(Split Post) Modifikasi Santa FE - PART 01

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t

coreduo
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 16
Joined: Thu Mar 25, 2010 5:19

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by coreduo »

wah ada crita dikit neh pas wek end kmarin
2 bemper dan 2 pintu kiri sdh cat ulang wah bagus euy, mulus jadi enak ngliatnya dan kerasa seger
tapi pas pulang ada masalah mendadak gak tahu sebabnya yaitu tiba2 lampu indikator accu dan handbreak nyala trus lalu ane minggir, matiin mesin dan cek pintu2 kali aja ada yg gak rapat, semua dah beres jalan pelan2, masuk tol beberap km brenti lagi, nyalaiin lagi normal, jreng, lalu ane paksa aja jalan kira 30 km kedua lampu itu indikator padam sendiri dan tarikan mesin normal gak krasa tersedat dan bahka smpet jooos 140kkj, tapi pas masuk kota nyala lagi gak ngerti neh, trus aja sampe rumah di depoan garasi. buka pintu garasi mesin dimatiin eehhhhhhh ujug2 dah gak kuat lagi narik alias gak kuat di starter alis cuman kedengar clek2 gak bisa hidup tapi klakson masih keras suaranya. lalu ane buka accu nya lkalu ane pasang lagfi gak kuat juga narik.
lalu ane ganti pake accu punya kijang dan distarter jreng2 mesin hidup dan ane matiin lalu start lagi jreng lagi, ane copot kabelnya mesin mobil langsung mati, psanga start lagi jreng nyala. ane gati accu lama gak bisa narik lagi lalu accu ini dicoba ke kijang juga gak bs narik starternya, wah kayaknya sdh gak hidup lagi, accu merk delkor tapi indikator kualita accu masih hijau, jadi masih bagus, buka indikator hitam yg mana tanda harus diganti ini anehnya, mohon pencerahan.
skarang belum ada tindakan apa2, emang umur seh udah udzur kali yaaa sekitar 3 tahun, emang ane pake agak berat sebab ada ampli, tape, trus lampu besar 100 wat sdh pake booster includ. ane sering mesin mati den
:big_peace: egrin musik apa ini juga sebagai penyebab ketidakawetan accu ?
ane kawatir spt punya bro shrky sdh diganti accu baru tapi masalah di koilnya atau apa gitu di dinamo starternya ? mohon pencerahan para suhu
klo sdh gak bisa yaaa ganti ana accu baru aja.. spt kt bro coreduo dan imsus.

Saya punya pengalaman mengenai kelistrikan santi:
Pengalaman 1 (waktu mudik lebaran pertama kali pake santi):
Berangkat dari jkt - selama perjalanan - indikator aki dan brake di dashboard sudah mulai sering nyala. Tapi krn dijalan lancar2 saja, jd saya teruskan perjlanan hingga nyampe di tujuan (jatim). Indikator aki waktu itu masih hijau. Saya cek rem ke bengkel, ternyata tidak ada masalah. Waktu itu masih bisa putar2 untuk silaturahmi. Masalah muncul begitu di perjalanan balik ke jkt, tiba2 mesin mati di tengah jalan. Karena bengkel disekitar tempat berhenti masih tutup suasana lebaran, akhirnya saya tlp Hyundai Sby (terdekat). Setelah dicek ternyata alternatornya yang bermasalah, dan akhirnya pinjem punya trajet hingga nyampe sby. Singkat cerita, alternator diservis dan tidak diganti, dan akhirnya mobil normal kembali dan lancar sampe di jkt.

Pengalaman 2 (mudik lebaran kedua):
Berangkat dari jkt dan selama perjalanan normal. Tapi begitu sampe di tujuan jateng, begitu mau dipake jalan2, susah start. Dilihat indikator aki, masih hijau. Diagnosa awal kemungkinan dinamo starter. Cari tempat servis dinamo, dan akhirnya diservis. Tapi setelah dinamo starter diservise koq gejala gak ilang, jadi langsung cari toko aki yg satu2nya buka waktu itu, udah mulai malam lagi. Setelah ganti aki, langsung jreng dan normal sampe sekarang. Umur aki waktu diganti tsb sudah 3 tahun.
benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1240
Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by benzz89 »

inoz wrote:salam semua met long week end
alhamdulillah aku opname santiku di cat oven di bdg, blm slesai gi ngecat 2 bemper depan blakang dan 2 pintu kiri akibat keserempet kmarin, skalian poles full body dan peleg
gi di bengkel cat eeehhh ketemu ama org yg minat ama santa fe, bliau incar yg warna hitam aku bilang ada temen yg mo jual tuh,
langsung aja ane minta no hpnya kali aja bisa bantu bro yg mo jual santi
mana neh bro benzz yg mo jual, bisa kontak bliau yaitu pak YAN no hp 08156213214 tinggal di jakarta, sebelum sdh pernah pake hyundai accent tgn 1, kayaknya kesemsem ama boil korea, tuk anaknya dia beliin picanto, pernah gaul ama tmnnya yg pake carnival, jd dah gak asing lagi ma boil korea, ada minat ama tucson, itu mah adiknya santi, trus klo kia ada sportage.... siiip deg.... sudah saya kasih tahu juga ttg forum ini supaya bisa langsung lihat punggawa santi. sdh lama mo beli santi tapi masih blm ada info2 makanya ane ngobrol bany ttg santa fe.... yaaa ada komunitas yg bs saling bantu
bro benzz klo ada foto santinya tuh biar bisa kita lihat bareng2......
:big_peace:
Wahh...trims yach bro Inoz & jg bro Imsus yg sdh bantu merekomendasikan santi sy :thanks: Si santi lg mau masuk bengkel dulu untuk beres2 dikit supaya lebih rapi saja nanti yang belinya. Rasanya makin berat saja untuk melepas si santi ini...apalagi setelah di compare dgn 42ner, memang si santi ini lebih "fun" dan nyaman terutama di high speed berbanding terbalik dgn 42ner yg lebih nyaman di low to medium speed secara mesinnya diesel jd torsi puncak bermain di low RPM.

