Kursus mengemudi matik

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t

User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: Kursus mengemudi matik

Post by poeticmind »

andy1800 wrote:jiaaah, pada gimana seh...org pengen kursur nyetir kok mlh disuruh blajar ndiri... mana pada nyuruh gini gitu gini gitu lah. ribet ngingetnyaa....mana gurur2 nyetir disini ni, ane yakin pada gak sabaran deh, pasti pada suka marah2in muridnya.... :big_slap: :off_good:
makanya, udaah, lsg kursus aja, lasgung praktek...ada yg ngejagain, lbh sabar, nginjekin rem, dsb, lbh yakin aman laah.
belajar nyetir matic, kalo udah bisa manual sebenernya rugi, pak'e... mending duitnya dipake beli kacang pedes garuda sama bensin jalan2 ke bandung... belanja ke FO... :upss:
Image
User avatar
m4rio
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3112
Joined: Thu May 21, 2009 12:38

Re: Kursus mengemudi matik

Post by m4rio »

pengalaman pribadi ane, sebenernya cara bawa mobil matic itu kalo udah bisa manual dengan lancar mah gk beda kok. yang paling penting seperti post ane sebelomnya dalemin ada seluk beluk matic dan cara kerjanya aja, di jamin bisa.

pengalaman ane bawa matic gitu, mulai dari Terios, Gran Max ( Versi Built up ), Luxio, ampe Xenia.

intinya menurut ane, lancar bawa manual, pelajarin karakter matic, sedikit membiasakan dengan karakter matic udah cukup
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Kursus mengemudi matik

Post by maskopat »

Abu2 wrote:
bushkntl wrote:Yg paling penting kalo emang gak berhenti lama spt lg macet atau lg nunggu antrian jangan pindahin gigi ke 'P' kalo antrinya ngerayap biar aja di 'D' tahan pake rem kalo ngantrinya lama pindahin ke 'N' dan pske rem tangan. Gw dah berapa x liat kejadian cw pake matik di lampu merah nabrak mbl belakang krn pas ngantri sibuk ngapain ato bengong di klakson lsg gerak cepat tp gear yg di select 'R' karena gear sebelumnya ada di 'P' intead of 'N'
kejadian yg ane alami sewaktu pertama kali nyetir mobil matic.
pertama kali nyetirnya sih, gak ada masalah..

masalahnya pas berenti di perempatan pada saat lampu pengatur lalu lintas menyala merah.
Pas Ijo, reflek langsung dorong tuas perseneling masuk ke gigi 1 (dorong kedepan) padahal mobil matic, al hasil mobilnya mundur, dan nyundul ke belakang...

btw, memang apa perlu kursus dulu ya untuk mengemudi mobil matic?
harusnya sih, kalo dari N tuasnya didorong ke atas, gak masuk ke R, kecuali teken tombol.... cmiiw... :frm_salut:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Kursus mengemudi matik

Post by maskopat »

yang agak ribet di matic adalah mengatus RPM.. susah untuk shift down... juga nahan putaran mesin di redline... kecuali yang bisa manual. tapi kalo manual konvensional, ribet dah.
belum lagi gak ada engine break, kadang harus tega maenin tuas perseneling matik. tapi kurang tahu apakah memperpendek umur gearbox... :shrug:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
m4rio
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3112
Joined: Thu May 21, 2009 12:38

Re: Kursus mengemudi matik

Post by m4rio »

maskopat wrote:yang agak ribet di matic adalah mengatus RPM.. susah untuk shift down... juga nahan putaran mesin di redline... kecuali yang bisa manual. tapi kalo manual konvensional, ribet dah.
belum lagi gak ada engine break, kadang harus tega maenin tuas perseneling matik. tapi kurang tahu apakah memperpendek umur gearbox... :shrug:

kyknya bro, kalo buat matic kalo mau ambil engine brake dengan maenin tuas perseneling ya harus liat kondisi kecepatan juga, sama aja kyk manual, dari gigi 5 kecepatan tinggi langsung drop gigi 2, ya bisa rontok juga.

kyknya kalo matic yg ada O/D itu bisa deh di bawa buat RPM hampir mendekati Red Line ( ane lupa setelannya di O/D off atau ON )
User avatar
flexiblebil
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 243
Joined: Wed Jul 04, 2007 6:16
Location: Java

Re: Kursus mengemudi matik

Post by flexiblebil »

