10 Mobil Terlaris Tahun 2009

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t

FortunerMan

Re: 10 Mobil Terlaris Tahun 2009

Post by FortunerMan »

Namanya saja kerjasama, pasti ada ciri2 dr masing2 pabrikan :P Tapi bilang rebadge sudah jelas salah, karena faktanya ada input dari Chief Engineer Avanza yg org Toyota.

Kalo rebadge , yg nongol adalah ciri dari satu pabrikan saja - seperti Honda Passport yg murni rancangan Isuzu.
Tomiko_Van
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 439
Joined: Mon Jan 18, 2010 8:42

Re: 10 Mobil Terlaris Tahun 2009

Post by Tomiko_Van »

liat2aja wrote:Jakarta - Popularitas Toyota Avanza di Indonesia sudah mengakar. Di jalanan mobil MPV yang satu ini senantiasa hadir seperti tiada habisnya. Avanza pun menjadi mobil terlaris sepanjang tahun 2009.

Bila kita melihat daftar 10 mobil terlaris, terlihat pabrikan Jepang semakin menggenggam pasar. Produsen mobil Eropa dan AS dibuat tak berkutik dalam daftar ini.

Toyota menempatkan 3 mobilnya dalam daftar terlaris, disusul Honda 3 mobil, kemudian Daihatsu 2 mobil, dan sisanya Nissan, dan Suzuki.

Mobil-mobil yang terlaris masih mobil serba guna alias MPV. Pasar MPV di Indonesia memang sangat padat. Hal ini bisa dilihat dari angka penjualan sebesar 263.460 unit yang mencapai 56 persen dari total penjualan mobil nasional pada tahun 2009.

Berdasarkan data final Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) yang diperoleh dari PT Honda Prospect Motor, Avanza mencapai angka penjualan 100.065 unit di tahun 2009 lalu.

Di peringkat kedua dibuntuti saudara kembarnya yakni Daihatsu Xenia. Di posisi ketiga tetap menempel ketat Toyota Kijang Innova.

Yang cukup mengagetkan adalah Honda Freed, yang hanya dalam waktu setengah tahun (Freed diluncurkan pada akhir Juni 2009) bisa masuk dalam daftar di peringkat 10 menyisihkan mobil favorit lain seperti Daihatsu Gran Max dan Toyota Yaris. Gran Max dan Yaris di 2008 lalu masih beruntung bisa masuk daftar.

Mobil yang baru masuk daftar tahunan adalah Daihatsu Terios, dimana Terios dalam daftar tahun lalu belum masuk.

Berikut daftar lengkap 10 mobil penumpang terlaris di 2009:

1. Toyota Avanza 100.065 unit
2. Daihatsu Xenia 43.409 unit
3. Toyota Kijang Innova 35.989 unit
4. Honda Jazz 15.713 unit
5. Nissan Livina 14.107 unit
6. Daihatsu Terios 13.149 unit
7. Toyota Rush 12.965 unit
8. Suzuki APV 12.555 unit
9. Honda CR-V 10.110 unit
10. Honda Freed 8.900 unit.

Sumber: http://oto.detik.com/read/2010/01/15/14 ... tahun-2009

Ini gw yang nambahin:
Berdasarkan kategori: MPV 6 type, Hatchback (walaupun pajaknya MPV) 1 type, dan SUV 3 type
Berdasarkan merk: Toyota 3 type, Daihatsu 2 type, Honda 3 type, Nissan 1 type (walaupun angka penjualannya pasti gabung GL, Livina XR dan X-Gear) dan Suzuki 1 type
biar gimanapun kondisinya, list tsb adalah FAKTA penjualan tahun 2009 kemarin,
dari situ kelihatan kalau ternyata masyarakat Indonesia masih suka dgn "MPV khas Indonesia", terbukti dgn larisnya top-3 dari Toyota/Daihatsu (bahkan honda jazz pun masih setengah kurang dari penjualan innova). kenapa dibilang khas indonesia, karena syaratnya antara lain, body tinggi, muat banyak, bandel, penggerak belakang, dan pastinya harga jual tinggi. masyarakat yg mementingkan performa, teknologi, masih sedikit dibandingka dengan yg mementingkan utilitas.
アイドリング!!!
FortunerMan

Re: 10 Mobil Terlaris Tahun 2009

Post by FortunerMan »

"My brief was to develop the Avanza for the Asean region and at this time, we are only thinking of selling it in the Asean markets. Perhaps we may also offer it in other countries outside Asean but it is not something we are looking at for now," said Kaoru Hosokawa, the Chief Engineer for the Avanza who was present at the media preview this morning.

That Toyota chose a MPV for its second low-cost effort was probably influenced by the huge success of the Kijang/Unser over the years. Although the sedan is still a popular bodystyle, people-carriers are much more popular in Indonesia and the Philippines and sell in very large volumes, In Indonesia especially, the Kijang has become something of a ‘national car’ given its sales dominance.
Namanya aja Chief Engineer...masa bengong aja kerjanya :P
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: 10 Mobil Terlaris Tahun 2009

Post by GTR »

FortunerMan wrote:
GTR wrote:Sah2 aja chief engineer dibilang orang TMC, sebagian saham daihatsu juga milik toyota, emblem nya ditempel di produk.

tapi teknologi, daihatsu; mirip honda passport tadi.
Chief Engineer Toyota...tapi teknologi Daihatsu? Emang teknologi itu asalnya bukan dr engineer ya? :P Dr langit toh ternyata :p Setau saya engineer menghasilkan teknologi...

TIDAK SAMA TIDAK MIRIP
dengan Isuzu Rodeo/Honda Passport. Developmentnya tidak kerjasama, Chief Engineer Isuzu Rodeo bukan org Honda.
Built and designed solely by Isuzu
http://en.wikipedia.org/wiki/Honda_Passport

Sementara penjelasan panjang lebar ttg development Avanza oleh Chief Engineernya (yg org TOYOTA) sudah saya kasi link http://www.motortrader.com.my/NUS/artic ... page_m.asp silahkan dibaca kalo mau belajar.
karena honda tidak memiliki sebagian besar saham isuzu.

Chief engineer produk rebadge, bisa kontribusi lain, misal pemilihan mesin dll. hal2 yang sedapat mungkin sharing/adopt & penguasaan teknologi, sejalan bertambahnya waktu. dalam xeniavanza terlihat kontribusi pada exterior yg bisa masuk untuk keduanya.
asal teknologi mesin, gearbox, sasis-suspensi xeniavanza itu daihatsu.

atau nanti yg ini bisa disebut teknologi berasal dari daihatsu..
Image
User avatar
edward
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1640
Joined: Sat Mar 20, 2004 17:59
Location: in the globe

Re: 10 Mobil Terlaris Tahun 2009

Post by edward »

Ha Altis G 'limited edition'?

Itu kan Camry utk US dan midle east? :big_peace:

Avanza@2006>>>
Innova@2010>>>
EcoSport@2014 >>>
Black VRZ@2016
FortunerMan

Re: 10 Mobil Terlaris Tahun 2009

Post by FortunerMan »

GTR wrote:
FortunerMan wrote:
GTR wrote:Sah2 aja chief engineer dibilang orang TMC, sebagian saham daihatsu juga milik toyota, emblem nya ditempel di produk.

tapi teknologi, daihatsu; mirip honda passport tadi.
Chief Engineer Toyota...tapi teknologi Daihatsu? Emang teknologi itu asalnya bukan dr engineer ya? :P Dr langit toh ternyata :p Setau saya engineer menghasilkan teknologi...

TIDAK SAMA TIDAK MIRIP
dengan Isuzu Rodeo/Honda Passport. Developmentnya tidak kerjasama, Chief Engineer Isuzu Rodeo bukan org Honda.
Built and designed solely by Isuzu
http://en.wikipedia.org/wiki/Honda_Passport

Sementara penjelasan panjang lebar ttg development Avanza oleh Chief Engineernya (yg org TOYOTA) sudah saya kasi link http://www.motortrader.com.my/NUS/artic ... page_m.asp silahkan dibaca kalo mau belajar.
karena honda tidak memiliki sebagian besar saham isuzu.

Chief engineer produk rebadge, bisa kontribusi lain, misal pemilihan mesin dll. hal2 yang sedapat mungkin sharing/adopt & penguasaan teknologi, sejalan bertambahnya waktu. dalam xeniavanza terlihat kontribusi pada exterior yg bisa masuk untuk keduanya.
asal teknologi mesin, gearbox, sasis-suspensi xeniavanza itu daihatsu.

atau nanti yg ini bisa disebut teknologi berasal dari daihatsu..
Image
Engineer Honda TIDAK ADA andil dalam development Isuzu Rodeo. Engineer Toyota PUNYA ANDIL dalam development AVanza (Chief Engineernya pula!). Ngerti kan bedanya?

Daihatsu Altis adalah rebadge dr Camry, bukan kerjasama. Kalo sudah ada andil ENGINEER Toyota yang menjadi kepala development Avanza, berarti bisa dibilang itu adalah produk Toyota DAN Daihatsu. Kecuali Chief Engineernya bengong aja makan gaji buta.
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: 10 Mobil Terlaris Tahun 2009

Post by GTR »

Ga ada yg bilang chief engineer nya bengong dan makan gaji buta..

tentu dia andil terhadap pemilihan basis produk & teknologi rancang bangun, dll yg sesuai dgn produk nantinya.

Juga tidak melulu harus develop basis dari nol, ini penguasaan teknologi (&pasar) utk basis sebagian mobil kecil dalam hal ini daihatsu yg sudah pengalaman; terasa sekali di xeniavanza / ruster.
FortunerMan

Re: 10 Mobil Terlaris Tahun 2009

Post by FortunerMan »

GTR wrote:Ga ada yg bilang chief engineer nya bengong dan makan gaji buta..

tentu dia andil terhadap pemilihan basis produk & syarat2 rancang bangun, dll yg sesuai dgn produk nantinya.

Juga tidak melulu harus develop basis dari nol, ini penguasaan teknologi (&pasar) utk basis sebagian mobil kecil dalam hal ini daihatsu yg sudah pengalaman; terasa sekali di xeniavanza / ruster.
mesin pun dari daihatsu YRV.
Engineer Toyota punya andil, tapi mobilnya salah kalo di bilang Toyota? Kasian juga ya...udah kerja tapi gak diakui. Kalo engineer Rolls Royce pilih mesin BMW untuk Phantom boleh, tapi Toyota gak boleh? Emang salah melulu ya Toyota :P
User avatar
asudarsono
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4354
Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19

Re: 10 Mobil Terlaris Tahun 2009

Post by asudarsono »

Apa sih yang mesinnya dari YRV? YRV khan powernya kecil buanget, skrg dipakai di mobil apa?
Ready to Race
User avatar
liat2aja
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1093
Joined: Thu Dec 30, 2004 19:23

Re: 10 Mobil Terlaris Tahun 2009

Post by liat2aja »

iya bung Fortunerman, Avanza memang bukan rebadgenya Xenia, yang itu saya paham.

Cuma mungkin "inti cerita" nya bahwa sebuah Toyota Avanza yang sebenarnya sama persis dengan Daihatsu Xenia secara mesin dan sasisnya, ternyata bisa terjual lebih dari 2 kali lipat dibanding "saudara kembarnya". Disatu sisi, hebat sekali Toyota, disisi lain ironis juga karena Avanza harganya lebih mahal dari Xenia, seharusnya secara teori orang lebih milih Xenia.

:big_peace:
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: 10 Mobil Terlaris Tahun 2009

Post by GTR »

FortunerMan wrote:
GTR wrote:Ga ada yg bilang chief engineer nya bengong dan makan gaji buta..

tentu dia andil terhadap pemilihan basis produk & syarat2 rancang bangun, dll yg sesuai dgn produk nantinya.

Juga tidak melulu harus develop basis dari nol, ini penguasaan teknologi (&pasar) utk basis sebagian mobil kecil dalam hal ini daihatsu yg sudah pengalaman; terasa sekali di xeniavanza / ruster.
mesin pun dari daihatsu YRV.
Engineer Toyota punya andil, tapi mobilnya salah kalo di bilang Toyota? Kasian juga ya...udah kerja tapi gak diakui. Kalo engineer Rolls Royce pilih mesin BMW untuk Phantom boleh, tapi Toyota gak boleh? Emang salah melulu ya Toyota :P
udah dibilang beda sekali. dalam hal untuk kesuksesan&develop produk toyoda, Daihatsu butuh market toyota, toyota butuh teknologi daihatsu.
Maksudnya hanya dengan memilih mesin tok lantas mau dibilang Phantom itu sama seperti xeniavanza?
Beda, belum sampe kaya xeniavanza; engineer Phantom or lain2 hanya butuh mesin, bukan seluruh teknologi bmw seri 7... dan siapa yg bilang ga boleh.

Avanza sekarang pake mesin daihatsu, dengan segala hal teknologi lainnya, bulet2; diluar appeareance, & hal semacam emblem, setir dll.
Sebaliknya, gimana kalo seluruh Phantom itu persis sama dengan bmw bulet2 kecuali appeareance?

Siapa yg bilang toyota salah.. dibilang produk toyoda ini beda dengan toyota, susah.
Pelajari dulu seluk beluk teknologi, mesin, karakter jadinya yg asal daihatsu, bedakan dengan toyota.
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: 10 Mobil Terlaris Tahun 2009

Post by GTR »

asudarsono wrote:Apa sih yang mesinnya dari YRV? YRV khan powernya kecil buanget, skrg dipakai di mobil apa?

Avanza pakai basis mesin sama dengan YRV, Sirion/Boon, Bego (terios), Luminas, granmax (luxio) & kalo ga salah Copen 1.3.
YRV 1300cc = K3VE (vvti & steer-shift), dipakai avanza vvti 1300cc.
avanza 1300cc non-vvti = K3DE (basis K3VE, tapi vvti nya dicabut).
avanza 1500cc vvti = SZ-VE, juga dipakai di Bego(terios), sirion (luar) / boon, luminas, granmax(luxio); (not to confuse with SZ-FE=aslinya toyota yaris 1 gen)

beda dari ciri mesin daihatsu, seri mesin toyota teratur, angka pertama = generasi (blok).
dua huruf terakhir menandakan narrow atau wide angle (head), huruf terakhir = EFI. dalam 2SZ-FE, artinya narrow angle head, EFI, generasi kedua.

mesin toyota kapasitas seginian sbb:
1SZ-FE(1000) dan 2SZ-FE (1300)
1NZ-FE(1500) dan 2NZ-FE (1300)
1NR-FE (1300 dual vvti) : auris, iQ
4ZZ-FE (1400)

btw, mesin YRV ada versi turbo, k3-VET 135ps.
User avatar
asudarsono
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4354
Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19

Re: 10 Mobil Terlaris Tahun 2009

Post by asudarsono »

Wow, YRV khan powernya sama si Unyil gue, kok bisa ya jadi berubah banget sampai Terios (109HP) segala. Kalau YRV swap engine bisa kenceng donk. I C I C I C.

BTW, baru kali ini aku liat pada belain merk Toyota sampai segini. Menurut saya Xenia - Avanza itu mobil yg jenius sekali. Mobil murah meriah gak ada keunggulannya sama sekali kecuali bhw bisa angkut 7 orang tapi suksesnya fenomenal. Untung gak dikasih lambang Subaru .... kalau dikasih, udah dipakai buat bikin donut sama anak2 nongkrong deh.

Oooo, ternyata bukan sama dengan Terios tapi sama Avanza yg 1300. OK deh paham, thx
Ready to Race
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: 10 Mobil Terlaris Tahun 2009

Post by GTR »

asudarsono wrote:Wow, YRV khan powernya sama si Unyil gue, kok bisa ya jadi berubah banget sampai Terios (109HP) segala. Kalau YRV swap engine bisa kenceng donk. I C I C I C.
mesin YRV 1300cc dan 1500cc sebasis bro, beda stroke aja, utamanya beda panjang setang piston dan crankshaft, pake daihatsu punya.
User avatar
asudarsono
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4354
Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19

Re: 10 Mobil Terlaris Tahun 2009

Post by asudarsono »

:frm_tumbright: hmmmm .... yrv 900 kg ..... avanza 1500 cc, 109 HP .... hmmmm :frm_tumbleft:



Pantes aja YRV pada menghilang
Ready to Race
FortunerMan

Re: 10 Mobil Terlaris Tahun 2009

Post by FortunerMan »

GTR wrote:
FortunerMan wrote:
GTR wrote:Ga ada yg bilang chief engineer nya bengong dan makan gaji buta..

tentu dia andil terhadap pemilihan basis produk & syarat2 rancang bangun, dll yg sesuai dgn produk nantinya.

Juga tidak melulu harus develop basis dari nol, ini penguasaan teknologi (&pasar) utk basis sebagian mobil kecil dalam hal ini daihatsu yg sudah pengalaman; terasa sekali di xeniavanza / ruster.
mesin pun dari daihatsu YRV.
Engineer Toyota punya andil, tapi mobilnya salah kalo di bilang Toyota? Kasian juga ya...udah kerja tapi gak diakui. Kalo engineer Rolls Royce pilih mesin BMW untuk Phantom boleh, tapi Toyota gak boleh? Emang salah melulu ya Toyota :P
udah dibilang beda sekali. dalam hal untuk kesuksesan&develop produk toyoda, Daihatsu butuh market toyota, toyota butuh teknologi daihatsu.
Maksudnya hanya dengan memilih mesin tok lantas mau dibilang Phantom itu sama seperti xeniavanza?
Beda, belum sampe kaya xeniavanza; engineer Phantom or lain2 hanya butuh mesin, bukan seluruh teknologi bmw seri 7... dan siapa yg bilang ga boleh.

Avanza sekarang pake mesin daihatsu, dengan segala hal teknologi lainnya, bulet2; diluar appeareance, & hal semacam emblem, setir dll.
Sebaliknya, gimana kalo seluruh Phantom itu persis sama dengan bmw bulet2 kecuali appeareance?

Siapa yg bilang toyota salah.. dibilang produk toyoda ini beda dengan toyota, susah.
Pelajari dulu seluk beluk teknologi, mesin, karakter jadinya yg asal daihatsu, bedakan dengan toyota.
Baru tau yg namanya "Chief Engineer" itu tugasnya cuman design grill Toyota dan pasang emblem.

Anda mempermasalahkan mesin Daihatsu dipake di Toyota, saya kasih contoh banyak kasus begitu - seperti Rolls Royce Phantom pake mesin BMW. Saya tidak bilang sama persis kasusnya, hanya contoh mesin. Anda bilang AvanzaXenia mirip Isuzu Rodeo dan Honda Passport, salah - engineer Honda tidak punya andil apapun dalam development Isuzu Rodeo.

Setelah itu anda mempermasalahkan overall mobilnya, saya kasih bukti CHIEF ENGINEER Avanza adalah orang Toyota.

Avanza di kembangkan oleh engineer Toyota, dengan menggunakan arsenal komponen2 yg di milikinya. Untuk mencapai target harga yg diinginkan, dia pake parts perusahaan miliknya yg spesialis mobil kecil murah. Sama saja seperti memilih supplier aki, supplier baut baut. Tapi yg mendesign overall apa itu sebuah Avanza adalah Chief Engineer dari Toyota. Karena engineer Toyota punya andil, mobil ini pantas disebut sebuah Toyota, dan reputasi Toyota ikut bergantung pada mobil ini.
FortunerMan

Re: 10 Mobil Terlaris Tahun 2009

Post by FortunerMan »

liat2aja wrote:iya bung Fortunerman, Avanza memang bukan rebadgenya Xenia, yang itu saya paham.

Cuma mungkin "inti cerita" nya bahwa sebuah Toyota Avanza yang sebenarnya sama persis dengan Daihatsu Xenia secara mesin dan sasisnya, ternyata bisa terjual lebih dari 2 kali lipat dibanding "saudara kembarnya". Disatu sisi, hebat sekali Toyota, disisi lain ironis juga karena Avanza harganya lebih mahal dari Xenia, seharusnya secara teori orang lebih milih Xenia.
Memang power dan image suatu brand itu memegang andil besar...bukan di mobil saja. Makanya perusahaan2 mati2an menjaga nama baik brandnya. Segitulah kepercayaan masyarakat terhadap Toyota.

Setelah terbentuk pasar mobkas Avanza yg resale valuenya lebih baik dr Xenia...jadinya masuk akal target market Avanza (yg pasti masih memikirkan resale value) lebih memilih Avanza. Total ownership cost (harga beli lebih tinggi, resale juga value lebih tinggi) nya mungkin jadi sama aja antara Avanza dan Xenia, ngapain juga milih merek Daihatsu drpada merek Toyota.
User avatar
liat2aja
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1093
Joined: Thu Dec 30, 2004 19:23

Re: 10 Mobil Terlaris Tahun 2009

Post by liat2aja »

iya pernah baca memang Avanza-Xenia dikembangkan bersama Toyota-Daihatsu walaupun dalam perakitannya di pabrik Daihatsu (dan akhirnya juga pakai engine, transmisi dsb punya Daihatsu)

Beda misalnya Daihatsu Boon disono jadi Toyota Passo setau saya rebadge doang, dalam arti "tukang insinyur" Toyota ga terlibat dalam desain si Boon. Mungkin ini juga berlaku di Luminas & Sette. Terios-Rush setau saya juga desain by Daihatsu dan rebadge by Toyota (walaupun gw pernah baca di salah satu web onlen kalau Terios itu basisnya dari RAV4 lama - ga bisa confirm ini karena ga ketemu artikelnya, artikel lain sebutnya Terios ini basisnya dari Avanza-Xenia - ga ketemu juga artikelnya)
User avatar
asudarsono
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4354
Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19

Re: 10 Mobil Terlaris Tahun 2009

Post by asudarsono »

Om, ijin nimbrung. Setahu saya emang udah kebijakan perusahaan demi cost cutting bahwa mobil kecil Toyota Group itu dibuat oleh Daihatsu, selebihnya adalah badge engineering belaka. Bahkan tidak tertutup kemungkinan generasi baru mobil kecil Toyota akan semua seperti itu, sehingga tinggal pilih merk saja mau merk Yaris, Justy atau Sirion di mana semuanya sebetulnya Sirion.

Bahwa Avanza dan Xenia itu bentuk dan rasanya emang mirip Toyota Kijang dan bukan Daihatsu Taruna, ya krn pengaruh Toyota sangat besar dalam DESAIN mobilnya. Tapi tetap saja secara teknologi kasat mata, dia adalah Terios spekdown.

Apakah Toyota akan jadi lebih efisien ... ya. Apakah Toyota akan kehilangan jati diri ... ya. Apakah akan merugikan Toyota dalam jangak panjang ..... menurut saya, bisa jadi.
Ready to Race
FortunerMan

Re: 10 Mobil Terlaris Tahun 2009

Post by FortunerMan »

Saya rasa kehilangan jati diri sih tidak, Avanza memegang teguh ciri Toyota, yaitu reliable mass product vehicles. Tentang rasanya...masa mau harga murah tapi rasa sama seperti Toyota JDM :P Ya ngga mungkin toh..ada harga ada barang.

Toyota Avanza dirancang untuk memenuhi kebutuhan DAN daya beli beli konsumen rata2 Indonesia. Harganya murah, ya otomatis tidak senyaman mini MPV produk Toyota global. Itulah keunggulan Avanza: tailor made for average Indonesian consumers...matching bener dah.

Seperti om Sudarsono bilang, rasanya emang kaya Toyota - a cheap Toyota. Tapi tidak kehilangan core characteristic nya Toyota, yaitu reliability.
User avatar
boilers
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1023
Joined: Wed Dec 01, 2004 10:17

Re: 10 Mobil Terlaris Tahun 2009

Post by boilers »

Yang jelas kalau dilihat dari top 10 list itu, yang paling happy sekarang yah pabrik Daihatsu :D Toyota meski menang di penjualan, tapi sebenernya semua top seller Toyota itu dibuat di pabrik Daihatsu hehe...
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: 10 Mobil Terlaris Tahun 2009

Post by GTR »

FortunerMan wrote:
GTR wrote:
FortunerMan wrote: Engineer Toyota punya andil, tapi mobilnya salah kalo di bilang Toyota? Kasian juga ya...udah kerja tapi gak diakui. Kalo engineer Rolls Royce pilih mesin BMW untuk Phantom boleh, tapi Toyota gak boleh? Emang salah melulu ya Toyota :P
udah dibilang beda sekali. dalam hal untuk kesuksesan&develop produk toyoda, Daihatsu butuh market toyota, toyota butuh teknologi daihatsu.
Maksudnya hanya dengan memilih mesin tok lantas mau dibilang Phantom itu sama seperti xeniavanza?
Beda, belum sampe kaya xeniavanza; engineer Phantom or lain2 hanya butuh mesin, bukan seluruh teknologi bmw seri 7... dan siapa yg bilang ga boleh.

Avanza sekarang pake mesin daihatsu, dengan segala hal teknologi lainnya, bulet2; diluar appeareance, & hal semacam emblem, setir dll.
Sebaliknya, gimana kalo seluruh Phantom itu persis sama dengan bmw bulet2 kecuali appeareance?

Siapa yg bilang toyota salah.. dibilang produk toyoda ini beda dengan toyota, susah.
Pelajari dulu seluk beluk teknologi, mesin, karakter jadinya yg asal daihatsu, bedakan dengan toyota.
Baru tau yg namanya "Chief Engineer" itu tugasnya cuman design grill Toyota dan pasang emblem.
FortunerMan wrote: Anda mempermasalahkan mesin Daihatsu dipake di Toyota, saya kasih contoh banyak kasus begitu - seperti Rolls Royce Phantom pake mesin BMW. Saya tidak bilang sama persis kasusnya, hanya contoh mesin.
kan saya udah bilang, justru pendapat saya bukan soal merk2 mobil mau pake mesinnya siapa, Mclaren f1 itu mesin BMW, Ariel Atom itu mesin honda, dll. It's a Rolls Royce Phantom, Mclaren F1 and Ariel Atom.
Justru posting situ ini awalnya, yg salah, phantom mesin bmw beda dengan avanza yg bukan cuma pake mesin daihatsu xenia. tapi avanza bulet adalah xenia.
Kalo yg masuk itu Passo, apa lantas itu jadi bukan daihatsu yg kita kenal sekarang?

FortunerMan wrote: Anda bilang AvanzaXenia mirip Isuzu Rodeo dan Honda Passport, salah - engineer Honda tidak punya andil apapun dalam development Isuzu Rodeo.
Liat dari andil development, Engineer honda punya andil lain wong dia memang belum bisa bikin diesel, dia berkepentingan buat cikal bakal i-CTDI dan i-DTEC diesel honda kemudian, ini cara dia & isuzu.
Mana ada engineer mau saling rebadge merk tanpa sama sekali punya tujuan/andil terhadap produk tersebut. Honda butuh teknologi isuzu.

Dari Badge Engineering, sama; engineering bikin emblem/appeareance ke produk aliasnya.
FortunerMan wrote: Sama saja seperti memilih supplier aki, supplier baut baut.
berapa merk aki mobil jepang? berapa merk baut OEM mobil jepang? Ban? Headlamp? Velg? shockabsorber? busi? merk a/c? Honda dll pun sebagian pake denso. Fan-belt? ring piston? Bearing? hydrolic mechanism? kabel?
kebanyakan sama, rancangan / design engineering masing2 produsen yg membedakan produk merk A dari lainnya.

it is about teknologi major pada daihatsu xenia.
bukan sekedar memilih supplier aki nya, baut nya dll tadi; bukan ini yg saya bicarakan, tapi badge engineering major....
FortunerMan wrote: Setelah itu anda mempermasalahkan overall mobilnya, saya kasih bukti CHIEF ENGINEER Avanza adalah orang Toyota.
Avanza di kembangkan oleh engineer Toyota, dengan menggunakan arsenal komponen2 yg di milikinya. Untuk mencapai target harga yg diinginkan, dia pake parts perusahaan miliknya yg spesialis mobil kecil murah.
Tapi yg mendesign overall apa itu sebuah Avanza adalah Chief Engineer dari Toyota. Karena engineer Toyota punya andil, mobil ini pantas disebut sebuah Toyota, dan reputasi Toyota ikut bergantung pada mobil ini.
salah,
Chief engineer yang paling bertanggung jawab membangun Daihatsu Xenia ini dari NOL adalah orang Daihatsu: Sunao Matsubayashi.
Areas of Responsibility:
- Compact Car Product Planning Division (Overseas)
- Chassis Design Division
- Test & Experiment Division

Chief engineer TMC berperan terhadap konsep dan supervisi termasuk produk rebadge toyota termasuk semacam toyota Blizzard (TAFT), toyota Passo (sirion), toyota Rush (Bego), dan masih punya banyak kerjaan lain di teknologi toyota. sebagian produk seperti ini dia pilih daihatsu, daripada toyota.
Image

kalo diwawancara siapa orang Daihatsu yg membangun ini dari nol, baru seperti di atas; teknologi, teknisi2 dan pabrik nya kebanyakan daihatsu.

Pun begitu, saya juga ga berpikir apa Chief engineer toyota boleh-bisa "berkelit" dengan jawaban lain, secara DMC itu di bawah TMC, dan avanza itu pake badge toyota.
FortunerMan

Re: 10 Mobil Terlaris Tahun 2009

Post by FortunerMan »

Yg bilang Avanza tidak banyak pake komponen/teknologi Daihatsu itu siapa? Yg saya bilang engineer Toyota punya ANDIL dalam pengembangan overall vehiclenya - sehingga menjadi sebuah kerjasama. Tentu saja banyak engineer Daihatsu yg ikut terlibat. Kalau menurut anda tugas Chief Engineer Avanza (dari Toyota) hanya pasang emblem Toyota ya sudah...mau bilang apa lagi saya - wong Toyota salah melulu kan? Yg berkelit lah, dsb :mrgreen:

Engineer Honda tidak punya ANDIL dalam pengembangan Isuzu Rodeo dari awal, jadi bukan kerjasama - tapi pure rebadge. Saya tidak bicara mobil lain, hanya Isuzu Rodeo/Honda Passport. Engineer Honda tidak ada andil. Engineer Toyota punya andil dalam pengembangan Avanza.
A big plus for Daihatsu is its relationship with Toyota Motor Corp. (TM ), which has held 51% of the company since 1998. Yamada himself is a 37-year Toyota veteran who brings a wealth of experience that has helped turn Daihatsu around. The companies have been co-developing vehicles, reducing expenses for both. Toyota's Passo compact, for instance -- the same vehicle as the Boon -- is built by Daihatsu. And in Indonesia, Daihatsu makes a version of Toyota's Avanza, which it sells as the Xenia.
Tau kan arti "CO-development"? :p
FortunerMan

Re: 10 Mobil Terlaris Tahun 2009

Post by FortunerMan »

boilers wrote:Yang jelas kalau dilihat dari top 10 list itu, yang paling happy sekarang yah pabrik Daihatsu :D Toyota meski menang di penjualan, tapi sebenernya semua top seller Toyota itu dibuat di pabrik Daihatsu hehe...
Dua2nya senang lah om, Toyota owns 51% of Daihatsu.
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: 10 Mobil Terlaris Tahun 2009

Post by GTR »

yg bilang toyota salah melulu sejak awal itu tidak lain cuma anda.

toyota andil, dengan pure rebadge produk2 daihatsu seperti tadi : xenia, Town-ace, Bego, Boon, blizzard... lewat anak perusahaan nya, daihatsu. sambil menyerap teknologinya buat produk2 entry jangka panjang.

kecuali emblem2/appereance, ada perbedaan apa di avanza yg menjadikannya toyota (bukan daihatsu)? saya belum menemukan...