2010 Toyota 4Runner

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t

User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17

Re: 2010 Toyota 4Runner

Post by jalu »

IMO.mungkin krn terbentur pajak 4wd...kalo udah gitu harganya kan jadi mahal, sepertinya petinggi sujuki jg masih ragu apakah dengan harga mahal itu bs laku meski memiliki fitur 4wd...sebab mahal dikit mungkin konsumen pindah ke merek lain, brand image sudah bagus tapi prestise merek suzuki blm sekuat merek jepang lain disini (bs dibilang sekelas daihatsu). dulu GV lbh murah aja masih kalah laris dibanding suv lainnya. apalgi skrg ini, harganya malah selisih tipis dng AN xtrail.

Akan lbh baik kalo suzuki jg menjual kit 4wd (opsi terpisah)... just in my dream .... :e-wall:

Tapi kira2 ada gak ya IU yang menjual GV 4wd ? kalo new CR-V AWD versi IU setau saya ada, malah sering jg ketemu dijalan
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
FortunerMan

Re: 2010 Toyota 4Runner

Post by FortunerMan »

GV kalah saingan karena dia di mata masyarakat dia cuman a cheaper CR-V - dan memang kalo 4x2 nya aja, kelihatannya seperti itu. Jadi di marketingnya susah ambil angle nya. Kalo sebagai mobil aspal saja jelas dia kalah smooth sama CR-V. Tapi kalo ada 4WD nya, bisa di marketing sebagai go anywhere SUV - dan memang dia punya chassis kuat dan 4WD low gear - bukan AWD. Versi 4WD nya sebagai penarik perhatian aja...yg laku juga palingan 4x2 nya juga...liat aja PS ama Fortuner.

Ya lebih mahal jadinya, tapi kan gak semahal Pajero Sport/Fortuner/Everest 4WD - the cheapest options buat 4WD SUV kan ini aja untuk skrg ini. Bagusnya kaya PS, ada 4x2 A/T mewah, 4x4 M/T kopong, 4x4 A/T mewah.
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17

Re: 2010 Toyota 4Runner

Post by jalu »

IMHO GV juga tanggung kalo buat main rada kasar oom.....meski fitur 4wd layaknya suv 4x4 (ada low gear dll), tapi GC standarnya juga kurang tinggi...gak ky suv lain (PS/Evie/42ner) yang udah terlahir dng kaki tinggi. Beberapa kali GV saya kebentur kolongnya sampe knalpot penyok dan support frame girboknya bungsut, padahal rute yang dilalui masih kategori softroader, buktinya 2wd aja msh bs lewat. Ya bisa sih dengan cara suspension lift, tapi kaki full independent-nya agak ribet, banyak sudut roda dan link2 yang mesti dikoreksi kalo di lift.CMIIW

Dan sampe saat ini setau saya lift kit GV cuma ada 2 (rocky road atau terra), beda dng generasi sebelumnya (VES) yang lbh banyak tersedia aftermarket penunjang offroad, karena kaki2nya lbh mumpuni untuk offroad meski suspensi depannya IFS dan terlahir dng GC bawaan yg rendah juga.

Jadi IMHO dlm opini saya GV 4wd itu punya struktur bagus dan fitur 4x4 lengkap tapi konstruksi kaki2nya kurang menunjang off road. :off_bored:
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
FortunerMan

Re: 2010 Toyota 4Runner

Post by FortunerMan »

Kalo mentok sih semua bisa mentok om..tuh ada Pajero standar main ke pondok cabe sampe peang footstepnya - namanya juga standar. Nyang penting kalo masuk becek2 lumpur chance keluar lebih bagus, jangan buat kompetisi - sayang mobilnya :mrgreen: Go-anywhere SUV yg mur-mer lah.

http://www.theautochannel.com/news/2009 ... 66823.html
Australia’s toughest judges – the 4WD experts from 4x4 Australia and Overlander 4WD magazines – have this week named the Grand Vitara the best compact SUV in the country for the second year in a row.

“Its low-range gearing, tough ladder frame chassis and all-independent suspension quickly impressed 4X4OTY judges on a mixed on and off-road test route that few other compacts could have completed,” said the 4x4 Australia judges.
http://www.carpages.co.uk/suzuki/suzuki ... -05-07.asp
Suzuki’s Grand Vitara has received a ringing endorsement from Germany’s leading off-road magazine, AutoBild allrad. More than 35,000 readers - half its circulation - voted the Japanese SUV their compact 4x4 of the year 2007.

AutoBild allrad is Germany’s largest-selling 4x4 title and in scooping the top spot, Grand Vitara beat off the challenge of 19 other competitors. The accolade vindicates Suzuki’s philosophy of providing a combination of genuine off-road competence and comfortable on road performance.

A unique lightweight monocoque body combined with a stiff, built-in ladder frame means rigidity matches the most traditional of off roaders, yet the all-independent suspension offers excellent driving comfort and responsive handling.
Sujuki Sujuki....kok multiple award winner nya kaga dimasukin...ck ck ck
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17

Re: 2010 Toyota 4Runner

Post by jalu »

Jika abang2nya banyak berkiprah di offroad adventure, rock crawling dll, GV malah banyak dipake buat rally...

Image

Image

Image

Image

Image

Image
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17

Re: 2010 Toyota 4Runner

Post by jalu »

FortunerMan wrote:Kalo mentok sih semua bisa mentok om..tuh ada Pajero standar main ke pondok cabe sampe peang footstepnya - namanya juga standar. Nyang penting kalo masuk becek2 lumpur chance keluar lebih bagus, jangan buat kompetisi - sayang mobilnya :mrgreen: Go-anywhere SUV yg mur-mer lah.
liat price list terakhir harga GV 2.4 atpm 325 jt varian matic (entah brp harga skrg ini), kalo misalkan GV 4x4 dijual tentunya harga jauh lbh dari itu...IMO jd rasanya bukan SUV mur-mer lg oom (apalgi buat kemampuan kocek saya :mrgreen: )...meski jadi yang termurah dibanding merek lain.... Mungkin yang lbh cocok untuk diposisikan suv mur-mer adalah jimny..... (itupun blm tentu akan dijual disini :e-wall: )

Image
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: 2010 Toyota 4Runner

Post by billyd1773dz »

GV ini unik yah.. d buat bersasis kokoh, serta tetap menyertakan partime serta lowgir, dan desain drivetrainnya tetap RWD sehingga lebih mudah saat di oprek, hal ini jelas melawan arus compact SUV lain.

karena dia RWD mungkin tidak sulit, memasang axle depan dari vitara gen1 yg bnyk di indo, dan transfercasenya terutama d GV manual. serta klw "nekat" d swap jd rigid pun urusannya tidak sesulit compact suv FF lain..

hmmm padahal atpmnya masukin yg 4x4 dgn 2ltr aja cukup tu..
forester AWD 2ltr itu 320jt GV mestinya bisa sama atw lebih murah nih...


@jalu

hehe iya tu atpm suzi napa masukin caribian yah? knp nda masukin jimny wide yg modern aja sekalian...


:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: 2010 Toyota 4Runner

Post by billyd1773dz »

agathos wrote:om bil tanya dunks, soal full floating rigid axle, ketauan-nya dari mana yah kalo mau cek? LC105 rigid-nya full floating gak yah? jadi penasaran nih hehehehe.
klw stw sya sih, nglihatnya di tengah peleknya om...

biasanya d axle blkng ada tonjolan, seperti biasanya d axle blkng truk.
kya gini
Image
Image
mirip freewheel hub tpi ga ada switchnya dan ada d axle blkng.
klw asnya patah, as roda bisa langsung d tarik dari tonjolan itu tampa perlu melepas ban, berguna banget klw lagi ngangkut beban berat lalu asnya patah dmn tdk memungkinkan mendongkrak/melepas ban.

karena as roda hanya berfungsi memutar roda, dan tdk dapat beban dari muatan, maka load capacity akan meningkat pesat.

biasanya sih d indo yg pling sering ada di FJ45 atw umumnya d SUV pickup (LC70 PU n Patrol PU), dan beberapa SUV biasa
D-cab di indo aja tdk ada yg pake sistem ini.

thx
:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
agathos
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 416
Joined: Mon Apr 13, 2009 21:56

Re: 2010 Toyota 4Runner

Post by agathos »

ooo thanks om bil, LC saya sih bagian belakang sama ada tonjolan gitu, depan-nya kalo gak salah juga ada, besok coba di cek lagi deh :D
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17

Re: 2010 Toyota 4Runner

Post by jalu »

billyd1773dz wrote:hehe iya tu atpm suzi napa masukin caribian yah? knp nda masukin jimny wide yg modern aja sekalian...

:beer:
Iya tuh om billy, saya sempet ngobrol sama sales suzuki, kt dia caribie krg laku sebab harganya tinggi krn ada pajak 4x4, selain itu konsumen menganggap harga tinggi cuma dapet katana yang suspensinya masih per daun dpn blkg, sebab skrg tuntutan konsumen ttg kenyamanan udah tinggi,hehehe...Mudah2an aja si jimny wide ini bs hadir untuk mengulang suksesnya jimny/katana/samurai/sierra

Oh ya omm..untuk GV & suv lain dng kaki full independent, bagaimana sih cara lift yang bener ? :e-think:
sebab saya perhatikan lift kit yang ada dijual buat GV cuma bersifat "ganjelan", dan IMHO gak ada efek signifikan thd travel suspensi, ini contohnya (merek rocky-road)

Image Image

terlihat ban blkg masih nggantung....ditunggu pencerahan dr om billy ? :big_peace:
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: 2010 Toyota 4Runner

Post by maskopat »

kenapa ya SUV FISS lengannya bukan dipasang dari tengah body ya? seperti renault racoon.. off roader concept dari renault tahun 90-an...
Image
jadi kan travel suspensi bisa lebih panjang..
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: 2010 Toyota 4Runner

Post by billyd1773dz »

jalu wrote:
billyd1773dz wrote:hehe iya tu atpm suzi napa masukin caribian yah? knp nda masukin jimny wide yg modern aja sekalian...

:beer:
Iya tuh om billy, saya sempet ngobrol sama sales suzuki, kt dia caribie krg laku sebab harganya tinggi krn ada pajak 4x4, selain itu konsumen menganggap harga tinggi cuma dapet katana yang suspensinya masih per daun dpn blkg, sebab skrg tuntutan konsumen ttg kenyamanan udah tinggi,hehehe...Mudah2an aja si jimny wide ini bs hadir untuk mengulang suksesnya jimny/katana/samurai/sierra

Oh ya omm..untuk GV & suv lain dng kaki full independent, bagaimana sih cara lift yang bener ? :e-think:
sebab saya perhatikan lift kit yang ada dijual buat GV cuma bersifat "ganjelan", dan IMHO gak ada efek signifikan thd travel suspensi, ini contohnya (merek rocky-road)

Image Image

terlihat ban blkg masih nggantung....ditunggu pencerahan dr om billy ? :big_peace:
padahal harga caribian uda kurang dari 150jt yah? uda akal2an dgn pakai KIR, jadi harganya bisa di teken..
ini yg salah pajaknya nih, jalanan d indo banyak yg ancur, blm saat terjadi bencana kya d sumbar, dmn mobil yg bisa lewat distribusiin bantuan harus 4x4, mestinya kepemilikan kendaraan 4x4 di permudah n murah yah?

carribian nda plek katana bngt sih, mesinnya 1,3ltr injeksi lumayan kok.. tpi gosipnya kta yg make untuk mobil 1,3ltr cukup "boros" 1:7-8...
hehe iya tu jimny wide rigid coilspring, mesinnya yg 1000cc aja tpi turbo K10A... mantap tuh....

klw sebatas ngelift sih, klw dikit2 2 incian di ganjel coilnya masih bisa, tpi klw mau tinggi, mesti di drop axle+arm+spindelnya d rubah steering juga ikut rubah, banyak deh urusannya,lebih sulit bwat ninggiinnya.. itu pun travelnya tetep terbatas, tidak bisa sejauh rigid. setelah di tinggiin pakai ban besar blm tentu juga CV joint asrodanya awet muterin ban besar.. hehe
independen, travelnya bergantung panjang swing arm, dan kelenturan CVjointnya(d luar panjang shock dan per)


cmiiw
thx
:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: 2010 Toyota 4Runner

Post by billyd1773dz »

maskopat wrote:kenapa ya SUV FISS lengannya bukan dipasang dari tengah body ya? seperti renault racoon.. off roader concept dari renault tahun 90-an...
Image
jadi kan travel suspensi bisa lebih panjang..
intinya akal2an aja agar swing armnya bisa lebih panjang dan tetep memperhitungkan tempat axle dan sendi/CVjoint asrodanya dmn gerak mainnya harus selalu sejajar antara swingarm dan cvjoint agar CVjointnya tdk tarik menarik, di sini sulitnya.... apa lgi klw kasusnya mobil produksi, banyak sekali yg harus di babat dan d rubah, dan berujung ke biaya yg malah lebih murah dan hasil yg lebih baik untuk langsung mengswap ke rigid.

tapi ada juga axle yg bisa di katagorikan independen, versi produksi namun punya travel jauh lebih panjang dri independen biasa.. dan bisa mendekati rigid.

yaitu TTB- Twin Traction Beam d pakai di Ford Bronco
Image
Image
Image
Image
Image
ni kuncinya armnya bisa jadi panjang, sehingga travelnya bisa jauh lebih baik, walau masih di batasi panjang arm dan sudut CVjoint. dan kyanya makin ribet ni konstruksinya...

hehe.. seandainya ford ranger/evie pake beginian yah?

:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: 2010 Toyota 4Runner

Post by maskopat »

billyd1773dz wrote: intinya akal2an aja agar swing armnya bisa lebih panjang dan tetep memperhitungkan tempat axle dan sendi/CVjoint asrodanya dmn gerak mainnya harus selalu sejajar antara swingarm dan cvjoint agar CVjointnya tdk tarik menarik, di sini sulitnya.... apa lgi klw kasusnya mobil produksi, banyak sekali yg harus di babat dan d rubah, dan berujung ke biaya yg malah lebih murah dan hasil yg lebih baik untuk langsung mengswap ke rigid.

tapi ada juga axle yg bisa di katagorikan independen, versi produksi namun punya travel jauh lebih panjang dri independen biasa.. dan bisa mendekati rigid.

yaitu TTB- Twin Traction Beam d pakai di Ford Bronco
Image
ni kuncinya armnya bisa jadi panjang, sehingga travelnya bisa jauh lebih baik, walau masih di batasi panjang arm dan sudut CVjoint. dan kyanya makin ribet ni konstruksinya...

hehe.. seandainya ford ranger/evie pake beginian yah?
yang jadi masalah adalah membuatnya simetris untuk high way.. kalo emang khusus untuk off road mungkin malah bagus.

ajib!! gardan dijadiin swing arm.. :frm_salut: :frm_salut:
itu differential dan lengannya gimana ya? kan masih harus di tengah juga? atau dimodif jadi sesuai dengan pivot points? :e-think: :e-think:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17

Re: 2010 Toyota 4Runner

Post by jalu »

@billy:
mantap banget informasinya gan....trus kalo mau dibandingin pembuatan secara cost effective, manakah yang lebih cermat antara rombak besar2an tapi masih susp independen atau mending sekalian aja ganti gardan rigid depan blkg ? :e-think: seperti contoh sidekick ini

Image

kalo misalkan GV hanya untuk sekedar masuk ke kebon atau adventure ringan, kira2 worthed gak misalkan cukup gardan blkg saja yg diganti rigid (termasuk lift ya) ?
terus terang GV std kalo di lift tinggi terlihat ada yang janggal di roda belakangnya, entah kenapa saya jg gak ngerti oom,apaa yang aneh ? :e-think: ban belakang seperti semakin mepet ke pintu, boleh diliat di foto ini :

Image

Malah terlihat lebih "wajar" dilihat kalo cuma lift sedikit aja .....Monggo dijelaskan lebih lanjut kang.... :frm_salut:
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: 2010 Toyota 4Runner

Post by maskopat »

jalu wrote: terus terang GV std kalo di lift tinggi terlihat ada yang janggal di roda belakangnya, entah kenapa saya jg gak ngerti oom,apaa yang aneh ? :e-think: ban belakang seperti semakin mepet ke pintu, boleh diliat di foto ini :

Image

Malah terlihat lebih "wajar" dilihat kalo cuma lift sedikit aja .....Monggo dijelaskan lebih lanjut kang.... :frm_salut:
mungkin karena poros lengannya (pivot point?) ada di depan roda belakang. sehingga kalo ditinggiin, lengannya ke bawah-depan..
gitu kali ya...
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17

Re: 2010 Toyota 4Runner

Post by jalu »

kalo memang dari pivot point gitu...apakah solusinya dengan ganti adjustable trailing rod ? :e-think:
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: 2010 Toyota 4Runner

Post by billyd1773dz »

jalu wrote:

terus terang GV std kalo di lift tinggi terlihat ada yang janggal di roda belakangnya, entah kenapa saya jg gak ngerti oom,apaa yang aneh ? :e-think: ban belakang seperti semakin mepet ke pintu, boleh diliat di foto ini :

Image

Malah terlihat lebih "wajar" dilihat kalo cuma lift sedikit aja .....Monggo dijelaskan lebih lanjut kang.... :frm_salut:
kyanya akibat di tinggiin dgn cara ngeganjel tu....
duh gmn jelasinnya yah..., pokoknya klw misalnya panjang swingarm nya 10cm stdnya bearti posisinya datar ban sejajar fender, setelah di ganjel, otomatis swingarmnya jadi miring, akibatnya ban jadi "mendelep/masuk" kedalam spatbor... lebar track nya jd menyempit... jadinya perlu di tambah adapter d peleknya agar "nongolnya" normal lagi. nah, karena swingarmnya miring, bearti CVjoint+balljoint dlm posisi miring/stress juga, klw kya gini di pastikan berpengaruh ke umur pakainya.
@billy:
mantap banget informasinya gan....trus kalo mau dibandingin pembuatan secara cost effective, manakah yang lebih cermat antara rombak besar2an tapi masih susp independen atau mending sekalian aja ganti gardan rigid depan blkg ? :e-think: seperti contoh sidekick ini

Image

kalo misalkan GV hanya untuk sekedar masuk ke kebon atau adventure ringan, kira2 worthed gak misalkan cukup gardan blkg saja yg diganti rigid (termasuk lift ya) ?
gini om, klw misalnya om hanya akan memakai mobilnya sebentar, atau kemudian di jual, mendingan menerapkan modifikasi lift kit bolt-on(klw ada) agar bisa dikembalikan keasal atw klw sdh tdk sesuai dgn keperluan mending ganti mobil aja... tpi klw sudah cinta mati sama tuh mobil dan uda tega.. baru deh siap di babat jadi rigid hehehe.... soalnya klw uda swap axle gini, akan sangat sulit klw harus di kembalikan ke asal.

terus klw yang dicari hanya tinggi dan masuk ban gambot.... dan di pakainya buat d kota saja/tidak butuh suspension flex ya independen aja cukup atw ngecoak fender jg bisa d pakai... tpi klw mw ngejadiin mobil tampa kompromi yg siap d bawa kmn aja ya rigid siap d lamar... <--- walau bgtu saat ini kya kurang bijaksana jg sih klw GV baru sampai di amputasi.. :e-think: :e-think: sayang uy... mending beli vitara gen 1 aja....

thx
:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: 2010 Toyota 4Runner

Post by billyd1773dz »

maskopat wrote:
billyd1773dz wrote: intinya akal2an aja agar swing armnya bisa lebih panjang dan tetep memperhitungkan tempat axle dan sendi/CVjoint asrodanya dmn gerak mainnya harus selalu sejajar antara swingarm dan cvjoint agar CVjointnya tdk tarik menarik, di sini sulitnya.... apa lgi klw kasusnya mobil produksi, banyak sekali yg harus di babat dan d rubah, dan berujung ke biaya yg malah lebih murah dan hasil yg lebih baik untuk langsung mengswap ke rigid.

tapi ada juga axle yg bisa di katagorikan independen, versi produksi namun punya travel jauh lebih panjang dri independen biasa.. dan bisa mendekati rigid.

yaitu TTB- Twin Traction Beam d pakai di Ford Bronco
Image
ni kuncinya armnya bisa jadi panjang, sehingga travelnya bisa jauh lebih baik, walau masih di batasi panjang arm dan sudut CVjoint. dan kyanya makin ribet ni konstruksinya...

hehe.. seandainya ford ranger/evie pake beginian yah?
yang jadi masalah adalah membuatnya simetris untuk high way.. kalo emang khusus untuk off road mungkin malah bagus.

ajib!! gardan dijadiin swing arm.. :frm_salut: :frm_salut:
itu differential dan lengannya gimana ya? kan masih harus di tengah juga? atau dimodif jadi sesuai dengan pivot points? :e-think: :e-think:
ini asli buatan pabrik om, bukan modifikasi hehehe.....

diff nya disalah satu lengannya , jadi crossjointnya cukup 3 aja... beda dgn independen biasa yg 4 biji dan umumnya pke CVjoint.
tpi ini klw mw ninggiin, rada ribet juga pivot pointnya harus ikut di drop sesuai liftnya, agar posisinya selalu sejajar... dan chambernya di jaga tetap 0..


thx
:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: 2010 Toyota 4Runner

Post by billyd1773dz »

agathos wrote:ooo thanks om bil, LC saya sih bagian belakang sama ada tonjolan gitu, depan-nya kalo gak salah juga ada, besok coba di cek lagi deh :D
klw depan sih freewheel hub om.. bukan floating kit hehehe...

klw blkng ada.. bearti selamat LC105 anda pakai axle FullFloating mantap tuh.... :off_good_job: :off_good_job:

klw uda bosen mendingan jgn d jual oprek aja om... potensinya banyak tuh...


:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17

Re: 2010 Toyota 4Runner

Post by jalu »

thanks ingpo akuratnya omm billy..memang benar, pemasangan bolt on lift kit pada GV bisa mengakibatkan stress di komponen kaki2nya..terbukti ada beberapa GV yang bushingnya pecah/retak setelah di lift, makanya saya jadi ragu dengan pemakaian bol on lift kit tsb, oleh sebab itu saya konsul lbh lanjut sm om bily ttg lift yang benar :frm_salut:

Untuk pemakaian saya jg lbh dominan di jalan raya, tapi berhubung sering mudik, banyak jalan2 yang menuju kebun/perkampungan itu kondisinya masih parah krn rutenya selalu di lewati truk colt diesel yang bawa hasil bumi, akibatnya mbl sering kandas, meski kondisinya jg tidak terlalu licin karena jalannya sudah dilapis bebatuan.

Mungkin om biily ada rekomendasi/tips2 dlm hal modif seputar kaki2 untuk rute seperti itu... ?? :big_peace:
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: 2010 Toyota 4Runner

Post by billyd1773dz »

jalu wrote:thanks ingpo akuratnya omm billy..memang benar, pemasangan bolt on lift kit pada GV bisa mengakibatkan stress di komponen kaki2nya..terbukti ada beberapa GV yang bushingnya pecah/retak setelah di lift, makanya saya jadi ragu dengan pemakaian bol on lift kit tsb, oleh sebab itu saya konsul lbh lanjut sm om bily ttg lift yang benar :frm_salut:
klw sya dulu di rocky IFS, sya puter abis batang torsinya agar tinggi mirip dgn menganjel d coil, dlm kondisi axle depan/4x4 yang di pakai sesekali saja(1 bln 2-3xan) dlm 1-2 thn CVjointnya bunyi dan beberapa saat kemudian pecah. blm efek ke tierod/idle arm yg sering sekali minta ganti sampe akhirnya d cuekin biarin jalannya g bisa diem jg hehe... kebayang klw GV yg independennya selalu berputar sebagai penggerak utamanya....

klw d ganjel saja yg membuat posisi suspensi miring/stress mungkin bisa berakibat ke umur pakai, tpi klw cara ngeliftnya d drop, sehingga semuanya kembali ke sudut normal namun lebih tinggi, seharusnya tidak ada pengaruh ke umur pakai. seperti ini

Image
Image

tpi as far blm pernah liat uy bwat GV sih... klw pun ada penurunan umur, sepertinya akibat ban gambotnya... ini bisa ninggiin tpi tdk ada pengaruh ke suspension flex...
dulupernah iseng sama temen bikin kya di atas bwat taft... d pke 1 thn, tpi akhirny d bongkar dan d amputasi jadi rigid.. hehehe
Untuk pemakaian saya jg lbh dominan di jalan raya, tapi berhubung sering mudik, banyak jalan2 yang menuju kebun/perkampungan itu kondisinya masih parah krn rutenya selalu di lewati truk colt diesel yang bawa hasil bumi, akibatnya mbl sering kandas, meski kondisinya jg tidak terlalu licin karena jalannya sudah dilapis bebatuan.

Mungkin om biily ada rekomendasi/tips2 dlm hal modif seputar kaki2 untuk rute seperti itu... ?? :big_peace:
hmmm.... kandas tu gasruk om maksudnya? mobilnya GV?mbl 4x2 bisa lewat bearti nda perlu 4x4 yah? klw ban sudah mentok om tdk bisa lebih besar lagi? klw memang tdk mau di ganjel coilnya atw mencoak guna memakai ban lebih besar, mungkin bisa memasang skidplate d kolong2nya dan menghilangkan bagian yg menonjol d kolong.. jd walau pun gasruk, tdk akan merusak apapun dan tdk ada bagian yg bikin nyangkut... kya mobil rally gtu...

cmiiw yah.. waduh ane so tau gini yah..... GV aja kaga punya... :e-whistle: :e-whistle: :e-whistle:

thx
:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17

Re: 2010 Toyota 4Runner

Post by jalu »

ooo...jadi maksudnya di drop itu support frame sama braket2 part suspensinya diganjel dikit dari sasisnya supaya sasis & body agak naik & bisa masuk ban yang lebih gede ya oom ? (ngasi ruang buat spakbor) ? :roll: Kalo di drop gt berarti efek liftnya thd GC dominan dr perubahan ukuran ban ya ? :e-think:

Ukuran ban max buat GV itu 31".cmiiw...diatas itu harus rombak spakbor :e-wall:

Jadi kalo bs saya simpulkan info dr om bily, langkah yang lbh bijak dlm nge-lift kaki independen berarti dng cara di drop gt dong...krn sudut lengan2 suspensi masih tetap dlm kondisi seperti standar...dibanding bolt on lift (ganjelan) yang bikin stress part suspensi..gitu bukan oom...?? :e-think:

Mangga diwaler ku akang billy... :beer:
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
MitshuToyo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1261
Joined: Mon Jan 21, 2008 15:00

Re: 2010 Toyota 4Runner

Post by MitshuToyo »

billyd1773dz wrote:
maskopat wrote:kenapa ya SUV FISS lengannya bukan dipasang dari tengah body ya? seperti renault racoon.. off roader concept dari renault tahun 90-an...
Image
jadi kan travel suspensi bisa lebih panjang..
intinya akal2an aja agar swing armnya bisa lebih panjang dan tetep memperhitungkan tempat axle dan sendi/CVjoint asrodanya dmn gerak mainnya harus selalu sejajar antara swingarm dan cvjoint agar CVjointnya tdk tarik menarik, di sini sulitnya.... apa lgi klw kasusnya mobil produksi, banyak sekali yg harus di babat dan d rubah, dan berujung ke biaya yg malah lebih murah dan hasil yg lebih baik untuk langsung mengswap ke rigid.

tapi ada juga axle yg bisa di katagorikan independen, versi produksi namun punya travel jauh lebih panjang dri independen biasa.. dan bisa mendekati rigid.

yaitu TTB- Twin Traction Beam d pakai di Ford Bronco
Image
Image
Image
Image
Image
ni kuncinya armnya bisa jadi panjang, sehingga travelnya bisa jauh lebih baik, walau masih di batasi panjang arm dan sudut CVjoint. dan kyanya makin ribet ni konstruksinya...

hehe.. seandainya ford ranger/evie pake beginian yah?

:beer:
Hmmm.. nikmat sekali baca tulisan2 Sdr Billy di thread manapun..tenang tanpa emosi,pengetahuan Oprutnya mantap..
Gak percaya kalau masih SMA.. hayo potona mana.. coba liat.. :mrgreen: :mrgreen:
Lagi nginjek rem..
User avatar
€lj€p€
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2610
Joined: Sat Apr 14, 2007 15:01
Location: Kemanggisan, Jakarta Barat

Re: 2010 Toyota 4Runner

Post by €lj€p€ »

Kelihatannya harus bikin thread khusus suspensi nih... supaya tidak menyimpang dari judul Toyota 4Runner.
Dari Solo ke Oslo
Image