oli motor yg paling bagus apa ya???
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 75
- Joined: Wed Jan 04, 2006 21:46
- Location: cileungsi - bogor
oli motor yg paling bagus apa ya???
lam kenal sobat bikers semuanya, mau tanya neh...
oli motor yg paling bagus apa ya? sekarang gw masih pake oli gratisan dari indo mobil, bln depan dah abis jatahnya, trus mau ganti oli laen tapi masih bingung neh soalnya bnyk yang palsu hehe...
kasih masukan dung.. thanks!
oli motor yg paling bagus apa ya? sekarang gw masih pake oli gratisan dari indo mobil, bln depan dah abis jatahnya, trus mau ganti oli laen tapi masih bingung neh soalnya bnyk yang palsu hehe...
kasih masukan dung.. thanks!
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 75
- Joined: Wed Jan 04, 2006 21:46
- Location: cileungsi - bogor
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2297
- Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 397
- Joined: Tue Nov 29, 2005 12:58
- Location: most eastern jakarta
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1215
- Joined: Fri Dec 10, 2004 20:04
- Location: Jakarta Barat
bro sangit, conoco 10w-30 berapa duit? kalo 10 w-40 berapa? buat 2 tak tipe conoco apa yg paling ok.
ohya, sekedar info,gw ada kenalan bagian riset perminyakan pernah adain tes oli sintetik. Diliat dr mutunya (lapisan film, viskositas, daya perlindungan thd beban kerja, dsb)) diurut dr yg tertinggi ada 3 besar.
1. Castrol
2. Repsol
3. Mesran
selebihnya dipegang motul, agip, dll..yg jelas, oli artis gak masuk 10 besar, hehe...
yg gw heran, koq mesran bisa posisi 3 ya? hebat juga mutu oli pertamina rupanya
ohya, sekedar info,gw ada kenalan bagian riset perminyakan pernah adain tes oli sintetik. Diliat dr mutunya (lapisan film, viskositas, daya perlindungan thd beban kerja, dsb)) diurut dr yg tertinggi ada 3 besar.
1. Castrol
2. Repsol
3. Mesran
selebihnya dipegang motul, agip, dll..yg jelas, oli artis gak masuk 10 besar, hehe...
yg gw heran, koq mesran bisa posisi 3 ya? hebat juga mutu oli pertamina rupanya
Just Call Me Nichol !!!
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 901
- Joined: Tue Sep 07, 2004 20:44
Pokoknya yg SAE nya sama dng di buku manual, jgn lupa yg JASO MA juga.Beel wrote:lam kenal sobat bikers semuanya, mau tanya neh...
oli motor yg paling bagus apa ya? sekarang gw masih pake oli gratisan dari indo mobil,
bln depan dah abis jatahnya, trus mau ganti oli laen tapi masih bingung neh soalnya bnyk yang palsu hehe...
kasih masukan dung.. thanks!
Terserah mau go synthetic atau go mineral, dan mereknya yg kira2 bakal lama eksis,
jgn yg asal2an, ntar pakai sekarang tapi tahun depan ngilang dr pasaran.
Utk info
- Top-1, banyak yg komplen tapi ada jg yg kalem. Hrs extra hati2 thdp produk palsu
- Caltex Revtex 4T (versi yg plg murahnya), ada pengalaman krg bgs, terlalu cpt turun mutunya stlh dipakai.
- Castrol Go , speknya API SE. Mesran Super aja API SG bok!
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 364
- Joined: Fri Apr 22, 2005 6:50
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 763
- Joined: Mon Nov 29, 2004 4:27
gw pake mobil-1 extra 10w-40 harga gw beli di medan 27rb per 1 ltr
tapi gw dah pake 10w-40 2 tahun tuh mobil-1 terus sampe sekarang mesin ga masalah sih
hahahahaha habis gw ga balap sih paling tinggi 80 kmph itupun cuman sekali kali
ini yang pusing banyak yang bilang honda 20w-50 jadi pake itu tapi banyak juga yang bilang 10w-40 lebih bagus karena lebih encer bisa melumasi sampe sela2 karena mesin sekarang dibuatnya pas-pasan lohyoyoyo wrote:Pokoknya yg SAE nya sama dng di buku manual
tapi gw dah pake 10w-40 2 tahun tuh mobil-1 terus sampe sekarang mesin ga masalah sih
hahahahaha habis gw ga balap sih paling tinggi 80 kmph itupun cuman sekali kali
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 55
- Joined: Fri Mar 07, 2003 3:15
- Location: Jakarta
Ada yang pernah pake oli BM1 gak...?