Nanti aku kontak deh dengan Bpk. Yan. Trims yach bro2 sekalian. Untuk foto2 sebenarnya sih mau bro tapi keterbatasan waktu aja nih dan blom pernah up-load poto nih di forum ini jd agak2 bingung :mrgreen:
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by imsus2c »

absen dulu...nyaris tenggelam nih topicnya :big_smoking:

gimana kabar santier yg lain? pak andra nih yg lumayan lama ga absen :ungg:

santi bro benzz89 gimana kabarnya? sudah ketemu jodoh yg baru? :e-think:
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
inoz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 966
Joined: Fri Jan 12, 2007 11:17
Location: Purwakarta

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by inoz »

bro coreduo
betul kmarin accu ganti punjya kijang yg 70 amp, langsung jreng tapi indikator accu n break kadang nyala kadang mati , lalu ane bawa ke toko accu dan di test tingkat isian accu pas mesin hidup ternyata masalah pengisian sekitar 11 amp padahal normalnya sekitar 14 amp trutama dg beban penuh ac, lampu nyala. lalu sudah dapat dipastikan klo altenatornya lemah, makanya gi nyari bengkel dinamo, sdh ketemu ama benbgkelnya cuman penuh dan kata dia ntar dilihat aja pak mungkin hanya arangnya atai gan IC nya, sb ane bklum punyawaktu masih blum dibawa lagi ke bengkel dinamo
accu lama walo masih hijau indikatornya ane pindahin ke kijang dan ane pake bisa jalan dan ngisi cuman sdh tidak bisa ngisi dengan baik, alias lemot, jadi si accu sdg minta ganti kali yaaa....
yaaa gitu reportnya, blum ada kemajuan lagi.... :off_good_job:

bro benzz wah begitulah nasibnya klo punya istri santi pasti gak bakal biusa kelain hati, yaaa klo makin sayang enmang sdh pastil;ah
klo mo dilepas bisa aja tuh kontak2 ama pak Yan, smoga jodoh deh bro benzz... met tempur
tapi jangan kluar dari SOCI yaaa....
:big_peace:
inoz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 966
Joined: Fri Jan 12, 2007 11:17
Location: Purwakarta

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by inoz »

bro imsus betul tuh dinamo starter mah masih bagus kayaknya cuman yaa tapi alternatornya yg perlu diservis,
trus accu NS70 berarti 70 amp dong, klo accu delkorku 60 amp, apa ada pengaruh neh perbedaan amp, apa bagus aja tuh pake 70 amp, mohon pencerahan neh, sebabnya klo altenator dah ganti dan tingkat pengisian accu dah bagus skalian mo ganti accu, tapi yang bagus apa cukuip yuasa NS70 or GS hybrid NS70. agak susah di kotaku cari accu santi sebab tipe accu boil eropa kt tukang accu, posisi plus dan minusnya gak spt boil jepang katanya. mhn saran neh bgaus accu kering ada accu biasa...?
ttg head lamp 100 wat itu tertulisnya, tapi pake ballast jadi terangnya 100 wtt tapi konsumsinya tetep 50 wtt, tp sekarang ane copot lagi dikembaliin ke normal aja/....
:big_peace:
inoz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 966
Joined: Fri Jan 12, 2007 11:17
Location: Purwakarta

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by inoz »

bro imsus
tuk ongkos ngecat kamrain hitungannya per pannel yi rp 300 rb, jadi total dhitung 4 panel yaa jadi rp 1,2 jt
mayan lah jadi kinclong dikit dan kliatan masih spt boil baru gitu goresan besar di bemper depan dan blakang serta pintu dah mulus kinyis22....
jadi agak sehata aja dilihatnya
:big_slap:
inoz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 966
Joined: Fri Jan 12, 2007 11:17
Location: Purwakarta

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by inoz »

report dolo
1. kmarin ane dah transfer tuk ikutan tour de dieng, siapa yang mo nyusul ikut, smentara barui ane dan bro kuruma, mana yg laen neh..... ditunggu, trakhir bayar 24 april ke accent-er club
2. pagi ini santi diopname dinamo starternya, masuk jam 8.30 di bengkel lalu usai sekitar 11.30
dinamao dibongkar lalu di test sana sini, ternyata IC regulatornya tewas, wah deg2 an neh, trus gmn di kota ane khan gak ada yg asli gini, kata montirnya gapang pak diganti aja sdh biasa kok, tp gmn ampere nya apa sama aja, dah banyak pak yg ganti dan aman sdh pada jalan, oke ane setuju, lalu mereka beli IUC regulatornya entah milik mobil apa, lalu dikur2 agak bs masuk ke rumah IC yg asli, lalu di pas trus di patri dan dicoba jreng lalu dipasang di santi, lancar maknyus, starter langa sung ceerrr
indikator accu dan break jadi padam pas posisi ACC, lalu mati pas mesin dah hidup... sukses
sampe rumah lalu mesin masih hidup, accu ane ganti ama accu lama delkor, yg pinjaman kijang dicabut, lalu ane idle sekitar 10 menit, lalu dimatiin, dan distart lagi jreng accu lama masih mampu start. didiamkan sekitar 3 jam lalu ane start lagi jreng... mesin nyala, wah lumayan neh... tuk sementara belum perlu beli accu, sb kmarin ditest kekuatannya masih 12 volt, tp isian kecil, skarang dan normal kali yaaa....
ongkos dan ganti IC regulator rp 300.000 ane gak nawar langsung bayar aja, sb puas... :off_good_job:

ntar mo dicoba start besok pagio apa accu masih kuat... strat
:big_peace:
User avatar
Kuruma
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 539
Joined: Fri Aug 22, 2008 8:31

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by Kuruma »

Absen dulu neh udh lama ga nongol....!!
Kang Inoz : mantabs tuh santinya....sdh partial repainting and ganti IC regulator pula...siap tempur dung ke dien nanti....!!

