Teknologi mesin2 mobil Jepang vs Korea saat ini

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22080
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Teknologi mesin2 mobil Jepang vs Korea saat ini

Post by Turboman »

Scr tdk disadari produsen2 otomotif Sake saat ini sdh nyaris dilewati oleh produsen
Soju (Hyundai - KIA) dlm aplikasi teknik terkini pada mesin2 nya.

Heran memang, mengapa saat ini pabrikan2 negeri Sake jadi terlihat lamban sekali dlm
development.......

Lagi2 menyangkut si H miring, spt nya H miring sudah masuk dlm progress
mengganti line up mesin Gasoline EFI konvensional dgn GDI

Setelah Theta II 2.4 GDI NA & 2.0 GDI Turbo, skg mesin mesin Gasoline 1600 &
3300 cc nya sudah mengadopsi GDI juga

http://www.greencarcongress.com/2010/04 ... 00423.html

1600 cc :
- GDI
- Dual VVT-i
- Variable length intake manifold

dan konon mesin 3.8 V6 yg ada di Genesis & Veracruz akan ber GDI ria juga.

sementara mesin2 Diesel CRD Hyundai yg sdh keluar th lalu, yaitu 2.0 R 182 BHP &
revised 2.2 CRDi yg skg bertenaga 190 BHP lebih

Semua ini berbarengan juga dgn pengembangan mobil2 Hybrid-nya, dgn lahirnya
Sonata Hybrid & type hybrid lainnya.....

Dan entah apalagi yg akan dibuat si jagoan Ginseng ini utk th 2011 nanti

Padahal Triple Ellips sebetulnya sudah mengembangkan GDI lebih dahulu drpd si H miring,
mesin Triple Ellips berkode FSE sdh keluar sejak lama......tapi bagaimana progress yg
dibuat Triple Ellips selama ini ??

sama halnya pula dgn si H tegak, malah lebih sedih lagi......mereka dulu pernah
bikin GDI tapi juga no progress.......


Jika diibaratkan anak2 yg mengerjakan sebuah Pe-Er, si Triple Ellips
mengerjakannya lebih dahulu, dan hari ini dia sudah sampai nomor
60......sementara si H miring mulai mengerjakannya belakangan tetapi per hari
ini dia udah sampai no. 50 utk urusan mobil Hybrid & udah sampai nomor 65 utk
urusan Combustion - Powerplant

Akankah produsen Otomotif Sake mengikuti jejak rekan2 nya di dunia elektronik
spt Sony ?

Kita harapkan pasukan Sake tetap catch up & survive......agar konsumen tetap
punya banyak pilihan........

akan tetapi jika melihat progress yg dibuat oleh pabrikan Otomotif Soju vs.
Sake per hari ini.........benar2 mengingatkan saat Samsung & LG dulu mencoba
mendobrak dominasi Sony / Panasonic / Fujitsu / Sharp di dunia TV layar
datar..........

Pertarungan utk 2011 ke atas antara Sake vs. Soju akan semakin seru.......

CMIIW
* Bukan ajakan Beli *
the-mantal
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 578
Joined: Wed Apr 27, 2005 9:47
Location: jakarta

Re: Teknologi mesin2 mobil Jepang vs Korea saat ini

Post by the-mantal »

GDI itu yg pertama kali aplikasi kan mitsubishi...
cuma kualitas awal GDI itu buruk sekali utk bensin premium, harus pertamax plus mobilnya tuh... klo ngga nglitik parah bgt
Harta Cinta Tahta!!!
Choose yours
cowcool
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 479
Joined: Sun Feb 15, 2004 17:07

Re: Teknologi mesin2 mobil Jepang vs Korea saat ini

Post by cowcool »

GDI sebenernya bukan teknologi baru cuma yang menerapkannya cuma di mobil2 mewah misal merc dan VW

VW udah bukan mobil rakyat lagi lho .. karena mereka memposisikan diri 1/2 level di bawah merc dan bm kalo dulu iya mobil rakyat dulu bgt.
ReviewDong.com - Review Mobil dan Produk | DepotKantor.com
cowcool
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 479
Joined: Sun Feb 15, 2004 17:07

Re: Teknologi mesin2 mobil Jepang vs Korea saat ini

Post by cowcool »

1.6 GDI tinggal diturbo pasti ganas ... sebenernya ane bilang hyundai kudu datangkan semua lini turbonya ke indonesia guna menghindari pajak mobil yg mahal. kelebihan mesin turbo hyundai adalah cukup kalau pake bensin biasa kalo di us..

entah bisa ga minum premium Indonesia.
ReviewDong.com - Review Mobil dan Produk | DepotKantor.com
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17

Re: Teknologi mesin2 mobil Jepang vs Korea saat ini

Post by jalu »

sebenernya kalo rasio kompresi mesinnya dibikin rendah...apakah mesin GDI ini bisa minum BBM sekelas premium ?? :e-think:
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Teknologi mesin2 mobil Jepang vs Korea saat ini

Post by maskopat »

kalo triple elipse ane kurang tahu teknologi yang dikembangkan. tapi sepertinya fokus mereka bukan ke power. hybridnya sudah ada di kelas menengah dan atas.

h tegak sebernya unggul di teknologi i-vtech dan variable silinder. tahun 90-an awal, triple diamond juga meresearch ini di HSR mereka.

kalo sekarang teknologi ginseng dibilang sudah menggunakan teknologi2 yang disebut di atas, ya mungkin memang sudah saatnya. tapi kalo melampaui, mungkin belum kali ya... cmiiw.

tapi apa pun itu, perkembangan teknologi otomotif baik paman sam, europe, jepang dan korea bener2 menarik. dan sepertinya mereka sekarang sudah saling berdampingan untuk teknologi.

pertarungan seru??? so pasti.. mari kita lihat tahun2 ke depan. tinggal ekspansi pasar mereka di indonesia dan dunia.
yang jelas sekarang h miring sudah melewati mobil2 jepang.. kecuali triple elipse.

ane mau tanya, apakah teknologi mesin hyundai banyak mengambil dari triple diamond ya?
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22080
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Teknologi mesin2 mobil Jepang vs Korea saat ini

Post by Turboman »

maskopat wrote: ane mau tanya, apakah teknologi mesin hyundai banyak mengambil dari triple diamond ya?
Di masa lalu yes, kalo skg kayaknya mereka adopt / outsource ke berbagai pihak, juga krn H miring punya R&D centre sendiri di Jerman.....konon mrk berani hire tenaga2 ahli dr persh2 Otomotif Eropa

Kalo lihat di gbr gbr Fortune, testing equipment mrk ada yg buatan AVL Ditest.......apa mungkin utk pengembangan mesin mrk juga kerjasama dgn AVL atau persh lain serupa ? maybe yes, maybe no......

Kalo utk mesin Dieselnya, Hyundai ada adopt disainnya VM Motori utk bbrp type tertentu.

Btw soal GDI, metoda tsb sdh ada sejak 1925....dikembangkan oleh engineer Swedia

Kalo di masa modern ini ya tinggal siapa yg bisa sukses implement di produk2 nya dlm skala besar & dijual dgn harga yg masuk akal.

Mengenai sistem GDI Modern aka Common Rail Gasoline Direct Injection, BOSCH merp salah 1 vendor terkemuka, lalu juga DENSO (utk Toyota FSE).

CMIIW
* Bukan ajakan Beli *
cowcool
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 479
Joined: Sun Feb 15, 2004 17:07

Re: Teknologi mesin2 mobil Jepang vs Korea saat ini

Post by cowcool »

bukan japanese yg lamban bos Hyundai yg cepet .... rata2 pekerja korea kerja sehari 15 jam ... jangan2 sabtu n minggu kerja juga ...

semangat mereka saat ini sama seperti orang2 tua generasi jepang pasca PD 2 lagi mengebu ngebunya

sebaliknya anak muda japanese banyak yg nyantai engga serajin ortunya yg lulusan pasca pd 2 karena ga pernah hidup susah.
ReviewDong.com - Review Mobil dan Produk | DepotKantor.com
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: Teknologi mesin2 mobil Jepang vs Korea saat ini

Post by imsus2c »

maskopat wrote: ane mau tanya, apakah teknologi mesin hyundai banyak mengambil dari triple diamond ya?
co-pas postingan lama:
Until 1991, when we developed our first engine, we had no technology; we relied totally on Mitsubishi. ....................................................
The tables have turned on its relationship with Mitsubishi, as Hyundai now supplies technology for the 2.0-liter and 2.4-liter Theta engines for both Mitsubishi and Chrysler. Some 1.9 million of them were built in 2007
read more: http://www.automobilemag.com/features/n ... index.html


berarti....kalo ada mobil mitsu/chrysler buatan 2007 keatas yg pakai mesin theta...itu dari H mabok

:big_peace: meneer kopat ..... :ngacir: :ngacir: :ngacir:
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Teknologi mesin2 mobil Jepang vs Korea saat ini

Post by maskopat »

hebat ya H mabok... dari beli mesin triple diamond, dan sekarang jual mesin ke triple diamond... :mrgreen:

gak apa2 om meneer.. ane kagak tesinggung koq... :e-whistle:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: Teknologi mesin2 mobil Jepang vs Korea saat ini

Post by imsus2c »

maskopat wrote:hebat ya H mabok... dari beli mesin triple diamond, dan sekarang jual mesin ke triple diamond... :mrgreen:

gak apa2 om meneer.. ane kagak tesinggung koq... :e-whistle:
:D
sipp dah :frm_tumbright: :frm_tumbleft:
btw....santi saya masih pake mesin 4G63-4G64 loh..., sayangnya ga pake "T" dan begitu dipasang di santi atau H mabok lainnya, namanya ganti G4JS (2.4D).... :ungg:
yang jelas....masih sama - sama keluarga sirius engine :e-dance:

hayo meneer....kalo di mitsu, mesin 4G63-4G64 dipasang dimodel apa aja tuh :e-whistle:
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Teknologi mesin2 mobil Jepang vs Korea saat ini

Post by maskopat »

imsus2c wrote:
maskopat wrote:hebat ya H mabok... dari beli mesin triple diamond, dan sekarang jual mesin ke triple diamond... :mrgreen:

gak apa2 om meneer.. ane kagak tesinggung koq... :e-whistle:
:D
sipp dah :frm_tumbright: :frm_tumbleft:
btw....santi saya masih pake mesin 4G63-4G64 loh..., sayangnya ga pake "T" dan begitu dipasang di santi atau H mabok lainnya, namanya ganti G4JS (2.4D).... :ungg:
yang jelas....masih sama - sama keluarga sirius engine :e-dance:

hayo meneer....kalo di mitsu, mesin 4G63-4G64 dipasang dimodel apa aja tuh :e-whistle:
hihihi... 4G63T mah sangar om... bisa tembus 400HP..... itu standar pabrikan...
kalo 4G64 ane lupa neh... intip ke tante wiki dulu yah..
ternyata jarang om yang pake mesin ini di indonesia...
kalo di luar sih dipake di zinger, magna, dan galant. tapi rasanya galant di indonesia gak pake 2.4 yang 4 silinder.. :e-think:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: Teknologi mesin2 mobil Jepang vs Korea saat ini

Post by imsus2c »

maskopat wrote:
imsus2c wrote:
maskopat wrote:hebat ya H mabok... dari beli mesin triple diamond, dan sekarang jual mesin ke triple diamond... :mrgreen:

gak apa2 om meneer.. ane kagak tesinggung koq... :e-whistle:
:D
sipp dah :frm_tumbright: :frm_tumbleft:
btw....santi saya masih pake mesin 4G63-4G64 loh..., sayangnya ga pake "T" dan begitu dipasang di santi atau H mabok lainnya, namanya ganti G4JS (2.4D).... :ungg:
yang jelas....masih sama - sama keluarga sirius engine :e-dance:

hayo meneer....kalo di mitsu, mesin 4G63-4G64 dipasang dimodel apa aja tuh :e-whistle:
hihihi... 4G63T mah sangar om... bisa tembus 400HP..... itu standar pabrikan...
kalo 4G64 ane lupa neh... intip ke tante wiki dulu yah..
ternyata jarang om yang pake mesin ini di indonesia...
kalo di luar sih dipake di zinger, magna, dan galant. tapi rasanya galant di indonesia gak pake 2.4 yang 4 silinder.. :e-think:
iya nih meneer...line up H mabok yg ada di indo umumnya masih pake teknologi jadul juga...

santi yg sekarang (rilis thn 2009, untuk eropa dan domestik, keluar juga di majalah autobild), sudah pake mesin sendiri, kode R-Engine
basisnya turbodiesel CRDi
Turboman wrote: sementara mesin2 Diesel CRD Hyundai yg sdh keluar th lalu, yaitu 2.0 R 182 BHP &
revised 2.2 CRDi yg skg bertenaga 190 BHP lebih
CMIIW
nambahi info pak turboman
Turbosiesel R Engine
Volume 2.2L
Output 200PS (197 HP) (147KW)
Torque 436Nm (44.5Kgf/m) (321lb/ft)
FC (test) 7.2L/100 KM
http://www.autoblog.com/2008/11/04/hyun ... ce-diesel/
http://www.worldcarfans.com/10811041456 ... l-r-engine
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
zweifellos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2647
Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23

Re: Teknologi mesin2 mobil Jepang vs Korea saat ini

Post by zweifellos »

teknologi korea sama atau mungkin melebihi pabrikan jepang. kalo masalah kehandalan dan ketahanan produk korea gimana nih?
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
User avatar
JESKONENG
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4362
Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40

Re: Teknologi mesin2 mobil Jepang vs Korea saat ini

Post by JESKONENG »

zweifellos wrote:teknologi korea sama atau mungkin melebihi pabrikan jepang. kalo masalah kehandalan dan ketahanan produk korea gimana nih?
ya.. gimana dengan durability... ?
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
User avatar
solar_kerosen
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3072
Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
Location: Indonesia

Re: Teknologi mesin2 mobil Jepang vs Korea saat ini

Post by solar_kerosen »

Gue pesimis Korea bakal melampaui teknologi otomotif Jepang , gak usah jauh2 film2 [cencored] Jepang lebih berkualitas dibanding korea film korea gak punya Passion dan soul atau spirit kita buka kartu aja dah :big_peace: .

tentang mesin2 Hyundai mereka boleh canggih tapi apakah bisa dipake di negara ketiga ,daya tahan bagaimana ??? tetap kayaknya otomotif jepang masih nomor satu buat teknologi harga dan daya tahan
Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun
User avatar
NYoman
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3282
Joined: Thu Mar 29, 2007 3:09
Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S

Re: Teknologi mesin2 mobil Jepang vs Korea saat ini

Post by NYoman »

weits perbandingannya jauh kali ya?haha
kok tembus ke bkp, hoho..

klo dibilang daya banting mesin hyundai termasuk baik kok...contohnya hyundai yang dipakai taksi :D kayaknya dari dulu ampe sekarang tuh mesin ane liat ga pernah berisik suaranya...dan sepertinya nyaman-nyaman saja..
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22080
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Teknologi mesin2 mobil Jepang vs Korea saat ini

Post by Turboman »

solar_kerosen wrote:Gue pesimis Korea bakal melampaui teknologi otomotif Jepang , gak usah jauh2 film2 [cencored] Jepang lebih berkualitas dibanding korea film korea gak punya Passion dan soul atau spirit kita buka kartu aja dah :big_peace: .
Ternyata ini fans M****i / T*k**o K*t*h**a & mungkin juga fans Cyber Japan....emang bener deh kalo yg itu itu mah ga ada lawannya..........wakakakakakakakakakaka.....
* Bukan ajakan Beli *
cowcool
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 479
Joined: Sun Feb 15, 2004 17:07

Re: Teknologi mesin2 mobil Jepang vs Korea saat ini

Post by cowcool »

Bos ketahanan mobil Hyundai oke koq .. engga usah mesin thetha yg juga dipake mitsu dan chrysler deh apalagi mesin gdi yg terbaru

cek aja situs2 review2 mobil di amrik, dan situs2 kepuasan konsumen, survey sites etc.

hyundai accent jadul zaman bimantara cakra aja coba research deh .. itu udah kuat kalo soal engine , dan sekarang sudah hampir 15 tahun berlalu sejak era bimantara cakra ... 15 tahun bukan waktu yg sedikit , kalo orang sekolah udah ...

sd 6 tahun
smp 3 tahun
sma 3 tahun
s1 di business admin 3 tahun kalo piner n rajin anaknya

total 15 tahun ... itu kalo diasumsiin di mulai dari kelas 1 sd loh

15 tahun kalau dimanfaatkan sebaik baiknya banyak sekali kemajuan yg bisa diperoleh. Cuma memang kalau soal adaptasi dengan hawa tropical ga tau deh.

Perspesi orang kualitas hyundai masih sama dengan 15 tahun yang silam ... padahal selama 15 tahun ini mereka banyak sekali buat progress .. dan sejak tahun ini mereka bener2 accelerated.

Bukan isapan Jempol kalau CEO toyota Japan pernah ngomong beberapa tahun yang lalu, Hyundai is the competition that we fear most.

Saat ini performa Hyundai sama dengan saat mobil2 Jepang sedang mula invasi pasar Amrik di tahun 80 an? ...bener2 aggresive dan ngotot dan kerja super keras. Berusaha menyediakan spec yang lebih tinggi , lebih irit bensin , model yg keren dengan harga terjangkau .

Yang disesalkan di Indonesia dan ASEAN mereka belum serius .. ini saya bisa mengerti , mereka memakai strategi kapal induk untuk memukul musuh2nya dulu.

Kapal induk 1 pasar US
Kapal induk 2 pasar China
Kapal induk 3 pasar Eropa - Kia kuat di sana

Kalo ke 3 kapal induk musuh ini udah bisa dipenetrasi dan ditaklukkan maka , kapal2 pendamping akan jauh lebih mudah ditaklukkan.

Bukan strategi yang salah , karena kalau mau perang massive seluruh dunia juga waktu dan resources terbatas

Saya juga kalo jadi panglima bakal pake strategi kapal induk ini.
ReviewDong.com - Review Mobil dan Produk | DepotKantor.com
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17

Re: Teknologi mesin2 mobil Jepang vs Korea saat ini

Post by jalu »

solar_kerosen wrote:Gue pesimis Korea bakal melampaui teknologi otomotif Jepang , gak usah jauh2 film2 [cencored] Jepang lebih berkualitas dibanding korea film korea gak punya Passion dan soul atau spirit kita buka kartu aja dah :big_peace: .
berarti [cencored] korea masih kurang durable yah dibanding jepang.......... :ungg: :upss: :ngacir: :ngacir:
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
User avatar
solar_kerosen
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3072
Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
Location: Indonesia

Re: Teknologi mesin2 mobil Jepang vs Korea saat ini

Post by solar_kerosen »

jalu wrote:
solar_kerosen wrote:Gue pesimis Korea bakal melampaui teknologi otomotif Jepang , gak usah jauh2 film2 [cencored] Jepang lebih berkualitas dibanding korea film korea gak punya Passion dan soul atau spirit kita buka kartu aja dah :big_peace: .
berarti [cencored] korea masih kurang durable yah dibanding jepang.......... :ungg: :upss: :ngacir: :ngacir:
Tapi jangan salah bang Jalu, kalau Drama drama gue megang Korea bagus banget tuh bro kaya Winter sonata,Endless love dan lain sebagainya sangat menjiwai cuma kalau [cencored] wah ampun dah masih jepang 3 tingkat

BTW ini bang jalu yg mana banyak artinya ???

Jalu bahasa jawa artinya MINTA
Jalo bahasa batak artinya MINTA :big_peace:
Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27667
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Teknologi mesin2 mobil Jepang vs Korea saat ini

Post by DOHC »

waduhh... ini malah jadi bahas [cencored].... monggo pindah di tret 21 aja gt... biar bikin tuh tret panas jadi lebi panas.... :big_weee: :big_weee: :big_weee:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Abu2
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8765
Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
Location: +6261
Daily Vehicle: just a bike

Re: Teknologi mesin2 mobil Jepang vs Korea saat ini

Post by Abu2 »

om solar pernah liat pilem2 korea seperti winter sonata, Endless Love dan sejenis dalam edisi XX (x2 ) gak? :e-think:

tiba2 menghayal gimana yah wajah baru all new santa fee..? :e-think:

pake mesin Crdi itu, masuk indo, sodappp kali pasti bah..
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27667
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Teknologi mesin2 mobil Jepang vs Korea saat ini

Post by DOHC »

hehh terlalu... pelem romantis bagus2 gt malah dibkin [cencored] nya....
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22080
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Teknologi mesin2 mobil Jepang vs Korea saat ini

Post by Turboman »

Abu2 wrote:om solar pernah liat pilem2 korea seperti winter sonata, Endless Love dan sejenis dalam edisi XX (x2 ) gak? :e-think:

tiba2 menghayal gimana yah wajah baru all new santa fee..? :e-think:
Naek Hyundai "Winter" Sonata ditemani Song Hye Kyo, Chae Rim, Han Ye Seul...........I'll go anywhere........ :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen:
* Bukan ajakan Beli *