Saya pake oli ini sudah 2th lebih oke2 aja tuh...
Dulu waktu baru beli motor juga bingung mau cari oli apa, saya sempet coba2 beberapa oli.
Yang pernah saya coba Top1, Mesran, Federal, Castrol, SPC, Caltex, STP & terakhir BM1.
Sekarang motor saya sudah 4th lebih masih sip kondisi mesinnya.
Dari semua yg saya coba rasanya yg bagus cuma STP & BM1, tapi STP olinya mahal boo... jadi saya beralih ke BM1.
Tapi BM1 ini sulit cari dipasaran, makanya oli ini juga blm ada yg palsuin. Oli ini cuma ada dibengkel2 tertentu, atau kalo mau mudah cari di Carrefour, Ace Hardware & Hypermart.
Harganya berkisar antara 18.500 s/d 22.900 per 0,8l (kemasan refill - yg jenis PC-1000).
Bung Beel boleh dicoba nih olinya....
Saya pake oli ini sudah 2th lebih oke2 aja tuh...
Dulu waktu baru beli motor juga bingung mau cari oli apa, saya sempet coba2 beberapa oli.
Yang pernah saya coba Top1, Mesran, Federal, Castrol, SPC, Caltex, STP & terakhir BM1.
Sekarang motor saya sudah 4th lebih masih sip kondisi mesinnya.
Dari semua yg saya coba rasanya yg bagus cuma STP & BM1, tapi STP olinya mahal boo... jadi saya beralih ke BM1.
Tapi BM1 ini sulit cari dipasaran, makanya oli ini juga blm ada yg palsuin. Oli ini cuma ada dibengkel2 tertentu, atau kalo mau mudah cari di Carrefour, Ace Hardware & Hypermart.
Harganya berkisar antara 18.500 s/d 22.900 per 0,8l (kemasan refill - yg jenis PC-1000).
Bung Beel boleh dicoba nih olinya....
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1028
- Joined: Thu Nov 03, 2005 8:11
- Location: Indonesia
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 355
- Joined: Wed Nov 16, 2005 6:14
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1028
- Joined: Thu Nov 03, 2005 8:11
- Location: Indonesia
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 75
- Joined: Wed Jan 04, 2006 21:46
- Location: cileungsi - bogor
wah,gw coba enduro aja ah! tapi oke ga tuh olinya ya?anak_singkong wrote:@bung beel..
kalo motor cuma pake harian dan jalan normal mendingan pake Enduro 4T.
cuma kalo sering2 ngebut..coba pake Repsol 15W-50. cuma konsekuensinya suara mesin jd kasar krn gesekannya tipis bgt. dan jgn lbh dr 2000km deh jangka penggantiannya.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1215
- Joined: Fri Dec 10, 2004 20:04
- Location: Jakarta Barat
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 901
- Joined: Tue Sep 07, 2004 20:44
@valve
elf blm ada kabar miringnya. Kalau bro valve pakai dan enak, lanjutin aja.
@p4nd4
mobil-1 extra 10w-40 sudah JasoMA blm?
Gw blm nemu arti angka-angka tsb, tapi pengertiannya mudahnya: angka 10w adalah kekentalan ketika suhu mesin panas, 40 ketika mesin dingin.
Dibanding 20w-50, oli 10w-40 ini lebih 'encer' ketika temperatur mesin dibawah 0'Celcius (@40) Waktu panas juga lebih encer (@10w) , tetapi masih cukup utk melumasi metal. Plus minusnya:
10w-40: lebih cpt msk sela2/celah2, lebih enteng, lebih bergesek dgn metal (lebih beresiko utk RPM tinggi), kurang meredam suara mesin.
20w-50: biasa,biasa,lebih protektif, lebih meredam kebisingan mesin.
Pendapat gw, utk di dlm kota yg stop&go mending pakai 10w-40, karena enteng (nambah irit bbm) & RPM ngga tinggi , kalau touring 20w-50.
@Slayer
BM1 rekomen dr temen yg pakai Shogun 110. Dia pakai udah bertahun-tahun juga. Ya, gw lihat di hypermart ada, yg penting teliti, belinya yang utk motor 4T.
@Wahyu_D
Afaik, oli biasanya bilang "5000km" , bahkan enduro 4T teruji utk 15000km. Masalahnya kondisi pemakaian yg berbeda. Di dlm kota, motor kita jarak tempuhnya ngga terlalu besar (kecepatan rata2 yg rendah), banyak pelan/berhentinya sementara mesin tetap bekerja. Kalau sering ke luar kota, jarak tempuhnya umumnya lebih tinggi. So 2500km is safe, imho, yang penting cek volume.
@anak_singkong
@Beel
bro, enduro is fine, gw udah reply di thread ini
elf blm ada kabar miringnya. Kalau bro valve pakai dan enak, lanjutin aja.
@p4nd4
mobil-1 extra 10w-40 sudah JasoMA blm?
Gw blm nemu arti angka-angka tsb, tapi pengertiannya mudahnya: angka 10w adalah kekentalan ketika suhu mesin panas, 40 ketika mesin dingin.
Dibanding 20w-50, oli 10w-40 ini lebih 'encer' ketika temperatur mesin dibawah 0'Celcius (@40) Waktu panas juga lebih encer (@10w) , tetapi masih cukup utk melumasi metal. Plus minusnya:
10w-40: lebih cpt msk sela2/celah2, lebih enteng, lebih bergesek dgn metal (lebih beresiko utk RPM tinggi), kurang meredam suara mesin.
20w-50: biasa,biasa,lebih protektif, lebih meredam kebisingan mesin.
Pendapat gw, utk di dlm kota yg stop&go mending pakai 10w-40, karena enteng (nambah irit bbm) & RPM ngga tinggi , kalau touring 20w-50.
@Slayer
BM1 rekomen dr temen yg pakai Shogun 110. Dia pakai udah bertahun-tahun juga. Ya, gw lihat di hypermart ada, yg penting teliti, belinya yang utk motor 4T.
@Wahyu_D
Afaik, oli biasanya bilang "5000km" , bahkan enduro 4T teruji utk 15000km. Masalahnya kondisi pemakaian yg berbeda. Di dlm kota, motor kita jarak tempuhnya ngga terlalu besar (kecepatan rata2 yg rendah), banyak pelan/berhentinya sementara mesin tetap bekerja. Kalau sering ke luar kota, jarak tempuhnya umumnya lebih tinggi. So 2500km is safe, imho, yang penting cek volume.
@anak_singkong
bro, 20w-50 lebih kental daripada 15w-50. Dan oli kalau dipakai balapan, jelas mesin mainnya di putaran tinggi (hi-revs) mlulu, otomatis oli lebih cepat turun dari kondisi awalnya, makanya perlu lebih cepet digantinya.kata teman yg biasa ikut balapan..
oli ini biasanya lbh encer drpd yg 20W-50..jadinya hrs cepat2 ganti kalo gak kadar pelumasnya hilang yg akibatnya tenaga motor jd drop.
@Beel
bro, enduro is fine, gw udah reply di thread ini
utk 2tak sih 'diizinkan' , wong cuma utk gear+kopling.nichol wrote:jadi kira2 buat motor yg suka ngebut n jarang2 ganti oli (kurang lebih 9000 km br ganti); pake merek apa dong? conoco gimana nih bro? ayuk dong pada share.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1028
- Joined: Thu Nov 03, 2005 8:11
- Location: Indonesia
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 178
- Joined: Sun Apr 03, 2005 15:26
- Location: Palembang
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 397
- Joined: Tue Nov 29, 2005 12:58
- Location: most eastern jakarta
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 81
- Joined: Mon Dec 15, 2003 11:17
- Location: Bandung
oli mineral yg enak dah pernah nyoba enduro 4t dg castrol power1.murah, cuma mesti sering diganti aja.yg semi syn sebenarnya kualitasnya ga jauh beda dg mineral.shell VSX 4t, repsol moto sintetico, motul 5100, hampir sama aja. sebulan pake kopling dah kasar.
kalo mau yg tahan lama,pilih yg full sintetik.3 bulan pake masih tetep licin.paling harganya aja yg agak mahal. dah pernah nyobain yg castrol racing4t cm harga mahal(90rban), shell advance ultra jg sama tp susah dapatnya.motul 610 apalagi.nyaris udah ga ada yg jual. skarang pake petronas syntium 5000.harga lebih murah.
soal ada yg bilang full syn bikin selip kopling,..blum pernah terjadi tuh.yg jelas kerasa banget bedanya dari mineral/semi ke full.
10-40 tarikan lebih enteng tp mesin cepet panas.10-30 lebih enteng lagi.20-50 lebih kental maka kerja mesin lebih berat, mesin lebih adem.baiknya yaa, ikutin aja spek motornya.
kalo bwat oli samping/2t jangan pake yg mineral deh.karbonnya banyak bgt.paling nggak semi syn.motul 510, shell ADV VSX 2t. kalo mau yg full syn lebih bagus lagi. cari yg API-nya dah TC(full syn rata2 dah TC) dan kalo bisa ISO L-EGD.
shell Racing X 2T pernah nyoba dulu banget tapi untuk pemakaian terpisah (oil injection) katanya ga disarankan. jadi repot aja tiap isi bensin musti nyampur ke tanki bensin. sama kaya' motul800 yg Ester factory line semuanya musti 'PREMIX'.ga tau knapa mungkin viskositas olinya beda.truss...harganya 150rb-an seliter. tp yg ester memang bersih banget mesinnya.
kalo mau yg tahan lama,pilih yg full sintetik.3 bulan pake masih tetep licin.paling harganya aja yg agak mahal. dah pernah nyobain yg castrol racing4t cm harga mahal(90rban), shell advance ultra jg sama tp susah dapatnya.motul 610 apalagi.nyaris udah ga ada yg jual. skarang pake petronas syntium 5000.harga lebih murah.
soal ada yg bilang full syn bikin selip kopling,..blum pernah terjadi tuh.yg jelas kerasa banget bedanya dari mineral/semi ke full.
10-40 tarikan lebih enteng tp mesin cepet panas.10-30 lebih enteng lagi.20-50 lebih kental maka kerja mesin lebih berat, mesin lebih adem.baiknya yaa, ikutin aja spek motornya.
kalo bwat oli samping/2t jangan pake yg mineral deh.karbonnya banyak bgt.paling nggak semi syn.motul 510, shell ADV VSX 2t. kalo mau yg full syn lebih bagus lagi. cari yg API-nya dah TC(full syn rata2 dah TC) dan kalo bisa ISO L-EGD.
shell Racing X 2T pernah nyoba dulu banget tapi untuk pemakaian terpisah (oil injection) katanya ga disarankan. jadi repot aja tiap isi bensin musti nyampur ke tanki bensin. sama kaya' motul800 yg Ester factory line semuanya musti 'PREMIX'.ga tau knapa mungkin viskositas olinya beda.truss...harganya 150rb-an seliter. tp yg ester memang bersih banget mesinnya.
...
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1028
- Joined: Thu Nov 03, 2005 8:11
- Location: Indonesia
Kalo 2t..
Dulu waktu msh bawa RX-King..oli samping yg bagus menurut sy yah Shell X2 racing. Oli ini encer bgt cocok bgt utk campuran bensin. Hasilnya: gak kerak diruang bakar; mesin adem; tenaga lbh besar.
Dulu sy gak pake pompa oli; dicampur lsg ditangki dgn bensin. bandingannya 1:45.
Kalo buat harian cukup pake Enviro aja.
Dulu waktu msh bawa RX-King..oli samping yg bagus menurut sy yah Shell X2 racing. Oli ini encer bgt cocok bgt utk campuran bensin. Hasilnya: gak kerak diruang bakar; mesin adem; tenaga lbh besar.
Dulu sy gak pake pompa oli; dicampur lsg ditangki dgn bensin. bandingannya 1:45.
Kalo buat harian cukup pake Enviro aja.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 397
- Joined: Tue Nov 29, 2005 12:58
- Location: most eastern jakarta
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 178
- Joined: Sun Apr 03, 2005 15:26
- Location: Palembang
wahhh terlanjur pake dech gwa shell Racing X emang benar nggak direkomendasikan buat harian,... tapi emank tenaganya guede bgt gwa ngerasainnya pas malem minggu BALI di palembang.. hanya saja tuh oli bau amonia yach alis bau pesing gichu.. oke de makasih BRO ID anda benar2 membantu..
Junjunglah langit dimana tempat engkau berpijak..
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 901
- Joined: Tue Sep 07, 2004 20:44
@anak_singkong
yak tul. Here
@archapada
lho,kata bro nichol ninja 10w-30 tuh diatas. Fuchs silkolene..gak tau ada yg 10w-40 gak ya?.. tapi banyak rider kawak yg pakai
fuchs 10w-40 (lupa tipenya,bukan silkolene) harga dibawah 30rb.
@id
Btw, syntium 5000 khan bukan utk motor. Kalau ngga cocok bakal ada efek selip kopling, dilihatnya dari RPM yg sama.. pada motor yg selip speednya lebih rendah
daripada biasanya. Apa yg dimaksud Sprinta 5000 ya?
yak tul. Here
@archapada
lho,kata bro nichol ninja 10w-30 tuh diatas. Fuchs silkolene..gak tau ada yg 10w-40 gak ya?.. tapi banyak rider kawak yg pakai
fuchs 10w-40 (lupa tipenya,bukan silkolene) harga dibawah 30rb.
@id
Berarti murah pakai mineral jatohnya ya? Dalam 3 bulan, misal pakai yg 20rb-an, jadi 60rb. Mayan loh hemat 30rb, blm lagi kalau yg gak tiap hari dipakai, bisa lebih lama dari 3 bulan tuh..oli mineral yg enak dah pernah nyoba enduro 4t dg castrol power1.murah, cuma mesti sering diganti aja.yg semi syn sebenarnya kualitasnya ga jauh beda dg mineral.shell
VSX 4t, repsol moto sintetico, motul 5100, hampir sama aja. sebulan pake kopling dah kasar.
kalo mau yg tahan lama,pilih yg full sintetik.3 bulan pake masih tetep licin.paling harganya aja yg agak mahal. dah pernah nyobain yg castrol racing4t cm harga
mahal(90rban), shell advance ultra jg sama tp susah dapatnya.motul 610 apalagi.nyaris udah ga ada yg jual. skarang pake petronas syntium 5000.harga lebih murah.
Btw, syntium 5000 khan bukan utk motor. Kalau ngga cocok bakal ada efek selip kopling, dilihatnya dari RPM yg sama.. pada motor yg selip speednya lebih rendah
daripada biasanya. Apa yg dimaksud Sprinta 5000 ya?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1028
- Joined: Thu Nov 03, 2005 8:11
- Location: Indonesia
bagusan lg kalo dicampur lsg dgn bensin, bung. tenaga lbh terasa;Archapada wrote:wahhh terlanjur pake dech gwa shell Racing X emang benar nggak direkomendasikan buat harian,... tapi emank tenaganya guede bgt gwa ngerasainnya pas malem minggu BALI di palembang.. hanya saja tuh oli bau amonia yach alis bau pesing gichu.. oke de makasih BRO ID anda benar2 membantu..
dan nanti kalo buka blok kelihatan deh gak ada sisa2 kerak.