permisi, perkenalken nama gw rafael, baru ngangon "kebo" DOHC LT 2001 nih.
mau nanya-nanya soal si kebo, gw beli dengan harga yang "fantastis", 47 jt saja dibarengi dengan sebuah PR yang cukup mengganggu.
mau share PR kebo gw, gw kasih poin2 aja ya biar gampang.
1. indikator oli berfungsi normal, tapi setelah jalan sekitar 15 menit, mesin goyang heboh kaya mau mati dan akhirnya mati beneran. pas dilihat ke indikatornya, kalo mau mati, tekanan oli posisinya di bar ke 2 setelah huruf 250. dan memang kalau mau mati, biasanya jarum indikator di bar tersebut. Lalu gw bawa ke bengkel di daerah buncit, namanya gw lupa, tapi pas ke sana banyak mobil BIC. pas di cek sama montir bengkel, ternyata harus TURUN MESIN

. katanya metal duduk dan metal jalan gw udah kena, jadinya tekanan oli berkurang, dan harus diapain gitu biar normal lagi. pertanyaan selanjutnya, kira2 kalaupun harus turun mesin, musti prepare brapa ya??
2. pas sebelum di beli, kelistrikan semua normal, lalu setelah gw beli, jadi gak normal (aneh banget). power window gw ga berfungsi, padahal sebelumnya bisa, dan di semua kaca juga begitu. so, gw harus selalu pasang ac ketika jalan. kira2 permasalahan yang sering menjalar di power window karena apa ya? apa ada korslet gitu? ato soket power windownya yang kotor?
3. penampungan air radiator udah buluk parah, malah di bagian yang berhubungan dengan selang2 itu pecah, jadi diakalinnya tambel sulam pake sealant. tabung reservoir itu kira2 berapa ya? soalnya cukup mengganggu, karena gw baru servis radiator, air radiator gw ganti pake coolant dan mesin udah gak pernah over heat lagi, tapi setiap habis jalan, air radiator selalu berkurang karena tumpah2 dari tabung reservoir / menguap dari bagian2 tabung yang di tambal sulam.
4. setiap lewat jalan keriting, kaya ada orkes. semua interior samping (doortrim pintu, dll) kaya kendor gitu dan sepertinya perlu gw ganti kancing2nya, kira2 ada trik khusus gak supaya penggantian kancing2 itu gak merusak, khususnya buat di doortrim pintu.
5. gw isi bensin 300 rb (premium) dan 100rb (shell super) dan tangki akhirnya penuh. gw bawa jalan, dan gw isenk pingin tau berapa perbandingan bensin sama km yang berjalan. baru sampe kilometer 400, indikator bensin di posisi E, sampe level merah. cukup meresahkan bwt gw, karena gw masih bimbang apa emang konsumsi bensinnya standarnya seperti itu atau harusnya bisa lebih irit, atau penyebab utamanya karena dari poin 1 yang gw sebut??
6. untuk penggantian fast moving (busi, filter udara, oli, bensin, dll) disarankan pake yang ORI atau bolehkah pake aftermarket? contohnya gw mau ganti busi, tapi gw taunya dari forum BIC, pake busi standarnya (gw lupa namanya) atau bisa ga pake busi merek lain (autolite, bosch, dll) disesuaikan dengan spek standard kebo?
masih numpuk banyak pertanyaan di kepala gw karena gw awam banget soal perawatan mobil non jepang, soalnya gw cuma pengalaman sama mobil jepang doank, so pastinya untuk maintenance ada beberapa hal yang pasti beda bukan?
jadi mohon bantuan dari tetua / suhu / master soal pertanyaan2 gw diatas, maklum gw masih rookie banget, hehehehe...
terima kasih banget ya, salam hangat