O/D off bro. O/D itu overdrive alias gigi terakhir.. nah kalo dimatiin baru bisa gas pol ampe redline. di beberapa mobil gak ada tombol O/D tapi bisa dengan mindahin tuas ke posisi 3, dengan begitu gigi 4 nya mati..

sebenernya shift down di mobil matic juga nggak susah kok, kita tinggal mindahin tuasnya aja. mau menteng di gigi 3, pindahin ke 3, mau 2 pindahin tuasnya ke posisi 2, bedanya cuma tanpa nginjek kopling dan responnya memang nggak seinstan mobil manual..
User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: Kursus mengemudi matik

Post by poeticmind »

santai aja sih, matic jaman sekarang ga selemah jaman dulu... hehe
Image
User avatar
Abu2
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8765
Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
Location: +6261
Daily Vehicle: just a bike

Re: Kursus mengemudi matik

Post by Abu2 »

@kopat : genggam tuasnya ya sambil pencet tombol...maklum masih nubie :mrgreen:
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Kursus mengemudi matik

Post by maskopat »

Abu2 wrote:@kopat : genggam tuasnya ya sambil pencet tombol...maklum masih nubie :mrgreen:
udah reflek ya? gengem2 tuas sambil pencet2...??? :upss:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
m4rio
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3112
Joined: Thu May 21, 2009 12:38

Re: Kursus mengemudi matik

Post by m4rio »

mksdnya??? :oops:

wkwkwkwk
User avatar
Abu2
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8765
Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
Location: +6261
Daily Vehicle: just a bike

Re: Kursus mengemudi matik

Post by Abu2 »

kalo tombol seukuran itu , ya asik untuk dipencet2 Bang..
Igap_igap
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: Sat Jan 01, 2011 16:54

Re: Kursus mengemudi matik

Post by Igap_igap »

kapsul 97 wrote:
y_anjasrana wrote:wah.. kalu kursus nyetir biasanya cuma diajarin teknik2nya doank. utk ngelancarin mah sendiri. ane sendiri baru sekali bawa mobil matic. ga susah koq. cuma tinggal geser2, n kontrol kaki kanan doank. cuma yg rada bahaya kalu tuasnya ga model yg belok2 (ga tau istilahnya). kalu model yg lurus doank bisa salah masuk. ga mungkin khan harus baca hurufnya dulu...
bukannya bisa lihat di indikator posisi perseneling di dash board ya Oom ?

:ungg: Hai ... salam kenal .... ngemenk2 soal belajar nyetir matic stau aku gak semua merek mobil matic punya fasilitas indicator persneling di dashboard nya ... jd kadang memang suka bikin keder and senewen sendiri. Waktu pertama kali saya pake matic juga yang suka curi-curi noleh-noleh dulu baca hurufnya takut nya salah geser bisa berabe ... palagi saya bawa anak ... :e-think: mendingan sih latian sndiri di area yang cukup terbuka biar bebas & leluasa buat adaptasi ama persneling matic... paling lama 2 hari juga dah tokcer bin lancar .... caiyoooo :big_peace:
Igap_igap
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: Sat Jan 01, 2011 16:54

Re: Kursus mengemudi matik

Post by Igap_igap »

Andrian wrote:sharring pengalaman aja ya om...

saya biasa bawa mobil transmisi manual. suatu hari (klo gak salah 6 bln yll) saya diharuskan bawa mobil bertransmisi matic karena mobil yg manual lagi keluar semua. yg saya lakukan pertama adalah minta penjelasan singkat tentang transmisi automatic dan membiasakan kaki kiri istirahat (untung da pernah main game racing di timezone. lumayan membantu u/penyesuaian kaki kiri yg kudu istirahat). :big_peace:

terus terang, waktu pertama kali bawa, kaki kiri sempet nginjek rem (naluri nginjek kopling). untung langsung inget kalo lg bawa mobil matic. :big_slap: dan pas memasukkan ke D saya selalu liat ke tuas persneling. takut salah masukin ke R krn posisi R diatasnya D(hal ini yg sering menyebabkan kecelakaan mobil matic yg terjun bebas dari mall. mwnya masukin ke D malah ke R krn klo di manual persneling 1 ke depan) :ungg:

sebelum masukin ke D, jangan lupa injak rem. begitu da masuk ke D, baru lepas rem pelan2. mobil da langsung jln kok. setelah itu tinggal injek gas deh.. :big_peace:
enaknya matic, kalo macet cuma injek rem doang. persneling gak usah dipindahin. tetep di D. kalo di lamer, boleh dipindah ke N kemudian tarik rem tangan. kalo da hijau pindahin lagi ke D (jgn lp injek rem dulu sebelum pindah ke D) :big_peace:

