[WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t

User avatar
zweifellos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2647
Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by zweifellos »

FortunerMan wrote:
zweifellos wrote:karena mungkin oleh euro ncap memang dianggap bisa mewakili (masih dalam range yang masih diterima)?

kalo saya sih beranggapan seperti itu (bahwa perbedaan bentuk antara focus hatchback dengan yang versi biasa tidak begitu signifikan perubahan hasil crash test nya) dan beranggapan bahwa triton dan PS bisa menghasilkan hasil crash test yang signifikan bedanya.
Kan katanya tadi kalo struktur atap dan berat beda, berarti hasil crash test bisa beda - knp kok perbedaan Focus hatchback dan Focus sedan anda terima dgn mudahnya - boleh deh gak ada crash test sedan, tapi Triton dan Pajero Sport anda tidak terima. Apa alasan teknisnya? Kan seperti double standard, apa ada alasan teknisnya? Apa range yg diterima dan yang tidak diterima ini? Apa yg saya bold merah itu nebak2 juga? Soalnya saat saya aplikasikan ke mobil Focus, sepertinya argumen ini di..abaikan begitu saja.
om bisa liat dengan jelas dengan kasat mata bahwa sudah jelas PS dan triton berbeda sekali dalam hal karakteristik mechanical constructionnya yang mempengaruhi crash test. yang satu ga ada belakangnya yang satu lagi ada belakangnya. gambaran kasarnya misal kita lakukan percobaan (percobaan 1) dengan alumunium berukuran sekepal tangan berbentuk mobil truck (depan besar, belakang kurus) dibanding alumunium bentuknya merata ke belakang ditabrakkan ke tembok, kira2 hasilnya gimana. trus percobaan 2, aluminum berbentuk merata ke belakang dengan yang agak diubah sedikit belakangnya, kira2 hasilnya gimana. nah perbedaan hasil antara benda yang diuji di percobaan 1 dengan percobaan 2 kira2 gimana?

kalo menurut saya, perbedaan di percobaan 1 akan signifikan bedanya dengan di percobaan 2. alasannya : mechanical construction dari benda yang diuji.

percobaan 1 dan 2 cuman gambaran kasar saja bahwa triton dan PS itu sudah jauh beda bentuknya (mechanical construction) nya, sedang focus biasa dan hatchback meskipun berbeda namun tak separah triton dan PS bedanya.

kalo memang betul2 mau hasil yang pasti, tentu focus biasa dan hatchback mesti dites kedua2nya karena pasti menghasilkan hasil crash test yang berbeda. tapi kalo perbedaan hasil masih dalam taraf yang bisa diterima kenapa mesti dilakukan dua kali?
focus sedan biasa satu dengan lainnya saja PASTI menghasilkan hasil crash test yang berbeda TAPI hasil perbedaannya tentu sangat kecil (masih dalam taraf yang bisa diterima).

jadi itulah alasan saya kenapa saya bisa menerima kasus focus namun tidak dengan kasus triton dan PS.
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
User avatar
zweifellos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2647
Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by zweifellos »

roadtrain99 wrote:
zweifellos wrote:thanks infonya om roadtrain99. baguslah GM (sepertinya) serius menggarap pasar indonesia. semakin banyak yang seperti ini, konsumen2 yang di luar kota pun 'bisa' (karena banyak yang jadi beralih ngambil produk lain karena tidak tersedianya layanan purna jual) menikmati produk2 bagus dengan harga murah (dibanding pesaingnya).
iya, spt nya sih mulai agak serius, mudah2an begitu...
dan kayaknya gm agak terbantu krn ada captiva di indo. belakangan mulai lebih sering terlihat seliweran sekitar jkt.

feature2 nya mulai nambah lagi sedikit demi sedikit, misalnya spt cruise ctrl..bahkan mau masuk yg versi terbaru lagi cruise nya kalo menurut dari thread 'share captiva'
betul om. seperti nissan yang mulai menaik namanya sejak munculnya xtrail dan livina, gitupun chevrolet dengan captivanya. captiva ini menawarkan sesuatu yang menggiurkan dari hal yang kasat mata yang biasanya menjadi faktor penting dalam pemilihan mobil buat calon konsumen: power/torsi dan harga.