Bro Imsus : boleh juga tuh santinya...sdh menjajaki FC 1:10.....!!

Bro Coreduo : ane dan kang Inoz mo kedieng neh mei nanti, mo ikutan ga....??

Ane mo curhat nih....kemaren santi masuk beres....tune up, ganti oli mesin dan transmisi serta ganti tensioner,...santi jalan mantabs ketika dibawa ke pantai anyar....bulak balik cilegon tangerang, nemenin teman yg lagi ke cilegon perjalanan kira2 500 km....berangkat bensin isi full dan cuma sekali isi bensin 30 liter dan pas sampe dirumah bensin tingga 1/2 indikator.....!!

Tapi ada masalah lagi dengan AC, kejadian sama terjadi 3 bulan yg lalu....ac ga bekerja cuma tinggal blowernya aja....kemungkinan seal compressor kena lagi nich.....???
rencana mo dibawa kebengkel ac disekitaran meruya kalo ga senin, selasa nanti.....perlu jajan lagi nich kayaknya santi ane.

Bro Andra dan Bro Sharky mana ya....???
inoz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 966
Joined: Fri Jan 12, 2007 11:17
Location: Purwakarta

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by inoz »

pada kemana neh kok sepi

setelah ganti alternator kepaksa ane baca2 lagi manual book, brp ampere battery dan brp amper alternator
ternyata disana ditulis tuk accu sebasar 68 Ampere Hour jadi pake ukuran GS tipe NS 70 dg 65 amp pas sesuai manual dan tuk alternator tertulis 95 Amp (13,5 volt), wah ini atrinya tingkat isian 13,4 sd 14 volt tanpa beban lampu dll.
makanya pas ada waktu ane ke toko accu mo ganti accu baru, tapi ada rasaa aneh pas pasang accu lama punya kijang NS70 65 ampH, terlihat gelembung2 yg cukup banyak dan bodi accu agak panas,
ane mluncur aja ke toko, sampe disana ane minta test dulu tingkat isiannya, sebelum beli accu baru
wadoooohhh... kuaaageettt... ternyata tingkat isiannya 16 volt, wah pantesan panas bodi accunya neh bisa meledak kata tk accu nya :off_no:
ane tanya kenapa bisa begitu, ini pasti stelan alternatornya pak belum betul :off_bored:
kepaksa gak beli accu baru dulu tapi mluncur lagi ke tukang dinamo yg kmatrin, dia buka test2 dolo, lalu pasang lagi kasusnya sama, accu panas dan berbuih, dia juga bingun makanya dibuka lagi dinamonya
ane kasih tahu klo altenatornya 95 Ampere atau 13,5 volt, ane ngomong aja gitu, lalu dia agak mikir, makanya diganti lagi tuh IC regulatornya ama yg baru entah tipe brapa, lalu di patri lagi dah langsung jalan normal sememtar dan buih serta panas accu tidak ada
karna dah sore jadi belum sempet ke toko accu tuk ditest voltasenya,
tapi kayaknya so far so good sementara pake accu GS oke punya

:big_peace:
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by imsus2c »

halo semuanya...

selamat sore..., sorry jarang OL akhir2 ini..., biasa.... ribet kerjaan
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by imsus2c »

inoz wrote:bro imsus
tuk ongkos ngecat kamrain hitungannya per pannel yi rp 300 rb, jadi total dhitung 4 panel yaa jadi rp 1,2 jt
mayan lah jadi kinclong dikit dan kliatan masih spt boil baru gitu goresan besar di bemper depan dan blakang serta pintu dah mulus kinyis22....
jadi agak sehata aja dilihatnya
:big_slap:
wah....lumayan juga habisnya ya? tinggal tunggu report durabilitynya nih pak... :mrgreen:

interior santi saya juga sudah lumayan buluk...maklum, mobil perang...

pengin juga merestorasi interiornya, penginnya sih kulit asli (mahal.....), kalau ga ada, mendingan cari fabric aja, yg kira2 standard dengan spek asli....biar lebih adem :e-think:

kalo pake kulit sintetis, kata orang malah panas dan ga nyaman....
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by imsus2c »

inoz wrote:bro imsus betul tuh dinamo starter mah masih bagus kayaknya cuman yaa tapi alternatornya yg perlu diservis,
trus accu NS70 berarti 70 amp dong, klo accu delkorku 60 amp, apa ada pengaruh neh perbedaan amp, apa bagus aja tuh pake 70 amp, mohon pencerahan neh, sebabnya klo altenator dah ganti dan tingkat pengisian accu dah bagus skalian mo ganti accu, tapi yang bagus apa cukuip yuasa NS70 or GS hybrid NS70. agak susah di kotaku cari accu santi sebab tipe accu boil eropa kt tukang accu, posisi plus dan minusnya gak spt boil jepang katanya. mhn saran neh bgaus accu kering ada accu biasa...?
ttg head lamp 100 wat itu tertulisnya, tapi pake ballast jadi terangnya 100 wtt tapi konsumsinya tetep 50 wtt, tp sekarang ane copot lagi dikembaliin ke normal aja/....
:big_peace:
saya pakai NS70 Yuasa yg tipe konvensional pak (tipe basah), per bulan ini, umurnya tepat 2 tahun.
sebelumnya pakai GS Hybrid, NS70 juga, tewas tepat di ultahnya yg ke 2.5 tahun