:e-think: boleh minta saran untuk tanjakan? Banyak yang bilang kalo mobil matic itu kalo udah ngadepin tanjakan gak ada tenaganya ... n slama ini aku belum pernah dapet pengalaman nyetir matic yang ngelewatin tanjakan :e-doh: dataaaarrr mulu ... sama turunan... :frm_bang_head:
User avatar
flexiblebil
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 243
Joined: Wed Jul 04, 2007 6:16
Location: Java

Re: Kursus mengemudi matik

Post by flexiblebil »

bro igap_igap, tanjakannya securam apa? kalo sekedar tanjakan fly-over atau tol cipularang, dengan posisi D pun masih sanggup kok, atau kalau butuh power lebih besar tinggal kick-down supaya posisi perseneling pindah ke satu tingkat lebih rendah.

kalau tanjakannya curam sekali, saya biasanya pindahkan ke posisi gigi yang diinginkan, bisa di 1 atau 2, tujuannya supaya gigi nggak berpindah, jadi tetap dapet power.

umumnya transmisi matic punya jumlah gigi yang lebih sedikit dibanding manual (umumnya cuma 4, walaupun ada juga yang 5 atau 6, tapi jarang), dan rasio giginya lebih tinggi dibanding manual, makanya relatif agak 'berat' di tanjakan. tapi asalkan posisi tuas maticnya tepat dan momentum bisa dijaga, mestinya nggak ada masalah.
User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: Kursus mengemudi matik

Post by poeticmind »

hampir sama di turunan juga begitu, kalo turun nya curam pindahkan saja giginya agar tidak terlalu banyak menggunakan rem (biar awet saja sih...), dicoba2 saja ke daerah gunung.. sambil jalan2. hehe!
Image
User avatar
m4rio
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3112
Joined: Thu May 21, 2009 12:38

Re: Kursus mengemudi matik

Post by m4rio »

poeticmind wrote:hampir sama di turunan juga begitu, kalo turun nya curam pindahkan saja giginya agar tidak terlalu banyak menggunakan rem (biar awet saja sih...), dicoba2 saja ke daerah gunung.. sambil jalan2. hehe!



cara bro poeticmind udah bener bgt tuh kalo turunan juga pake cara yang hampir sama kyk tanjakan, cuman bedanya kalo tanjakan kita ngincer power, kalo turunan kita ngincer engine brake.
coba bayangkan kalo posisi turunan kita tetep posisikan tuas di D, mobil meluncur, transmisi juga ikut naik ya gk dapet engine brake donk..
User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: Kursus mengemudi matik

Post by poeticmind »

iya, sebenernya utk safety juga...
Image
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Kursus mengemudi matik

Post by maskopat »

tapi masalahnya adalah gear ratio matik lebih halus. jadi walau gear 1 atau 2, engine break berasa kurang...
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2531
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: Kursus mengemudi matik

Post by ilhami »

Tapi kan enak um, kalo jalan pelan nggak endut2an engine break ?
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Kursus mengemudi matik

Post by VanzMatic »

Hansen wrote:Kalo transmisi manual, gimana cara liatnya yaa.......:roll:
Gampang! :frm_salut:
Ganti aja ama speedometer punya matic. Trus, P diganti 1. R tetep. N tetep. D diganti 2, 3 ya tetep 3. 2 diganti 4, L diganti 5. :big_slap:
User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: Kursus mengemudi matik

Post by poeticmind »

VanzMatic wrote:
Hansen wrote:Kalo transmisi manual, gimana cara liatnya yaa.......:roll:
Gampang! :frm_salut:
Ganti aja ama speedometer punya matic. Trus, P diganti 1. R tetep. N tetep. D diganti 2, 3 ya tetep 3. 2 diganti 4, L diganti 5. :big_slap:
hansen mobilnya matic semua... dikasih manual, dibilang bukan mobil... :ngacir:
Image
User avatar
POS VETT
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2275
Joined: Fri Aug 25, 2006 13:53
Location: Columbus, OH, USA
Daily Vehicle: 2011 Nissan 370Z + 1994 Mitsubishi Pajero

Re: Kursus mengemudi matik

Post by POS VETT »

Ini satu hal yg gw tidak mengerti di Indonesia, momok automatic transmission.

Sampe frustrasi ngejelasin ke Mami. Dijelasin ber-kali2; tetep aja keukeuh maunya manual padahal tinggalnya di Jakarta, alasannya bukan karena performance atau efisiensi, tapi karena takut. Gw sendiri maunya transmisi manual tapi karena alasan performance/racing/tukang ngebut.