kalo saya pribadi, model belakang captiva masih kurang bagus. seandainya captiva bisa menghasilkan model yang lebih manis (bagus) seperti misalnya cara honda mendesign, saya yakin makin banyak yang ngiler ini mobil.
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
FortunerMan

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by FortunerMan »

zweifellos wrote:om bisa liat dengan jelas dengan kasat mata bahwa sudah jelas PS dan triton berbeda sekali dalam hal karakteristik mechanical constructionnya yang mempengaruhi crash test. yang satu ga ada belakangnya yang satu lagi ada belakangnya. gambaran kasarnya misal kita lakukan percobaan (percobaan 1) dengan alumunium berukuran sekepal tangan berbentuk mobil truck (depan besar, belakang kurus) dibanding alumunium bentuknya merata ke belakang ditabrakkan ke tembok, kira2 hasilnya gimana. trus percobaan 2, aluminum berbentuk merata ke belakang dengan yang agak diubah sedikit belakangnya, kira2 hasilnya gimana. nah perbedaan hasil antara benda yang diuji di percobaan 1 dengan percobaan 2 kira2 gimana?
Kasat mata?
1. Focus Hatchback dan Focus sedan, apalagi Focus wagon juga beda...kalo pandangan mata bukan characteristic mechanical construction om :P
2. Mechanical construction jeroan Triton/Pajero Sport 80% sama, yg beda suspensi belakang dimana Triton daun. Bodi depan persis sama. Udah pernah liat Triton dan PS belon sih....
3. Kok kepalan aluminiumnya bentuk depannya beda? Triton ama Pajero Sport depannya persis sama! :mrgreen: Percobaan anda ini sama sekali tidak valid, kalo cuman me reka2 saja saya juga bisa - bisa2 PS lebih bagus hasil crash testnya karena atapnya lebih banyak besinya. Nah sama2 asal ngomong juga kan? Saya bukan insinyur crash test, anda juga bukan.


kalo menurut saya, perbedaan di percobaan 1 akan signifikan bedanya dengan di percobaan 2. alasannya : mechanical construction dari benda yang diuji.

percobaan 1 dan 2 cuman gambaran kasar saja bahwa triton dan PS itu sudah jauh beda bentuknya (mechanical construction) nya, sedang focus biasa dan hatchback meskipun berbeda namun tak separah triton dan PS bedanya.
Mana hitung2an anda, saya bukan insinyur crash test jadi gak tau - kalo anda insinyur tolong beberkan penjelasannya. Apa yg beda parah, apa yg beda sedikit? Kalo cuman feeling anda saja - gak usah :mrgreen:

kalo memang betul2 mau hasil yang pasti, tentu focus biasa dan hatchback mesti dites kedua2nya karena pasti menghasilkan hasil crash test yang berbeda. tapi kalo perbedaan hasil masih dalam taraf yang bisa diterima kenapa mesti dilakukan dua kali?
focus sedan biasa satu dengan lainnya saja PASTI menghasilkan hasil crash test yang berbeda TAPI hasil perbedaannya tentu sangat kecil (masih dalam taraf yang bisa diterima).
Tau darimana anda hatchback dan sedan hasil crash testnya akan dalam taraf yang diterima? Tau darimana? Namanya aja belum di tes :P Kenapa ada wagon dan sedan juga di tes berbeda? Ada juga yg tidak.

jadi itulah alasan saya kenapa saya bisa menerima kasus focus namun tidak dengan kasus triton dan PS. Intinya anda menerima/tidak dengan alasan yg tidak ada itung2an teknis alias feeling/sentimen sendiri aja. Saya juga gak tau kok, tapi saya gak ngaku tau he he. Tapi ya itu terserah anda mau terima atau tidak... negara bebas :D
User avatar
zweifellos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2647
Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by zweifellos »

