wah ada crita dikit neh pas wek end kmarin
2 bemper dan 2 pintu kiri sdh cat ulang wah bagus euy, mulus jadi enak ngliatnya dan kerasa seger
tapi pas pulang ada masalah mendadak gak tahu sebabnya yaitu tiba2 lampu indikator accu dan handbreak nyala trus lalu ane minggir, matiin mesin dan cek pintu2 kali aja ada yg gak rapat, semua dah beres jalan pelan2, masuk tol beberap km brenti lagi, nyalaiin lagi normal, jreng, lalu ane paksa aja jalan kira 30 km kedua lampu itu indikator padam sendiri dan tarikan mesin normal gak krasa tersedat dan bahka smpet jooos 140kkj, tapi pas masuk kota nyala lagi gak ngerti neh, trus aja sampe rumah di depoan garasi. buka pintu garasi mesin dimatiin eehhhhhhh ujug2 dah gak kuat lagi narik alias gak kuat di starter alis cuman kedengar clek2 gak bisa hidup tapi klakson masih keras suaranya. lalu ane buka accu nya lkalu ane pasang lagfi gak kuat juga narik.
lalu ane ganti pake accu punya kijang dan distarter jreng2 mesin hidup dan ane matiin lalu start lagi jreng lagi, ane copot kabelnya mesin mobil langsung mati, psanga start lagi jreng nyala. ane gati accu lama gak bisa narik lagi lalu accu ini dicoba ke kijang juga gak bs narik starternya, wah kayaknya sdh gak hidup lagi, accu merk delkor tapi indikator kualita accu masih hijau, jadi masih bagus, buka indikator hitam yg mana tanda harus diganti ini anehnya, mohon pencerahan.
skarang belum ada tindakan apa2, emang umur seh udah udzur kali yaaa sekitar 3 tahun, emang ane pake agak berat sebab ada ampli, tape, trus lampu besar 100 wat sdh pake booster includ. ane sering mesin mati den
egrin musik apa ini juga sebagai penyebab ketidakawetan accu ?
ane kawatir spt punya bro shrky sdh diganti accu baru tapi masalah di koilnya atau apa gitu di dinamo starternya ? mohon pencerahan para suhu
klo sdh gak bisa yaaa ganti ana accu baru aja.. spt kt bro coreduo dan imsus.
Saya punya pengalaman mengenai kelistrikan santi:
Pengalaman 1 (waktu mudik lebaran pertama kali pake santi):
Berangkat dari jkt - selama perjalanan - indikator aki dan brake di dashboard sudah mulai sering nyala. Tapi krn dijalan lancar2 saja, jd saya teruskan perjlanan hingga nyampe di tujuan (jatim). Indikator aki waktu itu masih hijau. Saya cek rem ke bengkel, ternyata tidak ada masalah. Waktu itu masih bisa putar2 untuk silaturahmi. Masalah muncul begitu di perjalanan balik ke jkt, tiba2 mesin mati di tengah jalan. Karena bengkel disekitar tempat berhenti masih tutup suasana lebaran, akhirnya saya tlp Hyundai Sby (terdekat). Setelah dicek ternyata alternatornya yang bermasalah, dan akhirnya pinjem punya trajet hingga nyampe sby. Singkat cerita, alternator diservis dan tidak diganti, dan akhirnya mobil normal kembali dan lancar sampe di jkt.
Pengalaman 2 (mudik lebaran kedua):
Berangkat dari jkt dan selama perjalanan normal. Tapi begitu sampe di tujuan jateng, begitu mau dipake jalan2, susah start. Dilihat indikator aki, masih hijau. Diagnosa awal kemungkinan dinamo starter. Cari tempat servis dinamo, dan akhirnya diservis. Tapi setelah dinamo starter diservise koq gejala gak ilang, jadi langsung cari toko aki yg satu2nya buka waktu itu, udah mulai malam lagi. Setelah ganti aki, langsung jreng dan normal sampe sekarang. Umur aki waktu diganti tsb sudah 3 tahun.