Yg jadi masalah sebenarnya itu apa sih ? Apa cuma gara2 di-takut2-in oleh media ?

Pindah dari manual ke automatic itu cuma masalah kaki kiri yg sekarang nganggur. Setelah bbrp lama jadinya terbiasa utk tidak menginjak lantai yg tidak ada pedal koplingnya. Normal. Gw sendiri yg pindah bolak balik antara manual dan automatic (tiga mobil pake manual dan truknya automatic) tiap hari tdk ada masalah.

Kenapa automatic shifter pattern-nya PRNDL ? Itu kebiasaan (pattern PRNDL itu ada hak patennya). Kalau tuas ditaruh di N, R-nya ke depan dan D-nya ke belakang. Sama dgn prinsip pesawat terbang dan bbrp tipe kendaraan lainnya. Tuas dorong ke depan, pesawat menukik; kalo ditarik hidungnya naik. Prinsip yg sama juga dipakai di flappy pedal shifter yg ditaruh di kemudi/setir (tarik utk upshift dan dorong utk downshift). Manual-mode automatic yg pakai tuas lantai juga kebanyakan prinsipnya seperti ini. Downshift dorong tuas ke depan dan upshift tarik ke belakang.

Praktek menginjak pedal rem sebelum masuk ke R atau D hanya utk alasan supaya halus. Automatic yg ada di truk Chevy Silverado gw malah tidak ada tombol yg harus ditekan atau harus menginjak pedal rem kalau keluar dari P, adanya hanya gate (bukan tail gate; tail gate sih buat bak pikap :) ). Tuasnya mesti ditarik ke arah setir sebelum dipindahkan keluar dari P.

Kendaraan dgn automatic transmission bakalan merayap waktu tuas ada di D atau R. Kalau tidak sempat lihat ke shifternya, tinggal dirasakan mobilnya bergerak ke arah mana TANPA PEDAL GAS HARUS DIINJAK. Kalau ke arah berlawanan tinggal rem dan tuas dipindahkan ke arah yg dituju. Ngegasnya juga tidak perlu langsung pol; sama seperti manual, yg automatic juga bisa pelan2 start-nya.

Bbrp alasan2 lainnya utk masalah automatic:

- Tidak bisa didorong utk start kalo akinya mati
Mobil2 jaman sekarang yg pake electronic fuel injection dan manual juga tidak bisa didorong. Kalau voltase akinya kurang dari yg minimum, ECU dan injektor2 tidak bisa beroperasi.

- Tidak bisa di-dorong2 kalau di parkiran
Kalau yg ini tinggal baca owner's manual. Semua mobil automatic yg gw tau ada caranya nge-bypass tuas keluar dari P tanpa menghidupkan mesin mobil (dan tanpa meninggalkan kunci). Kalau di Honda, masukkan anak kunci ke dalam shifter, pindah ke N, cabut anak kunci, dan kunci pintu mobil.

- Masalah mobil2 yg terjun dari parkiran mall
Ini masalah panik dan tidak terbatas mobil automatic. Gw sendiri pernah pake mobil manual, mau injak rem yg terinjak pedal gas. Normal kalo panik ? Ya pasti.

Summary - tidak perlu takut/panik dgn automatic. Belajar NYETIR mobil itu lebih susah daripada adaptasi ke dari manual ke automatic. Kalo sebaliknya juga jauh lebih sulit.
Tom
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Re: Kursus mengemudi matik

Post by Hansen »

mantappppp.......... :e-clap: :e-clap: :e-clap:
Image
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Re: Kursus mengemudi matik

Post by Hansen »

poeticmind wrote:
VanzMatic wrote:
Hansen wrote:Kalo transmisi manual, gimana cara liatnya yaa.......:roll:
Gampang! :frm_salut:
Ganti aja ama speedometer punya matic. Trus, P diganti 1. R tetep. N tetep. D diganti 2, 3 ya tetep 3. 2 diganti 4, L diganti 5. :big_slap:
hansen mobilnya matic semua... dikasih manual, dibilang bukan mobil... :ngacir:
baaaaa.......!!! situ juga matic semua... :big_weee: :big_weee: :big_weee:
Image
User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: Kursus mengemudi matik

Post by poeticmind »

lah iyalah sen... jaman gini masih pake manual, cari capek namanya.. kecuali seneng balap2 tuh kayak poss vett, doq, kresna, ama yg laen2... :upss:
Image