Ini satu hal yg gw tidak mengerti di Indonesia, momok automatic transmission.
Sampe frustrasi ngejelasin ke Mami. Dijelasin ber-kali2; tetep aja keukeuh maunya manual padahal tinggalnya di Jakarta, alasannya bukan karena performance atau efisiensi, tapi karena takut. Gw sendiri maunya transmisi manual tapi karena alasan performance/racing/tukang ngebut.
Yg jadi masalah sebenarnya itu apa sih ? Apa cuma gara2 di-takut2-in oleh media ?
Pindah dari manual ke automatic itu cuma masalah kaki kiri yg sekarang nganggur. Setelah bbrp lama jadinya terbiasa utk tidak menginjak lantai yg tidak ada pedal koplingnya. Normal. Gw sendiri yg pindah bolak balik antara manual dan automatic (tiga mobil pake manual dan truknya automatic) tiap hari tdk ada masalah.
Kenapa automatic shifter pattern-nya PRNDL ? Itu kebiasaan (pattern PRNDL itu ada hak patennya). Kalau tuas ditaruh di N, R-nya ke depan dan D-nya ke belakang. Sama dgn prinsip pesawat terbang dan bbrp tipe kendaraan lainnya. Tuas dorong ke depan, pesawat menukik; kalo ditarik hidungnya naik. Prinsip yg sama juga dipakai di flappy pedal shifter yg ditaruh di kemudi/setir (tarik utk upshift dan dorong utk downshift). Manual-mode automatic yg pakai tuas lantai juga kebanyakan prinsipnya seperti ini. Downshift dorong tuas ke depan dan upshift tarik ke belakang.
Praktek menginjak pedal rem sebelum masuk ke R atau D hanya utk alasan supaya halus. Automatic yg ada di truk Chevy Silverado gw malah tidak ada tombol yg harus ditekan atau harus menginjak pedal rem kalau keluar dari P, adanya hanya gate (bukan tail gate; tail gate sih buat bak pikap

). Tuasnya mesti ditarik ke arah setir sebelum dipindahkan keluar dari P.
Kendaraan dgn automatic transmission bakalan merayap waktu tuas ada di D atau R. Kalau tidak sempat lihat ke shifternya, tinggal dirasakan mobilnya bergerak ke arah mana TANPA PEDAL GAS HARUS DIINJAK. Kalau ke arah berlawanan tinggal rem dan tuas dipindahkan ke arah yg dituju. Ngegasnya juga tidak perlu langsung pol; sama seperti manual, yg automatic juga bisa pelan2 start-nya.
Bbrp alasan2 lainnya utk masalah automatic:
- Tidak bisa didorong utk start kalo akinya mati
Mobil2 jaman sekarang yg pake electronic fuel injection dan manual juga tidak bisa didorong. Kalau voltase akinya kurang dari yg minimum, ECU dan injektor2 tidak bisa beroperasi.
- Tidak bisa di-dorong2 kalau di parkiran
Kalau yg ini tinggal baca owner's manual. Semua mobil automatic yg gw tau ada caranya nge-bypass tuas keluar dari P tanpa menghidupkan mesin mobil (dan tanpa meninggalkan kunci). Kalau di Honda, masukkan anak kunci ke dalam shifter, pindah ke N, cabut anak kunci, dan kunci pintu mobil.
- Masalah mobil2 yg terjun dari parkiran mall
Ini masalah panik dan tidak terbatas mobil automatic. Gw sendiri pernah pake mobil manual, mau injak rem yg terinjak pedal gas. Normal kalo panik ? Ya pasti.
Summary - tidak perlu takut/panik dgn automatic. Belajar NYETIR mobil itu lebih susah daripada adaptasi ke dari manual ke automatic. Kalo sebaliknya juga jauh lebih sulit.