kalau secara feeling, cranking-nya lebih kuat yg GS Hybrid,
yg yuasa sekarang, dengan pemakaian seperti saya, nambah air kira2 sebotol (500ml) dalam waktu sebulan, jadi 2 minggu sekali kira-kira nambah air 250 ml alias segelas
kondisi sekarang, cranking owernya semakin melemah tapi masih bisa sih...butuh 2 detikan buat start setelah kontak diputar

saya rasa, justru di santi lebih kompatibel dgn accu tipe jepang loh :e-think:
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by imsus2c »

inoz wrote:pada kemana neh kok sepi

setelah ganti alternator kepaksa ane baca2 lagi manual book, brp ampere battery dan brp amper alternator
ternyata disana ditulis tuk accu sebasar 68 Ampere Hour jadi pake ukuran GS tipe NS 70 dg 65 amp pas sesuai manual dan tuk alternator tertulis 95 Amp (13,5 volt), wah ini atrinya tingkat isian 13,4 sd 14 volt tanpa beban lampu dll.
makanya pas ada waktu ane ke toko accu mo ganti accu baru, tapi ada rasaa aneh pas pasang accu lama punya kijang NS70 65 ampH, terlihat gelembung2 yg cukup banyak dan bodi accu agak panas,
ane mluncur aja ke toko, sampe disana ane minta test dulu tingkat isiannya, sebelum beli accu baru
wadoooohhh... kuaaageettt... ternyata tingkat isiannya 16 volt, wah pantesan panas bodi accunya neh bisa meledak kata tk accu nya :off_no:
ane tanya kenapa bisa begitu, ini pasti stelan alternatornya pak belum betul :off_bored:
kepaksa gak beli accu baru dulu tapi mluncur lagi ke tukang dinamo yg kmatrin, dia buka test2 dolo, lalu pasang lagi kasusnya sama, accu panas dan berbuih, dia juga bingun makanya dibuka lagi dinamonya
ane kasih tahu klo altenatornya 95 Ampere atau 13,5 volt, ane ngomong aja gitu, lalu dia agak mikir, makanya diganti lagi tuh IC regulatornya ama yg baru entah tipe brapa, lalu di patri lagi dah langsung jalan normal sememtar dan buih serta panas accu tidak ada
karna dah sore jadi belum sempet ke toko accu tuk ditest voltasenya,
tapi kayaknya so far so good sementara pake accu GS oke punya

:big_peace:
betul pak...korelasi accu pasti dengan alternatornya, keduanya harus sinkron

mau gedein/kecilin accu standard, sudah tentu alternator musti disetel ulang

kadang banyak orang salah kaprah dgn memperbesar kapasitas accu (supaya lebih awet dan kuat) tapi alternator ga diseimbangkan....
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by imsus2c »

Kuruma wrote:Absen dulu neh udh lama ga nongol....!!
Kang Inoz : mantabs tuh santinya....sdh partial repainting and ganti IC regulator pula...siap tempur dung ke dien nanti....!!

Bro Imsus : boleh juga tuh santinya...sdh menjajaki FC 1:10.....!!

Bro Coreduo : ane dan kang Inoz mo kedieng neh mei nanti, mo ikutan ga....??

Ane mo curhat nih....kemaren santi masuk beres....tune up, ganti oli mesin dan transmisi serta ganti tensioner,...santi jalan mantabs ketika dibawa ke pantai anyar....bulak balik cilegon tangerang, nemenin teman yg lagi ke cilegon perjalanan kira2 500 km....berangkat bensin isi full dan cuma sekali isi bensin 30 liter dan pas sampe dirumah bensin tingga 1/2 indikator.....!!

Tapi ada masalah lagi dengan AC, kejadian sama terjadi 3 bulan yg lalu....ac ga bekerja cuma tinggal blowernya aja....kemungkinan seal compressor kena lagi nich.....???
rencana mo dibawa kebengkel ac disekitaran meruya kalo ga senin, selasa nanti.....perlu jajan lagi nich kayaknya santi ane.

Bro Andra dan Bro Sharky mana ya....???
hari ini, odometer santi menunjukkan 5208KM sejak servis terakhir kemarin (Feb 2010), jadi dalam jangka waktu 2.5 bulan, santi saya sudah jalan2 5200KM :e-snooty:
weekend ini, rencananya masuk bengkel, buat ganti oli, servis, tune up dan pasang resistor variable kiriman pak kuruma
hasilnya nanti akan saya sharingkan lagi disini

ac-nya kenapa lagi tuh pak? punya saya, sejak ganti thermistor 1.5 tahun lalu...syukur sampai sekarang masih sehat dan dingin....padahal dapat dikatakan jalan terus...

saya malah lebih khawatir ke kondisi kaki2 santi saya....secara harganya mahal...dipakai jalan terus dan kondisi jalanannya pun jauh dari kata bagus
itulah saya makanya masih setia pakai ban gemuk/velg kecil, 235/75R15....berusaha meminimalkan resiko keausan kaki-kaki
pengin juga pake velg besar....tapi ya itu...efeknya harus pilih piih jalan :ungg:
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
Kuruma
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 539
Joined: Fri Aug 22, 2008 8:31

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by Kuruma »

setelah ganti alternator kepaksa ane baca2 lagi manual book, brp ampere battery dan brp amper alternator
ternyata disana ditulis tuk accu sebasar 68 Ampere Hour jadi pake ukuran GS tipe NS 70 dg 65 amp pas sesuai manual dan tuk alternator tertulis 95 Amp (13,5 volt), wah ini atrinya tingkat isian 13,4 sd 14 volt tanpa beban lampu dll.
makanya pas ada waktu ane ke toko accu mo ganti accu baru, tapi ada rasaa aneh pas pasang accu lama punya kijang NS70 65 ampH, terlihat gelembung2 yg cukup banyak dan bodi accu agak panas,
ane mluncur aja ke toko, sampe disana ane minta test dulu tingkat isiannya, sebelum beli accu baru
wadoooohhh... kuaaageettt... ternyata tingkat isiannya 16 volt, wah pantesan panas bodi accunya neh bisa meledak kata tk accu nya