FortunerMan wrote:Focus Hatchback dan Focus sedan, apalagi Focus wagon juga beda...
emang beda, ga ada yang bilang sama.
FortunerMan wrote:kalo pandangan mata bukan characteristic mechanical construction om :P
siapa yang bilang pandangan mata characteristic mechanical construction? yang saya bahas beda konstruksi mobilnya, taunya dari mana? ngeilat pake mata bisa ga?
FortunerMan wrote:2. Mechanical construction jeroan Triton/Pajero Sport 80% sama, yg beda suspensi belakang dimana Triton daun. Bodi depan persis sama. Udah pernah liat Triton dan PS belon sih....
jeroan boleh banyak sama tapi bodi sudah jelas sangat berbeda (mechanical construction bodynya).
saya sudah pernah liat triton dan ps. kalo om sudah pernah blom?
FortunerMan wrote: 3. Kok kepalan aluminiumnya bentuk depannya beda? Triton ama Pajero Sport depannya persis sama! :mrgreen:
sapa yang bilang depannya beda! yang beda belakangnya saya bilang! makanya saya bilang belakangnya kurus! sedang benda lain ke belakangnya merata bentuknya! (enak juga pake tanda seru jadi keliatan sok tegas :mrgreen:)
FortunerMan wrote: Percobaan anda ini sama sekali tidak valid, kalo cuman me reka2 saja saya juga bisa - bisa2 PS lebih bagus hasil crash testnya karena atapnya lebih banyak besinya. Nah sama2 asal ngomong juga kan? Saya bukan insinyur crash test, anda juga bukan.
iya tidak valid buat menjadi kesimpulan crash test triton dan PS dan saya ga ada bilang itu valid. saya bilangnya itu perbandingan kasar. dan menurut saya ya seperti itu dari pengetahuan yang saya punya.

saya bukan insinyur crash test makanya saya tak ada bilang ini valid itu benar, saya berusaha selalu menjelaskan bahwa itu menurut pendapat saya. kita tidak punya fakta yang kuat tentang kenapa PS belum ada crash testnya, cuman bisa berasumsi dan mencoba berpikir sendiri saja. saya mikirnya seperti itu. landasan yang saya pakai pengetahuan saya yang dangkal tentang benturan.
FortunerMan wrote: Mana hitung2an anda, saya bukan insinyur crash test jadi gak tau - kalo anda insinyur tolong beberkan penjelasannya. Apa yg beda parah, apa yg beda sedikit? Kalo cuman feeling anda saja - gak usah :mrgreen:
hitungan apa om? bukan feeling tapi logika. om bisa coba. logika saya berdasar pengetahuan yang saya punya. menurut saya, ya seperti yang saya sampaikan sebelumnya.
FortunerMan wrote:Tau darimana anda hatchback dan sedan hasil crash testnya akan dalam taraf yang diterima? Tau darimana? Namanya aja belum di tes :P Kenapa ada wagon dan sedan juga di tes berbeda? Ada juga yg tidak.
lagi2 nih. sapa yang bilang versi hatchback dan sedan hasil crash testnya akan dalam taraf yang diterima. baca lagi om pelan2 postingan saya.
FortunerMan wrote:Intinya anda menerima/tidak dengan alasan yg tidak ada itung2an teknis alias feeling/sentimen sendiri aja. Saya juga gak tau kok, tapi saya gak ngaku tau he he. Tapi ya itu terserah anda mau terima atau tidak... negara bebas :D
saya sudah bilang, itu menurut pendapat saya (anggapan saya) bukan data2 dan fakta dari sumber crash test. karena data dan fakta ga ada, makanya saya beranggapan. dari awal sudah bilang, saya beranggapan. tidak ada hitungan teknis bukan lantas feeling/sentimen sendiri. dangkal bgt cara berlogika om fortuner.
FortunerMan wrote: Saya juga gak tau kok, tapi saya gak ngaku tau he he. Tapi ya itu terserah anda mau terima atau tidak... negara bebas :D
sapa yang ngaku tau. coba baca postingan saya baik2.

kalo om mau ada data dan faktanya kasihkan di sini.

saya ulangi lagi. di ford.de disebutin focus biasa ada euroncapnya. masalah itu dites pake focus biasa apa hatchback ga disebutin. triton, ranger dan hilux ada crash testnya sedang ps, fortie, evie belum nemu. nah navara punya crahs test, path finder pun gitu.

masuk ke anggapan. menurut saya triton dan ps itu perlu crash test yang berbeda. alasan saya:
1. kasus navara dan pathfinder
2.karakteristik mechanical constructionnya beda, satu truck (belakang kosng) satu suv (ada belakangnya).

ke kasus focus. tidak jelas dari situs ford.de itu apakah focus sedan dan hatchback diuji dengan 1 mobil saja atau dari kedua mobil cuman sempat ngebaca dari thread ini kalo ga salah ditesnya dari 1 mobil aja. jadi asumsi dites dari 1 mobil. nah menurut saya, saya masih bisa menerimanya. kenapa? karena menurut saya (lagi) beda bentuk belakangnya tidak sesignifikan bila dibandingkan dengan kasus triton dan PS (makanya kasus triton dan PS saya ga bisa menerimanya kalo cuman 1 model aja yang dites, alasannya seperti yang saya sebutkan di atas).

semoga bisa mengerti dan bisa membedakan antara anggapan (pendapat) dengan data/fakta.
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
FortunerMan

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by FortunerMan »

zweifellos wrote:lagi2 nih. sapa yang bilang versi hatchback dan sedan hasil crash testnya akan dalam taraf yang diterima. baca lagi om pelan2 postingan saya.
zweifellos wrote:focus sedan biasa satu dengan lainnya saja PASTI menghasilkan hasil crash test yang berbeda TAPI hasil perbedaannya tentu sangat kecil (masih dalam taraf yang bisa diterima).
HMMMM....
User avatar
zweifellos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2647
Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by zweifellos »

jadi gini om fortuner. ini awalnya:

kalo saya sih beranggapan seperti itu (bahwa perbedaan bentuk antara focus hatchback dengan yang versi biasa tidak begitu signifikan perubahan hasil crash test nya) dan beranggapan bahwa triton dan PS bisa menghasilkan hasil crash test yang signifikan bedanya.

terus ditanya kenapa, lalu saya jawab dipostingan sesudah yang atas. akhir postingan saya tulis: jadi itulah alasan saya kenapa saya bisa menerima kasus focus namun tidak dengan kasus triton dan PS.

jadi udah jelas2 dari awal saya bilang SAYA BERANGGAPAN trus ditanya kenapa, berarti om nanya kenapa saya beranggapan seperti itu. trus pas dijelasin malah minta hitung2an, permasalahin bukan insinyur crash test dll., kan aneh bgt. jadi salah om sendiri, dah tau saya BERANGGAPAN tapi malah meminta data teknis dari crash test.
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
FortunerMan

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by FortunerMan »

zweifellos wrote:ke kasus focus. tidak jelas dari situs ford.de itu apakah focus sedan dan hatchback diuji dengan 1 mobil saja atau dari kedua mobil cuman sempat ngebaca dari thread ini kalo ga salah ditesnya dari 1 mobil aja. jadi asumsi dites dari 1 mobil. nah menurut saya, saya masih bisa menerimanya. kenapa? karena menurut saya (lagi) beda bentuk belakangnya tidak sesignifikan bila dibandingkan dengan kasus triton dan PS (makanya kasus triton dan PS saya ga bisa menerimanya kalo cuman 1 model aja yang dites, alasannya seperti yang saya sebutkan di atas).
http://www.euroncap.com/tests/ford_focus_2004/204.aspx
Tested model Ford Focus Trend 1.6
Body type 5-door hatchback
Tidak ada sedan, or wagon, or convertible
User avatar
zweifellos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2647
Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by zweifellos »

FortunerMan wrote:
zweifellos wrote:lagi2 nih. sapa yang bilang versi hatchback dan sedan hasil crash testnya akan dalam taraf yang diterima. baca lagi om pelan2 postingan saya.
zweifellos wrote:focus sedan biasa satu dengan lainnya saja PASTI menghasilkan hasil crash test yang berbeda TAPI hasil perbedaannya tentu sangat kecil (masih dalam taraf yang bisa diterima).
HMMMM....
hehehe. saya udah menduga ini permasalahannya. ok, gini om.saya bilang, SEDANG focus sedan biasa satu dengan lainnya, artinya yang saya maksud itu model yang sama (sesama sedan biasa, bukan antara focus sedan biasa dengan yang versi hatcbacknya. kalimat di atasnya baru menjelaskan sedan biasa dan versi hatchback. ini kutipannya:
kalo memang betul2 mau hasil yang pasti, tentu focus biasa dan hatchback mesti dites kedua2nya karena pasti menghasilkan hasil crash test yang berbeda. tapi kalo perbedaan hasil masih dalam taraf yang bisa diterima kenapa mesti dilakukan dua kali?
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
FortunerMan

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by FortunerMan »

zweifellos wrote:jadi udah jelas2 dari awal saya bilang SAYA BERANGGAPAN trus ditanya kenapa, berarti om nanya kenapa saya beranggapan seperti itu. trus pas dijelasin malah minta hitung2an, permasalahin bukan insinyur crash test dll., kan aneh bgt. jadi salah om sendiri, dah tau saya BERANGGAPAN tapi malah meminta data teknis dari crash test.
Beranggapan sih siapa aja boleh, ada yg beranggapan mobil di bawah 500 juta jangan expect reliability (bukan anda), ada yg beranggapan kalo mobil buatan luar Jepang biarpun merek Jepang = bukan merek Jepang (bukan anda). Ada yg punya rumus 1 bintang ENCAP = 3 bintang ANCAP (bukan anda). Banyak anggapan2 ngawur.

Anggapan org itu beda2, saya cuman mau tau penjelasan di balik "anggapan" anda :D
FortunerMan

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by FortunerMan »

zweifellos wrote:ini kutipannya:
kalo memang betul2 mau hasil yang pasti, tentu focus biasa dan hatchback mesti dites kedua2nya karena pasti menghasilkan hasil crash test yang berbeda. tapi kalo perbedaan hasil masih dalam taraf yang bisa diterima kenapa mesti dilakukan dua kali?
Yg bisa diterima itu apa? Sepertinya anda tau, makanya saya nanya. Kan saya udah bilang, ada wagon yg di tes, ada yg tidak. Seri 3 wagon di tes, Focus wagon kenapa tidak di tes?

Apa perbedaan wagon dgn hatchback bisa diterima juga? Semua bisa diterima kayanya...kecuali kendaraan yg anda tidak suka :mrgreen:
User avatar
zweifellos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2647
Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by zweifellos »

FortunerMan wrote:
zweifellos wrote:ke kasus focus. tidak jelas dari situs ford.de itu apakah focus sedan dan hatchback diuji dengan 1 mobil saja atau dari kedua mobil cuman sempat ngebaca dari thread ini kalo ga salah ditesnya dari 1 mobil aja. jadi asumsi dites dari 1 mobil. nah menurut saya, saya masih bisa menerimanya. kenapa? karena menurut saya (lagi) beda bentuk belakangnya tidak sesignifikan bila dibandingkan dengan kasus triton dan PS (makanya kasus triton dan PS saya ga bisa menerimanya kalo cuman 1 model aja yang dites, alasannya seperti yang saya sebutkan di atas).
http://www.euroncap.com/tests/ford_focus_2004/204.aspx
Tested model Ford Focus Trend 1.6
Body type 5-door hatchback
Tidak ada sedan, or wagon, or convertible
iya om, saya kan dah singgung.

kayanya ga ada versi pickup dari focus ya. jadi sayang ga bisa dijadiin bandingan yang sama. jadi saya tetap berpatokan pada navara dengan pathfindernya untuk kasus triton, ranger, hilux dengan ps, evie dan fortie.

kalo liat dari judul sih disebutin ford focus trend 1.6 termasuk model, hatchback termasuk jenis bodi. nah apakah triton misalnya merupakan model yang sama dengan PS (hilux dengan fortie) buat pengetes2 crash testnya? MUNGKIN ini bisa jadi panduan, mungkin.

sambung ntar ya. balik dulu.
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
FortunerMan

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by FortunerMan »

zweifellos wrote:apakah triton misalnya merupakan model yang sama dengan PS (hilux dengan fortie) buat pengetes2 crash testnya? MUNGKIN ini bisa jadi panduan, mungkin.
Nama lain Fortuner adalah Hilux SW4...namanya udah sama. Triton/PS dan Ranger/Everest prinsipnya sama persis dgn Hilux/Hilux SW4(Fortuner).

Terima nggak? Pasti nggak. Karena atap dan berat lain kan? Hilux SW4 vs Hilux pasti gak terima....tapi Focus Wagon sama Focus hatchback terima2 aja, padahal atap dan berat buset lain bener. Tapi kalo SUV/Truck signifikan bedanya...sedangkan yg Hatchback/wagon pasti tidak signifikan kan? Saya tanya signifikannya dgn alasan teknis apa? jawabnya...itu anggapan anda :P

Kalo Navarra dan Pathfinder di tes, berarti semua pasangan SUV/truck harus di tes...kata anda. Tapi saya teruskan ke jenis mobil lain - ada wagon yg di tes dan ada yg tidak. 3-series wagon/sedan di tes, tapi Focus wagon/sedan tidak di tes sama sekali, cuman hatchback doang...gpp juga menurut anda kan?
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by maskopat »

tapi sequoia dan tacoma di hancurin loh.. yang satu pick up yang satu van...
mirip dengan fortuner dan hilux.. entah kalo fortuner (apa pun itu namanya) akan dimasukkan ke amrik, eropa.. akankah ada crash testnya?
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
FortunerMan

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by FortunerMan »

Nggak tau :) Saya cuman mau menampik argumen...kalo berat/atap beda = harus crash test terpisah. Banyak mobil yg varian2nya jauh beda tidak di tes - walaupun berat/atap berbeda. Juga mau menampik yg dengan asalnya beranggapan...ooo kalo mobil ini gpp gak ada crash testnya...kalo yg model ini beda harus di tes terpisah, tanpa pertimbangan teknis yg qualified, hanya "anggapan" sendiri aja.

Soal apa kriteria mobil harus di tes atau tidak secara persisnya gimana - saya gak tau. Apakah kriterianya - harus at least satu varian dr suatu model di tes? Soalnya tidak konsisten, ada set sedan/wagon yg di tes terpisah seperti seri 3, ada yg sedan/wagon nya sama sekali tidak di tes, hanya hatchbacknya seperti Focus. Kok bisa begitu? ya gak tau, saya bukan insinyur crash test encap.

Apakah Fortuner suatu varian dari Hilux? Seperti sudah saya bilang (dan buktikan) - nama lain dr Fortuner adalah HILUX SW4. Kalo anda liat tanpa kacamata sentimen Accord Sedan dan Accord Wagon...tentu mikir ...ooo..Accord accord juga. Tapi kalo Hilux dengan Hilux SW4...lain cerita, soalnya kacamata sentimen udah dipake. Kenapa? Karena crash test Hilux bagus (4 stars)...jangan sampe Hilux SW4 (Fortuner) dikira crash worthinessnya bagus.
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by maskopat »

ngomong2, kalo crash test mobil pickup seperti hilux, triton.. apakah dibedakan testnya ketika bak terisi penuh, setengah penuh, kosong? :e-think: :e-think:

ada yang tahu tentang ini? karena menurut logika ane yang rada2 bodoh ini harusnya response chassis akan berbeda.. tapi apakah hal ini diperlukan? karena cost nya jadi besar banget...
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by maskopat »

hm... tapi nanti ane coba emailin deh para insinyur crash test di amrik dan europe. kita tanyain aja kenapa model ini gak ada hasil test nya, kenapa yang ini gak ada..
nanti sekalian kita tanya kalo fortie dan hilux apakah perlu dibedakan..

daripada kita nebak2 manggis, lebih oke kalo kita tanyakan ke yang bersangkutan...

oh ya, kalo ada yang tahu emailnya, kasih tahu ane aja.. biar entar ane tanyain..
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
zweifellos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2647
Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by zweifellos »

FortunerMan wrote:
zweifellos wrote:ini kutipannya:
kalo memang betul2 mau hasil yang pasti, tentu focus biasa dan hatchback mesti dites kedua2nya karena pasti menghasilkan hasil crash test yang berbeda. tapi kalo perbedaan hasil masih dalam taraf yang bisa diterima kenapa mesti dilakukan dua kali?
Yg bisa diterima itu apa? Sepertinya anda tau, makanya saya nanya. Kan saya udah bilang, ada wagon yg di tes, ada yg tidak. Seri 3 wagon di tes, Focus wagon kenapa tidak di tes?

Apa perbedaan wagon dgn hatchback bisa diterima juga? Semua bisa diterima kayanya...kecuali kendaraan yg anda tidak suka :mrgreen:
saya ga tau om. itu kan saya nanya karena (dipost yang om quote) dari anggapan saya. saya berasumsi tes hatchback bisa mewakili versi sedannya dan MUNGKIN cuman dites 1 model saja karena dianggap tidak akan menghasilkan hasil yang begitu jauh (hasilnya masih dalam taraf yang bisa diterima).

Kan saya udah bilang, ada wagon yg di tes, ada yg tidak. Seri 3 wagon di tes, Focus wagon kenapa tidak di tes?
ini saya masih belum ngerti pertanyaannya. seri 3 itu apa om? termasuk model dari ford (seperti focus)? trus wagon itu apa? apakah termasuk model yang dikeluarkan ford (seperti focus)? atau wagon itu merupakan salah satu varian dari varian2 ford focus yang ada (biasa, hatchback, wagon)?
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
FortunerMan

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by FortunerMan »

Station (Wagon) itu sedan tapi belakangnya ketutup kaya SUV. Jauh gak berat/atap sama hatchback?

BMW Seri 3 sedan/wagon di tes dua2nya, sedangkan
Ford Focus cuman hatchback yg di tes (sedan/wagon tidak)

Kenapa tidak ada konsistensi? Kalo mau ambil patokan BMW seri 3....mestinya semua model sedan/wagon di tes varian2nya. Kenyataannya ada yg di tes ada yg tidak. Tapi kenapa di SUV/truck harus ada konsistensi menurut anda (semua varian harus di tes)?

Yg lucunya, hasil tes Pathfinder lebih bagus dr Navarra - jangan2 Hilux SW4 lebih bagus dr Hilux (yg skornya lebih tinggi dr navarra).
Last edited by FortunerMan on Fri Oct 02, 2009 12:10, edited 1 time in total.
User avatar
zweifellos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2647
Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by zweifellos »

FortunerMan wrote:Nggak tau :) Saya cuman mau menampik argumen...kalo berat/atap beda = harus crash test terpisah.
Banyak mobil yg varian2nya jauh beda tidak di tes - walaupun berat/atap berbeda. Juga mau menampik yg dengan asalnya beranggapan...ooo kalo mobil ini gpp gak ada crash testnya...kalo yg model ini beda harus di tes terpisah, tanpa pertimbangan teknis yg qualified, hanya "anggapan" sendiri aja.


Soal apa kriteria mobil harus di tes atau tidak secara persisnya gimana - saya gak tau. Apakah kriterianya - harus at least satu varian dr suatu model di tes? Soalnya tidak konsisten, ada set sedan/wagon yg di tes terpisah seperti seri 3, ada yg sedan/wagon nya sama sekali tidak di tes, hanya hatchbacknya seperti Focus. Kok bisa begitu? ya gak tau, saya bukan insinyur crash test encap.

Apakah Fortuner suatu varian dari Hilux? Seperti sudah saya bilang (dan buktikan) - nama lain dr Fortuner adalah HILUX SW4. Kalo anda liat tanpa kacamata sentimen Accord Sedan dan Accord Wagon...tentu mikir ...ooo..Accord accord juga. Tapi kalo Hilux dengan Hilux SW4...lain cerita, soalnya kacamata sentimen udah dipake. Kenapa? Karena crash test Hilux bagus (4 stars)...jangan sampe Hilux SW4 (Fortuner) dikira crash worthinessnya bagus.
kalo om mau fakta : PS, fortie, evie sampe saat ini belum ada ketauan crash testnya padahal versi pick up nya buat kesemua merk ada (triton, ranger, hilux) sedangkan buat nissan navara, pathfinder punya crash test. ini fakta. sesimple itu aja. kenapa ini kenapa itu, mesti mencari fakta lain yang sampe sekarang belum ketemu. titik. :mrgreen:

kesimpulannya : pathfinder sudah jelas hasil crash testnya, sedang fortie, ps dan evie ga jelas hasil crash testnya. apakah pathfinder lebih aman dari yang lain? bisa iya bisa tidak.
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
User avatar
zweifellos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2647
Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by zweifellos »

FortunerMan wrote:Station (Wagon) itu sedan tapi belakangnya ketutup kaya SUV. Jauh gak berat/atap sama hatchback?
thanks. jauh berat mestinya lebih berat yang ada tutupnya, tapi belum pasti.
FortunerMan wrote: BMW Seri 3 sedan/wagon di tes dua2nya, sedangkan
Ford Focus cuman hatchback yg di tes (sedan/wagon tidak)

Kenapa tidak ada konsistensi? Kalo mau ambil patokan BMW seri 3....mestinya semua model sedan/wagon di tes varian2nya. Kenyataannya ada yg di tes ada yg tidak. Tapi kenapa di SUV/truck harus ada konsistensi menurut anda (semua varian harus di tes)?
ya di sini kita cuman bisa menebak2 saja. kalo saya masih beranggapan seperti yang saya bilang sebelumnya.

yang saya mo tanyakan, bmw seri 3 itu buat sedan dan wagon dites di tahun yang sama?
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
FortunerMan

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by FortunerMan »

Buat saya Fortuner (Hilux SW4) adalah varian dari Hilux, jadi sudah cukup hasil crash test Hilux. Triton dan Pajero Sport juga begitu. Ranger dan Everest juga. Kalo anda bilang tidak bisa begitu karena atap dan berat beda, saya sudah kasi contoh dimana berat dan atap jauh banget - tapi anda bilang gak papa. Ya bisa di balik...menurut saya ini juga gpp.

Wong yg punya produk...Toyota... aja bilang Fortuner itu HILUX....masih gak terima juga kan lucu :mrgreen:
Image Image

Ini interior Fortuner...eh Hilux...eh...sama aja!
Image

http://www.motoring.co.za/index.php?fAr ... fSetId=381
It is, to a large extent, a Toyota Hilux with a station wagon body- but that is exactly the point.
Saya sih terima KATA TOYOTA...bahwa Fortuner itu varian Hilux...wong namanya aja HILUX SW4. Tidak terima ya silahkan :)
User avatar
zweifellos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2647
Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by zweifellos »

masalah nama terserah aja kok om. yang penting gimana crash test nya aja. :mrgreen:

PS juga bisa dikasih nama triton berbangku 7. sah2 aja. tapi tetap tak mengubah fakta itu triton berbangku 7 (sama halnya dengan hilux sw4) menjadi mobil yang punya crash test. :big_peace:
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
FortunerMan

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by FortunerMan »

Sama dengan Ford Focus sedan saya....tidak punya crash test :mrgreen: Tapi anda pasti bilang...gpp ada kok...dr hatchbacknya.
User avatar
zweifellos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2647
Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by zweifellos »

kalo focus sedan di web ford.de nya ada om hasil crash test euroncap nya. ntah itu testnya dari model hatchback, ga taulah. mereka (ford.de) berani klaim gitu tentu dengan alasan yang kuat (logikanya euroncap mestinya juga mengakui).
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
FortunerMan

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by FortunerMan »

Faktanya mana....crash test sedannya? Mau Ford.de bilang A, B, C....kenyataannya tidak ada di website NCAP, mana faktanya :P ATau mungkin mereka bisa claim karena Focus sedan adalah varian Focus hatchback.

Tapi Hilux SW4 gak boleh dibilang varian Hilux :mrgreen: