barryaje wrote:SQ koq disamakan dg atoyot, bumi langit deh bedanya. ini dalam konteks price-product value ya, khususnya di Indonesia. lebih fokus lagi ke Inopah dan apanzah. coba yg setuju bahwa dua produk tersebut memberi value for money tinggi, silakan angkat tangan... anybody? jujur ya, do you get what you pay for? Rp 240an juta (hampir USD 25,500) untuk sebuah inopah matic? no airbag, no abs, no advanced chasis? Rp 158an juta (USD 16,500 lebih) untuk apanjah matic? silakan compare kisaran harga2 tersebut dg harga mobil di negara maju. Faktor pajak dan bea masuk? kan dua produk tadi produksi lokal, kandungan lokal tinggi, pasti rendah dong, paling PPn BM dan PPN aja. Sekarang compare dengan harga tiket SQ. Do you get what you pay for? Dan dia turunkan harga tiket seiring dengan turunnya harga minyak dunia lho.
gw ngga bilang inopah atau apanjah itu jelek, cuma sangat over priced. Lalu konsumen dicekoki dengan dokttrin: "ya memang tinggi harganya pak tapi kan harga jualnya stabil dst..." (padahal supaya profit kami tambah gede). Jadi deh kebanyakan konsumen Indonesia yg buta kualitas, memfanatikkan. Ya sudah, tapi kan salah satu forum kayak SM ini kan supaya bisa sharing dan mengedukasi ilmu pengetahuan yg benar. Kalo nambah sesat konsumen ya di showroom aja lah.
sorry, bukannya sombong, cuma kalo buat beli yg sekelas inopah sih gw Alhamdulillah sanggup. tapi gw mau jadi konsumen yg smart, gw mau my hard-earned money well spent. so, waktu oktober lalu gw perlu pengganti Sapira yg lebih besar, gw sih langsung coret inopah dari daftar belanja, never considered it to be frank. dan akhirnya bisa dapat MPV matic dg chasis monocoque, bonus free service 3 tahun, dg harga di bawah 220 juta. sekali lagi, atoyot selalu bikin excellent product, never doubt it. hanya pricing-nya aja yg merugikan konsumen.
terakhir soal karma, terserah ada yg mau percaya atau ngga. selain contoh kasus recall atoyot, ada yg inget presiden ke-2 kita, pak soeharta? seberapa kaya kah beliau? tapi dari mana hartanya, halal ngga? lalu liat keluarganya, tinggal berapa yg utuh sekarang, baik anak maupun cucunya? Yang Maha Kuasa itu Maha Adil. kalo ngga percaya, terserah. Good luck with your life deh

Kalo kita membandingkan sebuah mobil dengan nominal harganya saja, maka seringnya kita merasa harga2 tersebut overpriced. Kalo mao lebih objektif, kita harus juga membandingkan harga mobil tsb dengan harga2 kompetitornya.
Uang DUA RATUS EMPAT PULUH JUTA RUPIAH memang seakan2 terdengar besar sekali, tapi uang yg sama tersebut bisa dapet mobil apa di indonesia sekarang ini?
Innova (menurut ane) memang bukan mobil yg sangat advance atau yg memang dikhususkan sebagai mobil minivan (yg biasanya ditandai dengan chasis monokok). Innova bahkan dipakein chassis truk sehingga dia bisa share dengan produk lain sehingga akibatnya harga jual bisa ditekan. TAPI Innova itu bisa kasi pilihan ke kita2 yg pengen beli mobil minibus kelas medium (kabin agak legaan) tapi dana terbatas. Misal kalo ada kelompok konsumen spt itu dan engga ada toyota innova, maka mereka harus naik kelas ke new nissan serena, toyota noah, honda stepwagon.....yg harganya sekitar 500 jt-an. Kalo diliat spt itu, maka harga jual innova termasuk good deal (kalo buat ane lho).
Memang (masih) ada hyundai trajet yg adalah mrpk produk 1 dekade lalu (thn 99) tapi masih dijual sbg mobil baru di sini sehingga harganya bisa sangat bersaing.
Tapi boleh percaya boleh tidak.....ATPM hyundai yg jual mobil tersebut bisa jual produk tsb dengan harga murah BUKAN karena mereka pangkas profit margin mereka untuk "keuntungan" konsumen Indonesia, melainkan (menurut ane) karena memang costnya aja yg lebih kecil untuk memprod mobil2 model lama tsb.
Ibaratnya toyota bisa aja jualan kijang model kapsul matik di tahun 2010 ini dengan harga 200jt (sedikit dibawah hyundai trajet matik saat ini) dan mereka bisa dapet respek dari anda (anda pasti bilang bahwa produk mereka price nya OK atau tidak overprice), TAPI banyak juga konsumen2 lain (spt saya) yg ogah kalo toyota lakukan itu. Ane lebih pengen toyota terus berinovasi ngeluarin produk2 baru di negeri ini (atau sama seperti apa yg mereka lakukan di negeri lain). Kalo untuk itu mereka harus adjust harga secara wajar (comparable dengan pesaingnya) supaya mereka gak rugi, ya gak papa......keputusan beli atau engga ya di tangan ane nantinya.
Karena suka atau tidak, inovasi itu butuh modal. Kalo suatu produk gak mao berinovasi, memang secara short run mereka bisa pangkas cost, tapi secara long run produk mereka akan dijauhi konsumennya dan kalo udah begitu DC (damage cost) nya jauh lebih gede.
Kalo mao dikasi contoh, dulu tuh thn2 00-03, Hyundai Trajet itu mobil yg cukup populer peminatnya (Ane pernah punya thn 02 gls). Salesnya cukup tinggi....Kenapa? Karena waktu itu trajet menawarkan produk yg sangat stylish, teknologi diatas minibus lokal, wajah baru yg keren, dsb. Padahal waktu itu masyarakat indonesia baru aja kenal sama sebuah minivan hyundai yg katakanlah belum teruji di "medan" indonesia.
Tapi sekarang gimana? setelah 12 tahun produk tsb berjalan, ATPM Hyundai yg makin populer, merek Hyundai yg makin familiar ditengah masyarakat, kualitas mobil yg juga diatas average (ac, kaki2, dan kualitas interior performanya turun drastis setelah 3-4 thn pemakaian), dan juga harga jual barunya yg sangat2 kompetitif.......lho kok malahan makin engga laku produk trajet tsb sekarang? Bukannya dengan kriteria tsb mustinya trajet semakin laku? Jawabannya ya mungkin karena tidak adanya inovasi spt dijabarkan diatas.
Sakarang tarolah hyundai mao berbenah, dan ngeluarin Hyundai Entourage di sini (yg boleh dibilang pengganti trajet, spt halnya corona ke camry). Apakah Hyundai bisa ngejual entourage baru seharga trajet sekarang? (level trim tinggi + matic dibawah 220jt?) Kalo ane bilang sih engga mungkin.
Coba liat berapa harga jual hyundai i20 AT dari ATPM Hyundai sekarang? 190 jt bro. Gak beda jauh kan dengan mobil sekelasnya dari toyota/honda/mazda/dsb? Mobil segede yaris bedanya gak sampe 30 jt sama mid size minivan trajet......apakah mungkin hal ini terjadi kalo trajet bukan mobil produk lama?
Belum lagi kalo ngebahas masalah "SMART" atau "TIDAK SMART", ane bilang itu bukan porsi kita men cap seseorang smart atau tidaknya dari pilihan mobil seseorang karena ada faktor selera disitu dan juga kriteria orang dalam milih mobil itu bermacam2.
Bisa juga orang2 yg gak demen sama produk lama ngatain anda kurang smart misalnya dengan beli produk trajet, tapi mungkin anda beli trajet itu karena kriteria2 yg anda mau dari sebuah mobil itu bisa anda dapatkan dari produk trajet tsb. Dan gak ada seorang pun yg bisa ngatain anda KURANG SMART hanya karena anda beli mobil minivan model lama.
Dan kriteria tiap2 orang itu berbeda2, gak bisa kita maksa orang beli mobil mereka sendiri memakai kriteria yg kita punya sehingga kita bisa justify kalo orang beli mobil tidak sesuai dengan kriteria kita berarti mereka TIDAK SMART
Kadang2 kita suka terbalik dalam menilai suatu pasar (yg terdiri dari 2 kelompok secara garis besar: Produsen yg diwakili oleh produk yg dijualnya DENGAN konsumen/pembeli mobil).
Seringkali kita selalu berpatokan bahwa produsen dan produk yg mereka jual selalu secara absolut paling bagus (apalagi kalo produk tsb kita suka). Jadi pada waktu produk tsb kurang laku, kita jadi bingung dan langsung nyalahin konsumennya (makanya bisa keluar istilah "orang2 yg kurang SMART").
Padahal mustinya kita juga melihat dari sisi produsen dan produknya (Apakah produsen tsb effortnya sebanyak/segede saingannya yg produknya lebih laku? Apakah produk yg dijualnya lebih baik? apakah produk yg dijualnya sesuai dengan keinginan pasar? dsb.....)
Kalo eksekutif2 hyundai pusat (korsel) ditanya kenapa produk trajet sekarang kurang laku di indonesia, ane yakin bahwa mereka akan "menyalahkan" internal mereka sendiri, bukan malah nyalahin konsumen indonesia yg TIDAK SMART, fanatikan, atau sentimen sama produk hyundai, dsb.....
Kenapa ane bilang mereka bakalan nyalahin internal mereka sendiri? Karena logikanya kalo Nissan, Ford, GM, dsb bisa mulai meramaikan pasar minivan/7 seaters di indonesia, kenapa hyundai engga? .....Perusahaan2 tsb sama2 punya resource yg gede dan membidik pasar yg sama. Tapi kalo nissan/ford/gm bisa mulai sedikit2 ambil kue 7 seaters, kenapa hyundai engga?
Nah kalo internal hyundai aja ogah2an dagang disini, koq malahan kita yg nyalahin konsumen indonesia karena mereka lebih suka beli mobil dari merek yg kerjanya lebih keras untuk dagang mobil disini?
Karena yg namanya profit company itu pasti saingannya tinggi dan gak bisa suatu perusahaan mobil selalu nyalahin konsumennya pada saat produk mereka kurang laku.