Betul Kang Inoz, alternator santi capasitas arusnya 95 Ampare dengan tegangan 13,5 - 15.3Volt, dai kalau melebihi itu akan berakibat patal ke accu tentunya....selain dari itu ripple tegangan juga tidak sembarangan harus di check pake osiloscop..lebih baik ganti IC regulator complete deh dgn menggunakan ICnya L300 seperti yg direcomendasikan oleh Bro Agus atau Camry spt pengalamannya bro Sharky.

Btw, mengenai accu dulu ane pake delkor mampu bertahan 2.8 th dan sekaran GS, semuanya Maintenance free biar ga pusing memeriksa kondisi air accu...untuk GS sekarang sdh bertahan 1.75 th..mudah2an bisa bertahan 3th tentunya....dan kemaren sewaktu ganti oli mesin check teggangan battrey masih 13.9Volt..kondisi ac dan semua lampu dinyalakan.
User avatar
Kuruma
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 539
Joined: Fri Aug 22, 2008 8:31

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by Kuruma »

ac-nya kenapa lagi tuh pak? punya saya, sejak ganti thermistor 1.5 tahun lalu...syukur sampai sekarang masih sehat dan dingin....padahal dapat dikatakan jalan terus...

Bro Imus ac santi ane brekele lagi, terakhir service tgl 20 januari...jadi cuma bertahan 3 bln....nah tadi pagi ane service ac di victory jaya meruya ilir...saat diperikasa dan dibongkar di suction compressor terlihat hitam, seolah ada gram besi....menurut montri ac disana kemungkinan compressor masih bisa diperbaiki, tapi tidak bisa jamin akan bertahan lama...karena compressor sudah cacat dan condensor jg demikian....!! :e-think: :e-snooty:

Karena ane sudah mengalami kondisi sebelumnya ya terpakasa mengikuti saran montir untuk ganti ac + condensor+ evaporator yg copotan eks bmw punya dengan modifikasi tubing/pipa dan penambahan frame support compressor...dan juga blower ac didalam kabin dibongkar semua dan dibersihkan....kondisi thermistor, ekspansion valve dan blower fan serta unit control masih bagus, jd cuma dibersihkan saja...dan filter ac diganti baru..kebetulan sudah kotor sekali.....hasilnya suangat dingin rek...posisi switch di angka 1 sudah lumayan dingin.....total cost semua 2.3 jt dengan garansi 1 tahun.....!!
:e-whistle: :e-dance: :e-clap: :e-naughty:
Lumayanlah kalau ganti compressor yg original kemungkinan harganya mendekati 4 jtan...sekarang santi ane, insya Allah udah siap ikut tour....!!
Lung Sentosa
Newbie
Newbie
Posts: 10
Joined: Tue Mar 23, 2010 13:36

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by Lung Sentosa »

Kuruma wrote:
ac-nya kenapa lagi tuh pak? punya saya, sejak ganti thermistor 1.5 tahun lalu...syukur sampai sekarang masih sehat dan dingin....padahal dapat dikatakan jalan terus...

Bro Imus ac santi ane brekele lagi, terakhir service tgl 20 januari...jadi cuma bertahan 3 bln....nah tadi pagi ane service ac di victory jaya meruya ilir...saat diperikasa dan dibongkar di suction compressor terlihat hitam, seolah ada gram besi....menurut montri ac disana kemungkinan compressor masih bisa diperbaiki, tapi tidak bisa jamin akan bertahan lama...karena compressor sudah cacat dan condensor jg demikian....!! :e-think: :e-snooty:

Karena ane sudah mengalami kondisi sebelumnya ya terpakasa mengikuti saran montir untuk ganti ac + condensor+ evaporator yg copotan eks bmw punya dengan modifikasi tubing/pipa dan penambahan frame support compressor...dan juga blower ac didalam kabin dibongkar semua dan dibersihkan....kondisi thermistor, ekspansion valve dan blower fan serta unit control masih bagus, jd cuma dibersihkan saja...dan filter ac diganti baru..kebetulan sudah kotor sekali.....hasilnya suangat dingin rek...posisi switch di angka 1 sudah lumayan dingin.....total cost semua 2.3 jt dengan garansi 1 tahun.....!!
:e-whistle: :e-dance: :e-clap: :e-naughty:
Lumayanlah kalau ganti compressor yg original kemungkinan harganya mendekati 4 jtan...sekarang santi ane, insya Allah udah siap ikut tour....!!
Selamat siang Semua,
MANTAP bung! Bengkelnya dimana? ga terlalu mahal Bung sepertinya total habis nya.
masalah AC Santi saya yg kemarin rewel, bolak balik ke bengkel, akhirnya selesai juga. Saya cari bengkel lain di area kelapa gading, ( yg dipercaya bagus krn banyak showroom jual beli mobil servis ac disitu ) dan akhirnya Santi saya ganti kompressor lagi ( total ganti kompressor 3 kali ) terpaksa kocek keluar lagi. Kompressor lama sebelulm ini memang masih bisa dipakai, tapi saya pilih ganti baru, karena bengkel yg baru ini kasih kita garansi 1 tahun. :big_peace:
total nya habis 2.5 juta. total untuk masalah AC menghabiskan 7 juta ( untuk 3 kompressor + kondensor + selang2 diganti baru + dll )..
Buat yg santi nya pernah bermasalah AC, sekedar share pengalaman dari saya, sy sarankan Di blower AC diletakkan termometer AC (ujungnya runcing panjang) , kalau Santi sy kondisi sekarang dinginnya nyampai -5 derajat ( kondisi malam ). Siang hari antara ( -2 sampai min 3 )..
nah kalau tiba2 naik suhunya, saya langsung matikan AC supaya menyelamatkan kompresor dan parts AC lain.
karena masalah utama Hyundai kebanyakan emang di AC menurut orang bengkel.

Santi saya baru kemarin ganti timing belt + parts lainnya, total nya :
Timing belt Genuine panjang : 990ribu
Timing belt Genuine pendek : 218 ribu
Tensoner 3 ( idle, pully , ...) merek GMB : 295rb
Auto Tensoner - Mobis : 370ribu (yg HGP 800 ribu booo)
Sensor CKP - Mobis : 360 ribu ( yg HGP 800 ribu jugaaa ..:P )
Thermostat radiator- Mobis : 92 ribu
V belt ada 2 (AC dan power Steering) Genuine : 44rb + 65rb ( kalau ga salah inget )
Gasket Rocker Cover ( perpak mesin atas ) genuine : 94 rb
Shock Beker Belakang (Genuine) : 765 ribu
+ Ongkos Servis ganti T-belt : 350 ribu (montir langganan servis yg siap kerumah)
Parts nya genuine dan mobis hampir sama mutunya untuk beberapa parts, cuman kepercayaan kita aja pilih yg mana, kebetulan sodara ku authorized parts Hyundai. jadi harganya spare part agak2 miring. dan dia rekomend untuk T_belt pakai yg genuine.
Sekarang suara mesinnya udah sayup2 tidak terdengar, (dulu mirip panther karena bearing T-belt nya bunyi) .dan Udah siap jg untuk "Italian Tune Up" :big_smoking:
inoz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 966
Joined: Fri Jan 12, 2007 11:17
Location: Purwakarta

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by inoz »

lapor dolo kondisi santiku
IC altenator setelah diganti so far so god, tadi pagi ditest dolo pas beli Accu baru
ternyata agak susah yaaa ACCU tipe din alias tipe eropa, setalh muter2 akhirnya ane dapet delkor MF dg 60 AmpH seperti sebelumnya seharga rp. 780.000 tapi accu lama dihargai 75 rb jadi tinggal bayar 700 rb, langsung test pengisian ternyata 13,8 volt dg kondisi semua nyala, jadi dah beres tuh masalah accu smoga aja bisa tahan 2,5 th

masalah spooring masih belum beres dimana ban kanan blakang belum bisa center sb entah baut or balljointnya yg rusah shg pas yg stelan chanber diputar tdk bisa center sebab baut toe nya ikut gerak jadi gak bisa center, kata mekaniknya balljoit yg ttoenya mesti diganti, lalu telpon Beres gak ada barangnya mesti indent, apa ada yg bisa bantu neh no part dan ref nya gara gak salah beli
ini aja masih masalah shg ban kanan blakang agak habis di bag dalamnya.


bro Lung da kuruma
siip dah masalah AC nya dah beres, jadi info bagiku, sb walo AC santiku masih dingin tapi penegn bersiin filternya or priksa, sb klo siang udara panas bangat dah gak krasa dingin

Bro LUNG
ane ada rencana emang sekitar 4000 km lagi mo ganti semua belt dll dan tensionernya spt yg bro beli, sb km dari pergantian trakhir sdh 36.000 km jadi masih sisa 4000 km, ato masih bisa lebih panjang lagi.... yaa di buku manual seh 60.000 km, tapi saran serv advise beres sekitar 40.000 km. gak mana yg bener ?
klo barang2 itu bisa dibeli di kawanmu dong dg harga spesial trus masangnya dimana ? bengkel umum apa beres
ana dah nanya ke beres klo ganti total biayanya sekitar 2,8 juta plus ongkos 350 rb.
mhn infonya... neh ditunggu

siapa yg mi ikutan touring ke dieng neh...

:big_peace:
inoz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 966
Joined: Fri Jan 12, 2007 11:17
Location: Purwakarta

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by inoz »

bro imsus
kebetulan santiku kulit asli hyundai dan masih mulus sebab ane kasih kondensioner lupa lago merk tiap 2 bln sekali ane semprot dan dilap, trus krasa empuk gitu joknya
so far so good interior masih mulus lah masih enak dipandang dan dinikmati :off_good_job:

ada rencana neh klo ada bugdet mo ganti kaca film sb klo siang hari krasa panas skali di dalam walo pake AC, dan beberapa bagian sdh keriput bag kaca balakang dan kaca depan juga dah ada yg sobek dan keriput...
yaa gi lihat2 merk dan tpe di SM ini...
Lung Sentosa
Newbie
Newbie
Posts: 10
Joined: Tue Mar 23, 2010 13:36

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by Lung Sentosa »

inoz wrote:lapor dolo kondisi santiku
IC altenator setelah diganti so far so god, tadi pagi ditest dolo pas beli Accu baru
ternyata agak susah yaaa ACCU tipe din alias tipe eropa, setalh muter2 akhirnya ane dapet delkor MF dg 60 AmpH seperti sebelumnya seharga rp. 780.000 tapi accu lama dihargai 75 rb jadi tinggal bayar 700 rb, langsung test pengisian ternyata 13,8 volt dg kondisi semua nyala, jadi dah beres tuh masalah accu smoga aja bisa tahan 2,5 th

masalah spooring masih belum beres dimana ban kanan blakang belum bisa center sb entah baut or balljointnya yg rusah shg pas yg stelan chanber diputar tdk bisa center sebab baut toe nya ikut gerak jadi gak bisa center, kata mekaniknya balljoit yg ttoenya mesti diganti, lalu telpon Beres gak ada barangnya mesti indent, apa ada yg bisa bantu neh no part dan ref nya gara gak salah beli
ini aja masih masalah shg ban kanan blakang agak habis di bag dalamnya.


