan? Lho kan harga rumah bakal naik terus seiring waktu dan bisa dijual pula? apa bedanya dengan saham? :mrgreen:

Apa bedanya beli dollar buat dipake bayar uang sekolah 1 minggu lagi dengan 1 tahun lagi? toh dua2nya gak ada return/untungnya juga buat si ibu (return dalam bentuk uang maksudnya).
Kalo cuma takut rate berubah, ya itu namanya murni Hedging (yg tetep gak nyari untung sesaat untuk nambah pundi2 uangnya), yg jg artinya udah jauh melenceng dari arti spekulan yg anda tujukan ke pembeli Fortuner. :mrgreen:

Intinya tuh, anda mendefinisikan kata "spekulan" menurut standard yg anda buat sendiri, jadi bisa terlihat adanya standar ganda di scenario2 tertentu yg semestinya sama ajah.....Jadi sekali lagi kalo semua standar kita yg tentuin sendiri, ya kita akan selalu bener karena pada saat pendapat kita mulai dipertanyakan oleh orang lain, kita ubah aja standard nya.....kan kita jadi bener lagi. :mrgreen:

Udah terlihat diatas, kata "spekulan" aja bisa distretch jadi "hidup = spekulasi", padahal itu udah jauh dari kata "spekulan" yg anda pake untuk pembeli Forti :mrgreen:
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by Risol1 »

Captivated wrote:
Risol1 wrote: betul, tapi orang yg memasukkan "resale value" ke dalam kriteria mobilnya bukan berarti dia spekulan, sama spt orang yg memasukkan "performance" ke dalam kriteria mobilnya, gak menjadikan dia seorang pembalap :mrgreen:
sangat simple sbnrnya......... saat dia memasukkan faktor "resale" kedlm pertimbangannya, dia udh berspekulasi di faktor tsb
apalg jika faktor tsb menjadi hal yg dominan ato tdk dlm keputusan akhirnya (beli/tdk)
saat seseorg memasukkan faktor performance kedlm pertimbangannya, tentu dia mgharap sesuatu dr pefmnce tsb
enteng lari, mudah nyalip, kuat di tanjakan, dll... lalu apa dia bs dicap sbg "pembalap"?
knp tdk? walopun kita hrs meliat lbh jauh definisi "pembalap" itu apa
Hehehe....jujur aja saya pake perumpaan "pembalap" itu sebenernya untuk menunjukkan betapa absurdnya pendapat anda yg mengatakan "kalo salah satu faktor beli mobil adalah resale value, berarti = spekulan"....Ehhh malah di-iya in juga. :mrgreen:
Engga bro, kita gak bisa ngecap semua orang sebagai pembalap cuma karena orang2 tersebut pengen mobilnya enteng sedikit waktu ditarik......engga juga kita bisa ngecap semua orang "pemalas ngerawat mobil" hanya karena salah satu faktor dalam nyari mobilnya adalah faktor "reliability". :mrgreen:

Kita udah menarik kesimpulan terlalu jauh (udah bukan porsinya lagi) kalo sampe bro mempercayai teori diatas :off_no:
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by Risol1 »

FortunerMan wrote:Itulah namanya overall consideration - orang beli mobil tidak hanya dengan faktor internal, tapi juga faktor eksternal. Seperti contoh anda, menurut orang ini faktor internal Everest di nilai menang dr Fortuner, 5 banding 4 - tapi ditambah dengan faktor eksternal (resale) Fortuner jadi menang 6 banding 5. Jadilah dia beli Fortuner.
Kalo ini anda cap spekulan, ya mungkin 80% pembeli mobil bisa dicap spekulan.

Spekulan mengharapkan UNTUNG. Beli Fortuner mana untung, beli Avanza baru bisa untung - resale Fortie tidak sehebat Avanza. Tetap turun harganya, tapi derajat penurunan ini yang dicari. Misalnya beli 360, jual 3 thn lagi 325 - enakan mana sama pake 3 thn jual 200? Tetap turun kan? dimana coba untungnya...325 vs 360. Tapi beli mobil berikutnya bisa DP 325 :D

Pembeli spekulan gak perlu liat faktor internal mobil tersebut. Mana yg kira2 besok naik, ya itu di hajar - gak perlu mikir bagus gak modelnya, enak gak kursinya - gak pusing.
mungkin bukan cuma 80% kali, bisa 99%....soalnya sedikitttt sekali orang yg beli mobil tertentu kalo engga bisa dijual lagi (gak ada resale value), berarti semua pembeli mobil = spekulan kalo pake teori bro Captivated :mrgreen:
mandala1
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7559
Joined: Tue Feb 17, 2009 4:44

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by mandala1 »

wekekeke......masih seru aja neeh..... :)
om ctv kemana yak? mudik apa yah? :mrgreen: met liburan dulu deh.....nanti dilanjut lagi :e-dance:
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by Hansen »

:big_smoking:........................................:e-snooty: :e-snooty: :e-snooty:
Image
User avatar
nescafe
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14333
Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
Location: jakarta

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by nescafe »

mandala1 wrote:wekekeke......masih seru aja neeh..... :)
om ctv kemana yak? mudik apa yah? :mrgreen: met liburan dulu deh.....nanti dilanjut lagi :e-dance:
abis mudik makin keblinger gw bacanya,,, :e-doh:
Permisii :ungg: ............................. :ngacir:
mandala1
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7559
Joined: Tue Feb 17, 2009 4:44

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by mandala1 »

nescafe wrote: abis mudik makin keblinger gw bacanya,,, :e-doh:
perlu tingkat konsentrasi yg tinggi nes bacanya......kalo cuma selewat2 ajah emang binun, overall ini gue anggep tret yg paling berbobot :frm_tumbright: :frm_salut: :frm_salut:
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by ZombiEE »

tret yg membangkitkan kenangan masa lama...
mandala1
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7559
Joined: Tue Feb 17, 2009 4:44

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by mandala1 »

ZombiEE wrote:tret yg membangkitkan kenangan masa lama...
Kenangan apa nih jom? :e-think: :mrgreen:
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by ZombiEE »

kenangan masa muda yg penuh dengan gejolak.. :mrgreen: :drinking:
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by Hansen »

Pembicaraannya kelas berat semua yak.........:e-snooty: :e-snooty: :e-whistle:
Image