[Review]Ford RANGER 3Ltr AT & Everest MT 4x4 BORNEO EDITION
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- SM Specialist
- Posts: 4354
- Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
- Location: Bandungers
[Review]Ford RANGER 3Ltr AT & Everest MT 4x4 BORNEO EDITION
alow all
mw sharing aja nih, kemarin dpt kesempatan "nyiksa" Ford RANGER 3Ltr AT & Everest MT 4x4 BORNEO yg kemarin abis d pakai berpartisipasi Borneo Equator Expedition (BEE)
previewnya dulu hehehe....
mendengar kata BEE,dimana peserta d haruskan melintasi Equator dgn toleransi maksimal 1derajat apapun yg menghadang kemudian,langsung terbayang seberat apa medan yg harus d lalui terlebih saat itu sedang musim hujan, pikiran sya beralih ke spek kendaraan yg d gunakan untuk melaluinya. wew.... langsung terbayang ban ukuran minimal 35" ntah berjenis Simex extreme trekker atau Super Swampe Bogger,mesin2 kencang dgn "korekan" berat, Suspensi High End dengan travel panjang, sudut approach angle, ram break over,dan departure angle sebaik mungkin yang sulit di dapat dri mobil std.
kemudian saat 2 unit Ford ini datang ke hadapan saya,weleh buyar deh "terawangan" saya tentang mobil yg ideal untuk expedisi extreme,mobil ini bersuspensi S.T.D Bahkan Stabilizer depan dan belakang yang kerap kali di lepas untuk beroffroad extreme karena membatasi travel tampak masih terpasang (klw saat BEEnya sih g tw d pasang atw tidak hehehe) mungkin ubahan yg ada d suspensi hanya penggunaan shock Old Man Emu, ini pun ntah karena udah lemah, rasanya kelewat empuk dan kurang sesuai untuk offroad extreme.. hmmmm.... alah yg penting bannya 4 n bisa gelinding hihihihi......
lalu braket winch Warn "XTREME PERFORMANCE" 9.5XP tampak menggunakan "tanduk" yg d ikat ke sasis, tampa merubah bemper STD, maka di pastikan approach angle, ram break over,dan departure angle juga sama dgn mobil STD, wah apa tidak gampang mentok yah?
ban yg di gunakan adalah Simex Extreme Trekker 32x9.5R16 dgn pelek STDnya sepp.. terawangan ane bener satu biji... hehehe namun dgn penggunaan ban berukuran overal diameter 33"(Simex ET 32" ODnya 33" bisa di cek d web simex)karena kita bicara offroad extreme, idealnya dilakukan penggantian ratio karena ban aslinya 245/70R16 bearti 29.5" lalu ratio STDnya 1:3.73 idealnya pke ratio 1:4.13 hmmm... berat g yah?ada yg jual gtu rationya?
Engine?? STD aja... toh sudah pada tahu kan "ganas"nya duo DuraTORQ ini? Tapi... apa jadinya Duratorq ini setelah di paksa hampir sebulan, ratusan Km (atw mungkin ribuan?)d borneo d paksa minum solar seadanya yg tdk bisa d pertanggung jawab kan kualitasnya? (jangan kan eceran, "pasti pas" aja kadang2 ada yg ga beres hehe) kemudian di siksa setiap hari Full Lumpur winching high RPM dipadukan dgn isue tentang diesel commonrail yang terkenal "pemilih" dalam meneguk minumannya, makin penasaran nih masih ganas ga yah?
jangan lupakan transmisi AT 5speed buatan om Borg-Wagner dri bengkel mang USA, yg terpasang d ranger.mungkin kita sering dengar tentang mitos matic, demen rusak, ga cocok oprut,g bisa lari bla bla bla... hehehe lets proof it!!
oyah saat kta pakai odometer Ranger sekitar 7rb sedangkan everest 12rb. masih baruuu.... (ckckckk boil 400jtan digini2in...)
odometer boleh masih dikit.. tp pengalamanya uda keliling borneo tuh...
TKPnya susur pantai jawa dari bdg-pelabuhan ratu-binuangeun-ujungkulon-TJ lesung-jkt-bdg dan d daerah Nyalindung padalarang, treknya d kebon karet dgn kontur perbukitan kesulitannya sangat variatif bergantung cuaca dan kehati-hatian driver karena tidak ada jalan yg "fix" melalui celah2 pohon nan sempit, biasanya jalur ini membutuhkan mobil yg tergolong "well modified" agar bisa lolos tampa winching, dan saat kondisi hujan/terburuk jarak yg biasanya hanya 1-2jam sudah fisnish bisa jadi semalaman..... well kita coba ajah... hope kaga hujan hehehe
uda gatel pingin ngebuktiin slogan "Build For Though" dari Ford ini... hehehe
bersambung...(kya sinetron)
nunggu rame dulu hehe...
thx
mw sharing aja nih, kemarin dpt kesempatan "nyiksa" Ford RANGER 3Ltr AT & Everest MT 4x4 BORNEO yg kemarin abis d pakai berpartisipasi Borneo Equator Expedition (BEE)
previewnya dulu hehehe....
mendengar kata BEE,dimana peserta d haruskan melintasi Equator dgn toleransi maksimal 1derajat apapun yg menghadang kemudian,langsung terbayang seberat apa medan yg harus d lalui terlebih saat itu sedang musim hujan, pikiran sya beralih ke spek kendaraan yg d gunakan untuk melaluinya. wew.... langsung terbayang ban ukuran minimal 35" ntah berjenis Simex extreme trekker atau Super Swampe Bogger,mesin2 kencang dgn "korekan" berat, Suspensi High End dengan travel panjang, sudut approach angle, ram break over,dan departure angle sebaik mungkin yang sulit di dapat dri mobil std.
kemudian saat 2 unit Ford ini datang ke hadapan saya,weleh buyar deh "terawangan" saya tentang mobil yg ideal untuk expedisi extreme,mobil ini bersuspensi S.T.D Bahkan Stabilizer depan dan belakang yang kerap kali di lepas untuk beroffroad extreme karena membatasi travel tampak masih terpasang (klw saat BEEnya sih g tw d pasang atw tidak hehehe) mungkin ubahan yg ada d suspensi hanya penggunaan shock Old Man Emu, ini pun ntah karena udah lemah, rasanya kelewat empuk dan kurang sesuai untuk offroad extreme.. hmmmm.... alah yg penting bannya 4 n bisa gelinding hihihihi......
lalu braket winch Warn "XTREME PERFORMANCE" 9.5XP tampak menggunakan "tanduk" yg d ikat ke sasis, tampa merubah bemper STD, maka di pastikan approach angle, ram break over,dan departure angle juga sama dgn mobil STD, wah apa tidak gampang mentok yah?
ban yg di gunakan adalah Simex Extreme Trekker 32x9.5R16 dgn pelek STDnya sepp.. terawangan ane bener satu biji... hehehe namun dgn penggunaan ban berukuran overal diameter 33"(Simex ET 32" ODnya 33" bisa di cek d web simex)karena kita bicara offroad extreme, idealnya dilakukan penggantian ratio karena ban aslinya 245/70R16 bearti 29.5" lalu ratio STDnya 1:3.73 idealnya pke ratio 1:4.13 hmmm... berat g yah?ada yg jual gtu rationya?
Engine?? STD aja... toh sudah pada tahu kan "ganas"nya duo DuraTORQ ini? Tapi... apa jadinya Duratorq ini setelah di paksa hampir sebulan, ratusan Km (atw mungkin ribuan?)d borneo d paksa minum solar seadanya yg tdk bisa d pertanggung jawab kan kualitasnya? (jangan kan eceran, "pasti pas" aja kadang2 ada yg ga beres hehe) kemudian di siksa setiap hari Full Lumpur winching high RPM dipadukan dgn isue tentang diesel commonrail yang terkenal "pemilih" dalam meneguk minumannya, makin penasaran nih masih ganas ga yah?
jangan lupakan transmisi AT 5speed buatan om Borg-Wagner dri bengkel mang USA, yg terpasang d ranger.mungkin kita sering dengar tentang mitos matic, demen rusak, ga cocok oprut,g bisa lari bla bla bla... hehehe lets proof it!!
oyah saat kta pakai odometer Ranger sekitar 7rb sedangkan everest 12rb. masih baruuu.... (ckckckk boil 400jtan digini2in...)
odometer boleh masih dikit.. tp pengalamanya uda keliling borneo tuh...
TKPnya susur pantai jawa dari bdg-pelabuhan ratu-binuangeun-ujungkulon-TJ lesung-jkt-bdg dan d daerah Nyalindung padalarang, treknya d kebon karet dgn kontur perbukitan kesulitannya sangat variatif bergantung cuaca dan kehati-hatian driver karena tidak ada jalan yg "fix" melalui celah2 pohon nan sempit, biasanya jalur ini membutuhkan mobil yg tergolong "well modified" agar bisa lolos tampa winching, dan saat kondisi hujan/terburuk jarak yg biasanya hanya 1-2jam sudah fisnish bisa jadi semalaman..... well kita coba ajah... hope kaga hujan hehehe
uda gatel pingin ngebuktiin slogan "Build For Though" dari Ford ini... hehehe
bersambung...(kya sinetron)
nunggu rame dulu hehe...
thx
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Billyd1773dz
Billyd1773dz
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 108
- Joined: Thu Jun 14, 2007 15:35
- Location: jakarta
Re: [Review]Ford RANGER 3Ltr AT & Everest MT 4x4 BORNEO EDITION
nice trit, lanjut bro
Lagi lirik2 everest nih buat ganti in panther yang belum lama dilego.
Hmm, moga ending nya gak bikin kuciwa
Lagi lirik2 everest nih buat ganti in panther yang belum lama dilego.
Hmm, moga ending nya gak bikin kuciwa
trust your hope................ not your fear
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 128
- Joined: Sat Sep 26, 2009 14:02
Re: [Review]Ford RANGER 3Ltr AT & Everest MT 4x4 BORNEO EDITION
mantabs bro. ditunggu lanjutannya.
ane pernah pakai ford ranger di tambang dulu, tapi dipandang kurang though, kemudian diganti Dmax. ini lebih mantabs.
tapi kemudian ane sering pakai ford everest, jadi sadar bahwa ranger yg dulu itu rupanya kurang perawatan
ane pernah pakai ford ranger di tambang dulu, tapi dipandang kurang though, kemudian diganti Dmax. ini lebih mantabs.
tapi kemudian ane sering pakai ford everest, jadi sadar bahwa ranger yg dulu itu rupanya kurang perawatan
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1865
- Joined: Tue Jun 24, 2008 13:48
- Location: EternaGTi'91&Pajero'97
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1865
- Joined: Tue Jun 24, 2008 13:48
- Location: EternaGTi'91&Pajero'97
Re: [Review]Ford RANGER 3Ltr AT & Everest MT 4x4 BORNEO EDITION
btw, bullbar seperti itu kuat juga ya Bill? gw ada bullbar kayak gitu, tapi ragu dengan kekuatannya.. soalnya bekas kijang kapsul Alto hehehe.. gw beli winch malah dikasih sama bullbarnya..
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8009
- Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17
Re: [Review]Ford RANGER 3Ltr AT & Everest MT 4x4 BORNEO EDITION
nubie ikut menyimak aja
sebab kalo di proyek itu ranger msh kalah pamor dibanding l200 atau dmax untuk jebur2an di lumpur
kt tunggu gmn performa si ranger ini bersama om billy...
sebab kalo di proyek itu ranger msh kalah pamor dibanding l200 atau dmax untuk jebur2an di lumpur
kt tunggu gmn performa si ranger ini bersama om billy...
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: [Review]Ford RANGER 3Ltr AT & Everest MT 4x4 BORNEO EDIT
absen di sini ah... duduk manis menyimak penjelasan lanjutan master off road...
emang salut deh dengan FMI yang nurunin everest dan ranger di BEE... kondisi nyaris standar kecuali ban pacul...
bravo FMI..
emang salut deh dengan FMI yang nurunin everest dan ranger di BEE... kondisi nyaris standar kecuali ban pacul...
bravo FMI..
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: [Review]Ford RANGER 3Ltr AT & Everest MT 4x4 BORNEO EDIT
om billy... kayaknya di belakang ada crq dan bundera yah??
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2647
- Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23
Re: [Review]Ford RANGER 3Ltr AT & Everest MT 4x4 BORNEO EDIT
kalo ada videonya mantap nih.
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1865
- Joined: Tue Jun 24, 2008 13:48
- Location: EternaGTi'91&Pajero'97
Re: [Review]Ford RANGER 3Ltr AT & Everest MT 4x4 BORNEO EDIT
di untung diesel minggu lalu ada bundera... idih keren bangetmaskopat wrote:om billy... kayaknya di belakang ada crq dan bundera yah??
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: [Review]Ford RANGER 3Ltr AT & Everest MT 4x4 BORNEO EDIT
untung diesel di jalan pemuda om?? yang di arah rawamangun?
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 74
- Joined: Mon Feb 25, 2008 16:18
Re: [Review]Ford RANGER 3Ltr AT & Everest MT 4x4 BORNEO EDIT
TSnya mana neh.. gak sabar nunggu sekuelnya..
Btw itu di borneo startya dari mana om?
Btw itu di borneo startya dari mana om?
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 44
- Joined: Tue Jul 05, 2005 5:32
Re: [Review]Ford RANGER 3Ltr AT & Everest MT 4x4 BORNEO EDIT
wah keren nih.. ayo lanjut critana..
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 24
- Joined: Thu May 06, 2010 10:37
Re: [Review]Ford RANGER 3Ltr AT & Everest MT 4x4 BORNEO EDIT
Om TS lanjutin ceritanya dong plz.....
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 24
- Joined: Tue May 25, 2010 11:55
Re: [Review]Ford RANGER 3Ltr AT & Everest MT 4x4 BORNEO EDIT
bro, btw bokap gw ikutan langsung event ini ke borneo, ente turun langsung kesana juga ya? medannya emang sinting abis...salut buat ford, bokap gw sie pake Suzuki Jimny ...
KUTULUMPUR MOTOADVENTURE CLUB
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: [Review]Ford RANGER 3Ltr AT & Everest MT 4x4 BORNEO EDIT
waduh, kayaknya sutradaranya kelupaan nerusin cerita nih...
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2647
- Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23
Re: [Review]Ford RANGER 3Ltr AT & Everest MT 4x4 BORNEO EDIT
keknya sekuelnya dilanjut ama jimny nih. silahkan om orieorange.arieorange wrote:bro, btw bokap gw ikutan langsung event ini ke borneo, ente turun langsung kesana juga ya? medannya emang sinting abis...salut buat ford, bokap gw sie pake Suzuki Jimny ...
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 24
- Joined: Thu May 06, 2010 10:37
Re: [Review]Ford RANGER 3Ltr AT & Everest MT 4x4 BORNEO EDIT
Pemirsa setia, tabah menunggu dengan harap2 cemas,
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2052
- Joined: Sat Jul 07, 2007 23:03
Re: [Review]Ford RANGER 3Ltr AT & Everest MT 4x4 BORNEO EDIT
Kereeen ikutan nyimak deh ga mau kalah kayaknya ama si legenda paris dakar ..xixixixi
RA167E V6 1,5 liter 1500 HP
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: [Review]Ford RANGER 3Ltr AT & Everest MT 4x4 BORNEO EDIT
kalo BEE, kayaknya legendanya si landy series atau defender deh. medannya emang rute camel trophy..
tapi yang sekali lagi bikin ane salut dengan FMI, ranger dan evie hampir standar, kecuali shock OME, ban ekstrim, snorkel, bull bar dan winch.
tapi yang sekali lagi bikin ane salut dengan FMI, ranger dan evie hampir standar, kecuali shock OME, ban ekstrim, snorkel, bull bar dan winch.
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 24
- Joined: Tue May 25, 2010 11:55
Re: [Review]Ford RANGER 3Ltr AT & Everest MT 4x4 BORNEO EDIT
ceritanya lagi disusun ama bokap gw hehehe, plus foto foto dilokasi, biar bisa pada liat gimana sintingnya tu medan , emang bener ini trek yang dilewatin Camel Trophy, dan mereka gak tembus di rute ini, tapi teamnya borneo Expedition ini bisa nembusin, salut buat para offroader kita ini, ....zweifellos wrote:keknya sekuelnya dilanjut ama jimny nih. silahkan om orieorange.arieorange wrote:bro, btw bokap gw ikutan langsung event ini ke borneo, ente turun langsung kesana juga ya? medannya emang sinting abis...salut buat ford, bokap gw sie pake Suzuki Jimny ...
KUTULUMPUR MOTOADVENTURE CLUB
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3051
- Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
- Location: Indonesia
Re: [Review]Ford RANGER 3Ltr AT & Everest MT 4x4 BORNEO EDIT
Wah jangan jangan mobilnya dah MOGOK nih makanya ceritanya cuma sampe halaman 1 hahahhahaha
Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2647
- Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23
Re: [Review]Ford RANGER 3Ltr AT & Everest MT 4x4 BORNEO EDIT
mantap nih. ditungguin dah. seru kalo baca cerita-cerita offroad gini. wong baca postingan maen lumpur di pondok cabe aja dah seru bgt, apalagi yang lebih dahsyat.arieorange wrote:ceritanya lagi disusun ama bokap gw hehehe, plus foto foto dilokasi, biar bisa pada liat gimana sintingnya tu medan , emang bener ini trek yang dilewatin Camel Trophy, dan mereka gak tembus di rute ini, tapi teamnya borneo Expedition ini bisa nembusin, salut buat para offroader kita ini, ....zweifellos wrote:keknya sekuelnya dilanjut ama jimny nih. silahkan om orieorange.arieorange wrote:bro, btw bokap gw ikutan langsung event ini ke borneo, ente turun langsung kesana juga ya? medannya emang sinting abis...salut buat ford, bokap gw sie pake Suzuki Jimny ...
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3280
- Joined: Thu Mar 29, 2007 3:09
- Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
- Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S
Re: [Review]Ford RANGER 3Ltr AT & Everest MT 4x4 BORNEO EDIT
nice..tetap menunggu review selanjutnya.. ~o) pasti mantaf...
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
-
- Visitor
- Posts: 1
- Joined: Mon May 17, 2010 14:25
Re: [Review]Ford RANGER 3Ltr AT & Everest MT 4x4 BORNEO EDIT
gw duduk manis juga ah, nunggu lanjutannya, gw selama ini pake evie '06 4x2. pingin juga yang duratorq 4x4. yang sekarang ini versi facelift, bentar lagi ganti model kah? mo beli takut tiba-tiba keluar model baru wkwkwk.....