bro Lung da kuruma
siip dah masalah AC nya dah beres, jadi info bagiku, sb walo AC santiku masih dingin tapi penegn bersiin filternya or priksa, sb klo siang udara panas bangat dah gak krasa dingin

Bro LUNG
ane ada rencana emang sekitar 4000 km lagi mo ganti semua belt dll dan tensionernya spt yg bro beli, sb km dari pergantian trakhir sdh 36.000 km jadi masih sisa 4000 km, ato masih bisa lebih panjang lagi.... yaa di buku manual seh 60.000 km, tapi saran serv advise beres sekitar 40.000 km. gak mana yg bener ?
klo barang2 itu bisa dibeli di kawanmu dong dg harga spesial trus masangnya dimana ? bengkel umum apa beres
ana dah nanya ke beres klo ganti total biayanya sekitar 2,8 juta plus ongkos 350 rb.
mhn infonya... neh ditunggu

siapa yg mi ikutan touring ke dieng neh...

:big_peace:

Bro Inoz,
sebaiknya ganti T-belt setiap 40 ribu kilometer, karena bila tidak efeknya bahaya banget kalau putus di jalan. Sedang tensoner- auto tensoner, diganti atau tidak liat keadaannya dulu. kalau tensoner bunyinya berat, tanda2 ga bisa dipakai lagi, daripada nyusahin diganti. sedang untuk sensor CKP, ketika timing belt itu dibuka, rata2 sensor ckp itu retak / patah, jadi ya walau ga rusak, perlu diganti krn dia patah waktu dibuka.
Saya kalau ganti timing belt + tensoner ( 3 buah ) + auto tensoner + sensor CKP + V-belt (2) total nya 2.342 jt + ongkos montir ( ex orang beres ) = 300rb .. kemarin saya ganti timing belt + thermostat + shockbeker , jadi borongan semua, jadi nya lebih murah, hanya 350rb untuk mekaniknya.
Ati2 dalam milih tensoner (ada 3, idle pulley, dan satunya apa ( lupa)) , sy punya harganya 295rb, itu cukup bagus kualitasnya , ( kalau yg asli 3 biji sekitar 850 ribu ), ada yg harganya dibawah itu, entah merek nya Mobis atau apa ( padahal itu mobis2an , bukan real ), karena menurut sumber, dari mobis katanya tidak pernah import tensoner, jadi kemungkinan tensoner itu Tensoner CUCIAN / Tensoner Rekondisi.

Saya punya langganan beres Hyundai Pluit, tapi mereka tidak izinkan saya bawa spare parts dari luar untuk dipasang disitu, mereka mau nya spare part beli di beres, wah kalau ganti T-belt, spare part kudu beli di beres, buat saya cukup berat. kan ini rutin, masak tiap kali ganti Timing belt, kudu beli SENSOR CKP ( yg genuine harga di price nya 899 ribu ), dan kudu beli 3 tensoner mereka ( 850rb ), T belt panjang yg di beres harganya 1156rb :big_slap: mengingat ini semua, kalau hanya ganti T-belt, saya cari montir alternatif :big_peace:

Untuk AC nya bro Inoz, sebaiknya segera dibenerin takutnya tersumbat di suatu tempat, menjalar sampai kompressor turun , ganti baru. untuk kompressor HCC santa fe, harganya saya beli baru 1.665 juta ( termasuk murah kan :big_peace: ) jadi jgn sampai dimahalin..
sebaiknya kalau Ac terasa panas, jgn dinyalain ( dipakai dulu ) takutnya tersumbat hanya di ekspansi, tapi menjalar ke kompresor sampai turun karena AC dinyalain terus ( sehingga piston kompresor jadi aus dan olinya hitam ) .segera di cek bro ke bengkel AC yg terpercaya.
:big_peace:

untuk touring, pengen banget ikut, tapi kalau ke dieng, saya ga bisa ikut.. karena perlu beberapa hari, dan saya kerja masih nguli :off_lazy: yahhhh....kalau di jkt ..ayo ayo ajaa.. :big_smoking:
coreduo
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 16
Joined: Thu Mar 25, 2010 5:19

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by coreduo »

Halo semua, ngisi daftar hadir dulu ya..soalnya lama absen. Meski absen, sebetulnya masih ngikuti status tret ini dari HP, tp males balas krn males pencet2 lewat HP, jadi cuma cek status aja.

Kayaknya pembahasan terakhir masalah AC ya. Saya juga punya pengalaman AC gak dingin, padahal udah bolak balik service, gonta ganti merk freon, sampe ada yang merekomendasikan untuk ganti satu set hardware yg terkait AC, krn kata teknisinya kalo santa fe gak bisa ganti parsial. Sy mengalami masalah AC gak dingin ini sekitar 6 bulanan.
Waktu ke rumah kakak di Yogya, si santi dibawa ke bengkel langganannya, dan setelah dicek ternyata katanya hanya slangnya yg bocor. Krn saya gak ikut ke bengkel tsb, so saya gak bisa cerita banyak kenapa2nya secara detail dan letak bengkelnya dimana. Yang jelas cuma kena biaya 250rb, itupun si bengkel katanya gak enak krn takut kemahalan. Sampe sekrang AC dingin normal meski sy seringnya nyetel di level 1 siang ato malam.

Kayaknya lagi pada persiapan ke tour ya... maaf tmn2 saya kayaknya gak bisa gabung. Sayang sebenarnya, khan nambah silaturahmi, moga2 lain kali ada kesempatan.
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by imsus2c »

imsus2c wrote:
Kuruma wrote:Absen dulu neh udh lama ga nongol....!!
Kang Inoz : mantabs tuh santinya....sdh partial repainting and ganti IC regulator pula...siap tempur dung ke dien nanti....!!

Bro Imsus : boleh juga tuh santinya...sdh menjajaki FC 1:10.....!!

Bro Coreduo : ane dan kang Inoz mo kedieng neh mei nanti, mo ikutan ga....??

Ane mo curhat nih....kemaren santi masuk beres....tune up, ganti oli mesin dan transmisi serta ganti tensioner,...santi jalan mantabs ketika dibawa ke pantai anyar....bulak balik cilegon tangerang, nemenin teman yg lagi ke cilegon perjalanan kira2 500 km....berangkat bensin isi full dan cuma sekali isi bensin 30 liter dan pas sampe dirumah bensin tingga 1/2 indikator.....!!

Tapi ada masalah lagi dengan AC, kejadian sama terjadi 3 bulan yg lalu....ac ga bekerja cuma tinggal blowernya aja....kemungkinan seal compressor kena lagi nich.....???
rencana mo dibawa kebengkel ac disekitaran meruya kalo ga senin, selasa nanti.....perlu jajan lagi nich kayaknya santi ane.

Bro Andra dan Bro Sharky mana ya....???
hari ini, odometer santi menunjukkan 5208KM sejak servis terakhir kemarin (Feb 2010), jadi dalam jangka waktu 2.5 bulan, santi saya sudah jalan2 5200KM :e-snooty:
weekend ini, rencananya masuk bengkel, buat ganti oli, servis, tune up dan pasang resistor variable kiriman pak kuruma
hasilnya nanti akan saya sharingkan lagi disini
sabtu kemarin (24/04/10), akhirnya ke bengkel...ganti oli, tune up dan pasang variable resistor
proses ga lama...total sekitar 2-3 jam, termasuk ganti oli dan coba

saat scanning, saya ikut lihat...dan memang variable resistor yg lama, di layar scanner kelihatan kalo nilainya sering loncat-loncat dan sering failure
ketika diganti baru, nilainya langsung stabil, habis itu langsung fine-tuning. mengingat program ECU di santi ini masih model open-loop alias jadul, proses fine tuning ini sebenarnya wajib saat tune up, untuk memastikan AFR dan lainnya
beda dgn ECU mobil sekarang yg sudah model close-loop, dimana setting ini sudah patent ditanamkan di program ECU-nya

saat scanning, keliatan semua kondisi dan nilai seluruh parts elektronik/mesin, misalnya CKP, CPS, Air Flow, variable resistor, suhu coolant, alternator, kinerja AC....semuanya.... syukurlah semua parts di santi saya masih normal setelah penggantian variable resistor ini.
hanya sayangnya....saat scanning ini (lagi lagi :frm_bang_head: ) saya ga sempat ambil fotonya
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by imsus2c »

sore hari, proses selesai....sudah dicoba/test mekanik tentunya...
total biaya (oli+jasa tune up/tuning) Rp.405.000,- ditambah harga variable resistor dari pak kuruma tempo hari, total Rp.900.000 lebih :e-think:

habis itu langsung coba...kondisi nyetir dan jalanan campuran... dari eco driving sampe akselerasi spontan...sempat beberapa kali menyentuh 160kpj di tol

habis itu dicoba di rute macet di jalur porong

masih belum puas...dicoba di rute tanjakan mojosari-trawas-pandaan (pak inoz tau nih rute ini, dominasi jalanan kecil dan tanjakan)...akselerasi tanjakan sangat memuaskan....

total, habis servis langsung jalan 268 KM, kondisi nyetir dan jalan campur-campur...setelah itu isi bensin...total 28.35L, jadi konsumsi bbm nya dapat 9.45L/KM untuk rute kombinasi; macet, tol, jalan kampung dan tanjakan
saat test, muat 2 orang (1 driver+1 passenger), kondisi AC selalu on, jalan siang hari

:thanks: buat pak kuruma atas bantuannya mencarikan variable resistor....
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
inoz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 966
Joined: Fri Jan 12, 2007 11:17
Location: Purwakarta

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by inoz »

wah dah sehat banget neh santi bro imsus, smoga makin sayang aja ayaaa ama dianya

mana yg laen neh absen dolo ahh
:big_peace:
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by imsus2c »

inoz wrote:wah dah sehat banget neh santi bro imsus, smoga makin sayang aja ayaaa ama dianya

mana yg laen neh absen dolo ahh
:big_peace:
betul pak, syukur sudah semakin sehat sekarang....memang butuh usaha dan kasih sayang yg besar untuk me"rekondisi" santi seperti baru... :e-whistle: :e-whistle: :e-whistle:

tapi...........tahun depan rasanya musti jajan besar lagi :e-doh: :frm_bang_head: :e-doh: :frm_bang_head: :e-doh: :frm_bang_head:

1. Tanpa terasa, karena jalan melulu, waktu kemarin ngelihat sticker timing belt, 15.000KM dari sekarang musti ganti lagi....(saya ganti tiap 50.000KM), buat saya....15.000KM pasti terlewati deh dalam setahun :e-whistle:
2. Ban umurnya sudah 3 tahun dan sudah jalan 45.000KM...tahun depan berarti umurnya 4 tahun dan rasanya pemakaiannya bakal tembus 60.000-65.000KM, musti dipertimbangkan untuk diganti....kalo ada budget lebih, mungkin sekalian ganti velg rim17 (masih pikir-pikir sih)
3. Usia santi sudah 9-10 tahun, sering lewat daerah ga karuan...musti pertimbangkan pelapisan ulang anti karat
4. Kaca Film juga rasanya musti diremajakan....

apa lagi ya.... :ungg:
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking